Jumat, 24 Mei 2013

Kunci Jawaban Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404



No 1.
a.      benar, anak luar biasa mempunyai sesuatu yang luar biasa secara signifikan membedakannya dengan anak normal.
b.      salah, karena keluarbiasaan tidak ditunjukkan adanya perbedaan dengan anak seusianya
c.       salah, karena keluarbiasaan tidak ditunjukkan adanya perbedaan dengan saudara- saudaranya
d.      salah, karena keluarbiasaan tidak ditunjukkan adanya perbedaan dengan teman- temannya

No 2.
a.      benar, jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual
b.      salah, karepangan hambatan indera penglihatan
c.       salah, karena keluarbiasaan tunaganda
d.      salah, karena penyimpangan perilaku

No 3.
a.       salah, karena terjadi pada masa prenatal.
b.      salah, karena terjadi pada masa perinatal.
c.       benar, termasuk posnatal.
d.      salah, karena termasuk prenatal.


No 4.
a.       benar, yaitu mengalami shock.
b.      benar, keluarga dapat menerima kenyataan apa yang diderita anaknya.
c.       benar, merasa malu terhadap keluarbiasaan yang disandang anaknya.
d.      salah, karena keluarbiasaan yang disandang anak bukan sebagai anugerah.

No 5.
a.       salah, keluarbiasaan yang dialami anak bukan hal biasa.
b.      benar, dapat menghambat dalam berkomunikasi anak.
c.       salah, karena kaitanya dengan kesehatan fisik.
d.      salah, karena kaitannya dengan pendidikan bagi penyandang keluarbiasaan.

No 6.
a.      benar, pendekatan dengan seorang teman termasuk masalah- masalah sosialisasi, karena itu tergolong dalam kebutuhan sosial emosional.
b.      salah, karena kaitannya dengan kondisi fisik.
c.       salah, karena kaitannya dengan kondisi fisik.
d.      salah, karena kaitannya dengan pendidikan bagi penyandang keluarbiasaan.

No 7.
a.       benar, menumbuhkan potensi anak.
b.      benar, hak untuk bersosialisasi.
c.       benar, hak untuk memanfaatkan fasilitas umum.
d.      salah, karena mentaati peraturan yang berlaku merupakan kewajiban.

No 8.
a.      benar, menumbuhkan potensi anak.
b.      salah, karena lebih bersifat pribadi
c.       salah, karena lebih bersifat pelayanan umum
d.      salah, karena lebih bersifat pelayanan umum

No 9.
a.       benar, yaitu sesuai dengan pelayanan kesehatan fisik ALB.
b.      benar, berhubungan dengan emosional.
c.       benar, ALB memerlukan pendidikan.
d.      salah, karena tergolong kewajiban penyandang ALB.

No 10.
a.      benar, institut tunanetre didirikan.
b.      salah, karena merupakan kebangkitan nasional.
c.       salah, karena merupakan hari sumpah pemuda.
d.      salah, karena merupakan kemerdekaan republik indonesia.

No 11.
a.      benar, penyediaan pendidikan bagi ALB di sekolah yang sama dengan anak normal.
b.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
c.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
d.      salah, karena bukan jawaban yang sesuai.

No 12.
a.       salah, karena di sekolah biasa tidak ada guru PLB.
b.      benar, guru PLB sebagai konsultan.
c.       salah,  karena pada ruang sumber ALB berpisah dengan anak normal pada waktu tertentu.
d.      salah, karena pada sekolah khusus ALB terpisah dengan anak normal.

No 13.
a.       salah, karena pendekatan mandiri bukan merupakan jawaban yang sesuai.
b.      benar, yaitu pelayanan yang diberikan secara bekerjasama dalam membantu ALB
c.       salah, karena pendekatan pereodik bukan merupakan jawaban yang sesuai.
d.      salah, karena pendekatan berkesinambungan bukan merupakan jawaban yang sesuai

No 14.
a.       salah, karena anak yang menunjukkan kemampuan rata- rata baik dalam kemampuan intelektual maupun intelektual unggul.
b.      salah, karena berhubungan dengan kecakapan secara jelas berada di atas rata- rata dalam satu atau lebih rendah bakat manusia.
c.       salah, karena anak berbakat adalah anak yang menunjukkan kemampun yang tinggi dalam bidang- bidang intelektual, seni, yang memerlukan pelayanan aktivitas yang tidak bisa disediakan oleh sekolah agar tiap kemampuan berkembang secara penuh.
d.      benar, yaitu anak berbakat anak yang memiliki skor IQ 130 – 140.

No 15.
a.       salah, karena ditandai dengan diterimanya oleh mayoritas teman sebaya.
b.      salah, karena ditandai dengan penampilan yang menarik dan rapi.
c.       benar, yaitu anak memiliki ketekunan dan rasa ingin tahu yang benar
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai

No 16.
a.      benar, yaitu pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien.
b.      salah, karena merupakan pendidikan yng berhubungan dengan kepentingan masyarakat.
c.       salah, karena merupakan pendidikan yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat.
d.      salah, karena merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat.

No 17.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
b.      benar, yaitu anak berbakat harus menguasai sistem konseptual
c.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai

No 18.
a.       benar, yaitu dengan mengadakan kelas pengayaan.
b.      benar, dengan menggunakan guru konsultan
c.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d.      benar, yaitu dengan studi mandiri

No 19.
a.      benar, yaitu melalui percepatan/ akselerasi siswa
b.      salah, karena merupakan adaptasi lingkungan belajar.
c.       salah, karena merupakan adaptasi lingkungan belajar
d.      salah, karena merupakan adaptasi lingkungan belajar.

No 20.
a.      benar, yaitu memiliki ketajaman 20/20 - 20/50
b.      salah, karena termasuk dapat melihat dengan bantuan khusus
c.       salah, karena sudah tidak mampu lagi melihat rangsangan cahaya
d.      salah, karena dikategorikan tunanetra.

No 21.
a.       salah, karena pencegahan secara edukatif yang berperan adalah keluarga dan sekolah.
b.      salah, karena pencegahan secara sosial dapat dilakukan melalui penyuluhan.
c.       benar, yaitu dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini.
d.      salah, karena jawaban yang diberikan kurang sesuai

No 22.
a.       Salah, karena mudah tersinggung
b.      salah, karena curiga pada orang lain.
c.       benar, yaitu kepekaan pada lingkungan.
d.      salah, karena ketergantunganpada orang orang lain.

No 23.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
b.      benar, yaitu aspek motorik
c.       salah, bukan merupakan jawaban yang sesuai.
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.

No 24.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
b.      salah, karena kurang mendukung latihan bagi tunanetra
c.       benar, yaitu memberikan latihan membaca dan menulis huruf braille.
d.      salah, bukan merupakan latihan yang sesuai

No 25.
a.      benar, yaitu luar dan tengah
b.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
c.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai

No 26.
a.       benar, yaitu disebabkan karena virus yang berbahaya dan sulit didiagnosis
b.      benar, yaitu radang selaput otak yang  disebabkan karena bakteri.
c.       salah, karena tunarungu terjadi disebabkan faktor konduktif.
d.      benar, yaitu disebabkan adanya suara bising dalam waktu yang lama.

No 27.
a.      benar, yaitu kerusakan telinga tengah.
b.      salah, karena faktor genetic
c.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.

No 28.
a.       salah, karena anak tunarungu dalam pelajaran verbal akan lebih dibandingkan anak normal
b.      benar, anak tunarungu lebih dekat dengansesama anak tunarungu lainnya.
c.       salah, karena dari kesehatan anak tunarungu dapat merawat diri sendiri.
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.

No 29.
a.       salah, karena pendidikan anak normal dengan tunanetra berbeda karakternya.
b.      salah, karena pelayanan yang diberikan tidak harus banyak praktek.
c.       benar, selain secara akademis perlu diberi layanan yang dapat mengurangi dampak kelainannya.
d.      salah, karena jawabannya kurang sesuai.

No 30.
a.       salah, karena komunikasi yang digunakan melalui bahasa lisan.
b.      salah, karena membaca ujaran  digunakan untuk anak tunarungu  yang mengalami kesulitan menyimak.
c.       salah, karen metode komunikasi ini menggunakan bahasa isyarat dan ejaan jari.
d.      benar, yaitu menggunakan segala metode komunikasi, baik tulisan, lisan, maupun isyarat.

No 31.
a.       salah, karena ciri- ciri ini, badan gemuk dan pendek, tangan pendek dan bengkok, kulit kering, tebal, dan keriput.
b.      salah, karena ciri- ciri ini kepala besar, raut muka kecil, pandangan tidak sempurna.
c.       benar, yaitu memiliki ukuran kepala yang kecil
d.      salah, karena memiliki ukuran yang besar dari ukuran normal.

No 32.
a.      salah, karena terjangkitnya penyakit selama janin masih dalam kandungan.
b.      benar, yaitu bisa terjadi karena mewarisi kelainan dari orangtuanya.
c.       benar, yaitu kelainan gen terjadi akibat pada waktu mutasi.
d.      benar, yaitu terjadi karena melilit

No 33.
a.      benar, yaitu pencegahan dengan mengkomunikasikan berbagai informasi mengenai masalah genitika.
b.      salah, karena merupakan pemeriksaan kehamilan, sehingga dapat diketahui lebih dini apakah janin mengalami kelainan.
c.       salah, karena usaha ini dilakukan ibu hamil menyakut pemeriksaan kesehatan selama kehamilan.
d.      salah, karena usaha ini mengupayakan terciptanya lingkungan yang baik, sehingga tidak menghambat perkembangan bayi.

No 34.
a.      benar, yaitu kematangan belajar membaca dicapai pada usia 12 tahun.
b.      salah, karena perkembangan bahasanya lebih terbatas.
c.       salah, karena lebih banyak ketergantungan dengan orang lain.
d.      salah, karena lebih banyak ketergantungan dengan orang lain.

No 35.
a.      benar, yaitu mengurus dan membina gdiri sendiri, serdapat bergaul di masyarakat.
b.      salah, karena anak tunagrahita dapat mengurus diri sendiri seperti, makan, minum, berpakaian, kebersihan badan.
c.       salah, karena anak tunagrahita dapat mengurus diri sendiri secara sederhana, memberi tanda atau kata- kata bila menginginkan sesuatu.
d.      salah,karena anak tunagrahita dapat melakukan kesibukan yang bermanfaat, misalnya mengisi kotak- kotak dengan paku.

No 36.
a.      benar, pergaulan dengan anak normal merupakan latihan hidup yang sebenarnya.
b.      salah, karena pergaulan jenis ini lebih umum.
c.       salah, karena konsentrasi belajar tidak berhubungan langsung dengan sistyem pendidikan.
d.      salah, karena rasa rendah diri tak ada hubungannya dengan sistem pendidikan.

No 37.
a.       salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan sosial.
b.      salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan sosial.
c.       benar, yaitu mengalami keterbelakangan mental.
d.      salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan fisik.

No 38.
a.       salah, karena pendidikan anak tunadaksa melalui keagamaan, norma kehidupan.
b.      benar, yaitu melalui kesenian, keterampilan, dan kerajinan.
c.       salah, karena tujuan pendidikan anak tunagrahita dengan membantu memelihara kesehatan fisik.
d.      salah, karena memfokuskan pada penanaman konsep diri.

No 39.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
b.      benar, yaitu 30 menit.
c.       salah, karena merupakan jawaban yang sesuai dengan SLTPLB
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai dengan kurikulum.

No 40.
a.      benar, yaitu merupakan perencanaan kegiatan belajar mengajar.
b.      salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
c.       salah, karena merpakan prinsip pembelajaran.
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.

No 41.
a.       salah, karena ditandai dengan adanya gangguan tidur, makan
b.      salah, karena ditandai dengan adanya rasa cemas dan rasa gelisah.
c.       benar, yaitu pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata.
d.      salah, karena ditandai dengan perilaku melanggar aturan keluarga, sekolah, dan tindakan agresif.

No 42.
a.      benar, yaitu merupakan perencanaan kegiatan belajar mengajar.
b.      salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
c.       salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
d.      salah, karena merupakan penataan lingkungan belajar.

No 43.
a.       salah, karena merupakan perkembangan.
b.      salah, karena merupakan gangguan perkembengan.
c.       salah, karena merupakan gangguan perkembangan.
d.      benar, yaitu kesulitan membaca.

No 44.
a.      benar, yaitu bidang akademik.
b.      salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan perhatian.
c.       salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan perkembangan.
d.      salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan perkembangan.

No 45.
a.       benar, yaitu hiperaktif
b.      benar, yaitu gangguan persepsional.
c.       salah, karena termasuk kurang mampu menyesuiakan diri.
d.      benar, yaitu gangguan dalam bicara dan mendengar.

No 46.
a.      benar, yaitu dengan pengelompokan bantuan belajar lebih efektif dan efisien.
b.      salah, karena merupakan bimbingan terhadap siswa yang berkesulitan belajar.
c.       salah, karena merupakan model pendekatan yang dipergunakan untuk mengatasi kesulitan membaca bervariasi.
d.      salah, karena merupakan pendekatan dengan penekanan pada makna.

No 47.
a.       salah, kiarena bukan urutan yang tepat
b.      benar, yaitu dari konkrit - semi konkrit - abstrak.
c.       salah, karena bukan merupakan urutan jawaban yang sesuai.
d.      salah, karena bukan merupakan urutan yang sesuai.

No 48.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
b.      salah, karena bukan merupakan urutan jawaban yang sesuai.
c.       benar,yaitu melakukan identifikasi.
d.      salah, karena bukan jawaban yang sesuai.

No 49.
a.       salah, karena evaluasi merupakan kegiatan penilaian.
b.      salah, karena belum waktunya mengadakan wawancara.
c.       salah, karena belum waktunya memberikan diagnosa.
d.      benar, yaitu tindakan guru tersebut mengidentifikasi anak berkesulitan belajar.

No 50.
a.       benar, yaitu kemampuan yang semestinya dikuasai sesuai usia tertentu.
b.      benar, yaitu mengembangkan potensi yang optimal.
c.       salah, karena setiap anak tidak sama untuk bimbingan khusus dari guru
d.      benar, yaitu setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 24 Mei 2013

Kunci Jawaban Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404



No 1.
a.      benar, anak luar biasa mempunyai sesuatu yang luar biasa secara signifikan membedakannya dengan anak normal.
b.      salah, karena keluarbiasaan tidak ditunjukkan adanya perbedaan dengan anak seusianya
c.       salah, karena keluarbiasaan tidak ditunjukkan adanya perbedaan dengan saudara- saudaranya
d.      salah, karena keluarbiasaan tidak ditunjukkan adanya perbedaan dengan teman- temannya

No 2.
a.      benar, jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual
b.      salah, karepangan hambatan indera penglihatan
c.       salah, karena keluarbiasaan tunaganda
d.      salah, karena penyimpangan perilaku

No 3.
a.       salah, karena terjadi pada masa prenatal.
b.      salah, karena terjadi pada masa perinatal.
c.       benar, termasuk posnatal.
d.      salah, karena termasuk prenatal.


No 4.
a.       benar, yaitu mengalami shock.
b.      benar, keluarga dapat menerima kenyataan apa yang diderita anaknya.
c.       benar, merasa malu terhadap keluarbiasaan yang disandang anaknya.
d.      salah, karena keluarbiasaan yang disandang anak bukan sebagai anugerah.

No 5.
a.       salah, keluarbiasaan yang dialami anak bukan hal biasa.
b.      benar, dapat menghambat dalam berkomunikasi anak.
c.       salah, karena kaitanya dengan kesehatan fisik.
d.      salah, karena kaitannya dengan pendidikan bagi penyandang keluarbiasaan.

No 6.
a.      benar, pendekatan dengan seorang teman termasuk masalah- masalah sosialisasi, karena itu tergolong dalam kebutuhan sosial emosional.
b.      salah, karena kaitannya dengan kondisi fisik.
c.       salah, karena kaitannya dengan kondisi fisik.
d.      salah, karena kaitannya dengan pendidikan bagi penyandang keluarbiasaan.

No 7.
a.       benar, menumbuhkan potensi anak.
b.      benar, hak untuk bersosialisasi.
c.       benar, hak untuk memanfaatkan fasilitas umum.
d.      salah, karena mentaati peraturan yang berlaku merupakan kewajiban.

No 8.
a.      benar, menumbuhkan potensi anak.
b.      salah, karena lebih bersifat pribadi
c.       salah, karena lebih bersifat pelayanan umum
d.      salah, karena lebih bersifat pelayanan umum

No 9.
a.       benar, yaitu sesuai dengan pelayanan kesehatan fisik ALB.
b.      benar, berhubungan dengan emosional.
c.       benar, ALB memerlukan pendidikan.
d.      salah, karena tergolong kewajiban penyandang ALB.

No 10.
a.      benar, institut tunanetre didirikan.
b.      salah, karena merupakan kebangkitan nasional.
c.       salah, karena merupakan hari sumpah pemuda.
d.      salah, karena merupakan kemerdekaan republik indonesia.

No 11.
a.      benar, penyediaan pendidikan bagi ALB di sekolah yang sama dengan anak normal.
b.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
c.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
d.      salah, karena bukan jawaban yang sesuai.

No 12.
a.       salah, karena di sekolah biasa tidak ada guru PLB.
b.      benar, guru PLB sebagai konsultan.
c.       salah,  karena pada ruang sumber ALB berpisah dengan anak normal pada waktu tertentu.
d.      salah, karena pada sekolah khusus ALB terpisah dengan anak normal.

No 13.
a.       salah, karena pendekatan mandiri bukan merupakan jawaban yang sesuai.
b.      benar, yaitu pelayanan yang diberikan secara bekerjasama dalam membantu ALB
c.       salah, karena pendekatan pereodik bukan merupakan jawaban yang sesuai.
d.      salah, karena pendekatan berkesinambungan bukan merupakan jawaban yang sesuai

No 14.
a.       salah, karena anak yang menunjukkan kemampuan rata- rata baik dalam kemampuan intelektual maupun intelektual unggul.
b.      salah, karena berhubungan dengan kecakapan secara jelas berada di atas rata- rata dalam satu atau lebih rendah bakat manusia.
c.       salah, karena anak berbakat adalah anak yang menunjukkan kemampun yang tinggi dalam bidang- bidang intelektual, seni, yang memerlukan pelayanan aktivitas yang tidak bisa disediakan oleh sekolah agar tiap kemampuan berkembang secara penuh.
d.      benar, yaitu anak berbakat anak yang memiliki skor IQ 130 – 140.

No 15.
a.       salah, karena ditandai dengan diterimanya oleh mayoritas teman sebaya.
b.      salah, karena ditandai dengan penampilan yang menarik dan rapi.
c.       benar, yaitu anak memiliki ketekunan dan rasa ingin tahu yang benar
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai

No 16.
a.      benar, yaitu pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien.
b.      salah, karena merupakan pendidikan yng berhubungan dengan kepentingan masyarakat.
c.       salah, karena merupakan pendidikan yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat.
d.      salah, karena merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat.

No 17.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
b.      benar, yaitu anak berbakat harus menguasai sistem konseptual
c.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai

No 18.
a.       benar, yaitu dengan mengadakan kelas pengayaan.
b.      benar, dengan menggunakan guru konsultan
c.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d.      benar, yaitu dengan studi mandiri

No 19.
a.      benar, yaitu melalui percepatan/ akselerasi siswa
b.      salah, karena merupakan adaptasi lingkungan belajar.
c.       salah, karena merupakan adaptasi lingkungan belajar
d.      salah, karena merupakan adaptasi lingkungan belajar.

No 20.
a.      benar, yaitu memiliki ketajaman 20/20 - 20/50
b.      salah, karena termasuk dapat melihat dengan bantuan khusus
c.       salah, karena sudah tidak mampu lagi melihat rangsangan cahaya
d.      salah, karena dikategorikan tunanetra.

No 21.
a.       salah, karena pencegahan secara edukatif yang berperan adalah keluarga dan sekolah.
b.      salah, karena pencegahan secara sosial dapat dilakukan melalui penyuluhan.
c.       benar, yaitu dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini.
d.      salah, karena jawaban yang diberikan kurang sesuai

No 22.
a.       Salah, karena mudah tersinggung
b.      salah, karena curiga pada orang lain.
c.       benar, yaitu kepekaan pada lingkungan.
d.      salah, karena ketergantunganpada orang orang lain.

No 23.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
b.      benar, yaitu aspek motorik
c.       salah, bukan merupakan jawaban yang sesuai.
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.

No 24.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
b.      salah, karena kurang mendukung latihan bagi tunanetra
c.       benar, yaitu memberikan latihan membaca dan menulis huruf braille.
d.      salah, bukan merupakan latihan yang sesuai

No 25.
a.      benar, yaitu luar dan tengah
b.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
c.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai

No 26.
a.       benar, yaitu disebabkan karena virus yang berbahaya dan sulit didiagnosis
b.      benar, yaitu radang selaput otak yang  disebabkan karena bakteri.
c.       salah, karena tunarungu terjadi disebabkan faktor konduktif.
d.      benar, yaitu disebabkan adanya suara bising dalam waktu yang lama.

No 27.
a.      benar, yaitu kerusakan telinga tengah.
b.      salah, karena faktor genetic
c.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.

No 28.
a.       salah, karena anak tunarungu dalam pelajaran verbal akan lebih dibandingkan anak normal
b.      benar, anak tunarungu lebih dekat dengansesama anak tunarungu lainnya.
c.       salah, karena dari kesehatan anak tunarungu dapat merawat diri sendiri.
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.

No 29.
a.       salah, karena pendidikan anak normal dengan tunanetra berbeda karakternya.
b.      salah, karena pelayanan yang diberikan tidak harus banyak praktek.
c.       benar, selain secara akademis perlu diberi layanan yang dapat mengurangi dampak kelainannya.
d.      salah, karena jawabannya kurang sesuai.

No 30.
a.       salah, karena komunikasi yang digunakan melalui bahasa lisan.
b.      salah, karena membaca ujaran  digunakan untuk anak tunarungu  yang mengalami kesulitan menyimak.
c.       salah, karen metode komunikasi ini menggunakan bahasa isyarat dan ejaan jari.
d.      benar, yaitu menggunakan segala metode komunikasi, baik tulisan, lisan, maupun isyarat.

No 31.
a.       salah, karena ciri- ciri ini, badan gemuk dan pendek, tangan pendek dan bengkok, kulit kering, tebal, dan keriput.
b.      salah, karena ciri- ciri ini kepala besar, raut muka kecil, pandangan tidak sempurna.
c.       benar, yaitu memiliki ukuran kepala yang kecil
d.      salah, karena memiliki ukuran yang besar dari ukuran normal.

No 32.
a.      salah, karena terjangkitnya penyakit selama janin masih dalam kandungan.
b.      benar, yaitu bisa terjadi karena mewarisi kelainan dari orangtuanya.
c.       benar, yaitu kelainan gen terjadi akibat pada waktu mutasi.
d.      benar, yaitu terjadi karena melilit

No 33.
a.      benar, yaitu pencegahan dengan mengkomunikasikan berbagai informasi mengenai masalah genitika.
b.      salah, karena merupakan pemeriksaan kehamilan, sehingga dapat diketahui lebih dini apakah janin mengalami kelainan.
c.       salah, karena usaha ini dilakukan ibu hamil menyakut pemeriksaan kesehatan selama kehamilan.
d.      salah, karena usaha ini mengupayakan terciptanya lingkungan yang baik, sehingga tidak menghambat perkembangan bayi.

No 34.
a.      benar, yaitu kematangan belajar membaca dicapai pada usia 12 tahun.
b.      salah, karena perkembangan bahasanya lebih terbatas.
c.       salah, karena lebih banyak ketergantungan dengan orang lain.
d.      salah, karena lebih banyak ketergantungan dengan orang lain.

No 35.
a.      benar, yaitu mengurus dan membina gdiri sendiri, serdapat bergaul di masyarakat.
b.      salah, karena anak tunagrahita dapat mengurus diri sendiri seperti, makan, minum, berpakaian, kebersihan badan.
c.       salah, karena anak tunagrahita dapat mengurus diri sendiri secara sederhana, memberi tanda atau kata- kata bila menginginkan sesuatu.
d.      salah,karena anak tunagrahita dapat melakukan kesibukan yang bermanfaat, misalnya mengisi kotak- kotak dengan paku.

No 36.
a.      benar, pergaulan dengan anak normal merupakan latihan hidup yang sebenarnya.
b.      salah, karena pergaulan jenis ini lebih umum.
c.       salah, karena konsentrasi belajar tidak berhubungan langsung dengan sistyem pendidikan.
d.      salah, karena rasa rendah diri tak ada hubungannya dengan sistem pendidikan.

No 37.
a.       salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan sosial.
b.      salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan sosial.
c.       benar, yaitu mengalami keterbelakangan mental.
d.      salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan fisik.

No 38.
a.       salah, karena pendidikan anak tunadaksa melalui keagamaan, norma kehidupan.
b.      benar, yaitu melalui kesenian, keterampilan, dan kerajinan.
c.       salah, karena tujuan pendidikan anak tunagrahita dengan membantu memelihara kesehatan fisik.
d.      salah, karena memfokuskan pada penanaman konsep diri.

No 39.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
b.      benar, yaitu 30 menit.
c.       salah, karena merupakan jawaban yang sesuai dengan SLTPLB
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai dengan kurikulum.

No 40.
a.      benar, yaitu merupakan perencanaan kegiatan belajar mengajar.
b.      salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
c.       salah, karena merpakan prinsip pembelajaran.
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.

No 41.
a.       salah, karena ditandai dengan adanya gangguan tidur, makan
b.      salah, karena ditandai dengan adanya rasa cemas dan rasa gelisah.
c.       benar, yaitu pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata.
d.      salah, karena ditandai dengan perilaku melanggar aturan keluarga, sekolah, dan tindakan agresif.

No 42.
a.      benar, yaitu merupakan perencanaan kegiatan belajar mengajar.
b.      salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
c.       salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
d.      salah, karena merupakan penataan lingkungan belajar.

No 43.
a.       salah, karena merupakan perkembangan.
b.      salah, karena merupakan gangguan perkembengan.
c.       salah, karena merupakan gangguan perkembangan.
d.      benar, yaitu kesulitan membaca.

No 44.
a.      benar, yaitu bidang akademik.
b.      salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan perhatian.
c.       salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan perkembangan.
d.      salah, karena merupakan kesulitan yang berhubungan dengan perkembangan.

No 45.
a.       benar, yaitu hiperaktif
b.      benar, yaitu gangguan persepsional.
c.       salah, karena termasuk kurang mampu menyesuiakan diri.
d.      benar, yaitu gangguan dalam bicara dan mendengar.

No 46.
a.      benar, yaitu dengan pengelompokan bantuan belajar lebih efektif dan efisien.
b.      salah, karena merupakan bimbingan terhadap siswa yang berkesulitan belajar.
c.       salah, karena merupakan model pendekatan yang dipergunakan untuk mengatasi kesulitan membaca bervariasi.
d.      salah, karena merupakan pendekatan dengan penekanan pada makna.

No 47.
a.       salah, kiarena bukan urutan yang tepat
b.      benar, yaitu dari konkrit - semi konkrit - abstrak.
c.       salah, karena bukan merupakan urutan jawaban yang sesuai.
d.      salah, karena bukan merupakan urutan yang sesuai.

No 48.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
b.      salah, karena bukan merupakan urutan jawaban yang sesuai.
c.       benar,yaitu melakukan identifikasi.
d.      salah, karena bukan jawaban yang sesuai.

No 49.
a.       salah, karena evaluasi merupakan kegiatan penilaian.
b.      salah, karena belum waktunya mengadakan wawancara.
c.       salah, karena belum waktunya memberikan diagnosa.
d.      benar, yaitu tindakan guru tersebut mengidentifikasi anak berkesulitan belajar.

No 50.
a.       benar, yaitu kemampuan yang semestinya dikuasai sesuai usia tertentu.
b.      benar, yaitu mengembangkan potensi yang optimal.
c.       salah, karena setiap anak tidak sama untuk bimbingan khusus dari guru
d.      benar, yaitu setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar