1. Proses komunikasi adalah proses....
A. pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para
penutur suatu bahasa
B. penyesuaian terhadap lingkungan baru
C. pewarisan budaya atau tradisi yang diajarkan turun
temurun
D. pengadopsian tradisi budaya
2. Wartawan merupakan salah satu jenis profesi yang harus
memiliki keterampilan berbahasa ....
A. membaca dan menyimak
B. membaca dan menulis
C. membaca dan berbicara
D. membaca, menulis, menyimak dan berbicara
3. Jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif
adalah ....
A. menulis dan membaca
B. mendengarkan dan berbicara
C. berbicara dan menulis
D. mendengarkan dan membaca
4. Contoh kegiatan berbahasa yang bersifat interaktif
adalah ....
A. mendengarkan khotbah Jumat di masjid
B. menyimak pidato pembukaan sebuah pusat perbelanjaan
C. rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat
D. menonton suatu pementasan teater di Taman Ismail
Marzuki
5. Yang merupakan contoh berbicara secara noninteraktif
adalah ....
A. berpidato secara langsung pada acara peringatan Hari
Kemerdekaan R.I.
B. bertelepon melalui telepon seluler
C. berusaha menawar alat elektronik di suatu pertokoan
D. berpidato melalui radio atau televisi
6. Berikut ini yang merupakan keterampilan mikro yang
harus dimiliki ketika menulis, yaitu ....
A. menggunakan bentuk kata dengan benar
B. mengenal sistem tulisan yang digunakan
C. menentukan makna kata-kata, termasuk kosakata sulit
D. menebak makna dari konteks
7. Yang merupakan persamaan antara keterampilan
mendengarkan dengan membaca adalah ....
A. kedua kegiatan tersebut bersifat reseptif
B. kedua kegiatan tersebut bersifat produktif
C. kedua kegiatan tersebut merupakan hasil akal budi
manusia dalam berbahasa
D. kedua kegiatan tersebut merupakan kajian dalam ilmu
bahasa
8. Sekalipun berbicara dan menulis merupakan keterampilan
berbahasa yang bersifat produktif namun dalam proses komunikasi keduanya
berbeda, yaitu ....
A. berbicara bersifat langsung, menulis bersifat tidak
langsung
B. berbicara bersifat tidak langsung, menulis bersifat
langsung
C. berbicara memerlukan tempat, menulis tidak memerlukan
tempat
D. berbicara tidak memerlukan tempat, menulis memerlukan
tempat
9. Tataran identifikasi dan seleksi tanpa retensi adalah
tataran menyimak di mana penyimak diharapkan mampu ....
A. mengenal bunyi-bunyi dan memahaminya dalam taraf
terpimpin
B. mengenal berbagai jenis bunyi suatu bahasa, kata-kata,
frase-frase dan kalimat dalam hubungan timbal balik antarunsur
C. mengenal bunyi-bunyi dan kemampuan memahami sesuatu
unit ujaran, tetapi belum dituntut adanya kemampuan merencanakan, menyimpan,
dan memproduksi
D. menyimak kontinum wacana yang panjang, baik ragam
bacaan, cerita-cerita menarik, berita surat kabar, dan sebagainya
10. Dalam menangkap gagasan inti simakan, kita dapat
melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah ....
A. memperhatikan tanda-tanda baca, ejaan, dan
berkonsentrasi penuh dalam menangkap gagasan
B. memusatkan perhatian dan memuat catatan, dan menjawab
latihan-latihan yang ada.
C. menuangkan setiap gagasan dan pikiran secara tepat dan
efektif
D. mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam bentuk
tuturan
11. Menyimak kritis adalah jenis menyimak yang ....
A. dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memberikan
penilaian secara objektif.
B. dilakukan untuk mengembangkan daya imajinasi dan
kreativitas
C. dilakukan dengan penuh perhatian untuk mendapatkan
informasi baru
D. dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi
yang akurat
12. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika bercerita
adalah ....
A. penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan
penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami.
B. memberikan hiburan, mengajarkan kebenaran, memberikan
keteladanan
C. memahami pendengar, menguasai materi cerita, menguasai
olah suara
D. menentukan ide, mengembangkan ide, menuangkan ide
13. Sebelum melakukan debat, peserta debat sebaiknya
melakukan persiapan untuk ....
A. persiapan untuk menyusun materi dan argumentasi dengan
referensi yang memadai
B. persiapan untuk menciptakan suasana yang dramatik
C. persiapan untuk memilih topik yang menarik
D. persiapan untuk melakukan tanya jawab
14. Kegiatan berbahasa dalam bentuk tukar pikiran secara
teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil adalah ....
A. pidato
B. diskusi
C. musyawarah
D. kampanye sebuah partai politik.
15. Agar pidato menjadi efektif dan komunikatif, sebaiknya
dalam memilih kata-kata, haruslah ....
A. memberikan pujian kepada khalayak atas prestasi mereka
B. menggunakan kata-kata yang sederhana, agar mudah
dipahami dengan cepat
C. banyak menggunakan istilah asing agar lebih berbobot
D. menggunakan kata-kata bermakna konotatif
16. Cara yang baik dalam menyampaikan sanggahan ketika
berdiskusi adalah ....
A. secara santun dan tidak berbelit-belit
B. dengan suara keras dan tegas
C. disertai kata pembuka dan penutup
D. mengemukakan berbagai argumen yang dapat mematahkan
argumen pembicara
17. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan
tanggapan ketika berdiskusi adalah ....
A. mengangkat kehidupan pribadi pembicara dan
karya-karyanya
B. berhemat dalam menggunakan kata-kata serta melembutkan
nada/suara
C. dilakukan dengan berprasangka dan emosi yang tinggi
D. tanggapan harus berhubungan dengan pembahasan bersifat
objektif dan memuaskan berbagai pihak
18. Bagaimana cara menutup pidato yang baik ....
A. menghubungkan dengan peristiwa yang sedang diperingati
B. melukiskan latar belakang masalah
C. dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya
jawab
D. menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan
kata yang berbeda
19. Membaca scanning adalah jenis keterampilan membaca
yang dilakukan dengan cara ....
A. menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan
sangat cepat
B. membaca teks dengan cepat guna memperoleh gambaran
umum tentang teks tersebut
C. memahami wacana atau bacaan dengan tepat
D. mengulang-ulang bagian bacaan atau kalimat yang sulit
dipahami
20. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan yang
memerlukan keterampilan membaca bersuara adalah ....
A. para siswa berpidato
B. bermain drama
C. mendengarkan musik
D. menulis laporan
21. Kalimat berikut ini yang memiliki kata bersinonim
yakni ....
A. Kau selalu ada di hati setiap orang yang memujamu
B. Semua orang, baik laki-laki, perempuan, anak-anak,
orang tua, berbondong-bondong pergi ke pasar malam tersebut
C. Bunga Mawar adalah bunga pujaan sebagian besar
perempuan
D. Pencemaran udara memberikan kontribusi yang sangat
besar terhadap rendahnya kesehatan masyarakat
22. Berikut ini yang merupakan contoh kata umum dalam
sebuah kalimat adalah ....
A. Alat komunikasi pada saat ini sudah sangat canggih.
B. Surat kabar tersebut sangat memperhatikan penggunaan
bahasa dalam berita-beritanya.
C. Perahu sangat dibutuhkan di Pulau Kalimantan
D. Tidak ada korelasi antara jenis kelamin dan usia
produktif terhadap minat baca.
23. Kata bergaris miring pada kalimat berikut ini yang
bukan merupakan kata kajian yaitu ....
A. Kulit orang Indonesia berwarna putih kekuningan atau
kuning kecoklatan, menandakan kulit yang banyak mengandung pigmentasi.
B. Menurutnya, fenomena itu terjadi karena budaya
Indonesia yang masih menilai perempuan karena kecantikannya.
C. Semua diproses secara alami untuk menjaga kesegaran
dan rasa susu yang lezat.
D. Kita terbiasa disuapi propaganda tentang apa yang baik
dan buruk secara seragam.
24. Syarat pemakaian kalimat efektif untuk penulisan
sebuah karangan adalah ....
A. Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat,
kehematan, kesejajaran, kevariasian dan penekanan
B. Sebaiknya terdapat pemenggalan kata, penulisan kata
depan, pemakaian tanda baca
C. Sebaiknya terdapat gagasan utama, kalimat utama,
kalimat penjelas, contoh-contoh dan fakta-fakta
D. Sebaiknya memperhatikan penggunaan kata yang bermakna
sinonim dan antonim, denotasi dan konotasi, kata umum dan kata khusus, kata
populer dan kata kajian
25. Berikut ini penggunaan yang benar untuk tanda baca
titik dua, dalam penulisan berikut adalah ....
A. Kita harus menghindari hadirnya stres dalam hidup
kita, hal tersebut ditandai dengan gejala-gejala seperti: timbulnya depresi dan
kecemasan berlebihan.
B. Yulianto, B. 1996. Teori Belajar Bahasa. Surabaya :
Penerbit IKIP Surabaya.
C. Sukarton, Lastri Fardani. 1998 : Gunung Biru di Atas
Dusunku. Jakarta, PN Balai Pustaka.
D. Hasil tes yang dilakukan seperti itu banyak mengandung
kelemahan, diantaranya : frekuensi tes yang hanya dua kali.
26. Penalaran deduktif adalah ....
A. Pengembangan paragraf dengan cara menyajikan
serangkaian kalimat penjelas terlebih dahulu dan diakhiri dengan kalimat utama.
B. pengembangan paragraf kalimat utama yang berisi
gagasan utama diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas.
C. pengembangan paragraf dimana pokok pikiran utama yang
dikemukakan kembali pada akhir paragraf.
D. paragraf yang dikembangkan berdasarkan hasil
pengamatan terhadap suatu objek
27. Jika Anda termasuk dalam kelompok yang gampang naik
darah, ada cara mudah dan murah menurunkan tensi darah. Anda cukup mengonsumsi
lebih banyak buah dan sayur atau dua buah apel dan dua tomat sehari. Menurut
para peneliti dari Jerman, semakin banyak perempuan mengonsumsi produk segar,
semakin rendah tekanan darah mereka. Hal tersebut disebabkan efek kombinasi
vitamin C, pottasium, kalsium, dan nutrisi lain dalam sayur dan buah segar
tersebut. (Chic no.03-III. 28 Maret- 12 April 2007) Contoh paragraf tersebut
menggunakan jenis penalaran ....
A. deduktif
B. induktif
C. deduktif – induktif
D. naratif No
28. Paragraf narasi adalah ....
A. Paragraf yang di dalamnya terdapat rangkaian peristiwa
dan disajikan menurut urutan waktu
B. Paragraf yang biasanya dikembangkan berdasarkan hasil
pengamatan terhadap suatu objek
C. Paragraf yang di dalamnya terdapat data dan fakta yang
digunakan untuk meyakinkan pembacanya
D. Paragraf yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi
pembacanya
29. Perhatikan paragraf berikut ini! Jika saat ini banyak
produk menawarkan pemutih kulit, orang jangan lantas percaya begitu saja.
Beberapa waktu yang lalu pernah ditemukan krim pemutih kulit yang mengandung
logam berat seperti merkuri yang maksudnya untuk membuat kulit mulus dan putih.
Namun tanpa disadari merkuri ini justru berbahaya karena bisa merusak organ
tubuh, salah satunya ginjal. Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ....
A. deskripsi
B. argumentasi
C. persuasi
D. narasi
30. Berikut ini bukan kriteria yang dapat dipakai dalam
pemilihan topik karangan adalah ....
A. menarik perhatian penulis
B. aktual
C. bahan-bahan yang diperlukan mudah diperoleh
D. topik yang dipilih berasal dari pengalaman sehari-hari
31. Pernyataan yang menggambarkan adanya hubungan antara
keterampilan berbicara dengan keterampilan menyimak adalah ....
A. proses berbicara secara alami selalu berpadu dengan
proses menyimak, tidak ada orang yang mau berbicara tanpa ada yang mau menyimak
B. kemampuan yang mencakup kedewasaan mental, penguasaan
kosakata, kemampuan mengikuti urutan ide-ide, dan minat terhadap bahasa
C. keterampilan berbicara akan diperoleh secara maksimal
apabila pembicara selalu berperan menjadi pendengar
D. keterampilan berbicara akan diperoleh secara optimal
apabila kita sering melihat orang menulis.
32. Berikut ini yang termasuk contoh keterpaduan
keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah ....
A. siswa mendengarkan penyajian seorang moderator tentang
hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan diskusi, setelah beberapa temannya
ketika berdiskusi, setelah itu mereka mengajukan pertanyaan tentang topik
diskusi
B. siswa membaca naskah pertunjukan drama, setelah itu
guru mengadakan diskusi dengan siswa untuk berlatih drama
C. siswa membuat tulisan tentang kenaikan harga kebutuhan
pokok, kemudian membacakannya di depan kelas
D. siswa berpidato di depan kelas kemudian guru dan
teman-temannya mendiskusikan kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pidato
tersebut
33. Pernyataan yang menjelaskan hubungan antara membaca
dengan menyimak adalah ....
A. Menyimak dan membaca memerlukan kesiapan yang sama,
yakni menguasai simbol-simbol bahasa, memiliki pengetahuan, yang berkaitan
dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa
B. Menyimak menjadikan seseorang lebih suka membaca
C. Membaca menjadikan seseorang lebih terpengaruh untuk
sering menyimak
D. Menyimak dan membaca dapat berlangsung dalam situasi
formal saja
34. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan
keterampilan membaca dengan fokus menyimak adalah ....
A. Setelah menyimak penjelasan tentang penyakit yang
berjangkit akhir-akhir ini, siswa ditugasi membaca wacana kesehatan yang
berjudul “flu burung”. Kemudian siswa diminta menjawab beberapa pertanyaan yang
berkaitan dengan hal tersebut.
B. Siswa menyimak rekaman video mengenai kenaikan harga
bahan-bahan pokok. Kemudian guru meminta siswa menyimpulkan apa yang mereka
lihat secara lisan.
C. Guru meminta siswa mengamati alam sekitar, kemudian
membuat cerita secara lisan berdasarkan apa yang mereka simak tadi.
D. Siswa diberi tugas untuk membuat tulisan tentang
bencana alam, kemudian salah satu dari mereka diminta membacakan hasil
tulisannya di depan kelas, sementara itu teman-teman lainnya menyimak.
35. Kegiatan berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan
keterampilan menulis dengan fokus menyimak, adalah ....
A. Sekelompok siswa membuat naskah drama 1 babak,
kemudian dipentaskan di depan kelas, sementara itu siswa lain menyimaknya.
B. Siswa diajak untuk menonton pementasan pembacaan
puisi. Setelah itu mereka diminta untuk membuat parafrase dari salah satu puisi
yang telah dibacakan tadi.
C. Siswa diminta untuk membuat tulisan argumentasi,
kemudian mereka memasang tulisan mereka di majalah dinding.
D. Siswa bersama guru membahas mengenai sebuah artikel
tentang banjir dan dampak yang sedang dihadapi. Setelah itu, guru menugasi
siswa-siswa untuk menuliskan kesimpulan dari hal yang telah didiskusikan.
36. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan
keterampilan menyimak dengan fokus berbicara adalah ....
A. Siswa mendengarkan dialog yang disajikan dalam bentuk
rekaman kaset, kemudian mereka membuat kesimpulan dari dialog tersebut secara
tertulis.
B. Seorang siswa bercerita/mendongeng di depan kelas, siswa
lain menyimak dengan baik, kemudian mendiskusikan isi dan pelaksanaan/cara siwa
tersebut bercerita.
C. Setelah menguasai naskah drama siswa mendemonstrasikan
drama tersebut di depan kelas.
D. Guru menjadi model dalam membacakan puisi sementara
itu siswa-siswanya menyimak pembacaan puisi tersebut
37. Cara yang baik untuk memilih tema karangan adalah ....
A. mencari aspek tema, yang sesuai dengan kemampuan dan
dapat diolah agar mudah ataupun yang disukai
B. memperhatikan penggunaan judul baik judul rangkap
maupun judul lengkap
C. menentukan sasaran pembaca yang nantinya akan membaca
hasil karangan tersebut
D. menentukan tema sesuai dengan keahlian
38. Karangan yang memaparkan pengelolaan peternakan ikan
patin, mulai membuat kolam pembibitan jenis pakan, sampai pada tahap pemasaran
merupakan jenis karangan narasi ekspositoris. Adapun karangan narasi sugestif,
biasanya menyajikan ....
A. Kisah legenda Gunung Bromo, yang di dalamnya terdapat
unsur tema, alur, penokohan, latar tempat, sudut pandang dan amanat yang
terdapat pada cerita tersebut.
B. Ulasan berita di surat kabar mengenai tindak kekerasan
yang meningkat di Indonesia.
C. Informasi tentang keindahan alam provinsi Sulawesi
Selatan
D. Kisah nyata peristiwa tenggelamnya kapal penumpang di
Laut Jawa.
39. Berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan
keterampilan menulis dengan fokus berbicara adalah ....
A. menulis sebuah cerita anak-anak, kemudian menceritakan
kembali dengan gaya mendongeng di depan kelas.
B. siswa menulis sebuah puisi, setelah itu guru
membacakan sebuah puisi yang dianggap paling baik di depan kelas
C. siswa membaca sebuah puisi, kemudian
memparafrasekannya menjadi sebuah cerpen
D. guru memberikan salinan salah satu hasil tulisan
siswa, kepada siswa-siswa lainnya, kemudian mereka diminta menanggapi dari segi
ejaan dan tanda bacanya
40. Yang merupakan kegiatan keterpaduan keterampilan
membaca dengan fokus berbicara adalah ....
A. Siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen, kemudian
beberapa siswa menanggapi isi cerpen dan unsur-unsurnya secara lisan.
B. Siswa berdiskusi dengan teman-temannya mengenai
jenis-jenis karya sastra.
C. Seorang siswa membaca sebuah artikel tentang
perindustrian, kemudian siswa lain mencatat istilah dari kata-kata yang tidak
mereka pahami, mengenai perindustrian.
D. Guru membacakan sebuah cerita rakyat Jawa, yaitu Roro
Jonggrang. Setelah itu para siswa mengambil kesimpulan berupa amanat dari
cerita tersebut.
41. Berikut ini kegiatan yang merupakan keterpaduan
keterampilan menyimak dengan fokus menulis, kecuali ....
A. menyimak sebuah lagu, kemudian menulis isi lagu dengan
bahasa sendiri
B. mahasiswa menyimak materi sebuah matakuliah, kemudian
dosen meminta mahasiswa membuat ringkasan dari hasil simakannya.
C. siswa menyimak sebuah lagu karya Iwan Fals, yang
berjudul “Oemar Bakrie”, setelah itu mereka diminta untuk membuat artikel atau
yang berhubungan dengan lagu yang telah didengar tadi.
D. siswa Sekolah Dasar, mendengarkan dongeng yang
diceritakan di depan kelas oleh gurunya kemudian mereka diminta untuk membuat
puisi berdasarkan dongeng yang telah mereka simak.
42. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu
keterampilan berbicara dengan fokus menulis, adalah ....
A. melakukan wawancara untuk memperoleh data dalam rangka
membuat laporan penelitian
B. menceritakan pengalaman pribadi yang berkesan dalam
bentuk tulisan kemudian dibacakan di depan kelas
C. menyimak sebuah dialog interaktif di televisi kemudian
menulis sebuah artikel mengenai topik dialog yang disimaknya
D. seorang siswa berpidato di depan kelas sementara
siswa-siswa lainnya menyimak kemudian memberikan tanggapan dalam bentuk tulisan
43. Keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menulis
dapat dilihat pada kegiatan berikut ini :
A.
Siswa
menulis sebuah naskah drama kemudian mereka ditugasi untuk mementaskan naskah
drama yang telah dibuat secara
B.
Para siswa
diminta untuk membaca sebuah cerpen anak-anak, kemudian mereka melanjutkan
membuat resensi dari cerpen tersebut.
C.
Guru
membacakan sebuah dongeng, setelah itu siswa mengungkapkan amanat yang
terkandung dalam cerita secara lisan
D. Siswa membacakan sebuah artikel yang menarik di depan
kelas, dan guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan hal tersebut
44. Keterpaduan keterampilan menyimak dan berbicara dengan
fokus membaca terdapat pada kegiatan ....
A. Setelah membaca sebuah novel anak-anak, siswa kemudian
menyimak diskusi mengenai unsur intrinsik dan ekstrinsik, selanjutnya siswa
lainnya mengajukan tanggapan maupun pertanyaan secara lisan berkaitan dengan
kehidupan anak-anak pada zaman sekarang.
B. Guru membacakan sebuah puisi, siswa menyimaknya,
kemudian mereka berdiskusi dengan guru, usai pembacaan puisi tersebut.
C. Seorang siswa membacakan puisi, siswa lain
menyimaknya, kemudiam mereka membuat parafrase dari puisi yang telah dibacakan
tadi.
D. Siswa menyimak pementasan drama, kemudian mereka
membaca sebuah novel dengan tema yang sama dengan drama yang telah dipentaskan,
kemudian mendiskusikannya dengan guru mereka.
45. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu
keterampilan menulisdengan fokus membaca, kecuali ....
A.
setelah
membaca sebuah artikel yang berjudul “Kenaikan Harga-Harga Bahan Pokok”
siswa-siswa diminta untuk mengisi bagian-bagian teks dengan tema yang sama,
dimana bagian-bagian teks itu telah dikosongkan.
B.
setelah
membaca sebuah cerita, siswa menceritakan kembali cerita tersebut secara lisan
C.
setelah
membaca sebuah cerpen bertema kebangkitan nasional, siswa kemudian membuat
kesimpulan dari bacaan tersebut
D. setelah membaca legenda suatu daerah di Indonesia,
siswa kemudian mencari kata-kata yang sulit dimengerti oleh mereka, untuk
kemudian dicari maknanya di dalam kamus
46. Berikut ini yang termasuk manfaat bercerita adalah
....
1.
mengajarkan
kebenaran
2.
memberikan
keteladanan
3. menguasai cerita
47. Berikut ini yang termasuk jenis membaca ekstensif
adalah ....
1.
membaca
sekilas
2.
membaca
dangkal
3. membaca sastra
48. Kata bergaris miring pada kalimat berikut ini yang
mengandung denotasi adalah ....
1.
Upaya
menjaga kebersihan makanan menjadi syarat utama dalam mengelola rumah makan
2.
Kulit yang
berkilau dan cerah menjadi dambaan setiap wanita Indonesia
3. Susu ini diproses secara higienis
49. Kalimat berikut ini yang memiliki kata abstrak adalah
....
1.
Restoran ini
sangat cocok untuk pecinta kuliner
2.
Kasih ibu
sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah
3. Saat diproduksi, tablet dibentuk terlalu padat
sehingga perut perlu waktu lebih dari 45 menit untuk memecahkannya.
50. Berikut ini kalimat yang memiliki kata asing adalah
kalimat ....
1.
Akibat
kebersihan air yang tidak terjaga, kita beresiko terpapar air yang
terkontaminasi kuman.
2.
Bank swasta
tersebut memiliki jumlah costumer yang cukup besar di Indonesia.
3. Jangan dulu memberikan judgment bahwa seseorang
tersebut tidak suka pada kita sebelum kita mengenalnya dengan baik.
Terima Kasih, ini sangat membantu, tapi untuk soal no 48 kata yang bergaris miring gak ada
BalasHapus