Minggu, 17 Maret 2013

Kunci Jawaban Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301



No 1.
a.        Betul, karena fungsi tes adalah untuk mengukur hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran
b.        Salah, karena untuk mengukur kinerja guru diperlukan alat ukur lain yang lebih kompleks
c.         Salah, karena mutu pendidikan tidak hanya ditentukan oleh hasil belajar siswa saja
d.        Salah, karena mutu pendidikan meliputi berbagai bidang tidak hanya hasil tes saja
No 2.
a.         Salah, karena asesmen bukan merupakan suatu keputusan
b.        Betul, karena antara asemen dan evaluasi adalah suatu penilaian yang berbeda ruang lingkupnya
c.         Salah, untuk melakukan evaluasi dapat mengguanan tes mapun non-tes
d.        salah, karena kualitatif /kuantitatif tidak dapat membedakan keduanya
No 3.
a.         Salah, karena tes lebih menitikberatkan pada hasil belajar siswa
b.        Betul, karena fungsi/kedudukan evaluasi adalah untuk mengukur efektivitas setiap komponen dalam program pembelajaran
c.         salah, karena hasil pengukuran berupa data kuantitatif yang harus dianalisis lebih lanjut sebagai sumber informasi
d.        salah, karena ruang lingkup asesmen adalah individu siswa bukan program pembelajaran


No 4.
a.         Salah, karena terbuka berarti penilaian tersebut dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan
b.        Betul, karena menyeluruh berarti sesuai dengan kurikulum dan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor
c.         Salah, karena penilaian yang bermakna artinya dapat menunjukkan keunggulan dan kelemahan siswa
d.        salah, karena adil berarti setiap siswa memeperoleh kesempatan dan perlakuan yang sama
No 5.
a.         Salah, karena perkembangan kurikulum bukan penyebab terjadinya pergeseran paradigma penilaian
b.        Salah, karena perkembangan iptek bukan penyebab terjadinya pergeseran paradigma penilaian
c.         Betul, karena tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk mengukur kemampuan siswa secara nyata yang tak dapat diukur dengan tes
d.        salah, kinerja guru tidak dapat diukur dengan penilaian hasil belajar saja
No 6.
a.         Salah, karena fungsi tes seleksi untuk menentukan diterima/tidaknya seseorang siswa di sekolah tertentu
b.        Betul, karena fungsi tes penempatan adalah untuk menempatkan/mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkat kemampuan
c.         Salah, karena fungsi pre test-post test untuk melihat sejauh mana siswa telah menguasai materi yang akan diajarkan
d.        salah, karena fungsi tes bakat untuk mengetahui bakat seseorang
No 7.
a.         Salah, karena soal dengan ragam ini lebih banyak mengukur tingkat kognitif rendah
b.        Salah, karena dengan soal ragam ini tingkat kesulitannya masih rendah
c.         Betul, karena diperlukan tingkat kognitif tinggi untuk membaca diagram dengan benar
d.        salah, karena soal ragam ini merupakan pengembangan dari bentuk melengkapi
No 8.
a.        Betul, karena pilihan jawaban A adalah salah satu kelebihan tes objektif.
b.        Salah , karena pilihan jawaban B merupakan kelemahan tes objektif
c.         Salah , karena pilihan jawaban C merupakan kelemahan tes objektif
d.        salah karena, pilihan D merupakan kelemahan tes objektif
No 9.
a.         Salah, karena mengingat tidak termasuk proses berpikir tinggi
b.        Salah, karena memahami tidak termasuk proses berpikir tinggi
c.         Salah, karena aplikasi masih dapat diukur dengan tes objektif
d.        betul, karena mengabaikan keseimbangan badan merupakan hal yang harus dihindari
No 10.
a.         Salah, karena walaupun ada batasan jawaban, soal uraian tidak tepat untuk mengukur ingatan
b.        Salah, karena ditulus dengan bahasa yang baik tapi tidak mengukur ranah berpikir yang tinggi
c.         Betul, karena soal tersebut memang jelek karena hanya mengukur tingkat berpikir rendah
d.        salah, karena alasan yang dikemukakan tidak tepat
No 11.
a.        Betul, karena ungkapan pendapat adalah tingkat berpikir tinggi
b.        Salah, karena tes uraian tidak tepat hanya mengukur fakta
c.         Salah, karena hal itu bukan ciri khusus tes uraian yang baik
d.        salah, karena soal yang ditulis guru tidak jaminan adanya soal yang baik
No 12.
a.         Salah, karena hal tersebut harus diperhatikan dalam penulisan soal
b.        Salah, karena hal tersebut harus diperhatikan dalam penulisan soal
c.         Salah, karena hal tersebut harus diperhatikan dalam penulisan soal
d.        betul, karena dalam satu soal harus ada lebih dari satu jawaban
No 13.
a.         Salah, karena hal itu harus diperhatikan
b.        Salah, karena hal itu harus diperhatikan
c.         Betul, karena indikator sudah dikembangkan pada saat pembuatan RPP
d.        Salah, karena hal itu harus diperhatikan



No 14.
a.        Betul, karena kata tahun dapat ditarik pada pokok soal
b.        Salah, karena ingatan justru tepat dengan soal pilihan ganda
c.         Salah, karena hal itu bukan suatu larangan
d.        salah, karena hal itu boleh dilakukan
No 15.
a.         Salah, karena hal itu bukan merupakan alasan yang tepat
b.        Salah, karena siapapun yang menulis soal tidak masalah
c.         Betul, karena tes tertulis kurang tepat untuk mengukur ranah afektif dan psikomotor
d.        salah, karena ters tertulis justru bersifat top-down
No 16.
a.         Salah, karena menurut Spiro belajar akan menghasilkan kemampuan secara spontan
b.        Betul, karena menurut Brunner belajar merupakan proses rekonstruksi gagasan baru berdasarkan gagasan lama
c.         Salah, karena menurut ahli ini belajar adalah proses aktif untuk menginterpretasi dan mengambil kesimpulan
d.        salah, karena menurut Rogers belajar lebih menitikberatkan pada keaktufan siswa
No 17.
a.         Salah, karena biaya justru lebih mahal
b.        Salah, karena waktu yang diperlukan jusrtu lebih lama
c.         Betul, karena asesmen alternatif mampu mengukur proses dan hasil belajar
d.        salah, karena pelaksanaannya justru lebih kompleks
No 18.
a.         Salah, karena jawaban A bukan merupakan kelebihan asesmen alternative
b.        Betul, karena kemampuan siswa terdiri atas kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor
c.         Salah, karena asesmen alternatif adalah alat ukur non-tes
d.        salah, karena baik tes maupun non-tes harus disertai kunci jawaban yang objektif
No 19.
a.         Salah, karena merupakan langkah dalam pengembangan rubric
b.        Salah, karena merupakan langkah dalam pengembangan rubric
c.         Salah, karena merupakan langkah dalam pengembangan rubric
d.        Betul, karena langkah paling awal adalah indentifikasi kemampuan yang akan diakses
No 20.
a.         Salah, karena saran guru bukan merupakan hal yang final
b.        Betul, karena berdasarkan hasil uji coba masukan akan lebih lengkap
c.         Salah, karena saran kepala sekolah bukan merupakan hal yang final
d.        salah, karena pertimbangan guru bukan merupakan hal yang final
No 21.
a.        Betul, karena holistik rubrik untuk menilai kemampuan yang bersifat umum
b.        Salah, karena hal itu tepat untuk analitik rubric
c.         Salah, karena bukan pendek dan panjangnya kalimat yang menjadi ukuran
d.        salah, karena bukan panjangnya kalimat yang menjadi ukuran
No 22.
a.        Betul, karena portofolio adalah kumpulan hasil karya
b.        Salah, karena tidak jelas apa yang dimaksud rekaman
c.         Salah, karena tidak jelas apa yang dimaksud rangkaian
d.        salah, portofolio bukan kumpulan nilai
No 23.
a.        Betul, karena dalam pengumpulan hasil karya harus disesuaikan dengan kriteria tertentu/yang telah ditetapkan
b.        Salah, karena kebijakan guru belum tentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan
c.         Salah karena keinginan siswa belum tentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan
d.        salah, karena kebijakan sekolah belum tentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan
No 24.
a.         salah, karena hal itu merupakan langkah dalam pelaksanaan portofolio
b.        betul, karena jenis-jenis bukti yang harus dirumuskan supaya jelas
c.         Salah karena hal itu merupakan langkah dalam mpelaksanaan portofolio
d.        salah, karena hal itu menrupakan langkah dalam pelaksanaan portofolio
No 25.
a.         Salah, karena kata-kata tersebut lebih bersifat perintah bukan motivasi
b.        Salah, karena anak tersebut harus dibimbing bukan dihukum
c.         Betul, karena dengan kata-kata itu anak akan lebih percaya diri
d.        salah, karena hal itu merupakan kewajiban guru
No 26.
a.         Salah, karena kepala sekolah bukan pihak yang harus dilibatkan dalam portofolio
b.        Betul, karena mereka adalah pihak yang terlibat dalam penilaian portofolio
c.         Salah, karena kepala sekolah bukan pihak yang harus dilibatkan dalam portofolio
d.        salah karena, kegiatan dalam penilaian portofolio harus dibicarakan antara guru dan siswa
No 27.
a.         Salah, karena hal itu merupakan tingkat respon bukan receiving.
b.        Salah, karena hal itu merupakan tingkat valuing bukan receiving
c.         Betul, karena dengan memusatkan perhatian berarti siswa menerima nilai yang diuraikan guru
d.        salah karena, hal itu merupakan tingkat valuing bukan receiving
No 28.
a.         Salah, karena manusia memiliki kekurangan dan kelebihan
b.        Salah, karena manusia memiliki kekurangan dan kelebihan
c.         Betul, karena konsep diri meliputi kelebihan dan kekurangan
d.        salah karena, berdasarkan konsep diri siswa dapat menentukan cita-cita secara tepat
No 29.
a.        Betul, karena dengan pengamatan langsung akan terlihat reaksi/emosi siswa yang sebenarnya
b.        Salah, karena hal ini tak akan menunjukkan reaksi secara emosional, lebih pada pendapat
c.         Salah, karena alat ini lebih tepat untuk mengukur pendapat
d.        salah, karena alat ini lebih tepat untuk mengukur pendapat
No 30.
a.         Salah, karena hal itu tidak mengukur sikap
b.        Salah, karena hal itu tidak mengukur sikap
c.         Betul, karena pendapat dapat menunjukkan sikap seseorang suatu hal
d.        salah, karena hal itu tidak mengukur sikap
No 31.
a.         Salah, karena tes jenis ini memungkinkan jawaban uang beragam
b.        Betul, karena jawaban dibatasi oleh format dan ruang lingkup
c.         Salah, karena jenis tes ini tidak ada
d.        salah, karena jenis tes ini tidak ada
No 32.
a.        betul, karena dengan cara ini pemeriksa tidak terpengaruh dengan peserta tes tertentu
b.        Salah, karena dua pemeriksa bertujuan untuk objektivitas penilaian
c.         Salah, karena hal ini bertujuan untuk reliabilitas penilaian
d.        salah, karena hal ini untuk meminimalkan carry over effect
No 33.
a.         Salah, karena angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
b.        Salah, karena angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
c.         Salah, karena angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
d.        betul, karena angka itu menunjukkan hasil yang benar sesuai rumus
No 34.
a.         Salah, karena angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
b.        Betul, karena angka itu menunjukkan hasil yang benar sesuai rumus
c.         Salah, karena angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
d.        salah kaarena, angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
No 35.
a.         Salah, karena tujuan pembelajaran tidak dapat dijadikan pedoman pengelompokan
b.        Salah, karena pedoman penilaian hanya dapat dipakai untuk menilaia unjuk kerja seseorang
c.         Salah, karena kebijakan penilaian tidak dapat dijadikan pedoman pengelompokan
d.        betul, karena pengelompokkan harus sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan
No 36.
a.         Salah, karena angka tersebut menunjukkan skor mentah
b.        salah, karena angka tersebut merupakan skor tertinggi
c.         Betul, karena angka itu merupakan nilai untuk skor 17
d.        salah, karena angka itu adalah nilai tertinggi bukan nilai Ali
No 37.
a.         Salah, karena valid berarti kesahihan atau tepat
b.        Betul, karena reliabel berarti tetap atau konsisten
c.         Salah, karena kata tersebut berarti mampu
d.        salah, karena kata tersebut berarti dapat dipercaya
No 38.
a.        Betul, karena soal yang baik harus memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang tinggi
b.        Salah karena hal itu menunjukkan soal yang tidak baik
c.         Salah, karena hasil tes tidak konsisten bearti kualitas soal rendah
d.        salah, karena soal tersebut tidak dapat mengukur dengan tepat
No 39.
a.         Salah, karena penambahan butir soal harus homogen dengan soal yang sudah ada
b.        Betul, karena semakin banyak jumlah utir soal yang homogen akan semakin tinggi tingkat reabilitasnya
c.         Salah, karena hal itu tidak akan dapat meningkatkan reliabilitas butir soal
d.        salah, karena hal itu tidak akan dapat meningkatkan reliabilitas butir soal
No 40.
a.         salah, karena salah hitung
b.        salah, karena salah hitung
c.         betul, karena hasil hitungan benar
d.        salah, karena salah hitung
No 41.
a.         Salah, karena tidak menambah pengalaman dalam penulisan soal
b.        Salah, karena tidak menambah pengalaman dalam penulisan soal
c.         Salah, karena penulisan soal belum tentu disertai dengan analisis
d.        betul, karena dengan melakukan perbaikan berarti mengetahui kesalahan
No 42.
a.         Salah, karena hitungan salah
b.        Betul, karena hitungan benar
c.         Salah, karena hitungan salah
d.        salah, karena hitungan salah
No 43.
a.         Salah, karena hitungan salah
b.        Betul, karena hitungan betul
c.         Salah, karena hitungan salah
d.        Salah, karena hitungan salah
No 44.
a.         Salah, pokok soal tidak diketahui
b.        Salah, karena kunci jawaban cukup bagus
c.         Salah, karena option B cukup bagus
d.        betul, karena option C tak ada yang menjawab
No 45.
a.         Salah, karena penelusuran berarti mengetahui apakah proses pembelajaran sesuai rencana
b.        Betul, karena yang dicek adalah kemampuan siswa
c.         Salah, karena pencarian berarti mencari kelemahan dalam proses pembelajaran
d.        salah, karena penyimpulan berarti apakah siswa telah menguasai seluruh kompetensi sesuai kurikulum
No 46.
a.         Salah, karena masih ada materi yang belum tuntas
b.        Salah, karena tidak seluruh materi harus diulang
c.         Betul karena pembelajaran lebih efisien dan efektif
d.        salah karena sebagian besar siswa tidak mampu menjawab dengan benar
No 47.
a.        Betul, karena kemampuan rata-rata siswa tiap daerah berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi daerah setempat
b.        Salah, karena pemerintah pusat tidak dapat memberlakukan SKBM di seluruh daerah
c.         Salah, karena kepala sekolah tidak memiliki wewenang untuk menetapkan SKBM
d.        salah, karena komite sekolah tidak mempunyai wewenang untuk menetapkan SKBM
No 48.
a.         Salah, karena walau jumlah nilai di atas SKBM tapi ada nilai mata pelajaran di bawah SKBM
b.        Salah, karena walau nilai di atas rata-rata tapi ada nilai mata pelajaran yang berada di bawah SKBM
c.         Betul, karena persyaratan lulus seluruh nilai mata pelajaran harus sama/di atas SKBM
d.        salah karena masih ada nilai mata pelajaran dibawah SKBM
No 49.
a.         Salah, karena siswa akan bosan dan guru akan melakukan kegiatan yang sia-sia
b.        Salah, karena pada posttes harus dapat mengukur penguasaan seluruh materi pelajaran
c.         Betul, karena waktu untuk mengajarkan materi yang 3 soal tadi dapat digunakan untuk memperdalam materi lain
d.        salah karena pembelajaran remedial dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai dilakukan
No 50.
a.        Betul, karena arah pembelajaran lebih tertuju pada kemampuan yang belum dikuasai siswa
b.        Salah, karena kelengkapan nilai tidak menunjuk pada materi/kemampuan yang perlu diperbaiki
c.         Salah, karena penilaian justru lebih kompleks
d.        salah, karena kesempurnaan nilai tidak menunjukkan pad ameteri yang harus diulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Minggu, 17 Maret 2013

Kunci Jawaban Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301



No 1.
a.        Betul, karena fungsi tes adalah untuk mengukur hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran
b.        Salah, karena untuk mengukur kinerja guru diperlukan alat ukur lain yang lebih kompleks
c.         Salah, karena mutu pendidikan tidak hanya ditentukan oleh hasil belajar siswa saja
d.        Salah, karena mutu pendidikan meliputi berbagai bidang tidak hanya hasil tes saja
No 2.
a.         Salah, karena asesmen bukan merupakan suatu keputusan
b.        Betul, karena antara asemen dan evaluasi adalah suatu penilaian yang berbeda ruang lingkupnya
c.         Salah, untuk melakukan evaluasi dapat mengguanan tes mapun non-tes
d.        salah, karena kualitatif /kuantitatif tidak dapat membedakan keduanya
No 3.
a.         Salah, karena tes lebih menitikberatkan pada hasil belajar siswa
b.        Betul, karena fungsi/kedudukan evaluasi adalah untuk mengukur efektivitas setiap komponen dalam program pembelajaran
c.         salah, karena hasil pengukuran berupa data kuantitatif yang harus dianalisis lebih lanjut sebagai sumber informasi
d.        salah, karena ruang lingkup asesmen adalah individu siswa bukan program pembelajaran


No 4.
a.         Salah, karena terbuka berarti penilaian tersebut dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan
b.        Betul, karena menyeluruh berarti sesuai dengan kurikulum dan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor
c.         Salah, karena penilaian yang bermakna artinya dapat menunjukkan keunggulan dan kelemahan siswa
d.        salah, karena adil berarti setiap siswa memeperoleh kesempatan dan perlakuan yang sama
No 5.
a.         Salah, karena perkembangan kurikulum bukan penyebab terjadinya pergeseran paradigma penilaian
b.        Salah, karena perkembangan iptek bukan penyebab terjadinya pergeseran paradigma penilaian
c.         Betul, karena tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk mengukur kemampuan siswa secara nyata yang tak dapat diukur dengan tes
d.        salah, kinerja guru tidak dapat diukur dengan penilaian hasil belajar saja
No 6.
a.         Salah, karena fungsi tes seleksi untuk menentukan diterima/tidaknya seseorang siswa di sekolah tertentu
b.        Betul, karena fungsi tes penempatan adalah untuk menempatkan/mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkat kemampuan
c.         Salah, karena fungsi pre test-post test untuk melihat sejauh mana siswa telah menguasai materi yang akan diajarkan
d.        salah, karena fungsi tes bakat untuk mengetahui bakat seseorang
No 7.
a.         Salah, karena soal dengan ragam ini lebih banyak mengukur tingkat kognitif rendah
b.        Salah, karena dengan soal ragam ini tingkat kesulitannya masih rendah
c.         Betul, karena diperlukan tingkat kognitif tinggi untuk membaca diagram dengan benar
d.        salah, karena soal ragam ini merupakan pengembangan dari bentuk melengkapi
No 8.
a.        Betul, karena pilihan jawaban A adalah salah satu kelebihan tes objektif.
b.        Salah , karena pilihan jawaban B merupakan kelemahan tes objektif
c.         Salah , karena pilihan jawaban C merupakan kelemahan tes objektif
d.        salah karena, pilihan D merupakan kelemahan tes objektif
No 9.
a.         Salah, karena mengingat tidak termasuk proses berpikir tinggi
b.        Salah, karena memahami tidak termasuk proses berpikir tinggi
c.         Salah, karena aplikasi masih dapat diukur dengan tes objektif
d.        betul, karena mengabaikan keseimbangan badan merupakan hal yang harus dihindari
No 10.
a.         Salah, karena walaupun ada batasan jawaban, soal uraian tidak tepat untuk mengukur ingatan
b.        Salah, karena ditulus dengan bahasa yang baik tapi tidak mengukur ranah berpikir yang tinggi
c.         Betul, karena soal tersebut memang jelek karena hanya mengukur tingkat berpikir rendah
d.        salah, karena alasan yang dikemukakan tidak tepat
No 11.
a.        Betul, karena ungkapan pendapat adalah tingkat berpikir tinggi
b.        Salah, karena tes uraian tidak tepat hanya mengukur fakta
c.         Salah, karena hal itu bukan ciri khusus tes uraian yang baik
d.        salah, karena soal yang ditulis guru tidak jaminan adanya soal yang baik
No 12.
a.         Salah, karena hal tersebut harus diperhatikan dalam penulisan soal
b.        Salah, karena hal tersebut harus diperhatikan dalam penulisan soal
c.         Salah, karena hal tersebut harus diperhatikan dalam penulisan soal
d.        betul, karena dalam satu soal harus ada lebih dari satu jawaban
No 13.
a.         Salah, karena hal itu harus diperhatikan
b.        Salah, karena hal itu harus diperhatikan
c.         Betul, karena indikator sudah dikembangkan pada saat pembuatan RPP
d.        Salah, karena hal itu harus diperhatikan



No 14.
a.        Betul, karena kata tahun dapat ditarik pada pokok soal
b.        Salah, karena ingatan justru tepat dengan soal pilihan ganda
c.         Salah, karena hal itu bukan suatu larangan
d.        salah, karena hal itu boleh dilakukan
No 15.
a.         Salah, karena hal itu bukan merupakan alasan yang tepat
b.        Salah, karena siapapun yang menulis soal tidak masalah
c.         Betul, karena tes tertulis kurang tepat untuk mengukur ranah afektif dan psikomotor
d.        salah, karena ters tertulis justru bersifat top-down
No 16.
a.         Salah, karena menurut Spiro belajar akan menghasilkan kemampuan secara spontan
b.        Betul, karena menurut Brunner belajar merupakan proses rekonstruksi gagasan baru berdasarkan gagasan lama
c.         Salah, karena menurut ahli ini belajar adalah proses aktif untuk menginterpretasi dan mengambil kesimpulan
d.        salah, karena menurut Rogers belajar lebih menitikberatkan pada keaktufan siswa
No 17.
a.         Salah, karena biaya justru lebih mahal
b.        Salah, karena waktu yang diperlukan jusrtu lebih lama
c.         Betul, karena asesmen alternatif mampu mengukur proses dan hasil belajar
d.        salah, karena pelaksanaannya justru lebih kompleks
No 18.
a.         Salah, karena jawaban A bukan merupakan kelebihan asesmen alternative
b.        Betul, karena kemampuan siswa terdiri atas kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor
c.         Salah, karena asesmen alternatif adalah alat ukur non-tes
d.        salah, karena baik tes maupun non-tes harus disertai kunci jawaban yang objektif
No 19.
a.         Salah, karena merupakan langkah dalam pengembangan rubric
b.        Salah, karena merupakan langkah dalam pengembangan rubric
c.         Salah, karena merupakan langkah dalam pengembangan rubric
d.        Betul, karena langkah paling awal adalah indentifikasi kemampuan yang akan diakses
No 20.
a.         Salah, karena saran guru bukan merupakan hal yang final
b.        Betul, karena berdasarkan hasil uji coba masukan akan lebih lengkap
c.         Salah, karena saran kepala sekolah bukan merupakan hal yang final
d.        salah, karena pertimbangan guru bukan merupakan hal yang final
No 21.
a.        Betul, karena holistik rubrik untuk menilai kemampuan yang bersifat umum
b.        Salah, karena hal itu tepat untuk analitik rubric
c.         Salah, karena bukan pendek dan panjangnya kalimat yang menjadi ukuran
d.        salah, karena bukan panjangnya kalimat yang menjadi ukuran
No 22.
a.        Betul, karena portofolio adalah kumpulan hasil karya
b.        Salah, karena tidak jelas apa yang dimaksud rekaman
c.         Salah, karena tidak jelas apa yang dimaksud rangkaian
d.        salah, portofolio bukan kumpulan nilai
No 23.
a.        Betul, karena dalam pengumpulan hasil karya harus disesuaikan dengan kriteria tertentu/yang telah ditetapkan
b.        Salah, karena kebijakan guru belum tentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan
c.         Salah karena keinginan siswa belum tentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan
d.        salah, karena kebijakan sekolah belum tentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan
No 24.
a.         salah, karena hal itu merupakan langkah dalam pelaksanaan portofolio
b.        betul, karena jenis-jenis bukti yang harus dirumuskan supaya jelas
c.         Salah karena hal itu merupakan langkah dalam mpelaksanaan portofolio
d.        salah, karena hal itu menrupakan langkah dalam pelaksanaan portofolio
No 25.
a.         Salah, karena kata-kata tersebut lebih bersifat perintah bukan motivasi
b.        Salah, karena anak tersebut harus dibimbing bukan dihukum
c.         Betul, karena dengan kata-kata itu anak akan lebih percaya diri
d.        salah, karena hal itu merupakan kewajiban guru
No 26.
a.         Salah, karena kepala sekolah bukan pihak yang harus dilibatkan dalam portofolio
b.        Betul, karena mereka adalah pihak yang terlibat dalam penilaian portofolio
c.         Salah, karena kepala sekolah bukan pihak yang harus dilibatkan dalam portofolio
d.        salah karena, kegiatan dalam penilaian portofolio harus dibicarakan antara guru dan siswa
No 27.
a.         Salah, karena hal itu merupakan tingkat respon bukan receiving.
b.        Salah, karena hal itu merupakan tingkat valuing bukan receiving
c.         Betul, karena dengan memusatkan perhatian berarti siswa menerima nilai yang diuraikan guru
d.        salah karena, hal itu merupakan tingkat valuing bukan receiving
No 28.
a.         Salah, karena manusia memiliki kekurangan dan kelebihan
b.        Salah, karena manusia memiliki kekurangan dan kelebihan
c.         Betul, karena konsep diri meliputi kelebihan dan kekurangan
d.        salah karena, berdasarkan konsep diri siswa dapat menentukan cita-cita secara tepat
No 29.
a.        Betul, karena dengan pengamatan langsung akan terlihat reaksi/emosi siswa yang sebenarnya
b.        Salah, karena hal ini tak akan menunjukkan reaksi secara emosional, lebih pada pendapat
c.         Salah, karena alat ini lebih tepat untuk mengukur pendapat
d.        salah, karena alat ini lebih tepat untuk mengukur pendapat
No 30.
a.         Salah, karena hal itu tidak mengukur sikap
b.        Salah, karena hal itu tidak mengukur sikap
c.         Betul, karena pendapat dapat menunjukkan sikap seseorang suatu hal
d.        salah, karena hal itu tidak mengukur sikap
No 31.
a.         Salah, karena tes jenis ini memungkinkan jawaban uang beragam
b.        Betul, karena jawaban dibatasi oleh format dan ruang lingkup
c.         Salah, karena jenis tes ini tidak ada
d.        salah, karena jenis tes ini tidak ada
No 32.
a.        betul, karena dengan cara ini pemeriksa tidak terpengaruh dengan peserta tes tertentu
b.        Salah, karena dua pemeriksa bertujuan untuk objektivitas penilaian
c.         Salah, karena hal ini bertujuan untuk reliabilitas penilaian
d.        salah, karena hal ini untuk meminimalkan carry over effect
No 33.
a.         Salah, karena angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
b.        Salah, karena angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
c.         Salah, karena angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
d.        betul, karena angka itu menunjukkan hasil yang benar sesuai rumus
No 34.
a.         Salah, karena angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
b.        Betul, karena angka itu menunjukkan hasil yang benar sesuai rumus
c.         Salah, karena angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
d.        salah kaarena, angka itu diperoleh tidak menggunakan rumus yang benar
No 35.
a.         Salah, karena tujuan pembelajaran tidak dapat dijadikan pedoman pengelompokan
b.        Salah, karena pedoman penilaian hanya dapat dipakai untuk menilaia unjuk kerja seseorang
c.         Salah, karena kebijakan penilaian tidak dapat dijadikan pedoman pengelompokan
d.        betul, karena pengelompokkan harus sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan
No 36.
a.         Salah, karena angka tersebut menunjukkan skor mentah
b.        salah, karena angka tersebut merupakan skor tertinggi
c.         Betul, karena angka itu merupakan nilai untuk skor 17
d.        salah, karena angka itu adalah nilai tertinggi bukan nilai Ali
No 37.
a.         Salah, karena valid berarti kesahihan atau tepat
b.        Betul, karena reliabel berarti tetap atau konsisten
c.         Salah, karena kata tersebut berarti mampu
d.        salah, karena kata tersebut berarti dapat dipercaya
No 38.
a.        Betul, karena soal yang baik harus memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang tinggi
b.        Salah karena hal itu menunjukkan soal yang tidak baik
c.         Salah, karena hasil tes tidak konsisten bearti kualitas soal rendah
d.        salah, karena soal tersebut tidak dapat mengukur dengan tepat
No 39.
a.         Salah, karena penambahan butir soal harus homogen dengan soal yang sudah ada
b.        Betul, karena semakin banyak jumlah utir soal yang homogen akan semakin tinggi tingkat reabilitasnya
c.         Salah, karena hal itu tidak akan dapat meningkatkan reliabilitas butir soal
d.        salah, karena hal itu tidak akan dapat meningkatkan reliabilitas butir soal
No 40.
a.         salah, karena salah hitung
b.        salah, karena salah hitung
c.         betul, karena hasil hitungan benar
d.        salah, karena salah hitung
No 41.
a.         Salah, karena tidak menambah pengalaman dalam penulisan soal
b.        Salah, karena tidak menambah pengalaman dalam penulisan soal
c.         Salah, karena penulisan soal belum tentu disertai dengan analisis
d.        betul, karena dengan melakukan perbaikan berarti mengetahui kesalahan
No 42.
a.         Salah, karena hitungan salah
b.        Betul, karena hitungan benar
c.         Salah, karena hitungan salah
d.        salah, karena hitungan salah
No 43.
a.         Salah, karena hitungan salah
b.        Betul, karena hitungan betul
c.         Salah, karena hitungan salah
d.        Salah, karena hitungan salah
No 44.
a.         Salah, pokok soal tidak diketahui
b.        Salah, karena kunci jawaban cukup bagus
c.         Salah, karena option B cukup bagus
d.        betul, karena option C tak ada yang menjawab
No 45.
a.         Salah, karena penelusuran berarti mengetahui apakah proses pembelajaran sesuai rencana
b.        Betul, karena yang dicek adalah kemampuan siswa
c.         Salah, karena pencarian berarti mencari kelemahan dalam proses pembelajaran
d.        salah, karena penyimpulan berarti apakah siswa telah menguasai seluruh kompetensi sesuai kurikulum
No 46.
a.         Salah, karena masih ada materi yang belum tuntas
b.        Salah, karena tidak seluruh materi harus diulang
c.         Betul karena pembelajaran lebih efisien dan efektif
d.        salah karena sebagian besar siswa tidak mampu menjawab dengan benar
No 47.
a.        Betul, karena kemampuan rata-rata siswa tiap daerah berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi daerah setempat
b.        Salah, karena pemerintah pusat tidak dapat memberlakukan SKBM di seluruh daerah
c.         Salah, karena kepala sekolah tidak memiliki wewenang untuk menetapkan SKBM
d.        salah, karena komite sekolah tidak mempunyai wewenang untuk menetapkan SKBM
No 48.
a.         Salah, karena walau jumlah nilai di atas SKBM tapi ada nilai mata pelajaran di bawah SKBM
b.        Salah, karena walau nilai di atas rata-rata tapi ada nilai mata pelajaran yang berada di bawah SKBM
c.         Betul, karena persyaratan lulus seluruh nilai mata pelajaran harus sama/di atas SKBM
d.        salah karena masih ada nilai mata pelajaran dibawah SKBM
No 49.
a.         Salah, karena siswa akan bosan dan guru akan melakukan kegiatan yang sia-sia
b.        Salah, karena pada posttes harus dapat mengukur penguasaan seluruh materi pelajaran
c.         Betul, karena waktu untuk mengajarkan materi yang 3 soal tadi dapat digunakan untuk memperdalam materi lain
d.        salah karena pembelajaran remedial dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai dilakukan
No 50.
a.        Betul, karena arah pembelajaran lebih tertuju pada kemampuan yang belum dikuasai siswa
b.        Salah, karena kelengkapan nilai tidak menunjuk pada materi/kemampuan yang perlu diperbaiki
c.         Salah, karena penilaian justru lebih kompleks
d.        salah, karena kesempurnaan nilai tidak menunjukkan pad ameteri yang harus diulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar