Jumat, 24 Mei 2013

Kunci Jawaban Penulisan Karya Ilmiah PDGK4402



No 1.
a.       salah, karena karya ilmiah tidak selalu harus disusun secara urut
b.      salah, karena karya ilmiah tidak selalu harus dikembangkan dalam gagasan naratif
c.       benar, karena sistematis dalam menyusun gagasan adalah prasyarat penting dalam karya ilmiah
d.      salah, karena karya ilmiah tidak selalu harus agitatif

No 2.
a.       salah, karena sebuah karya tulis ilmiah tidak dapat dikatakan sebagai sampel penelitian oleh penulis
b.      salah, karena sebuah karya tulis ilmiah tidak dapat dikatakan sebagai populasi penelitianoleh peneliti
c.       benar, karena karya tulis ilmiah bermanfaat sebagai referensi baik bagi penulis maupun pembaca
d.      salah, karena sebuah karya tulis ilmiah tidak selalu bermanfaat bagi masyarakat umum

No 3.
a.       salah, karena berita dalam harian masmedia Kompas menggunakan bahasa dan istilah umum sehingga dipahami masyarakat luas
b.      benar, karena bahwa tulisan ilmiah yang dituangkan pada surat kabar harian kompas termasuk karya tulis ilmiah popular
c.       salah, karena berita dalam harian kompas tidak hanya ditujukan kepada kalangan akademis
d.      salah, karena karakteristik yang membedakan karya populer adalah dari bahasa yang digunakannya

No 4.
a.       salah, karena bahasa yang digunakan menunjukan bahasa teknis manajemen sekolah
b.      salah, karena bahasa yang digunakan menonjolkan bahasa teknis hasil penelitian
c.       benar, karena bahasa yang digunakan sudah bisa mewakili pemahaman umum
d.      salah, karena bahasa yang digunakan menonjolkan bahasa teknis administrasi sekolah

No 5.
a.       salah, karena thesis tidak harus menonjolkan fenomena
b.      benar, karena thesis harus memilki struktur yang ketat
c.       salah, karena thesis umumnya dimulai dari kajian literatur yang dapat melatarbelakangi penelitian
d.      salah, karena dengan struktur tang ketat dan baku, thesis tidak harus dimulai dengan hal yang menarik perhatian

No 6.
a.      benar, karena struktur tulisan tersebut sesuai untuk makalah
b.      salah, karena prosiding harus dimulai dengan daftar isi
c.       salah, karena jurnal harus mengandung daftar isi
d.      salah, karena skripsi harus mengandung daftar isi

No 7.
a.       salah, karena hanya mengungkapkan banyak ide asli belum menjadi ciri netralitas sikap penulis karya ilmiah
b.      salah, karena memberikan banyak komentar terhadap orang lain belum menjadi sikap netral penulis karya ilmiah
c.       salah, karena memberikan banyak argumen sanggahan pendapat orang belum menjadi sikap netralitas penulis
d.      benar, karena netralitas seorang penulis karya tulis ilmiah seringkali ditentukan dengan konsiderasi penulis yang lebih luas

No 8.
a.       salah, karena pernyataan pada option A tidak sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah
b.      salah, karena pernyataan teknis pada option B tidak sesui dengan kaidah karya tulis ilmiah
c.       benar, karena penggunaan istilah amilasa sudah sangat dikenal masyarakat
d.      salah, karena penggunaan istilah teknis dalam option D tidak sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah

No 9.
a.       salah, karena judul final dapat ditentukan sejalan dengan proses penulisan karya ilmiah
b.      benar, karena topik harus ditetapkan sebelum karya ilmiah dibuat
c.       salah, karena sampel bisa ditetapkan relatif setelah topik dan masalah ditetapkan
d.      salah, karena jenis uji statistik ditetapkan setelah masalah dan metode pengambilan data ditetapkan

No 10.
a.       salah, karena kalimat tersebut terlalu teknis penelitian dan sempit
b.      salah, karena kalimat tersebut terlalu teknis penelitian dan sempit
c.       benar, karena kalimat tersebut membuka beberapa alternatif kajian
d.      salah, karena kalimat tersebut terlalu teknis penelitian dan sempit

No 11.
a.      benar, karena target pembaca forum dosen lebih fokus dan khusus dalam bidang ilmu
b.      salah, karena topik dapat saja sama tapi target sajian kepada calon pembaca yang menonjol perbedaannya
c.       salah, karena sampel dapat saja sama tapi target sajian kepada calon pembaca yang menonjol perbedaannya
d.      salah, karena pendekatan boleh saja sama tapi target sajian terhadap calon pembaca yang menonjol perbedaannya

No 12.
a.      benar, karena cakupan materi sangat penting diperhatikan pada saat menuliskan karya ilmiah sesuai dengan tujuan dan calon pembaca
b.      salah, karena populasi dan sampel tidak terlalu dominan untuk diperhatikan pada saat menulis karya ilmiah sesuai dengan tujuan dan calon pembaca
c.       salah, karena metode penelitian tidak menonjol untuk diperhatikan pada saat menulis karya ilmiah sesuai dengan tujuan dan calon pembaca
d.      salah, karena kajian teori bukan hal penting untuk diperhatikan pada saat menulis karya ilmiah sesuai dengan tujuan dan calon pembaca

No 13.
a.       salah, karena buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan tidak tergolong sumber primer
b.      benar, karena buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan tergolong sumber primer
c.       salah, karena buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan tidak satu-satunya yang akurat
d.      salah, karena buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan dapat saja langsung digunakan

No 14.
a.       salah, karena kamus yang utama bukan berfungsi sebagai daftar pustaka
b.      benar, karena kamus yang utama berfungsi sebagai pengenalan suatu terminology
c.       salah, karena kamus yang utama bukan berfungsi sebagai pokok acuan berpikir
d.      salah, karena kamus tidak berfungsi sebagai pengenal topik tertentu

No 15.
a.      benar, karena mesin pencarian pada internet dapat bermanfaat untuk online catalog
b.      salah, karena mesin pencarian pada internet tidak dapat berfungsi sebagai buku elektronik
c.       salah, karena mesin pencarian pada internet bukan sebagai alat demonstrasi pembelajaran
d.      salah, karena mesin pencarian pada internet bukan sebagai alat simulasi kejadian tertentu

No 16.
a.       salah; penggunaan tanda titik (...) bukan berarti untuk menyembunyikan bagian yang harus dipertanggungjawabkan.
b.      salah; penggunaan tanda titik (...) bukan berarti ada bagian kalimat yang tidak sengaja terpotong.
c.       benar; penggunaan tanda titik (...) berarti ada bagian kalimat yang sangat berkaitan untuk diambil sebagai literatur.
d.      salah; penggunaan tanda titik (...) bukan berarti ada bagian kalimat yang perlu diteliti kembali.

No 17.
a.       Salah; pada saat wawancara memang harus menggunakan pedoman wawancara
b.      Salah; wawancara memang harus dilakukan di ruang terpisah yang baik
c.       Salah; wawancara memang harus dilakukan dengan suasana santai
d.      Benar; wawancara tidak boleh dilakukan untuk mempengaruhi pendapat

No 18.
a.       Salah; kajian terhadap permasalahan tersebut hanya dikonsumsi oleh masyarakat pendidikan, siswa belum termasuk didalamnya
b.      Salah; kajian terhadap permasalahan tersebut hanya dikonsumsi oleh masyarakat pendidikan, mahasiswa masih belum dikategorikan bagiannya
c.       Benar; kajian terhadap permasalahan tersebut memang hanya dikonsumsi oleh masyarakat pendidikan
d.      Salah; kajian terhadap permasalahan tersebut hanya dikonsumsi oleh masyarakat pendidikan, tidak oleh umum

No 19.
a.       Salah; pemilihan kata yang tepat dan tunggal tujuannya bukan untuk meringkas
b.      Benar; pemilihan kata yang tepat dan tunggal tujuannya agar tidak bermakna ganda
c.       Salah; pemilihan kata yang tepat dan tunggal tujuannya tidak secara langsung untuk kepadatan tulisan
d.      Salah; pemilihan kata yang tepat dan tunggal tujuannya justeru akan menghindari kesulitas pembaca

No 20.
a.       Salah; dengan kriteria tersebut artikel dimaksud tidak tergolong kategori lengkap dan jelas
b.      Salah; dengan kriteria tersebut artikel dimaksud tidak termasuk kategori tidak lengkat tetapi jelas
c.       Benar; dengan kriteria tersebut artikel dimaksud masuk kategori lengkap tetapi tidak jelas
d.      Salah; dengan kriteria tersebut artikel dimaksud tidak tergolong kategori tidak lengkap dan tidak jelas

No 21.
a.       Salah; artikel dengan tujuan dimaksud tidak tergolong teoritis
b.      Benar; artikel dengan tujuan dimaksud tergolong konseptual
c.       Salah; artikel dengan tujuan dimaksud belum tentu hasil penelitian
d.      Salah; artikel dengan tujuan dimaksud tidak termasuk artikel popular

No 22.
a.      Benar; Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan mengacu kepada keseragaman persepsi materi yang dituliskan
b.      Salah; Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan tidak langsung berkaitan dengan jumlah pustaka yang diambil
c.       Salah; Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan tidak langsung terkait dengan panjangnya tulisan
d.      Salah; Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan tidak langsung dipengaruhi oleh banyaknya idea sendiri

No 23.
a.       Salah; abstract biasanya ditulis terdahhulu
b.      Benar; urutan tersebut sudah benar
c.       Salah; abstrak tidak ditulis sebelum judul
d.      Salah; diskusi tidak ditulis setelah refrensi

No 24.
a.      Benar; sitasi berfungsi menjadikan tulisan sesuai dengan perkembangan jaman
b.      Salah; sitasi tidak berkaitan langsung dengan keaslian tulisan
c.       Salah; sitasi tidak berkaitan dengan kesesuaian metode
d.      Salah; sitasi tidak mengukur jumlah acuan yang dipakai

No 25.
a.       Salah; terminologi khusus dalam abstrak tidak berfungsi akuratif
b.      Salah; terminologi khusus dalam abstrak tidak berfungsi kohesif
c.       Salah; terminologi khusus dalam abstrak tidak berfungsi evaluative
d.      Benar; terminologi khusus dalam abstrak berfungsi spesifik

No 26.
a.      Benar; paparan tentang temuan sebelumnya dalam aftikel dapat menggambarkan posisi penelitian terkati sebelumnya
b.      Salah; paparan tentang temuan sebelumnya dalam aftikel tidak selalu sebagai tindak lanjut yang dilakukan sebelumnya
c.       Salah; paparan tentang temuan sebelumnya dalam aftikel tidak menjelaskan landasan berpikir untuk penelitian selanjutnya
d.      Salah; paparan tentang temuan sebelumnya dalam aftikel tidak selalu menjadi pemandu penelitian yang dilakukan selanjutnya

No 27.
a.       Salah, Option A adalah komponen yang menjadi acuan dalam menentukan jenis uji statistik yang digunakan
b.      Salah, Option B adalah komponen yang menjadi acuan dalam menentukan jenis uji statistik yang digunakan
c.       Salah, Option C adalah komponen yang menjadi acuan dalam menentukan jenis uji statistik yang digunakan
d.      Benar, Option D data penelitian tidak termasuk dalam acuan dasar dalam menentukan jenis uji statistik yang digunakan

No 28.
a.       Salah; cara penulisan penulis buku pada option A sudah benar
b.      Salah; cara penulisan tahun penerbitan buku pada option B sudah benar
c.       Salah; cara penulisan judul buku pada option C sudah benar
d.      Benar; cara penulisan penerbit buku pada option D harus ditulis tempat lebih dahulu diikuti titik dua baru nama penertbit

No 29.
a.       Salah; istilah intuitif dalam kontek kalimat tersebut tidak bermakna coba-coba
b.      Benar; istilah intuitif dalam kontek kalimat tersebut bermakna perkiraan
c.       Salah; istilah intuitif dalam kontek kalimat tersebut tidak bermakna hipotesa
d.      Salah; istilah intuitif dalam kontek kalimat tersebut tidak bermakna kesimpulan

No 30.
a.       Salah; option A bisa benar tapi tidak berkaitan dengan pertanyaan
b.      Salah; option B benar tapi tidak berkaitan dengan pertanyaan
c.       Salah; option C benar tapi tidak berkaitan dengan pertanyaan
d.      Benar; kemampuan pembaca dipengaruhi oleh kemampuannya dalam mengkaitkan satu makna dengan makna lainnya

No 31.
a.      Benar; target pembaca skripsi, tesis, disertasi yang utama adalah kalangan akademisi
b.      Salah; masyarakat ilmiah tidak selalu menjadi target pembaca skripsi, tesis, disertasi yang utama
c.       Salah; masyarakat umum bukan target pembaca skripsi, tesis, disertasi
d.      Salah; penyandang dana bukan target pembaca skripsi, tesis, disertasi

No 32.
a.       Salah; masyarakat akademis tidak selalu menjadi konsumen Karya ilmiah bidang teknologi IT dalam pendidikan
b.      Benar; masyarakat ilmiah adalah konsumen utama Karya ilmiah bidang teknologi IT dalam pendidikan
c.       Salah; masyarkat umum adalah konsumen utama Karya ilmiah bidang teknologi IT dalam pendidikan
d.      Salah; penyandang dana adalah konsumen utama Karya ilmiah bidang teknologi IT dalam pendidikan

No 33.
a.       Salah; objectivitas hasil penelitian akan terganggu jika didasarkan pada keinginan penyandang dana
b.      Benar; laporan penelitian harus memenuhi kriteria objektivitas dan etika penulisan ilmiah
c.       Salah; hasil penelitian harus sesuai dengan fakta dan data yang ada sesuai hasil analisis yang dilakukan
d.      Salah; laporan ilmiah harus sesuai dengan fakta dan data yang ada sesuai hasil analisis yang dilakukan

No 34.
a.       Salah; penggunaan istilah teknis dapat diberikan untuk tulisan ilmiah kepada masyarakat akademis
b.      Salah; penggunaan istilah teknis dapat diberikan untuk tulisan ilmiah kepada masyarakat ilmiah
c.       Salah; penggunaan istilah teknis dapat diberikan untuk tulisan ilmiah kepada penyandang dana
d.      Benar; penggunaan istilah teknis tidak cocok diberikan untuk tulisan ilmiah kepada masyarakat umum

No 35.
a.      Benar; Kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian berisi tujuan yang ingin dicapai
b.      Salah; cara analisis tidak dicantumkan dalam kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian
c.       Salah; hasil penelitian yang diperolah tidak dicantumkan dalam kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian
d.      Salah; simpulan dan saran cara analisis tidak dicantumkan dalam kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian

No 36.
a.       Salah; fenomena yang ada tidak dapat menjadi dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian
b.      Benar; kerangka teori dapat menjadi dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian
c.       Salah; Analisis data penelitian tidak dapat menjadi dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian
d.      Salah; saran dan penelitian sebelumnya tidak dapat menjadi dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian

No 37.
a.       Salah; populasi sulit menyediakan data primer
b.      Benar; data primer dapat diperoleh dari sampel
c.       Salah; kajian pustakan tidak bisa menyediakan data primer
d.      Salah; ulasan peneliti tidak bisa menyediakan data primer

No 38.
a.       Salah; kajian teori da daftar pustaka tidak bisa menjadi bahan saran dalam laporan ilmiah
b.      Salah; pendapat para ahli tidak bisa menjadi bahan saran dalam laporan ilmiah
c.       Salah; analisis dan interpretasi masih sulit dijadikan bahan saran dalam laporan ilmiah
d.      Benar; simpulan dan tindak lanjut adalah bahan yang baik untuk membuah saran laporan ilmiah

No 39.
a.       Salah; sistematika penulisan sulit membedakan makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian
b.      Salah; isi penulisan laporan sulit membedakan makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian
c.       Benar; metodologi yang digunakan dapat membedakan makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian
d.      Salah; simpulan yang dipeoleh sulit membedakan makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian

No 40.
a.       Salah; analisis hasil penelitian tidak tergolong metodologi
b.      Benar; metodologi penelitian dapat berisi populasi, sampel, dan teknik analisis
c.       Salah; simpulan hasil penelitian bukan bagian dari metodologi
d. Salah; rekomendasi penelitian bukan bagian dari metodologi

No 41.
a.       Salah; abstract descriptive tidak dimaksudkan agar calon pembaca memutuskan untuk membaca keseluruhan naskah.
b.      Salah; abstract informatif hanya membeberkan apa yang ada dalam naskah keseluruhannya
c.       Salah; abstrack agitatif hanya memberi penekanan pada konten tertentu dengan tidak melupakan konten yang lain dalam naskah
d.      Benar; abstract persuatif dimaksud untuk menarik minat calon pembaca untuk menelususri seluruh isi bacaan

No 42.
a.      Benar; rumusan masalah sangat spesifik dari isi karya tulis terutama dalam hal metode
b.      Salah; tujuan penelitian bisa dicantumkan dalam abstract sebuah makalah
c.       Salah; hasil penelitian secara detail tidak harus dicantumkan dalam abstract
d.      Salah; sebuah abstract tidak perlu membuat kesimpulan

No 43.
a.       Salah; presentsi komunikatif sifatnya datar dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
b.      Benar; presentasi persuatif memang dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
c.       Salah; presentasi informtif sifatnya datar dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
d.      Salah; presentasi descriptif sifat menyajika data dan fakta dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien

No 44.
a.      Benar; audiens yang terbuka cenderung mendesak agar penyajian sebih ekspresif
b.      Salah; audiens netral cenderung menerima saja apa yang disajikan
c.       Salah; audiens yang kurang berminat cenderung diam
d.      Salah; audiens yang penuh kecurigan cenderung menuntut sajian secara detail

No 45.
a.       Salah; sajian materi yang sifatnya menjelaskan pengaruh suatu variable tidak dituntut secara kronologis
b.      Benar; sajian materi yang sifatnya mengacu pada topik tertentu dituntut untuk disajiakan secara sistematika
c.       Salah; sajian materi yang sifat sebag-akibat harus disajikan secara kronologis
d.      Salah; sajian berdasarkan tujuan hendaknya disertai dengan jawaban atas tercapai-tidaknya tujuan yang ditetapkan

No 46.
a.       Salah; poin-poin penting diperlukan untuk membantu pengingatan terhadap aspek tertentu dalam presentasi
b.      Benar; catatan awal perlu disiapkan agar peresentasi berjalam lancar sesuai tujuan yang ditetapkan
c.       Salah; untuk menjawab pertanyaan tidak perlu disiapkan catatan, melainkan pemahaman terhadap isi yang diperlukan
d.      Salah; catatan awal tidak bisa ditunjukan kepada peserta sebagai bukti apapun tentang sajian yang dibawakan

No 47.
a.       Salah; terlalu banyak animasi dan warna tidak disarankan untuk sajian ujian skripsi
b.      Salah; banyak warna tidak disarankan untuk sajian ujian skripsi
c.       Benar; animasi dan warna diperlukan secukupnya sesuai keperluan
d.      Salah; terlalu banyak warni-warni dalam banyak hal akan mengganggu misi yang ingin dicapai

No 48.
a.       Salah; kredibilitas penyaji sulit diukur dari kejujuran dalam menyampaikan materi
b.      Benar; kredibilitas penyaji diukur dari tingkat penguasaannya terhadap materi yang disampaikan
c.       Salah; kemampuan menggunakan media mencerminkan keluasan wawasan penyaji
d.      Salah; kemampuan menarik simpati peserta mencerminkan keluwesan penyaji

No 49.
a.      Benar; penggunaan istilah asing terlalu banyak seringkali menjadi hambatan semantik sehingga sajian kuranag menarik
b.      Salah; hambatan semantik tidak berkaitan dengan cara atau metode menjawab
c.       Salah; kurang baiknya penampilan tidak tergolong ke dalam hambatan semantic
d.      Salah; gangguan sikap penyaji yang menerima telpon saat menyajian materi tidak tergolong hambatan semantic

No 50.
a.       Salah; Jika kesan tidak sampai kepada peserta maka tidak perlu dilakukan pengulangan presentasi
b.      Salah; penjelasan ulang materi yang telah disajikan sangat sulit dilakukan
c.       Salah; mencatat perbedaan kesan peserta hanya perlu saat melakukan penelitian
d.      Benar; kegiatan evaluasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sajian dan penyajian materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 24 Mei 2013

Kunci Jawaban Penulisan Karya Ilmiah PDGK4402



No 1.
a.       salah, karena karya ilmiah tidak selalu harus disusun secara urut
b.      salah, karena karya ilmiah tidak selalu harus dikembangkan dalam gagasan naratif
c.       benar, karena sistematis dalam menyusun gagasan adalah prasyarat penting dalam karya ilmiah
d.      salah, karena karya ilmiah tidak selalu harus agitatif

No 2.
a.       salah, karena sebuah karya tulis ilmiah tidak dapat dikatakan sebagai sampel penelitian oleh penulis
b.      salah, karena sebuah karya tulis ilmiah tidak dapat dikatakan sebagai populasi penelitianoleh peneliti
c.       benar, karena karya tulis ilmiah bermanfaat sebagai referensi baik bagi penulis maupun pembaca
d.      salah, karena sebuah karya tulis ilmiah tidak selalu bermanfaat bagi masyarakat umum

No 3.
a.       salah, karena berita dalam harian masmedia Kompas menggunakan bahasa dan istilah umum sehingga dipahami masyarakat luas
b.      benar, karena bahwa tulisan ilmiah yang dituangkan pada surat kabar harian kompas termasuk karya tulis ilmiah popular
c.       salah, karena berita dalam harian kompas tidak hanya ditujukan kepada kalangan akademis
d.      salah, karena karakteristik yang membedakan karya populer adalah dari bahasa yang digunakannya

No 4.
a.       salah, karena bahasa yang digunakan menunjukan bahasa teknis manajemen sekolah
b.      salah, karena bahasa yang digunakan menonjolkan bahasa teknis hasil penelitian
c.       benar, karena bahasa yang digunakan sudah bisa mewakili pemahaman umum
d.      salah, karena bahasa yang digunakan menonjolkan bahasa teknis administrasi sekolah

No 5.
a.       salah, karena thesis tidak harus menonjolkan fenomena
b.      benar, karena thesis harus memilki struktur yang ketat
c.       salah, karena thesis umumnya dimulai dari kajian literatur yang dapat melatarbelakangi penelitian
d.      salah, karena dengan struktur tang ketat dan baku, thesis tidak harus dimulai dengan hal yang menarik perhatian

No 6.
a.      benar, karena struktur tulisan tersebut sesuai untuk makalah
b.      salah, karena prosiding harus dimulai dengan daftar isi
c.       salah, karena jurnal harus mengandung daftar isi
d.      salah, karena skripsi harus mengandung daftar isi

No 7.
a.       salah, karena hanya mengungkapkan banyak ide asli belum menjadi ciri netralitas sikap penulis karya ilmiah
b.      salah, karena memberikan banyak komentar terhadap orang lain belum menjadi sikap netral penulis karya ilmiah
c.       salah, karena memberikan banyak argumen sanggahan pendapat orang belum menjadi sikap netralitas penulis
d.      benar, karena netralitas seorang penulis karya tulis ilmiah seringkali ditentukan dengan konsiderasi penulis yang lebih luas

No 8.
a.       salah, karena pernyataan pada option A tidak sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah
b.      salah, karena pernyataan teknis pada option B tidak sesui dengan kaidah karya tulis ilmiah
c.       benar, karena penggunaan istilah amilasa sudah sangat dikenal masyarakat
d.      salah, karena penggunaan istilah teknis dalam option D tidak sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah

No 9.
a.       salah, karena judul final dapat ditentukan sejalan dengan proses penulisan karya ilmiah
b.      benar, karena topik harus ditetapkan sebelum karya ilmiah dibuat
c.       salah, karena sampel bisa ditetapkan relatif setelah topik dan masalah ditetapkan
d.      salah, karena jenis uji statistik ditetapkan setelah masalah dan metode pengambilan data ditetapkan

No 10.
a.       salah, karena kalimat tersebut terlalu teknis penelitian dan sempit
b.      salah, karena kalimat tersebut terlalu teknis penelitian dan sempit
c.       benar, karena kalimat tersebut membuka beberapa alternatif kajian
d.      salah, karena kalimat tersebut terlalu teknis penelitian dan sempit

No 11.
a.      benar, karena target pembaca forum dosen lebih fokus dan khusus dalam bidang ilmu
b.      salah, karena topik dapat saja sama tapi target sajian kepada calon pembaca yang menonjol perbedaannya
c.       salah, karena sampel dapat saja sama tapi target sajian kepada calon pembaca yang menonjol perbedaannya
d.      salah, karena pendekatan boleh saja sama tapi target sajian terhadap calon pembaca yang menonjol perbedaannya

No 12.
a.      benar, karena cakupan materi sangat penting diperhatikan pada saat menuliskan karya ilmiah sesuai dengan tujuan dan calon pembaca
b.      salah, karena populasi dan sampel tidak terlalu dominan untuk diperhatikan pada saat menulis karya ilmiah sesuai dengan tujuan dan calon pembaca
c.       salah, karena metode penelitian tidak menonjol untuk diperhatikan pada saat menulis karya ilmiah sesuai dengan tujuan dan calon pembaca
d.      salah, karena kajian teori bukan hal penting untuk diperhatikan pada saat menulis karya ilmiah sesuai dengan tujuan dan calon pembaca

No 13.
a.       salah, karena buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan tidak tergolong sumber primer
b.      benar, karena buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan tergolong sumber primer
c.       salah, karena buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan tidak satu-satunya yang akurat
d.      salah, karena buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan dapat saja langsung digunakan

No 14.
a.       salah, karena kamus yang utama bukan berfungsi sebagai daftar pustaka
b.      benar, karena kamus yang utama berfungsi sebagai pengenalan suatu terminology
c.       salah, karena kamus yang utama bukan berfungsi sebagai pokok acuan berpikir
d.      salah, karena kamus tidak berfungsi sebagai pengenal topik tertentu

No 15.
a.      benar, karena mesin pencarian pada internet dapat bermanfaat untuk online catalog
b.      salah, karena mesin pencarian pada internet tidak dapat berfungsi sebagai buku elektronik
c.       salah, karena mesin pencarian pada internet bukan sebagai alat demonstrasi pembelajaran
d.      salah, karena mesin pencarian pada internet bukan sebagai alat simulasi kejadian tertentu

No 16.
a.       salah; penggunaan tanda titik (...) bukan berarti untuk menyembunyikan bagian yang harus dipertanggungjawabkan.
b.      salah; penggunaan tanda titik (...) bukan berarti ada bagian kalimat yang tidak sengaja terpotong.
c.       benar; penggunaan tanda titik (...) berarti ada bagian kalimat yang sangat berkaitan untuk diambil sebagai literatur.
d.      salah; penggunaan tanda titik (...) bukan berarti ada bagian kalimat yang perlu diteliti kembali.

No 17.
a.       Salah; pada saat wawancara memang harus menggunakan pedoman wawancara
b.      Salah; wawancara memang harus dilakukan di ruang terpisah yang baik
c.       Salah; wawancara memang harus dilakukan dengan suasana santai
d.      Benar; wawancara tidak boleh dilakukan untuk mempengaruhi pendapat

No 18.
a.       Salah; kajian terhadap permasalahan tersebut hanya dikonsumsi oleh masyarakat pendidikan, siswa belum termasuk didalamnya
b.      Salah; kajian terhadap permasalahan tersebut hanya dikonsumsi oleh masyarakat pendidikan, mahasiswa masih belum dikategorikan bagiannya
c.       Benar; kajian terhadap permasalahan tersebut memang hanya dikonsumsi oleh masyarakat pendidikan
d.      Salah; kajian terhadap permasalahan tersebut hanya dikonsumsi oleh masyarakat pendidikan, tidak oleh umum

No 19.
a.       Salah; pemilihan kata yang tepat dan tunggal tujuannya bukan untuk meringkas
b.      Benar; pemilihan kata yang tepat dan tunggal tujuannya agar tidak bermakna ganda
c.       Salah; pemilihan kata yang tepat dan tunggal tujuannya tidak secara langsung untuk kepadatan tulisan
d.      Salah; pemilihan kata yang tepat dan tunggal tujuannya justeru akan menghindari kesulitas pembaca

No 20.
a.       Salah; dengan kriteria tersebut artikel dimaksud tidak tergolong kategori lengkap dan jelas
b.      Salah; dengan kriteria tersebut artikel dimaksud tidak termasuk kategori tidak lengkat tetapi jelas
c.       Benar; dengan kriteria tersebut artikel dimaksud masuk kategori lengkap tetapi tidak jelas
d.      Salah; dengan kriteria tersebut artikel dimaksud tidak tergolong kategori tidak lengkap dan tidak jelas

No 21.
a.       Salah; artikel dengan tujuan dimaksud tidak tergolong teoritis
b.      Benar; artikel dengan tujuan dimaksud tergolong konseptual
c.       Salah; artikel dengan tujuan dimaksud belum tentu hasil penelitian
d.      Salah; artikel dengan tujuan dimaksud tidak termasuk artikel popular

No 22.
a.      Benar; Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan mengacu kepada keseragaman persepsi materi yang dituliskan
b.      Salah; Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan tidak langsung berkaitan dengan jumlah pustaka yang diambil
c.       Salah; Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan tidak langsung terkait dengan panjangnya tulisan
d.      Salah; Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan tidak langsung dipengaruhi oleh banyaknya idea sendiri

No 23.
a.       Salah; abstract biasanya ditulis terdahhulu
b.      Benar; urutan tersebut sudah benar
c.       Salah; abstrak tidak ditulis sebelum judul
d.      Salah; diskusi tidak ditulis setelah refrensi

No 24.
a.      Benar; sitasi berfungsi menjadikan tulisan sesuai dengan perkembangan jaman
b.      Salah; sitasi tidak berkaitan langsung dengan keaslian tulisan
c.       Salah; sitasi tidak berkaitan dengan kesesuaian metode
d.      Salah; sitasi tidak mengukur jumlah acuan yang dipakai

No 25.
a.       Salah; terminologi khusus dalam abstrak tidak berfungsi akuratif
b.      Salah; terminologi khusus dalam abstrak tidak berfungsi kohesif
c.       Salah; terminologi khusus dalam abstrak tidak berfungsi evaluative
d.      Benar; terminologi khusus dalam abstrak berfungsi spesifik

No 26.
a.      Benar; paparan tentang temuan sebelumnya dalam aftikel dapat menggambarkan posisi penelitian terkati sebelumnya
b.      Salah; paparan tentang temuan sebelumnya dalam aftikel tidak selalu sebagai tindak lanjut yang dilakukan sebelumnya
c.       Salah; paparan tentang temuan sebelumnya dalam aftikel tidak menjelaskan landasan berpikir untuk penelitian selanjutnya
d.      Salah; paparan tentang temuan sebelumnya dalam aftikel tidak selalu menjadi pemandu penelitian yang dilakukan selanjutnya

No 27.
a.       Salah, Option A adalah komponen yang menjadi acuan dalam menentukan jenis uji statistik yang digunakan
b.      Salah, Option B adalah komponen yang menjadi acuan dalam menentukan jenis uji statistik yang digunakan
c.       Salah, Option C adalah komponen yang menjadi acuan dalam menentukan jenis uji statistik yang digunakan
d.      Benar, Option D data penelitian tidak termasuk dalam acuan dasar dalam menentukan jenis uji statistik yang digunakan

No 28.
a.       Salah; cara penulisan penulis buku pada option A sudah benar
b.      Salah; cara penulisan tahun penerbitan buku pada option B sudah benar
c.       Salah; cara penulisan judul buku pada option C sudah benar
d.      Benar; cara penulisan penerbit buku pada option D harus ditulis tempat lebih dahulu diikuti titik dua baru nama penertbit

No 29.
a.       Salah; istilah intuitif dalam kontek kalimat tersebut tidak bermakna coba-coba
b.      Benar; istilah intuitif dalam kontek kalimat tersebut bermakna perkiraan
c.       Salah; istilah intuitif dalam kontek kalimat tersebut tidak bermakna hipotesa
d.      Salah; istilah intuitif dalam kontek kalimat tersebut tidak bermakna kesimpulan

No 30.
a.       Salah; option A bisa benar tapi tidak berkaitan dengan pertanyaan
b.      Salah; option B benar tapi tidak berkaitan dengan pertanyaan
c.       Salah; option C benar tapi tidak berkaitan dengan pertanyaan
d.      Benar; kemampuan pembaca dipengaruhi oleh kemampuannya dalam mengkaitkan satu makna dengan makna lainnya

No 31.
a.      Benar; target pembaca skripsi, tesis, disertasi yang utama adalah kalangan akademisi
b.      Salah; masyarakat ilmiah tidak selalu menjadi target pembaca skripsi, tesis, disertasi yang utama
c.       Salah; masyarakat umum bukan target pembaca skripsi, tesis, disertasi
d.      Salah; penyandang dana bukan target pembaca skripsi, tesis, disertasi

No 32.
a.       Salah; masyarakat akademis tidak selalu menjadi konsumen Karya ilmiah bidang teknologi IT dalam pendidikan
b.      Benar; masyarakat ilmiah adalah konsumen utama Karya ilmiah bidang teknologi IT dalam pendidikan
c.       Salah; masyarkat umum adalah konsumen utama Karya ilmiah bidang teknologi IT dalam pendidikan
d.      Salah; penyandang dana adalah konsumen utama Karya ilmiah bidang teknologi IT dalam pendidikan

No 33.
a.       Salah; objectivitas hasil penelitian akan terganggu jika didasarkan pada keinginan penyandang dana
b.      Benar; laporan penelitian harus memenuhi kriteria objektivitas dan etika penulisan ilmiah
c.       Salah; hasil penelitian harus sesuai dengan fakta dan data yang ada sesuai hasil analisis yang dilakukan
d.      Salah; laporan ilmiah harus sesuai dengan fakta dan data yang ada sesuai hasil analisis yang dilakukan

No 34.
a.       Salah; penggunaan istilah teknis dapat diberikan untuk tulisan ilmiah kepada masyarakat akademis
b.      Salah; penggunaan istilah teknis dapat diberikan untuk tulisan ilmiah kepada masyarakat ilmiah
c.       Salah; penggunaan istilah teknis dapat diberikan untuk tulisan ilmiah kepada penyandang dana
d.      Benar; penggunaan istilah teknis tidak cocok diberikan untuk tulisan ilmiah kepada masyarakat umum

No 35.
a.      Benar; Kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian berisi tujuan yang ingin dicapai
b.      Salah; cara analisis tidak dicantumkan dalam kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian
c.       Salah; hasil penelitian yang diperolah tidak dicantumkan dalam kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian
d.      Salah; simpulan dan saran cara analisis tidak dicantumkan dalam kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian

No 36.
a.       Salah; fenomena yang ada tidak dapat menjadi dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian
b.      Benar; kerangka teori dapat menjadi dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian
c.       Salah; Analisis data penelitian tidak dapat menjadi dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian
d.      Salah; saran dan penelitian sebelumnya tidak dapat menjadi dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian

No 37.
a.       Salah; populasi sulit menyediakan data primer
b.      Benar; data primer dapat diperoleh dari sampel
c.       Salah; kajian pustakan tidak bisa menyediakan data primer
d.      Salah; ulasan peneliti tidak bisa menyediakan data primer

No 38.
a.       Salah; kajian teori da daftar pustaka tidak bisa menjadi bahan saran dalam laporan ilmiah
b.      Salah; pendapat para ahli tidak bisa menjadi bahan saran dalam laporan ilmiah
c.       Salah; analisis dan interpretasi masih sulit dijadikan bahan saran dalam laporan ilmiah
d.      Benar; simpulan dan tindak lanjut adalah bahan yang baik untuk membuah saran laporan ilmiah

No 39.
a.       Salah; sistematika penulisan sulit membedakan makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian
b.      Salah; isi penulisan laporan sulit membedakan makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian
c.       Benar; metodologi yang digunakan dapat membedakan makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian
d.      Salah; simpulan yang dipeoleh sulit membedakan makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian

No 40.
a.       Salah; analisis hasil penelitian tidak tergolong metodologi
b.      Benar; metodologi penelitian dapat berisi populasi, sampel, dan teknik analisis
c.       Salah; simpulan hasil penelitian bukan bagian dari metodologi
d. Salah; rekomendasi penelitian bukan bagian dari metodologi

No 41.
a.       Salah; abstract descriptive tidak dimaksudkan agar calon pembaca memutuskan untuk membaca keseluruhan naskah.
b.      Salah; abstract informatif hanya membeberkan apa yang ada dalam naskah keseluruhannya
c.       Salah; abstrack agitatif hanya memberi penekanan pada konten tertentu dengan tidak melupakan konten yang lain dalam naskah
d.      Benar; abstract persuatif dimaksud untuk menarik minat calon pembaca untuk menelususri seluruh isi bacaan

No 42.
a.      Benar; rumusan masalah sangat spesifik dari isi karya tulis terutama dalam hal metode
b.      Salah; tujuan penelitian bisa dicantumkan dalam abstract sebuah makalah
c.       Salah; hasil penelitian secara detail tidak harus dicantumkan dalam abstract
d.      Salah; sebuah abstract tidak perlu membuat kesimpulan

No 43.
a.       Salah; presentsi komunikatif sifatnya datar dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
b.      Benar; presentasi persuatif memang dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
c.       Salah; presentasi informtif sifatnya datar dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
d.      Salah; presentasi descriptif sifat menyajika data dan fakta dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien

No 44.
a.      Benar; audiens yang terbuka cenderung mendesak agar penyajian sebih ekspresif
b.      Salah; audiens netral cenderung menerima saja apa yang disajikan
c.       Salah; audiens yang kurang berminat cenderung diam
d.      Salah; audiens yang penuh kecurigan cenderung menuntut sajian secara detail

No 45.
a.       Salah; sajian materi yang sifatnya menjelaskan pengaruh suatu variable tidak dituntut secara kronologis
b.      Benar; sajian materi yang sifatnya mengacu pada topik tertentu dituntut untuk disajiakan secara sistematika
c.       Salah; sajian materi yang sifat sebag-akibat harus disajikan secara kronologis
d.      Salah; sajian berdasarkan tujuan hendaknya disertai dengan jawaban atas tercapai-tidaknya tujuan yang ditetapkan

No 46.
a.       Salah; poin-poin penting diperlukan untuk membantu pengingatan terhadap aspek tertentu dalam presentasi
b.      Benar; catatan awal perlu disiapkan agar peresentasi berjalam lancar sesuai tujuan yang ditetapkan
c.       Salah; untuk menjawab pertanyaan tidak perlu disiapkan catatan, melainkan pemahaman terhadap isi yang diperlukan
d.      Salah; catatan awal tidak bisa ditunjukan kepada peserta sebagai bukti apapun tentang sajian yang dibawakan

No 47.
a.       Salah; terlalu banyak animasi dan warna tidak disarankan untuk sajian ujian skripsi
b.      Salah; banyak warna tidak disarankan untuk sajian ujian skripsi
c.       Benar; animasi dan warna diperlukan secukupnya sesuai keperluan
d.      Salah; terlalu banyak warni-warni dalam banyak hal akan mengganggu misi yang ingin dicapai

No 48.
a.       Salah; kredibilitas penyaji sulit diukur dari kejujuran dalam menyampaikan materi
b.      Benar; kredibilitas penyaji diukur dari tingkat penguasaannya terhadap materi yang disampaikan
c.       Salah; kemampuan menggunakan media mencerminkan keluasan wawasan penyaji
d.      Salah; kemampuan menarik simpati peserta mencerminkan keluwesan penyaji

No 49.
a.      Benar; penggunaan istilah asing terlalu banyak seringkali menjadi hambatan semantik sehingga sajian kuranag menarik
b.      Salah; hambatan semantik tidak berkaitan dengan cara atau metode menjawab
c.       Salah; kurang baiknya penampilan tidak tergolong ke dalam hambatan semantic
d.      Salah; gangguan sikap penyaji yang menerima telpon saat menyajian materi tidak tergolong hambatan semantic

No 50.
a.       Salah; Jika kesan tidak sampai kepada peserta maka tidak perlu dilakukan pengulangan presentasi
b.      Salah; penjelasan ulang materi yang telah disajikan sangat sulit dilakukan
c.       Salah; mencatat perbedaan kesan peserta hanya perlu saat melakukan penelitian
d.      Benar; kegiatan evaluasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sajian dan penyajian materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar