No 1.
a. salah, karena
Aristoteles tidak melihat manusia sebagai makhluk yang berbudaya
b. salah, sebab faktor
susila tidak dianggap penting
c. salah, sebab
agama dianut oleh manusia setelah mereka ada
d. benar, karena inti
dari manusia sebagai makhluk adalah mereka tidak dapat hidup secara
sendiri-sendiri
No 2.
a. salah, karena
perkembangan manusia bersifat terbuka
b. salah, sebab secara
fisik manusia memang berbeda dengan hewan
c. benar,
karena perkembangan manusia bersifat terbuka, oleh sebab itu manusia dapat
dididik
d. salah, sebab
perbedaan antara manusia dengan hewan cukup banyak
No 3.
a. salah, sebab
asas potensialitas lebih mengutamakan potensi yang ada pada diri setiap manusia
b. benar, sebab asas
moralitas mengajarkan bahwa manusia memiliki dimenasi moralitas yang memungkinkan manusia dapat dididik
c. salah, sebab
asas dinamika berpendapat bahwa manusia selalu aktif dalam aspek fisiologis
maupun spiritualnya
d. salah, sebab asas
sosialitas berpendapat bahwa manusia harus selalu hidup secara bersama-sama
dengan manusia lainnya
No 4.
a. benar, sebab
tujuan dari humanisasi adalah upaya memanusiakan manusia
b. salah, sebab
individualitas merupakan orang perorangan
c. salah, sebab
sifat manusia selain bersifat individualitas, mereka juga sebagai makhluk
social
d. salah, sebab definisi
di atas tidak melmperihatkan adanya aspek potensi manusia
No 5.
a. salah, sebab
pendidikan itu bukan martabat seseorang, namun pendidikan dapat mengangkat
martabat seseorang
b. salah, sebab
pendidikan boleh diikuti oleh siapa saja, tidak ada batasan untuk mengikuti
pendidikan
c. benar, sebab
pendidikan merupakan hak asasi setiap orang, oleh sebab itu tidak ada batasan
untuk mengikuti pendidikan
d. salah, sebab
pendidikan bukan satu-satunya sarana yang dapat merubah kepribadian seseorang
No 6.
a. salah, sebab
asumsi religius pendidikan bersumber dari agama sebagai titik tolak praktek
pendidikan
b. benar, sebab
asumsi landasan ilmiah pendidikan bersumber dari berbagai disiplin ilmu sebagai
titik tolak pendidikan
c. salah, sebab
asumsi filisofis pendidikan bersumber dari filsafat sebagai titik tolak praktek
pendidikan
d. salah, sebab asumsi
yuridis atau hukum pendidikan bersumber dari aturan dan perundang-undangan yang
berlaku sebagai titik tolak pendidikan
No 7.
a. benar, sebab
Peraturan Menteri RI Nomor 42 Tahun 2006 merupakan landasan yuridis pendidikan
di Indonesia
b. salah, sebab hanya
Batang Tubuh UUD RI 1945 yang dijadikan landasan yuridis pendidikan Indonesia
c. salah, sebab UU
RI Nomor 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d. salah, sebab PP Nomor
28 Tahun 1990 mengatur tentang Pendidikan Dasar
No 8.
a. salah, sebab
berbagai asumsi di atas tidak ada kaitannya dengan mental spiritual
b. benar, sebab
landasan mental spiritual dimulai dengan berbagai asumsi di atas
c. salah, sebab
landasan yuridis pendidikan bersumber kepada UUD 1945, UU, PP, atau yang
lainnya yang masih berlaku disuatu tempat
d. salah, sebab landasan
moral agama adalah ajaran-ajaran agama dan kitab suci masing-masing agama
No 9.
a. benar, sebab
menurut aliran Nativisme faktor bawaan dan bakat adalah faktor yang paling
dominan yang dimiliki seseorang
b. salah, sebab
Empirisme memandang faktor lingkungan dan pendidikanlah yang paling penting dan
paling berpengaruh pada diri seseorang
c. salah, sebab Konvergensi memandang bahwa faktor keturunan, bawaan, bakat,
pendidikan, dan lingkungan, sama-sama berpengaruh terhadap seseorang
d. salah, sebab menurut
aliran Behaviour perubahan tingkah laku seseorang dipengaruhi oleh banyak
factor
No 10.
a. salah, sebab
Peter L. Berger mendefinisikan tentang pengendalian social
b. salah, sebab Komblum
mendefinisikan struktur sosial yaitu hubungan individu/kelompok secara berulang-ulang
c. benar, sebab
definisi di atas dikemukakan oleh Theodorson G.A
d. salah, sebab Piaget
membahas tentang perkembangan anak dari usia 0 - 21 tahun
No 11.
a. salah, sebab
psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia
b. salah, sebab
sosiologi adalah ilmu yang mengkaji tentang hubungan manusia satu dengan
manusia lain, baik secara individu maupun kelompok
c. benar, sebab
definisi di atas merupakan bidang kajian Antropologi
d. salah, sebab
pedagogik adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai ilmu pendidikan/ilmu
mendidik
No 12.
a. benar, sebab zaman
pengaruh Spanyol dan Portugis merupakan landasan historis pendidikan di
Indonesia
b. salah, sebab UUD RI
Tahun 1945 merupakan landasan yuridis pendidikan Indonesia
c. salah, sebab UU
RI Nomor 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d. salah, sebab PP Nomor
28 Tahun 1990 mengatur tentang Pendidikan Dasar
No 13.
a. salah, sebab
pernyataan di atas mengemukakan tentang bagaimana peranan guru di Indonesia
b. benar, sebab
dengan pendidikan menyebabkan seseorang menjadi pandai dan ini merupakan sebuah
investasi
c. salah, sebab
deviant behaviour merupakan penyimpangan tingkah laku
d. salah, sebab pranata
sosial merupakan sistem/peran dan norma sosial yang saling berhubungan dan
terorganisasi
No 14.
a. salah, sebab
tidak semua keluarga guru yang hidupnya pas-pasan mempunyai anak-anak yang
pandai
b. salah, sebab belajar
di sekolah negeri bukan jaminan anak akan menjadi pandai
c. salah, sebab
sumber biaya bukan penyebab anak menjadi pandai
d. benar, sebab anak
yang dididik secara prihatin, dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan
cepat menjadi pandai
No 15.
a. salah, sebab
berdasarkan garis keturunannya, keluarga dibedakan dalam tiga bentuk yaitu
patrilineal, matrilineal, dan bilateral
b. benar, sebab
berdasarkan pembagiannya, pemegang kekuasaan dibagi seperti tersebut di atas
c. salah, sebab
dari bentuk perkawinan, keluarga dibagi menjadi keluarga poligami, monogami,
dan poliandri
d. salah, sebab
berdasarkan keutuhannya, keluarga dibedakan atas keluarga utuh, keluarga
bercerai, dan keluarga pecah semu
No 16.
a. salah, sebab
TIU merupakan tujuan yang ingin dicapai secara umum
b. salah, sebab TIK
adalah tujuan operasional pembelajaran secara khusus
c. salah, Tujuan
Pendidikan Nasional adalah membentuk manusia Indonesia berpancasila,
berkepribadian, dan bertaqwa kepada Tuhan YME
d. benar, sebab
tujuan pendidikan sekolah adalah seperti tersebut di atas
No 17.
a. salah, sebab
kursus bahasa Inggris selalu dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
b. salah, sebab kejar
Paket A dan B dilaksanakan seperti pendidikan yang dilaksanakan di sekolah pada
umumnya
c. benar,
memanggil guru agama kerumah untuk berceramah, umumnya tidak dilaksanakan
secara terstruktur dan berjenjang
d. salah, sebab kursus
komputer dan perbengkelan dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
No 18.
a. salah, sebab
mencari kepandaian secara sendiri-sendiri belum tentu siswa akan memperoleh
hasil yang maksimal
b. salah, sebab
kesibukan guru di luar jam mengajar, mengakibatkan pelajaran yang diperoleh
dari guru tersebut tidak maksimal
c. benar, sebab
jika kesadaran untuk maju sudah tumbuh secara bersama-sama, maka tujuan
pembelajaran akan mudah dicapai
d. salah, sebab jika
kompetensi siswa tidak mendapatkan perhatian dari orang tua dan guru, akan
mengakibatkan siawa menjadi frustasi
No 19.
a. benar, sebab
hakikat peserta didik harus disesuaikan dengan semua hal yang berkaitan dengan
pendidikannya
b. salah, sebab
kompetensi mengajar guru yang bagus, bukan implikasi pernyataan di atas
c. salah, sebab
kurikulum itu hanya salah satu bagian yang digunakan dalam proses pendidikan
d. salah, sebab media
hanya merupakan satu bagian dari sarana pendidikan yang dimaksud
No 20.
a. benar, sebab
menurut Langeveld, salah satu karakteristik yang mengandung pendidikan adalah seperti tersebut di
atas
b. salah, sebab hubungan
dan pergaulan dengan sesama manusia tidak perlu menggunakan undang-undang
c. salah, sebab
pergaulan yang mengandung pendidikan tidak harus memiliki sarana dan media
d. salah, sebab
pergaulan yang mengandung pendidikan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja
No 21.
a. salah, sebab
rasa hormat anak kepada pak Bonar karena ada unsur takut, sementara dengan pak
Ali karena mereka segan
b. salah, sebab
seharusnya rasa hormat anak kepada guru, tidak dibeda-bedakan dengan bidang
studi yang diajarkannya
c. salah, rasa
takut untuk berbuat kesalahan harus tumbuh menjadi kesadaran diri bukan karena
terpaksa
d. benar, sebab guru
yang berwibawa dan menyayangi mereka akan menumbuhkan rasa segan dan hormat
dengan sendirinya
No 22.
a. salah, sebab
behavior memandang tingkah laku yang baik adalah akibat adanya aksi, dan reaksi
organisme terhadap lingkungannya
b. salah, Progresivisme merupakan gerakan yang dilandasi oleh filsafat
tertentu dan menentang sekolah atau pendidikan yang tradisional
c. benar, sebab
pandangan humanisme terhadap pendidikan seperti tersebut di atas
d. salah, aliran ini
menganggap guru perlu untuk menekankan pemahaman hubungan pengorganisasian dan
kebulatan dalam belajar
No 23.
a. salah, sebab
rumusan butir A merupakan uraian dari spasial
b. salah, sebab rumusan
butir B merupakan uraian dari temporal
c. salah, sebab
rumusan butir C merupakan uraian dari dinamis
d. benar, sebab
pluralistis membicarakan tentang pentingnya hubungan yang dapat menimbulkan
pengalaman
No 24.
a. salah, sebab
behaviorisme adalah aliran yang memandang bahwa perubahan tingkah laku dalam
belajar yang terpenting
b. betul, sebab
pendidikan menurutnya adalah nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut dan
abadi
c. salah, sebab
nativisme adalah aliran yang berpandangan bahwa hereditas adalah faktor yang
paling penting bagi pertumbuhan manusia
d. salah, sebab
konvergensi adalah aliran yang berpandangan bahwa faktor hereditas, lingkungan
dan pendidikan, sama-sama pentingnya bagi manusia
No 25.
a. salah, sebab
perenialisme adalah aliran yang percaya pada nilai-nilai dan norma-norma yang
abadi dalam kehidupan
b. salah, sebab aliran
ini merupakan gerakan pendidikan yang dilakukan oleh suatu perkumpulan yang
dilandasai oleh filsafat tertentu
c. benar, sebab
aliran ini berimplikasi pada dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan
nilai-nilai yang abadi
d. benar, sebab
aliran ini berimplikasi pada dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan
nilai-nilai yang abadi
No 26.
a. salah,
pendidikan pada masa ini masih bersifat aristokratis, pendidikan ditujukan
hanya kepada anak-anak Brahmana dan Kesatrya saja
b. benar, sebab
pendidikan pada masa Islam tidak membeda-bedakan peserta didiknya
c. salah, sebab pendidikan
pada masa ini lebih menekankan kepada penyebaran agama Katolik
d. salah, sebab awal
misi pendidikan zaman ini adalah misi keagamaan (penyebaran agama Protestan)
No 27.
a.
salah, sebab UUD ini tidak pernah digunakan sebagai landasan pendidikan di
Indonesia
b.
salah, sebab UU ini digunakan sebagai pengganti UUD RIS dan UU sementara RI
c.
salah, sebab UU ini adalah UU terbaru yang digunakan setelah tahun 1954
d.
benar, sebab UU ini digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di
Indonesia
No 28.
a. salah, sebab
rendahnya relevansi pendidikan merupakan bagian dari tantangan
b. benar, sebab
terbatasnya jumlah guru yang berkualitas merupakan kendala yang belum dapat
dipenuhi oleh pemerintah
c. salah, sebab
tingginya angka putus sekolah merupakan bagian dari tantangan
d. salah, sebab
kurangnya peran dunia usaha dalam pendidikan nasional merupakan bagian dari
tantangan
No 29.
a. benar, sebab Taman
Siswa pernah dua kali memiliki asas pendidikan, yaitu asas Taman Siswa 1922 dan
Panca Darma
b. Salah, sebab
Muhamadiyah merupakan salah satu organisasi yang memiliki asas agama Islam
c. Salah, sebab
INS memiliki asas lebih kepada latihan skill
d. Salah, sebab
Pesantern Tebu Ireng berasaskan agama Islam
No 30.
a. salah, sebab
sistem religi dan upacara keagamaan merupakan unsur-unsur universal kebudayaan
b. salah, sebab keseluruhan
sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia, merupakan definisi kebudayaan
c. salah, sebab
suatu komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia merupakan wujud
kebudayaan
d. benar, sebab
merupakan salah satu karakteristik kebudayaan
No 31.
a. salah sebab
pranata kebudayaan merupakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan
b. salah, sebab hubungan
kebudayaan dan pendidikan merupakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan
c. betul, sebab
pernyataan di atas merupakan definisi dari pendidikan sebagai proses enkulturasi
d. salah, sebab
pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan meruapakan uraian dari
kebudayaan dan pendidikan
No 32.
a. benar, merupakan
definisi dari pranata kebudayaan
b. salah, sebab
enkulturasi meruapakan faktor yang mempengaruhi kebudayaan manusia
c. salah, sebab di
dalam hubungan antara kebudayaan dan pendidikan terdapat hubungan komplementer
d. salah, sebab
kepribadian dan kepribadian bangsa meruapakan bagian dari kebudayaan dan
kepribadian
No 33.
a. salah, sebab
ras Melayu terbagi menjadi dua bagian, yaitu proto melayu, dan deutoro melayu
b. salah, sebab ras
Vedoid memiliki karakteristik sama dengan ras Mongoloid
c. salah, ras
Negroid memiliki karakteristik sama dengan ras Mongoloid
d. benar, sebab ras
Mongoloid memiliki ciri-ciri seperti tersebut di atas
No 34.
a. salah, sebab
lingkungan pendidikan dan pergaulan bukan merupakan lingkungan fisik manusia
b. benar, sebab
lingkungan fisik manusia Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera
c. salah, sebab
lingkungan sosial bukan merupakan lingkungan fisik manusia
d. salah, sebab RT, RW,
Kelurahan dan Kecamatan merupakan sistem kemasyarakatan
No 35.
a. salah, sebab
Wanua merupakan bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Makasar
b. salah, sebab keuchi merupakan
bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Aceh
c. betul, sebab
kepemimpinan pada masyarakat kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor bentuk
kepemimpinannya seperti di atas
d. salah, sebab huta
atau penghulu merupakan bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat
Batak
No 36.
a. salah, sebab
nilai-nilai pendidikan dan pergaulan bukan akar implikasi pendidikan nasional
b. benar, sebab
nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa merupakan akar implikasi pendidikan
nasional
c. salah, sebab UU
RI No 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d. salah, sebab
Pembukaan UUD 1945 merupakan landasan pendidikan nasional
No 37.
a. salah, sebab PP
RI No 14 Tahun 2005 mengatur tentang guru dan dosen
b. salah, sebab PP RI No
19 Th 2005 mengatur tentang Standar Nasional Pendidikan
c. benar, UU RI
No 23 Th 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d. salah, sebab
Peraturan Menteri Pendidikan No 16, tahun 2007 mengatur tentang Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi Guru
No 38.
a. salah, sebab
Kurikulum Berbasis Kurikulum (KBK) merupakan kurikulum yang terbit tahun 2004
dan berbasis pada kompetensi siswa
b. salah, sebab
pertumbuhan dan perkembangan siswa merupakan syarat pengembangan kurikulum
bukan implikasinya
c. salah, sebab
jenjang pendidikan merupakan bentuk kurikulum berdasarkan tingkatan kelas dan
sekolah
d. benar, sebab
implikasi dari pengembangan kurikulum adalah bahwa pengembangan kurikulum harus
bersifat nasional bermuatan local
No 39.
a. salah, sebab
meningkatnya standar nasional mutu pendidikan adalah isi dari tantangan dari
lingkungan fisik dan sosial budaya
b. salah, sebab
terbinanya kepribadian bangsa Indonesia adalah isi dari tantangan dari
lingkungan fisik dan sosial budaya
c. benar, sebab
keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia adalah aspek yang ditinjau dari
karakteristik antropologi
d. salah, sebab
relevansi pendidikan secara lokal adalah isi dari tantangan dari lingkungan
fisik dan sosial budaya
No 40.
a. benar, sebab orang
tua asuh adalah orang yang rela membantu anak fakir miskin untuk membiayai
sekolahnya
b. salah, sebab orang
tua angkat belum tentu mau membiayai sekolah anak-anak angkatnya
c. salah, sebab
tindakan tetangga ibu Kamal dilakukan tanpa pamrih dan tanpa mengharapkan akan
mengawini ibu Kamal
d. salah, sebab relawan
dan dermawan bisa membantu siapa saja dan untuk keperluan apa saja, tidak harus
untuk biaya pendidikan saja
No 41.
a. salah, sebab
tindakan seperti itu akan memperburuk keadaan yang bisa jadi akan merugikan
diri sendiri
b. salah, sebab
perhatian guru terhadap siswa merupakan faktor utama dalam menunjang proses
keberhasilan pembelajaran guru
c. benar, sebab
pendekatan yang baik oleh guru diharapkan dapat menyadarkan orang tua terhadap
anaknya selama di sekolah
d. salah, sebab tindakan
guru seperti itu bukan tindakan seorang guru yang memiliki kode etik dan nama
baik seorang guru
No 42.
a. benar, sebab
tindaklanjut dari penyelidikan ilmiah adalah pembuktian tentang penyelidikan
ilmiah
b. salah, sebab metode
ini digunakan oleh Aristoteles untuk menerangkan tentang dalil atau premis
tertentu
c. salah, sebab
originasi merupakan proses perubahan melalui penemuan elemen-elemen baru
d. salah, sebab difusi
merupakan peminjaman elemen budaya baru dari kebudayaan lain
No 43.
a. salah, sebab
memberikan keleluasaan kepada daerah merupakan dasar pemikiran lahirnya UU Nomor 22 Tahun 1999
b. salah, sebab tujuan
di atas merupakan pendapat yang dikemukakan oleh Indra Djati Sidi
c. salah, sebab
tujuan di atas merupakan tujuan penyerahan wewenang beberapa urusan pemerintah
pusat kepada pemerintah daerah
d. benar, sebab
tujuan di atas merupakan pertimbangan tentang perlunya diselenggarakan otonomi
daerah
No 44.
a. salah, sebab
problem solving merupakan suatu teknik pemecahan masalah
b. benar, sebab
filsafat sistem merupakan suatu pendekatan tentang cara berfikir mengenai
fenomena secara keseluruhan
c. salah, sebab
analisis sistem merupakan suatu metode atau teknik dalam memecahkan masalah
d. salah, sebab
manajemen sistem merupakan aplikasi teori sistem dalam rangka mengelola sistem
organisasi
No 45.
a. salah, sebab
pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan
perluasan pengetahuan
b. salah, sebab
pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk mereka yang
berkelainan
c. salah, sebab
pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana dan pasca
sarjana
d. benar, sebab
pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang disiapkan untuk anak didik
untuk memiliki pekerjaan
No 46.
a. salah, sebab
perubahan fisik terjadi karena proses alami
b. salah, sebab
pertumbuhan bunga yang subur dan besar, juga bersifat alami
c. benar, sebab
ditemukannya metode iqro akibat dari penelitian yang dilakukan dengan waktu
yang panjang dan secara terus menerus
d. salah, sebab hujan
dan banjir terjadi secara alami
No 47.
a. salah, sebab
penjelasan di atas merupakan definisi dari komunikasi homofil
b. salah, sebab
penjelasan di atas merupakan penjelasan dari ragam komunikasi
c. salah, sebab
penjelasan di atas merupakan definisi dari komunikasi
d. benar, sebab ciri-ciri
utama komunikasi konvergen adalah seperti tersebut di atas
No 48.
a. salah, sebab
difinisi ukuran dan kewilayahan mempersyaratkan kelompok orang atau geografis
untuk melaksanakan inovasi
b. benar, sebab
pernyataan di atas merupakan definisi dari kegiatan pemeliharaan terbatas
c. salah, sebab
fasilitas fisik adalah sistem sosial yang mengaitkan berbagai fasilitas dan
teknologi
d. salah, sebab prosedur
yang digunakan merupakan sistem sosial yang mengaitkan berbagai prosedur dan teknologi
No 49.
a. salah, sebab
mental block barries merupakan hambatan yang lebih disebabkan oleh sikap mental
b. salah, sebab contoh
di atas bukan merupakan bentuk dari culture block
c. benar, sebab
sosial block merupakan hambatan sebagai akibat dari faktor sosial dan pranata masyarakat sekitar
d. salah, sebab fisical
block lebih cenderung kepada hambatan yang diakibatkan oleh fisik yang kurang
sempurna, walau demikian ketidaksempurnaan fisik belum tentu menghambat adopsi
inovasi
No 50.
a. benar, sebab dasar
dari upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan pemerataan
kesempatan belajar
b. salah, sebab dasar
dilaksanakannya inovasi pendidikan bukan untuk pembebasan biaya pendidikan
khususnya pada pendidikan dasar
c. salah, sebab
cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi pendidikan bukan dasar dari
pada inovasi pendidikan
d. salah, sebab sejak
berkembanganya Islam di Indonesia, demokrasi pendidikan sudah dilaksanakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar