Jumat, 05 April 2013

Kunci Jawaban Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008




No 1.
a.         salah, karena di luar konteks
b.        benar, karena mereka menyatakan bahwa PTK adalah penelitian yang dimulai dengan refleksi diri.
c.         salah karena di luar konteks (tidak ada dalam modul)
d.        salah bukan bahan rujukan
No 2.
a.      benar, karena sesuai dengan self-reflective inquiry
b.      salah, karena tetap mengikuti kaidah penelitian ilmiah
c.       salah, karena tidak rasional
d.      salah, karena guru harus menguasai metode PTK yang baku
No 3.
a.       salah karena sampel tidak mewakili populasi tertentu
b.      salah karena pengambilan sampel dalam PTK tidak didasarkan pada sistem purposif (kesengajaan)
c.       salah, karena sampel dalam PTK tidak diambil secara acak
d.      benar, karena PTK memang khusus dirancang untuk penelitian oleh guru di kelasnya sendiri
No 4.
a.       salah, karena PTK tidak bertujuan membuktikan kebenaran sebuah teori
b.      salah, karena hasil PTK tidak dapat digeneralisasikan
c.       benar, karena hasil akhir yang ingin dicapai guru melalui PTK adalah terjadinya perbaikan/ peningkatan kualitas pembelajaran a.l. perbaikan hasil belajar siswa.
d.      salah, karena tujuan utama PTK bukan ini (jawaban C)
No 5.
a.       salah, karena tidak relevan dengan pertanyaan
b.      benar, sesuai dengan tujuan pertanyaan yang diajukan
c.       salah, karena hal ini adalah merupakan dampak dari kemampuan guru sebagai peneliti
d.      salah karena ini adalah tujuan PTK bagi guru
No 6.
a.       benar karena PTK umumnya dilakukan hanya oleh guru
b.      benar, karena validitas PTK masih banyak dipertanyakan dan jadi bahan polemik di antara pakar
c.       benar karena metodologi PTK yang longgar dan dianggap kurang ilmiah
d.      salah, tepai merupakan pilihan dari pertanyaan No. 6. Instrumen PTK cukup valid dan reliabel karena dibuat oleh guru sendiri.
No 7.
a.       benar, karena PTK oleh guru harus mendapat dukungan dari pihak sekolah
b.      benar karena untuk masalah pembelajaran di kelasnya, guru memiliki kebebasan untuk melakukan penelitian di kelasnya dalam upaya memperbaiki kualitas pembelajaran di kelasnya.
c.       salah, karena Kepala Sekolah tidak harus melakukan pengawasan. guru cukup menyampaikan pemberitahuan untuk melakukan PTK di kelasnya
d.      benar, karena guru perlu dukungan dalam melaksanakan PTK. dalam pengumpulan data, meminta pendapat teman sejawat, dll.
No 8.
a.       salah, karena perumusan masalah merupakan langkah ke-4, dilakukan setelah analisis masalah
b.      benar, karena identifikasi masalah merupakan langkah awal dengan mengajukan/membuat pertanyaan penelitian
c.       salah, karena analisis masalah merupakan langkah ke-3 setelah pembatasan masalah
d.      salah, karena pembatasan masalah dilakukan setelahidentifikasi masalah. tujuan pembatasan ini adalah untuk memfokuskan metodologi pada tujuanpenelitian.
No 9.
a.       benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui refleksi
b.      benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui kajian dokumen kelas
c.       benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui diskusi dengan teman sejawat
d.      salah, karena dalam konteks PTK analisis masalah tidak perlu studi banding. walaupun hal ini dapat juga dilakukan
No 10.
a.       hipotesis tidak sama dengan tindakan
b.      karena hipotesis tidak sama dengan tindakan yang dipilih
c.       hipotesis adalah dugaan-dugaan yang rasional yang dirumuskan oleh peneliti dalam sebuah kegiatan penelitian. Dan sesuai dengan kaidah penelitian ilmiah, dugaan-dugaan tersebut perlu dibuktikan salah/benar.
d.      hipotesis tidak sama dengan kajian teori
No 11.
a.       salah, karena metode pengolahan data direncanakan pada saat menyusun proposal
b.      salah, karena persiapan diri merupakan langkah paling awal di luar kegiatan penelitian. persiapan diri sama seperti "niat" untuk melakukan sesuatu
c.       benar, karena menyusun RP dan ST merupakan langkah awal PTK
d.      salah, karena sarana pendukung seperti instrumen, alat evaluasi, media dan lain-lain merupakan bagian dari pelaksanaan penelitian
No 12.
a.       salah High inference observation membutuhkan penafsiran
b.      salah, karena yang ditanya disini adalah masalah penafisiran (inference)
c.       salah karena tidak relevan dengan penafsiran
d.      benar karena sesuai dengan istilah high inference observation yaitu pengamatan yang membutuhkan penafsiran si pengamat untuk kemudian dibuat kesimpulan sebagai hasil penafsiran sebagai bentuk dari hasil pengamatan
No 13.
a.       salah, karena untuk mendapatkan suasana verbal dan nonverbal, dibutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, bukan terfokus.
b.      benar, karena suasana verbal dan nonverbal membutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, jadi digunakan observasi sistematis karena dibutuhkan kategori yang lebih sistematis.
c.       salah, karena observasi terstruktur apabila kita sudah menentukan variabel-variabel yang ingin diukur
d.      salah, karena observasi terbuka adalah untuk mencatat semua kejadian sebagaimana yang teramati tanpa ada fokus atau kategori tertentu.
No 14.
a.       wawancara termasuk pilihan pengumpulan data PTK di samping observasi
b.      Studi dokumen kelas dapat dilakukan guru disamping observasi
c.       pengisian kuesioner juga dapat dilakukan guru untuk memperoleh informasi dari siswa di samping observasi.
d.      survai tidak dapat dilakukan di kelas, karena PTK adalah penelitian khusus tentang kelas. bukan melihat kondisi kelompok sosial tertentu.
No 15.
a.       salah, karena menyusun proposal adalah persyaratan penelitian
b.      salah, karena angkah sesudah identifikasi masalah adalah analisis dan perumusan masalah
c.       salah, karena sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan adalah melaksanakan perbaikan.
d.      benar karena langkah paling tepat sesudah melakukan upaya perbaikan adalah refleksi. disini guru merenung apa hasil tindakan yang sudah diberikan, bagaimana dampaknya terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan sudah cukup atau ia perlu meneruskan ke siklus berikutnya.
No 16.
a.      benar, karena perencanaan tindak lanjut adalah membuat rencana untuk perbaikan sekanjutnya atau penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnya.
b.      salah karena tidak relevan. perencanaan tindak lanjut berkaitan dengan tindakan (action)
c.       salah karena tidak relevan. menyusun proposal adalah persyaratan penelitian
d.      salah karena menentukan metode termasuk metodologi penelitian, bukan tindakan.
No 17.
a.       salah, karena kenakalan remaja bukan domein PTK, tetapi lebih pada domein ilmu psikologi perkembangan.
b.      benar, karena malas tidak mengerjakan PR termasuk domein disiplin belajar
c.       salah malas tidak mengerjakan PR tidak termasuk interaksi pembelajaran. yang termasuk interaksi belajar antara lain adalah proses belajar-mengajar di kelas.
d.      salah, yang termasuk domein prestasi belajar antara lain hasil belajar, nilai raport/ujian, dll.
No 18.
a.       salah, karena tidak perlu dipertimbangkan. sudah jelas
b.      benar, perlu dipertimbangkan. karena kalau guru tidak mampu melaksanakan PTK maka tindakan perbaikan tidak akan berhasil.
c.       Salah, karena tidak perlu dipertibangkan sudah jelas
d.      tidak perlu dipertibangkan sudah jelas
No 19.
a.       salah, karena kajian dokumen kelas lebih tepat dilakukan pada saat identifikasi masalah dilakukan
b.      benar, karena langkah awal analisis masalah adalah refleksi alias introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas.
c.       salah, karena mewawancarai siswa merupakan salah satu metode pengumpulan data
d.      salah, karena memberi tes formatif dapat dilakukan untuk melihat dampak dari tindakan perbaikan yang kita berikan
No 20.
a.       Benar, sudah jelas
b.      benar, sudah jelas
c.       salah. Justru guru harus merumuskan permasalahan yang ada di kelasnya dengan menkaji/melihatnya dari aspek strategi, metode atau dari siswanya sendiri.
d.      benar, sudah jelas
No 21.
a.       benar. Mempelajari teori-teori yang relevan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan tindakan karena dapat menemukan alasan secara ilmiah.
b.      benar. Mempelajari laporan-laporan penelitian yang relevan juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan tindakan karena dapat memprediksi dampak dari tindakan yang diberikan
c.       benar. Melakukan refleksi juga merupakan langkah awal sebelum menentukan alternatif tindakan, melalui refleksi guru akan melakukan perenungan yang mendalam tentang permasalahan yang dihadapinya di kelasnya.
d.      salah. Alternatif tindakan tidak bisa dilakukan dengan mengkopi hasil PTK sejawat, karena permasalahan setiap kelas/individu adalah spesifik dan tidak dapat digeneralisasikan.
No 22.
a.      benar. Tujuan PTK adalah perbaikian pembelajaran, sedangkan RP tidak selalu perbaikan
b.      salah. Sudah jelas
c.       salah. Sudah jelas
d.      salah. Sudah jelas
No 23.
a.       salah. Mempelajari proposal sebaiknya dilakukan pada sebelum memulai penelitian.
b.      benar. Melakukan simulasi perbaikan merupakan tindakan konkrit sebelum tindakan yang sebenarnya, sehingga sangat efektif untuk koreksi kesalahan tindakan.
c.       salah. Berdiskusi dengan rekan sejawat dapat dilakukan pada saat peneliti mengalami kesulitan, sehingga C salah. Karena salah satu cara adalah berdidkusi dengan rekan sejawatuntuk meminta tanggapan, masukan atau pertimbangan.
d.      salah. Memvalidasi RPP tidak perlu dilakukan.
No 24.
a.       salah. Proposal PTK bukan penelitian sekolah
b.      salah. Proposal PTK tidak hanya tentang prosedur penelitian
c.       benar. Proposal PTK adalah tentang rencana penelitian tentang perbaikan pembelajaran di kelas
d.      jawaban tidak spesifik
No 25.
a.       salah. Relasi antar guru-guru kelas bukan bentuk kolaborasi, tetapi lebih sebagai kerjasama.
b.      benar. Kerjasama antar pihak-pihak terkait dapat dikatakan benar karena pihak-pihak terkait kemungkinan memiliki latar belakang yang berbeda dengan profesi guru. kolaborasi adalah kerjasama antara 2 orang/kelompok atau lebih dengan orang/kelompok lain yang berbeda latar belakangnya. seperti kolaborasi antara musisi dengan pelukis.
c.       salah. Kolaborasi tidak sama dengan persamaan persepsi
d.      salah. Opsi D tidak relevan dengan pertanyaan.
No 26.
a.       salah. Kelanjutan sebuah tindakan perbaikan tidak ditentukan oleh selesai atau tidaknya sikuls 1
b.      salah. Opsi tidak jelas, berhasil dalam hal apa?
c.       benar karena kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum terjadi perbaikan.
d.      salah. Opsi tidak spesifik. dampak yangsignifikan dalam hal apa?
No 27.
a.       Salah. Data ordinal adalah data hasil penggolongan seperti baik sekali, baik, cukup, kurang cukup, buruk.
b.      Salah. Data kuantitatif berbentuk angka
c.       Benar. Data yang dikumpulkan berupa penjelasan/catatan tertulis tentangsikap dan perilaku siswa, jadi bukan hasil pengukuran berupa angka-angka.
d.      bukan data nominal atau angka-angka
No 28.
a.      benar. Penyajian seluruh hasil pengukuran selama penelitian bukan merupakan hasil penyajian data, tetapi lebih cocok disebuthasil pengumpulan data.
b.      Salah. Grafik histogram merupakan salah satu bentuk penyajian data, karenamenunjukkan sebaran data.
c.       Salah. Narasi merupakan salah satu bentuk penyajian data kualitatif
d.      Salah. Matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan merupakan salah satu bentuk penyajian data, karena menunjukkan adanya kategorisasi.
No 29.
a.       salah. Tujuan penelitian adalah mencari jawaban atas pertanyaan penelitian, bukan urutan tentang masalah yang dapat diidentifikasi.
b.      benar. Tujuan melakukan penelitian adalah mencari jawab atas permasalahan penelitian atau membuktikan hipotesi yang dibuat peneliti. dimana hal-hal yang ingin dicari jawabnya diekspresikan dalam bentuk pertanyaan penelitian. jadi agarlaporan penelitian mudah dimengerti dan dapatcepat diidentifikasi hasilnya maka penjelasan disampaikan sesuai urutan pertanyaan penelitian.
c.       salah. Temuan penelitian muncul setelah pengolahan dan interpretasi data
d.      salah. Analisis data menghasilkan temuan sementara.
No 30.
a.       salah. akurasi berhubungan dengan instrumen yang digunakan.
b.      salah. Validitas dalam PTK tidak perlu dipersoalkan.
c.       benar. karena upaya perbaikan oleh guru harus dilakukan secara terus-menerus sampai terjadi perbaikan pembelajaran yang optimal.
d.      salah. Presisi berkaitan dengan ketepatan instrumen penelitian
No 31.
a.       salah. Temuan penelitian dapat dilihat di berbagai bentuk laporan penelitian, bukan spesifik PTK
b.      salah. Kesimpulan hasil penelitian dapat dilihat di berbagai bentuk laporan penelitian, bukan spesifik PTK
c.       salah. Rekomendasi dapat dilihat di berbagai bentuk laporan penelitian, bukan spesifik PTK
d.      benar. Laporan PTK secara spesifik memuat saran-saran perbaikan pembelajaran
No 32.
a.      benar. PTK adalah jenis penelitian yang berfokus pada perbaikan pembelajaran di kelas, bukan masalah pembelajaran secara umum, masalah pendidikan atau persekolahan. jadi judul PTK harus menggambarkan upaya perbaikan pembelajaran.
b.      salah. Jelas
c.       salah. Jelas
d.      salah. jelas.
No 33.
a.       salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
b.      salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
c.       salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
d.      benar. Abstrak penelitian bukan ringkasan (summary), tetapi merupakan intisari/saripati atau aspek penelitian atau dianggap penting. Abstrak disajikan secara runtut, singkat dan padat.
No 34.
a.       salah. Identifikasi masalah dilakukan untuk memfokuskan permasalahan penelitian
b.      salah. Perumusan masalah memuat tentang permasalahan yang akan dicari penyelesaiannya. Biasanya ditulis dalam bentuk kalimat tanya.
c.       benar. Masalah/isu yanghendak diangkat umumnya diletakkan di bagian pendahuluan sebagai latar belakang alasan dilaksanakannya penelitian.
d.      salah. sudah jelas.
No 35.
a.       salah. kebohongan tidak relevan dengan estetika
b.      salah. Kebohongan tidak pakai logika logika
c.       benar. Peneliti sudah berbohong berarti dia sudah melanggar kode etik peneliti.
d.      salah. konsisten relevan dengan penggunaan istilah ataupun pendapat, dll.
No 36.
a.       salah. Sudah jelas
b.      salah. Sudah jelas
c.       benar. Paragraf adalah kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru
d.      Salah. Jelas
No 37.
a.       salah. Teori-teori yang relevan sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
b.      salah. Kerangka berpikir sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka, karena merupakan pola berpikirpeneliti berdasarkan teori yang digunakan sebagai dasar penelitian.
c.       benar. Metodologi tidak sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
d.      salah. Hipotesis sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
No 38.
a.       salah. jawaban masih kurang tepat
b.      Salah. Jawaban masih kurang tepat
c.       salah. Idem
d.      Benar. pengalaman guru dalam memperbaiki pembelajaran akan dapat dijadikan pelajaran atau pengalaman bagi guru lain dalam menghadapi masalah pembelajaran yangsama.
No 39.
a.       Salah. Jawaban kurang tepat.
b.      Salah. Jawaban tidak relevan dengan pertanyaan.
c.       Benar. laporan PTK dapat meningkatkan kredibilitas sekolah. menunjukkan bahwa sekolah yang bersangkutan sangat peduli dengan kegiatan akademik.
d.      salah. tidak relevan.
No 40.
a.       salah, estetika adalah merupakan aspek keindahan
b.      salah, masalah kegiatan tidak relevan dengan masalah logika
c.       benar, karena peneliti telah melanggar kode etik peneliti
d.      salah karena tidak relevan
No 41.
a.      karena opsi ( 1) dan (2) benar
b.      salah, karena opsi (3) salah.
c.       salah, karena (3) salah. Dalam melakukan PTK yaitu dalam upaya guru untuk meperbaiki pembelajaran di kelasnya, seorang guru tidak perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah, karena guru memiliki hak otonomi yang penuh atas masalah pembelajaran di kelas yang dikelolanya.
d.      salah, karena salah satu opsi ada yang salah.
No 42.
a.       Karena opsi ini (kesamaan persepsi antar pihak-pihak yang melakukan observasi) baru merupakan salah satu persyaratan observasi.
b.      Karena opsi ini (rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat) baru merupakan salah satu persyaratan observasi
c.       Karena opsi ini (membangun aturan main yang jelas antar pihak-pihak yang terlibat) baru merupakan salah satu persyaratan observasi.
d.      Karena jawaban (1), (2) dan (3) benar
No 43.
a.       Karena opsi (1) yaitu perubahan kelas belum tentu perubahan instruksional
b.      Karena opsi 1 adalah pernyatan yang salah.
c.       benar karena opsi (2) dan (3) benar.
d.      Karena tidak semua opsi benar. Salah satu jawaban ada yang salah, yaitu opsi (1).
No 44.
a.       Karena opsi (1) dan (2) benar. Observasi oleh pengamat luar atau nonguru/pengajar difokuskan pada perilaku mengajar guru, suasana kelas dan perilaku siswa selama berlangsung tindakan perbaikan.
b.      Benar, karena opsi (3) salah. Intensitas bukan fokus pengamatan, yang lebih penting adalah relevansi hasil catatan dengan tujuan perbaikan.
c.       Jawaban 3 salah. Karena opsi (3) yaitu "Intensitas catatan tidak menjamin kelengkapan data" adalah pernyataan yang salah.
d.      Jawaban 3 salah. Karena opsi (3) yaitu "Intensitas catatan tidak menjamin kelengkapan data" adalah pernyataan yang salah.
No 45.
a.       Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Opsi (1) salah, karena hasil analisis data tidak atau belum bisa untuk membuat kesimpulan dan tindak lanjut. Jadi jawaban A salah
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Sedangkan opsi (1) salah, hasil analisis belum dapat dijadikan masukan untuk membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian. Jadi jawaban B salah
c.       Jawaban C benar apabila (2) dan (3) benar. Pernyataan (2) dan (3) benar, karena hasil analisis data adalah untuk mengidentifikasi temuan sementara -melalui refleksi- dalam rangka menentukan apakah perbaikan sudah terjadi atau perlu terus ke siklus 2. Demikian pula hasil analisis data juga dapat dijadikan landasan untuk mencari/mengidentifikasi temuan penelitian baik temuan sementara (apabila belum diperoleh perbaikan) maupun temuan final (apabila sudah dicapai perbaikan pembelajaran.
d.      Jawaban 1, 2 dan 3 tidak semuanya benar. Opsi D tidak benar.
No 46.
a.      jawaban A benar, karena pernyataan (1) dan (2) benar. Observasi adalah untuk mendapatkan masukan tentang perilaku siswa dan melihat dampak tindakan perbaikan.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Pernyataan (3) yaitu "mempelajari dokumen hasil belajar siswa" adalah pernyataan yang salah. Kegiatan mengkaji dokumen disebut studi dokumentasi. Jawaban B tidak benar.
c.       Karena mengkaji dokumen tidak termasuk atau bukan kegiatan observasi 3. Jawaban C salah.
d.      Karena salah satu pernyataan (opsi) ada yang salah, yaitu opsi 3. Mempelajari dokumen siswa berbeda dengan studi dokumentasi.
No 47.
a.      Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Sebagai peneliti PTK guru akan (1) mengamati perilaku siswa sebagai dampak dari tindakan yang diberikan dan (2) mencari penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa. Hal (2) dilakukan untuk mempertajam masalah penelitian karena siswa merupakan salah satu sumber informasi PTK. Jawaban A benar.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Jawaban (3) yaitu tidak benar, karena sebagai guru yang sedang melakukan penelitian (PTK) guru harus bertindak sebagai guru sekaligus peneliti. Jawaban B salah.
c.       Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Opsi (3) salah, karena sebagai guru yang sedang melakukan penelitian, guru tidak hanya mengajar, tetapi juga melakukan kegiatan-kegiatan penelitian seperti observasi, mencatat data, membuat instrumen, dll.
d.      Jawaban D adalah apabila semua opsi benar. Sedangkan salah satu opsi (3) tidak benar.
No 48.
a.       Opsi (1) benar. Karena salah satu kegiatan refleksi adalah bertanya pada diri sendiri mengapa masalah ini dapat terjadi dikelas saya?
b.      Opsi (2) benar. Karena salah satu langkah refleksi adalah merencanakan berbagai alternatif perbaikan yang mungkin dapat dilakukan.
c.       Opsi (3) benar. Salah satu kegiatan refleksi adalah merenungkan dampak dari hal-hal yang sudah dilakukan selama ini?
d.      Opsi (1), (2) dan (3) semuanya benar. Karena refleksi adalah merenung kembali untuk mengingat peristiwa-peristiwa yang menyebabkan munculnya masalah dilanjutkan dengan mencari alternatif hal-hal yang perlu dilakukan guru untuk memperbaiki pembelajaran. Bisa termasuk refleksi:

           bertanya pada diri sendiri
           mencari alternatif perbaikan
           mengantisipasi hal-hal yangtidak diinginkan
No 49.
a.      Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Opsi 1 (menemukan makna dari hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian) dan 2 (menterjemahkan atau memberi makna hasil pengolahan data) adalah merupakan salah satu bentuk interpretasi data. Jadi, jawaban A benar.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Mengolah data hasil pengumpulan data (melalui observasi, studi dokumentasi, dan lain-lain) dengan menggunakan analisis statistik tidak sama dengan interpretasi data. Opsi (3) salah, jadi jawaban B salah.
c.       Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Opsi (3) adalah pernyataan yang salah. Jadi jawaban C salah.
d.      Jawaban D adalah apabila ke-3 pernyataan (opsi) benar semua, sedangkan pernyataan 3 adalah salah. Jadi jawaban D salah.
No 50.
a.       Jawaban A adalah apabila pernyataan (1) dan (2) benar. Opsi (1) salah, karena saran-saran tidak ditujukan untuk berbagai pihak, tetapi ditujukan untuk pihak-pihak tertentu saja dan terutama kepentingan guru sendiri. jadi jawaban A salah.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Sedangkan jawaban (1) salah. Jawaban B salah.
c.       Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Saran tindak lanjut dalam PTK dapat direpresentasikan dalam bentuk (i) alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian dan (ii) usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi. Karena tujuan akhir PTK difokuskan pada mencari alternatif perbaikan dan usulan perbaikan. Jawaban C benar.
d.      Jawaban D adalah apabila ketiga opsi benar semua. Sedangkan salah satu opsi ada yang salah, yaitu opsi 1. jawaban D salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 05 April 2013

Kunci Jawaban Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008




No 1.
a.         salah, karena di luar konteks
b.        benar, karena mereka menyatakan bahwa PTK adalah penelitian yang dimulai dengan refleksi diri.
c.         salah karena di luar konteks (tidak ada dalam modul)
d.        salah bukan bahan rujukan
No 2.
a.      benar, karena sesuai dengan self-reflective inquiry
b.      salah, karena tetap mengikuti kaidah penelitian ilmiah
c.       salah, karena tidak rasional
d.      salah, karena guru harus menguasai metode PTK yang baku
No 3.
a.       salah karena sampel tidak mewakili populasi tertentu
b.      salah karena pengambilan sampel dalam PTK tidak didasarkan pada sistem purposif (kesengajaan)
c.       salah, karena sampel dalam PTK tidak diambil secara acak
d.      benar, karena PTK memang khusus dirancang untuk penelitian oleh guru di kelasnya sendiri
No 4.
a.       salah, karena PTK tidak bertujuan membuktikan kebenaran sebuah teori
b.      salah, karena hasil PTK tidak dapat digeneralisasikan
c.       benar, karena hasil akhir yang ingin dicapai guru melalui PTK adalah terjadinya perbaikan/ peningkatan kualitas pembelajaran a.l. perbaikan hasil belajar siswa.
d.      salah, karena tujuan utama PTK bukan ini (jawaban C)
No 5.
a.       salah, karena tidak relevan dengan pertanyaan
b.      benar, sesuai dengan tujuan pertanyaan yang diajukan
c.       salah, karena hal ini adalah merupakan dampak dari kemampuan guru sebagai peneliti
d.      salah karena ini adalah tujuan PTK bagi guru
No 6.
a.       benar karena PTK umumnya dilakukan hanya oleh guru
b.      benar, karena validitas PTK masih banyak dipertanyakan dan jadi bahan polemik di antara pakar
c.       benar karena metodologi PTK yang longgar dan dianggap kurang ilmiah
d.      salah, tepai merupakan pilihan dari pertanyaan No. 6. Instrumen PTK cukup valid dan reliabel karena dibuat oleh guru sendiri.
No 7.
a.       benar, karena PTK oleh guru harus mendapat dukungan dari pihak sekolah
b.      benar karena untuk masalah pembelajaran di kelasnya, guru memiliki kebebasan untuk melakukan penelitian di kelasnya dalam upaya memperbaiki kualitas pembelajaran di kelasnya.
c.       salah, karena Kepala Sekolah tidak harus melakukan pengawasan. guru cukup menyampaikan pemberitahuan untuk melakukan PTK di kelasnya
d.      benar, karena guru perlu dukungan dalam melaksanakan PTK. dalam pengumpulan data, meminta pendapat teman sejawat, dll.
No 8.
a.       salah, karena perumusan masalah merupakan langkah ke-4, dilakukan setelah analisis masalah
b.      benar, karena identifikasi masalah merupakan langkah awal dengan mengajukan/membuat pertanyaan penelitian
c.       salah, karena analisis masalah merupakan langkah ke-3 setelah pembatasan masalah
d.      salah, karena pembatasan masalah dilakukan setelahidentifikasi masalah. tujuan pembatasan ini adalah untuk memfokuskan metodologi pada tujuanpenelitian.
No 9.
a.       benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui refleksi
b.      benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui kajian dokumen kelas
c.       benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui diskusi dengan teman sejawat
d.      salah, karena dalam konteks PTK analisis masalah tidak perlu studi banding. walaupun hal ini dapat juga dilakukan
No 10.
a.       hipotesis tidak sama dengan tindakan
b.      karena hipotesis tidak sama dengan tindakan yang dipilih
c.       hipotesis adalah dugaan-dugaan yang rasional yang dirumuskan oleh peneliti dalam sebuah kegiatan penelitian. Dan sesuai dengan kaidah penelitian ilmiah, dugaan-dugaan tersebut perlu dibuktikan salah/benar.
d.      hipotesis tidak sama dengan kajian teori
No 11.
a.       salah, karena metode pengolahan data direncanakan pada saat menyusun proposal
b.      salah, karena persiapan diri merupakan langkah paling awal di luar kegiatan penelitian. persiapan diri sama seperti "niat" untuk melakukan sesuatu
c.       benar, karena menyusun RP dan ST merupakan langkah awal PTK
d.      salah, karena sarana pendukung seperti instrumen, alat evaluasi, media dan lain-lain merupakan bagian dari pelaksanaan penelitian
No 12.
a.       salah High inference observation membutuhkan penafsiran
b.      salah, karena yang ditanya disini adalah masalah penafisiran (inference)
c.       salah karena tidak relevan dengan penafsiran
d.      benar karena sesuai dengan istilah high inference observation yaitu pengamatan yang membutuhkan penafsiran si pengamat untuk kemudian dibuat kesimpulan sebagai hasil penafsiran sebagai bentuk dari hasil pengamatan
No 13.
a.       salah, karena untuk mendapatkan suasana verbal dan nonverbal, dibutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, bukan terfokus.
b.      benar, karena suasana verbal dan nonverbal membutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, jadi digunakan observasi sistematis karena dibutuhkan kategori yang lebih sistematis.
c.       salah, karena observasi terstruktur apabila kita sudah menentukan variabel-variabel yang ingin diukur
d.      salah, karena observasi terbuka adalah untuk mencatat semua kejadian sebagaimana yang teramati tanpa ada fokus atau kategori tertentu.
No 14.
a.       wawancara termasuk pilihan pengumpulan data PTK di samping observasi
b.      Studi dokumen kelas dapat dilakukan guru disamping observasi
c.       pengisian kuesioner juga dapat dilakukan guru untuk memperoleh informasi dari siswa di samping observasi.
d.      survai tidak dapat dilakukan di kelas, karena PTK adalah penelitian khusus tentang kelas. bukan melihat kondisi kelompok sosial tertentu.
No 15.
a.       salah, karena menyusun proposal adalah persyaratan penelitian
b.      salah, karena angkah sesudah identifikasi masalah adalah analisis dan perumusan masalah
c.       salah, karena sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan adalah melaksanakan perbaikan.
d.      benar karena langkah paling tepat sesudah melakukan upaya perbaikan adalah refleksi. disini guru merenung apa hasil tindakan yang sudah diberikan, bagaimana dampaknya terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan sudah cukup atau ia perlu meneruskan ke siklus berikutnya.
No 16.
a.      benar, karena perencanaan tindak lanjut adalah membuat rencana untuk perbaikan sekanjutnya atau penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnya.
b.      salah karena tidak relevan. perencanaan tindak lanjut berkaitan dengan tindakan (action)
c.       salah karena tidak relevan. menyusun proposal adalah persyaratan penelitian
d.      salah karena menentukan metode termasuk metodologi penelitian, bukan tindakan.
No 17.
a.       salah, karena kenakalan remaja bukan domein PTK, tetapi lebih pada domein ilmu psikologi perkembangan.
b.      benar, karena malas tidak mengerjakan PR termasuk domein disiplin belajar
c.       salah malas tidak mengerjakan PR tidak termasuk interaksi pembelajaran. yang termasuk interaksi belajar antara lain adalah proses belajar-mengajar di kelas.
d.      salah, yang termasuk domein prestasi belajar antara lain hasil belajar, nilai raport/ujian, dll.
No 18.
a.       salah, karena tidak perlu dipertimbangkan. sudah jelas
b.      benar, perlu dipertimbangkan. karena kalau guru tidak mampu melaksanakan PTK maka tindakan perbaikan tidak akan berhasil.
c.       Salah, karena tidak perlu dipertibangkan sudah jelas
d.      tidak perlu dipertibangkan sudah jelas
No 19.
a.       salah, karena kajian dokumen kelas lebih tepat dilakukan pada saat identifikasi masalah dilakukan
b.      benar, karena langkah awal analisis masalah adalah refleksi alias introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas.
c.       salah, karena mewawancarai siswa merupakan salah satu metode pengumpulan data
d.      salah, karena memberi tes formatif dapat dilakukan untuk melihat dampak dari tindakan perbaikan yang kita berikan
No 20.
a.       Benar, sudah jelas
b.      benar, sudah jelas
c.       salah. Justru guru harus merumuskan permasalahan yang ada di kelasnya dengan menkaji/melihatnya dari aspek strategi, metode atau dari siswanya sendiri.
d.      benar, sudah jelas
No 21.
a.       benar. Mempelajari teori-teori yang relevan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan tindakan karena dapat menemukan alasan secara ilmiah.
b.      benar. Mempelajari laporan-laporan penelitian yang relevan juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan tindakan karena dapat memprediksi dampak dari tindakan yang diberikan
c.       benar. Melakukan refleksi juga merupakan langkah awal sebelum menentukan alternatif tindakan, melalui refleksi guru akan melakukan perenungan yang mendalam tentang permasalahan yang dihadapinya di kelasnya.
d.      salah. Alternatif tindakan tidak bisa dilakukan dengan mengkopi hasil PTK sejawat, karena permasalahan setiap kelas/individu adalah spesifik dan tidak dapat digeneralisasikan.
No 22.
a.      benar. Tujuan PTK adalah perbaikian pembelajaran, sedangkan RP tidak selalu perbaikan
b.      salah. Sudah jelas
c.       salah. Sudah jelas
d.      salah. Sudah jelas
No 23.
a.       salah. Mempelajari proposal sebaiknya dilakukan pada sebelum memulai penelitian.
b.      benar. Melakukan simulasi perbaikan merupakan tindakan konkrit sebelum tindakan yang sebenarnya, sehingga sangat efektif untuk koreksi kesalahan tindakan.
c.       salah. Berdiskusi dengan rekan sejawat dapat dilakukan pada saat peneliti mengalami kesulitan, sehingga C salah. Karena salah satu cara adalah berdidkusi dengan rekan sejawatuntuk meminta tanggapan, masukan atau pertimbangan.
d.      salah. Memvalidasi RPP tidak perlu dilakukan.
No 24.
a.       salah. Proposal PTK bukan penelitian sekolah
b.      salah. Proposal PTK tidak hanya tentang prosedur penelitian
c.       benar. Proposal PTK adalah tentang rencana penelitian tentang perbaikan pembelajaran di kelas
d.      jawaban tidak spesifik
No 25.
a.       salah. Relasi antar guru-guru kelas bukan bentuk kolaborasi, tetapi lebih sebagai kerjasama.
b.      benar. Kerjasama antar pihak-pihak terkait dapat dikatakan benar karena pihak-pihak terkait kemungkinan memiliki latar belakang yang berbeda dengan profesi guru. kolaborasi adalah kerjasama antara 2 orang/kelompok atau lebih dengan orang/kelompok lain yang berbeda latar belakangnya. seperti kolaborasi antara musisi dengan pelukis.
c.       salah. Kolaborasi tidak sama dengan persamaan persepsi
d.      salah. Opsi D tidak relevan dengan pertanyaan.
No 26.
a.       salah. Kelanjutan sebuah tindakan perbaikan tidak ditentukan oleh selesai atau tidaknya sikuls 1
b.      salah. Opsi tidak jelas, berhasil dalam hal apa?
c.       benar karena kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum terjadi perbaikan.
d.      salah. Opsi tidak spesifik. dampak yangsignifikan dalam hal apa?
No 27.
a.       Salah. Data ordinal adalah data hasil penggolongan seperti baik sekali, baik, cukup, kurang cukup, buruk.
b.      Salah. Data kuantitatif berbentuk angka
c.       Benar. Data yang dikumpulkan berupa penjelasan/catatan tertulis tentangsikap dan perilaku siswa, jadi bukan hasil pengukuran berupa angka-angka.
d.      bukan data nominal atau angka-angka
No 28.
a.      benar. Penyajian seluruh hasil pengukuran selama penelitian bukan merupakan hasil penyajian data, tetapi lebih cocok disebuthasil pengumpulan data.
b.      Salah. Grafik histogram merupakan salah satu bentuk penyajian data, karenamenunjukkan sebaran data.
c.       Salah. Narasi merupakan salah satu bentuk penyajian data kualitatif
d.      Salah. Matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan merupakan salah satu bentuk penyajian data, karena menunjukkan adanya kategorisasi.
No 29.
a.       salah. Tujuan penelitian adalah mencari jawaban atas pertanyaan penelitian, bukan urutan tentang masalah yang dapat diidentifikasi.
b.      benar. Tujuan melakukan penelitian adalah mencari jawab atas permasalahan penelitian atau membuktikan hipotesi yang dibuat peneliti. dimana hal-hal yang ingin dicari jawabnya diekspresikan dalam bentuk pertanyaan penelitian. jadi agarlaporan penelitian mudah dimengerti dan dapatcepat diidentifikasi hasilnya maka penjelasan disampaikan sesuai urutan pertanyaan penelitian.
c.       salah. Temuan penelitian muncul setelah pengolahan dan interpretasi data
d.      salah. Analisis data menghasilkan temuan sementara.
No 30.
a.       salah. akurasi berhubungan dengan instrumen yang digunakan.
b.      salah. Validitas dalam PTK tidak perlu dipersoalkan.
c.       benar. karena upaya perbaikan oleh guru harus dilakukan secara terus-menerus sampai terjadi perbaikan pembelajaran yang optimal.
d.      salah. Presisi berkaitan dengan ketepatan instrumen penelitian
No 31.
a.       salah. Temuan penelitian dapat dilihat di berbagai bentuk laporan penelitian, bukan spesifik PTK
b.      salah. Kesimpulan hasil penelitian dapat dilihat di berbagai bentuk laporan penelitian, bukan spesifik PTK
c.       salah. Rekomendasi dapat dilihat di berbagai bentuk laporan penelitian, bukan spesifik PTK
d.      benar. Laporan PTK secara spesifik memuat saran-saran perbaikan pembelajaran
No 32.
a.      benar. PTK adalah jenis penelitian yang berfokus pada perbaikan pembelajaran di kelas, bukan masalah pembelajaran secara umum, masalah pendidikan atau persekolahan. jadi judul PTK harus menggambarkan upaya perbaikan pembelajaran.
b.      salah. Jelas
c.       salah. Jelas
d.      salah. jelas.
No 33.
a.       salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
b.      salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
c.       salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
d.      benar. Abstrak penelitian bukan ringkasan (summary), tetapi merupakan intisari/saripati atau aspek penelitian atau dianggap penting. Abstrak disajikan secara runtut, singkat dan padat.
No 34.
a.       salah. Identifikasi masalah dilakukan untuk memfokuskan permasalahan penelitian
b.      salah. Perumusan masalah memuat tentang permasalahan yang akan dicari penyelesaiannya. Biasanya ditulis dalam bentuk kalimat tanya.
c.       benar. Masalah/isu yanghendak diangkat umumnya diletakkan di bagian pendahuluan sebagai latar belakang alasan dilaksanakannya penelitian.
d.      salah. sudah jelas.
No 35.
a.       salah. kebohongan tidak relevan dengan estetika
b.      salah. Kebohongan tidak pakai logika logika
c.       benar. Peneliti sudah berbohong berarti dia sudah melanggar kode etik peneliti.
d.      salah. konsisten relevan dengan penggunaan istilah ataupun pendapat, dll.
No 36.
a.       salah. Sudah jelas
b.      salah. Sudah jelas
c.       benar. Paragraf adalah kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru
d.      Salah. Jelas
No 37.
a.       salah. Teori-teori yang relevan sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
b.      salah. Kerangka berpikir sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka, karena merupakan pola berpikirpeneliti berdasarkan teori yang digunakan sebagai dasar penelitian.
c.       benar. Metodologi tidak sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
d.      salah. Hipotesis sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
No 38.
a.       salah. jawaban masih kurang tepat
b.      Salah. Jawaban masih kurang tepat
c.       salah. Idem
d.      Benar. pengalaman guru dalam memperbaiki pembelajaran akan dapat dijadikan pelajaran atau pengalaman bagi guru lain dalam menghadapi masalah pembelajaran yangsama.
No 39.
a.       Salah. Jawaban kurang tepat.
b.      Salah. Jawaban tidak relevan dengan pertanyaan.
c.       Benar. laporan PTK dapat meningkatkan kredibilitas sekolah. menunjukkan bahwa sekolah yang bersangkutan sangat peduli dengan kegiatan akademik.
d.      salah. tidak relevan.
No 40.
a.       salah, estetika adalah merupakan aspek keindahan
b.      salah, masalah kegiatan tidak relevan dengan masalah logika
c.       benar, karena peneliti telah melanggar kode etik peneliti
d.      salah karena tidak relevan
No 41.
a.      karena opsi ( 1) dan (2) benar
b.      salah, karena opsi (3) salah.
c.       salah, karena (3) salah. Dalam melakukan PTK yaitu dalam upaya guru untuk meperbaiki pembelajaran di kelasnya, seorang guru tidak perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah, karena guru memiliki hak otonomi yang penuh atas masalah pembelajaran di kelas yang dikelolanya.
d.      salah, karena salah satu opsi ada yang salah.
No 42.
a.       Karena opsi ini (kesamaan persepsi antar pihak-pihak yang melakukan observasi) baru merupakan salah satu persyaratan observasi.
b.      Karena opsi ini (rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat) baru merupakan salah satu persyaratan observasi
c.       Karena opsi ini (membangun aturan main yang jelas antar pihak-pihak yang terlibat) baru merupakan salah satu persyaratan observasi.
d.      Karena jawaban (1), (2) dan (3) benar
No 43.
a.       Karena opsi (1) yaitu perubahan kelas belum tentu perubahan instruksional
b.      Karena opsi 1 adalah pernyatan yang salah.
c.       benar karena opsi (2) dan (3) benar.
d.      Karena tidak semua opsi benar. Salah satu jawaban ada yang salah, yaitu opsi (1).
No 44.
a.       Karena opsi (1) dan (2) benar. Observasi oleh pengamat luar atau nonguru/pengajar difokuskan pada perilaku mengajar guru, suasana kelas dan perilaku siswa selama berlangsung tindakan perbaikan.
b.      Benar, karena opsi (3) salah. Intensitas bukan fokus pengamatan, yang lebih penting adalah relevansi hasil catatan dengan tujuan perbaikan.
c.       Jawaban 3 salah. Karena opsi (3) yaitu "Intensitas catatan tidak menjamin kelengkapan data" adalah pernyataan yang salah.
d.      Jawaban 3 salah. Karena opsi (3) yaitu "Intensitas catatan tidak menjamin kelengkapan data" adalah pernyataan yang salah.
No 45.
a.       Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Opsi (1) salah, karena hasil analisis data tidak atau belum bisa untuk membuat kesimpulan dan tindak lanjut. Jadi jawaban A salah
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Sedangkan opsi (1) salah, hasil analisis belum dapat dijadikan masukan untuk membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian. Jadi jawaban B salah
c.       Jawaban C benar apabila (2) dan (3) benar. Pernyataan (2) dan (3) benar, karena hasil analisis data adalah untuk mengidentifikasi temuan sementara -melalui refleksi- dalam rangka menentukan apakah perbaikan sudah terjadi atau perlu terus ke siklus 2. Demikian pula hasil analisis data juga dapat dijadikan landasan untuk mencari/mengidentifikasi temuan penelitian baik temuan sementara (apabila belum diperoleh perbaikan) maupun temuan final (apabila sudah dicapai perbaikan pembelajaran.
d.      Jawaban 1, 2 dan 3 tidak semuanya benar. Opsi D tidak benar.
No 46.
a.      jawaban A benar, karena pernyataan (1) dan (2) benar. Observasi adalah untuk mendapatkan masukan tentang perilaku siswa dan melihat dampak tindakan perbaikan.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Pernyataan (3) yaitu "mempelajari dokumen hasil belajar siswa" adalah pernyataan yang salah. Kegiatan mengkaji dokumen disebut studi dokumentasi. Jawaban B tidak benar.
c.       Karena mengkaji dokumen tidak termasuk atau bukan kegiatan observasi 3. Jawaban C salah.
d.      Karena salah satu pernyataan (opsi) ada yang salah, yaitu opsi 3. Mempelajari dokumen siswa berbeda dengan studi dokumentasi.
No 47.
a.      Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Sebagai peneliti PTK guru akan (1) mengamati perilaku siswa sebagai dampak dari tindakan yang diberikan dan (2) mencari penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa. Hal (2) dilakukan untuk mempertajam masalah penelitian karena siswa merupakan salah satu sumber informasi PTK. Jawaban A benar.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Jawaban (3) yaitu tidak benar, karena sebagai guru yang sedang melakukan penelitian (PTK) guru harus bertindak sebagai guru sekaligus peneliti. Jawaban B salah.
c.       Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Opsi (3) salah, karena sebagai guru yang sedang melakukan penelitian, guru tidak hanya mengajar, tetapi juga melakukan kegiatan-kegiatan penelitian seperti observasi, mencatat data, membuat instrumen, dll.
d.      Jawaban D adalah apabila semua opsi benar. Sedangkan salah satu opsi (3) tidak benar.
No 48.
a.       Opsi (1) benar. Karena salah satu kegiatan refleksi adalah bertanya pada diri sendiri mengapa masalah ini dapat terjadi dikelas saya?
b.      Opsi (2) benar. Karena salah satu langkah refleksi adalah merencanakan berbagai alternatif perbaikan yang mungkin dapat dilakukan.
c.       Opsi (3) benar. Salah satu kegiatan refleksi adalah merenungkan dampak dari hal-hal yang sudah dilakukan selama ini?
d.      Opsi (1), (2) dan (3) semuanya benar. Karena refleksi adalah merenung kembali untuk mengingat peristiwa-peristiwa yang menyebabkan munculnya masalah dilanjutkan dengan mencari alternatif hal-hal yang perlu dilakukan guru untuk memperbaiki pembelajaran. Bisa termasuk refleksi:

           bertanya pada diri sendiri
           mencari alternatif perbaikan
           mengantisipasi hal-hal yangtidak diinginkan
No 49.
a.      Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Opsi 1 (menemukan makna dari hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian) dan 2 (menterjemahkan atau memberi makna hasil pengolahan data) adalah merupakan salah satu bentuk interpretasi data. Jadi, jawaban A benar.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Mengolah data hasil pengumpulan data (melalui observasi, studi dokumentasi, dan lain-lain) dengan menggunakan analisis statistik tidak sama dengan interpretasi data. Opsi (3) salah, jadi jawaban B salah.
c.       Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Opsi (3) adalah pernyataan yang salah. Jadi jawaban C salah.
d.      Jawaban D adalah apabila ke-3 pernyataan (opsi) benar semua, sedangkan pernyataan 3 adalah salah. Jadi jawaban D salah.
No 50.
a.       Jawaban A adalah apabila pernyataan (1) dan (2) benar. Opsi (1) salah, karena saran-saran tidak ditujukan untuk berbagai pihak, tetapi ditujukan untuk pihak-pihak tertentu saja dan terutama kepentingan guru sendiri. jadi jawaban A salah.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Sedangkan jawaban (1) salah. Jawaban B salah.
c.       Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Saran tindak lanjut dalam PTK dapat direpresentasikan dalam bentuk (i) alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian dan (ii) usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi. Karena tujuan akhir PTK difokuskan pada mencari alternatif perbaikan dan usulan perbaikan. Jawaban C benar.
d.      Jawaban D adalah apabila ketiga opsi benar semua. Sedangkan salah satu opsi ada yang salah, yaitu opsi 1. jawaban D salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar