Jumat, 24 Mei 2013

Soal Ujian Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404



1.    Anak Luar Biasa adalah anak yang mempunyai sesuatu yang luar biasa secara sigfikan membedakannya dengan....
A.      anak normal
B.      anak seusianya
C.      Saudara- saudaranya
D.      teman- temannya

2.    Jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual adalah....
A.      kecerdasan rendah
B.      tunanetra
C.      tunaganda
D.      tunalaras

3.    Penyebab terjadinya keluarbiasaan yang terjadi setelah kelahiran adalah....
A.      virus rubela
B.      proses kelahiran
C.      Posnatal
D.      salah minum obat


4.    Berikut ini adalah sikap keluarga yang mungkin terjadi apabila ada anggota keluarga yang mengalami kelainan fisik akibat kecelakaan, kecuali....
A.      shock
B.      menerima kenyataan
C.      malu
D.      sebagai anugerah

5.    Keadaan anak yang tidak dapat mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika tidak mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam....
A.      sikap
B.      berkomunikasi
C.      mobilitas
D.      pengembangan keterampilan.

6.    Penyandang keluarbiasaan juga memerlukan teman sebaya untuk bergaul. Kehadiran seorang teman merupakan kebutuhan dilihat dari aspek....
A.      sosial emosional
B.      fisik
C.      kesehatan
D.      pendidikan

7.    Penyandang keluarbiasaan selain mempunyai hak untuk mendapat pendidikan, juga mempunyai hak untuk hal - hal berikut ini, kecuali....
A.      bersosialisasi
B.      mendapat pekerjaan
C.      memanfaatkan fasilitas umum
D.      mentaati peraturan yang berlaku

8.    Pelayanan bagi anak luar biasa adalah layanan yang diberikan kepada penyandang keluarbiasaan untuk....
A.      menumbuhkan potensi anak
B.      melayani kebutuhan pribadi
C.      pemenuhan kebutuhan
D.      pengguna layanan

9.    Jenis layanan bagi ALB adalah seperti berikut ini, kecuali....
A.      kesehatan
B.      emosional
C.      kebutuhan pendidikan
D.      berperilaku sopan dan santun

10. Pelayanan bagi ALB di indonesia telah dimulai sejak berdirinya sekolah yang khusus pada tahun.... diperuntukkan bagi tunanetra pada tahun....
A.      1901
B.      19088
C.      1928
D.      1945

11. Dalam pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan khusus untuk ALB, sedangkan pada proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan....
A.      anak normal
B.      anak seusia
C.      saudaranya
D.      teman - temannya

12. Anak luar biasa mendapat layanan pendidikan bersama- sam dengan anak - anak normal di sekolah biasa, diajar oleh guru sekolah biasa yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian  merupakan model....
A.      layanan di sekolah biasa
B.      sekolah biasa dengan guru konsultan
C.      sekolah biasa dengan ruang sumber
D.      sekolah khusus ALB

13. Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan pendekatan ....
A.      mandiri
B.      kolaborasi
C.      pereodik
D.      berkesinambungan

14. Anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ 130-140. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
A.      Moh Yamin
B.      Erancoya
C.      Clark
D.      teman

15. Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi....
A.      sosial
B.      fisik
C.      akademik
D.      emosional

16. Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi mereka untuk....
A.      A.pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien
B.      membutuhkan kepedulian masyarakat
C.      pengembangan aset bangsa
D.      emosional

17. Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat adalah....
A.      Pengajaran semua matapelajaran di sekolah
B.      penguasaan konsep penting matapelajaran sesuai tingkat kemampuannya.
C.      meningkatkan potensi belajar di atas rata - rata kelas
D.      membina terciptanya anak unggulan

18. Layanan adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali....
A.      mengadakan kelas pengayaan
B.      menggunakan guru konsultan
C.      sekolah umum
D.      studi mandiri

19. Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan....
A.      percepatan/ akselerasi siswa
B.      studi mandiri
C.      menggunakan guru konsultan
D.      menggunakan ruangan sumber belajar.

20. Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low vision), memiliki ketajaman penglihatan....
A.      20/20 - 20/50 feet
B.      60/60 - atau 20/200 feet
C.      virus o
D.      6/20 atau 20/70 feet

21. Pencegahan terjadinya tunanetra dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini. Pernyataan tersebut merupakan pencegahan secara....
A.      edukatif
B.      sosial
C.      medis
D.      pribadi

22. Dini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan gangguan kebutaan, selanjutnya hari - harinya dipenuhi kesedihan, dan keputusan. Dari kejadian tersebut Dini mengalami gangguan serius pada....
A.      emosi
B.      curiga pada orang lain
C.      kepekaan terhadap lingkungan
D.      ketergantungan pada orang lain

23. Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti orang normal lainnya merupakan karakteristik anak tunanetra dilihat dari aspek....
A.      Fisik
B.      motorik
C.      sosial
D.      akademis

24. Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra adalah latihan....
A.      tali temali
B.      bermain bola
C.      membaca dan menulis huruf braille
D.      menulis huruf latin

25. Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian....
A.      luar dan tengah
B.      tengah dalam dan syaraf pendengaran
C.      tengah
D.      dalam saja

26. Jenis tunarungu yang disebabkan oleh faktor genetik adalah sebagai berikut, kecuali....
A.      rubela
B.      meningtis
C.      tympanisclerosis
D.      trauma akustik

27. Tuna mengalami kecelakaan yang mengakibatkan pecahnya selaput gendang dengar dan lepasnya rangkaian tulang pendengaran. Dari pernyataan tersebut ketunarunguan Tama termasuk tunarungu tipe....
A.      konduktif
B.      sensor
C.      endogen
D.      eksogen

28. Anak tunarungu cenderung bergaul dengan sesama tunarungu dan menarik diri dari lingkungan orang mendengar. Pernyataan tersebut mencerminkan karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek....
A.      akademis
B.      sosial
C.      kesehatan
D.      fisik

29. Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain meliputi, layanan....
A.      pendidikan yang sama dengan anak normal.
B.      memperbanyak pelajaran praktek
C.      akademik dan layanan untuk mengurangi kelaianannya.
D.      latihan, administrasi

30. Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan metode....
A.      oral
B.      membaca ujaran
C.      manual ( isyarat)
D.      komunikasi total

31. Anak tunagrahita yang memiliki ukuran kepala kecil, merupakan jenis kelainan jasmani ....
A.      kretin
B.      hydrocephal.
C.      microcephal
D.      Macrocephal

32. Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan adalah sebagai berikut, kucuali....
A.      infeksi dan keracunan
B.      faktor bawaan
C.      kerusakan gen
D.      kelainan kromoson

33. Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang....
A.      penyuluhan genetik
B.      diagnostik prenatal
C.      pemeliharaan kesehatan
D.      sanitasi lingkungan

34. Anak tunagrahita yang kematangan belajar membaca baru dicapainya pada umur 12 tahun termasuk....
A.      ringan
B.      sedang
C.      berat
D.      sangat berat

35. Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat bergaul di masyarakat, merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita....
A.      ringan
B.      sedang
C.      berat
D.      sangat berat

36. Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak tunagrahita antara lain....
A.      berkesempatan bergaul dengan anak normal
B.      pergaulan lebih spesifik
C.      lebih konsentrasi dalam belajar.
D.      lahir dari rasa rendah diri

37. AnaK tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala....
A.      mudah tersinggung
B.      mudah marah
C.      keterbelakangan mental
D.      ketidakmampuan bicara

38. Memberikan kegiatan melalui berkesenian, keterampilan dan kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak tunadaksa dalam hl....
A.      mematangkan moral
B.      meningkatkan ekspresi diri
C.      membantu perkembangan fisik
D.      mematangkan aspek sosial

39. Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB adalah....
A.      25 menit
B.      30 menit
C.      45 menit
D.      50 menit

40. Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah- langkah yang terdapat dalam....
A.      perencanaan kegiatan belajar mengajar
B.      prinsip multi sensori
C.      prinsip individual
D.      fungsi pembelajaran menyediakan ruangan khusus

41. Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari segi....
A.      fisik
B.      emosional
C.      akademik
D.      sosial

42. Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah....
A.      memberi keterampilan khusus untuk bekal hidup
B.      memberi hukuman
C.      menjelaskan perilaku yang akan diubah
D.      mengatakan perilaku yang akan diterima

43. Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat perhatian khusus adalah gangguan....
A.      perhatian
B.      berbahasa
C.      motorik
D.      kesulitan membaca

44. Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang....
A.      akademik
B.      perkembangan
C.      pertumbuhan
D.      motorik

45. Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai berikut, kecuali....
A.      hiperaktif
B.      gangguan persepsi motorik
C.      kesulitan menyesuaikan diri
D.      gangguan bicara dan mendengar

46. Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk pengajaran, merupakan salah satu tujuan asesmen....
A.      kemampuan membaca
B.      prosedur bimbingan membaca
C.      pendekatan remidial membaca
D.      membantu siswa membaca pemahaman

47. Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat....
A.      semi konkrit - konkrit - abstrak
B.      konkrit - semi konkrit - abstrak
C.      konkrit
D.      abstrak - semi konkrit - konkrit

48. Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah....
A.      memeriksa riwayat hidup siswa
B.      mencatat nama siswa yang mengalami kelainan
C.      melakukan identifikasi
D.      melakukan wawancara

49. Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah merupakan tindakan....
A.      evaluasi
B.      wawancara
C.      diagnosa
D.      identifikasi

50. Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan pada pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali....
A.      menentukan kemampuan yang semestinya dikuasai anak.
B.      untuk pengembangan potensi yang optimal
C.      setiap anak memerlukan bantuan khusus dari guru.
D.      setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 24 Mei 2013

Soal Ujian Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404



1.    Anak Luar Biasa adalah anak yang mempunyai sesuatu yang luar biasa secara sigfikan membedakannya dengan....
A.      anak normal
B.      anak seusianya
C.      Saudara- saudaranya
D.      teman- temannya

2.    Jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual adalah....
A.      kecerdasan rendah
B.      tunanetra
C.      tunaganda
D.      tunalaras

3.    Penyebab terjadinya keluarbiasaan yang terjadi setelah kelahiran adalah....
A.      virus rubela
B.      proses kelahiran
C.      Posnatal
D.      salah minum obat


4.    Berikut ini adalah sikap keluarga yang mungkin terjadi apabila ada anggota keluarga yang mengalami kelainan fisik akibat kecelakaan, kecuali....
A.      shock
B.      menerima kenyataan
C.      malu
D.      sebagai anugerah

5.    Keadaan anak yang tidak dapat mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika tidak mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam....
A.      sikap
B.      berkomunikasi
C.      mobilitas
D.      pengembangan keterampilan.

6.    Penyandang keluarbiasaan juga memerlukan teman sebaya untuk bergaul. Kehadiran seorang teman merupakan kebutuhan dilihat dari aspek....
A.      sosial emosional
B.      fisik
C.      kesehatan
D.      pendidikan

7.    Penyandang keluarbiasaan selain mempunyai hak untuk mendapat pendidikan, juga mempunyai hak untuk hal - hal berikut ini, kecuali....
A.      bersosialisasi
B.      mendapat pekerjaan
C.      memanfaatkan fasilitas umum
D.      mentaati peraturan yang berlaku

8.    Pelayanan bagi anak luar biasa adalah layanan yang diberikan kepada penyandang keluarbiasaan untuk....
A.      menumbuhkan potensi anak
B.      melayani kebutuhan pribadi
C.      pemenuhan kebutuhan
D.      pengguna layanan

9.    Jenis layanan bagi ALB adalah seperti berikut ini, kecuali....
A.      kesehatan
B.      emosional
C.      kebutuhan pendidikan
D.      berperilaku sopan dan santun

10. Pelayanan bagi ALB di indonesia telah dimulai sejak berdirinya sekolah yang khusus pada tahun.... diperuntukkan bagi tunanetra pada tahun....
A.      1901
B.      19088
C.      1928
D.      1945

11. Dalam pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan khusus untuk ALB, sedangkan pada proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan....
A.      anak normal
B.      anak seusia
C.      saudaranya
D.      teman - temannya

12. Anak luar biasa mendapat layanan pendidikan bersama- sam dengan anak - anak normal di sekolah biasa, diajar oleh guru sekolah biasa yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian  merupakan model....
A.      layanan di sekolah biasa
B.      sekolah biasa dengan guru konsultan
C.      sekolah biasa dengan ruang sumber
D.      sekolah khusus ALB

13. Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan pendekatan ....
A.      mandiri
B.      kolaborasi
C.      pereodik
D.      berkesinambungan

14. Anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ 130-140. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
A.      Moh Yamin
B.      Erancoya
C.      Clark
D.      teman

15. Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi....
A.      sosial
B.      fisik
C.      akademik
D.      emosional

16. Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi mereka untuk....
A.      A.pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien
B.      membutuhkan kepedulian masyarakat
C.      pengembangan aset bangsa
D.      emosional

17. Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat adalah....
A.      Pengajaran semua matapelajaran di sekolah
B.      penguasaan konsep penting matapelajaran sesuai tingkat kemampuannya.
C.      meningkatkan potensi belajar di atas rata - rata kelas
D.      membina terciptanya anak unggulan

18. Layanan adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali....
A.      mengadakan kelas pengayaan
B.      menggunakan guru konsultan
C.      sekolah umum
D.      studi mandiri

19. Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan....
A.      percepatan/ akselerasi siswa
B.      studi mandiri
C.      menggunakan guru konsultan
D.      menggunakan ruangan sumber belajar.

20. Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low vision), memiliki ketajaman penglihatan....
A.      20/20 - 20/50 feet
B.      60/60 - atau 20/200 feet
C.      virus o
D.      6/20 atau 20/70 feet

21. Pencegahan terjadinya tunanetra dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini. Pernyataan tersebut merupakan pencegahan secara....
A.      edukatif
B.      sosial
C.      medis
D.      pribadi

22. Dini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan gangguan kebutaan, selanjutnya hari - harinya dipenuhi kesedihan, dan keputusan. Dari kejadian tersebut Dini mengalami gangguan serius pada....
A.      emosi
B.      curiga pada orang lain
C.      kepekaan terhadap lingkungan
D.      ketergantungan pada orang lain

23. Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti orang normal lainnya merupakan karakteristik anak tunanetra dilihat dari aspek....
A.      Fisik
B.      motorik
C.      sosial
D.      akademis

24. Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra adalah latihan....
A.      tali temali
B.      bermain bola
C.      membaca dan menulis huruf braille
D.      menulis huruf latin

25. Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian....
A.      luar dan tengah
B.      tengah dalam dan syaraf pendengaran
C.      tengah
D.      dalam saja

26. Jenis tunarungu yang disebabkan oleh faktor genetik adalah sebagai berikut, kecuali....
A.      rubela
B.      meningtis
C.      tympanisclerosis
D.      trauma akustik

27. Tuna mengalami kecelakaan yang mengakibatkan pecahnya selaput gendang dengar dan lepasnya rangkaian tulang pendengaran. Dari pernyataan tersebut ketunarunguan Tama termasuk tunarungu tipe....
A.      konduktif
B.      sensor
C.      endogen
D.      eksogen

28. Anak tunarungu cenderung bergaul dengan sesama tunarungu dan menarik diri dari lingkungan orang mendengar. Pernyataan tersebut mencerminkan karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek....
A.      akademis
B.      sosial
C.      kesehatan
D.      fisik

29. Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain meliputi, layanan....
A.      pendidikan yang sama dengan anak normal.
B.      memperbanyak pelajaran praktek
C.      akademik dan layanan untuk mengurangi kelaianannya.
D.      latihan, administrasi

30. Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan metode....
A.      oral
B.      membaca ujaran
C.      manual ( isyarat)
D.      komunikasi total

31. Anak tunagrahita yang memiliki ukuran kepala kecil, merupakan jenis kelainan jasmani ....
A.      kretin
B.      hydrocephal.
C.      microcephal
D.      Macrocephal

32. Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan adalah sebagai berikut, kucuali....
A.      infeksi dan keracunan
B.      faktor bawaan
C.      kerusakan gen
D.      kelainan kromoson

33. Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang....
A.      penyuluhan genetik
B.      diagnostik prenatal
C.      pemeliharaan kesehatan
D.      sanitasi lingkungan

34. Anak tunagrahita yang kematangan belajar membaca baru dicapainya pada umur 12 tahun termasuk....
A.      ringan
B.      sedang
C.      berat
D.      sangat berat

35. Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat bergaul di masyarakat, merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita....
A.      ringan
B.      sedang
C.      berat
D.      sangat berat

36. Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak tunagrahita antara lain....
A.      berkesempatan bergaul dengan anak normal
B.      pergaulan lebih spesifik
C.      lebih konsentrasi dalam belajar.
D.      lahir dari rasa rendah diri

37. AnaK tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala....
A.      mudah tersinggung
B.      mudah marah
C.      keterbelakangan mental
D.      ketidakmampuan bicara

38. Memberikan kegiatan melalui berkesenian, keterampilan dan kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak tunadaksa dalam hl....
A.      mematangkan moral
B.      meningkatkan ekspresi diri
C.      membantu perkembangan fisik
D.      mematangkan aspek sosial

39. Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB adalah....
A.      25 menit
B.      30 menit
C.      45 menit
D.      50 menit

40. Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah- langkah yang terdapat dalam....
A.      perencanaan kegiatan belajar mengajar
B.      prinsip multi sensori
C.      prinsip individual
D.      fungsi pembelajaran menyediakan ruangan khusus

41. Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari segi....
A.      fisik
B.      emosional
C.      akademik
D.      sosial

42. Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah....
A.      memberi keterampilan khusus untuk bekal hidup
B.      memberi hukuman
C.      menjelaskan perilaku yang akan diubah
D.      mengatakan perilaku yang akan diterima

43. Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat perhatian khusus adalah gangguan....
A.      perhatian
B.      berbahasa
C.      motorik
D.      kesulitan membaca

44. Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang....
A.      akademik
B.      perkembangan
C.      pertumbuhan
D.      motorik

45. Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai berikut, kecuali....
A.      hiperaktif
B.      gangguan persepsi motorik
C.      kesulitan menyesuaikan diri
D.      gangguan bicara dan mendengar

46. Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk pengajaran, merupakan salah satu tujuan asesmen....
A.      kemampuan membaca
B.      prosedur bimbingan membaca
C.      pendekatan remidial membaca
D.      membantu siswa membaca pemahaman

47. Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat....
A.      semi konkrit - konkrit - abstrak
B.      konkrit - semi konkrit - abstrak
C.      konkrit
D.      abstrak - semi konkrit - konkrit

48. Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah....
A.      memeriksa riwayat hidup siswa
B.      mencatat nama siswa yang mengalami kelainan
C.      melakukan identifikasi
D.      melakukan wawancara

49. Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah merupakan tindakan....
A.      evaluasi
B.      wawancara
C.      diagnosa
D.      identifikasi

50. Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan pada pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali....
A.      menentukan kemampuan yang semestinya dikuasai anak.
B.      untuk pengembangan potensi yang optimal
C.      setiap anak memerlukan bantuan khusus dari guru.
D.      setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar