1. Anak Luar Biasa adalah anak yang mempunyai sesuatu
yang luar biasa secara sigfikan membedakannya dengan....
A.
anak normal
B.
anak seusianya
C.
Saudara- saudaranya
D.
teman- temannya
2. Jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual
adalah....
A.
kecerdasan rendah
B.
tunanetra
C.
tunaganda
D.
tunalaras
3. Penyebab terjadinya keluarbiasaan yang terjadi setelah
kelahiran adalah....
A.
virus rubela
B.
proses kelahiran
C.
Posnatal
D.
salah minum obat
4. Berikut ini adalah sikap keluarga yang mungkin terjadi
apabila ada anggota keluarga yang mengalami kelainan fisik akibat kecelakaan,
kecuali....
A.
shock
B.
menerima kenyataan
C.
malu
D.
sebagai anugerah
5. Keadaan anak yang tidak dapat mendengar sejak lahir
akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika tidak mendapat layanan
yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam....
A.
sikap
B.
berkomunikasi
C.
mobilitas
D.
pengembangan keterampilan.
6. Penyandang keluarbiasaan juga memerlukan teman sebaya
untuk bergaul. Kehadiran seorang teman merupakan kebutuhan dilihat dari
aspek....
A.
sosial emosional
B.
fisik
C.
kesehatan
D.
pendidikan
7. Penyandang keluarbiasaan selain mempunyai hak untuk
mendapat pendidikan, juga mempunyai hak untuk hal - hal berikut ini,
kecuali....
A.
bersosialisasi
B.
mendapat pekerjaan
C.
memanfaatkan fasilitas umum
D.
mentaati peraturan yang berlaku
8. Pelayanan bagi anak luar biasa adalah layanan yang
diberikan kepada penyandang keluarbiasaan untuk....
A.
menumbuhkan potensi anak
B.
melayani kebutuhan pribadi
C.
pemenuhan kebutuhan
D.
pengguna layanan
9. Jenis layanan bagi ALB adalah seperti berikut ini,
kecuali....
A.
kesehatan
B.
emosional
C.
kebutuhan pendidikan
D.
berperilaku sopan dan santun
10. Pelayanan bagi ALB di indonesia telah dimulai sejak
berdirinya sekolah yang khusus pada tahun.... diperuntukkan bagi tunanetra pada
tahun....
A.
1901
B.
19088
C.
1928
D.
1945
11. Dalam pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan
khusus untuk ALB, sedangkan pada proses integrasi penyandang keluarbiasaan
bergabung dengan....
A.
anak normal
B.
anak seusia
C.
saudaranya
D.
teman - temannya
12. Anak luar biasa mendapat layanan pendidikan bersama-
sam dengan anak - anak normal di sekolah biasa, diajar oleh guru sekolah biasa
yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian merupakan model....
A.
layanan di sekolah biasa
B.
sekolah biasa dengan guru konsultan
C.
sekolah biasa dengan ruang sumber
D.
sekolah khusus ALB
13. Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB
dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan
pendekatan ....
A.
mandiri
B.
kolaborasi
C.
pereodik
D.
berkesinambungan
14. Anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ 130-140.
Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
A.
Moh Yamin
B.
Erancoya
C.
Clark
D.
teman
15. Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan
karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi....
A.
sosial
B.
fisik
C.
akademik
D.
emosional
16. Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi
mereka untuk....
A.
A.pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien
B.
membutuhkan kepedulian masyarakat
C.
pengembangan aset bangsa
D.
emosional
17. Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat
adalah....
A.
Pengajaran semua matapelajaran di sekolah
B.
penguasaan konsep penting matapelajaran sesuai tingkat kemampuannya.
C.
meningkatkan potensi belajar di atas rata - rata kelas
D.
membina terciptanya anak unggulan
18. Layanan adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan
karakteristik kebutuhan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai
berikut, kecuali....
A.
mengadakan kelas pengayaan
B.
menggunakan guru konsultan
C.
sekolah umum
D.
studi mandiri
19. Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan
karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan....
A.
percepatan/ akselerasi siswa
B.
studi mandiri
C.
menggunakan guru konsultan
D.
menggunakan ruangan sumber belajar.
20. Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low
vision), memiliki ketajaman penglihatan....
A.
20/20 - 20/50 feet
B.
60/60 - atau 20/200 feet
C.
virus o
D.
6/20 atau 20/70 feet
21. Pencegahan terjadinya tunanetra dapat dilakukan dengan
pemeriksaan dini. Pernyataan tersebut merupakan pencegahan secara....
A.
edukatif
B.
sosial
C.
medis
D.
pribadi
22. Dini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan
gangguan kebutaan, selanjutnya hari - harinya dipenuhi kesedihan, dan
keputusan. Dari kejadian tersebut Dini mengalami gangguan serius pada....
A.
emosi
B.
curiga pada orang lain
C.
kepekaan terhadap lingkungan
D.
ketergantungan pada orang lain
23. Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak
seperti orang normal lainnya merupakan karakteristik anak tunanetra dilihat
dari aspek....
A.
Fisik
B.
motorik
C.
sosial
D.
akademis
24. Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak
tunanetra adalah latihan....
A.
tali temali
B.
bermain bola
C.
membaca dan menulis huruf braille
D.
menulis huruf latin
25. Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami
kerusakan organ pendengaran pada bagian....
A.
luar dan tengah
B.
tengah dalam dan syaraf pendengaran
C.
tengah
D.
dalam saja
26. Jenis tunarungu yang disebabkan oleh faktor genetik
adalah sebagai berikut, kecuali....
A.
rubela
B.
meningtis
C.
tympanisclerosis
D.
trauma akustik
27. Tuna mengalami kecelakaan yang mengakibatkan pecahnya
selaput gendang dengar dan lepasnya rangkaian tulang pendengaran. Dari
pernyataan tersebut ketunarunguan Tama termasuk tunarungu tipe....
A.
konduktif
B.
sensor
C.
endogen
D.
eksogen
28. Anak tunarungu cenderung bergaul dengan sesama
tunarungu dan menarik diri dari lingkungan orang mendengar. Pernyataan tersebut
mencerminkan karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek....
A.
akademis
B.
sosial
C.
kesehatan
D.
fisik
29. Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain
meliputi, layanan....
A.
pendidikan yang sama dengan anak normal.
B.
memperbanyak pelajaran praktek
C.
akademik dan layanan untuk mengurangi kelaianannya.
D.
latihan, administrasi
30. Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik
lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan metode....
A.
oral
B.
membaca ujaran
C.
manual ( isyarat)
D.
komunikasi total
31. Anak tunagrahita yang memiliki ukuran kepala kecil,
merupakan jenis kelainan jasmani ....
A.
kretin
B.
hydrocephal.
C.
microcephal
D.
Macrocephal
32. Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan
adalah sebagai berikut, kucuali....
A.
infeksi dan keracunan
B.
faktor bawaan
C.
kerusakan gen
D.
kelainan kromoson
33. Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya
tunagrahita dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang....
A.
penyuluhan genetik
B.
diagnostik prenatal
C.
pemeliharaan kesehatan
D.
sanitasi lingkungan
34. Anak tunagrahita yang kematangan belajar membaca baru
dicapainya pada umur 12 tahun termasuk....
A.
ringan
B.
sedang
C.
berat
D.
sangat berat
35. Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat
bergaul di masyarakat, merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita....
A.
ringan
B.
sedang
C.
berat
D.
sangat berat
36. Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi
anak tunagrahita antara lain....
A.
berkesempatan bergaul dengan anak normal
B.
pergaulan lebih spesifik
C.
lebih konsentrasi dalam belajar.
D.
lahir dari rasa rendah diri
37. AnaK tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45%
dapat diketahui dengan gejala....
A.
mudah tersinggung
B.
mudah marah
C.
keterbelakangan mental
D.
ketidakmampuan bicara
38. Memberikan kegiatan melalui berkesenian, keterampilan
dan kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak tunadaksa dalam hl....
A.
mematangkan moral
B.
meningkatkan ekspresi diri
C.
membantu perkembangan fisik
D.
mematangkan aspek sosial
39. Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang
SDLB adalah....
A.
25 menit
B.
30 menit
C.
45 menit
D.
50 menit
40. Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar
merupakan langkah- langkah yang terdapat dalam....
A.
perencanaan kegiatan belajar mengajar
B.
prinsip multi sensori
C.
prinsip individual
D.
fungsi pembelajaran menyediakan ruangan khusus
41. Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata
merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari segi....
A.
fisik
B.
emosional
C.
akademik
D.
sosial
42. Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah....
A.
memberi keterampilan khusus untuk bekal hidup
B.
memberi hukuman
C.
menjelaskan perilaku yang akan diubah
D.
mengatakan perilaku yang akan diterima
43. Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu
mendapat perhatian khusus adalah gangguan....
A.
perhatian
B.
berbahasa
C.
motorik
D.
kesulitan membaca
44. Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal
perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang....
A.
akademik
B.
perkembangan
C.
pertumbuhan
D.
motorik
45. Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai
berikut, kecuali....
A.
hiperaktif
B.
gangguan persepsi motorik
C.
kesulitan menyesuaikan diri
D.
gangguan bicara dan mendengar
46. Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk
pengajaran, merupakan salah satu tujuan asesmen....
A.
kemampuan membaca
B.
prosedur bimbingan membaca
C.
pendekatan remidial membaca
D.
membantu siswa membaca pemahaman
47. Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika,
harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat....
A.
semi konkrit - konkrit - abstrak
B.
konkrit - semi konkrit - abstrak
C.
konkrit
D.
abstrak - semi konkrit - konkrit
48. Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan
ALB di sekolah biasa adalah....
A.
memeriksa riwayat hidup siswa
B.
mencatat nama siswa yang mengalami kelainan
C.
melakukan identifikasi
D.
melakukan wawancara
49. Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari
kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai
anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah
merupakan tindakan....
A.
evaluasi
B.
wawancara
C.
diagnosa
D.
identifikasi
50. Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan
pada pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali....
A.
menentukan kemampuan yang semestinya dikuasai anak.
B.
untuk pengembangan potensi yang optimal
C.
setiap anak memerlukan bantuan khusus dari guru.
D.
setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar