No 1.
a. Benar,
pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa
adalah proses komunikasi
b. Salah,
hal tersebut adalah proses adaptasi.
c. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan proses enkulturasi.
d. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan proses akulturasi.
No 2.
a. Salah,
karena menjadi wartawan tidak cukup memiliki keterampilan membaca dan menyimak
saja.
b. Salah,
karena menjadi seorang wartawan tidak cukup memiliki keterampilan membaca dan
menulis.
c. Salah,
karena menjadi seorang wartawan tidak cukup memiliki keterampilan membaca dan
berbicara saja.
d. benar,
karena idealnya seorang wartawan memiliki 4 ketrampilan berbahasa untuk
mendukung profesinya.
No 3.
a. Salah,
karena membaca bukan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif.
b. Salah,
karena mendengarkan bukan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif.
c. Benar,
karena berbicara dan menulis adalah jenis keterampilan berbahasa yang bersifat
produktif.
d. Salah,
karena mendengarkan dan membaca adalah keterampilan berbahasa yang bersifat
reseptif.
a. Salah,
karena mendengarkan khotbah Jumat adalah kegiatan semiinteraktif.
b. Salah,
karena menyimak pidato pembukaan sebuah pusat perbelanjaan adalah kegiatan
semiinteraktif.
c. Benar,
karena dalam rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat terjadi interaksi
antaranggota.
d. Salah,
karena menonton suatu pementasan teater, merupakan kegiatan noninteraktif.
No 5.
a. Salah,
karena hal tersebut merupakan kegiatan berbicara secara semiinteraktif.
b. Salah,
karena kegiatan tersebut merupakan situasi berbicara interaktif.
c. Salah,
karena kegiatan tersebut juga merupakan situasi berbicara interaktif.
d. Benar,
kegiatan berpidato melalui radio atau televisi merupakan contoh berbicara
noninteraktif, karena pendengar tidak dapat melakukan interupsi atau tanya
jawab.
No6.
a. Benar,
menggunakan bentuk kata dengan benar, merupakan keterampilan mikro yang harus
dimiliki dalam menulis.
b. Salah,
karena hal tersebut merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika
membaca.
c. Salah,
karena hal tersebut adalah keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika
membaca.
d. Salah,
karena hal tesebut adalah keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika
menyimak.
No 7.
a. Benar,
baik keterampilan mendengarkan maupun keterampilan membaca merupakan
keterampilan yang bersifat reseptif.
b. Salah,
karena keterampilan yang bersifat produktif adalah keterampilan menulis dan
keterampilan berbicara.
c. Salah,
karena semua keterampilan berbahasa termasuk menulis dan berbicara adalah hasil
akal budi manusia, tidak hanya membaca dan mendengarkan.
d. Salah,
karena keterampilan berbahasa bukan bagian dari kajian bahasa.
No 8.
a. Benar,
komunikasi yang dilakukan dengan berbicara bersifat langsung, tatap
muka/interaktif, sedangkan menulis tidak.
b. Salah,
komunikasi yang dilakukan dengan menulis bersifat langsung, tatap
muka/interaktif, sedangkan berbicara tidak.
c. Salah,
tempat merupakan sarana yang diperlukan baik dalam kegiatan berbicara maupun
menulis.
d. Salah,
tempat merupakan sarana yang diperlukan baik dalam kegiatan berbicara maupun
menulis.
No 9.
a. Salah,
karena hal tersebut ada pada tataran identifikasi dengan seleksi terpimpin dan
retensi jangka pendek.
b. Salah,
karena hal tersebut ada pada tataran identifikasi.
c. Benar,
karena hal tersebut memang ada pada tataran identifkasi dan seleksi tanpa
retensi.
d. Salah,
karena hal tersebut ada pada tataran identifikasi, seleksi, dan retensi jangka
panjang.
No 10.
a. Salah,
karena hal tersebut merupakan kegiatan menangkap gagasan ketika berbicara.
b. Benar,
untuk dapat menangkap isi simakan penyimak harus memusatkan perhatian dan
memuat catatan, serta menjawab latihan-latihan merupakan strategi untuk
menangkap gagasan.
c. Salah,
karena kegiatan tersebut adalah bagian dari memahirkan keterampilan menulis.
d. Salah,
karena mengekspresikan pkiran dan perasaan dalam tuturan, adalah bentuk
kegiatan berbicara.
No 11.
a. Benar,
menyimak kritis harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar dapat memberikan
penilaian secara objektif.
b. Salah,
karena pernyataan tersebut menjelaskan tentang jenis menyimak kreatif.
c. Salah,
karena hal tersebut menjelaskan tentang menyimak eksploratif.
d. Salah,
karena untuk memperoleh informasi yang akurat dapat dilakukan melalui membaca
dan berbicara, tidak hanya melalui menyimak.
No 12.
a. Benar,
karena hal-hal tersebut harus diperhatikan ketika bercerita.
b. Salah,
karena hal-hal tersebut merupakan manfaat bercerita.
c. Salah,
karena hal-hal tersebut merupakan kegiatan mempersiapkan diri sebelum kegiatan
bercerita.
d. Salah,
karena hal-hal tersebut terdapat pada kegiatan menyusun atau menulis cerita.
No 13.
a. Benar,
karena sebaiknya menyusun materi dan argumentasi dengan referensi yang memadai,
sebelum menyampaikan argumentasi, agar pihak lawan menjadi yakin dan berpihak
serta setuju dengan pendapat peserta debat.
b. Salah, karena
hal tersebut dilakukan pada persiapan melakukan mendongeng.
c. Salah,
karena hal tersebut merupakan persiapan untuk melakukan dialog.
d. Salah,
karena hal tersebut merupakan persiapan untuk melakukan wawancara
No 14.
a. Salah,
karena pidato adalah pengungkapan dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada
orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diungkapkan di depan khalayak.
b. Benar,
karena diskusi adalah bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok
besar atau kecil, dengan tujuan mengambil keputusan.
c. Salah,
karena musyawarah adalah membicarakan sesuatu supaya mencapai kata sepakat.
d. Salah,
karena kampanye sebuah partai politik adalah pengungkapan kepada khalayak
dengan tujuan mempengaruhi pendengarnya agar memilih partai politik tersebut.
No 15.
a. Salah,
tujuan berpidato bukan untuk mengumbar pujian.
b. Benar,
karena agar pidato menjadi efektif dan komunikatif gunakanlah kata-kata yang
sederhana, yang mudah dipahami dengan cepat.
c. Salah,
semakin banyak istilah asing digunakan, pendengar menjadi semakin bingung.
d. Salah,
karena penggunaan makna konotatif dapat menyebabkan salah interpretasi.
No 16.
a. Benar,
dalam menyampaikan sanggahan, peserta diskusi hendaknya menyampaikan dengan
cara yang santun dan tidak berbelit-belit.
b. Salah,
suara yang terlalu keras terkesan tidak santun.
c. Salah,
dalam memberi sanggahan tidak diperlukan kata pembuka dan penutup.
d. Salah,
menyanggah tidak berarti mematahkan argumen pembicara.
No 17.
a. Salah,
karena mengangkat kehidupan pribadi seseorang merupakan hal yang tidak etis
b. Salah,
karena melembutkan nada/suara tidak menjadi syarat dalam berkomunikasi.
c. Salah,
karena berprasangka dan meninggikan emosi justru suatu hal yang harus dihindari
dalam berbahasa.
d. Benar,
karena ketika berdiskusi, tanggapan atau jawaban harus berhubungan dengan
pembahasan bersifat objektif, dan memuaskan berbagai pihak.
No 18.
a. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan bagian dari membuka pidato.
b. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan bagian dari membuka pidato.
c. Salah,
karena hal tersebut adalah esensi diskusi.
d. Benar,
karena pernyataan tersebut adalah cara menutup pidato.
No 19.
a. Benar,
karena membaca scanning dilakukan dengan cara menangkap kata kunci untuk
menemukan informasi khusus dengan sangat cepat.
b. Salah,
pernyataan tersebut adalah jenis membaca skimming.
c. Salah,
pernyataan tersebut adalah jenis membaca pemahaman.
d. Salah,
pernyataan tersebut merupakan hal yang harus dihindari pada saat membaca.
No 20.
a. Benar,
membaca naskah pidato/ berpidato memerlukan keterampilan membaca bersuara yag
memadai.
b. Salah,
bermain drama memerlukan kemampuan bermain tokoh.
c. Salah,
mendengarkan musik memerlukan kemampuan menyimak, bukan membaca.
d. Salah,
menulis laporan memerlukan kemampuan menulis.
No 21.
a. Benar,
kalimat tersebut merupakan kalimat yang memiliki kata yang bersinonim, yaitu
kalbu.
b. Salah,
karena kalimat tersebut memiliki makna kata yang antonim, yaitu laki-laki,
perempuan, anak-anak, orang tua.
c. Salah,
karena kalimat tersebut memiliki makna kata yang khusus, yaitu mawar, yang
merupakan kata khusus dari kata bunga.
d. Salah,
karena kalimat tersebut memiliki makna kata asing dan serapan, yaitu kata
kontribusi.
No 22.
a. Benar,
karena kata alat komunikasi merupakan kata umum.
b. Salah,
karena kata surat kabar merupakan kata khusus.
c. Salah,
karena kata perahu merupakan kata khusus.
d. Salah,
karena kata korelasi merupakan kata kajian.
No 23.
a. Salah,
karena kata pigmentasi, merupakan kata kajian
b. Salah,
karena kata fenomena, adalah kata kajian.
c. Benar,
karena kata alami, merupakan kata populer.
d. Salah,
karena kata propaganda merupakan kata kajian.
No 24.
a. Benar,
karena hal tersebut merupakan syarat pemakaian kalimat efektif.
b. Salah,
karena hal tersebut adalah syarat penggunaan ejaan yang disempurnakan.
c. Salah,
karena hal tersebut adalah syarat penulisan paragraf yang baik.
d. Salah,
karena hal tersebut adalah aspek yang harus diperhatikan dalam penulisan dan
pemilihan kata.
No 25.
a. Salah,
karena tanda titik dua tersebut tidak diikuti dengan pernyataan lengkap.
b. Benar,
karena tanda titik dua juga dipakai antara tempat terbit dengan penerbit dalam
penulisan daftar pustaka.
c. Salah,
karena penulisan tahun dalam daftar pustaka diikuti oleh titik (satu), bukan
titik dua.
d. Salah,
karena tanda titik tersebut digunakan pada kalimat yang tidak mengandung
perincian.
No 26.
a. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan definisi dari paragraf induktif.
b. Benar,
karena pernyataan tersebut merupakan penjelasan dari paragraf deduktif.
c. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan penjelasan dari pengembangan paragraf
secara deduktif-induktif.
d. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan definisi dari pengembangan paragraf
deskriptif.
No 27.
a. Salah,
karena pokok pikiran utama paragraf tersebut ada di awal dan di akhir paragraf,
sedangkan paragraf tersebut adalah paragraf kombinasi deduktif dan induktif.
b. Salah,
perhatikan rambu A.
c. Benar,
karena pokok pikiran utama paragraf tersebut ada di awal dan di akhir paragraf.
d. Salah,
karena isi paragraf naratif adalah kisah/peristiwa/kejadian yang dikembangkan
secara kronologis sedangkan paragraf tersebut berisi pengetahuan.
No 28.
a. Benar,
paragraf narasi adalah paragraf yang terdapat dalam rangkaian peristiwa dan disajikan
menurut urutan waktu.
b. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan definisi jenis paragraf deskripsi.
c. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan definisi jenis paragraf argumentasi.
d. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan definisi jenis paragraf persuasi.
No 29.
a. Salah,
karena deskripsi merupakan jenis paragraf yang mengambarkan atau melukiskan
suatu objek atau tempat secara detail.
b. Benar,
paragraf tersebut merupakan jenis paragraf argumnetasi karena paragraf tersebut
menyajikan fakta dan data untuk memperkuat alasan yang terdapat dalam paragraf
tersebut.
c. Salah,
karena persuasi merupakan jenis paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi
pembacanya dengan berbagai cara.
d. Salah,
karena narasi adalah jenis paragraf yang di dalamnya terdapat rangkaian
peristiwa dan disajikan menurut urutan waktu.
No 30.
a. Salah,
karena hal tersebut merupakan kriteria pemilihan topik karangan
b. Salah,
karena hal tersebut merupakan kriteria pemilihan topik karangan.
c. Salah,
karena hal tersebut merupakan kriteria pemilihan topik karangan.
d. Benar,
karena pernyataan tersebut bertentangan dengan kriteria penulis.
No 31.
a. Benar,
proses berbicara selalu berpadu dengan proses menyimak.
b. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan
fokus menyimak.
c. Salah,
karena pembicara tidak selamanya berperan sebagai pendengar saja.
d. Salah,
karena pernyataan tersebut tidak menjelaskan hubungan antara keterampilan
berbicara dan menyimak.
No 32.
a. Benar,
karena kegiatan pertama, fokus yang dilakukan siswa sekolah adalah menyimak
dilanjutkan dengan berdiskusi (berbicara).
b. Salah,
karena pernyataan tersebut bukan contoh keterpaduan keterampilan berbicara
dengan fokus menyimak adalah keterampilan berbahasa yang dilatihkan adalah
menulis dan membaca.
c. Salah,
karena pernyataan tersebut bukan contoh keterpaduan keterampilan berbicara
dengan fokus menyimak adalah keterampilan berbahasa yang dilatihkan adalah
menulis dan membaca.
d. Salah,
karena fokus kegiatan berbahasa yang dilatihkan adalah membaca dan berbicara.
No 33.
a. Benar,
karena menyimak dan membaca membutuhkan penguasaan simbol-simbol bahasa,
pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa.
b. Salah,
karena orang yang senang menyimak, belum tentu suka membaca.
c. Salah,
karena keterampilan membaca belum tentu membuat seseorang menjadi sering
menyimak.
d. Salah,
karena keterampilan menyimak dan membaca juga dapat berlangsung dalam situasi
nonformal.
No 34.
a. Benar,
kegiatan tersebut berfokus pada keterampilan menyimak yang
dilanjutkan/dipadukan dengan keterampilan membaca.
b. Salah,
karena kegiatan tersebut melatih siswa menyimak dan berbicara.
c. Salah,
karena fokus kegiatan tersebut adalah berbicara.
d. Salah,
karena hal tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak, membaca,dengan
fokus menulis.
No 35.
a. Salah,
contoh kegiatan tersebut tidak menunjukkan keterpaduan keterampilan menulis
dengan fokus menyimak.
b. Benar,
contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan
fokus menyimak
c. Salah,
contoh kegiatan tersebut hanya melatih siswa terampil menulis dengan fokus
menyimak.
d. Salah,
contoh kegiatan tersebut menunjukkan keterpaduan keterampilan berbicara dan
menulis.
No 36.
a. Salah,
karena hal tersebut bukan merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan
fokus menulis.
b. Benar,
karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan
fokus berbicara.
c. Salah,
karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca dengan
fokus sastra.
d. Salah,
karena kegiatan tersebut hanya memfokuskan pada keterampilan menyimak saja.
No 37.
a. Salah,
karena hal tersebut merupakan cara membatasi tema.
b. Salah,
karena hal tersebut adalah cara membatasi tema.
c. Salah,
karena hal tersebut juga cara membatasi tema.
d. Benar,
karena menentukan tema sesuai dengan keahlian merupakan cara memilih tema.
No 38.
a. Benar,
hal tersebut merupakan jenis karangan narasi sugestif.
b. Salah,
karena pernyataan tersebut merupakan jenis karangan narasi ekspositoris.
c. Salah, karena
hal tersebut merupakan jenis karangan narasi ekspositoris.
d. Salah,
karena hal tersebut merupakan jenis karangan narasi ekspositoris.
No 39.
a. Benar,
contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan
fokus berbicara.
b. Salah,
karena kegiatan tersebut kegiatan menulis (puisi).
c. Salah,
karena contoh kegiatan tersebut bukan merupakan keterpaduan keterampilan
membaca dan menulis.
d. Salah,
karena contoh kegiatan tersebut bukan merupakan keterpaduan keterampilan
membaca dan berbicara.
No 40.
a. Benar,
kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus
berbicara.
b. Salah,
karena kegiatan tersebut hanya menggunakan keterampilan berbicara.
c. Salah,
karena kegiatan tersebut hanya menggunakan keterampilan membaca berbicara.
d. Salah,
karena dalam kegiatan tersebut hanya menggunakan keterampilan menyimak.
No 41.
a. Benar,
kegiatan tersebut tidak menunjukkan adanya keterpaduan keterampilan menyimak
dengan fokus menulis.
b. Salah,
karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan
fokus menulis.
c. Salah,
karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan
fokus menulis.
d. Salah,
karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan
fokus menulis.
No 42.
a. Benar,
kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus
menulis.
b. Salah,
karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan
membaca.
c. Salah,
karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan
menulis.
d. Salah,
karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan berbicara, menyimak
dan menulis.
No 43.
a. Salah,
karena kegiatan tersebut adalah berlatih menulis dan berbicara (bersastra).
b. Benar,
kegiatan tersebut menggambarkan adanya keterpaduan keterampilan membaca dengan
fokus menulis.
c. Salah,
karena kegiatan yang dilakukan siswa adalah menyimak dan berbicara.
d. Salah,
karena kegiatan tersebut hanya melatih kemampuan membaca.
No 44.
a. Benar,
hal tersebut menggambarkan keterpaduan keterampilan menyimak, berbicara dengan
fokus membaca.
b. Salah,
karena kegiatan tersebut tidak menunjukkan adanya keterpaduan keterampilan
menyimak, berbicara dengan fokus membaca.
c. Salah,
karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca, menulis,
dengan fokus menyimak.
d. Salah,
karena kegiatan tersebut menunjukkan keterpaduan keterampilan membaca,
berbicara, dengan fokus menyimak.
No 45.
a. Salah,
karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan
fokus membaca.
b. Salah,
karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan berbicara dengan
fokus membaca.
c. Salah,
karena kegiatan tersebut juga merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan
fokus membaca.
d. Benar,
karena kegiatan tersebut tidak menggambarkan keterpaduan keterampilan menulis
dengan fokus membaca.
No 46.
Pernyataan 1
dan 2 benar, karena cerita yang baik mengandung ajaran kebenaran dan memberikan
keteladanan.
Pernyataan 3
salah, karena menguasai cerita merupakan syarat untuk memperoleh kemampuan
bercerita, bukan manfaat bercerita.
No 47.
Pernyataan 1
dan 2, benar, karena jenis membaca ekstensif adalah membaca sekilas dan membaca
dangkal.
Pernyataan
3, salah, karena membaca sastra bukan jenis membaca ekstensif tetapi termasuk
jenis membaca telaah bahasa atau membaca intensif.
No 48.
Pernyataan 1
dan 3, benar, karena kata kebersihan dan higienis adalah kata yang bermakna
denotasi.
Pernyataan 2
salah, karena kata berkilau dan cerah pada pilihan ke-2 merupakan kata yang
bermakna konotasi.
No 49.
Pernyataan 1
dan 2 benar, karena kata kuliner dan kasih merupakan kata abstrak.
Pernyataan 3
salah, karena kata tablet merupakan kata konkret.
No 50.
Pernyataan 2
dan 3 benar, karena kata costumer dan judgment adalah kata asing.
Pernyataan 1
salah, karena kata terkontaminasi adalah kata serapan bukan kata asing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar