1. Pendekatan yang dilakukan dalam IPS menggunakan
pendekatan multidisiplin atau interdisiplin, tidak seperti halnya Ilmu Sosial
yang menggunakan pendekatan disiplin ilmu atau
A.
monodisiplin
B.
multidisiplin
C.
lintas ilmu
D.
perpaduan
pengetahuan
2. Pendekatan ilmu pengetahuan sosial bersifat
interdisipliner atau bersifat multidisipliner dengan menggunakan….
A.
berbagai
bidang keilmuan.
B.
fakta dan
data
C.
berbagai
sumber data
D.
berbagai
metode
3. Pengembangan materi pembelajaran IPS untuk tingkat
persekolahan lebih banyak diambil dari….
A.
ilmu-ilmu
sosial
B.
aspek-aspek
kehidupan kemasyarakatan
C.
aspek-aspek
lingkungan alam sekitar
D.
perpaduan
antara ilmu sosial, kehidupan kemasyarakatan dan lingkungan alam
4. Program pembelajaran pendidikan IPS yang layak harus
mampu mengembangkan….
A.
sikap moral
dan kesadaran peserta didik
B.
intelektual
pengetahuan peserta didik
C.
keterampilan
sosial dan bertindak peserta didik
D.
ketiga
komponen aspek kognitif, afektif dan psikomotor
5. Perkembangan PIPS dan PDIPS secara konseptual terkait
erat pada konsep....
A.
social
education
B.
study social
C.
social
science
D.
social
studies
6. Pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial (PDIPS) di
bina pada…
A.
pendidikan
disiplin ilmu pengetahuan sosial
B.
program
pendidikan ilmu-ilmu sosial.
C.
pendidikan
persekolahan
D.
lembaga
sosial
7. Salah satu Pendidikan IPS, terintegrasi dengan nama
Pendidikan Kewargaan Negara atau….
A.
civics
B.
Tata Negara
C.
studi
sosial.
D.
kewarganegaraan
8. Dalam Undang-undang No. 2/1989 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, Cakupan pendidikan IPS muncul dua bahan kajian kurikuler
….
A.
A.pendidikan
Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan
B.
sejarah,
ekonomi dan geografi
C.
sosiologi
dan tata negara
D.
antropologi
dan geografi
9. Ilmu Pengetahuan sosial sebenarnya bukan merupakan
bidang keilman atau disiplin akademis, namun IPS lebih merupakan sebagai
bidang....
A.
ilmu yang
dikembangkan secara akademis
B.
kajian
tentang gejala dan masalah teknologi
C.
kajian
tentang gejala dan masalah sosial.
D.
kajian yang
dikembangkan kepentingan ilmu
10. Studi sosial (sosial studies) bukan merupakan suatu
bidang keilmuan atau disiplin bidang akademis, melainkan lebih merupakan suatu
bidang pengkajian tentang....
A.
gejala
masalah sosial.
B.
penerapan
ketrampilan di lingkungan masyarakat
C.
berbagai
kajian bidang keilmuan
D.
praktis
gejala sosial
11. Ditinjau dari ilmu politik, kekuasaan tertinggi
penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis terletak pada....
A.
kemampuan
birokrasi penyelenggara negara
B.
kepercayaan
rakyat yang memberikan wewenang.
C.
anggota
kabinet yang berkemampuan profesional
D.
kemampuan
undang-undang yang mengaturnya
12. Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari kehidupan
Negara...... yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat; Ilmu Politik
mempelajari Negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya, pendapat tersebut
dikemukakan....
A.
Midred
Parten
B.
J. Barent.
C.
Brown and
Brown
D.
Miriam
Budiardjo
13. Latar belakang pelaksanaan Tanam Paksa, kecuali….
A.
anggaran
belanja belanda mengalami defisit akibat perang kemerdekaan Belgia dan
Diponegoro
B.
tindakan
pemerintah jajahan antara tahun 1816-1830 gagal menghasilkan keuntungan bagi
Negara induk
C.
perokonomian
rakyat jawa sudah melemah sehingga perlu digalakan kegiatan dibidang pertanian
D.
perusahaan
pelayaran Belanda mengalami kerugian sehingga gagal dalam menjalankan tugas
membangun perekonomian.
14. Ekspedisi pertama penjelajahan Belanda ke perairan
nusantara atas nama….
A.
A.VOC
B.
pemerintah
kerajaan Nederland
C.
Compagnie
van Verre
D.
D.Staten
General
15. Organisasi pergerakan di bawah ini adalah organisasi
yang menjadikan Perhimpunan Indonesia sebagai sumber aspirasi dalam
pembentukannya, kecuali
A.
Budi Utomo
B.
PNI
C.
Parindra
D.
PBI
16. Pengaruh yang paling menonjol dari lahirnya pergerakan
kedaerahan terhadap kehidupan politik bangsa Indonesia adalah;
A.
menumbuhkan
kesadaran bahwa pergerakan kedaerahan tidak menguntungkan perjuangan
B.
menghambat
tumbuhnya rasa persatuan
C.
menumbuhkan
persaingan di antara pergerakan kedaerahan
D.
timbulnya
usaha untuk menyatukan semua organisasi kedaerahan
17. Pasukan pembantu militer pada masa pendudukan Jepang
adalah….
A.
Keibodan
B.
Seinendan
C.
Heiho.
D.
Fujinkai
18. Hal-hal yang merugikan bangsa Indonesia setelah
Dekrit, kecuali....
A.
stabilnya
pemerintahan negara
B.
dikuasasinya
politik oleh komunis
C.
tindakan
Presiden yang tidak konstitusional.
D.
hilangnya
demokrasi politik
19. Berikut ini adalah hakikat geografi menurut Broek,
kecuali....
A.
geografi
sebagai relasi hubungan timbal balik antara manusia dengan alam
B.
geografi
sebagai studi penyebaran gejala di permukaan bumi
C.
geografi
sebagai teori keruangan bumi
D.
geografi
sebagai studi permukiman
20. Pendekatan yang digunakan dan disepakati oleh para
pakar geografi adalah....
A.
humanitis
B.
sejarah
C.
tingkah laku
D.
keruangan, ekologi dan komplek wilayah.
21. Berikut termasuk lingkungan tingkah laku, kecuali....
A.
kepercayaan
setempat
B.
organisasi
sosial
C.
transmigrasi
D.
tempat
tinggal
22. Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi geografi dunia
yang diajarkan di jenjang tingkat sekolah dasar hanya terbatas
A.
negara maju
dan negara berkembang
B.
wilayah
kawasan tertentu
C.
seluruh
negara di dunia
D.
seluruh
negara Eropa
23. Ilmu ekonomi perlu kita pelajari karena....
A.
alat
pemenuhan kebutuhan sifatnya tak terbatas
B.
kebutuhan
tidak terbatas.
C.
barang bebas
tersedia oleh alam
D.
setiap
manusia memiliki kebutuhan yang sama
24. Usaha seseorang dengan hidup berhemat agar bisa
menabung karena mempunyai kebutuhan
A.
spiritual
B.
ekonomi
C.
masa depan
D.
kasih sayang
25. Perusahaan Negara melakukan aktivitasnya bertujuan
untuk….
A.
pelayanan
masyarakat.
B.
mengelola
usaha vital
C.
mengelola
sumber alam
D.
mendapatkan
keuntungan
26. Koperasi yang sudah ada tidak mampu bersaing dengan
badan usaha lain, agar koperasi dapat tumbuh dan berkembang diperlukan....
A.
penyuluhan
dan bimbingan terhadap koperasi
B.
bantuan dari
pemerintah
C.
kerja sama
dengan koperasi lain
D.
peranan
pemerintah lebih ditingkatkan
27. Pengeritian individu sebagai makhluk sosial sebagai
berikut, kecuali….
A.
beradaptasi
B.
bersosialisasi
C.
berintegrasi
D.
berkonsentrasi
28. Kekuatan norma pada cara termasuk lemah, sedangkan
kebiasaan merupakan “perikelakuan yang diakui dan diterima oleh masyarakat atau
juga disebut dengan istilah
A.
usage
B.
folkways
C.
custom
D.
custom
29. Adanya hubungan atau interaksi dalam masyarakat
ialah….
A.
setiap
kelompok menjalin interaksi dengan kelompok yang lain
B.
setiap
anggota menjalin interaksi dengan anggota yang lain
C.
setiap
anggota menjalin interaksi dengan kelompoknya
D.
interaksi
antara anggota, anggota dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.
30. Istilah lembaga kemasyarakatan jika dibandingkan
dengan pengertian social institusion lebih luas karena lembaga kemasyarakatan
tidak hanya membahas tentang unsur-unsur yang mengatur perilaku, namun lebih
luas lagi pada....
A.
kebiasaan
dan tata kelakuan
B.
bentuk dan
norma
C.
norma dan
adat istiadat
D.
bentuk dan
tujuan
31. Jika dia adalah anak seorang bangsawan dari keturunan
Brahmana maka dia pun tergolong ke dalam kesta Brahmana, dan kalau dia adalah
keturunan Sultan maka dia pun tergolong turunan raja. Hal tesebut adalah
merupakan contoh dari….
A.
Ascribed-Status
B.
Achieved-Status
C.
Assigned-Status
D.
Inherent
risk
32. Jika orang sukses dalam kariernya atau dalam
kedudukannya sebagai direktur misalnya maka statusnya secara subjektif akan
naik pula. Hal tersebut termasuk penilaian status dari subjektif dalam kreteria
A.
kelahiran
B.
mutu pribadi
C.
prestasi
D.
pemilikan
33. Kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang di
dalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum
adaptasi istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia
sebagai anggota masyarakat”, definisi kebudayaan tersebut menurut pendapat.
A.
E.B. Tylor
B.
A.L Kroeber
C.
Kluckhohn
D.
Parsudi
Suparlan
34. Kompleks dari ide, norma-norma yang sifatnya abstrak
adalah sistem....
A.
sosial
B.
budaya
C.
ekonomi
D.
politik
35. Akulturasi budaya adalah…..
A.
A.proses
social yang menyebabkan hilangnya sifat-sifat yang khas dari unsure kebudayaan
masing-masing
B.
masuknya
unsur-unsur budaya asing ke dalam unsure-unsur budaya sendiritanpa kehilangan
kepribadian kebudayaan sendiri.
C.
penyebaran
unsur-unsur budaya ke seluruh penjuru dunia
D. proses penemuan baru dari unsur-unsur kebudayaan
36. Negara berkewajiban memajukan kebudayaan nasional
Indonesia hal ini terdapat dalam UUD 1945 hasil amandemen, pada....
A.
Pasal 32
ayat 1.
B.
Pasal 31
ayat 3
C.
Pasal 31
ayat 4
D.
Pasal 32
ayat 2
37. Unsur-unsur Negara hukum (rechtsstaat) menurut
pendapat F.J Stahl, adalah berikut, kecuali….
A.
adanya
jaminan hak asasi manusia
B.
adanya
pembagian dan pemisahan kekuasaan
C.
pemerintahan
berdasarkan peraturan-peraturan
D.
adanya
keputusan yang jelas
38. Jika dibandingkan dengan materi muatan UU maka muatan
materi Perpu....
A.
sama dengan
materi UU
B.
lebih rendah
dari materi UU
C.
lebih kuat
dari materi UU
D.
lebih tinggi
dari materi UU
39. Salah satu ciri sistem presidensial yang diterapkan di
negara kita adalah Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh rakyat langsung dan
karena itu secara politik tidak bertanggung jawab kepada MPR atau parlemen
melainkan bertanggung jawab pada...
A.
Dewan
Perwakilan Daerah
B.
langsung
kepada rakyat yang memilihnya
C.
Mahkamah
Konstitusi
D.
Mahkamah
Agung
40. Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat dalam menjalankan Pasal
23 ayat (3) UUD 1945 termasuk fungsi....
A.
mediasi
B.
legislasi
C.
anggaran
D.
Pengawasan
41. Perlindungan dari pemajuan hak asasi manusia merupakan
tanggung jawab....
A.
setiap warga
negara
B.
warga negara
dan pemerintah
C.
setiap
individu
D.
negara
terutama pemerintah
42. Pembentukan sikap seseorang amat tergantung pada
informasi yang diterima pada cirinya karena informasi dapat....
A.
menambah
pengetahuan
B.
merubah
sikap seseorang
C.
merangsang
sikap
D.
membantu
perilaku seseorang
43. Sumber kontrol sosial antara lain group pressure,
misalnya secara fisik dicontohkan di masyarakat adalah....
A.
DPR
B.
DPD
C.
Pengacara
D.
Polisi.
44. Guru yang baik haruslah memiliki metode yang baik, dan
guru yang terbaik ditentukan oleh metode yang dikuasainya; Pernyataan ini
dikemukakan oleh....
A.
John Dewey
B.
James A.
Banks
C.
Edgar Wesley
D.
Berry K.
Beyer<
45. Teknik mengungkap pemikiran melalui ;brainstorming;
lebih tepat dikategorikan sebagai latihan berpikir....
A.
A.kritis
B.
kreatif
C.
deduktif
D.
konvergen
46. Tahap model pembelajaran “mencapai solusi yang dapat
dipertanggungjawabkan “menurut Savage and Armstrong, dapat ditafsirkan....
A.
tercapainya
rumusan kesimpulan menurut responden
B.
merumuskan
kesimpulan berdasarkan analisis data dan informasi
C.
menghasilkan
target harapan dari proses penelitian
D. berhasil merumuskan hasil temuan penelitian
47. Model pembelajaran “problem solving” dapat membina
siswa mengantarkan pada kemampuan....
A.
sikap dan
perilaku mandiri dalam mengatasi masalah
B.
peningkatan
prestasi belajar maksimal
C.
kurang
tepat, karena sikap dan perilaku mandiri dalam mengatasi masalah juga termasuk
dalam Model pembelajaran problem solving
D.
menarik
perhatian, minat dan kesenangan siswa
48. Keterampilan pengambilan keputusan perlu dimiliki oleh
siswa sehingga perlu dilatih untuk kepentingan....
A.
diri sendiri
dan sosial
B.
masyarakat
C.
diri pribadi
dan lingkungan
D.
pemerintah
49. Dalam pembelajaran IPS hal yang penting adalah
mengembangkan pemahaman, sikap dan....
A.
bertanya
B.
berkomunikasi
C.
keterampilan
D. berandai-andai
50. Model pembelajaran pemecahan masalah dapat digunakan
untuk mengembangkan keterampilan dasar IPS....
A.
dapat meningkatkan
kemampuan siswa melakukan kerja kelompok
B.
dapat
menarik minat siswa untuk memecahkan persolan disekitarnya
C.
sangat mampu
mensimulasikan konsep yang dipelajari dalam kehidupan nyata
D.
siswa dapat
menggunakan pemahamannya untuk meneliti apa yang diperlukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar