A. memasyarakatkan kemajuan bidang teknologi
B. meningkatkan solideritas bangsa
C. mempertinggi peradaban manusia
D. menggali budaya bangsa
2. Salah satu Model Pendidikan yang dapat mengakomodasi
berbagai kepentingan dan aspirasi masyarakat adalah model...
A. Kurikulum Berbasis Kompetensi
B. Multiple Inteligence
C. Manajemen Berbasis Sekolah
D. Ki Hajar Dewantoro
3. Manajemen Berbasis Sekolah perlu diterapkan di sekolah
karena...
A.
memberi
arahan pada sekolah untuk mengembangkan keunggulannya
B.
mempunyai
standar kompetensi guru yang lebih jelas
C.
memerlukan
standar pelayanan minimal
D. menjadi model pendidikan yang mudah diterapkan
4. Upaya peningkatkan mutu dan relevansi pendidikan di
Indonesia masih sulit dilakukan, salah satunya karena faktor input
sekolah-sekolah masih rendah. Untuk kewujudkan sekolah efektif masalah tersebut
dapat diatasi dengan ...
A.
memberi
bantuan dana secukupnya kesekolah-sekolah
B.
memberikan
training/pelatihan kepada personal sekola
C.
membuat
Standar Pelayanan Minimal
D. melengkapi sarana dan prasarana sekolah
5. Nilai yang perlu diberikan agar kehidupan individu
menjadi lebih bermakna adalah pendidikan nilai ...
A.
kolektif
B.
spiritual
C.
sosial
budaya
D. kebangsaan
6. Menurut para birokrat salah satu alasan mengapa
Manajemen Berbasis Sekolah perlu diterapkan di Indonesia adalah....
A.
untuk
meningkatkan fleksibilitas dalam hal pengelolaan
B.
perlunya
reformasi dalam dunia pendidikan di Indonesia
C.
adanya
pengelolaan melalui satu pintu yaitu sekolah
D. efesiensi manajemen pendidikan dan upaya peningkatan
mutu
7. Pelaksanaan Ulangan Umum dan Ujian Nasional di suatu
sekolah baik Negeri maupun swasta merupakan tanggungjawab dari .....
A.
Kepala
sekolah
B.
Guru
C.
Yayasan
D. Pemerintah
8. Prinsip penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan
menurut pasal 4 (ayat1) UU Sisdiknas 2003 secara lengkap berbunyi ...
A.
Berkeadilan,menjaga
hak azasi manusia, nilai agama, menjaga kemajemukan bangsa dan tidak bersikap
B.
Berkeadilan,
menjaga hak azasi manusia, nilai agama, kultur dan kemajemukan bangsa
C.
Demokrasi,
berkeadilan, menjaga kemajemukan bangsa, tidak diskriminatif dan memberi
kesempatan yang sama bagi warga negara
D. Demokrasi berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan
menjujung hak azasi manusia, nilai agama, kultur dan kemajemukan bangsa
9. Ada beberapa faktor yang melandasi timbulnya gerakan
desentralisasi di Indonesia, kecuali ......
A.
Untuk
mengurangi kekuasaan dan kewenangan pemerintah pusat
B.
Hasil
pembangunan kurang dinikmati daerah
C.
Aspirasi
daerah beragam kurang terakomodasi
D. Kemandirian daerah kurang berkembang dan aspek budaya
kurang direspon pemerintah
10. Salah satu dasar hukum dibentuknya desentralisasi
adalah UU no. 22 thn 1999, yang membahas tentang...
A.
amanat
penyelenggaraan pemerintah daerah
B.
kewenangan
pemerintah
C.
pertimbangan
keuangan antar pusat dan daerah
D. pemerintah daerah
11. Pada pemerintahan sentralisasi umumnya pengambilan
keputusan terkonsentrasi pada tingkat ....
A.
bawahan
dalam suatu organisasi
B.
atasan dalam
suatu organisasi
C.
diantara
individu yang ada dalam organisasi
D. unit yang ada dalam suatu organisasi
12. Menurut Robbin salah satu faktor yang membuat makna
sentralisasi menjadi kabur adalah ....
A.
Keputusan pemerintah sangat bergantung pada individu yang punya pengaruh
B.
Pengambilan keputusan pada level bawah namun diikat pengaruh kebijakan atasan
C.
Pembuat keputusan adalah pejabat tinggi dalam organisasi
D.
Adanya kebijakan yang menggugurkan desentralisasi
13. Yang membedakan desentralisasi vertikal dan horizontal
adalah cara pengambilan keputusan dimana dalam desentralisasi vertikal...
A.
pendelegasian pengambilan keputusan dilakukan mengikuti mata rantai kewenangan
dari puncak ke bawah
B.
pendelegasian kekuasaan untuk pengambilan keputusan ke bawah mengikuti
matarantai kewenangan dari puncak ke bawah
C.
peran individu sangat mempengaruhi pengambilan keputusan walaupun mereka bukan
pejabat struktural
D.
pengambilan keputusan bersifat nonformal sesuai dengan jalur birokrasi
14. Pernyataan berikut ini merupakan langkah pertama dalam
proses pengambilan keputusan yang bersifat rutin, yaitu ...
A.
Pemberian kewenangan berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan
B.
Pengumpulan informasi tentang apa yang akan dikerjakan untuk diteruskan pada
pengambil keputusan
C.
Melakukan proses eksekusi atau pelaksanaan
D.
Penentuan pilihan mengenai kegiatan yang akan dilakukan
15. Penyerahan sejumlah kewenangan administrasi dari suatu
kementrian ke tingkat dibawahnya sehingga beban kerja pejabat pusat pindah ke
daerah dan dilaksanakan sesuai kondisi, disebut ...
A.
delegasi
B.
devolusi
C.
privatisasi
D.
dekonsentrasi
16. Peraturan pemerintah No. 18 Tahun 2007 tentaqng Proram
Sertifikasi guru merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang bersifat ....
A.
sementara
B.
sentralistik
C.
disentralistik
A.
D.dekonsentrasi
17. Adanya tuntutan untuk memenuhi kebutuhan dan apirasi
masyarakat yg begitu pesat dan cepat merupakan salah satu alasan perlunya
pemerintah yang ...
A.
sentralistik
B.
desentralistik
C.
otonomi
D.
demokrasi
18. Bentuk formal perubahan penyelenggaraan pemerintah
yang sentralistik ke desentralistik ditandai dengan ditetapkannya,kecuali ...
A.
A.terwujudnya organisasi sekolah di setiap kabupaten
B.
UU, no, 25 1999 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah
C.
Peraturan pemerintah No. 25 thn 2000 tentang kewenangan Pemerintah
D.
UU. No. 25 tentang Program Pembangunan Nasional
19. Kebijakan pembangunan pendidikan yg berhubungan dng
upaya peningkatan pengelolaan pendidikan dapat dicapai dengan ...
A.
terwujudnya organisasi sekolah di setiap kabupaten
B.
meningkatkan angka partisipasi siswa dlm pendidikan
C.
diterapkannya manajemen berbasis sekolah/masyarakat
D.
mengurangi jumlah buta aksara
20. Tujuan dibuatnya standar pelayanan minimal
persekolahan adalah...
A.
sebagai standar pelayanan minimal dalam menyelenggarakn Manajemen Berbasis
Sekolah
A.
B.patokan penyelenggaraan pendidikan di tingkat dasar dan menengah agar dapat
mencapai kompetensi yg sama
B.
standar kompetensi yang harus dimiliki dan dikuasai oleh lulusan pendidikan
tingkat dasar dan menengah
C.
patokan pelayanan minimal yang wajib dilakukan oleh kebupaten dan kota dalam
penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah
21. Menurut standar Pelayanan Minimal di tingkat sekolah
menengah pertama, faktor yang harus diperhatikan dalam hal anak didik adalah
kecuali...
A.
persyaratan sebagai siswa
B.
pakain siswa
C.
biaya sekolah siswa
D.
unit kegiatan siswa
22. Hambatan yang sangat dirasakan sekolah dalam
melaksanakan dan menerapkan MBS adalah...
A.
belum adanya kesiapan personal sekolah dalam melaksanakan MBS
B.
tingginya dana yang dibutuhkan sekolah untuk pengelolaan MBS
C.
belum ada kesiapan pemerintah pusat untuk melaksanakan MBS
D.
MBS dianggap tidak sesuai dengan sistem persekolahan di Indonesia
23. Pelatihan yang harus diikuti kepala sekolah untuk
meningkatkan kemampuannya dalam mengambil keputusan adalah....
A.
training kemampuan profesional tenaga pendidikan
B.
training kelompok kerja pengembangan dan pendampingan MBS
C.
workshop manajemen MBS
D.
workshop tentang standar pendidikan Nasional
24. Dalam UU No. 20 Thn 2003 tentang standar Pendidikan
Nasaional dikatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah bertanggungjawab
menyediakan anggaran pendidikan sebagaimana diatur dalam pasal 31 ayat 4 UUD 45
dibahas pada pasal ....
A.
46 ayat 1 dan 2
B.
47 ayat 1 dan 2
C.
48 ayat 1
D.
49 ayat 1,2,3 dan 4
25. Pendanaan Pendidikan berbasis sekolah menuntut setiap
sekolah utk memberikan layanan pendidikan pada siswa berdasarkan prinsip
kecukupan, hal ini dapat dilakukan dengan cara...
A.
memberi bantuan biaya pendidikan berdasarkan kondisi sosial ekonomi siswa
B.
menghitung satuan biaya peranak untuk setiap bentuk satuan pendidikan
C.
menghitung penerimaan sekolah dari pemerintah kemudian dibagi berdasarkan
jenjang dan jenis sekolah
D.
biaya minimal ditetapkan berdasarkan syarat pendirian sekolah dan tuntutan
kurikulum
26. Pelaksanaan MBS khususnya yang berhubungan dengan
efektifitas profesionalisme guru dan tenaga kependidikan, telah berjalan dengan
lancar dan baik. Sehubungan dengan hal tersebut maka yang harus direorientasi
oleh pemerintah adalah mengenai..
A.
pengawasan
B.
lembaga pelatihan guru dan tenaga kependidikan
C.
peraturan kebijakan pengadaan sarana dan prasarana
D.
monitoring dan evaluasi MBS
27. MBS adalah salah satu bentuk otonomi pendidikan pada
satuan pendidikan dimana kepala sekolah dan guru dibantu komite sekolah dlm
mengelola pendidikan. Definisi ini merupakan pendapat yang disampaikan oleh
....
A.
Mellen,Ogawa dan Kranz
B.
Neal
C.
Taylor
D.
Depdiknas
28. Salah satu tujuan MBS berupa peningkatan akuntabilitas
sekolah dan komitmen semua berarti bahwa ...
A.
sekolah bertanggungjawab atas semua yang dilakukan secara adminitrasi
A.
B.sekolah bertanggungjawab terhadap teknis edukatif tentang program....
B.
dewan pendidikan dan komite sekolah bertanggungjawab atas pelaksanaan
pembelajaran
C.
sekolah bertanggungjawab ata peningkatan mutu dan relevansi mutu sekolah ..
29. Input dan proses pendidikan merupakan dua aspek yang
saling berkaitan dan menentukan output pendidikan. Salah satu input pendidikan
yang mempengaruhi proses pendidikan adalah....
A.
tenaga pengajar
B.
biaya pendidikan
C.
kurikulum
D.
teknologi
30. Bila mutu suatu lembaga pendidikan ditentukan
berdasarkan keinginan/kebutuhan dan syarat-syarat yang dikehendaki oleh
pelanggan, artinya sekolah tersebut menganut konsep mutu ...
A.
Absolut
B.
Relatif
C.
Stakeholder
D.
Konsumen Absolut
31. Al Azhar termasuk sekolah favorit yang banyak diminati
terutama oleh masyarakat golongan menengah keatas, namun saat ini sudah banyak
bermunculan sekolah yang setingkat dan mutunya pun lebih baik. Pengertian mutu
disini disebut ...
A.
TQM
B.
Mutu menurut konsumen
C.
Relatif
D.
Absolut
32. Bila kurikulum suatu sekolah dikembangkan untuk
membantu siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi
kehidupannya, artinya sekolah tersebut telah memiliki fungsi ...
A.
sosial
B.
spiritual
C.
ekonomi
D.
politik
33. Bila suatu sekolah menjadi berhasil karena mendapat
banyak dukungan dari sekelompok orang atau anggota kelompok, sekolah tersebut
dikatakan telah menggunakan pendekatan ...
A.
Goal-attainment approach
B.
Konstituen strategi
C.
Sistem
D.
Persaingan nilai
34. Manajemen Berbasis Sekolah adalah model pengelolaan
sekolah yang memiliki pokok-pokok pikiran utama, salah satunya adalah ...
A.
pengambilan keputusan dalam hal pengelolaan sekolah adalah kepala sekolah
B.
keputusan diambil secara kolektif antara kepala sekolah dan guru
C.
sumber dana dapat diusulkan dan dikelola oleh kepala sekolah
D.
Salah, sebab sumber dana diusulkan dan dikelola oleh sekolah sesuai perencanaan
masing-masing sekolah
35. Berikut adalah salah satu fungsi manajemen berbasis
sekolah ....
A.
Ketenagaan
B.
Perencanaan
C.
Keuangan
D.
Pengembangan
36. Landasan hukum pendirian MBS sebagai suatu pendekatan
dalam pengelolaan sistem pendidikan di Indonesia adalah ....
A.
UU Dasar Tahun 1945
B.
UU No. 19 Tahun 2005
C.
UU No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah
D.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
37. Secara profesional guru bertanggungjawab dalam
menentukan materi, metode dan evaluasi pembelajaran yang sesuai, meskipun
demikian dalam kontek MBS, guru dianjurkan untuk menerapkan pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan...
A.
pembelajaran kontektual
B.
siswa belajar aktif
C.
individual
D.
interaktif
38. Menurut UU No. 2 thn 1989, pendidikan merupakan
tanggungjawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dalam hal ini
masyarakat juga bertanggungjawab dalam ...
A.
menentukan kurikulum sekolah
B.
mengelola pendidikan
C.
biaya penyelenggaraan pendidikan
D.
keberhasilan proses pendidikan
No 40.
39. Dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 044
/V/2000 tentang Dewan Pendidikan dan Komite sekolah, dijelaskan tentang
beberapa peran Dewan pendidikan dan Komite Sekolah, kecuali...
A.
memberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan
B.
pendukung, yang berupa finansial, pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan
pendidikan
C.
mediator antara pemerintah dan dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) dengan
masyarakat
pengontrol
pelaksaan pembelajaran dalam rangka ketercapaian sekolah efektif
40. Seorang kepala sekolah perlu melakukan diskusi dan
tukar pendapat dengan stafnya tentang masalah yang dihadapi dan upaya
peningkatan mutu sekolah. Dalama rangka MBS kegiatan ini merupakan implementasi
dari kegiatan ...
A.
Perencanaan
A.
B.Pelaksanaan
B.
Perumusan visi dan misi sekolah
C.
Evaluasi diri
41. Dalam menerapkan MBS, setiap sekolah wajib melakukan
evaluasi diri yang tujuannya untuk ...
A.
mengetahui sejaumana sekolah telah menerapkaan MBS dan bagaimana hasilnya
B.
mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan masalah-masalah yang dialami serta
harus diatasi
C.
meningkatkan kualitas sekolah di berbagai komponen berdasarkan potensi yang
dimuliki
D.
menentukan status sekolah diantara sekolah yang lain dan melakukan tindak
lanjut
42. Dari uraian berikut yang merupakan pengertian misi
adalah ....
A.
kegiatan yang menjadi prioritas untuk menjadi sekolah bermutu
B.
tugas-tugas pokok yang harus dilakukan untuk mencapai visi
C.
Kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai visi
D.
program yang harus dilakukan sekolah agar tujuan sekolah tercapai
43. Bila suatu sekolah mempunyai visi "menjadikan
siswa unggul di bidang masing-masing" maka untuk mencapai masa kegiatan
utama yang dilakukan
A.
selalu menerapkan pendidikan berbasis ke berbagai kecerdasan jasmani
B.
mengirim siswa yang berbakat ke berbagai kompetisi di tingkat sekolah
C.
mengadakan kegiatan unggul untuk mengetahui bakat sebagai..
D.
mengadakan berbagai kegiatan untuk mengembangkan keunggulan siswa sesuai dengan
hobinya
44. Hal-hal yang harus diperhatikan sekolah ketika membuat
rencana tahunan adalah kecual...
A.
mempertimbangkan data dari hasil evaluasi diri
B.
menyusun draf rencana tahunan sekolah bersama semua staf
C.
mempertimbangkan pengalaman sekolah lain yang berhasil
D.
mempertimbangkan kontek lingkungan dan aspirasi masyarakat
45. Program yang dianjurkan pemerintah agar setiap sekolah
dapat menjadi sekolah efektif adalah dengan menerapkan ...
A.
Program unggulan
B.
Manajemen Berbasis Sekolah
C.
Life Skill
D.
Kurikulum berbasis kompetensi
46. Kepala sekolah yang senantiasa memberi arahan,
mengendalikan, dan memotivasi stafnya agar menjalankan tugas sehari-hari dengan
baik, menandakan bahwa kepala sekolah tersebut telah menjalankan fungsinya
sebagai ...
A.
pemimpin
B.
manager
C.
organisator
D.
perencana
47. Penerapan KBK menuntut seorang guru untuk dapat
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dan kebutuhan peserta
didik serta melakukan evaluasi pembelajaran yang objektif. Tugas ini merupakan
salah satu peran guru kecuali..
A.
Guru kelas
B.
Staf sekolah
C.
Manager
D.
Profesional
48. Salah satu kegiatan yang harus ada bila
menyelenggarakan MBS di sekolah dasar adalah...
A.
perlu ada dana hibah bersaing atau block grant
B.
setiap guru harus menerapkan pembelajaran terpadu
C.
Salah, sebab pembelajaran terpadu baik diterapkan pada sekolah dasar yang akan
menerapkan MBS atau pun tidak
D.
Salah, sebab setiap guru memang harus merencanakan pembelajaran sesuai kondisi
sekolah apakah di SD tersebut MBS sudah diterapkan ataupun tidak
49. Perintisan MBS salah satunya dilatarbelakangi oleh
adanya krisis ekonomi pada tahun 1997-1998. Pada saat itu Pemerintah
menyelenggarakan suatu proyek untuk mempertahankan kualitas pendidikan dasar.
Proyek tersebut dinamakan...
A.
Program Wajib Belajar Sembilan Tahun diseluruh indonesia
B.
Program kecakapan hidup yang dibutuhkan masyarakat
C.
Jaringan Pengaman Sosial beasiswa
D.
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
GA ADA jawabannya??????dikasih dong sekalian alasannya.....wassalam
BalasHapus