No 1.
a.
jawaban salah, karena anak salah satu pilar konseptual tentang perkembangan
kognitif anak relevan dengan teori kognitifisme.
b. jawaban
benar, karena teori historis-kultural pertama dikembangkan oleh Vygotsky yang
memusatkan perhatian pada bidang telaah aspek manusia dari kognisi (Modul 1.
Landasan Pendidikan SD, KB1 tentang landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan di SD).
c.
jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan hakikat dari teori
humanistik.
d. jawaban
salah, karena pernyataan tersebut merupakan hakikat dari teori kognitifisme.
No 2.
a.
jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan kemelekwacanaan
b. jawaban salah,
karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan memecahkan masalah
c.
jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan bernalar
d. jawaban
benar, karena dapat menginfomasikan sesuatu yang diperoleh merupakan kemampuan berkomunikas
(Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD), KB 1: tentang: Fungsi, tujuan, dan
ciri-ciri pendidikan SD)
No 3.
a.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab
VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP
no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
c. benar,
karena pernyataan tersebut bukan makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990
tentang pengelolaan pendidikan SD, melainkan makna ayat 1. (Modul 2.
Karakteristik Pendidikan SD KB 2: tentang makna ayat 1 dari pasal 9 Bab VI PP
no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD).
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP
no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
No 4.
a. benar,
karena sekolah yang menyelenggarakan pendidikan umum setingkat SD, di samping
pendidikan Agama Islam merupakan bentuk pendidikan formal Madrash Ibtidaiyah
(Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD, KB 2: tentang Bentuk-bentuk
penyelenggaraan pendidikan SD)
b. salah,
karena pernyataan tersebut merupakan bentuk pendidikan umum di SD.
c.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan bentuk SD Unggulan.
d. salah,
karena pernyataan tersebut merupakan bentuk SD Luar biasa.
No 5.
a.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan bentuk program paket A
b. salah,
karena pernyataan tersebut menunjukkan termasuk juga bentuk program paket A
c. salah,
karena pernyataan tersebut menunjukkan bentuk SD Inklusi
d. benar,
karena pernyataan tersebut menunjukkan bentuk Sekolah Rumah
No 6.
a. benar,
karena pernyataan tersebut merupakan penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang
system pendidikan Nasional Yaitu UU no. 4 Tahun 1950 (Modul 3: Perkembangan
Pendidikan SD, KB 1: tentang: Ketentuan Perundang-Undangan Terkait Pendidikan
SD)
b. salah,
karena pernyataan tersebut penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang system
pendidikan Nasional tanggal 1 Maret 1946
c.
salah, karena pernyataan tersebut penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang
system pendidikan Nasional Keputusan Presiden No. 145 tahun 1965
d. salah,
karena pernyataan tersebut penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang system
pendidikan Nasional tanggal tentang Undang-Undang No.22 tahun 1961.
No 7.
a.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan tempat belajar siswa, dan tidak ada
kaitannya dengan program perluasan.
b. salah,
karena berkolaborasi dengan masyarakat tidak ada kaitannya dengan program
perluasan.
c. benar,
karena tujuan upaya program perluasan dan pemerataan kesempatan belajar, untuk
menciptakan agar setiap orang mempunyai kesempatan untuk memperoleh pendidikan
(Moddul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 1: tentang: Program perluasan dan
pemerataan kesempatan belajar)
d. salah,
karena bukan itu yang dimaksud.
No 8.
a. benar,
karena menurunya jumlah penduduk sehingga masyarakat menjadi sejahtera tidak
ada kaitannya dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan
dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan
kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan
tahun.
b. salah,
karena berkaitan dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan
dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan
kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan
tahun (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip pembangunan
menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas
pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta
meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun)
c.
salah, karena berkaitan dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang
berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar,
pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar
Sembilan tahun (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip
pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan &
peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan
professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun)
d. salah,
karena berkaitan dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan
dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan
kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan
tahun (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip pembangunan
menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas
pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta
meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun)
No 9.
a. benar,
karena pendidikan kesetaraan Paket A yang setara SD merupakan rincian prioritas
yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005, tentang penyelenggaraan
pendidikan non formal yang bermutu (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD,KB 2:tentang
rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005).
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut merupakan prinsip pembangunan menurut GBHN
1998.
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan prinsip pembangunan menurut
GBHN 1998.
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut merupakan prinsip pembangunan menurut GBHN
1998.
No 10.
a.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut adalah contoh dari learning to know
b. benar,
karena ketiga pernyataan tersebut adalah contoh dari learning to know
c.
benar, karena bekerja secara mandiri yang menghasilkan suatu produk adalah
contoh dari learning to do
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut adalah contoh dari learning to know
No 11.
a.
salah, karena merupakan bagian dari pembaharuan sistem pendidikan
b. salah,
karena merupakan bagian dari pembaharuan sistem pendidikan
c.
salah, karena merupakan bagian dari pembaharuan sistem pendidikan
d. benar,
karena misi pendidikan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan
& kualitas proses pendidikan, adalah mengoptimalkan pembentukan kepribadian
yang bermoral (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD, KB 2: tentang: Visi dan
Misi Pendidikan Nasional.
No 12.
a. benar,
karena pengembangan kurikulum berbasis kompetensi termasuk salah satu strategi
pembangunan dalam pembaharuan sistem pendidikan yang tertuang dalam penjelasan
umum UU SISDIKNAS 20/2003 (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang
Visi dan Misi Pendidikan Nasional)
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut termasuk misi pendidikan Nasional.
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk misi pendidikan Nasional.
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut termasuk misi pendidikan Nasional.
No 13.
a. benar,
karena pernyataan tersebut termasuk Prisip pengembangan Beragam & terpadu
pada kurikulum yang sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003 (Modul 3:
Perkembangan Pendidikan SD KB 2 Tentang: beberapa prinsip pengembangan
kurikulum sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003).
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20
2003
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003
No 14.
a. benar,
karena pertumbuhan anak akan terhambat apabila kekurangan gizi dalam asupan
makanannya merupakan faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan anak
b. salah,
karena pernyataan tersebut merupakan faktor keturunan.
c.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan faktor emosional.
d. salah,
karena pernyataan tersebut merupakan faktor jenis kelamin.
No 15.
a.
salah, karena kasus di atas bukan kasus keluarga yang otoriter
b. salah,
karena keluarga bahagia belum tentu seperti kasus di atas.
c. benar,
karena kasus di atas sesuai dengan kedua pernyataan tersebut.
d. salah,
karena keluarga sejahtera belum tentu seperti kasus di atas.
No 16.
a.
salah, karena kedua pernyataan tersebut .termasuk tahap teman akrab
b. salah,
karena kedua pernyataan tersebut .termasuk tahap teman akrab
c. benar,
karena mendapatkan teman karena adanya suatu kepentingan rasa keadilan termasuk
tahap balas jasa
d. salah,
karena pernyataan tersebut termasuk tahap pemenuhan kebutuhan)
No 17.
a. benar,
karena pernyataan tersebut adalah contoh dari konservasi Piaget seriasi
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk contoh perkembangan
intelektual berdasarkan beberapa percobaan konservasi Piaget Seriasi).
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk contoh perkembangan
intelektual berdasarkan beberapa percobaan konservasi Piaget Seriasi).
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk contoh perkembangan
intelektual berdasarkan beberapa percobaan konservasi Piaget Seriasi).
No 18.
a.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk menyampaikan informasi.
b. salah,
karena pernyataan tersebut termasuk mengepresikan perasaan
c.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk tahap bicara berceloteh
d. benar,
karena pernyataan tersebut termasuk mempengaruhi orang lain
No 19.
a. benar,
karena ekspresi tersebut menunjukkan ekspresi anak sedang berceloteh
b. salah,
karena pernyataan tersebut menunjukkan ekspresi holofrase
c.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan ekspresi mengobrol
d. salah,
karena pernyataan tersebut menunjukkan ekspresi kesakitan
No 20.
a.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan contoh metode karyawisata
b. benar,
karena yang dilakukan guru tersebut adalah contoh yang benar penerapan metode
bermain untul perkenbangan agama anak SD
c.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan metode bercerita yang berkaitan
dengan perkembangan agama
d. salah,
karena pernyataan tersebut menunjukkan metode demonstrasi yang berkaitan dengan
perkembangan agama
No 21.
a. benar,
karena pengertian belajar menurut Bruner adalah menstransformasikan informasi
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk pengertian belajar menurut
Bruner
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk pengertian belajar
menurut Bruner
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk pengertian belajar menurut
Bruner
No 22.
a.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk belajar menemukan.
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk belajar menemukan.
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk belajar menemukan.
d. benar,
karena dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru hanya menugaskan tidak
memberikan rambu-rambu kegiatan apa yang harus dilakukan
No 23.
a. benar,
karena melalui pemberian hadiah dengan harapan siswa dapat belajar lebih baik
lagi
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak dapat menumbuhkan motivasi dalam
kegiatan belajar di sekolah.
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak dapat menumbuhkan motivasi dalam
kegiatan belajar di sekolah.
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak dapat menumbuhkan motivasi dalam
kegiatan belajar di sekolah.
No 24.
a. benar,
karena memperoleh makna pribadi dari belajarnya termasuk tujuan bimbingan dan
konseling di SD menurut Agus Taufik
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk tujuan bimbingan dan konseling
di SD menurut Agus Taufik.
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk tujuan bimbingan dan konseling di SD menurut Agus Taufik.
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk tujuan bimbingan dan konseling
di SD menurut Agus Taufik.
No 25.
a.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan model layanan kognitif-afektif
b. salah,
karena pernyataan tersebut menunjukkan model layanan perkembangan nilai
c.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan model layanan di bidang khusus
d. benar,
karena pernyataan tersebut menunjukkan model layanan perkembangan moral
No 26.
a. benar,
karena pernyataan tersebut termasuk tindakan yang harus dilakukan dalam
menghadapi anak yang berprilaku responsive terhadap perasaan anak
b. salah,
karena pernyataan tersebut termasuk pendekatan kasih saying
c.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk mendengarkan suara hati anak
d. salah,
karena pernyataan tersebut termasuk pembinaan kasih saying antar anak.
No 27.
a. benar,
karena melakukan refleksi pada setiap akhir pembelajaran termasuk kegiatan yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut merupakan wadah peningkatan profesionalitas
guru pada KKG.
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan wadah peningkatan
profesionalitas guru pada KKG.
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut merupakan wadah peningkatan profesionalitas
guru pada KKG.
No 28.
a.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk kegiatan yang dapat di
lakukan oleh KKG dalam rangka peningkatan profesionalitas guru
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut termasuk kegiatan yang dapat di lakukan oleh
KKG dalam rangka peningkatan profesionalitas guru
c. benar,
karena pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran termasuk kegiatan yang
dapat di lakukan di berbagai wadah peningkatan profesionalitas guru pada LPMP
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut termasuk kegiatan yang dapat di lakukan oleh
KKG dalam rangka peningkatan profesionalitas guru
No 29.
a.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk kemelekwacanaan
b. benar,
karena kemampuan peserta didik dalam memahami fenomena di lingkungannya dan
mengemasnya dalam bahasa Indonesia yang baik termasuk kemampuan berkomuniksi.
c.
salah, karena pernyataan tersebut termasuk memecahkan masalah
d. salah,
karena pernyataan tersebut termasuk kemampuan bernalar.
No 30.
a. benar,
karena standar kompetensi lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia
didasarkan PP No.23 2006 dari aspek berbicara adalah peserta didik mampu
menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan perasaan dalam kegiatan perkenalan
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk standar kompetensi lulusan SD
dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari aspek
berbicara
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk standar kompetensi
lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari
aspek berbicara
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak termasuk standar kompetensi lulusan SD
dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari aspek
berbicara
No 31.
a.
salah, karena meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan , kepribadian, dan
akhlak mulia merupakan tujuan pendidikan SD.
b. benar,
karena pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh peserta didikdalam
kegiatan pembelajaran merupakan ruang lingkup KTSP yang berkaitan dengan struktur dan muatan
kurikulum SD
c.
salah, karena pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun
merupakan kalender pendidikan SD
d. salah,
karena rencana pembelajaran pada kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup
standar kompetensi merupakan silabus
No 32.
a. benar,
karena kegiatan yang dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik
mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan kondisi sekolah merupakan cakupan
aspek kegiatan pengembangan diri yang harus disajikan dalam struktur &
muatan kurikulum
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut bukan cakupan aspek kegiatan pengembangan
diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan kurikulum.
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan cakupan aspek kegiatan
pengembangan diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan kurikulum.
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut bukan cakupan aspek kegiatan pengembangan
diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan kurikulum.
No 33.
a.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan pengertian dari aspek pendidikan
berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur &
muatan kurikulum
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut bukan pengertian dari aspek pendidikan
berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur &
muatan kurikulum
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan pengertian dari aspek pendidikan
berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur &
muatan kurikulum
d. benar,
karena pendidikan yang memanfaatkan keunggulan local dan kebutuhan daya saing
global termasuk aspek pendidikan berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur &
muatan kurikulum
No 34.
a.
salah karena ketiga pernyataan tersebut termasuk komponen-komponen dalam LKS
b. benar,
karena tujuan pembelajaran, uraian materi, dan evaluasi merupakan komponen
dalam buku teks sebagai bahan ajar.
c.
salah karena ketiga pernyataan tersebut termasuk komponen-komponen dalam LKS
d. salah
karena ketiga pernyataan tersebut termasuk komponen-komponen dalam LKS
No 35.
a. benar,
karena pernytaan tersebut menunjukkan langkah-langkah yang harus dilakukan guru
dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut Dick, Carey, &
Carey
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak menunjukkan langkah-langkah yang harus
dilakukan guru dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut Dick,
Carey, & Carey.
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut tidak menunjukkan langkah-langkah yang
harus dilakukan guru dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut
Dick, Carey, & Carey.
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut tidak menunjukkan langkah-langkah yang harus
dilakukan guru dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut Dick,
Carey, & Carey.
No 36.
a.
salah, karena kedua pernyataan tersebut menunjukkan pertimbangan yang
berdasarkan criteria filosofis
b. salah,
karena kedua pernyataan tersebut menunjukkan pertimbangan yang berdasarkan
criteria filosofis
c.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan pertimbangan yang berpusat pada
tujuan
d. benar,
karena pernyataan tersebut menunjukkan pertimbangan-pertimbangan pemilihan
bahan ajar berdasarkan kriteria psiko-pedagogis
No 37.
a.
salah, karena pertanyaan tersebut menunjukkan kriteria tujuan
b. benar,
karena pertanyaan tersebut menunjukkan kriteria keterbacaan menurut Omstein
c.
salah, karena pertanyaan tersebut menunjukkan kriteria kegunaan
d. salah,
karena pertanyaan tersebut menunjukkan kriteria kognisi
No 38.
a. benar,
karena fenomena kehidupan sosial masyarakat, dan fenomena dunia pengalaman dan
pengetahuan murid termasuk beberapa hal yang berhubungan dengan strategi
pembelajaran secara kontekstual
b. salah,
karena pernyataan tersebut termasuk program pada pembelajaran kontekstual
c.
salah, karena kedua pernyataan tersebut adalah upaya meningkatkan mutu
pembelajaran kontekstual.
d. salah,
karena kedua pernyataan tersebut adalah upaya meningkatkan mutu pembelajaran
kontekstual.
No 39.
a.
salah, karena kedua pernyataan tersebut merupakan kegiatan awal
b. salah,
karena kedua pernyataan tersebut merupakan kegiatan awal
c.
jawaban salah, karena pernyataan tersebut termasuk tahap kegiatan akhir
pembelajaran
d. benar,
karena siswa melakukan diskusi kelompok yang dibimbing oleh guru adalah
tahap kegiatan inti pada pembelajaran dikelas yang mengandung pembelajaran
kontekstual
No 40.
a.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk PAKEM dalam perspektif siswa.
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut termasuk PAKEM dalam perspektif siswa.
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut termasuk PAKEM dalam perspektif siswa.
d. benar,
karena guru memantau kegiatan siswa, dan memberi umpan balik adalah PAKEM dari
perspektif guru.
No 41.
a. benar,
karena jika model CIPP yang di terapkan untuk evaluasi
program pembelajaran maka yang menjadi sasaran penilaian adalah seluruh aspek
program pembelajaran (Modul 11: Evaluasi Program Pembelajaran di SD, KB1:
Hakikat dan Potret Evaluasi Program Pembelajaran di SD tentang penerapan model
CIPP.
b. salah,
karena masing-masing dari ketiga pernyataan tersebut merupakan bagian dari
program pembelajaran.
c.
salah, karena masing-masing dari ketiga pernyataan tersebut merupakan bagian
dari program pembelajaran.
d. salah,
karena masing-masing dari ketiga pernyataan tersebut merupakan bagian dari
program pembelajaran.
No 42.
a.
salah, karena bukan itu yang dimaksud
b. benar,
karena mengetahui kualitas program pembelajaran merupakan tujuan dilakukannya evaluasi
program pembelajaran (Modul 11: Evaluasi Program Pembelajaran di SD, KB1:
Hakikat dan Potret Evaluasi Program Pembelajaran di SD)
c.
salah, karena kedua pernyataan tersebut bukan termasuk tujuan dilakukannya
evaluasi program pembelajaran
d. salah,
karena kedua pernyataan tersebut bukan termasuk tujuan dilakukannya evaluasi
program pembelajaran
No 43.
a. benar,
karena kelima langkah tersebut adalah yang harus di tempuh sekolah dalam
evaluasi program pembelajaran (Modul 11: Evaluasi Program Pembelajaran di SD,
KB2: Langkah-langkah dan Tindak lanjud Evaluasi Proram Pembelajaran).
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk lima (5) langkah dari 12
langkah yang harus di tempuh sekolah dalam evaluasi program pembelajaran.
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk lima (5) langkah dari
12 langkah yang harus di tempuh sekolah dalam evaluasi program pembelajaran
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut bukan termasuk lima (5) langkah dari 12
langkah yang harus di tempuh sekolah dalam evaluasi program pembelajaran
No 44.
a. benar,
karena pernyataan tersebut menunjukkan tugas Pengawas SD yang berperan dalam
penyelenggaraan pendidikan di SD (Modul 12: Sumber Daya Sekolah Dasar, KB 2:
Sumber Daya yang Berasal dari Luar SD)
b. salah,
karena pernyataan tersebut menunjukkan tugas Kepala Dinas Pendidikan
c.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan tugas Menteri Pendidikan Nasional
d. salah,
karena pernyataan tersebut menunjukkan tugas Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
No 45.
a.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan larangan yang tidak boleh
didanai dari dana BOS
b. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut merupakan larangan yang tidak boleh didanai
dari dana BOS
c. benar,
karena pembelian buku siswa termasuk yang didanai BOS (Modul 12: Sumber Daya
Sekolah Dasar, KB 2: Sumber Daya yang Berasal dari Luar SD)
d. salah,
karena ketiga pernyataan tersebut merupakan larangan yang tidak boleh didanai
dari dana BOS
No 46.
Jawaban 1,
dan 3 benar, karena sesuai dengan kewenangan atas urusan wajib mengenai
pendidikan SD/MI oleh Pemerintah daerah Propinsi (Modul 3: Perkembangan
Pendidikan SD, KB 2: Tentang kewenangan atas urusan wajib mengenai pendidikan
SD/MI oleh Pemerintah daerah Propinsi). Jawaban 2 salah, karena pernyataan
tersebut merupakan rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan
UU No.14 2005
No 47.
1, 2, dan 3
benar, karena ketiga pernyataan tersebut sesuai dengan makna dari pernyataan
dalam pasal 5 UU Sisdiknas 20/2003 bahwa warga Negara yang memilki kelainan
fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau social berhak memperoleh
pendidikan khusus (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2 tentang:: Makna
dari pernyataan dalam pasal 5 UU Sisdiknas 20/2003)
No 48.
Jawaban 1,
2, dan 3 benar, karena pernyataan tersebut termasuk Standard Kompetensi Kelulusan satuan Pendidikan
berdasarkan Permendiknas No.23 tahun 2006 (Modul 3 Kb2: Tentang Kompetensi
Kelulusan satuan Pendidikan berdasarkan Permendiknas No.23 tahun 2006)
No 49.
Jawaban 1,
2, dan 3 benar, karena ketiga pernyataan tersebut adalah ciri-ciri anak SD yang
belum berkembang secara motorik dari gerakan berjalan, maka dapat cara berjalan
(modul 4, KB 1 tentang Karakteristik Perkembangan Motorik.)
No 50.
Jawaban 1, 2, dan 3 benar, karena ketiga pernyataan
tersebut merupakan manfaat dari bermain teka-teki dalam belajar menganalisis
(Modul 5: Karakteristik Belajar Siswa SD., KB 1: Bentuk-bentuk Kegiatan Belajar
yang biasa dilakukan siswa SD.
terimakasih banyak mba yunie rubriknya banyak memberikan manfaat bagi saya,sblumnya salam kenal dari saya.klo blh tahu ini soal pgsd smstr 1 yang tahun brpa y mba?
BalasHapusilmu yg sangat bermaanfaat untuk semua pembaca terutama buat saya, sebagai mahasiswa UT,terima kasih mba yuni...
BalasHapusTrims...
BalasHapus