No 1.
a. benar,
kelas yang diajar bisa lebih dari satu kelas dan dengan kemampuan anak yang
berbeda
b. salah,
karena yang diajar tidak hanya satu ruang dan kemampuan yang sama.
c.
salah, yang diajar tidak hanya satu kelas
d. salah,
karena guru tidak mengajar dalam tiga kelas dalam dua ruangan
No 2.
a.
salah, karena jumlah guru terbatas.
b. salah,
karena jumlah penduduk jarang.
d. salah,
karena kehadiran guru jarang.
No 3.
a.
salah, karena berhubungan dengan pembelajaran yang mendidik
b. salah,
karena berhubungan dengan pemenuhan jumlah.
c. benar,
penghematan dari segi biaya yang harus ditanggung pemerintah dan masyarakat.
d. salah,
karena berhubungan dengan daerah atau tempat yang mudah dijangkau anak yang mau
belajar.
a.
salah, karena kegiatan pembelajaran terjadi secara bersamaan dan serempak.
b. benar,
semua murid harus mempunyai kadar tinggi waktu keaktifan akademik.
c.
salah, karena guru harus selalu berusaha dengan berbagai cara, agar setiap dan
semua murid merasa mendapat perhatian dari guru secara terus menerus.
d. salah,
karena berhubungan dengan pemanfaatan peralatan sarana.
No 5.
a.
salah, karena berhubungan dengan cara guru memperlakukan murid untuk memberi
perhatian.
b. salah,
karena dalam pembelajaran terjadi secara bersamaan dan serempak.
c.
salah, karena berkaitan dengan tuntutan kurikulum dan tuntutan tujuan jangka
panjang.
d. benar,
pemanfaatan nara sumber.
No 6.
a.
salah, karena harus menguasai materi yang diajarkan.
b. salah, perkeci
waktu kosong
c. benar,
menggunakan dengan baik keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan dan
mengajarkan kelompok kecil dan perorangan.
d. salah,
karena jawaban tidak sesuai.
No 7.
a.
benar, dua kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan.
b.
salah, karena jawaban tidak sesuai.
c.
salah, karena jawaban tidak sesuai.
d.
salah, karena jawaban tidak sesuai.
No 8.
a.
salah, karena memberikan aba-aba perhartian dan ucapan salam pembuka termasuk
komponen membuka pelajaran.
b.
salah, karena memperlihatkan benda, gambar, yang berhubungan dengan materi
pelajaran termasuk komponen membuka pelajaran.
c.
salah, karena membunyikan peluit dapat termasuk sebagai cara guru untuk membuka
pelajaran.
d.
benar, merupakan penutup pelajaran
No 9.
b. salah,
karena merupakan kegiatan penutup
c.
salah, karena untuk menimbulkan motivasi.
d. salah,
karena untuk memunculkan ide.
No 10.
a.
salah, karena menarik perhatian siswa.
b. benar,
pengemukakan tujuan dan batas -batas tugas
c.
salah, karena untuk menimbulkan motivasi
d. salah,
karena untuk mengaitkan pengalaman lama dan pengalaman baru.
No 11.
a.
salah, karena sebagai jalinan konseptual.
b. salah,
karena merupakan pemetaan materi yang telah dipelajari.
c. benar,
menumbuhkan motivasi belajar anak.
d. salah, karena
termasuk dalam mengakhiri pelajaran.
No 12.
a. benar,
merupakan episode pembelajaran dibangun untuk mencapai seperangkat tujuan yang
dirumuskan terlebih dahulu.
b. salah,
karena merupakan jalinan konseptual.
c.
salah, karena untuk memetakan materi yang telah dipelajari.
d. salah,
karena merupakan acuan belajar.
No 13.
a.
salah, karena sebagai acuan belajar.
b. benar,
yaitu merupakan bagian dalam kegiatan evaluasi.
c.
salah, karena bagian dari acuan belajar
d. salah,
karena bagian dari acuan belajar.
No 14.
a. benar,
proses memperoleh pengetahuan, nilai dan sikap, keterampilan, dan kebiasaan
belajar melalui pemanfaatan rangsangan dari luar.
b. salah,
karena merupakan ketermpilan guru.
c.
salah, karena merupakan keterampilan guru.
d. salah,
karena merupakan keterampilan guru
No 15.
a.
salah, karena mengadakan pendekatan secara pribadi merupakan contoh perilaku
guru dalam mengelola kelas PKR.
b. salah, karena
menata kegiatan belajar- mengajar merupakan contoh perilaku guru dalam
mengelola kelas PKR.
c.
salah, karena mengarahkan dan memberi kemudahan belajar merupakan contoh
perilaku dalam mengelola kelas PKR.
d. benar,
yaitu merupakan peran guru dalam pengajaran kelompok kecil dan perseorangan.
No 16.
a.
salah, karena menitikberatkan pada komunikasi banyak arah secara bertahap.
b. salah,
karena menitikberatkan pada curah pendapat.
c. benar,
untuk mengembangkan kemampuan dan kebiasaan untuk saling berbagi ide dan
membuat kesepakatan bersama mengenai sesuatu hal, serta menuangkan hasil
kesepakatan dengan bahasa sendiri.
d. salah,
karena dalam memanfaatkan tutor sebaya guru berperan sebagai manusia yang
dimintakan keterangan, petunjuk dan saran oleh siswa yang ditugasi sebagai
tutor sebaya.
No 17.
a.
salah, karena kelas harus berventilasi
b. salah,
karena bangku murid tidak langsung kena sinar matahari
c.
salah, karena guru dan murid harus leluasa bergerak.
d. benar,
untuk memajang hasil karya siswa.
No 18.
a.
salah, penentuan ruang PKR perlu memperhatikan kemudahan anak untuk bergerak.
b. salah,
karena termasuk hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur ruang kelas.
c. benar,
memerlukan sudut aktifitas.
d. salah,
karena termasuk hal- hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur ruang kelas.
No 19.
b. salah,
karena perlu menyediakan tempat untuk mengembangkan nilai estetika dan daya
khayal murid.
c.
salah, karena dapat digunakan untuk tempat pengembangan kemampuan sosial, berbahasa,
dan matematika.
d. benar,
kurang sesuai untuk penataan ruang kelas.
No 20.
a. benar,
untuk memudahkan kegiatan pembelajaran semua sumber belajar ada dalam ruangan.
b. salah,
karena diperlukan ruang untuk siswa bergerak.
c.
salah, karena berlangsung lebih dari satu kelas.
d. salah,
karena bukan merupakan jawabannya.
No 21.
a. benar,
terdiri dua kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan.
b. salah,
karena terdiri dua kelas, dua mata pelajaran, dua ruangan.
c.
salah, karena terdiri dari tiga kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan.
d. salah,
karena terdiri dari tiga kelas, tiga mata pelajaran, tiga ruangan.
No 22.
b. salah,
karena tidak sesuai dengan jawabannya.
c.
salah, karena tidak sesuai dengan jawabannya.
d. salah, karena
tidak sesuai dengan jawabannya.
No 23.
a.
salah, karena bukan merupakan keputusan belajar bersama.
b. benar,
membuat pengaturan kelompok belajar.
c.
salah, karena merupakan pemberian tugas yang dihasilkan kelompok.
d. salah,
karena merupakan keputusan bersama.
No 24.
a.
salah, karena seorang siswa yang membantu siswa lain dalam kelas yang sama.
b. benar,
tutor yang yang dipilih dari kelas yang lebih tinggi dan kemampuannya di atas
rata- rata.
c. salah,
karena setiap siwa yang lamban, tempat duduknya dipasangkan dengan siswa yang
lebih pandai.
d. salah,
karena satu tutor untuk satu kelompok yang terdiri dari 4-8 orang.
No 25.
a. benar,
guru menyiapkan tugas untuk mengantisipasi apabila ada siswa yang menyelesaikan
tugasnya lebih awal.
b. salah,
karena merupakan aturan rutin kelas.
c.
salah, karena bukan merupakan jawabannya.
d. salah,
karena bukan merupakan jawabannya.
No 26.
a.
salah, penyiapan tugas untuk mengantisipasi apabila ada siswa yang
menyelelesaikan tugasnya lebih awal.
b. benar,
merupakan aturan rutin kelas.
c.
salah, karena bukan merupakan jawabannya.
d. salah,
karena bukan merupakan jawabannya.
No 27.
a. benar,
dengan memberi hukuman.
b. salah,
tidak sesuai dengan jawaban.
c.
salah, karena bukan jawabannya.
d. salah,
karena bukan jawannya.
No 28.
a.
salah, karena menjelaskan jumlah murid, yaitu jumlah murid yang mengulang,
jumlah murid yang putus sekolah
b. benar,
melakukan langkah- langkah mendapatkan dukungan untuk membangun kerja sama
dengan pihak lain.
c. salah,
karena melaporkan keadaan kepada kepala sekolah.
d. salah,
karena berhubungan dengan pemberian penghargaan kepada masyarakat yang berjasa
terhadap sekolah.
No 29.
a.
salah, karena tujuan memanfaatkan guru adalah sebagai sumber belajar.
b. salah,
karena memanfaatkan sesama guru bukan untuk menggantikan guru yang tidak hadir.
c. benar,
memanfaatkan sesama guru dapat dilakukan dengan cara mengundang sebagai nara
sumber.
d. salah,
karena memanfaatkan guru tidak harus menjanjikan honor lebih.
No 30.
a. benar,
mendiskusikan dengan cara lain yang lebih tahu.
b. salah,
karena tidak sesuai.
c.
salah, karena harus dipelajari.
No 31.
a. benar,
yaitu mengajarkan ke anak untuk membudayakan hasil laut.
b. salah,
karena sesuai dengan pemanfaatan pertanian.
c.
salah, karena sesuai dengan hasil perkebunan.
d. salah,
karena berhubungan dengan fasilitas kehutanan.
No 32.
a. salah,
karena tidak sesuai materi.
c. salah,
karena kantin tidak sesuai sebagai perlengkapan dan sumber belajar.
d. salah,
karena orang tua siswa bukan merupakan perlengkapan dan sumber belajar.
No 33.
a. salah,
karena mudah dijangkau termasuk hal perlu dipertimbangkan dalam menentukan
lingkungan.
b. salah,
karena lingkungan harus aman untuk digunakan sebagai sumber belajar.
c. salah,
karena lingkungan seabagai sumber belajar hendaknya berkaitan dengan materi
yang diajarkan.
d. benar,
lingkungan yang dapat digunakan bukan yang membutuhkan biaya tinggi.
No 34.
a. salah,
karena posyandu tempat untuk memeriksakan kesehatan anak balita.
b. benar,
bank dapat dipakai untuk mengenalkan anak menabung
c. salah,
karena tempat memeriksakan kesehatan
d. salah,
karena merupakan warung telekomonikasi.
No 35.
a. salah,
karena merupakan tutor dari usia yang sama.
b. benar,
orng yang ahli dalam kebudayaan.
c. salah,
karena merupakan tutor dari kelas yang lebih tinggi
d. salah,
karena bagian perangkat sekolah.
No 36.
a. salah,
karena berhubungan dengan adat kebudayaan.
b. salah,
karena berhubungan dengan sosial budaya.
c. benar,
lingkungan alam yang dapat menyebabkan terjadinya banjir.
d. salah,
karena berhubungan dengan kelangsungan lembaga pemerintahan.
No 37.
a. benar,
yaitu menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator atau tujuan
pembelajaran, pengalaman belajar, dan proses pembelajaran.
b. salah, karena
jawaban tidak sesuai.
c.
salah, karena jawaban tidak sesuai .
d. salah,
karena jawaban tidak sesuai.
No 38.
a. benar,
membuat karangan tentang kebersihan lingkungan mencerminkan kewajiban siswa
sebagai warga negara.
b. salah,
karena jawabannya bukan untuk mendiskusikan tentang lingkungan.
c.
salah, karena jawabannya kurang sesuai.
d. salah,
karena membuat kliping tokoh masyarakat bukan merupakan kewajiban siswa sebagai
warga negara.
No 39.
a. benar,
merupakan prinsip pemetaan materi.
b. salah,
karena bukan merupakan jawabannya.
c. salah,
karena bukan merupakan jawabannya.
d. salah,
karena bukan merupakan jawabannya.
No 40.
a. salah,
karena materi tersebut lebih sesuai untuk anak kelas 4.
b. salah,
karena materi tersebut lebih sesuai untuk anak kelas 5
c. benar,
yaitu bermain bersama.
d. salah,
karena materi tersebut lebih sesuai untuk kelas 5.
No 41.
a. salah,
karena tugas guru memeriksa dan membetulkan hasil latihan di luar kelas.
b. benar,
murid memahami konsep baru atau keterampilan guru memantau dan selanjutnya
murid berlatih di luar kelas.
c. salah,
guru memandu murid secara kelompok dan guru memberi balikan dan tanggapannya.
d. salah,
karena pengembangan guru yang harus menjelaskan konsep atau keterampilan,
mendemonstrasikan model atau langkah dan mengecek pengertian murid.
No 42.
a. salah,
karena pada latihan mandiri, tugas guru memeriksa dan membetulkan hasil latihan
di luar kelas dan murid melanjutkan latihan mandiri.
b. salah,
karena pada latihan terbimbing murid berlatih memahami konsep baru atau keterampilan, guru
memantau, selanjutnya murid berlatih di luar kelas.
c. benar,
pada latihan terstruktur guru memandu kegiatan kelompok murid dan memberi
balikan dan murid menanggapinya.
d. salah,
karena pada pelatihan pengembangan, guru menjelaskan konsep atau keterampilan
mendemonstrasikan model atau langkah, dan mengecek pemahaman murid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar