Minggu, 17 Maret 2013

Soal ujian Pend. Seni PDGK4207

1.    Seni dapat dipahami dan dimaknai sebagai refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi, merupakan pemahaman dari ....
A.      seni murni
B.      seni terapan
C.      seni universal
D.      seni Ansich
2.    Falsafah hidup selalu muncul dalam pertunjukan seni rakyat seperti pada pertunjukan Wayang Kulit. Hal ini menunjukan bahwa seni dapat berfungsi sebagai ....
A.      tontonan
B.      tutunan
C.      ritual
D.      hiburan
3.    Happening Art merupakan salah satu bentuk dari bentuk pemahaman bahwa seni memiliki fungsi sebagai media ....
A.      terapi
B.      aktualisasi diri
C.      komersial
D.      tontonan
4.    Seni yang memanfaatkan media kulit sapi atau kambing dapat dikategorikan sebagai seni ....
A.      Kriya
B.      rupa
C.      terapan
D.      tari
5.    Interval nada pada suku kata ”ne” ke suku kata ”sia” pada awal lagu ”Indonesia Raya” adalah interval ....
A.      kuin
B.      sext
C.      septim
D.      kuart
6.    Down beat pada kata ’In do ne sia’ di awal lagu ”Indonesia Raya” jatuh pada suku kata ....
A.      'in'
B.      'do'
C.      'ne'
D.      'sia'
7.    Lagu ”Merah Putih” ciptaan Ibu Sud menggunakan tanda birama ....
A.      4/4
B.      3/4
C.      2/4
D.      6/8
8.    Nada dasar lagu ”Indonesia Raya” adalah G Mayor. Trinada pertama yang dimainkan adalah trinada ....
A.      C Mayor
B.      G Mayor
C.      D Mayor
D.      F Mayor
9.    Not pertama pada lagu ”Bunga Tanjungku” ciptaan Ibu Sud bernilai ....
A.      setengah
B.      seperenambelas
C.      seperdelapan
D.      seperempat
10. Ketika seorang penari menggerakan kipas pada tari Kipas, maka pada saat itu penari tersebut menggunakan unsur ....
A.      waktu dan tenaga
B.      ruang, waktu, gerak
C.      ruang dan gerak
D.      gerak, ruang, tenaga, dan waktu
11. Unsur musik yang ada pada tari ”Saman” dari Aceh, oleh para penari digunakan ....
A.      musik daerah
B.      musik acapella
C.      musik external
D.      musik internal
12. Tarian yang termasuk dalam kelompok koreografi primitif adalah tari ....
A.      Bedaya dari Yogyakarta
B.      Minak Jinggo dari Jawa
C.      Tor Tor dari Tapanuli
D.      Yapong dari Betawi
13. Garis yang menciptakan bentuk dan lingkup suatu bidang disebut ....
A.      kontur
B.      ruang
C.      gelap terang
D.      arsir
14. Meletakan objek dengan posisi tertentu pada gambar sehingga memberi kesan ada ”gerak”, adalah usaha perupa untuk memberi ....
A.      keseimbangan
B.      kesatuan
C.      irama
D.      proporsi
15. Seorang anak yang sudah mampu memecahkan masalah-masalah abstrak secara logis, adalah anak yang berada pada tingkat kecerdasan intelektual tahap ....
A.      operasi formal
B.      operasi konkret
C.      pra operasional
D.      sensori motor
16. Suara cambiata terjadi pada anak laki-laki yang menginjak usia ....
A.      10-14 tahun
B.      10-12 tahun
C.      14-16 tahun
D.      8-10 tahun
17. Gerabah, merupakan salah satu produk seni yang mendasarkan pada prinsip teknologi yang mengandalkan bentuk karya terapan, yaitu yang disebut dengan teknologi ….
A.      rekayasa
B.      kerajinan
C.      pengelolaan
D.      peniruan
18. Jarum jam menggunakan energi yang bersumber dari ....
A.      kumparan gas
B.      gerakan tangan
C.      tuas
D.      gerigi roda
19. Tahap ekshalasi pada pernafasan saat kita bernyanyi adalah tahap ....
A.      menghirup nafas
B.      menghembuskan nafas
C.      menahan nafas
D.      diam
20. Aba-aba dalam mendireksi untuk jenis pukulan 6 secara garis besar ....
A.      mirip jenis aba-aba 2/4
B.      mirip jenis aba-aba ¾
C.      mirip jenis aba-aba 4/4
D.      tidak ada yang mirip
21. Release merupakan bagian dari aba-aba mendireksi yang terdapat pada ....
A.      aba-aba permulaan
B.      gerakan pendahuluan
C.      aba-aba penutup
D.      persiapan aba-aba
22. Nut adalah bagian pada gitar yang terdapat pada ....
A.      leher gitar
B.      antara kepala dengan leher
C.      antara leher dengan badan
D.      bagian badan gitar
23. Alat musik berbilah terbuat dari kayu dengan tabung resonansi, dan berukuran lebih besar dari xylophone bernama ....
A.      piano
B.      marimba
C.      glokenspiel
D.      gender
24. Pernafasan yang digunakan ketika meniup recorder adalah pernafasan ....
A.      dada
B.      diaphragma
C.      perut
D.      biasa
25. Berikut ini adalah teknik mengembangkan motif lagu menjadi tema lagu, kecuali ....
A.      inversi
B.      augmented
C.      repetitif
D.      interval
26. Dalam membuat pola iringan lagu, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan, kecuali ....
A.      pitch
B.      tempo
C.      melodi
D.      harmoni
27. Mengembangkan imajinasi sebagai elemen esensial dalam berkarya tari, merupakan proses yang terdapat pada tahap ....
A.      eksplorasi
B.      improvisasi
C.      evaluasi
D.      forming
28. Berikut ini beberapa sumber garapan yang dapat dimanfaatkan bila seseorang hendak menciptakan sebuah karya tari, kecuali ....
A.      auditif
B.      kinestetik
C.      tertulis
D.      gerak
29. Gambar-gambar yang berfungsi menjelaskan jalan cerita dapat ditemui pada ....
A.      karikatur
B.      kover
C.      komik
E.       kartun
30. Berikut adalah teknik mencetak, kecuali teknik ....
A.      Cetak tinggi
B.      sablon
C.      klise
D.      vinyet
31. Menciptakan sebuah karya rupa dengan mengggunakan uliran panjang termasuk teknik ....
A.      lempengan
B.      global
C.      pilin
D.      ukir
32. Lagu anak-anak yang bertema Ketuhanan adalah ....
A.      Twinkle-Twinkle Little Star
B.      Uncle John
C.      ABC
D.      Do Re Mi
33. Sebagai langkah awal memperkenalkan kepada anak apresiasi tari, adalah dengan memperkenalkan ....
A.      gerak Wantah
B.      gerak Maknawi
C.      stilasi
D.      improvisasi
34. Seni rupa memiliki beberapa fungsi berikut ini, kecuali ....
A.      seni sebagai bahasa visual
B.      seni sebagai media bermain
C.      seni sebagai tujuan belajar
D.      seni sebagai media belajar
35. Objek yang selalu digambarkan di atas garis, merupakan ciri gambar anak yang menggunakan komposisi ....
A.      rabatement
B.      juntax position
C.      folding over
D.      transparent
36. Gambar anak yang lebih mengembangkan perasaan daripada pikiran adalah gambar tipe ....
A.      Haptic type
B.      Non haptic type
C.      Willing type
D.      X-ray type
37. Gambar anak yang bersisi penuh dengan objek yang membuat orang yang melihatnya perlu menyusun urutan objek-objek tersebut, termasuk lukisan ....
A.      potret
B.      komik
C.      dekoratif
D.      heroisme
38. Usia 4 – 7 tahun, anak biasanya menggambar dengan ciri gambaran masa ....
A.      realisme semi          
B.     realisme awal               
C.      bagan
D.      pra bagan
39. Keseimbangan antara emosi (perasaan) dengan pikiran (intellectual) yang dikemas dalam model pengalaman kreatif dibutuhklan oleh anak ketika mereka berkembang. Ini adalah pendapat dari .…
A.      Ki Hajar Dewantara
B.      Wadjid Anwar
C.      Leo Toltstoy
D.      Lowenfeld
40. Salah satu indikator anak mampu mensistematikakan sesuai dengan rancangannya berdasarkan rangsangan yang diterimanya, adalah bahwa anak tersebut ....
A.      menyukai seni
B.      menikmati seni
C.      berbakat seni
D.      menghargai seni
41. Model pembelajaran seni yang didominan dengan aktivitas penciptaan atau produksi karya seni, seperti bermain musik secara berkelompok mengiringi sebuah tarian ciptaan siswa-siswa sendiri atau membuat mural di lingkungan sekolah sebagai projek kelas 5 adalah bentuk model pembelajaran seni yang disebut dengan model ....
A.      lima
B.      empat
C.      enam
D.      tujuh
42. Karakteristik pembelajaran terpadu yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan ….
A.      kreatif
B.      integratif
C.      bermain
D.      teamwork
43. Karakteristik pembelajaran terpadu yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan .…
A.      sifat dan fungsi materi
B.      ruang lingkup materi
C.      metode yang digunakan
D.      meida yang dipilih
44. Yang dimaksud dengan single subject matter adalah materi pelajaran dikemas atau diberikan dalam bentuk ….
A.  penampilan utuh yang tidak dimuat dalam beberapa penggalan pengetahuan
B.  secara terpisah-pisah dengan disiplin ilmu yang sama
C.  secara terpisah-pisah dengan disiplin ilmu yang tersendiri
D.  penampilan utuh yang memuat beberapa penggalan pengetahuan
45. Pemberian materi dari beberapa mata pelajaran tanpa melihat ketrkaitan konsep antara satu mata pelajaran dengan pelajaran yang lain adalah pengembangan materi pelajaran dalam model pembeljaran terpadu yang bersifat ....
A.      horizontal
B.      Vertikal             
C.      single subject                   
D.      integrated subject
46. Keterampilan menata meja makan pada mata pelajaran KTK agar tampak serasi, indah, dan nyaman akan memerlukan keterampilan (teknik) mengkomposisi ruang di atas meja makan dengan objek-objeknya (sendok, garpu, gelas, piring, serbet, dsb.nya) yang pengetahuan tersebu berasal dari seni rupa, merupakan salah satu contoh dari pembelajaran terpadu model ....
A.      connected
B.      Immersed  
C.      Shared
D.      integrated
47. Pembelajaran seni yang bertujuan agar siswa mempunyai pengalaman estetika dalam mengolah media dalam mencipta atau memproduksi karya seni, seperti bernyanyi, melukis, atau menari akan diperoleh melalui ….
A.      aktivitas praktek
B.      pilihan media
C.      kualitas nilai
D.      jenis pengalaman
48. Dalam sebuah pelajaran musik, siswa terlibat dalam aktivitas menciptakan sebuah iringan musik ritmik untuk sebuah tarian. Model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan ....
A.      Definitif
B.      Partisipatif
C.      Eksploratif
D.      dekoratif
49. Bentuk pembelajaran seni terpadu yang disajikan kepada siswa berdasarkan kesamaan minat dan potensi mereka, adalah bentuk pembelajaran seni terpadu yang memadukan ….
A.      pembelajaran
B.      kurikulum
C.      kelas
D.      konsep
50. Ketika guru dapat menyatukan beberapa gagasan atau ide yang terdapat dalam seni rupa, musik, dan tari sekaligus, guru tersebut bermaksud menyelenggarakan model pembelajaran seni terpadu berdasarkan ....
A.      keterpaduan konsep        
B.      keterpaduan mata pelajaran          
C.      keterpaduan kelas              
D.      keterpaduan tujuan

2 komentar:

  1. contoh soal pdgk4208 nya ada gak mbak ?

    BalasHapus
  2. PDGK4208 sama uda binggung nyari gak ketemu-ketemu,TOLONG SHARE YA?

    BalasHapus

Minggu, 17 Maret 2013

Soal ujian Pend. Seni PDGK4207

1.    Seni dapat dipahami dan dimaknai sebagai refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi, merupakan pemahaman dari ....
A.      seni murni
B.      seni terapan
C.      seni universal
D.      seni Ansich
2.    Falsafah hidup selalu muncul dalam pertunjukan seni rakyat seperti pada pertunjukan Wayang Kulit. Hal ini menunjukan bahwa seni dapat berfungsi sebagai ....
A.      tontonan
B.      tutunan
C.      ritual
D.      hiburan
3.    Happening Art merupakan salah satu bentuk dari bentuk pemahaman bahwa seni memiliki fungsi sebagai media ....
A.      terapi
B.      aktualisasi diri
C.      komersial
D.      tontonan
4.    Seni yang memanfaatkan media kulit sapi atau kambing dapat dikategorikan sebagai seni ....
A.      Kriya
B.      rupa
C.      terapan
D.      tari
5.    Interval nada pada suku kata ”ne” ke suku kata ”sia” pada awal lagu ”Indonesia Raya” adalah interval ....
A.      kuin
B.      sext
C.      septim
D.      kuart
6.    Down beat pada kata ’In do ne sia’ di awal lagu ”Indonesia Raya” jatuh pada suku kata ....
A.      'in'
B.      'do'
C.      'ne'
D.      'sia'
7.    Lagu ”Merah Putih” ciptaan Ibu Sud menggunakan tanda birama ....
A.      4/4
B.      3/4
C.      2/4
D.      6/8
8.    Nada dasar lagu ”Indonesia Raya” adalah G Mayor. Trinada pertama yang dimainkan adalah trinada ....
A.      C Mayor
B.      G Mayor
C.      D Mayor
D.      F Mayor
9.    Not pertama pada lagu ”Bunga Tanjungku” ciptaan Ibu Sud bernilai ....
A.      setengah
B.      seperenambelas
C.      seperdelapan
D.      seperempat
10. Ketika seorang penari menggerakan kipas pada tari Kipas, maka pada saat itu penari tersebut menggunakan unsur ....
A.      waktu dan tenaga
B.      ruang, waktu, gerak
C.      ruang dan gerak
D.      gerak, ruang, tenaga, dan waktu
11. Unsur musik yang ada pada tari ”Saman” dari Aceh, oleh para penari digunakan ....
A.      musik daerah
B.      musik acapella
C.      musik external
D.      musik internal
12. Tarian yang termasuk dalam kelompok koreografi primitif adalah tari ....
A.      Bedaya dari Yogyakarta
B.      Minak Jinggo dari Jawa
C.      Tor Tor dari Tapanuli
D.      Yapong dari Betawi
13. Garis yang menciptakan bentuk dan lingkup suatu bidang disebut ....
A.      kontur
B.      ruang
C.      gelap terang
D.      arsir
14. Meletakan objek dengan posisi tertentu pada gambar sehingga memberi kesan ada ”gerak”, adalah usaha perupa untuk memberi ....
A.      keseimbangan
B.      kesatuan
C.      irama
D.      proporsi
15. Seorang anak yang sudah mampu memecahkan masalah-masalah abstrak secara logis, adalah anak yang berada pada tingkat kecerdasan intelektual tahap ....
A.      operasi formal
B.      operasi konkret
C.      pra operasional
D.      sensori motor
16. Suara cambiata terjadi pada anak laki-laki yang menginjak usia ....
A.      10-14 tahun
B.      10-12 tahun
C.      14-16 tahun
D.      8-10 tahun
17. Gerabah, merupakan salah satu produk seni yang mendasarkan pada prinsip teknologi yang mengandalkan bentuk karya terapan, yaitu yang disebut dengan teknologi ….
A.      rekayasa
B.      kerajinan
C.      pengelolaan
D.      peniruan
18. Jarum jam menggunakan energi yang bersumber dari ....
A.      kumparan gas
B.      gerakan tangan
C.      tuas
D.      gerigi roda
19. Tahap ekshalasi pada pernafasan saat kita bernyanyi adalah tahap ....
A.      menghirup nafas
B.      menghembuskan nafas
C.      menahan nafas
D.      diam
20. Aba-aba dalam mendireksi untuk jenis pukulan 6 secara garis besar ....
A.      mirip jenis aba-aba 2/4
B.      mirip jenis aba-aba ¾
C.      mirip jenis aba-aba 4/4
D.      tidak ada yang mirip
21. Release merupakan bagian dari aba-aba mendireksi yang terdapat pada ....
A.      aba-aba permulaan
B.      gerakan pendahuluan
C.      aba-aba penutup
D.      persiapan aba-aba
22. Nut adalah bagian pada gitar yang terdapat pada ....
A.      leher gitar
B.      antara kepala dengan leher
C.      antara leher dengan badan
D.      bagian badan gitar
23. Alat musik berbilah terbuat dari kayu dengan tabung resonansi, dan berukuran lebih besar dari xylophone bernama ....
A.      piano
B.      marimba
C.      glokenspiel
D.      gender
24. Pernafasan yang digunakan ketika meniup recorder adalah pernafasan ....
A.      dada
B.      diaphragma
C.      perut
D.      biasa
25. Berikut ini adalah teknik mengembangkan motif lagu menjadi tema lagu, kecuali ....
A.      inversi
B.      augmented
C.      repetitif
D.      interval
26. Dalam membuat pola iringan lagu, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan, kecuali ....
A.      pitch
B.      tempo
C.      melodi
D.      harmoni
27. Mengembangkan imajinasi sebagai elemen esensial dalam berkarya tari, merupakan proses yang terdapat pada tahap ....
A.      eksplorasi
B.      improvisasi
C.      evaluasi
D.      forming
28. Berikut ini beberapa sumber garapan yang dapat dimanfaatkan bila seseorang hendak menciptakan sebuah karya tari, kecuali ....
A.      auditif
B.      kinestetik
C.      tertulis
D.      gerak
29. Gambar-gambar yang berfungsi menjelaskan jalan cerita dapat ditemui pada ....
A.      karikatur
B.      kover
C.      komik
E.       kartun
30. Berikut adalah teknik mencetak, kecuali teknik ....
A.      Cetak tinggi
B.      sablon
C.      klise
D.      vinyet
31. Menciptakan sebuah karya rupa dengan mengggunakan uliran panjang termasuk teknik ....
A.      lempengan
B.      global
C.      pilin
D.      ukir
32. Lagu anak-anak yang bertema Ketuhanan adalah ....
A.      Twinkle-Twinkle Little Star
B.      Uncle John
C.      ABC
D.      Do Re Mi
33. Sebagai langkah awal memperkenalkan kepada anak apresiasi tari, adalah dengan memperkenalkan ....
A.      gerak Wantah
B.      gerak Maknawi
C.      stilasi
D.      improvisasi
34. Seni rupa memiliki beberapa fungsi berikut ini, kecuali ....
A.      seni sebagai bahasa visual
B.      seni sebagai media bermain
C.      seni sebagai tujuan belajar
D.      seni sebagai media belajar
35. Objek yang selalu digambarkan di atas garis, merupakan ciri gambar anak yang menggunakan komposisi ....
A.      rabatement
B.      juntax position
C.      folding over
D.      transparent
36. Gambar anak yang lebih mengembangkan perasaan daripada pikiran adalah gambar tipe ....
A.      Haptic type
B.      Non haptic type
C.      Willing type
D.      X-ray type
37. Gambar anak yang bersisi penuh dengan objek yang membuat orang yang melihatnya perlu menyusun urutan objek-objek tersebut, termasuk lukisan ....
A.      potret
B.      komik
C.      dekoratif
D.      heroisme
38. Usia 4 – 7 tahun, anak biasanya menggambar dengan ciri gambaran masa ....
A.      realisme semi          
B.     realisme awal               
C.      bagan
D.      pra bagan
39. Keseimbangan antara emosi (perasaan) dengan pikiran (intellectual) yang dikemas dalam model pengalaman kreatif dibutuhklan oleh anak ketika mereka berkembang. Ini adalah pendapat dari .…
A.      Ki Hajar Dewantara
B.      Wadjid Anwar
C.      Leo Toltstoy
D.      Lowenfeld
40. Salah satu indikator anak mampu mensistematikakan sesuai dengan rancangannya berdasarkan rangsangan yang diterimanya, adalah bahwa anak tersebut ....
A.      menyukai seni
B.      menikmati seni
C.      berbakat seni
D.      menghargai seni
41. Model pembelajaran seni yang didominan dengan aktivitas penciptaan atau produksi karya seni, seperti bermain musik secara berkelompok mengiringi sebuah tarian ciptaan siswa-siswa sendiri atau membuat mural di lingkungan sekolah sebagai projek kelas 5 adalah bentuk model pembelajaran seni yang disebut dengan model ....
A.      lima
B.      empat
C.      enam
D.      tujuh
42. Karakteristik pembelajaran terpadu yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan ….
A.      kreatif
B.      integratif
C.      bermain
D.      teamwork
43. Karakteristik pembelajaran terpadu yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan .…
A.      sifat dan fungsi materi
B.      ruang lingkup materi
C.      metode yang digunakan
D.      meida yang dipilih
44. Yang dimaksud dengan single subject matter adalah materi pelajaran dikemas atau diberikan dalam bentuk ….
A.  penampilan utuh yang tidak dimuat dalam beberapa penggalan pengetahuan
B.  secara terpisah-pisah dengan disiplin ilmu yang sama
C.  secara terpisah-pisah dengan disiplin ilmu yang tersendiri
D.  penampilan utuh yang memuat beberapa penggalan pengetahuan
45. Pemberian materi dari beberapa mata pelajaran tanpa melihat ketrkaitan konsep antara satu mata pelajaran dengan pelajaran yang lain adalah pengembangan materi pelajaran dalam model pembeljaran terpadu yang bersifat ....
A.      horizontal
B.      Vertikal             
C.      single subject                   
D.      integrated subject
46. Keterampilan menata meja makan pada mata pelajaran KTK agar tampak serasi, indah, dan nyaman akan memerlukan keterampilan (teknik) mengkomposisi ruang di atas meja makan dengan objek-objeknya (sendok, garpu, gelas, piring, serbet, dsb.nya) yang pengetahuan tersebu berasal dari seni rupa, merupakan salah satu contoh dari pembelajaran terpadu model ....
A.      connected
B.      Immersed  
C.      Shared
D.      integrated
47. Pembelajaran seni yang bertujuan agar siswa mempunyai pengalaman estetika dalam mengolah media dalam mencipta atau memproduksi karya seni, seperti bernyanyi, melukis, atau menari akan diperoleh melalui ….
A.      aktivitas praktek
B.      pilihan media
C.      kualitas nilai
D.      jenis pengalaman
48. Dalam sebuah pelajaran musik, siswa terlibat dalam aktivitas menciptakan sebuah iringan musik ritmik untuk sebuah tarian. Model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan ....
A.      Definitif
B.      Partisipatif
C.      Eksploratif
D.      dekoratif
49. Bentuk pembelajaran seni terpadu yang disajikan kepada siswa berdasarkan kesamaan minat dan potensi mereka, adalah bentuk pembelajaran seni terpadu yang memadukan ….
A.      pembelajaran
B.      kurikulum
C.      kelas
D.      konsep
50. Ketika guru dapat menyatukan beberapa gagasan atau ide yang terdapat dalam seni rupa, musik, dan tari sekaligus, guru tersebut bermaksud menyelenggarakan model pembelajaran seni terpadu berdasarkan ....
A.      keterpaduan konsep        
B.      keterpaduan mata pelajaran          
C.      keterpaduan kelas              
D.      keterpaduan tujuan

2 komentar:

  1. contoh soal pdgk4208 nya ada gak mbak ?

    BalasHapus
  2. PDGK4208 sama uda binggung nyari gak ketemu-ketemu,TOLONG SHARE YA?

    BalasHapus