No 1.
a.
salah, karena di luar konteks
b. benar,
karena mereka menyatakan bahwa PTK adalah penelitian yang dimulai dengan refleksi diri.
c.
salah karena di luar konteks (tidak ada dalam modul)
d. salah
bukan bahan rujukan
No 2.
a.
benar, karena sesuai dengan self-reflective inquiry
b.
salah, karena tetap mengikuti kaidah penelitian ilmiah
c.
salah, karena tidak rasional
d.
salah, karena guru harus menguasai metode PTK yang baku
No 3.
a.
salah karena sampel tidak mewakili populasi tertentu
b.
salah karena pengambilan sampel dalam PTK tidak didasarkan pada sistem purposif
(kesengajaan)
c.
salah, karena sampel dalam PTK tidak diambil secara acak
d.
benar, karena PTK memang khusus dirancang untuk penelitian oleh guru di
kelasnya sendiri
No 4.
a.
salah, karena PTK tidak bertujuan membuktikan kebenaran sebuah teori
b.
salah, karena hasil PTK tidak dapat digeneralisasikan
c.
benar, karena hasil akhir yang ingin dicapai guru melalui PTK adalah
terjadinya perbaikan/ peningkatan kualitas pembelajaran a.l. perbaikan hasil
belajar siswa.
d.
salah, karena tujuan utama PTK bukan ini (jawaban C)
No 5.
a.
salah, karena tidak relevan dengan pertanyaan
b.
benar, sesuai dengan tujuan pertanyaan yang diajukan
c.
salah, karena hal ini adalah merupakan dampak dari kemampuan guru sebagai
peneliti
d.
salah karena ini adalah tujuan PTK bagi guru
No 6.
a.
benar karena PTK umumnya dilakukan hanya oleh guru
b.
benar, karena validitas PTK masih banyak dipertanyakan dan jadi bahan polemik
di antara pakar
c.
benar karena metodologi PTK yang longgar dan dianggap kurang ilmiah
d.
salah, tepai merupakan pilihan dari pertanyaan No. 6. Instrumen PTK cukup
valid dan reliabel karena dibuat oleh guru sendiri.
No 7.
a.
benar, karena PTK oleh guru harus mendapat dukungan dari pihak sekolah
b.
benar karena untuk masalah pembelajaran di kelasnya, guru memiliki kebebasan
untuk melakukan penelitian di kelasnya dalam upaya memperbaiki kualitas
pembelajaran di kelasnya.
c.
salah, karena Kepala Sekolah tidak harus melakukan pengawasan. guru cukup
menyampaikan pemberitahuan untuk melakukan PTK di kelasnya
d.
benar, karena guru perlu dukungan dalam melaksanakan PTK. dalam pengumpulan
data, meminta pendapat teman sejawat, dll.
No 8.
a.
salah, karena perumusan masalah merupakan langkah ke-4, dilakukan setelah
analisis masalah
b.
benar, karena identifikasi masalah merupakan langkah awal dengan mengajukan/membuat
pertanyaan penelitian
c.
salah, karena analisis masalah merupakan langkah ke-3 setelah pembatasan
masalah
d.
salah, karena pembatasan masalah dilakukan setelahidentifikasi masalah. tujuan
pembatasan ini adalah untuk memfokuskan metodologi pada tujuanpenelitian.
No 9.
a.
benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui refleksi
b.
benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui kajian
dokumen kelas
c.
benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui diskusi
dengan teman sejawat
d.
salah, karena dalam konteks PTK analisis masalah tidak perlu studi banding.
walaupun hal ini dapat juga dilakukan
No 10.
a.
hipotesis tidak sama dengan tindakan
b.
karena hipotesis tidak sama dengan tindakan yang dipilih
c.
hipotesis adalah dugaan-dugaan yang rasional yang dirumuskan oleh peneliti
dalam sebuah kegiatan penelitian. Dan sesuai dengan kaidah penelitian ilmiah,
dugaan-dugaan tersebut perlu dibuktikan salah/benar.
d.
hipotesis tidak sama dengan kajian teori
No 11.
a.
salah, karena metode pengolahan data direncanakan pada saat menyusun proposal
b.
salah, karena persiapan diri merupakan langkah paling awal di luar kegiatan
penelitian. persiapan diri sama seperti "niat" untuk melakukan
sesuatu
c.
benar, karena menyusun RP dan ST merupakan langkah awal PTK
d.
salah, karena sarana pendukung seperti instrumen, alat evaluasi, media dan
lain-lain merupakan bagian dari pelaksanaan penelitian
No 12.
a.
salah High inference observation membutuhkan penafsiran
b.
salah, karena yang ditanya disini adalah masalah penafisiran (inference)
c.
salah karena tidak relevan dengan penafsiran
d.
benar karena sesuai dengan istilah high inference observation yaitu
pengamatan yang membutuhkan penafsiran si pengamat untuk kemudian dibuat
kesimpulan sebagai hasil penafsiran sebagai bentuk dari hasil pengamatan
No 13.
a.
salah, karena untuk mendapatkan suasana verbal dan nonverbal, dibutuhkan
observasi yang rinci dan terstruktur, bukan terfokus.
b.
benar, karena suasana verbal dan nonverbal membutuhkan observasi yang rinci
dan terstruktur, jadi digunakan observasi sistematis karena dibutuhkan kategori
yang lebih sistematis.
c.
salah, karena observasi terstruktur apabila kita sudah menentukan
variabel-variabel yang ingin diukur
d.
salah, karena observasi terbuka adalah untuk mencatat semua kejadian
sebagaimana yang teramati tanpa ada fokus atau kategori tertentu.
No 14.
a.
wawancara termasuk pilihan pengumpulan data PTK di samping observasi
b.
Studi dokumen kelas dapat dilakukan guru disamping observasi
c.
pengisian kuesioner juga dapat dilakukan guru untuk memperoleh informasi dari
siswa di samping observasi.
d.
survai tidak dapat dilakukan di kelas, karena PTK adalah penelitian khusus
tentang kelas. bukan melihat kondisi kelompok sosial tertentu.
No 15.
a.
salah, karena menyusun proposal adalah persyaratan penelitian
b.
salah, karena angkah sesudah identifikasi masalah adalah analisis dan perumusan
masalah
c.
salah, karena sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan adalah melaksanakan
perbaikan.
d.
benar karena langkah paling tepat sesudah melakukan upaya perbaikan adalah
refleksi. disini guru merenung apa hasil tindakan yang sudah diberikan,
bagaimana dampaknya terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan sudah
cukup atau ia perlu meneruskan ke siklus berikutnya.
No 16.
a.
benar, karena perencanaan tindak lanjut adalah membuat rencana untuk
perbaikan sekanjutnya atau penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnya.
b.
salah karena tidak relevan. perencanaan tindak lanjut berkaitan dengan tindakan
(action)
c.
salah karena tidak relevan. menyusun proposal adalah persyaratan penelitian
d.
salah karena menentukan metode termasuk metodologi penelitian, bukan tindakan.
No 17.
a.
salah, karena kenakalan remaja bukan domein PTK, tetapi lebih pada domein ilmu
psikologi perkembangan.
b.
benar, karena malas tidak mengerjakan PR termasuk domein disiplin belajar
c.
salah malas tidak mengerjakan PR tidak termasuk interaksi pembelajaran. yang
termasuk interaksi belajar antara lain adalah proses belajar-mengajar di kelas.
d.
salah, yang termasuk domein prestasi belajar antara lain hasil belajar, nilai
raport/ujian, dll.
No 18.
a.
salah, karena tidak perlu dipertimbangkan. sudah jelas
b.
benar, perlu dipertimbangkan. karena kalau guru tidak mampu melaksanakan PTK
maka tindakan perbaikan tidak akan berhasil.
c.
Salah, karena tidak perlu dipertibangkan sudah jelas
d.
tidak perlu dipertibangkan sudah jelas
No 19.
a.
salah, karena kajian dokumen kelas lebih tepat dilakukan pada saat identifikasi
masalah dilakukan
b.
benar, karena langkah awal analisis masalah adalah refleksi alias
introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas.
c.
salah, karena mewawancarai siswa merupakan salah satu metode pengumpulan data
d.
salah, karena memberi tes formatif dapat dilakukan untuk melihat dampak dari
tindakan perbaikan yang kita berikan
No 20.
a.
Benar, sudah jelas
b.
benar, sudah jelas
c.
salah. Justru guru harus merumuskan permasalahan yang ada di kelasnya dengan
menkaji/melihatnya dari aspek strategi, metode atau dari siswanya sendiri.
d.
benar, sudah jelas
No 21.
a.
benar. Mempelajari teori-teori yang relevan merupakan salah satu cara yang
dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan tindakan karena dapat
menemukan alasan secara ilmiah.
b.
benar. Mempelajari laporan-laporan penelitian yang relevan juga merupakan salah
satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan
tindakan karena dapat memprediksi dampak dari tindakan yang diberikan
c.
benar. Melakukan refleksi juga merupakan langkah awal sebelum
menentukan alternatif tindakan, melalui refleksi guru akan melakukan perenungan
yang mendalam tentang permasalahan yang dihadapinya di kelasnya.
d.
salah. Alternatif tindakan tidak bisa dilakukan dengan mengkopi hasil PTK
sejawat, karena permasalahan setiap kelas/individu adalah spesifik dan tidak
dapat digeneralisasikan.
No 22.
a.
benar. Tujuan PTK adalah perbaikian pembelajaran,
sedangkan RP tidak selalu perbaikan
b.
salah. Sudah jelas
c.
salah. Sudah jelas
d.
salah. Sudah jelas
No 23.
a.
salah. Mempelajari proposal sebaiknya dilakukan pada sebelum memulai
penelitian.
b.
benar. Melakukan simulasi perbaikan merupakan tindakan konkrit sebelum
tindakan yang sebenarnya, sehingga sangat efektif untuk koreksi kesalahan
tindakan.
c.
salah. Berdiskusi dengan rekan sejawat dapat dilakukan pada saat peneliti
mengalami kesulitan, sehingga C salah. Karena salah satu cara adalah berdidkusi
dengan rekan sejawatuntuk meminta tanggapan, masukan atau pertimbangan.
d.
salah. Memvalidasi RPP tidak perlu dilakukan.
No 24.
a.
salah. Proposal PTK bukan penelitian sekolah
b.
salah. Proposal PTK tidak hanya tentang prosedur penelitian
c.
benar. Proposal PTK adalah tentang rencana penelitian tentang perbaikan
pembelajaran di kelas
d.
jawaban tidak spesifik
No 25.
a.
salah. Relasi antar guru-guru kelas bukan bentuk kolaborasi, tetapi lebih
sebagai kerjasama.
b.
benar. Kerjasama antar pihak-pihak terkait dapat dikatakan benar karena
pihak-pihak terkait kemungkinan memiliki latar belakang yang berbeda dengan
profesi guru. kolaborasi adalah kerjasama antara 2 orang/kelompok atau lebih
dengan orang/kelompok lain yang berbeda latar belakangnya. seperti kolaborasi
antara musisi dengan pelukis.
c.
salah. Kolaborasi tidak sama dengan persamaan persepsi
d.
salah. Opsi D tidak relevan dengan pertanyaan.
No 26.
a.
salah. Kelanjutan sebuah tindakan perbaikan tidak ditentukan oleh selesai atau
tidaknya sikuls 1
b.
salah. Opsi tidak jelas, berhasil dalam hal apa?
c.
benar karena kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum terjadi
perbaikan.
d.
salah. Opsi tidak spesifik. dampak yangsignifikan dalam hal apa?
No 27.
a.
Salah. Data ordinal adalah data hasil penggolongan seperti baik sekali, baik,
cukup, kurang cukup, buruk.
b.
Salah. Data kuantitatif berbentuk angka
c.
Benar. Data yang dikumpulkan berupa penjelasan/catatan tertulis tentangsikap
dan perilaku siswa, jadi bukan hasil pengukuran berupa angka-angka.
d.
bukan data nominal atau angka-angka
No 28.
a.
benar. Penyajian seluruh hasil pengukuran selama penelitian bukan merupakan
hasil penyajian data, tetapi lebih cocok disebuthasil pengumpulan data.
b.
Salah. Grafik histogram merupakan salah satu bentuk penyajian data,
karenamenunjukkan sebaran data.
c.
Salah. Narasi merupakan salah satu bentuk penyajian data kualitatif
d.
Salah. Matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan merupakan salah
satu bentuk penyajian data, karena menunjukkan adanya kategorisasi.
No 29.
a.
salah. Tujuan penelitian adalah mencari jawaban atas pertanyaan penelitian,
bukan urutan tentang masalah yang dapat diidentifikasi.
b.
benar. Tujuan melakukan penelitian adalah mencari jawab atas permasalahan
penelitian atau membuktikan hipotesi yang dibuat peneliti. dimana hal-hal yang
ingin dicari jawabnya diekspresikan dalam bentuk pertanyaan penelitian. jadi
agarlaporan penelitian mudah dimengerti dan dapatcepat diidentifikasi hasilnya
maka penjelasan disampaikan sesuai urutan pertanyaan penelitian.
c.
salah. Temuan penelitian muncul setelah pengolahan dan interpretasi data
d.
salah. Analisis data menghasilkan temuan sementara.
No 30.
a.
salah. akurasi berhubungan dengan instrumen yang digunakan.
b.
salah. Validitas dalam PTK tidak perlu dipersoalkan.
c.
benar. karena upaya perbaikan oleh guru harus dilakukan secara terus-menerus
sampai terjadi perbaikan pembelajaran yang optimal.
No 31.
b.
salah. Kesimpulan hasil penelitian dapat dilihat di berbagai bentuk laporan
penelitian, bukan spesifik PTK
c.
salah. Rekomendasi dapat dilihat di berbagai bentuk laporan penelitian, bukan
spesifik PTK
d.
benar. Laporan PTK secara spesifik memuat saran-saran perbaikan pembelajaran
No 32.
a.
benar. PTK adalah jenis penelitian yang berfokus pada perbaikan pembelajaran
di kelas, bukan masalah pembelajaran secara umum, masalah pendidikan atau persekolahan. jadi judul PTK
harus menggambarkan upaya perbaikan pembelajaran.
b.
salah. Jelas
c.
salah. Jelas
d.
salah. jelas.
No 33.
a.
salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
b.
salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
c.
salah. Yang ditanyakan adalah yang bukan (kecuali)
d.
benar. Abstrak penelitian bukan ringkasan (summary), tetapi merupakan
intisari/saripati atau aspek penelitian atau dianggap penting. Abstrak disajikan
secara runtut, singkat dan padat.
No 34.
a.
salah. Identifikasi masalah dilakukan untuk memfokuskan permasalahan penelitian
b.
salah. Perumusan masalah memuat tentang permasalahan yang akan dicari
penyelesaiannya. Biasanya ditulis dalam bentuk kalimat tanya.
c.
benar. Masalah/isu yanghendak diangkat umumnya diletakkan di bagian
pendahuluan sebagai latar belakang alasan dilaksanakannya penelitian.
d.
salah. sudah jelas.
No 35.
a.
salah. kebohongan tidak relevan dengan estetika
b.
salah. Kebohongan tidak pakai logika logika
c.
benar. Peneliti sudah berbohong berarti dia sudah melanggar kode etik
peneliti.
d.
salah. konsisten relevan dengan penggunaan istilah ataupun pendapat, dll.
No 36.
a.
salah. Sudah jelas
b.
salah. Sudah jelas
c.
benar. Paragraf adalah kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah
halaman yang dimulai dengan baris baru
d.
Salah. Jelas
No 37.
a.
salah. Teori-teori yang relevan sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
b.
salah. Kerangka berpikir sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka, karena
merupakan pola berpikirpeneliti berdasarkan teori yang digunakan sebagai dasar
penelitian.
c.
benar. Metodologi tidak sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
d.
salah. Hipotesis sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
No 38.
a.
salah. jawaban masih kurang tepat
b.
Salah. Jawaban masih kurang tepat
c.
salah. Idem
d.
Benar. pengalaman guru dalam memperbaiki pembelajaran akan dapat dijadikan
pelajaran atau pengalaman bagi guru lain dalam menghadapi masalah pembelajaran
yangsama.
No 39.
a.
Salah. Jawaban kurang tepat.
b.
Salah. Jawaban tidak relevan dengan pertanyaan.
c.
Benar. laporan PTK dapat meningkatkan kredibilitas
sekolah. menunjukkan bahwa sekolah yang bersangkutan sangat peduli dengan
kegiatan akademik.
d.
salah. tidak relevan.
No 40.
a.
salah, estetika adalah merupakan aspek keindahan
b.
salah, masalah kegiatan tidak relevan dengan masalah logika
c.
benar, karena peneliti telah melanggar kode etik peneliti
d.
salah karena tidak relevan
No 41.
a.
karena opsi ( 1) dan (2) benar
b.
salah, karena opsi (3) salah.
c.
salah, karena (3) salah. Dalam melakukan PTK yaitu dalam upaya guru untuk
meperbaiki pembelajaran di kelasnya, seorang guru tidak perlu berkonsultasi
dengan Kepala Sekolah, karena guru memiliki hak otonomi yang penuh atas masalah
pembelajaran di kelas yang dikelolanya.
d.
salah, karena salah satu opsi ada yang salah.
No 42.
a.
Karena opsi ini (kesamaan persepsi antar pihak-pihak yang melakukan observasi) baru merupakan salah satu
persyaratan observasi.
b.
Karena opsi ini (rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat) baru
merupakan salah satu persyaratan observasi
c.
Karena opsi ini (membangun aturan main yang jelas antar pihak-pihak yang
terlibat) baru merupakan salah satu persyaratan observasi.
d.
Karena jawaban (1), (2) dan (3) benar
No 43.
a.
Karena opsi (1) yaitu perubahan kelas belum tentu perubahan instruksional
b.
Karena opsi 1 adalah pernyatan yang salah.
c.
benar karena opsi (2) dan (3) benar.
d.
Karena tidak semua opsi benar. Salah satu jawaban ada yang salah, yaitu opsi
(1).
No 44.
a.
Karena opsi (1) dan (2) benar. Observasi oleh pengamat luar atau
nonguru/pengajar difokuskan pada perilaku mengajar guru, suasana kelas dan
perilaku siswa selama berlangsung tindakan perbaikan.
b.
Benar, karena opsi (3) salah. Intensitas bukan fokus pengamatan, yang lebih
penting adalah relevansi hasil catatan dengan tujuan perbaikan.
c.
Jawaban 3 salah. Karena opsi (3) yaitu "Intensitas catatan tidak menjamin
kelengkapan data" adalah pernyataan yang salah.
d.
Jawaban 3 salah. Karena opsi (3) yaitu "Intensitas catatan tidak menjamin
kelengkapan data" adalah pernyataan yang salah.
No 45.
a.
Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Opsi (1) salah, karena hasil analisis
data tidak atau belum bisa untuk membuat kesimpulan dan tindak lanjut. Jadi
jawaban A salah
b.
Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Sedangkan opsi (1) salah, hasil
analisis belum dapat dijadikan masukan untuk membuat kesimpulan dan tindak
lanjut penelitian. Jadi jawaban B salah
c.
Jawaban C benar apabila (2) dan (3) benar. Pernyataan (2) dan (3) benar,
karena hasil analisis data adalah untuk mengidentifikasi temuan sementara
-melalui refleksi- dalam rangka menentukan apakah perbaikan sudah terjadi atau
perlu terus ke siklus 2. Demikian pula hasil analisis data juga dapat dijadikan
landasan untuk mencari/mengidentifikasi temuan penelitian baik temuan sementara
(apabila belum diperoleh perbaikan) maupun temuan final (apabila sudah dicapai
perbaikan pembelajaran.
d.
Jawaban 1, 2 dan 3 tidak semuanya benar. Opsi D tidak benar.
No 46.
a.
jawaban A benar, karena pernyataan (1) dan (2) benar. Observasi adalah untuk
mendapatkan masukan tentang perilaku siswa dan melihat dampak tindakan
perbaikan.
b.
Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Pernyataan (3) yaitu
"mempelajari dokumen hasil belajar siswa" adalah pernyataan yang
salah. Kegiatan mengkaji dokumen disebut studi dokumentasi. Jawaban B tidak
benar.
c.
Karena mengkaji dokumen tidak termasuk atau bukan kegiatan observasi 3. Jawaban
C salah.
d.
Karena salah satu pernyataan (opsi) ada yang salah, yaitu opsi 3. Mempelajari
dokumen siswa berbeda dengan studi dokumentasi.
No 47.
a.
Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Sebagai peneliti PTK guru akan
(1) mengamati perilaku siswa sebagai dampak dari tindakan yang diberikan dan
(2) mencari penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa. Hal
(2) dilakukan untuk mempertajam masalah penelitian karena siswa merupakan salah
satu sumber informasi PTK. Jawaban A benar.
b.
Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Jawaban (3) yaitu tidak benar,
karena sebagai guru yang sedang melakukan penelitian (PTK) guru harus bertindak
sebagai guru sekaligus peneliti. Jawaban B salah.
c.
Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Opsi (3) salah, karena sebagai guru
yang sedang melakukan penelitian, guru tidak hanya mengajar, tetapi juga
melakukan kegiatan-kegiatan penelitian seperti observasi, mencatat data,
membuat instrumen, dll.
d.
Jawaban D adalah apabila semua opsi benar. Sedangkan salah satu opsi (3) tidak
benar.
No 48.
a.
Opsi (1) benar. Karena salah satu kegiatan refleksi adalah bertanya pada diri
sendiri mengapa masalah ini dapat terjadi dikelas saya?
b.
Opsi (2) benar. Karena salah satu langkah refleksi adalah merencanakan berbagai
alternatif perbaikan yang mungkin dapat dilakukan.
c.
Opsi (3) benar. Salah satu kegiatan refleksi adalah merenungkan dampak dari
hal-hal yang sudah dilakukan selama ini?
d.
Opsi (1), (2) dan (3) semuanya benar. Karena refleksi adalah merenung
kembali untuk mengingat peristiwa-peristiwa yang menyebabkan munculnya masalah
dilanjutkan dengan mencari alternatif hal-hal yang perlu dilakukan guru untuk
memperbaiki pembelajaran. Bisa termasuk refleksi:
bertanya pada diri sendiri
mencari alternatif perbaikan
mengantisipasi hal-hal yangtidak
diinginkan
No 49.
a.
Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Opsi 1 (menemukan makna dari
hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian) dan 2 (menterjemahkan
atau memberi makna hasil pengolahan data) adalah merupakan salah satu bentuk
interpretasi data. Jadi, jawaban A benar.
b.
Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Mengolah data hasil pengumpulan
data (melalui observasi, studi dokumentasi, dan lain-lain) dengan menggunakan
analisis statistik tidak sama dengan interpretasi data. Opsi (3) salah, jadi
jawaban B salah.
c.
Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Opsi (3) adalah pernyataan yang
salah. Jadi jawaban C salah.
d.
Jawaban D adalah apabila ke-3 pernyataan (opsi) benar semua, sedangkan
pernyataan 3 adalah salah. Jadi jawaban D salah.
No 50.
a.
Jawaban A adalah apabila pernyataan (1) dan (2) benar. Opsi (1) salah, karena
saran-saran tidak ditujukan untuk berbagai pihak, tetapi ditujukan untuk
pihak-pihak tertentu saja dan terutama kepentingan guru sendiri. jadi jawaban A
salah.
b.
Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Sedangkan jawaban (1) salah.
Jawaban B salah.
c.
Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Saran tindak lanjut dalam PTK
dapat direpresentasikan dalam bentuk (i) alternatif perbaikan dibuat sesuai
kesimpulan penelitian dan (ii) usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui
refleksi. Karena tujuan akhir PTK difokuskan pada mencari alternatif
perbaikan dan usulan perbaikan. Jawaban C benar.
d.
Jawaban D adalah apabila ketiga opsi benar semua. Sedangkan salah satu opsi ada
yang salah, yaitu opsi 1. jawaban D salah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar