1. Definisi yang terkandung dalam teori historis-kultural
yang relevan dengan landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan
di SD, adalah ....
A.
salah satu
pilar konseptual tentang perkembangan kognitif anak
B.
memusatkan
perhatian pada penggunaan simbol sebagai alat untuk mengembangkan cara berpikir
anak
C.
menekankan
pada potensi manusia sebagai ciri utama, hubungan yang hangat, kesadaran akan
perasaan orang lain
D.
sumber
pengetahuan tentang perkembangan kognitif anak
2. Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu dari 4
sasaran utama karakteristik dalam pendidikan SD, karena
pendidikan SD diarahkan untuk ....
A.
dapat
membaca, menulis dan menghitung
B.
mencari
informasi untuk memecahkan masalah
C.
menggunakan
logika
D.
dapat
menginfomasikan sesuatu yang diperoleh
3. Makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang
pengelolaan pendidikan SD adalah sebagai berikut.kecuali ....
A.
pengadaan
gedung untuk SD adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah
B.
pemeliharaan
gedung dan tanah untuk SD merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah
C.
pengembangan
tenaga kependidikan adalah tanggung jawab Menteri
D.
perbaikan
dan pengadaan gedung serta penyediaan tanah adalah tanggung jawab Pemerintah
Daerah
4. Pendidikan formal Madrash Ibtidaiyah adalah ....
A.
sekolah yang
menyelenggarakan pendidikan umum setingkat SD, di samping pendidikan Agama
Islam
B.
jenjang
pertama Pendidikan Dasar yang menyelenggarakan Pendidikan Umum bagi anak usia
6-12 tahun
C.
sekolah yang
menyelenggarakan Pendidikan Umum dengan keunggulan yang merupakan kelebihannya
dari SD biasa
D. sekolah yang mengadakan pelayanan khusus terhadap anak
yang memiliki kelainan fisik atau mentalnya
5. Yang dimaksud sekolah rumah adalah....
A.
pendidikan
bagi peserta didik yang berusia 15-44 tahun
B.
program
pendidikan non formal setara SD/MI
C.
sekolah
dimana anak yang normal dengan anak yang mengalami kelainan berbaur menjadi
satu
D.
sekolah yang
diselenggarakan oleh orang tua di rumah, dengan tujuan potensi anak yang unik
dapat berkembang secara optimal
6. Beberapa ketentuan perundang-undangan yang merupakan
penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang sistem pendidikan Nasional yang
mencakup UU no. 4 Tahun 1950 adalah….
A.
Dasar-dasar
pendidikan, pengajaran dan kebudayaan
B.
Pembentukan
panitia penyelidik pengajaran RI
C.
Tentang
perumusan tujuan pendidikan nasional sesuai Manipol-USDEK
D.
Mengatur
perguruan tinggi
7. Tujuan upaya program perluasan dan pemerataan
kesempatan belajar adalah….
A.
agar semua
siswa dapat belajar di mana saja
B.
agar program
pendidikan SD dapat berkolaborasi dengan masyarakat
C.
untuk
menciptakan agar setiap orang mempunyai kesempatan untuk memperoleh pendidikan
D.
untuk
membantu pemerintan mengentaskan kemiskinan
8. Prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan
dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan
kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar sembilan
tahun kecuali….
A.
menurunya
jumlah penduduk sehingga masyarakat menjadi sejahtera
B.
menurunya
jumlah penduduk yang buta aksara
C.
menyelesaikan
program wajib belajar
D.
meningkatnya
jumlah tenaga terampil
9. Rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai
dengan UU No.14 2005, tentang penyelenggaraan pendidikan non formal yang
bermutu adalah….
A.
pendidikan kesetaraan Paket A yang setara SD
B.
mengutamakan
pemerataan pendidikan dasar
C.
memberi
kesempatan pada setiap warga Negara untuk memperoleh pendidikan
D.
meningkatkan
kecerdasan kehidupan bangsa dan kualitas SDM
10. Contoh yang tepat dengan kemampuan yang mampu
menciptakan lingkungan belajar dan pembelajaran yang dapat menumbuhkenbangkan
potensi peserta didik yang berkaitan dengan pengetahuan untuk bekerja (learning
to do) adalah….
A.
melakukan
penelitian tentang pendidikan
B.
membaca
surat kabar tentang berita dunia pendidikan
C.
bekerja
secara mandiri yang menghasilkan suatu produk
D.
mencari
informasi melalui internet tentang pembelajaran di SD
11. Misi pendidikan Nasional yang bertujuan untuk
meningkatkan kesiapan & kualitas proses pendidikan, adalah….
A.
pelaksanaan
pengawasan dalam sistem pendidikan nasional
B.
pemberdayaan
peran masyarakat, serta penyediaan sarana belajar yang mendidik
C.
pelaksanaan
wajib belajar, dan pelaksanaan otonomi manajemen pendidikan
D.
mengoptimalkan
pembentukan kepribadian yang bermoral
12. Berbagai strategi pembangunan dalam pembaharuan sistem
pendidikan yang tertuang dalam penjelasan umum UU SISDIKNAS 20/2003, adalah ....
A.
pengembangan
kurikulum berbasis kompetensi
B.
mengupayakan
perluasan untuk memperoleh pendidikan yang bermutu
C.
pemerataan
kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu
D.
memfasilitasi
pengembangan potensi anak bangsa secara utuh
13. Prinsip pengembangan Beragam & terpadu pada
kurikulum sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003 adalah….
A.
memperhatikan
keragaman karakteristik peserta didik
B.
mendorong
peserta didik untuk mengikuti perkembangan teknologi
C.
mengembangkan
potensi peserta didik
D.
substansi
kurikulum mencakup dimensi kompetensi
14. Gizi sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak.
Hal ini ditunjukkan ….
A.
pertumbuhan
anak akan terhambat apabila kekurangan gizi dalam asupan makanannya
B.
fisik anak
sesuai dengan fisik kedua orang tuanya.
C.
oleh
gangguan emosional yang dapat menyebabkan terbentuknya steroid adrenal yang
berlebihan
D.
tinggi badan
anak perempuan pada usia 11-12 tahun akan lebih tinggi dari anak laki-laki
15. Sebuah keluarga nampak hidupnya damai dan sejahtera.
Nampak anak dan kedua orang tuanya hubungannya dekat dan saling terbuka, Nampak
anaknya merasa nyaman dekat orang tuanya.Kasus tersebut menunjukkan keluarga
yang….
A.
otoriter
B.
bahagia
C.
permisif
D.
sejahtera
16. Motivasi berteman anak SD menurut Harry Stack
Sullivan, yang termasuk tahap balas jasa adalah….
A.
saling
berbagi perasaan, saling bercanda
B.
kadang-kadang
bertengkar, tapi baikan kembali
C.
mendapatkan
teman karena adanya suatu kepentingan rasa keadilan
D.
menghargai
teman sebagai individu, bukan karena status ekonomi.
17. Berikut adalah contoh prilaku anak SD yang memiliki
kematangan perkembangan intelektual berdasarkan beberapa percobaan konservasi
Piaget seriasi yaitu….
A.
anak sedang
menyusun gelas dari ukuran kecil hingga yang berukuran besar, atau sebaliknya.
B.
anak dapat
mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk dan cirri-ciri dari
masing-masing benda tersebut
C.
anak
menyebut temannya satu persatu sambil menyampaikan ciri-cirinya yang dimiliki
oeh masing-masing dari temannya
D.
anak diberi
gelas yang berbeda bentuknya , kemudian di isi air yang volumenya sama,
selanjutnya anak suru member komenta
18. Berikut adalah contoh yang benar bentuk perilaku anak
berdasarkan fungsi bahasa untuk mempengaruhi orang lain....
A.
Nina pulang
sekolah bilang pada ibunya bahwa dia tadi pagi ketemu bibiknya sedang
menyeberang jalan di depan pasar
B.
Yaa! Hpku
ketinggalan, padahal saya akan menghubungi teman “ Kata Bu Tatk yang Nampak
kecewa”
C.
Ma..ma..ma..ma
terdengar suara bayi yang melihat Ibunya yang melintas di depannya
D. Nampak bayi sedang menangis, kemudian Ibunya
menghampirinya dan langsung memberi susu ketika itu juga bayi diam dari
19. Berikut adalah contoh ekspresi anak sedang berceloteh ....
A.
Seorang bayi
waktu melihat mamanya membawa makanan spontan mengucap ma-em-ma-em
B.
Tatik anak
usia 2 tahun saat makan pisang. Dihampiri temannya.Sontan Tatik bicara:mau
piasng!
C.
Wina waktu
bermain dengan teman sekolahnya asyik membicarakan PR yang matematika
D.
Seorang bayi
menggeliat sambil menangis ketika akan disuapi oleh Ibunya
20. Berikut adalah contoh yang benar penerapan metode
bermain untuk perkembangan agama anak SD ....
A.
Waktu anak
diajak ke kebun binatang guru di tengah perjalanan memberitahukan pada siswa
agar mengamati keistimewaan hewan yang ada di kebun binatang sebagai ucapan
syukur kepada Yang Maha Kuasa
B.
Waktu
istirahat guru menghampiri siswa yang sedan meniup balon, sambil berkata minta
bantuan teman agar kamu tidak merasa kelelehan meniup balon sendiri . Itulah
perlunyaberteman!
C.
Guru bersama
anak saat membicarakan kisah si Maling kondang memperingatkan anak jangan
berani pada kedua orang tua.
D. Waktu pelajaran agama guru menyontohkan cara mengambil
air wudhu yang benar
21. Pengertian belajar menurut Bruner bahwa inti belajar itu adalah….
A.
menstransformasikan
informasi
B.
menemukan
kesalahan
C.
dalam
pembelajaran guru harus memperhatikan prisip
D.
sekedar
menghafal sesuatu
22. Pada proses pembelajaran guru memberi tugas pada
siswanya untuk melakukan observasi terhadap kehidupan yang terjadi di sebuah
pemukiman dekat pabrik. Yang dilakukan guru tersebut adalah contoh dari
belajar….
A.
pemberian
tugas
B.
observasi
C.
menyimak
D.
menemukan
23. Pemberian hadiah dapat menumbuhkan motivasi dalam
kegiatan belajar di sekolah karena ….
A.
melalui
pemberian hadiah dengan harapan siswa dapat belajar lebih baik lagi
B.
membuat anak
menjadi girang dan senang
C.
anak menjadi
percaya diri, karena telah menerima hadiah
D.
dengan
adanya hadiah anak akan berperilaku positif
24. Tujuan bimbingan dan konseling di SD menurut Agus
Taufik antara lain….
A.
memperoleh
makna pribadi dari belajarnya
B.
sebagai
suatu proses pemberian bantuan pada siswa
C.
terwujudnya
manusia Indonesia seutuhnya
D.
siswa dapat
memahami diri sendiri
25. Model layanan yang mengarah pada perkembangan anak
berbakat yang berkaitan dengan perkembangan moral adalah….
A.
mengembangkan
bakat seseorang
B.
memperhatikan
kehidupan anak sehari-hari
C.
melatih
kepemimpinan
D.
membentuk
individu yang bertanggung jawab secara moral
26. Sikap dan tindakan yang harus dilakukan dalam
menghadapi anak yang berperilaku responsive terhadap perasaan anak adalah….
A.
selalu
memperhatikan anak tersebut
B.
mengajak
anak ketempat yang menyenangkan hatinya
C.
menciptakan
hubungan baik dengan anak
D.
berbuat adil
terhadap semua anak
27. Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan profesionalitas guru adalah….
A.
melakukan refleksi pada setiap akhir pembelajaran
B.
membentuk
kelompok kerja guru
C.
melakukan
penelitian mengenai kinerja guru
D.
menyelenggarakan
seminar ilmiah
28. Kegiatan yang dapat di lakukan oleh LPMP dalam
peningkatan profesionalitas guru adalah….
A.
penerapan
PAKEM
B.
menyampaikan
beberapa pengalaman
C.
pengembangan
kurikulum dan perangkat pembelajaran
D.
informasi
mode-model pembelajaran
29. Yang harus dibentuk melalui pengembangan kurikulum dan
pembelajaran di SD sesuai dengan pasal 6 ayat 6 PP No. 19 tahun 2005 yang
berkaitan dengan kemampuan berkomuniksi adalah….
A.
mengacu pada
pemahaman peserta didik tentang fenomena di lingkungannya dalam rangka
menyesuaikan perilaku dalam kehidupan.
B.
kemampuan
peserta didik dalam memahami fenomena di lingkungannya dan mengemasnya dalam
bahasa Indonesia yang baik
C.
mengacu pada
kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi masalah, dan memilih alternatif
yang paling layak.
D. mengacu pada kemampuan peserta didik dalam menggunakan
logika dan bukti secara sistematis
30. Standar kompetensi lulusan SD dalam mata pelajaran
bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari aspek berbicara peserta didik
diharapkan….
A.
mampu
menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan perasaan dalam kegiatan perkenalan
B.
memahami
wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan dan pesan
C.
mampu
menggunakan berbagai jenis bacaan untuk memahami wacana berbagai teks panjang
dan berbagai karya sastra.
D.
mampu
melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan.
31. Ruang lingkup KTSP yang berkaitan dengan struktur dan
muatan kurikulum SD adalah …
A.
meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan , kepribadian, dan akhlak mulia
B.
merupakan
pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh peserta didikdalam kegiatan
pembelajaran
C.
merupakan
pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun
D.
rencana
pembelajaran pada kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar
kompetensi
32. Cakupan aspek kegiatan pengembangan diri yang harus
disajikan dalam struktur & muatan kurikulum adalah ….
A.
kegiatan
yang dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan
diri sesuai dengan bakat dan kondisi sekolah
B.
mencantumkan
semua mata pelajaran beserta alokasi waktu yang telah disesuaikan dengan
struktur kurikulum SD
C.
kegiatan
kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan potensi daerah
D. mencantumkan aturan beban belajar untuk setiap mata
pelajaran yang berlaku di sekolah.
33. Pengertian dari aspek pendidikan berbasis keunggulan
local dan global yang harus di sajikan dalam struktur & muatan kurikulum
adalah….
A.
bagian
integral dari pembelajaran semua mata pelajaran.di sekolah unggulan
B.
pendidikan
yang menerapkan program sekolah unggulan
C.
pendidikan
jangka panjang yang berorientasimenuju sekolah unggulan
D.
pendidikan
yang memanfaatkan keunggulan local dan kebutuhan daya saing global
34. Komponen-komponen yang ada pada buku teks sebagai
bahan ajar adalah….
A.
tujuan,
sumber, waktu, dan cara kerja
B.
tujuan
pembelajaran, uraian materi, dan evaluasi
C.
tujuan
pembelajaran, tindak lanjut, dan cara keja
D.
uraian
materi, sumber, tindak lanjut, dan prosedur kerja
35. Langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam
mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut Dick, Carey, & Carey
sebagai berikut.
A.
menelaah
strategi pembelajaran yang akan dilakukan untuk mencapai setiap kompetensi yang
telah ditetapkan, melakukan survey berbagai leteraturmempertimbangkan apakah
mengadopsi bahan ajar yang tersedia, , merancang dan menulis materi bahan ajar,
dan melakukan evaluasi bahan ajar yang sudah dikembangkan.
B.
menelaah
hasil analisis tentang siswa dan masing-masing proses pembelajaran ,
mempertimbangkan peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran, menentukan materi
yang perlu dirancang, melakukan surveiberbagai leteratur dan ahli bidang ilmu
untuk mengetahui bahan ajar yang sudah tersedia.
C.
memperbaiki
bahan ajar sesuai dengan hasil evaluasi, membuat lembar kerja siswa jika
diperlukan, menelaah setiap pertemuan pembelajaran, menelaah hasil analisis
konteks belajar dan asumsi tentang sumber belajar yang tersedia untuk
mengembangkan bahan ajar, menentukan apakah materi baru perlu dirancang .
D. melakukan evaluasi terhadap bahan ajar yang sudah
dikembangkan, menelaah strategi pembelajaran, yang akan dilakukan untuk
mencapai setiap kompetensi yang telah ditetapkan, menelaah hasil analisis
tentang siswa dan masing-masing proses pembelajaran, merancang dan menulis
materi bahan ajar, berdasarkan stratgi pembelajaran.
36. Pertimbangan-pertimbangan yang harus dilakukan dalam
pemilihan bahan ajar berdasarkan kriteria psiko-pedagogis antara lain….
A.
bahan ajar
harus menjadi alat dan sarana untuk perkembangan kompetensi siswa
B.
membantu
siswa untuk memperoleh pemahamanyang mendalam tentang suatu bidang ilmu
C.
kesesuaian
antara isi dengan tujuan pembelajaran
D.
memungkinkan
siswa memiliki wawasan dan pemahaman terhadap bidang ilmu
37. Dari pertanyaan berikut yang harus dijawab dalam
memilh buku kerja siswa berdasarkan kriteria keterbacaan menurut Omstein
adalah….
A.
Apakah buku
kerja sesuai dengan tujuan pendidikan?
B.
Apakah siswa
memahami petunjuk latihan?
C.
Apakah
materi membantu siswa menguasai kompetensi yang diharapkan?
D.
Apakah
latihan dalam buku kerja meningkatkan kemampuan berpikir siswa?
38. Beberapa hal yang berhubungan dengan strategi
pembelajaran secara kontekstual antara lain….
A.
fenomena
kehidupan sosial masyarakat, dan fenomena dunia pengalaman dan pengetahuan
murid
B.
dalam
program pembelajaran tercermin tujuan pembelajaran dan media untuk mencapai
tujuan tersebut
C.
para guru
ditingkatkan profesionalitasnya melalui penataran dan seminar-seminar
D.
guru
ditingkatkan kualifikasinya melalui latihan atau wokshop, dan penyempurnaan
kurikulum
39. Berikut adalah contoh kegiatan inti pada pembelajaran
dikelas yang mengandung pembelajaran kontekstual yaitu ....
A.
guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan
B.
guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
C.
siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran
D.
siswa
melakukan diskusi kelompok yang dibimbing oleh guru
40. PAKEM dari perspektif guru antara lain adalah….
A.
siswa aktif
bertanya dalam pembelajaran
B.
siswa
menyusun laporan percobaan
C.
seluruh
kegiatan siswa dalam pembelajaran
D.
guru
memantau kegiatan siswa, dan memberi umpan balik
41. Jika model CIPP yang di
terapkan untuk evaluasi program pembelajaran maka yang menjadi sasaran
penilaian adalah ....
A.
seluruh
aspek program pembelajaran
B.
sarana atau
alat peraga pendidikan
C.
lingkungan
belajar
D.
perencanaan
pembelajaran
42. Tujuan dilakukannya evaluasi program pembelajaran
adalah untuk ....
A.
menjadikan
sekolah unggulan
B.
mengetahui
kualitas program pembelajaran
C.
mengetahui
kurikulum yang berlaku
D.
menentukan
silabus yang diperlukan
43. Lima (5) langkah dari 12 langkah yang harus di tempuh
sekolah dalam evaluasi program pembelajaran adalah ....
A.
menentukan
KKM,mengkoordinasikan tes formatif, menentukan criteria kenaikan kelas,
melaporkan hasil penilaian, dan melaporkan pencapaian hasil belajar
B.
mengembangkan
desain evaluasi, mengembangkan instrument, melaksanakan evaluasi, menganalisis
data, dan menyusun laporan
C.
merumuskan
masalah, mengemukakan tujuan penilaian, menentukan model penilaian, menentukan
sasaran, dan membuat instrument
D. membuat soal yang akan digunakan, menentukan
kompetensi dasar, melaksanakan evaluasi, membuat jadwal dan mengembangkan
instrument
44. Ruang lingkup tugas Pengawas SD yang berperan dalam
penyelenggaraan pendidikan di SD, yaitu ....
A. bertanggung jawab, dan mempunyai wewenang secara penuh
untuk melakukan pembinaan terhadap SD
B. sebagai penghubung antara dinas pendidikan dengan
sekolah terutama dalam hal kebijakan
C. bertanggung jawab terhadap pengelolaan system
pendidikan nasional yang telah ditetapkan oloeh Undang-undang no.20/2003
D. berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan dalam
hal perencanaan, pengawasan dan evaluasi program
45. Pemanfaatan BOS di lingkungan SD antara lain untuk ....
A.
dipinjamkan
pada yang membutuhkan
B.
ditanamkan
sebagai saham
C.
pembelian
buku siswa
D.
kegiatan
monitoring
46. Kewenangan atas urusan wajib mengenai pendidikan SD/MI
oleh Pemerintah daerah Propinsi, adalah ....
1.
pemantauan
satuan pendidikan dasar bertaraf internasional
2.
mengembangkan
sistem evaluasi dan akreditasi guru SD/MI
3. pembiayaan penjaminan mutu satuan pendidikan
47. Makna dari pernyataan dalam pasal 5 UU Sisdiknas
20/2003 bahwa warga Negara yang memilki kelainan fisik, emosional, mental,
intelektual, dan/atau social berhak memperoleh pendidikan khusus adalah….
1.
pendidikan
disesuaikan dengan karakteristik psikologis peserta didik
2.
pendidikan
berlangsung sepanjang hayat tanpa kecuali
3.
terselenggaranya
pendidikan yang bermutu bagi seluruh warga Negara tanpa kecuali
48. Standard Kompetensi Kelulusan satuan Pendidikan
berdasarkan Permendiknas No.23 tahun 2006 antara lain….
1.
mengenal
kekurangan dan kelebihan diri sendiri
2.
mematuhi
aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
3.
menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis
49. Ciri-ciri anak SD yang belum berkembang secara motorik
dari gerakan berjalan, maka dapat diidentifikasi apabila anak tersebut berjalan
nampak….
1.
seolah-olah
seluruh tubuhnya ikut bergerak
2.
tubuhnya
oleng ke kiri atau kekanan
3.
masih sering
jatuh
50. Manfaat dari bermain teka-teki dalam belajar
menganalisis adalah….
1.
Mengasah
daya ingat
2.
belajar mengklasifikasi
3.
mengembangkan kemampuan analisis
Jawabannya mn mbak? Hehehe
BalasHapus