Jumat, 05 April 2013

Soal Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008


1.    PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.      McTaggard
B.      Carr dan Kemmis
C.      Rochman
D.      Schmuck
2.    Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....
A.  berbasis refleksi diri
B.  metode yang longgar dan fleksibel
C.  berbasis hasil pengamatan dan renungan guru
D.  disesuaikan dengan kemampuan guru
3.    Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....
A.      sampel representatif
B.      sampel purposif
C.      sampel acak
D.      kasus khusus yaitu kelas


4.    Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....
A.  teori belajar yang akan diuji
B.  temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan
C.  perbaikan hasil belajar siswa
D.  meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian
5.    Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....
A.  kemampuan guru di bidang instruksional
B.  kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
C.  daya inovasi pada diri guru
D.  kualitas pembelajaran di kelas
6.    Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
A.      peneliti
B.      validitas
C.      metodologi
D.      instrumen
7.    Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
A.  dukungan dari pihak sekolah
B.  kebebasan bagi guru untuk melakukan penelitian di kelasnya
C.  pengawasan dari Kepala Sekolah
D.  kerjasama antar personil sekolah
8.    Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....
A.      perumusan masalah
B.      identifikasi masalah
C.      analisis masalah
D.      pembatasan masalah
9.    Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....
A.  melakukan refleksi
B.  mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa
C.  berdiskusi dengan teman sejawat
D.  melakukan studi banding ke sekolah lain
10. Hipotesis tindakan adalah ....
A.  tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana Perbaikan
B.  alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
C.  dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
D.  kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian
11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....
A.  menentukan metode pengolahan data yang tepat
B.  mempersiapkan diri sebagai peneliti
C.  menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
D.  mempersiapkan sarana pendukung penelitian
12. Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....
A.  tanpa penafsiran
B.  langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti
C.  tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
D.  yang membutuhkan penafsiran
13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....
A.      terfokus
B.      sistematis
C.      terstruktur
D.      terbuka
14. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
A.      wawancara
B.      studi dokumen kelas
C.      pengisian kuesioner
D.      survei
15. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....
A.  sebelum menyusun proposal
B.  sesudah mengidentifikasi masalah
C.  sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan
D.  sesudah melakukan upaya perbaikan
16. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....
A.  menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
B.  merevisi pedoman observasi
C.  menyusun proposal PTK
D.  menentukan metode yang akan digunakan
17. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....
A.      kenakalan remaja
B.      disiplin belajar
C.      interaksi belajar
D.      prestasi belajar
18. Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....
A.  masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa
B.  guru mampu untuk melaksanakannya
C.  relevan dengan pengembangan sekolah
D.  mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.
19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah ....
A.  melakukan kajian dokumen kelas
B.  melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas
C.  mewawancarai siswa
D.  memberikan tes formatif
20. Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....
A.  metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?
B.  strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?
C.  bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?
D.  bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?
21. Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....
A.  mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan
B.  mempelajari hasil penelitian yang relevan
C.  melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini
D.  mengkopi hasil PTK rekan sejawat
22. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
A.      tujuan perbaikan
B.      TIU
C.      TIK
D.      Kegiatan pembelajaran
23. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....
A.      mempelajari proposal PTK
B.      melakukan simulasi perbaikan
C.      berdiskusi dengan rekan sejawat
D.      memvalidasi RPP
24. Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....
A.  penelitian yangdilakukan guru di sekolah
B.  prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat melakukan penelitian
C.  rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya
D.  rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru
25. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
A.      relasi antar-guru kelas
B.      kerjasama antar pihak-pihak terkait
C.      persamaan persepsi
D.      citra guru sebagai peneliti
26. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
A.  proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan
B.  sudah berhasil
C.  belum menunjukkan perbaikan
D.  tidak memperlihatkan dampak yang signifikan
27. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....
A.      ordinal
B.      kuantitatif
C.      kualitatif
D.      numerik
28. Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
A.  penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian
B.  grafik histogram
C.  narasi tentang perilaku siswa
D.  matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan
29. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
A.      urutan identifikasi masalah
B.      pertanyaan penelitian
C.      temuan penelitian
D.      hasil analisis data
30. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
A.  mempertinggi akurasi
B.  memperoleh hasil yang valid
C.  memperoleh perbaikan yang optimal
D.  memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian
31. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....
A.      temuan penelitian
B.      kesimpulan hasil penelitian
C.      rekomendasi
D.      saran-saran perbaikan pembelajaran
32. Judul PTK harus menggambarkan ....
A.      upaya perbaikan pembelajaran
B.      masalah pembelajaran
C.      masalah pendidikan
D.      perbaikan sistem persekolahan
33. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....
A.  difokuskan pada saripasi penelitian
B.  menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian
C.  disajikan secararuntut, singkatdan padat
D.  merupakan ringkasan penelitian
34. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....
A.      identifikasi masalah
B.      perumusan masalah
C.      pendahuluan
D.      Kesimpulan
35. Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....
A.      estetika
B.      logika
C.      kejujuran
D.      ke-konsistenan (keajegan)
36. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....
A.  kumpulan gagasan yang ditulis peneliti
B.  ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan pikiran
C.  kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaru
D.  buah pikiran parapakar yang dikutip penulis
37. Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....
A.      teori-teori yang elevan
B.      kerangka berpikir
C.      metodologi
D.      pertanyaan penelitian atau hipotesis
38. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
A.  proses sosialisasi laporan ilmiah
B.  penyebarluasan hasil penelitian
C.  publikasi temuan ilmiah
D.  dimanfaatkan orang banyak terutama guru.
39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....
A.  dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah
B.  dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas
C.  meningkatnya kredibilitas sekolah.
D.  meningkatnya intelektualitas staf guru.
40. Karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
A.      estetika
B.      logika
C.      kejujuran
D.      keajegan

PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 41 SAMPAI 50, PILIHLAH!
A.    JIKA 1) DAN 2) BENAR
B.    JIKA 1) DAN 3) BENAR
C.    JIKA 2) DAN 3) BENAR
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) BENAR

41. Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang karena isiwa merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan dengan masalah tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:
(1)  Apakah pemberian tugas tugas atau PR akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
(2)  Bagaimana bentuk materi tugas yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
(3)  Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?
42. Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1)    kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat
(2)    membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat
(3)    membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat
43. Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
(1)  apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
(2)  apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
(3)  apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?
44. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....
(1)  perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
(2)   suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
(3)   intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat
45. Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....
(1)  membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
(2)   melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut
(3)   mengidentifikasi temuan penelitian
46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
(1)  memperoleh masukan tentang perilaku belajar siswa
(2)   mempelajari dampak tindakan perbaikan yang diberikan
(3)  mempelajari dokumen hasil belajar
47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
(1)          mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati perilaku siswa
(2)           mengidentifikasi penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa
(3)          mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal belajar siswa
48. Refleksi pada dasarnya adalah .....
(1)  mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa masalah ini sampai terjadi dikelasnya
(2)   merencanakan berbagai alternatif tindakan yang mungkin dapat dilakukan
(3)   merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini
49. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data adalah ....
(1)  menemukan makna dari hasil analisis datauntuk menjawab pertanyaan penelitian.
(2)  menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan masalah penelitian.
(3)   mengolah data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik.
50. Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....
(1)  saran-saran perbaikan ditujukan untuk berbagai pihak
(2)  alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian
(3)   usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 05 April 2013

Soal Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008


1.    PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.      McTaggard
B.      Carr dan Kemmis
C.      Rochman
D.      Schmuck
2.    Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....
A.  berbasis refleksi diri
B.  metode yang longgar dan fleksibel
C.  berbasis hasil pengamatan dan renungan guru
D.  disesuaikan dengan kemampuan guru
3.    Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....
A.      sampel representatif
B.      sampel purposif
C.      sampel acak
D.      kasus khusus yaitu kelas


4.    Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....
A.  teori belajar yang akan diuji
B.  temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan
C.  perbaikan hasil belajar siswa
D.  meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian
5.    Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....
A.  kemampuan guru di bidang instruksional
B.  kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
C.  daya inovasi pada diri guru
D.  kualitas pembelajaran di kelas
6.    Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
A.      peneliti
B.      validitas
C.      metodologi
D.      instrumen
7.    Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
A.  dukungan dari pihak sekolah
B.  kebebasan bagi guru untuk melakukan penelitian di kelasnya
C.  pengawasan dari Kepala Sekolah
D.  kerjasama antar personil sekolah
8.    Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....
A.      perumusan masalah
B.      identifikasi masalah
C.      analisis masalah
D.      pembatasan masalah
9.    Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....
A.  melakukan refleksi
B.  mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa
C.  berdiskusi dengan teman sejawat
D.  melakukan studi banding ke sekolah lain
10. Hipotesis tindakan adalah ....
A.  tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana Perbaikan
B.  alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
C.  dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
D.  kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian
11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....
A.  menentukan metode pengolahan data yang tepat
B.  mempersiapkan diri sebagai peneliti
C.  menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
D.  mempersiapkan sarana pendukung penelitian
12. Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....
A.  tanpa penafsiran
B.  langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti
C.  tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
D.  yang membutuhkan penafsiran
13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....
A.      terfokus
B.      sistematis
C.      terstruktur
D.      terbuka
14. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
A.      wawancara
B.      studi dokumen kelas
C.      pengisian kuesioner
D.      survei
15. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....
A.  sebelum menyusun proposal
B.  sesudah mengidentifikasi masalah
C.  sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan
D.  sesudah melakukan upaya perbaikan
16. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....
A.  menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
B.  merevisi pedoman observasi
C.  menyusun proposal PTK
D.  menentukan metode yang akan digunakan
17. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....
A.      kenakalan remaja
B.      disiplin belajar
C.      interaksi belajar
D.      prestasi belajar
18. Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....
A.  masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa
B.  guru mampu untuk melaksanakannya
C.  relevan dengan pengembangan sekolah
D.  mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.
19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah ....
A.  melakukan kajian dokumen kelas
B.  melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas
C.  mewawancarai siswa
D.  memberikan tes formatif
20. Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....
A.  metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?
B.  strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?
C.  bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?
D.  bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?
21. Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....
A.  mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan
B.  mempelajari hasil penelitian yang relevan
C.  melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini
D.  mengkopi hasil PTK rekan sejawat
22. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
A.      tujuan perbaikan
B.      TIU
C.      TIK
D.      Kegiatan pembelajaran
23. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....
A.      mempelajari proposal PTK
B.      melakukan simulasi perbaikan
C.      berdiskusi dengan rekan sejawat
D.      memvalidasi RPP
24. Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....
A.  penelitian yangdilakukan guru di sekolah
B.  prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat melakukan penelitian
C.  rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya
D.  rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru
25. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
A.      relasi antar-guru kelas
B.      kerjasama antar pihak-pihak terkait
C.      persamaan persepsi
D.      citra guru sebagai peneliti
26. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
A.  proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan
B.  sudah berhasil
C.  belum menunjukkan perbaikan
D.  tidak memperlihatkan dampak yang signifikan
27. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....
A.      ordinal
B.      kuantitatif
C.      kualitatif
D.      numerik
28. Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
A.  penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian
B.  grafik histogram
C.  narasi tentang perilaku siswa
D.  matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan
29. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
A.      urutan identifikasi masalah
B.      pertanyaan penelitian
C.      temuan penelitian
D.      hasil analisis data
30. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
A.  mempertinggi akurasi
B.  memperoleh hasil yang valid
C.  memperoleh perbaikan yang optimal
D.  memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian
31. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....
A.      temuan penelitian
B.      kesimpulan hasil penelitian
C.      rekomendasi
D.      saran-saran perbaikan pembelajaran
32. Judul PTK harus menggambarkan ....
A.      upaya perbaikan pembelajaran
B.      masalah pembelajaran
C.      masalah pendidikan
D.      perbaikan sistem persekolahan
33. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....
A.  difokuskan pada saripasi penelitian
B.  menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian
C.  disajikan secararuntut, singkatdan padat
D.  merupakan ringkasan penelitian
34. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....
A.      identifikasi masalah
B.      perumusan masalah
C.      pendahuluan
D.      Kesimpulan
35. Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....
A.      estetika
B.      logika
C.      kejujuran
D.      ke-konsistenan (keajegan)
36. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....
A.  kumpulan gagasan yang ditulis peneliti
B.  ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan pikiran
C.  kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaru
D.  buah pikiran parapakar yang dikutip penulis
37. Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....
A.      teori-teori yang elevan
B.      kerangka berpikir
C.      metodologi
D.      pertanyaan penelitian atau hipotesis
38. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
A.  proses sosialisasi laporan ilmiah
B.  penyebarluasan hasil penelitian
C.  publikasi temuan ilmiah
D.  dimanfaatkan orang banyak terutama guru.
39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....
A.  dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah
B.  dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas
C.  meningkatnya kredibilitas sekolah.
D.  meningkatnya intelektualitas staf guru.
40. Karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
A.      estetika
B.      logika
C.      kejujuran
D.      keajegan

PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 41 SAMPAI 50, PILIHLAH!
A.    JIKA 1) DAN 2) BENAR
B.    JIKA 1) DAN 3) BENAR
C.    JIKA 2) DAN 3) BENAR
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) BENAR

41. Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang karena isiwa merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan dengan masalah tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:
(1)  Apakah pemberian tugas tugas atau PR akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
(2)  Bagaimana bentuk materi tugas yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
(3)  Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?
42. Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1)    kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat
(2)    membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat
(3)    membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat
43. Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
(1)  apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
(2)  apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
(3)  apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?
44. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....
(1)  perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
(2)   suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
(3)   intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat
45. Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....
(1)  membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
(2)   melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut
(3)   mengidentifikasi temuan penelitian
46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
(1)  memperoleh masukan tentang perilaku belajar siswa
(2)   mempelajari dampak tindakan perbaikan yang diberikan
(3)  mempelajari dokumen hasil belajar
47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
(1)          mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati perilaku siswa
(2)           mengidentifikasi penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa
(3)          mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal belajar siswa
48. Refleksi pada dasarnya adalah .....
(1)  mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa masalah ini sampai terjadi dikelasnya
(2)   merencanakan berbagai alternatif tindakan yang mungkin dapat dilakukan
(3)   merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini
49. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data adalah ....
(1)  menemukan makna dari hasil analisis datauntuk menjawab pertanyaan penelitian.
(2)  menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan masalah penelitian.
(3)   mengolah data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik.
50. Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....
(1)  saran-saran perbaikan ditujukan untuk berbagai pihak
(2)  alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian
(3)   usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar