Jumat, 24 Mei 2013

Kunci Jawaban Ujian Pengantar Pendidikan MKDK4001




No 1.
a.       salah, karena Aristoteles tidak melihat manusia sebagai makhluk yang berbudaya
b.      salah, sebab faktor susila tidak dianggap penting
c.       salah, sebab agama dianut oleh manusia setelah mereka ada
d.      benar, karena inti dari manusia sebagai makhluk adalah mereka tidak dapat hidup secara sendiri-sendiri

No 2.
a.       salah, karena perkembangan manusia bersifat terbuka
b.      salah, sebab secara fisik manusia memang berbeda dengan hewan
c.       benar, karena perkembangan manusia bersifat terbuka, oleh sebab itu manusia dapat dididik
d.      salah, sebab perbedaan antara manusia dengan hewan cukup banyak

No 3.
a.       salah, sebab asas potensialitas lebih mengutamakan potensi yang ada pada diri setiap manusia
b.      benar, sebab asas moralitas mengajarkan bahwa manusia memiliki dimenasi moralitas yang memungkinkan manusia dapat dididik
c.       salah, sebab asas dinamika berpendapat bahwa manusia selalu aktif dalam aspek fisiologis maupun spiritualnya
d.      salah, sebab asas sosialitas berpendapat bahwa manusia harus selalu hidup secara bersama-sama dengan manusia lainnya



No 4.
a.      benar, sebab tujuan dari humanisasi adalah upaya memanusiakan manusia
b.      salah, sebab individualitas merupakan orang perorangan
c.       salah, sebab sifat manusia selain bersifat individualitas, mereka juga sebagai makhluk social
d.      salah, sebab definisi di atas tidak melmperihatkan adanya aspek potensi manusia

No 5.
a.       salah, sebab pendidikan itu bukan martabat seseorang, namun pendidikan dapat mengangkat martabat seseorang
b.      salah, sebab pendidikan boleh diikuti oleh siapa saja, tidak ada batasan untuk mengikuti pendidikan
c.       benar, sebab pendidikan merupakan hak asasi setiap orang, oleh sebab itu tidak ada batasan untuk mengikuti pendidikan
d.      salah, sebab pendidikan bukan satu-satunya sarana yang dapat merubah kepribadian seseorang

No 6.
a.       salah, sebab asumsi religius pendidikan bersumber dari agama sebagai titik tolak praktek pendidikan
b.      benar, sebab asumsi landasan ilmiah pendidikan bersumber dari berbagai disiplin ilmu sebagai titik tolak pendidikan
c.       salah, sebab asumsi filisofis pendidikan bersumber dari filsafat sebagai titik tolak praktek pendidikan
d.      salah, sebab asumsi yuridis atau hukum pendidikan bersumber dari aturan dan perundang-undangan yang berlaku sebagai titik tolak pendidikan

No 7.
a.      benar, sebab Peraturan Menteri RI Nomor 42 Tahun 2006 merupakan landasan yuridis pendidikan di Indonesia
b.      salah, sebab hanya Batang Tubuh UUD RI 1945 yang dijadikan landasan yuridis pendidikan Indonesia
c.       salah, sebab UU RI Nomor 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d.      salah, sebab PP Nomor 28 Tahun 1990 mengatur tentang Pendidikan Dasar

No 8.
a.       salah, sebab berbagai asumsi di atas tidak ada kaitannya dengan mental spiritual
b.      benar, sebab landasan mental spiritual dimulai dengan berbagai asumsi di atas
c.       salah, sebab landasan yuridis pendidikan bersumber kepada UUD 1945, UU, PP, atau yang lainnya yang masih berlaku disuatu tempat
d.      salah, sebab landasan moral agama adalah ajaran-ajaran agama dan kitab suci masing-masing agama

No 9.
a.      benar, sebab menurut aliran Nativisme faktor bawaan dan bakat adalah faktor yang paling dominan yang dimiliki seseorang
b.      salah, sebab Empirisme memandang faktor lingkungan dan pendidikanlah yang paling penting dan paling berpengaruh pada diri seseorang
c.       salah, sebab Konvergensi memandang bahwa faktor keturunan, bawaan, bakat, pendidikan, dan lingkungan, sama-sama berpengaruh terhadap seseorang
d.      salah, sebab menurut aliran Behaviour perubahan tingkah laku seseorang dipengaruhi oleh banyak factor

No 10.
a.       salah, sebab Peter L. Berger mendefinisikan tentang pengendalian social
b.      salah, sebab Komblum mendefinisikan struktur sosial yaitu hubungan individu/kelompok secara berulang-ulang
c.       benar, sebab definisi di atas dikemukakan oleh Theodorson G.A
d.      salah, sebab Piaget membahas tentang perkembangan anak dari usia 0 - 21 tahun

No 11.
a.       salah, sebab psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia
b.      salah, sebab sosiologi adalah ilmu yang mengkaji tentang hubungan manusia satu dengan manusia lain, baik secara individu maupun kelompok
c.       benar, sebab definisi di atas merupakan bidang kajian Antropologi
d.      salah, sebab pedagogik adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai ilmu pendidikan/ilmu mendidik

No 12.
a.      benar, sebab zaman pengaruh Spanyol dan Portugis merupakan landasan historis pendidikan di Indonesia
b.      salah, sebab UUD RI Tahun 1945 merupakan landasan yuridis pendidikan Indonesia
c.       salah, sebab UU RI Nomor 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d.      salah, sebab PP Nomor 28 Tahun 1990 mengatur tentang Pendidikan Dasar

No 13.
a.       salah, sebab pernyataan di atas mengemukakan tentang bagaimana peranan guru di Indonesia
b.      benar, sebab dengan pendidikan menyebabkan seseorang menjadi pandai dan ini merupakan sebuah investasi
c.       salah, sebab deviant behaviour merupakan penyimpangan tingkah laku
d.      salah, sebab pranata sosial merupakan sistem/peran dan norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi

No 14.
a.       salah, sebab tidak semua keluarga guru yang hidupnya pas-pasan mempunyai anak-anak yang pandai
b.      salah, sebab belajar di sekolah negeri bukan jaminan anak akan menjadi pandai
c.       salah, sebab sumber biaya bukan penyebab anak menjadi pandai
d.      benar, sebab anak yang dididik secara prihatin, dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan cepat menjadi pandai

No 15.
a.       salah, sebab berdasarkan garis keturunannya, keluarga dibedakan dalam tiga bentuk yaitu patrilineal, matrilineal, dan bilateral
b.      benar, sebab berdasarkan pembagiannya, pemegang kekuasaan dibagi seperti tersebut di atas
c.       salah, sebab dari bentuk perkawinan, keluarga dibagi menjadi keluarga poligami, monogami, dan poliandri
d.      salah, sebab berdasarkan keutuhannya, keluarga dibedakan atas keluarga utuh, keluarga bercerai, dan keluarga pecah semu

No 16.
a.       salah, sebab TIU merupakan tujuan yang ingin dicapai secara umum
b.      salah, sebab TIK adalah tujuan operasional pembelajaran secara khusus
c.       salah, Tujuan Pendidikan Nasional adalah membentuk manusia Indonesia berpancasila, berkepribadian, dan bertaqwa kepada Tuhan YME
d.      benar, sebab tujuan pendidikan sekolah adalah seperti tersebut di atas

No 17.
a.       salah, sebab kursus bahasa Inggris selalu dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
b.      salah, sebab kejar Paket A dan B dilaksanakan seperti pendidikan yang dilaksanakan di sekolah pada umumnya
c.       benar, memanggil guru agama kerumah untuk berceramah, umumnya tidak dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
d.      salah, sebab kursus komputer dan perbengkelan dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang

No 18.
a.       salah, sebab mencari kepandaian secara sendiri-sendiri belum tentu siswa akan memperoleh hasil yang maksimal
b.      salah, sebab kesibukan guru di luar jam mengajar, mengakibatkan pelajaran yang diperoleh dari guru tersebut tidak maksimal
c.       benar, sebab jika kesadaran untuk maju sudah tumbuh secara bersama-sama, maka tujuan pembelajaran akan mudah dicapai
d.      salah, sebab jika kompetensi siswa tidak mendapatkan perhatian dari orang tua dan guru, akan mengakibatkan siawa menjadi frustasi

No 19.
a.      benar, sebab hakikat peserta didik harus disesuaikan dengan semua hal yang berkaitan dengan pendidikannya
b.      salah, sebab kompetensi mengajar guru yang bagus, bukan implikasi pernyataan di atas
c.       salah, sebab kurikulum itu hanya salah satu bagian yang digunakan dalam proses pendidikan
d.      salah, sebab media hanya merupakan satu bagian dari sarana pendidikan yang dimaksud

No 20.
a.       benar, sebab menurut Langeveld, salah satu karakteristik yang mengandung pendidikan adalah seperti tersebut di atas
b.      salah, sebab hubungan dan pergaulan dengan sesama manusia tidak perlu menggunakan undang-undang
c.       salah, sebab pergaulan yang mengandung pendidikan tidak harus memiliki sarana dan media
d.      salah, sebab pergaulan yang mengandung pendidikan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja

No 21.
a.       salah, sebab rasa hormat anak kepada pak Bonar karena ada unsur takut, sementara dengan pak Ali karena mereka segan
b.      salah, sebab seharusnya rasa hormat anak kepada guru, tidak dibeda-bedakan dengan bidang studi yang diajarkannya
c.       salah, rasa takut untuk berbuat kesalahan harus tumbuh menjadi kesadaran diri bukan karena terpaksa
d.      benar, sebab guru yang berwibawa dan menyayangi mereka akan menumbuhkan rasa segan dan hormat dengan sendirinya

No 22.
a.       salah, sebab behavior memandang tingkah laku yang baik adalah akibat adanya aksi, dan reaksi organisme terhadap lingkungannya
b.      salah, Progresivisme merupakan gerakan yang dilandasi oleh filsafat tertentu dan menentang sekolah atau pendidikan yang tradisional
c.       benar, sebab pandangan humanisme terhadap pendidikan seperti tersebut di atas
d.      salah, aliran ini menganggap guru perlu untuk menekankan pemahaman hubungan pengorganisasian dan kebulatan dalam belajar

No 23.
a.       salah, sebab rumusan butir A merupakan uraian dari spasial
b.      salah, sebab rumusan butir B merupakan uraian dari temporal
c.       salah, sebab rumusan butir C merupakan uraian dari dinamis
d.      benar, sebab pluralistis membicarakan tentang pentingnya hubungan yang dapat menimbulkan pengalaman

No 24.
a.       salah, sebab behaviorisme adalah aliran yang memandang bahwa perubahan tingkah laku dalam belajar yang terpenting
b.      betul, sebab pendidikan menurutnya adalah nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut dan abadi
c.       salah, sebab nativisme adalah aliran yang berpandangan bahwa hereditas adalah faktor yang paling penting bagi pertumbuhan manusia
d.      salah, sebab konvergensi adalah aliran yang berpandangan bahwa faktor hereditas, lingkungan dan pendidikan, sama-sama pentingnya bagi manusia

No 25.
a.       salah, sebab perenialisme adalah aliran yang percaya pada nilai-nilai dan norma-norma yang abadi dalam kehidupan
b.      salah, sebab aliran ini merupakan gerakan pendidikan yang dilakukan oleh suatu perkumpulan yang dilandasai oleh filsafat tertentu
c.       benar, sebab aliran ini berimplikasi pada dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang abadi
d.      benar, sebab aliran ini berimplikasi pada dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang abadi

No 26.
a.       salah, pendidikan pada masa ini masih bersifat aristokratis, pendidikan ditujukan hanya kepada anak-anak Brahmana dan Kesatrya saja
b.      benar, sebab pendidikan pada masa Islam tidak membeda-bedakan peserta didiknya
c.       salah, sebab pendidikan pada masa ini lebih menekankan kepada penyebaran agama Katolik
d.      salah, sebab awal misi pendidikan zaman ini adalah misi keagamaan (penyebaran agama Protestan)

No 27.
a.         salah, sebab UUD ini tidak pernah digunakan sebagai landasan pendidikan di Indonesia
b.        salah, sebab UU ini digunakan sebagai pengganti UUD RIS dan UU sementara RI
c.         salah, sebab UU ini adalah UU terbaru yang digunakan setelah tahun 1954
d.        benar, sebab UU ini digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di Indonesia

No 28.
a.       salah, sebab rendahnya relevansi pendidikan merupakan bagian dari tantangan
b.      benar, sebab terbatasnya jumlah guru yang berkualitas merupakan kendala yang belum dapat dipenuhi oleh pemerintah
c.       salah, sebab tingginya angka putus sekolah merupakan bagian dari tantangan
d.      salah, sebab kurangnya peran dunia usaha dalam pendidikan nasional merupakan bagian dari tantangan

No 29.
a.      benar, sebab Taman Siswa pernah dua kali memiliki asas pendidikan, yaitu asas Taman Siswa 1922 dan Panca Darma
b.      Salah, sebab Muhamadiyah merupakan salah satu organisasi yang memiliki asas agama Islam
c.       Salah, sebab INS memiliki asas lebih kepada latihan skill
d.      Salah, sebab Pesantern Tebu Ireng berasaskan agama Islam

No 30.
a.       salah, sebab sistem religi dan upacara keagamaan merupakan unsur-unsur universal kebudayaan
b.      salah, sebab keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia, merupakan definisi kebudayaan
c.       salah, sebab suatu komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia merupakan wujud kebudayaan
d.      benar, sebab merupakan salah satu karakteristik kebudayaan

No 31.
a.       salah sebab pranata kebudayaan merupakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan
b.      salah, sebab hubungan kebudayaan dan pendidikan merupakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan
c.       betul, sebab pernyataan di atas merupakan definisi dari pendidikan sebagai proses enkulturasi
d.      salah, sebab pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan meruapakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan

No 32.
a.      benar, merupakan definisi dari pranata kebudayaan
b.      salah, sebab enkulturasi meruapakan faktor yang mempengaruhi kebudayaan manusia
c.       salah, sebab di dalam hubungan antara kebudayaan dan pendidikan terdapat hubungan komplementer
d.      salah, sebab kepribadian dan kepribadian bangsa meruapakan bagian dari kebudayaan dan kepribadian

No 33.
a.       salah, sebab ras Melayu terbagi menjadi dua bagian, yaitu proto melayu, dan deutoro melayu
b.      salah, sebab ras Vedoid memiliki karakteristik sama dengan ras Mongoloid
c.       salah, ras Negroid memiliki karakteristik sama dengan ras Mongoloid
d.      benar, sebab ras Mongoloid memiliki ciri-ciri seperti tersebut di atas

No 34.
a.       salah, sebab lingkungan pendidikan dan pergaulan bukan merupakan lingkungan fisik manusia
b.      benar, sebab lingkungan fisik manusia Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera
c.       salah, sebab lingkungan sosial bukan merupakan lingkungan fisik manusia
d.      salah, sebab RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan merupakan sistem kemasyarakatan

No 35.
a.       salah, sebab Wanua merupakan bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Makasar
b.      salah, sebab keuchi merupakan bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Aceh
c.       betul, sebab kepemimpinan pada masyarakat kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor bentuk kepemimpinannya seperti di atas
d.      salah, sebab huta atau penghulu merupakan bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Batak

No 36.
a.       salah, sebab nilai-nilai pendidikan dan pergaulan bukan akar implikasi pendidikan nasional
b.      benar, sebab nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa merupakan akar implikasi pendidikan nasional
c.       salah, sebab UU RI No 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d.      salah, sebab Pembukaan UUD 1945 merupakan landasan pendidikan nasional

No 37.
a.       salah, sebab PP RI No 14 Tahun 2005 mengatur tentang guru dan dosen
b.      salah, sebab PP RI No 19 Th 2005 mengatur tentang Standar Nasional Pendidikan
c.       benar, UU RI No 23 Th 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d.      salah, sebab Peraturan Menteri Pendidikan No 16, tahun 2007 mengatur tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

No 38.
a.       salah, sebab Kurikulum Berbasis Kurikulum (KBK) merupakan kurikulum yang terbit tahun 2004 dan berbasis pada kompetensi siswa
b.      salah, sebab pertumbuhan dan perkembangan siswa merupakan syarat pengembangan kurikulum bukan implikasinya
c.       salah, sebab jenjang pendidikan merupakan bentuk kurikulum berdasarkan tingkatan kelas dan sekolah
d.      benar, sebab implikasi dari pengembangan kurikulum adalah bahwa pengembangan kurikulum harus bersifat nasional bermuatan local

No 39.
a.       salah, sebab meningkatnya standar nasional mutu pendidikan adalah isi dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya
b.      salah, sebab terbinanya kepribadian bangsa Indonesia adalah isi dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya
c.       benar, sebab keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia adalah aspek yang ditinjau dari karakteristik antropologi
d.      salah, sebab relevansi pendidikan secara lokal adalah isi dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya

No 40.
a.      benar, sebab orang tua asuh adalah orang yang rela membantu anak fakir miskin untuk membiayai sekolahnya
b.      salah, sebab orang tua angkat belum tentu mau membiayai sekolah anak-anak angkatnya
c.       salah, sebab tindakan tetangga ibu Kamal dilakukan tanpa pamrih dan tanpa mengharapkan akan mengawini ibu Kamal
d.      salah, sebab relawan dan dermawan bisa membantu siapa saja dan untuk keperluan apa saja, tidak harus untuk biaya pendidikan saja

No 41.
a.       salah, sebab tindakan seperti itu akan memperburuk keadaan yang bisa jadi akan merugikan diri sendiri
b.      salah, sebab perhatian guru terhadap siswa merupakan faktor utama dalam menunjang proses keberhasilan pembelajaran guru
c.       benar, sebab pendekatan yang baik oleh guru diharapkan dapat menyadarkan orang tua terhadap anaknya selama di sekolah
d.      salah, sebab tindakan guru seperti itu bukan tindakan seorang guru yang memiliki kode etik dan nama baik seorang guru

No 42.
a.       benar, sebab tindaklanjut dari penyelidikan ilmiah adalah pembuktian tentang penyelidikan ilmiah
b.      salah, sebab metode ini digunakan oleh Aristoteles untuk menerangkan tentang dalil atau premis tertentu
c.       salah, sebab originasi merupakan proses perubahan melalui penemuan elemen-elemen baru
d.      salah, sebab difusi merupakan peminjaman elemen budaya baru dari kebudayaan lain

No 43.
a.       salah, sebab memberikan keleluasaan kepada daerah merupakan dasar pemikiran lahirnya UU Nomor 22 Tahun 1999
b.      salah, sebab tujuan di atas merupakan pendapat yang dikemukakan oleh Indra Djati Sidi
c.       salah, sebab tujuan di atas merupakan tujuan penyerahan wewenang beberapa urusan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah
d.      benar, sebab tujuan di atas merupakan pertimbangan tentang perlunya diselenggarakan otonomi daerah

No 44.
a.       salah, sebab problem solving merupakan suatu teknik pemecahan masalah
b.      benar, sebab filsafat sistem merupakan suatu pendekatan tentang cara berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan
c.       salah, sebab analisis sistem merupakan suatu metode atau teknik dalam memecahkan masalah
d.      salah, sebab manajemen sistem merupakan aplikasi teori sistem dalam rangka mengelola sistem organisasi

No 45.
a.       salah, sebab pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan
b.      salah, sebab pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk mereka yang berkelainan
c.       salah, sebab pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana dan pasca sarjana
d.      benar, sebab pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang disiapkan untuk anak didik untuk memiliki pekerjaan

No 46.
a.       salah, sebab perubahan fisik terjadi karena proses alami
b.      salah, sebab pertumbuhan bunga yang subur dan besar, juga bersifat alami
c.       benar, sebab ditemukannya metode iqro akibat dari penelitian yang dilakukan dengan waktu yang panjang dan secara terus menerus
d.      salah, sebab hujan dan banjir terjadi secara alami

No 47.
a.       salah, sebab penjelasan di atas merupakan definisi dari komunikasi homofil
b.      salah, sebab penjelasan di atas merupakan penjelasan dari ragam komunikasi
c.       salah, sebab penjelasan di atas merupakan definisi dari komunikasi
d.      benar, sebab ciri-ciri utama komunikasi konvergen adalah seperti tersebut di atas

No 48.
a.       salah, sebab difinisi ukuran dan kewilayahan mempersyaratkan kelompok orang atau geografis untuk melaksanakan inovasi
b.      benar, sebab pernyataan di atas merupakan definisi dari kegiatan pemeliharaan terbatas
c.       salah, sebab fasilitas fisik adalah sistem sosial yang mengaitkan berbagai fasilitas dan teknologi
d.      salah, sebab prosedur yang digunakan merupakan sistem sosial yang mengaitkan berbagai prosedur dan teknologi

No 49.
a.       salah, sebab mental block barries merupakan hambatan yang lebih disebabkan oleh sikap mental
b.      salah, sebab contoh di atas bukan merupakan bentuk dari culture block
c.       benar, sebab sosial block merupakan hambatan sebagai akibat dari faktor sosial dan pranata masyarakat sekitar
d.      salah, sebab fisical block lebih cenderung kepada hambatan yang diakibatkan oleh fisik yang kurang sempurna, walau demikian ketidaksempurnaan fisik belum tentu menghambat adopsi inovasi

No 50.
a.      benar, sebab dasar dari upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan pemerataan kesempatan belajar
b.      salah, sebab dasar dilaksanakannya inovasi pendidikan bukan untuk pembebasan biaya pendidikan khususnya pada pendidikan dasar
c.       salah, sebab cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi pendidikan bukan dasar dari pada inovasi pendidikan
d.      salah, sebab sejak berkembanganya Islam di Indonesia, demokrasi pendidikan sudah dilaksanakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 24 Mei 2013

Kunci Jawaban Ujian Pengantar Pendidikan MKDK4001




No 1.
a.       salah, karena Aristoteles tidak melihat manusia sebagai makhluk yang berbudaya
b.      salah, sebab faktor susila tidak dianggap penting
c.       salah, sebab agama dianut oleh manusia setelah mereka ada
d.      benar, karena inti dari manusia sebagai makhluk adalah mereka tidak dapat hidup secara sendiri-sendiri

No 2.
a.       salah, karena perkembangan manusia bersifat terbuka
b.      salah, sebab secara fisik manusia memang berbeda dengan hewan
c.       benar, karena perkembangan manusia bersifat terbuka, oleh sebab itu manusia dapat dididik
d.      salah, sebab perbedaan antara manusia dengan hewan cukup banyak

No 3.
a.       salah, sebab asas potensialitas lebih mengutamakan potensi yang ada pada diri setiap manusia
b.      benar, sebab asas moralitas mengajarkan bahwa manusia memiliki dimenasi moralitas yang memungkinkan manusia dapat dididik
c.       salah, sebab asas dinamika berpendapat bahwa manusia selalu aktif dalam aspek fisiologis maupun spiritualnya
d.      salah, sebab asas sosialitas berpendapat bahwa manusia harus selalu hidup secara bersama-sama dengan manusia lainnya



No 4.
a.      benar, sebab tujuan dari humanisasi adalah upaya memanusiakan manusia
b.      salah, sebab individualitas merupakan orang perorangan
c.       salah, sebab sifat manusia selain bersifat individualitas, mereka juga sebagai makhluk social
d.      salah, sebab definisi di atas tidak melmperihatkan adanya aspek potensi manusia

No 5.
a.       salah, sebab pendidikan itu bukan martabat seseorang, namun pendidikan dapat mengangkat martabat seseorang
b.      salah, sebab pendidikan boleh diikuti oleh siapa saja, tidak ada batasan untuk mengikuti pendidikan
c.       benar, sebab pendidikan merupakan hak asasi setiap orang, oleh sebab itu tidak ada batasan untuk mengikuti pendidikan
d.      salah, sebab pendidikan bukan satu-satunya sarana yang dapat merubah kepribadian seseorang

No 6.
a.       salah, sebab asumsi religius pendidikan bersumber dari agama sebagai titik tolak praktek pendidikan
b.      benar, sebab asumsi landasan ilmiah pendidikan bersumber dari berbagai disiplin ilmu sebagai titik tolak pendidikan
c.       salah, sebab asumsi filisofis pendidikan bersumber dari filsafat sebagai titik tolak praktek pendidikan
d.      salah, sebab asumsi yuridis atau hukum pendidikan bersumber dari aturan dan perundang-undangan yang berlaku sebagai titik tolak pendidikan

No 7.
a.      benar, sebab Peraturan Menteri RI Nomor 42 Tahun 2006 merupakan landasan yuridis pendidikan di Indonesia
b.      salah, sebab hanya Batang Tubuh UUD RI 1945 yang dijadikan landasan yuridis pendidikan Indonesia
c.       salah, sebab UU RI Nomor 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d.      salah, sebab PP Nomor 28 Tahun 1990 mengatur tentang Pendidikan Dasar

No 8.
a.       salah, sebab berbagai asumsi di atas tidak ada kaitannya dengan mental spiritual
b.      benar, sebab landasan mental spiritual dimulai dengan berbagai asumsi di atas
c.       salah, sebab landasan yuridis pendidikan bersumber kepada UUD 1945, UU, PP, atau yang lainnya yang masih berlaku disuatu tempat
d.      salah, sebab landasan moral agama adalah ajaran-ajaran agama dan kitab suci masing-masing agama

No 9.
a.      benar, sebab menurut aliran Nativisme faktor bawaan dan bakat adalah faktor yang paling dominan yang dimiliki seseorang
b.      salah, sebab Empirisme memandang faktor lingkungan dan pendidikanlah yang paling penting dan paling berpengaruh pada diri seseorang
c.       salah, sebab Konvergensi memandang bahwa faktor keturunan, bawaan, bakat, pendidikan, dan lingkungan, sama-sama berpengaruh terhadap seseorang
d.      salah, sebab menurut aliran Behaviour perubahan tingkah laku seseorang dipengaruhi oleh banyak factor

No 10.
a.       salah, sebab Peter L. Berger mendefinisikan tentang pengendalian social
b.      salah, sebab Komblum mendefinisikan struktur sosial yaitu hubungan individu/kelompok secara berulang-ulang
c.       benar, sebab definisi di atas dikemukakan oleh Theodorson G.A
d.      salah, sebab Piaget membahas tentang perkembangan anak dari usia 0 - 21 tahun

No 11.
a.       salah, sebab psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia
b.      salah, sebab sosiologi adalah ilmu yang mengkaji tentang hubungan manusia satu dengan manusia lain, baik secara individu maupun kelompok
c.       benar, sebab definisi di atas merupakan bidang kajian Antropologi
d.      salah, sebab pedagogik adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai ilmu pendidikan/ilmu mendidik

No 12.
a.      benar, sebab zaman pengaruh Spanyol dan Portugis merupakan landasan historis pendidikan di Indonesia
b.      salah, sebab UUD RI Tahun 1945 merupakan landasan yuridis pendidikan Indonesia
c.       salah, sebab UU RI Nomor 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d.      salah, sebab PP Nomor 28 Tahun 1990 mengatur tentang Pendidikan Dasar

No 13.
a.       salah, sebab pernyataan di atas mengemukakan tentang bagaimana peranan guru di Indonesia
b.      benar, sebab dengan pendidikan menyebabkan seseorang menjadi pandai dan ini merupakan sebuah investasi
c.       salah, sebab deviant behaviour merupakan penyimpangan tingkah laku
d.      salah, sebab pranata sosial merupakan sistem/peran dan norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi

No 14.
a.       salah, sebab tidak semua keluarga guru yang hidupnya pas-pasan mempunyai anak-anak yang pandai
b.      salah, sebab belajar di sekolah negeri bukan jaminan anak akan menjadi pandai
c.       salah, sebab sumber biaya bukan penyebab anak menjadi pandai
d.      benar, sebab anak yang dididik secara prihatin, dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan cepat menjadi pandai

No 15.
a.       salah, sebab berdasarkan garis keturunannya, keluarga dibedakan dalam tiga bentuk yaitu patrilineal, matrilineal, dan bilateral
b.      benar, sebab berdasarkan pembagiannya, pemegang kekuasaan dibagi seperti tersebut di atas
c.       salah, sebab dari bentuk perkawinan, keluarga dibagi menjadi keluarga poligami, monogami, dan poliandri
d.      salah, sebab berdasarkan keutuhannya, keluarga dibedakan atas keluarga utuh, keluarga bercerai, dan keluarga pecah semu

No 16.
a.       salah, sebab TIU merupakan tujuan yang ingin dicapai secara umum
b.      salah, sebab TIK adalah tujuan operasional pembelajaran secara khusus
c.       salah, Tujuan Pendidikan Nasional adalah membentuk manusia Indonesia berpancasila, berkepribadian, dan bertaqwa kepada Tuhan YME
d.      benar, sebab tujuan pendidikan sekolah adalah seperti tersebut di atas

No 17.
a.       salah, sebab kursus bahasa Inggris selalu dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
b.      salah, sebab kejar Paket A dan B dilaksanakan seperti pendidikan yang dilaksanakan di sekolah pada umumnya
c.       benar, memanggil guru agama kerumah untuk berceramah, umumnya tidak dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
d.      salah, sebab kursus komputer dan perbengkelan dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang

No 18.
a.       salah, sebab mencari kepandaian secara sendiri-sendiri belum tentu siswa akan memperoleh hasil yang maksimal
b.      salah, sebab kesibukan guru di luar jam mengajar, mengakibatkan pelajaran yang diperoleh dari guru tersebut tidak maksimal
c.       benar, sebab jika kesadaran untuk maju sudah tumbuh secara bersama-sama, maka tujuan pembelajaran akan mudah dicapai
d.      salah, sebab jika kompetensi siswa tidak mendapatkan perhatian dari orang tua dan guru, akan mengakibatkan siawa menjadi frustasi

No 19.
a.      benar, sebab hakikat peserta didik harus disesuaikan dengan semua hal yang berkaitan dengan pendidikannya
b.      salah, sebab kompetensi mengajar guru yang bagus, bukan implikasi pernyataan di atas
c.       salah, sebab kurikulum itu hanya salah satu bagian yang digunakan dalam proses pendidikan
d.      salah, sebab media hanya merupakan satu bagian dari sarana pendidikan yang dimaksud

No 20.
a.       benar, sebab menurut Langeveld, salah satu karakteristik yang mengandung pendidikan adalah seperti tersebut di atas
b.      salah, sebab hubungan dan pergaulan dengan sesama manusia tidak perlu menggunakan undang-undang
c.       salah, sebab pergaulan yang mengandung pendidikan tidak harus memiliki sarana dan media
d.      salah, sebab pergaulan yang mengandung pendidikan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja

No 21.
a.       salah, sebab rasa hormat anak kepada pak Bonar karena ada unsur takut, sementara dengan pak Ali karena mereka segan
b.      salah, sebab seharusnya rasa hormat anak kepada guru, tidak dibeda-bedakan dengan bidang studi yang diajarkannya
c.       salah, rasa takut untuk berbuat kesalahan harus tumbuh menjadi kesadaran diri bukan karena terpaksa
d.      benar, sebab guru yang berwibawa dan menyayangi mereka akan menumbuhkan rasa segan dan hormat dengan sendirinya

No 22.
a.       salah, sebab behavior memandang tingkah laku yang baik adalah akibat adanya aksi, dan reaksi organisme terhadap lingkungannya
b.      salah, Progresivisme merupakan gerakan yang dilandasi oleh filsafat tertentu dan menentang sekolah atau pendidikan yang tradisional
c.       benar, sebab pandangan humanisme terhadap pendidikan seperti tersebut di atas
d.      salah, aliran ini menganggap guru perlu untuk menekankan pemahaman hubungan pengorganisasian dan kebulatan dalam belajar

No 23.
a.       salah, sebab rumusan butir A merupakan uraian dari spasial
b.      salah, sebab rumusan butir B merupakan uraian dari temporal
c.       salah, sebab rumusan butir C merupakan uraian dari dinamis
d.      benar, sebab pluralistis membicarakan tentang pentingnya hubungan yang dapat menimbulkan pengalaman

No 24.
a.       salah, sebab behaviorisme adalah aliran yang memandang bahwa perubahan tingkah laku dalam belajar yang terpenting
b.      betul, sebab pendidikan menurutnya adalah nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut dan abadi
c.       salah, sebab nativisme adalah aliran yang berpandangan bahwa hereditas adalah faktor yang paling penting bagi pertumbuhan manusia
d.      salah, sebab konvergensi adalah aliran yang berpandangan bahwa faktor hereditas, lingkungan dan pendidikan, sama-sama pentingnya bagi manusia

No 25.
a.       salah, sebab perenialisme adalah aliran yang percaya pada nilai-nilai dan norma-norma yang abadi dalam kehidupan
b.      salah, sebab aliran ini merupakan gerakan pendidikan yang dilakukan oleh suatu perkumpulan yang dilandasai oleh filsafat tertentu
c.       benar, sebab aliran ini berimplikasi pada dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang abadi
d.      benar, sebab aliran ini berimplikasi pada dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang abadi

No 26.
a.       salah, pendidikan pada masa ini masih bersifat aristokratis, pendidikan ditujukan hanya kepada anak-anak Brahmana dan Kesatrya saja
b.      benar, sebab pendidikan pada masa Islam tidak membeda-bedakan peserta didiknya
c.       salah, sebab pendidikan pada masa ini lebih menekankan kepada penyebaran agama Katolik
d.      salah, sebab awal misi pendidikan zaman ini adalah misi keagamaan (penyebaran agama Protestan)

No 27.
a.         salah, sebab UUD ini tidak pernah digunakan sebagai landasan pendidikan di Indonesia
b.        salah, sebab UU ini digunakan sebagai pengganti UUD RIS dan UU sementara RI
c.         salah, sebab UU ini adalah UU terbaru yang digunakan setelah tahun 1954
d.        benar, sebab UU ini digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di Indonesia

No 28.
a.       salah, sebab rendahnya relevansi pendidikan merupakan bagian dari tantangan
b.      benar, sebab terbatasnya jumlah guru yang berkualitas merupakan kendala yang belum dapat dipenuhi oleh pemerintah
c.       salah, sebab tingginya angka putus sekolah merupakan bagian dari tantangan
d.      salah, sebab kurangnya peran dunia usaha dalam pendidikan nasional merupakan bagian dari tantangan

No 29.
a.      benar, sebab Taman Siswa pernah dua kali memiliki asas pendidikan, yaitu asas Taman Siswa 1922 dan Panca Darma
b.      Salah, sebab Muhamadiyah merupakan salah satu organisasi yang memiliki asas agama Islam
c.       Salah, sebab INS memiliki asas lebih kepada latihan skill
d.      Salah, sebab Pesantern Tebu Ireng berasaskan agama Islam

No 30.
a.       salah, sebab sistem religi dan upacara keagamaan merupakan unsur-unsur universal kebudayaan
b.      salah, sebab keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia, merupakan definisi kebudayaan
c.       salah, sebab suatu komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia merupakan wujud kebudayaan
d.      benar, sebab merupakan salah satu karakteristik kebudayaan

No 31.
a.       salah sebab pranata kebudayaan merupakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan
b.      salah, sebab hubungan kebudayaan dan pendidikan merupakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan
c.       betul, sebab pernyataan di atas merupakan definisi dari pendidikan sebagai proses enkulturasi
d.      salah, sebab pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan meruapakan uraian dari kebudayaan dan pendidikan

No 32.
a.      benar, merupakan definisi dari pranata kebudayaan
b.      salah, sebab enkulturasi meruapakan faktor yang mempengaruhi kebudayaan manusia
c.       salah, sebab di dalam hubungan antara kebudayaan dan pendidikan terdapat hubungan komplementer
d.      salah, sebab kepribadian dan kepribadian bangsa meruapakan bagian dari kebudayaan dan kepribadian

No 33.
a.       salah, sebab ras Melayu terbagi menjadi dua bagian, yaitu proto melayu, dan deutoro melayu
b.      salah, sebab ras Vedoid memiliki karakteristik sama dengan ras Mongoloid
c.       salah, ras Negroid memiliki karakteristik sama dengan ras Mongoloid
d.      benar, sebab ras Mongoloid memiliki ciri-ciri seperti tersebut di atas

No 34.
a.       salah, sebab lingkungan pendidikan dan pergaulan bukan merupakan lingkungan fisik manusia
b.      benar, sebab lingkungan fisik manusia Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera
c.       salah, sebab lingkungan sosial bukan merupakan lingkungan fisik manusia
d.      salah, sebab RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan merupakan sistem kemasyarakatan

No 35.
a.       salah, sebab Wanua merupakan bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Makasar
b.      salah, sebab keuchi merupakan bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Aceh
c.       betul, sebab kepemimpinan pada masyarakat kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor bentuk kepemimpinannya seperti di atas
d.      salah, sebab huta atau penghulu merupakan bentuk kepemimpinan tertinggi yang ada pada masyarakat Batak

No 36.
a.       salah, sebab nilai-nilai pendidikan dan pergaulan bukan akar implikasi pendidikan nasional
b.      benar, sebab nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa merupakan akar implikasi pendidikan nasional
c.       salah, sebab UU RI No 20 Tahun 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d.      salah, sebab Pembukaan UUD 1945 merupakan landasan pendidikan nasional

No 37.
a.       salah, sebab PP RI No 14 Tahun 2005 mengatur tentang guru dan dosen
b.      salah, sebab PP RI No 19 Th 2005 mengatur tentang Standar Nasional Pendidikan
c.       benar, UU RI No 23 Th 2003 mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional
d.      salah, sebab Peraturan Menteri Pendidikan No 16, tahun 2007 mengatur tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

No 38.
a.       salah, sebab Kurikulum Berbasis Kurikulum (KBK) merupakan kurikulum yang terbit tahun 2004 dan berbasis pada kompetensi siswa
b.      salah, sebab pertumbuhan dan perkembangan siswa merupakan syarat pengembangan kurikulum bukan implikasinya
c.       salah, sebab jenjang pendidikan merupakan bentuk kurikulum berdasarkan tingkatan kelas dan sekolah
d.      benar, sebab implikasi dari pengembangan kurikulum adalah bahwa pengembangan kurikulum harus bersifat nasional bermuatan local

No 39.
a.       salah, sebab meningkatnya standar nasional mutu pendidikan adalah isi dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya
b.      salah, sebab terbinanya kepribadian bangsa Indonesia adalah isi dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya
c.       benar, sebab keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia adalah aspek yang ditinjau dari karakteristik antropologi
d.      salah, sebab relevansi pendidikan secara lokal adalah isi dari tantangan dari lingkungan fisik dan sosial budaya

No 40.
a.      benar, sebab orang tua asuh adalah orang yang rela membantu anak fakir miskin untuk membiayai sekolahnya
b.      salah, sebab orang tua angkat belum tentu mau membiayai sekolah anak-anak angkatnya
c.       salah, sebab tindakan tetangga ibu Kamal dilakukan tanpa pamrih dan tanpa mengharapkan akan mengawini ibu Kamal
d.      salah, sebab relawan dan dermawan bisa membantu siapa saja dan untuk keperluan apa saja, tidak harus untuk biaya pendidikan saja

No 41.
a.       salah, sebab tindakan seperti itu akan memperburuk keadaan yang bisa jadi akan merugikan diri sendiri
b.      salah, sebab perhatian guru terhadap siswa merupakan faktor utama dalam menunjang proses keberhasilan pembelajaran guru
c.       benar, sebab pendekatan yang baik oleh guru diharapkan dapat menyadarkan orang tua terhadap anaknya selama di sekolah
d.      salah, sebab tindakan guru seperti itu bukan tindakan seorang guru yang memiliki kode etik dan nama baik seorang guru

No 42.
a.       benar, sebab tindaklanjut dari penyelidikan ilmiah adalah pembuktian tentang penyelidikan ilmiah
b.      salah, sebab metode ini digunakan oleh Aristoteles untuk menerangkan tentang dalil atau premis tertentu
c.       salah, sebab originasi merupakan proses perubahan melalui penemuan elemen-elemen baru
d.      salah, sebab difusi merupakan peminjaman elemen budaya baru dari kebudayaan lain

No 43.
a.       salah, sebab memberikan keleluasaan kepada daerah merupakan dasar pemikiran lahirnya UU Nomor 22 Tahun 1999
b.      salah, sebab tujuan di atas merupakan pendapat yang dikemukakan oleh Indra Djati Sidi
c.       salah, sebab tujuan di atas merupakan tujuan penyerahan wewenang beberapa urusan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah
d.      benar, sebab tujuan di atas merupakan pertimbangan tentang perlunya diselenggarakan otonomi daerah

No 44.
a.       salah, sebab problem solving merupakan suatu teknik pemecahan masalah
b.      benar, sebab filsafat sistem merupakan suatu pendekatan tentang cara berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan
c.       salah, sebab analisis sistem merupakan suatu metode atau teknik dalam memecahkan masalah
d.      salah, sebab manajemen sistem merupakan aplikasi teori sistem dalam rangka mengelola sistem organisasi

No 45.
a.       salah, sebab pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan
b.      salah, sebab pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk mereka yang berkelainan
c.       salah, sebab pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana dan pasca sarjana
d.      benar, sebab pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang disiapkan untuk anak didik untuk memiliki pekerjaan

No 46.
a.       salah, sebab perubahan fisik terjadi karena proses alami
b.      salah, sebab pertumbuhan bunga yang subur dan besar, juga bersifat alami
c.       benar, sebab ditemukannya metode iqro akibat dari penelitian yang dilakukan dengan waktu yang panjang dan secara terus menerus
d.      salah, sebab hujan dan banjir terjadi secara alami

No 47.
a.       salah, sebab penjelasan di atas merupakan definisi dari komunikasi homofil
b.      salah, sebab penjelasan di atas merupakan penjelasan dari ragam komunikasi
c.       salah, sebab penjelasan di atas merupakan definisi dari komunikasi
d.      benar, sebab ciri-ciri utama komunikasi konvergen adalah seperti tersebut di atas

No 48.
a.       salah, sebab difinisi ukuran dan kewilayahan mempersyaratkan kelompok orang atau geografis untuk melaksanakan inovasi
b.      benar, sebab pernyataan di atas merupakan definisi dari kegiatan pemeliharaan terbatas
c.       salah, sebab fasilitas fisik adalah sistem sosial yang mengaitkan berbagai fasilitas dan teknologi
d.      salah, sebab prosedur yang digunakan merupakan sistem sosial yang mengaitkan berbagai prosedur dan teknologi

No 49.
a.       salah, sebab mental block barries merupakan hambatan yang lebih disebabkan oleh sikap mental
b.      salah, sebab contoh di atas bukan merupakan bentuk dari culture block
c.       benar, sebab sosial block merupakan hambatan sebagai akibat dari faktor sosial dan pranata masyarakat sekitar
d.      salah, sebab fisical block lebih cenderung kepada hambatan yang diakibatkan oleh fisik yang kurang sempurna, walau demikian ketidaksempurnaan fisik belum tentu menghambat adopsi inovasi

No 50.
a.      benar, sebab dasar dari upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan pemerataan kesempatan belajar
b.      salah, sebab dasar dilaksanakannya inovasi pendidikan bukan untuk pembebasan biaya pendidikan khususnya pada pendidikan dasar
c.       salah, sebab cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi pendidikan bukan dasar dari pada inovasi pendidikan
d.      salah, sebab sejak berkembanganya Islam di Indonesia, demokrasi pendidikan sudah dilaksanakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar