1. PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....A. McTaggardB. Carr dan KemmisC. RochmanD. Schmuck2. Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....A. berbasis refleksi diriB. metode yang longgar dan fleksibelC. berbasis hasil pengamatan dan renungan guruD. disesuaikan dengan kemampuan guruA. sampel representatifB. sampel purposifC. sampel acakD. kasus khusus yaitu kelas
4. Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....A. teori belajar yang akan diujiB. temuan penelitian yang dapat digeneralisasikanC. perbaikan hasil belajar siswaD. meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian5. Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....A. kemampuan guru di bidang instruksionalB. kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutanC. daya inovasi pada diri guruD. kualitas pembelajaran di kelas6. Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....A. penelitiB. validitasC. metodologiD. instrumen7. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....A. dukungan dari pihak sekolahB. kebebasan bagi guru untuk melakukan penelitian di kelasnyaC. pengawasan dari Kepala SekolahD. kerjasama antar personil sekolah8. Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....A. perumusan masalahB. identifikasi masalahC. analisis masalahD. pembatasan masalah9. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....B. mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswaC. berdiskusi dengan teman sejawatD. melakukan studi banding ke sekolah lain10. Hipotesis tindakan adalah ....A. tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana PerbaikanB. alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakanC. dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikanD. kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....A. menentukan metode pengolahan data yang tepatB. mempersiapkan diri sebagai penelitiC. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)D. mempersiapkan sarana pendukung penelitian12. Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....A. tanpa penafsiranC. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)D. yang membutuhkan penafsiran13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....A. terfokusB. sistematisC. terstrukturD. terbuka14. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....A. wawancaraB. studi dokumen kelasC. pengisian kuesionerD. survei15. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....A. sebelum menyusun proposalB. sesudah mengidentifikasi masalahC. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikanD. sesudah melakukan upaya perbaikan16. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....A. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnyaB. merevisi pedoman observasiC. menyusun proposal PTKD. menentukan metode yang akan digunakan17. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....A. kenakalan remajaB. disiplin belajarC. interaksi belajarD. prestasi belajar18. Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....A. masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswaB. guru mampu untuk melaksanakannyaC. relevan dengan pengembangan sekolahD. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.A. melakukan kajian dokumen kelasB. melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelasC. mewawancarai siswaD. memberikan tes formatif20. Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....A. metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?B. strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?C. bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?D. bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?21. Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevanB. mempelajari hasil penelitian yang relevanC. melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama iniD. mengkopi hasil PTK rekan sejawat22. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....A. tujuan perbaikanB. TIUC. TIKD. Kegiatan pembelajaran23. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....A. mempelajari proposal PTKB. melakukan simulasi perbaikanC. berdiskusi dengan rekan sejawatD. memvalidasi RPP24. Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....A. penelitian yangdilakukan guru di sekolahB. prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat melakukan penelitianC. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnyaD. rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru25. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....A. relasi antar-guru kelasB. kerjasama antar pihak-pihak terkaitC. persamaan persepsiD. citra guru sebagai peneliti26. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....A. proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukanB. sudah berhasilC. belum menunjukkan perbaikanD. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan27. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....A. ordinalB. kuantitatifC. kualitatifD. numerik28. Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....A. penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitianB. grafik histogramC. narasi tentang perilaku siswaD. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan29. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....A. urutan identifikasi masalahB. pertanyaan penelitianC. temuan penelitianD. hasil analisis data30. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....A. mempertinggi akurasiC. memperoleh perbaikan yang optimalD. memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian31. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....A. temuan penelitianB. kesimpulan hasil penelitianD. saran-saran perbaikan pembelajaran32. Judul PTK harus menggambarkan ....A. upaya perbaikan pembelajaranB. masalah pembelajaranC. masalah pendidikanD. perbaikan sistem persekolahan33. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....A. difokuskan pada saripasi penelitianB. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitianC. disajikan secararuntut, singkatdan padatD. merupakan ringkasan penelitian34. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....A. identifikasi masalahB. perumusan masalahC. pendahuluanD. Kesimpulan35. Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....A. estetikaB. logikaC. kejujuranD. ke-konsistenan (keajegan)36. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....A. kumpulan gagasan yang ditulis penelitiB. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan pikiranC. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaruD. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis37. Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....A. teori-teori yang elevanB. kerangka berpikirC. metodologiD. pertanyaan penelitian atau hipotesis38. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....A. proses sosialisasi laporan ilmiahB. penyebarluasan hasil penelitianC. publikasi temuan ilmiahD. dimanfaatkan orang banyak terutama guru.39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....A. dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolahB. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelasD. meningkatnya intelektualitas staf guru.40. Karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....A. estetikaB. logikaC. kejujuranD. keajeganPETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 41 SAMPAI 50, PILIHLAH!A. JIKA 1) DAN 2) BENARB. JIKA 1) DAN 3) BENARC. JIKA 2) DAN 3) BENARD. JIKA 1), 2), DAN 3) BENAR41. Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang karena isiwa merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan dengan masalah tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:(1) Apakah pemberian tugas tugas atau PR akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa?(2) Bagaimana bentuk materi tugas yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?(3) Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?42. Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....(1) kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat(2) membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat(3) membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat43. Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:(1) apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?(2) apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?(3) apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?44. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....(1) perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan(2) suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan(3) intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat45. Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....(1) membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian(2) melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut(3) mengidentifikasi temuan penelitian46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....(1) memperoleh masukan tentang perilaku belajar siswa(2) mempelajari dampak tindakan perbaikan yang diberikan(3) mempelajari dokumen hasil belajar47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....(1) mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati perilaku siswa(2) mengidentifikasi penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa(3) mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal belajar siswa48. Refleksi pada dasarnya adalah .....(1) mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa masalah ini sampai terjadi dikelasnya(2) merencanakan berbagai alternatif tindakan yang mungkin dapat dilakukan(3) merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini49. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data adalah ....(2) menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan masalah penelitian.(3) mengolah data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik.50. Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....(1) saran-saran perbaikan ditujukan untuk berbagai pihak(2) alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian(3) usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi
Jumat, 05 April 2013
Soal Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Jumat, 05 April 2013
Soal Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008
1. PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....A. McTaggardB. Carr dan KemmisC. RochmanD. Schmuck2. Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....A. berbasis refleksi diriB. metode yang longgar dan fleksibelC. berbasis hasil pengamatan dan renungan guruD. disesuaikan dengan kemampuan guruA. sampel representatifB. sampel purposifC. sampel acakD. kasus khusus yaitu kelas
4. Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....A. teori belajar yang akan diujiB. temuan penelitian yang dapat digeneralisasikanC. perbaikan hasil belajar siswaD. meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian5. Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....A. kemampuan guru di bidang instruksionalB. kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutanC. daya inovasi pada diri guruD. kualitas pembelajaran di kelas6. Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....A. penelitiB. validitasC. metodologiD. instrumen7. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....A. dukungan dari pihak sekolahB. kebebasan bagi guru untuk melakukan penelitian di kelasnyaC. pengawasan dari Kepala SekolahD. kerjasama antar personil sekolah8. Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....A. perumusan masalahB. identifikasi masalahC. analisis masalahD. pembatasan masalah9. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....B. mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswaC. berdiskusi dengan teman sejawatD. melakukan studi banding ke sekolah lain10. Hipotesis tindakan adalah ....A. tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana PerbaikanB. alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakanC. dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikanD. kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....A. menentukan metode pengolahan data yang tepatB. mempersiapkan diri sebagai penelitiC. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)D. mempersiapkan sarana pendukung penelitian12. Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....A. tanpa penafsiranC. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)D. yang membutuhkan penafsiran13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....A. terfokusB. sistematisC. terstrukturD. terbuka14. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....A. wawancaraB. studi dokumen kelasC. pengisian kuesionerD. survei15. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....A. sebelum menyusun proposalB. sesudah mengidentifikasi masalahC. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikanD. sesudah melakukan upaya perbaikan16. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....A. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnyaB. merevisi pedoman observasiC. menyusun proposal PTKD. menentukan metode yang akan digunakan17. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....A. kenakalan remajaB. disiplin belajarC. interaksi belajarD. prestasi belajar18. Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....A. masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswaB. guru mampu untuk melaksanakannyaC. relevan dengan pengembangan sekolahD. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.A. melakukan kajian dokumen kelasB. melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelasC. mewawancarai siswaD. memberikan tes formatif20. Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....A. metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?B. strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?C. bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?D. bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?21. Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevanB. mempelajari hasil penelitian yang relevanC. melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama iniD. mengkopi hasil PTK rekan sejawat22. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....A. tujuan perbaikanB. TIUC. TIKD. Kegiatan pembelajaran23. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....A. mempelajari proposal PTKB. melakukan simulasi perbaikanC. berdiskusi dengan rekan sejawatD. memvalidasi RPP24. Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....A. penelitian yangdilakukan guru di sekolahB. prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat melakukan penelitianC. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnyaD. rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru25. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....A. relasi antar-guru kelasB. kerjasama antar pihak-pihak terkaitC. persamaan persepsiD. citra guru sebagai peneliti26. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....A. proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukanB. sudah berhasilC. belum menunjukkan perbaikanD. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan27. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....A. ordinalB. kuantitatifC. kualitatifD. numerik28. Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....A. penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitianB. grafik histogramC. narasi tentang perilaku siswaD. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan29. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....A. urutan identifikasi masalahB. pertanyaan penelitianC. temuan penelitianD. hasil analisis data30. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....A. mempertinggi akurasiC. memperoleh perbaikan yang optimalD. memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian31. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....A. temuan penelitianB. kesimpulan hasil penelitianD. saran-saran perbaikan pembelajaran32. Judul PTK harus menggambarkan ....A. upaya perbaikan pembelajaranB. masalah pembelajaranC. masalah pendidikanD. perbaikan sistem persekolahan33. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....A. difokuskan pada saripasi penelitianB. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitianC. disajikan secararuntut, singkatdan padatD. merupakan ringkasan penelitian34. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....A. identifikasi masalahB. perumusan masalahC. pendahuluanD. Kesimpulan35. Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....A. estetikaB. logikaC. kejujuranD. ke-konsistenan (keajegan)36. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....A. kumpulan gagasan yang ditulis penelitiB. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan pikiranC. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaruD. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis37. Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....A. teori-teori yang elevanB. kerangka berpikirC. metodologiD. pertanyaan penelitian atau hipotesis38. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....A. proses sosialisasi laporan ilmiahB. penyebarluasan hasil penelitianC. publikasi temuan ilmiahD. dimanfaatkan orang banyak terutama guru.39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....A. dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolahB. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelasD. meningkatnya intelektualitas staf guru.40. Karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....A. estetikaB. logikaC. kejujuranD. keajeganPETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 41 SAMPAI 50, PILIHLAH!A. JIKA 1) DAN 2) BENARB. JIKA 1) DAN 3) BENARC. JIKA 2) DAN 3) BENARD. JIKA 1), 2), DAN 3) BENAR41. Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang karena isiwa merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan dengan masalah tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:(1) Apakah pemberian tugas tugas atau PR akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa?(2) Bagaimana bentuk materi tugas yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?(3) Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?42. Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....(1) kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat(2) membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat(3) membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat43. Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:(1) apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?(2) apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?(3) apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?44. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....(1) perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan(2) suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan(3) intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat45. Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....(1) membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian(2) melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut(3) mengidentifikasi temuan penelitian46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....(1) memperoleh masukan tentang perilaku belajar siswa(2) mempelajari dampak tindakan perbaikan yang diberikan(3) mempelajari dokumen hasil belajar47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....(1) mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati perilaku siswa(2) mengidentifikasi penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa(3) mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal belajar siswa48. Refleksi pada dasarnya adalah .....(1) mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa masalah ini sampai terjadi dikelasnya(2) merencanakan berbagai alternatif tindakan yang mungkin dapat dilakukan(3) merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini49. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data adalah ....(2) menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan masalah penelitian.(3) mengolah data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik.50. Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....(1) saran-saran perbaikan ditujukan untuk berbagai pihak(2) alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian(3) usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar