No 1.
A.
Salah, karena seni murni adalah seni yang hanya mempertimbangkan fungsi atau
bentuknya
B.
Salah, karena seni terapan adalah seni yang dirancang untuk kepentingan
tertentu di luar fungsi sebenarnya.
C.
Benar, karena seni universal merupakan refleksi kehidupan manusia yang
dituangkan ke dalam berbagai ekspresi
D.
D. Salah, karena seni ansich merupakan pemahaman seni secara sempit.
No 2.
A. Salah,
karena seni sebagai tontonan tidak banyak membutuhkan persyaratan
B.
Benar, karena sebagai tutunan pelaku seni dituntut untuk menyampaikan pesan
moral yang akan dicapai.
C. Salah,
karena seni sebagai ritual adalah seni untuk pemujaan
D. Salah,
karena seni sebagai hiburan sama dengan seni sebagai tontonan.
No 3.
A.
Salah, karena seni sebagai terapi digunakan secara khusus untuk memberi
ketenangan batin seseorang yang sedang menderita secara psikis.
B.
Benar, karena Happening Art lebih sebagai semboyan dari perwujudan ekspresi
atau aktualisasi diri.
C.
Salah, karena fungsi seni sebagai komersial
D.
Salah, karena seni sebagai tontonan bukan sebagai Happening Art.
A.
Benar, karena salah satu media atau bahan yang digunakan adalah kulit.
B.
Salah karena seni rupa menggunakan berbagai jenis media termasuk kulit.
C.
Salah, karena seni terapan lebih menekankan pada desain.
D.
Salah, karena seni tari merupakan salah satu cabang seni.
No 5.
A.
Salah, karena interval yang dimaksud bukan kuin
B.
Salah, karena interval yang tersebut bukan sext.
C.
Benar, karena interval tersebut adalah septim
D.
Salah, karena interval yang dimaksud bukan kuart..
No 6.
A.
Salah, karena suku kata ‘in’ adalah up-beat
B.
Salah, karena suku kata ‘do’ adalah up-beat.
C.
Benar, karena suku kata ‘ne’ adalah down –beat.
D.
Salah, karena suku kata ‘sia’ adalah up-beat.
No 7.
A.
Benar, karena lagu tersbut memiliki birama 4/4
B.
Salah, karena lagu tersebut tidak memiliki tanda birama ¾.
C.
Salah, karena lagu tersebut tidak memiliki tanda birama 2/4
D.
Salah karena lagu tersebut bukan berbirama 6/8.
No 8.
A.
Salah karena nada dasarnya bukan C Mayor
B.
Benar, karena nada dasarnya G Mayor dan akor pertama adalah G Mayor
C.
Salah, karena nada dasarnya bukan D Mayor
D.
Salah, karena nada dasarnya bukan F Mayor.
No 9.
A.
Salah, karena not setengah durasinya lebih lama.
B.
Salah, karena not seperenambelas durasinya 2 kali lebih cepat daripada not
seperempat.
C.
Salah, karena not seperdelapan lebih cepat dari not seperempat.
D.
Benar, karena not pertama lagu tersebut bernilai seperempat
No 10.
A.
Salah, karena unsur tari tidak hanya waktu dan tenaga.
B.
Salah, karena unsur tari tidak hanya ruang, waktu, dan tenaga.
C.
Salah, karena unsur tari tidak hanya ruang dan tenaga.
D.
Benar, karena unsur tari gerak, ruang, waktu. dan tenaga.
No 11.
A.
Salah, musik adalah musik yang diciptakan dan diperkenalkan oleh sekelompok
masyarakat (etnis).
B.
Salah, karena musik acapella adalah nyanyian tanpa iringan music
C.
Salah, karena musik external adalah musik yang dihasilkan dari seperangkat alat
musik.
D.
Benar, karena musik internal adalah musik yang diciptakan oleh si penarinya
sendiri (biasanya tidak terdengar) untuk mengiringi tariannya.
No 12.
A.
Salah, karena Bedaya ciptaan para koreografer kraton.
B.
Salah, karena Minak Jinggo diciptakan bukan untuk keperluan upacara.
C.
Benar, karena Tor tor ditarikan untuk keperluan upacara dan telah tua usianya.
D.
Salah, karena Yapong adalah tarian rakyat Betawi.
No 13.
A.
Benar, karena kontur diciptakan dari garis yang membentuk sebuah bentuk dan
lingkup
B.
Salah, karena ruang adalah berkaitan rongga dan sesuatu yang berkesan rongga
C.
Salah, karena gelap terang merupakan efek bayangan
D.
Salah, karena arsir adalah bidang yang diberi kontur.
No 14.
A.
Salah, karena keseimbangan adalah upaya untuk menyeimbangkan proporsi kiri
kanan, atau atas bawah sehingga terlihat simetris.
B.
Salah, karena kesatuan adalah berbagai unsur yang saling menunjang satu sama
lain dalam membentuk komposisi yang baik dan serasi
C.
Benar, karena irama adalah susunan atau perulangan dari unsur-unsur rupa yang
diatur, berupa susunan garis, bentuk maupun susunan warna
D.
Salah, karena proporsi berkaitan dengan perbandingan antara bagian-bagian yang
satu dengan bagian lain secara keseluruhan.
No 15.
A.
Benar, karena operasi formal ditunjukan salah satunya dengan anak mampu
memecahkan masalah-masalah abstrak secara logis.
B.
Salah, karena operasi konkert adalah Memahami sesuatu yang dibalik (logika
dibalik).
C.
Salah, karena pra operasional ditunjukan dengan anak mampu berpikir operasi
satu arah
D.
Salah, karena sensori motor diindikasikan anak dengan anak mulai menyadari
bahwa suatu benda tetap ada meskipun disembunyikan.
No 16.
A.
Salah, karena rentang usia ini mereka sudah dilewati masa penebalan suara.
B.
Benar, karena direntang usia ini anak laki-laki mengalami suara cambiata.
C.
Salah, karena pada rentang usia ini mereka sudah dilewati masa penebalan suara.
D.
Salah, karena rentang usia ini anak laki-laki belum mengalami perubahan hormonal.
No 17.
A.
Salah, karena rekayasa adalah prinsip teknologi produksi yang mengandalkan
urai-susun
B.
Benar, karena kerajinan adalah prinsip teknologi produksi berbentuk karya
terapan.
C.
Salah, karena pengelolaan adalah prinsip teknologi produksi bercirikan proses
cepat, tepat, ekonomis, higienis
D.
Salah, karena peniruan adalah tidak termasuk teknologi yang imaksudkan.
No 18.
A.
Benar, karena energi jam bersumber dari kumparan gas yang menghasilkan energy
B.
Salah, karena gerakan tangan tidak digunakan dalam mekanik jam.
C.
Salah, karena jam tidak menggunakan teknologi putaran tuas
D.
Salah, karena gerigi roda tidak digunakan sebagai sumber energi dalam mekanis
jam.
No 19.
A.
Salah, karena menghirupa nafas adalah inhalasi.
B.
Benar, karena menghembuskan nafas adalah ekshalasi.
C.
Salah, karena menahan nafas adalah suspensasi
D.
Salah, karena diam dalam bernyanyi disebut dengan relaksasi.
No 20.
A.
Salah, karena aba-aba 2/4 tidak mirip aba-aba 6/8.
B.
Benar, karena aba-aba ¾ mirip dengan aba-aba 6/8.
C.
Salah, karena aba-aba 4/4 tidak mirip aba-aba 6/8.
D.
Salah, karena dari tiga option di atas ada satu aba-aba yang mirip
No
21.
A.
Salah, karena aba-aba permulaan adalah aba-aba sebelum dimulai bernyanyi
B.
Salah, karena gerakan pendahuluan adalah gerakan paling awal segera setelah
lagu dinyanyikan
C. Benar,
karena aba-aba penutup disebut juga release
D.
Salah, karena persiapan aba-aba merupakan sikap siaga dirigen.
No
22.
A.
Salah, karena leher gitar tidak disebut nuts
B. Benar,
karena bagian antara kepala dan leher gitar disebut nuts
C.
Salah, karena antara leher dan badan gitar tidak mempunyai pemisah
D.
Salah, karena nuts bukan badan gitar
No
23.
A.
Piano termasuk alat musik keyboard
B. Benar,
karena marimba termasuk alat musik berbilah kayu
C.
Salah, karena glokenspiel termasuk alat musik yang berbilah logam
D.
Salah, karena gender bukan termasuk alat musik berbilah kayu yang bertabung
No
24.
A.
Salah, karena pernafasan dada tidak pernah disarankan untuk digunakan dalam
bermusik
B. Benar,
karena diapraghma adalah satu-satunya teknik bernafasan yang dianjurkan dalam bermusik.
C.
Salah, karena dada tidak pernah direkomendasikan untuk digunakan dalam bermusik
D.
Biasa, salah karena tidak benar untuk digunakan dalam bermusik.
No
25.
A.
Salah, karena teknik inversi adalah pembalikan motif
B.
Salah, karena augmented adalah dengan memperbesar intervalnya
C.
Salah, karena repetitif adalah pengulangan motif lagu persis sama
D. Benar,
karena interval bukan sebuah teknik tetapi jarak nada
No
26.
A. Benar,
karena pitch bukan aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat pola iringan
lagu
B.
Salah, karena tempo adalah aspek lagu yang perlu diperhatikan.
C.
Salah, karena melodi merupakan aspek yang perlu diperhatikan
D.
Salah, karena harmoni adalah salah satu aspek yang perlu diperhatikan ketika
membuat pola iringan lagu.
No
27.
A.
Salah, karena eksplorasi adalah tahap awal Anda sebagai seorang yang akan
menyusun tari dalam proses penyusunan karya tari
B. Benar,
karena improvisasi memberi kesempatan lebih luas dalam melakukan imajinasi,
pemilihan, dan penciptaan dibandingkan dengan eksplorasi
C.
Salah, karena evaluasi adalah tahap pemilihan beberapa gerak yang sesuai dengan
ide garapannya
D.
Salah, karena forming adalah tahap dimana koreografer menyusun gerak tari.
No
28.
A.
Salah, karena sumber auditif adalah sumber yang diperoleh dari hal-hal yang
didengar
B.
Salah, karena kinestetik adalah sumber garapan yang berasal dari gerak.
C.
Salah, karena tertulis adalah sumber garapan ini merupakan rangsang awal yang
berasal dari sumber tertulis
D. Benar,
karena gerak adalah salah satu unsur tari
No
29.
A.
Salah, karena karikatur adalah gambar sindiran terhadap peristiwa kini (yang
sedang ngetop) saat itu
B.
Salah, karena kover adalah gambar pada sampul depan buku atau majalah
C. Benar,
karena komik adalah menggambar ilustrasi
yang berfungsi
menjelaskan cerita, baik fiksi maupun realitas.
D.
Salah, karena kartun adalah gambar sindiran yang bernuansa kelucuan.
No
30.
A.
Salah, karena cetak tinggi adalah membuat gambar dengan menggunakan klise
berelief
B.
Salah, karena sablon teknik ini menggunakan klise tembus
C.
Salah, karena klise hilang adalah memindahkan gambar cetak kertas yang sudah ada
dengan bahan pelarut tinta cetak
D. Benar,
karena vinyet adalah gambar pengisi ruang kosong di antara tulisan satu dengan
yang lain.
No 31.
A.
Salah, karena lempengan dengan membuat lempengan terlebih dahulu
B.
Salah, karena global adalah membuat bentuk global terlebih dahulu kemudian
dikeruk sedikit demi sedikit akhirnya seperti yang diharapkan
C.
Benar, karena pilin adalah didahului dengan membuat uliran panjang menyerupai
benang atau kawat.
D.
Salah, karena ukir adalah dengan teknik memahat.
No 32.
A.
Benar, karena lagu tersebut bercerita tentang ciptaan Tuhan.
B.
Salah, karena lagu tersebut bercerita tentang seseorang
C.
Salah, karena lagu tersebut mengenalkan tentang abjad (huruf).
D.
Salah, karena lagu tersebut mengenalkan ragam nada.
No 33.
A.
Benar, karena gerak wantah adalah gerak murni apa adanya,
sehingga anak tidak mengalami kesulitan
B.
Salah, karena gerak maknawi adalah gerak yang sudah memiliki makna atau tujuan
tertentu
C.
Salah, karena stilisasi adalah proses terbentuknya sebuah karya tari.
D.
Salah, karena improvisasi adalah tahapan dalam berkarya tari.
No 34.
A.
Salah, karena sebagai bahasa visual, adalah salah satu fungsi seni rupa
B.
Salah, karena sebagai media bermain, adalah juga salah satu fungsi dari seni
rupa
C.
Benar, karena sebagai tujuan belajar adalah bagian dari fungsi, bukan menjadi
fungsinya itu sendiri.
D.
Salah, karena sebagai media belajar dia menjadi salah satu fungsi dari seni.
No 35.
A.
Salah, karena rabatement adalah ciri komposisi gambar anak dimana anak
menggambar objek ditampilkan rebah atau tidur yang sifat gambarnya hampir sama
dengan gambar yang berdiri di atas garis datar.
B.
Salah, karena komposisi tipe juntax position merupakan ciri gambar anak dimana
anak meletakkan posisi objek yang jauh berada di atas objek yang berjarak
dekat. Jenis tipe ini mirip seperti pada lukian kuno di mana objek yang berada
di posisi jauh terlihat di atas
C.
Benar, karena folding over adalah komposisi tipe gambar anak yang meletakan
objek gambar berdiri di atas garis dasar. Pada tipe ini tergambar bahwa anak
mengalami kebingungan dalam menentukan bentuk prespektif
D.
Salah, karena transparent adalah komposisi tipe gambar anak yang menggambar
objek yang seharus tidak tampak menjadi tampak, mirip sifat X-Ray yang tembus
pandang.
No 36.
A.
Benar, karena tipe haptic adalah jenis karya gambar anak yang lebih cenderung mengungkapkan
rasa daripada pikiran
B.
Salah, karena tipe non-haptic adalah jenis gambar anak yang lebih mengembangkan
pikirannya daripada perasaannya. Melalui gambarnya pikiran anak dapat dibaca
karena bentuk objek mudah dikenali.
C.
Salah, karena tipe willing lebih pada tipe gambar anak yang bermakna
pengharapan akan sesuatu. Tipe harapan (willing type) dalam gambar anak
ditunjukkan oleh tema yang diangkat dalam materi pokok gambar (subject matter)
berupa ungkapan harapan anak terhadap keinginan, cita-cita atau pun yang lain.
D.
Salah, karena X-Ray adalah tipe atau jenis komposisi gambar anak.
No 37.
A.
Salah, karena lukisan potret merupakan gambar wajah seseorang, baik tokoh idola
maupun tokoh yang telah berkesan dalam hati anak
B.
Benar, karena lukisan komik adalah lukisan anak yang memanfaatkan cerita lebih
dahulu.
C.
Salah, karena lukisan tipe dekoratif adalah lukisan yang ditandai dengan
munculnya bentuk-bentuk konturistik (berupa garis) dan jika warna yang dipilih
berupa blok warna dengan sedikit nuansa
D.
Salah, karena tipe heroisme adalah lukisan yang mengungkapkan jiwa patriot
melalui cerita kepahlawanan atau kepatriotan.
No 38.
A.
Salah, karena masa realisme semi berlangsung pada usia 11-14 tahun. Pada masa
ini gambar anak sudah detail, namun mengalami kesulitan mengungkapkan
bentuk-bentuk visual. Pikiran anak telah detail, rasional dan realistis,
pengalaman melihat dan mengamati bentuk sudah cukup detail akan tetapi koordinasi tangan belum sesuai
sehingga karya-karya rupa dikatakan setengah jadi.
B.
Salah, karena realisme awal berada pada rentang usia 9-11 tahun dimana bentuk
yang detail mampu diungkap terutama hal-hal yang berada di lingkungan sekitar
anak.
C.
Salah, karena masa bagan berlangsung antara 7-9 tahun dimana anak sudah mampu
menangkap objek secara detail, di mana sisi perspektif juga mulai tampak.
D.
Benar, karena masa prabagan pada umumnya berada pada rentang usia 4 - 7 tahun.
Gambar anak pada masa ini mulai berkembang dari figur manusia kepala - kaki
menjadi manusia - tulang, atau manusia - batang.
No 39.
A.
Salah, karena Ki Hajar Dewantara katakan: segala perbuatan manusia yang timbul
dari hidup perasaannya dan bersifat indah, hingga dapat menggerakkan jiwa dan
perasaan manusia
B.
Salah, karena Wadjid Anwar mengatakan: aktivitas seni membangkitkan dalam diri
seseorang suatu perasaan yang pernah dialaminya,dan setelah perasaan itu
timbul, maka dengan perantaraan gerak, garis, warna, suara, atau bentuk
kata-kata, perasaan tadi disampaikan kepada orang-orang lain agar mereka
mengalami perasaan yang sama.
C.
Leo Toltstoy berpendapat: seorang secara sadar dengan perantaraan tanda-tanda
lahiriah tertentu menyampaikan perasaan-perasaan yang telah dihayatinya kepada
orang-orang lain sehingga mereka kejangkitan perasaan ini
D.
Benar, karena Lowenfeld berpendapat: perkembangan anak membutuhkan keseimbangan
antara emosi (perasaan) dengan pikiran (intellectual) yang dikemas dalam model
pengalaman kreatif.
No 40.
A.
Salah karena indikator anak menyukai seni, dia belum mampu mensistematikan
sesuai dengan rancangan berdasarkan rangsang yang diterimanya.
B.
Salah, indikasi anak sebagai openikmat seni tidak diperlihatkan dari
kemampuannya mensistematikan rancangan karya seninya berdasarkan rangsang.
C.
Benar, karena indikasi anak berbakat
seni adalah bila seorang anak dengan cepat dan tepat menginterpretasi alam
kemudian diekspresikan lewat nada dan irama, atau irama dengan geraknya serta
bentuk-bentuk visual yang diharapkan menjadi simbol ide penciptanya
D.
Salah, karena indikasi anak menghargai seni diperlihatkan dengan sikap yang
kritis terhadap sebuah karya seni
No 41
A.
Salah, karena proses apresiasi menurut Primadi ada enam tahap yakni tahap surprise,
tahap empati, tahap rasa-betul-estetika, tahap feeling of content, tahap
rasa-benar-etis, dan tahap pesona dan haru.
B.
Salah, karena proses apresiasi menurut Primadi ada enam tahap yakni tahap
surprise, tahap empati, tahap rasa-betul-estetika, tahap feeling of content,
tahap rasa-benar-etis, dan tahap pesona dan haru.
C.
Benar, karena proses apresiasi pada diri seseorang dilalui dalam enam tahap.
D.
Salah, karena proses apresiasi menurut Primadi ada enam tahap yakni tahap
surprise, tahap empati, tahap rasa-betul-estetika, tahap feeling of content,
tahap rasa-benar-etis, dan tahap pesona dan haru.
No 42.
A.
Benar, karena model dalam pembelajaran yang melibatkan penciptaan karya seni
adalah model pembelajaran yang membutuhkan kreativitas siswa disamping
penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Disini model tersebut disebut dengan
model kreatif
B.
Salah, karena model integratif lebih menekankan pada paduan mata pelajaran satu
dengan yang lain dilihat dari kepentingan, topik, sasaran maupun sifat materi
pelajaran
C.
Salah, karena model bermain sangat menekankan pada proses belajar yang
dilakukan dikelas sesuai dengan kebiasaan dan karakter anak yang suka bermain.
D.
Salah, karena model bermain sangat menekankan pada proses belajar yang
dilakukan dikelas sesuai dengan kebiasaan dan karakter anak yang suka bermain.
No 43.
A.
Benar, karena berdasarkan sifat dan fungsi materi pelajaranlah pembelajaran seni terpadu memadukan materi beberapa mata pelajaran berdasarkan topik dan tema yang
ada pada kurikulum
B.
salah, karena pembelajaran terpadu tidak memadukan materi beberapa pelajaran
berdasarkan ruang lingkup materi, metode, dan media yang dipilih guru.
C.
salah, karena pembelajaran terpadu tidak memadukan materi beberapa pelajaran
berdasarkan ruang lingkup materi, metode, dan media yang dipilih guru.
D.
salah, karena pembelajaran terpadu tidak memadukan materi beberapa pelajaran
berdasarkan ruang lingkup materi, metode, dan media yang dipilih guru.
No 44.
A.
Salah, karena bentuk tersebut lebih mirip integrated subject matter.
B.
Salah, karena bentuk tersebut bukan single subject matter
C.
Benar, karena bentuk tersebut bercirikan materi pelajaran dikemas secara
terpisah dengan disiplin ilmu tersendiri.
D.
Salah, karena bentuk tersebut adalah bentuk integrated subject matter.
No 45.
A.
Salah, karena pengembangan materi pembelajaran terpadu yang bersifat horizontal
sangat memperhatikan keterkaitan materi pada satu mata pelajaran dengan materi
pada mata pelajaran yang lainnya
B.
Benar, karena sifat dari pengembangan materi pada pembelajaran terpadu adalah
guru tidak melebur materi dari beberapa mata pelajaran menjadi satu
C.
Salah, karena single subject adalah salah satu jenis pembelajaran terpadu
D.
Salah, karena integrated subject adalah jenis lain dari pembelajaran terpadu.
No 46.
A.
Salah, karena pada model pembelajaran terpadu connected, keterpaduannya tampak
pada hubungan antartopik, namun dilaksanakan secara terpisah.
B.
Salah, karena immersed merupakan model pembelajaran terpadu yang memadukan atau
menyatukan tujuan, walaupun disiplin ilmu mereka berbeda-beda.
C.
Benar, karena model shared walaupun keterkaitannya belum menyeluruh, namun
konsep sudah tampak dipadukan.
D.
Salah, karena model ini merupakan bentuk terpadu murni yang terletak topik,
tema, konsep, strategi dalam gabungan beberapa mata pelajaran
No 47.
A.
Salah, karena yang ditanyakan adalah pengolahan media bukan pada proses
pemproduksi karya seni dalam perolehan pengalaman estetika anak
B.
Benar, karena melalui salah satu komponen seni yakni media anak akan memperoleh
pengalaman estetika. Hal ini yang ditanyakan pada stem pertanyaan ini
C.
Salah, karena yang ditanyakan adalah pengolahan media bukan pada proses
pemproduksi karya seni dalam perolehan pengalaman estetika anak
D.
Salah, karena yang ditanyakan adalah pengolahan media bukan pada proses
pemproduksi karya seni dalam perolehan pengalaman estetika anak.
No 48.
A.
Salah, karena pendekatan definitif cenderung berupa pembelajaran teori atau
apresiasi yang bersifat kognitif
B.
Benar, karena pendekatan partisipatif adalah model pembelajaran seni dimana
siswa harus aktif berkarya/berproduksi seni.
C.
Salah, karena pendekatan eksploratif pendekatan yang menggunakan pemberian
kesempatan siswa mengerti hakikat seni dari kinerja mandiri
D.
Salah, karena demojratif bukan pendekatan pembelajaran.
No 49.
A.
Salah, karena keterpaduan pembelajaran adalah untuk menyampaikan pengetahuan
kepada siswa dalam bentuk informasi yang utuh
B.
Salah, karena keterpaduan kurikulum lebih pada mencari korelasi materi
pelajaran pada setiap bidang studi
C.
Benar, karena kelas terpadu dibentuk untuk mengakomodasi atau memberi
kesempatan kepada siswa-siswa yang berbakat untuk lebih cepat berkembang
(acceleration). Hal ini dimungkinkan
karena kelas terpadu disusun berdasarkan minat dan potensi siswa dalam
kelompok atau kelas tersebut.
D.
Salah, karena keterpaduan konsep tidak memperhatikan kesamaan minat dan potensi
siswa yang mengikuti kelas tersebut.
No 50.
A.
Benar, karena keterpaduan konsep adalah pembelajaran terpadu yang menyatukan
beberapa konsep yang teradapat pada beberapa mata pelajaran
B.
Salah, karena keterpaduan mata pelajaran adalah pembelajaran lintas bidang
studi.
C.
Salah, karena katerpaduan kelas adalah menyatukan beberapa kelas (biasanya
karena tidak ada guru kelas ybs.) dalam pembelajaran satu mata pelajaran
D.
Salah, karena keterapaduan tujuan adalah keterpaduan dari beberapa jenis
pelajaran dalam menyelesaikan keterampilan teknis salah satu bidang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar