Jumat, 24 Mei 2013

Kunci Jawaban Manajemen Berbasis Sekolah IDIK4012



No 1.
a.       Salah, karena dalam pendidikan tidak ada fungsi memasyarakatkan kemajuan bid. Teknologi
b.      Salah, karena meningkatkan solideritas bangsa merupakan bagian dari peradaban bangsa
c.       Benar, sebab salah satu fungsi pendidikan adalah mempertinggi peradaban bangsa
d.      Salah, sebab menggali budaya bangsa bukan merupakan fungsi pendidikan

No  2.
a.       Salah sebab Kurikumum Berbasis Kompetensi adalah salah satu model kurikulum bukan sebuah model pendidikan
b.      Salah, sebab multiple intelegence yang mengatakan bahwa anak memiliki 8 jenis intelegensi bukan merupakan model pendidikan
c.       Benar, sebab MBS adalah sebuah model pengelolan pendidikan yang mengakomodasi berbagai kepentingan masyarakat
d.      Salah, sebab Ki Hajar Dewantoro adalah nama salah seorang tokoh pendidikan Nasional

No 3.
a.      Benar, MBS perlu diterapkan di sekolah karena dapat memberi arah pada sekolah untuk mengoptimalkan keunggulan yang dimiliki lingkungan sekolah
b.      Salah, sebab Sistem Pelayanan Minimal tidak berhubungan dengan penerapan MBS di sekolah
c.       Benar, sebab Sistem Pelayanan Minimal akan mendorong sekolah untuk meningkatkan kinerja yang diterapkan
d.      Salah, sebab sarana dan prasaranan tidak menjamin terjadi peningkatan dalam hal pengelolaan


No 4.
a.       Salah, sebab bantuan dana ke sekolah tidak menjamin dapat ditingkatkannya mutu
b.      Salah, sebab latihan untuk para personal sekolah hanya salah satu upaya, tidak menjamin adanya peningkatan mutu
c.       Benar, sebab Sistem Pelayanan Minimal akan mendorong sekolah untuk meningkatkan kinerja yang diterapkan
d.      Salah, sebab sarana dan prasaranan tidak menjamin terjadi peningkatan dalam hal pengelolaan

No 5.
a.       Salah, sebab nilai kolektif kurang menumbuhkan semangat untuk membuat kehidupan lebih bermakna
b.      Benar, sebab nilai spiritual biasanya dapat menumbuhkan semangat untuk hidup lebih bermakna
c.       Salah, sebab nilai-nilai sosal budaya mengembangkan kemampuan bersosialisasi anak
d.      Salah, sebab nilai kebangsaan lebih berguna untuk meningkatkan kesadaran siswa sebagai warganegara yang bertanggungjawab

No 6.
a.       Salah, sebab fleksibilitas dalam hal pengelolaan bukan merupkan tujuan MBS
b.      Salah, sebab MBS perlu diterapkan bukan untuk merefvormasi dunia pendidikan
c.       Salah, sebab penerapan MBS memungkinkan keterlibatan banyak pihak
d.      Benar, sebab MBS diterpakan di sekolah-sekolah agar ada efesiensi dalam hal pengelolaan pendidikan untuk meningkatkan mutu

No 7.
a.      Benar, karena menurut UU Sisdiknas tanggungjawab pelaksanaan ulangan umum ada pada kepala sekolah
b.      Salah, sebab menurut UU Sisdiknas guru tidak bertanggungjawab dalam pelakasanaan ulangan umum di sekolah
c.       Salah, sebab tidak ada ketentuan bahwa yayasan bertanggungjawab melaksanakan ulangan umumdi sekolah
d.      Salah, sebab pemerintah tidak bertanggungjawab dalam pelaksanaan ulangan umum disekolah

No 8.
a.       Salah sebab kalimat ini belum lengkap
b.      Salah sebab dalam redaksinya belum ada prinsip tidak diskriminatif
c.       Salah, sebab redaksinya belum memuat prinsip menjunjung tinggi hak azasi manusia, nilai agama dan kutur
d.      Benar, sebab redaksinya sesuai dengan rumusan yang ada dalam pasal 4 (ayat1) UU Sisdiknas 2003

No 9.
a.       Salah, sebab pengurangan kekuasan dan wewenang pemerintah pusat merupakan salah satu factor yang yang mendorong timbulnya desentralisasi
b.      Benar , sebab selama ini daerah sudah ikut menikmati hasil pembangunan
c.       Salah, sebab aspirasi daerah yang beragam merupakan salah satu faktor yang mendorong hadirnya desentalisasi
d.      Salah, sebab kemandirian daerah merupakan salah satu faktor yang mendorong timbulnya desentralisasi

No 10.
a.       Salah, penyelenggaraan pemerintah daerah
b.      Salah, sebab UU no. 22 thn 1999 tidak membahas mengenai kewenangan pemerintah
c.       Salah sebab UU no.22 thn 1999 tidak membahas tentang pertimbangan keuangan pusat dan daerah
d.      Benar, sebab UU no. 22 thn 1999 membahas tentang pemerintah daerah

No 11.
a.       Salah, sebab dalam pemerintahan sentralisasi keputusan tidak diambil oleh bawahan
b.      Benar, pada umumnya dalam pemerintahan sentralisasi keputusan diambil oleh atasan dalam suatu organisasi
c.       Salah, sebab dalam pemerintahan sentralisasi keputusan tidak diambil oleh individu-individu dalam organisasi
d.      Salah, sebab dalam sentralisasi keputusan tidak mungkin diambil oleh unit-unit yang ada dalam organisasi

No 12.
a.       Salah, sebab menurut Robbin makna sentralisasi menjadi kabur bukan karena adanya keputusan yang diambil oleh individu yang punya pengaruh
b.      Salah, sebab makna sentalisasi kabur bukan karena adanya pengambilan keputusan pada level bawah tapi diikat oleh kebijakan dari atas
c.       Benar, makna sentralisasi menjadi kabur karena pembuat keputusan adalah pejabat tinggi dalam organisasi
d.      makna sentralisasi menjadi kabur bukan karena adanya kebijakan yang menggugurkan desentralisasi

No 13.
a.      Benar , sebab dalam desentralisasi vertikal pendelegasian keputusan dilakukan mengikuti mata rantai kewenangan dari puncak ke bawah
b.      Salah sebab dalam desentalisasi vertical mengambil keputusan kebawah tidak mengikuti matarantai kewenangan dari puncak kebawah
c.       Salah, sebab dalam desentralisasi vertical peran individu tidak mempengaruhi pengambilan keputusan walau mereka pejabat
d.      Salah, sebab dalam desentralisasi verikal pengambilan keputusan tidak bersifat non-formal seperti jalur birokrasi

No 14.
a.       Salah, sebab pemberian kewenangan berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan bukan langkah pertama proses pengambilan keputusan yang rutin
b.      Benar, sebab langkah pertama proses pengambilan keputusan rutin adalah mengumpulkan informasi yang akan dikerjakan
c.       Salah, sebab langkah pertama proses pengambilan keputusan rutin bukan melakukan eksekusi
d.      Salah, sebab langkah pertama proses pengambilan keputusan rutin bukan menentukan pilihan kegiatan yang akan dilakukan

No 15.
a.       Salah, sebab delegasi adalah penyerahan tanggungjawab pengelolaan untuk fungsi khusus tertentu
b.      Salah, sebab devolusi adalah mewujudkan unit mandiri dibawah struktur organisasi pusat
c.       Salah, sebab privatisasi merupakan penyerahan kewenangan dan tanggungjawab secara penuh yang biasa dilakukan swasta
d.      Benar, sebab dekonsentrasi adalah penyerahan wewenang administrasi dari kementrian ke tingkat di bawahnya sesuai kondisi

No 16.
a.       Salah, sebab UU No, 14 tentang Sertifikasi Guru bukan kebijakan pemerintah yang bersifat sementara
b.      Benar, sebab PP.tentang Sertifikasi guru merupakan kebijakan pemerintah yang bersifat sentralistik
c.       Salah, disentralistik
d.      Salah, sebab PP No.tentang Sertifikkasi Guru bukan merupakan kebijakan pemerintah yang bersifat dekonsentrasi

No 17.
a.       Salah, untuk memenuhi kebutuhan aspirasi masyarakaat yang diperlukan bukan pemerintahan sentralistik tapi desentralistik
b.      Benar, sebab kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang begitu pesat hanya dapat dipenuhi oleh pemerintahan yang desentralistik
c.       Salah, sebab kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang begitu pesat hanya dapat dipenuhi oleh pemerintahan desentralistik bukan dekonsentrasi
d.      Salah, sebab kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang cepat tidak dapat dipenuhi oleh pemerintahan yang demokrasi saja

No 18.
a.        Salah, sebab UU No. 22 thn 1999 tentang pemerintah daerah berisi perubahan formal penyelenggaraan pemerintahan yang sentralis ke desentalistik
b.      Salah sebab UU No. 25 thn 1999 tentang perimbahangan keuangan pemerintah pusat dan daerah untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan desentalistik
c.       Salah, sebab PP No. 25 thn 2000 tentang kewenangan pemerintah untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang desentalistik
d.      Benar, sebab UU. No. 25 tentang Program Pembangunan Nasional, bukan membahas program yang mendukung pemerintahan yang desentalistik

No 19.
a.       Salah. Sebab peningkatkan pengelolaan pendidikan tidak dapat diwujudkan dengan hanya dibentuknya organisasi sekolah disetiap kabupaten
b.      Salah, sebab upaya peningkatan pengelolaan pendidikan tidak dapat dicapai dengan meningkatkan angka partisipasi siswa dalam pendidikan
c.       Benar, sebab MBS merupkan salah satu model pengelolaan pendidikan yang cocok dengan kondisi pembangunan pendidikan di Indonesia
d.      Salah, sebab peningkatan pengelolaan pendidikan tidak mungkin dicapai dengan melakukan pengurangan angka buta aksara

No 20.
a.       Salah, sebab Standar Pelayanan Minimum bukanlah sebagai standaar menyelenggarakan MBS
b.      Salah, sebab patokan penyelenggaraan pendidikan di SD dan SMP dijelaskan dalam UU Sisdiknas 2003
c.       Salah, sebab standar kompetensi lulusan SD/SMP tidak ada dalam Standar Pelayanan Minimum (SPM)
d.      Benar, sebab Standar Pelayanan Minimum adalah patokan pelayanan minimal yang wajib dilakukan oleh kabupaten dan dalam menyelenggarakan pendidikan dasar/menengah

No 21.
a.       Salah, sebab persyaratan siswa merupakan salah satu faktor anak didik yang diperhatian dlam SMP tingkat
b.      Salah, sebab pakaian siswa merupakan salah satu factor yang diperhatikan dalam SPM tingkat SMP
c.       Benar, sebab masalah biaya sekolah siswa tidak tercantum dalam SPM tingkat SMPC.
d.      Salah, sebab menurut SPM di tingkat SMP, unit kegiatan siswa merupakan factor anak didik harus diperhatian

No 22.
a.      Benar, sebab yang menjadi factor penghambat dalam pelaksanaan MBS adalah belum adanya kesiapan personal sekolah untuk melaksanakan MBS
b.      Salah, sebab tingginya dana pengelolaan tergantung dari masing-masing sekolah sehingga tidak menjadi factor penghambat dalam melaksanakan MBS
c.       Salah, sebab pelaksanaan MBS di sekolah-sekolah tidak tergantung pada kesiapan pemerintah pusat
d.      Salah , sebab pelaksanaan MBS merupakan kebutuhan masing-masing sekolah sehingga ada anggapan bahwa MBS tidak sesuai dengan system persekolahan, bukan merupakan masalah

No 23.
a.       Salah, sebab training kemampuan professional tenaga pendidikan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan / kemandirian personil sekolah
b.      Salah, sebab traning kelompok kerja pengembangan dan pendampingan MBS memberi kemampuan agar peserta dapat menjadi pendamping bagi sekolah yang akan merintis MBS
c.       Benar, sebab untuk meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan seorang kepala sekolah harus mengikuti workshop manajemen MBS
d.      Salah sebab workshop tentang standar pendidikan nasional adalah untuk memberi pemahaman para peserta agar memiliki pemahaman tentang SPN

No 24.
a.      Benar, sebab Pasal 26 ayat 1dan 2 dlm UU No. 20 thn 2003, berbunyi bahwa pemerintah pusat dan daerah bertanggungjawab menyediakan anggaran pendidikan
b.      Salah, sebab pasal 47 ayat 1 dan 2 membahas tentang sumber pendanaan pendidikan
c.       Salah, sebab pasal 48 ayat 1 berbunyi bahwa pengelolaan dana pendidikan berdasarkan prinsip keadilan, efesiensi, transparasi dan akuntabilitas public
d.      Salah, sebab pasal 49 ayat 1,2,3 dan 4 menyatakan dana pendidikan dialokasikan 20% dari APBN dan minimal 20% dari APBD

No 25.
a.       Salah, sebab pemberian bantuan biaya pendidikan berdasarkan kondisi sosial ekonomi siswa tidak dijelaskan dalam prinsip kecukupan
b.      Benar, sebab prinsip kecukupan dalam memberikan layanan pendidikan dapat dilakukan dengan menghitung satuan biaya peranak sesuai tingkat tingkat sekolah
c.       Salah, sebab menghitung penerimaan sekolah dari pemerintah dibagi berdasarkan jenjang dan jenis sekolah tidak termasuk dalam prinsip kecukupan
d.      Salah, sebab prinsip kecukupan tidak dihitung dari biaya minimal

No 26.
a.      Benar, sebab bila efektifitas profesionalisme guru dan tenaga pendidikan sudah baik, untuk mempertahankan kondisi tersebut perlu dilakukan pengawasan
b.      Salah, sebab bila profesionalisme guru dan tenaga pendidikan sudah efektif tidak perlu lagi dibuka lembaga pelatihan guru dan tenaga pendidikan
c.       Salah, sebab peraturan kebijakan penagadaan sarana dan prasarana tidak ada kaitannya dengan efektifitas profesionalisme guru dan tenaga pendidikan
d.      Salah, sebab bila efektifitas profesionalisme guru dan tenaga pendidikan sudah baik perlu dilakukan monitoring dan evaluasi namun bukan mengenai MBS

No 27.
a.      Benar, sebab definisi MBS tersebut menurut pendapat Mellen,Ogawa dan Kranz
b.      Salah sebab menurut Neal, MBS adalah sekolah yang berdasarkan penelitian, komitmen dan struktur tertentu dan pengoperasian sekolah menggunakan metode desentralistik
c.       Salah, sebab menurut MBS adalaha satu bentuk organisasi manajemen sekolah dan pembuat keputusan harian dibuat oleh unit yang ada dalam system tersebut
d.      Salah, sebab menurut depdiknas MBS adalaha bentuk otonomi manajemen pendidikan pada satuan pendidikan meliputi kepala sekolah dibantu oleh komite sekolah dan guru

No 28.
a.       Salah, sebab meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen stekholder artinya sekolah tidak bertanggungjawab secara administrative
b.      Benar, sebab meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen stekholder artinya pertanggungjawaban diberikan pada berbagai pihak internal dan external
c.       Salah, sebab dewan pendidikan dan komite sekolah tidak bertanggungjawab atas pelaksanaan pembelajaran
d.      Salah, sebab sekolah bukan satu-satunya yang bertanggungjawab atas peningkatan mutu sekolah

No 29.
a.      Benar, sebab input yang sangat mempengaruhi mutu pendidikan adalah tenaga pendidikan
b.      Salah, sebab biaya pendidikan tidak langsung mempengaruhi proses mutu pendidikan
c.       Salah, sebab kurikulum tidak secara langsung mempengaruhi mutu pendidikan tetapi harus dirancang oleh guru dalam bentuk RP
d.      Salah, sebab teknologi dapat mempengaruhi proses mutu pendidikan apa bila guru menggunakannya dalam pembelajaran

No 30.
a.       Salah, sebab mutu absolute artinya mutu dianggap sebagai suatu yang ideal
b.      Benar sebab bila pendidikan ditentukan berdasarkan kebutuhan dan syarat yang dikehendaki oleh pelanggan
c.       Salah, sebab tidak ada konsep mutu pendidikan menurut stakeholder
d.      Salah, sebab mutu konsumen artinya kepuasan konsumen dianggap sebagai penentu akhir

No 31.
a.       Salah, sebab mutu absolute artinya mutu dianggap sebagai suatu yang ideal
b.      Benar sebab bila pendidikan ditentukan berdasarkan kebutuhan dan syarat yang dikehendaki oleh pelanggan
c.       Salah, sebab tidak ada konsep mutu pendidikan menurut stakeholder
d.      Salah, sebab mutu konsumen artinya kepuasan konsumen dianggap sebagai penentu akhir

No 32.
a.       Salah sebab fungsi sosial sekolah artinya sekolah sebagai tempat mengembangkan pribadi dan hubungan sosial siswa dengan orang lain
b.      Salah sebab fungsi spiritual artinya sekolah harus memberi kontribusi bagi kehidupan pribadi dan masyarakat agar hidup lebih bermakna dng pencipta-Nya
c.       Benar sebab fungsi sosial membantu individu agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang berguna bagi kehidupannya
d.      Salah sebab fungsi politik artinya sekolah memberi kontribusi kepada pengembangan politik dan sikap kewarganegaraan yang baik bagi warganya

No 33.
a.       Salah sebab artinya sekolah tersebut baik karena menggunakan pendekatan berdasarkan tujuan
b.      Benar, sebab sekolah yang berhasil karena mendapat dukungan sekelompok orang artinya telah menggunakan pendekatan konstituen strategi
c.       Salah, sebab sekolah yang menggunakan pendekatan system artinya seluruh komponen dalam sekolah tersebut memberikan kontribusinya
d.      Salah, sebab sekolah yang menggunakan kriteri persaingan nilai, menggunakan ktiteri nilai untuk menilai efektifitas sekolah dari segi kepentingan personal sekolah

No 34.
a.       Salah sebab pengambilan keputusan dalam hal pengelolaan diambil secara kolektif antara kepala sekolah, guru dan komite sekolah
b.      Benar, sebab keputusan diambil secara kolektif antara kepala sekolah dan guru merupakan pokok pikiran utama model pengelolaan sekolah
c.       Salah, sebab sumber dana diusulkan dan dikelola oleh sekolah sesuai perencanaan masing-masing sekolah
d.      Salah, sebab batasan dalam pelaksanaan MBS dibuat oleh kepala sekolah, guru dan komite sekolah

No 35.
a.       Salah, sebab ketenagaan merupakan bidang substansi yang dikelola sekolah
b.      Benar, sebab perencanaan merupakan salah satu fungsi MBS
c.       Salah, sebab keuangan merupakan salah satu substansi yang dikelola sekolah
d.      Salah sebab pengembangan tidak termasuk substansi yang dikelola sekolah

No 36.
a.      Benar, sebab UUD Tahun 1945 tidak menjadi landasan hukum pendirian MBS
b.      Salah, sebab UU no.19 thn 2005 bukan landasan pendirian MBS
c.       Salah, sebab UU. No 22 thn 1999 tentang Pemerintah daerah bukan sebagai landasan pendirian MBS
d.      Salah,sebab UU no.20 thn 2003 tentang Sistem Pend Nasional merupakan landasan hukum pendirian MBS

No 37.
a.      Benar sebab dalam kontek MBS, guru dianjurkan untuk menggunakan pendekatan pembelajaran kontektual
b.      Salah sebab dalam MBS yang ditekankan bukan pendekatan CBSA
c.       Salah sebab pendekatan individual tidak ditekankan dalam pembelajaran dengan konteks MBS
d.      Salah sebab dalam kontek MBS tidak anjurkan pendekatan pembelajaran interaktif

No 38.
a.       Salah sebab tujuan segitiga akuntabilitas bukan menyeragamkan pengelolaan pendidikan
b.      Benar fungsi segitiga akuntabilitas dibuat agar pengelolaan pendidikan tidak keluar dari koridor kebijakan Nasional
c.       Salah, sebab tujuan segitiga akuntabilitas bukan untuk mencapai efektifitas dan efesiensi pendidikan
d.      Salah sebab fungsi segitiga akuntabilitas bukan untuk memudahkan pelaksanaan evaluasi

No 39.
a.       Salah sebab kurikulum sekolah dikembangkan oleh pemerintah
b.      Salah sebab mengelola pendidikan merupakan tanggungjawab kepala sekolah , guru dan komite sekolah
c.       Benar sebab menurut UU No. 2 thn 1989 masyarakat bertanggungjawab dalam biaya penyelenggaraan pendidikan
d.      Salah sebab keberhasilan proses pendidikan merupakan tanggungjawab guru

No 40.
a.       Salah sebab salah satu peran dewan pendidikan adalah memberi pertimbangan dalam menentukan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan
b.      Salah, sebab salah satu peran dewan pend dan komite sekolah adalah mendukung financial, pemikiran dan tenaga dlm penyelenggaraan pendidikan
c.       Salah, dewan pendidikan dan komite sekolah sebagai mediator antara pemerintah dan DPRD dan masyarakat
d.      Benar, sebab dewan dan komite sekolah tidak mengontrol pelaksanaan pembelajaran dalam rangka mencapai sekolah efektif

No 41.
a.       Salah sebab biasanya tukar pendapat antara kepala sekolah dan stafnya dilakukan bukan dalam rangka membuat perencanaan
b.      Salah sebab selama pelaksanaan pendidikan biasanya kepala sekolah tidak membahas masalah2 yang dihadapi dengan stafnya
c.       Salah, sebab masalah peningkatan mutu sekolah tidak dibahas kepala sekolah dengan stafnya ketika merumuskan visi dan misi sekolah
d.      Benar biasanya dalam rangka evaluasi diri,  kepala sekolah mendiskusikan masalah2 yang dihadapi sekolah dengan stafnya agar ada upaya peningkatan mutu

No 42.
a.       Salah, sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk mengetahui sejumlah sekolah yang menerapkan MBS
b.      Benar, sebab biasanya evaluasi diri dilakukan untuk mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan masalah2 yang harus diatasi
c.       Salah, sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk meningkatkan kualitas sekolah diberbagai komponen
d.      Salah sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk menentukan status sekolah diantara sekolah lain

No 43.
a.       Salah, kegiatan yang menjadi prioritas untuk menjadi sekolah bermutu ditdak disebut misi
b.      Benar, misi adalah tugas-tugas pokok yang harus dilakukan untuk mencapai visi
c.       Salah sebab langkah2 kegiatan untuk mencapai visi tidak disebut misi
d.      Salah, program yang harus dilakukan sekolah agar tujuan sekolah tercapai bukan misi

No 44.
a.       Salah, sebab pendidikan berbasis kecerdasan jamak tidak menjamin menghasilkan siswa yang unggul, bila siswa tidak diberi kesempatan untuk berlatih
b.      Salah, sebab dengan banyak mengirim siswa ke berbagai kompetisi disekolah tidak menjamin menghasilkan siswa-siswa yang unggul
c.       Salah, sebab apa yang dimaksud kegiatan unggulan masih belum jelas, sehingga belum tentu menghasilkan siswa yang unggul
d.      Benar, sebab bila siswa sering dilibatkan dalam berbagai kegiatan maka akan diketahui keunggulan setiap siswa, dengan demikian sekolah dapat mengembangkan lagi keunggulan setiap siswa

No 45.
a.       Salah, untuk membuat rencana tahunan sekolah harus mempertimbangkan data dari hasil evaluasi diri
b.      Salah, ketika membuat rencana tahaunan sekolah harus menyusun draf rencana tahunan bersama semua staf
c.       Benar, ketika membuat rencana tahunan sekolah tidak perlu mempertimbangkan pengalaman sekolah-sekolah yang telah berhasil
d.      Salah, sebab rencana tahunan disusun dengan mempertimbangkan konteks ;ingkungan dan aspirasi masyarakat

No 46.
a.       Salah, sebab dengan menerapkan program unggulan tidak menjamin menjadi sekolah efektif
b.      Benar, dengan menerapkan MBS memungkinkan dirintisnya sekolah yang efektif
c.       Salah, dengan menerapkan program lifeskill belum tentu terwujud sekolah efektif
d.      Salah, dengan menerapkan KBK tidak dapat dijamin menjadi sekolah efektif

No 47.
a.      Benar, sebab salah satu fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin adalah senantiasa memberi arahan, mengendalikan dan memotivasi stafnya agar bekerja dng baik
b.      Salah, sebab sebagai manager kepala sekolah tdk memberi arahan dan memotivasi bawahannya dalam mengerjakan tugas sehari-hari
c.       Salah, sebab sebagai organisator kepala sekolah membagikan tugas dan wewenang kepada semua bawahan
d.      Salah sebab sebagai perencana salah satunya kepala sekolah merumuskaan cara-cara mencapai hasil yang telah ditetapkan

No 48.
a.       Salah, sebab sebagai guru kelas salah satunya perlu juga merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan
b.      Benar, sebab sebagai staf sekolah guru tidak harus menjalankan peran tsb, cukup membantu bagaimana caranya agar visi dan misi sekolah dapat tercapai
c.       Salah ,sebab sebagai manager,guru juga harus mengelola proses pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan siswa
d.      Salah, sebab guru sebagai seorang professional harus juga dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan siswa

No 49.
a.      Benar, persyaratan untuk menerapkan MBS di SD perlu ada dana hibah bersaing atau block grant
b.      Salah, sebab pembelajaran terpadu baik diterapkan pada sekolah dasar yang akan menerapkan MBS atau pun tidak
c.       setiap guru harus membuat rencana pembelajaran sesuai kondisi siswa dan sekolah
d.      Salah, sebab memberi bantuan pada siswa yang tidak mampu sudah merupakan tanggung jawab sekolah atau pemerintah, ada MBs ataupun Tidak

No 50.
a.       Salah, sebab proyek yang dirintis pemerintah ketika ada krisis thn 97-98 adalah bukan program wajib belajar 9 thn
b.      Salah, sebab program kecakapan hidup bukan proyek yang dirintis pemerintah ketika terjadi krisis thn 97-98
c.       Benar, yang dirintis pemerintah untuk mempertahankan kualitas pendidikan dasar ketika ada krisis thn 97-98 adalah program jaringan pengaman social
d.      Salah, KBK bukan program untuk mempertahankan kualitas SD





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 24 Mei 2013

Kunci Jawaban Manajemen Berbasis Sekolah IDIK4012



No 1.
a.       Salah, karena dalam pendidikan tidak ada fungsi memasyarakatkan kemajuan bid. Teknologi
b.      Salah, karena meningkatkan solideritas bangsa merupakan bagian dari peradaban bangsa
c.       Benar, sebab salah satu fungsi pendidikan adalah mempertinggi peradaban bangsa
d.      Salah, sebab menggali budaya bangsa bukan merupakan fungsi pendidikan

No  2.
a.       Salah sebab Kurikumum Berbasis Kompetensi adalah salah satu model kurikulum bukan sebuah model pendidikan
b.      Salah, sebab multiple intelegence yang mengatakan bahwa anak memiliki 8 jenis intelegensi bukan merupakan model pendidikan
c.       Benar, sebab MBS adalah sebuah model pengelolan pendidikan yang mengakomodasi berbagai kepentingan masyarakat
d.      Salah, sebab Ki Hajar Dewantoro adalah nama salah seorang tokoh pendidikan Nasional

No 3.
a.      Benar, MBS perlu diterapkan di sekolah karena dapat memberi arah pada sekolah untuk mengoptimalkan keunggulan yang dimiliki lingkungan sekolah
b.      Salah, sebab Sistem Pelayanan Minimal tidak berhubungan dengan penerapan MBS di sekolah
c.       Benar, sebab Sistem Pelayanan Minimal akan mendorong sekolah untuk meningkatkan kinerja yang diterapkan
d.      Salah, sebab sarana dan prasaranan tidak menjamin terjadi peningkatan dalam hal pengelolaan


No 4.
a.       Salah, sebab bantuan dana ke sekolah tidak menjamin dapat ditingkatkannya mutu
b.      Salah, sebab latihan untuk para personal sekolah hanya salah satu upaya, tidak menjamin adanya peningkatan mutu
c.       Benar, sebab Sistem Pelayanan Minimal akan mendorong sekolah untuk meningkatkan kinerja yang diterapkan
d.      Salah, sebab sarana dan prasaranan tidak menjamin terjadi peningkatan dalam hal pengelolaan

No 5.
a.       Salah, sebab nilai kolektif kurang menumbuhkan semangat untuk membuat kehidupan lebih bermakna
b.      Benar, sebab nilai spiritual biasanya dapat menumbuhkan semangat untuk hidup lebih bermakna
c.       Salah, sebab nilai-nilai sosal budaya mengembangkan kemampuan bersosialisasi anak
d.      Salah, sebab nilai kebangsaan lebih berguna untuk meningkatkan kesadaran siswa sebagai warganegara yang bertanggungjawab

No 6.
a.       Salah, sebab fleksibilitas dalam hal pengelolaan bukan merupkan tujuan MBS
b.      Salah, sebab MBS perlu diterapkan bukan untuk merefvormasi dunia pendidikan
c.       Salah, sebab penerapan MBS memungkinkan keterlibatan banyak pihak
d.      Benar, sebab MBS diterpakan di sekolah-sekolah agar ada efesiensi dalam hal pengelolaan pendidikan untuk meningkatkan mutu

No 7.
a.      Benar, karena menurut UU Sisdiknas tanggungjawab pelaksanaan ulangan umum ada pada kepala sekolah
b.      Salah, sebab menurut UU Sisdiknas guru tidak bertanggungjawab dalam pelakasanaan ulangan umum di sekolah
c.       Salah, sebab tidak ada ketentuan bahwa yayasan bertanggungjawab melaksanakan ulangan umumdi sekolah
d.      Salah, sebab pemerintah tidak bertanggungjawab dalam pelaksanaan ulangan umum disekolah

No 8.
a.       Salah sebab kalimat ini belum lengkap
b.      Salah sebab dalam redaksinya belum ada prinsip tidak diskriminatif
c.       Salah, sebab redaksinya belum memuat prinsip menjunjung tinggi hak azasi manusia, nilai agama dan kutur
d.      Benar, sebab redaksinya sesuai dengan rumusan yang ada dalam pasal 4 (ayat1) UU Sisdiknas 2003

No 9.
a.       Salah, sebab pengurangan kekuasan dan wewenang pemerintah pusat merupakan salah satu factor yang yang mendorong timbulnya desentralisasi
b.      Benar , sebab selama ini daerah sudah ikut menikmati hasil pembangunan
c.       Salah, sebab aspirasi daerah yang beragam merupakan salah satu faktor yang mendorong hadirnya desentalisasi
d.      Salah, sebab kemandirian daerah merupakan salah satu faktor yang mendorong timbulnya desentralisasi

No 10.
a.       Salah, penyelenggaraan pemerintah daerah
b.      Salah, sebab UU no. 22 thn 1999 tidak membahas mengenai kewenangan pemerintah
c.       Salah sebab UU no.22 thn 1999 tidak membahas tentang pertimbangan keuangan pusat dan daerah
d.      Benar, sebab UU no. 22 thn 1999 membahas tentang pemerintah daerah

No 11.
a.       Salah, sebab dalam pemerintahan sentralisasi keputusan tidak diambil oleh bawahan
b.      Benar, pada umumnya dalam pemerintahan sentralisasi keputusan diambil oleh atasan dalam suatu organisasi
c.       Salah, sebab dalam pemerintahan sentralisasi keputusan tidak diambil oleh individu-individu dalam organisasi
d.      Salah, sebab dalam sentralisasi keputusan tidak mungkin diambil oleh unit-unit yang ada dalam organisasi

No 12.
a.       Salah, sebab menurut Robbin makna sentralisasi menjadi kabur bukan karena adanya keputusan yang diambil oleh individu yang punya pengaruh
b.      Salah, sebab makna sentalisasi kabur bukan karena adanya pengambilan keputusan pada level bawah tapi diikat oleh kebijakan dari atas
c.       Benar, makna sentralisasi menjadi kabur karena pembuat keputusan adalah pejabat tinggi dalam organisasi
d.      makna sentralisasi menjadi kabur bukan karena adanya kebijakan yang menggugurkan desentralisasi

No 13.
a.      Benar , sebab dalam desentralisasi vertikal pendelegasian keputusan dilakukan mengikuti mata rantai kewenangan dari puncak ke bawah
b.      Salah sebab dalam desentalisasi vertical mengambil keputusan kebawah tidak mengikuti matarantai kewenangan dari puncak kebawah
c.       Salah, sebab dalam desentralisasi vertical peran individu tidak mempengaruhi pengambilan keputusan walau mereka pejabat
d.      Salah, sebab dalam desentralisasi verikal pengambilan keputusan tidak bersifat non-formal seperti jalur birokrasi

No 14.
a.       Salah, sebab pemberian kewenangan berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan bukan langkah pertama proses pengambilan keputusan yang rutin
b.      Benar, sebab langkah pertama proses pengambilan keputusan rutin adalah mengumpulkan informasi yang akan dikerjakan
c.       Salah, sebab langkah pertama proses pengambilan keputusan rutin bukan melakukan eksekusi
d.      Salah, sebab langkah pertama proses pengambilan keputusan rutin bukan menentukan pilihan kegiatan yang akan dilakukan

No 15.
a.       Salah, sebab delegasi adalah penyerahan tanggungjawab pengelolaan untuk fungsi khusus tertentu
b.      Salah, sebab devolusi adalah mewujudkan unit mandiri dibawah struktur organisasi pusat
c.       Salah, sebab privatisasi merupakan penyerahan kewenangan dan tanggungjawab secara penuh yang biasa dilakukan swasta
d.      Benar, sebab dekonsentrasi adalah penyerahan wewenang administrasi dari kementrian ke tingkat di bawahnya sesuai kondisi

No 16.
a.       Salah, sebab UU No, 14 tentang Sertifikasi Guru bukan kebijakan pemerintah yang bersifat sementara
b.      Benar, sebab PP.tentang Sertifikasi guru merupakan kebijakan pemerintah yang bersifat sentralistik
c.       Salah, disentralistik
d.      Salah, sebab PP No.tentang Sertifikkasi Guru bukan merupakan kebijakan pemerintah yang bersifat dekonsentrasi

No 17.
a.       Salah, untuk memenuhi kebutuhan aspirasi masyarakaat yang diperlukan bukan pemerintahan sentralistik tapi desentralistik
b.      Benar, sebab kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang begitu pesat hanya dapat dipenuhi oleh pemerintahan yang desentralistik
c.       Salah, sebab kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang begitu pesat hanya dapat dipenuhi oleh pemerintahan desentralistik bukan dekonsentrasi
d.      Salah, sebab kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang cepat tidak dapat dipenuhi oleh pemerintahan yang demokrasi saja

No 18.
a.        Salah, sebab UU No. 22 thn 1999 tentang pemerintah daerah berisi perubahan formal penyelenggaraan pemerintahan yang sentralis ke desentalistik
b.      Salah sebab UU No. 25 thn 1999 tentang perimbahangan keuangan pemerintah pusat dan daerah untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan desentalistik
c.       Salah, sebab PP No. 25 thn 2000 tentang kewenangan pemerintah untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang desentalistik
d.      Benar, sebab UU. No. 25 tentang Program Pembangunan Nasional, bukan membahas program yang mendukung pemerintahan yang desentalistik

No 19.
a.       Salah. Sebab peningkatkan pengelolaan pendidikan tidak dapat diwujudkan dengan hanya dibentuknya organisasi sekolah disetiap kabupaten
b.      Salah, sebab upaya peningkatan pengelolaan pendidikan tidak dapat dicapai dengan meningkatkan angka partisipasi siswa dalam pendidikan
c.       Benar, sebab MBS merupkan salah satu model pengelolaan pendidikan yang cocok dengan kondisi pembangunan pendidikan di Indonesia
d.      Salah, sebab peningkatan pengelolaan pendidikan tidak mungkin dicapai dengan melakukan pengurangan angka buta aksara

No 20.
a.       Salah, sebab Standar Pelayanan Minimum bukanlah sebagai standaar menyelenggarakan MBS
b.      Salah, sebab patokan penyelenggaraan pendidikan di SD dan SMP dijelaskan dalam UU Sisdiknas 2003
c.       Salah, sebab standar kompetensi lulusan SD/SMP tidak ada dalam Standar Pelayanan Minimum (SPM)
d.      Benar, sebab Standar Pelayanan Minimum adalah patokan pelayanan minimal yang wajib dilakukan oleh kabupaten dan dalam menyelenggarakan pendidikan dasar/menengah

No 21.
a.       Salah, sebab persyaratan siswa merupakan salah satu faktor anak didik yang diperhatian dlam SMP tingkat
b.      Salah, sebab pakaian siswa merupakan salah satu factor yang diperhatikan dalam SPM tingkat SMP
c.       Benar, sebab masalah biaya sekolah siswa tidak tercantum dalam SPM tingkat SMPC.
d.      Salah, sebab menurut SPM di tingkat SMP, unit kegiatan siswa merupakan factor anak didik harus diperhatian

No 22.
a.      Benar, sebab yang menjadi factor penghambat dalam pelaksanaan MBS adalah belum adanya kesiapan personal sekolah untuk melaksanakan MBS
b.      Salah, sebab tingginya dana pengelolaan tergantung dari masing-masing sekolah sehingga tidak menjadi factor penghambat dalam melaksanakan MBS
c.       Salah, sebab pelaksanaan MBS di sekolah-sekolah tidak tergantung pada kesiapan pemerintah pusat
d.      Salah , sebab pelaksanaan MBS merupakan kebutuhan masing-masing sekolah sehingga ada anggapan bahwa MBS tidak sesuai dengan system persekolahan, bukan merupakan masalah

No 23.
a.       Salah, sebab training kemampuan professional tenaga pendidikan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan / kemandirian personil sekolah
b.      Salah, sebab traning kelompok kerja pengembangan dan pendampingan MBS memberi kemampuan agar peserta dapat menjadi pendamping bagi sekolah yang akan merintis MBS
c.       Benar, sebab untuk meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan seorang kepala sekolah harus mengikuti workshop manajemen MBS
d.      Salah sebab workshop tentang standar pendidikan nasional adalah untuk memberi pemahaman para peserta agar memiliki pemahaman tentang SPN

No 24.
a.      Benar, sebab Pasal 26 ayat 1dan 2 dlm UU No. 20 thn 2003, berbunyi bahwa pemerintah pusat dan daerah bertanggungjawab menyediakan anggaran pendidikan
b.      Salah, sebab pasal 47 ayat 1 dan 2 membahas tentang sumber pendanaan pendidikan
c.       Salah, sebab pasal 48 ayat 1 berbunyi bahwa pengelolaan dana pendidikan berdasarkan prinsip keadilan, efesiensi, transparasi dan akuntabilitas public
d.      Salah, sebab pasal 49 ayat 1,2,3 dan 4 menyatakan dana pendidikan dialokasikan 20% dari APBN dan minimal 20% dari APBD

No 25.
a.       Salah, sebab pemberian bantuan biaya pendidikan berdasarkan kondisi sosial ekonomi siswa tidak dijelaskan dalam prinsip kecukupan
b.      Benar, sebab prinsip kecukupan dalam memberikan layanan pendidikan dapat dilakukan dengan menghitung satuan biaya peranak sesuai tingkat tingkat sekolah
c.       Salah, sebab menghitung penerimaan sekolah dari pemerintah dibagi berdasarkan jenjang dan jenis sekolah tidak termasuk dalam prinsip kecukupan
d.      Salah, sebab prinsip kecukupan tidak dihitung dari biaya minimal

No 26.
a.      Benar, sebab bila efektifitas profesionalisme guru dan tenaga pendidikan sudah baik, untuk mempertahankan kondisi tersebut perlu dilakukan pengawasan
b.      Salah, sebab bila profesionalisme guru dan tenaga pendidikan sudah efektif tidak perlu lagi dibuka lembaga pelatihan guru dan tenaga pendidikan
c.       Salah, sebab peraturan kebijakan penagadaan sarana dan prasarana tidak ada kaitannya dengan efektifitas profesionalisme guru dan tenaga pendidikan
d.      Salah, sebab bila efektifitas profesionalisme guru dan tenaga pendidikan sudah baik perlu dilakukan monitoring dan evaluasi namun bukan mengenai MBS

No 27.
a.      Benar, sebab definisi MBS tersebut menurut pendapat Mellen,Ogawa dan Kranz
b.      Salah sebab menurut Neal, MBS adalah sekolah yang berdasarkan penelitian, komitmen dan struktur tertentu dan pengoperasian sekolah menggunakan metode desentralistik
c.       Salah, sebab menurut MBS adalaha satu bentuk organisasi manajemen sekolah dan pembuat keputusan harian dibuat oleh unit yang ada dalam system tersebut
d.      Salah, sebab menurut depdiknas MBS adalaha bentuk otonomi manajemen pendidikan pada satuan pendidikan meliputi kepala sekolah dibantu oleh komite sekolah dan guru

No 28.
a.       Salah, sebab meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen stekholder artinya sekolah tidak bertanggungjawab secara administrative
b.      Benar, sebab meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen stekholder artinya pertanggungjawaban diberikan pada berbagai pihak internal dan external
c.       Salah, sebab dewan pendidikan dan komite sekolah tidak bertanggungjawab atas pelaksanaan pembelajaran
d.      Salah, sebab sekolah bukan satu-satunya yang bertanggungjawab atas peningkatan mutu sekolah

No 29.
a.      Benar, sebab input yang sangat mempengaruhi mutu pendidikan adalah tenaga pendidikan
b.      Salah, sebab biaya pendidikan tidak langsung mempengaruhi proses mutu pendidikan
c.       Salah, sebab kurikulum tidak secara langsung mempengaruhi mutu pendidikan tetapi harus dirancang oleh guru dalam bentuk RP
d.      Salah, sebab teknologi dapat mempengaruhi proses mutu pendidikan apa bila guru menggunakannya dalam pembelajaran

No 30.
a.       Salah, sebab mutu absolute artinya mutu dianggap sebagai suatu yang ideal
b.      Benar sebab bila pendidikan ditentukan berdasarkan kebutuhan dan syarat yang dikehendaki oleh pelanggan
c.       Salah, sebab tidak ada konsep mutu pendidikan menurut stakeholder
d.      Salah, sebab mutu konsumen artinya kepuasan konsumen dianggap sebagai penentu akhir

No 31.
a.       Salah, sebab mutu absolute artinya mutu dianggap sebagai suatu yang ideal
b.      Benar sebab bila pendidikan ditentukan berdasarkan kebutuhan dan syarat yang dikehendaki oleh pelanggan
c.       Salah, sebab tidak ada konsep mutu pendidikan menurut stakeholder
d.      Salah, sebab mutu konsumen artinya kepuasan konsumen dianggap sebagai penentu akhir

No 32.
a.       Salah sebab fungsi sosial sekolah artinya sekolah sebagai tempat mengembangkan pribadi dan hubungan sosial siswa dengan orang lain
b.      Salah sebab fungsi spiritual artinya sekolah harus memberi kontribusi bagi kehidupan pribadi dan masyarakat agar hidup lebih bermakna dng pencipta-Nya
c.       Benar sebab fungsi sosial membantu individu agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang berguna bagi kehidupannya
d.      Salah sebab fungsi politik artinya sekolah memberi kontribusi kepada pengembangan politik dan sikap kewarganegaraan yang baik bagi warganya

No 33.
a.       Salah sebab artinya sekolah tersebut baik karena menggunakan pendekatan berdasarkan tujuan
b.      Benar, sebab sekolah yang berhasil karena mendapat dukungan sekelompok orang artinya telah menggunakan pendekatan konstituen strategi
c.       Salah, sebab sekolah yang menggunakan pendekatan system artinya seluruh komponen dalam sekolah tersebut memberikan kontribusinya
d.      Salah, sebab sekolah yang menggunakan kriteri persaingan nilai, menggunakan ktiteri nilai untuk menilai efektifitas sekolah dari segi kepentingan personal sekolah

No 34.
a.       Salah sebab pengambilan keputusan dalam hal pengelolaan diambil secara kolektif antara kepala sekolah, guru dan komite sekolah
b.      Benar, sebab keputusan diambil secara kolektif antara kepala sekolah dan guru merupakan pokok pikiran utama model pengelolaan sekolah
c.       Salah, sebab sumber dana diusulkan dan dikelola oleh sekolah sesuai perencanaan masing-masing sekolah
d.      Salah, sebab batasan dalam pelaksanaan MBS dibuat oleh kepala sekolah, guru dan komite sekolah

No 35.
a.       Salah, sebab ketenagaan merupakan bidang substansi yang dikelola sekolah
b.      Benar, sebab perencanaan merupakan salah satu fungsi MBS
c.       Salah, sebab keuangan merupakan salah satu substansi yang dikelola sekolah
d.      Salah sebab pengembangan tidak termasuk substansi yang dikelola sekolah

No 36.
a.      Benar, sebab UUD Tahun 1945 tidak menjadi landasan hukum pendirian MBS
b.      Salah, sebab UU no.19 thn 2005 bukan landasan pendirian MBS
c.       Salah, sebab UU. No 22 thn 1999 tentang Pemerintah daerah bukan sebagai landasan pendirian MBS
d.      Salah,sebab UU no.20 thn 2003 tentang Sistem Pend Nasional merupakan landasan hukum pendirian MBS

No 37.
a.      Benar sebab dalam kontek MBS, guru dianjurkan untuk menggunakan pendekatan pembelajaran kontektual
b.      Salah sebab dalam MBS yang ditekankan bukan pendekatan CBSA
c.       Salah sebab pendekatan individual tidak ditekankan dalam pembelajaran dengan konteks MBS
d.      Salah sebab dalam kontek MBS tidak anjurkan pendekatan pembelajaran interaktif

No 38.
a.       Salah sebab tujuan segitiga akuntabilitas bukan menyeragamkan pengelolaan pendidikan
b.      Benar fungsi segitiga akuntabilitas dibuat agar pengelolaan pendidikan tidak keluar dari koridor kebijakan Nasional
c.       Salah, sebab tujuan segitiga akuntabilitas bukan untuk mencapai efektifitas dan efesiensi pendidikan
d.      Salah sebab fungsi segitiga akuntabilitas bukan untuk memudahkan pelaksanaan evaluasi

No 39.
a.       Salah sebab kurikulum sekolah dikembangkan oleh pemerintah
b.      Salah sebab mengelola pendidikan merupakan tanggungjawab kepala sekolah , guru dan komite sekolah
c.       Benar sebab menurut UU No. 2 thn 1989 masyarakat bertanggungjawab dalam biaya penyelenggaraan pendidikan
d.      Salah sebab keberhasilan proses pendidikan merupakan tanggungjawab guru

No 40.
a.       Salah sebab salah satu peran dewan pendidikan adalah memberi pertimbangan dalam menentukan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan
b.      Salah, sebab salah satu peran dewan pend dan komite sekolah adalah mendukung financial, pemikiran dan tenaga dlm penyelenggaraan pendidikan
c.       Salah, dewan pendidikan dan komite sekolah sebagai mediator antara pemerintah dan DPRD dan masyarakat
d.      Benar, sebab dewan dan komite sekolah tidak mengontrol pelaksanaan pembelajaran dalam rangka mencapai sekolah efektif

No 41.
a.       Salah sebab biasanya tukar pendapat antara kepala sekolah dan stafnya dilakukan bukan dalam rangka membuat perencanaan
b.      Salah sebab selama pelaksanaan pendidikan biasanya kepala sekolah tidak membahas masalah2 yang dihadapi dengan stafnya
c.       Salah, sebab masalah peningkatan mutu sekolah tidak dibahas kepala sekolah dengan stafnya ketika merumuskan visi dan misi sekolah
d.      Benar biasanya dalam rangka evaluasi diri,  kepala sekolah mendiskusikan masalah2 yang dihadapi sekolah dengan stafnya agar ada upaya peningkatan mutu

No 42.
a.       Salah, sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk mengetahui sejumlah sekolah yang menerapkan MBS
b.      Benar, sebab biasanya evaluasi diri dilakukan untuk mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan masalah2 yang harus diatasi
c.       Salah, sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk meningkatkan kualitas sekolah diberbagai komponen
d.      Salah sebab evaluasi diri dilakukan bukan untuk menentukan status sekolah diantara sekolah lain

No 43.
a.       Salah, kegiatan yang menjadi prioritas untuk menjadi sekolah bermutu ditdak disebut misi
b.      Benar, misi adalah tugas-tugas pokok yang harus dilakukan untuk mencapai visi
c.       Salah sebab langkah2 kegiatan untuk mencapai visi tidak disebut misi
d.      Salah, program yang harus dilakukan sekolah agar tujuan sekolah tercapai bukan misi

No 44.
a.       Salah, sebab pendidikan berbasis kecerdasan jamak tidak menjamin menghasilkan siswa yang unggul, bila siswa tidak diberi kesempatan untuk berlatih
b.      Salah, sebab dengan banyak mengirim siswa ke berbagai kompetisi disekolah tidak menjamin menghasilkan siswa-siswa yang unggul
c.       Salah, sebab apa yang dimaksud kegiatan unggulan masih belum jelas, sehingga belum tentu menghasilkan siswa yang unggul
d.      Benar, sebab bila siswa sering dilibatkan dalam berbagai kegiatan maka akan diketahui keunggulan setiap siswa, dengan demikian sekolah dapat mengembangkan lagi keunggulan setiap siswa

No 45.
a.       Salah, untuk membuat rencana tahunan sekolah harus mempertimbangkan data dari hasil evaluasi diri
b.      Salah, ketika membuat rencana tahaunan sekolah harus menyusun draf rencana tahunan bersama semua staf
c.       Benar, ketika membuat rencana tahunan sekolah tidak perlu mempertimbangkan pengalaman sekolah-sekolah yang telah berhasil
d.      Salah, sebab rencana tahunan disusun dengan mempertimbangkan konteks ;ingkungan dan aspirasi masyarakat

No 46.
a.       Salah, sebab dengan menerapkan program unggulan tidak menjamin menjadi sekolah efektif
b.      Benar, dengan menerapkan MBS memungkinkan dirintisnya sekolah yang efektif
c.       Salah, dengan menerapkan program lifeskill belum tentu terwujud sekolah efektif
d.      Salah, dengan menerapkan KBK tidak dapat dijamin menjadi sekolah efektif

No 47.
a.      Benar, sebab salah satu fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin adalah senantiasa memberi arahan, mengendalikan dan memotivasi stafnya agar bekerja dng baik
b.      Salah, sebab sebagai manager kepala sekolah tdk memberi arahan dan memotivasi bawahannya dalam mengerjakan tugas sehari-hari
c.       Salah, sebab sebagai organisator kepala sekolah membagikan tugas dan wewenang kepada semua bawahan
d.      Salah sebab sebagai perencana salah satunya kepala sekolah merumuskaan cara-cara mencapai hasil yang telah ditetapkan

No 48.
a.       Salah, sebab sebagai guru kelas salah satunya perlu juga merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan
b.      Benar, sebab sebagai staf sekolah guru tidak harus menjalankan peran tsb, cukup membantu bagaimana caranya agar visi dan misi sekolah dapat tercapai
c.       Salah ,sebab sebagai manager,guru juga harus mengelola proses pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan siswa
d.      Salah, sebab guru sebagai seorang professional harus juga dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan siswa

No 49.
a.      Benar, persyaratan untuk menerapkan MBS di SD perlu ada dana hibah bersaing atau block grant
b.      Salah, sebab pembelajaran terpadu baik diterapkan pada sekolah dasar yang akan menerapkan MBS atau pun tidak
c.       setiap guru harus membuat rencana pembelajaran sesuai kondisi siswa dan sekolah
d.      Salah, sebab memberi bantuan pada siswa yang tidak mampu sudah merupakan tanggung jawab sekolah atau pemerintah, ada MBs ataupun Tidak

No 50.
a.       Salah, sebab proyek yang dirintis pemerintah ketika ada krisis thn 97-98 adalah bukan program wajib belajar 9 thn
b.      Salah, sebab program kecakapan hidup bukan proyek yang dirintis pemerintah ketika terjadi krisis thn 97-98
c.       Benar, yang dirintis pemerintah untuk mempertahankan kualitas pendidikan dasar ketika ada krisis thn 97-98 adalah program jaringan pengaman social
d.      Salah, KBK bukan program untuk mempertahankan kualitas SD





Tidak ada komentar:

Posting Komentar