1. Manusia dapat mengukuhkan eksistensinya sebagai
manusia, oleh sebab itu menurut Aristoteles manusia disebut sebagai makhluk ....
A.
berbudaya
B.
susila
C.
beragama
D.
sosial
2. Kelahiran manusia mengandung segala kemungkinan, dan
ditandai dengan segala kekurangan. Hal ini disebabkan karena perkembangan
manusia ....
A.
bersifat tertutup
B.
berbeda dengan hewan
C.
bersifat terbuka
D.
memiliki kodrat dengan sebutan animal educandum
3. Manusia pada dasarnya berpotensi untuk berperilaku
baik, dan bisa menjadi manusia ideal, jika ia dididik sesuai dengan norma dan
nilai yang berlaku di masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan asas dari ....
A.
potensialitas
B.
moralitas
C.
dinamika
D.
sosialitas
4. Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu
manusia agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini karena
pendidikan bersifat ....
A.
humanisasi
B.
individualitas
C.
sosialitas
D.
potensialitas
5. Alfred adalah siswa kelas IV SD Kertajaya, ayahnya
seorang pengusaha kaya, bila kesekolah ia diantar oleh sopir pribadi. Hal ini
membuat ia disayang oleh semua guru, padahal kecerdasannya pas-pasan saja.
Nandy juga bersekolah di sekolah yang sama, ayahnya seorang pemulung, Nandy
seringkali menunggak SPP maupun uang buku, sehingga seringkali ia mendapat
skorsing dari sekolah. Hal ini mengakibatkan Nandy menjadi pendiam dan rendah
diri, padahal sebenarnya ia adalah anak yang cerdas. Tindakan sekolah yang membeda-bedakan
murid karena status ekonominya adalah salah, karena pendidikan itu ....
A.
merupakan martabat orang perorang
B.
hanya boleh diikuti oleh orang yang memupunyai uang
C.
hak asasi manusia
D.
pendidikan dapat membentuk kepribadian manusia menjadi baik
6. Landasan pendidikan jenis ini memiliki asumsi yang
bersumber pada disiplin ilmu sebagai titik tolaknya. Landasan pendidikan yang dimaksud adalah ....
A.
religius pendidikan
B.
ilmiah pendidikan
C.
filosofis pendidikan
D.
yuridis dan hukum pendidikan
7. Yang bukan merupakan landasan yuridis pendidikan di
bawah ini adalah ....
A.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 42 Tahun 2006
B.
Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D.
Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990
8. Landasan Pendidikan Nasional adalah Pancasila, oleh
sebab itu semuanya dimulai dengan asumsi-asumsi metafisika, epistemologi, dan
aksiologi Pancasila, serta diikuti dengan uraian implikasinya terhadap
pendidikan. Pernyataan di atas merupakan landasan ....
A.
mental spiritual
B.
filosofis
C.
yuridis pendidikan
D.
moral dan agama
9. Idris Sardi adalah pemain biola terkenal di Indonesia,
tetapi kepiawaiannya bermain biola tidak satupun yang menurun kepada
anak-anaknya. Salah satu penyebabnya adalah tidak satupun anak-anak Idris Sardi
yang memiliki bakat bermain musik. Contoh di atas merupakan pendapat dari
aliran pendidikan menurut ....
A.
Nativisme
B.
Empirisme
C.
Konvergensi
D.
Behaviour
10. Pranata sosial adalah sebagai suatu sistem peran dan
norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi disekitar pemenuhan
kebutuhan atau fungsi sosial yang penting. Pernyataan di atas dikemukakan oleh
....
A.
Peter L. Berger
B.
Komblum
C.
Theodorson. G.A
D.
Piaget
11. Landasannya merupakan seperangkat asumsi yang
bersumber dari hasil studi dan disiplin ilmu yang dijadikan titik tolak dalam
rangka praktek pendidikan. Pernyataan tersebut merupakan landasan dari ....
A.
psikologi
B.
sosiologi
C.
antropologi
D.
pedagogik
12. Manakah pernyataan di bawah yang merupakan landasan
historis pendidikan Indonesia ....
A.
zaman pengaruh Spanyol dan Portugis
B.
Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D.
Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990
13. Maju mundurnya ekonomi suatu negara terletak pada maju
atau tidaknya pendidikan di negara tersebut, hal ini membuktikan bahwa
pendidikan merupakan salah satu landasan ekonomi dan memandang pendidikan
sebagai ....
A.
ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani
B.
Human invesment
C.
deviant behaviour
D.
pranata sosial
14. Pak Masjuki dan Istri adalah seorang guru, gaji
bulanannya hanya pas-pasan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya yang empat
orang itu, namun semua anaknya bersekolah di sekolah negeri sampai kuliahnyapun
demikian. Sekarang kedua anak tertuanya sudah bergelar master dan sudah bekerja
pada kantor pemerintah. Anak ketiganyapun telah diterima di Perguruan Tinggi
Negeri terkenal. Keberhasilan keluarga pak Masjuki disebabkan oleh ....
A.
mereka berasal dari keluarga guru yang hidupnya pas-pasan
B.
anak-anaknya menjadi pintar karena semuanya bersekolah di sekolah negeri
C.
dibiayai dengan uang yang diperoleh secara halal
D.
semua anak-anaknya dididik secara prihatin dan secara kebetulan mereka memiliki
kecerdasan di atas rata-rata
15. Bentuk keluarga dibedakan atas keluarga patriarhat,
keluarga matrilineal, keluarga patrilineal, dan keluarga equaliterian. Semua
bentuk keluarga tersebut dibedakan berdasarkan ....
A.
garis keturunan
B.
pemegang kekuasaan
C.
bentuk perkawinan
D.
keutuhan keluarga
16. Secara umum, tujuannya adalah memberikan bekal
kemampuan kepada peserta didik dalam mengembangkan kehidupannya sebagai
pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan
yang dimaksud adalah tujuan dari ....
A.
instruksional umum
B.
instruksional khusus
C.
pendidikan nasional
D.
pendidikan sekolah
17. Pilihlah contoh pendidikan nonformal di bawah ini yang
penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang,
tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup lama ....
A.
kursus bahasa Inggris
B.
kejar Paket A dan Paket B
C.
secara rutin memanggil ahli agama kerumah untuk memberi ceramah tentang agama
kepada anak-anak dan keluarga
D.
kursus komputer dan perbengkelan
18. Sekolah yang baik dan unggul adalah sekolah yang
ditandai oleh banyaknya lulusan/alumni yang diterima jika mendaftar di
sekolah/di perguruan tinggi negeri (khususnya), maupun akan melamar pekerjaan.
Contoh di atas diakibatkan oleh faktor-faktor yang paling dominan. Pilihlah
faktor yang dimaksud di bawah ini ....
A.
guru, siswa dan orang tua murid saling mencari kepandaian secara
sendiri-sendiri
B.
kompetensi mengajar guru sangat baik, tetapi jarang mengajar karena disibukkan
oleh tugas tambahannya sebagai wakil kepala sekolah
C.
baik guru, siswa, dan orang tua murid memiliki kesadaran untuk bisa maju secara
bersama-sama
D.
siswa memiliki kompetensi belajar yang sangat baik, tetapi tidak pernah
diperhatikan oleh orang tua maupun sekolah
19. Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa
kaum pendidik hanya dapat menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir
batin agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya
kodrat alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru adalah ....
A.
semua sarana, materi pendidikan, dan cara-cara mendidik harus dipilih sesuai
dengan hakikat peserta didik
B.
semua guru harus menguasai berbagai kompetensimengajar
C.
kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan faktor perkembangan peserta
didik
D.
media pembelajaran yang digunakan guru harus tepat dan sesuai dengan jenjang
pendidikan siswa
20. Tidak semua pergaulan maupun pengaruh orang dewasa
kepada seorang anak disebut perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik
khusus untuk bisa dikatakan perbuatan mendidik, yaitu ....
A.
pengaruh harus diciptakan oleh orang dewasa dengan tujuan untuk menciptakan
kedewasaan anak
B.
harus ada undang-undang tersendiri yang mengatur hubungan dan pergaulan
tersebut
C.
ada sarana dan prasarana sebagai media pergaulan antara anak dan orang dewasa
D.
memiliki waktu khusus seperti layaknya jam belajar di sekolah
21. Pak Bonar adalah guru yang terkenal sangat galak, ia
suka memukul siswa yang dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi
hormat kepadanya. Berbeda dengan pak Ali yang guru Agama. Ia pendiam, penyabar,
sangat teliti dan murah senyum, anak-anak menjadi segan dan hormat kepadanya.
Adakah perbedaan rasa hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? jika ada
apa penyebabnya?
A.
pak Bonar dihormati siswa karena kegalakannya, dan pak Ali dihormati karena
pendiamnya
B.
pak Bonar dihormati siswa karena ia guru matematika, pak Ali dihormati siswa
karena ia guru agama
C.
dengan pak Bonar anak menjadi takut melakukan kesalahan, tetapi dengan pak Ali
anak menjadi acuh tak acuh dan masa bodoh
D.
guru yang dihormati siswa karena wibawanya adalah guru yang memperhatikan dan
menyayangi siswanya
22. Pendidikan dianggap mampu mengubah terutama dalam hal
membina kebudayaan baru yang memungkinkan dapat menyelamatkan manusia dimasa
depan yang semakin komplek, apalagi di era globalisasi sekarang ini. Pandangan
ini dikemukakan oleh aliran ....
A. Behavior
B.
Progresivisme
C.
Humanisme
D.
Psikologi kognitif
23. Menurut Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman manusia
mempunyai empat karakteristik, yaitu spasial, temporal, dinamis, dan
pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengalaman itu adalah
pluralistis? Pengalaman itu ....
A.
terjadi dimana saja dalam kehidupan manusia
B.
baik alam, kebudayaan, dan pengalaman selalu berkembang setiap saat
C.
hidup, dan menuntut adaptasi dan readaptasi dalam semua perubahan yang terjadi
secara terus menerus
D.
terjadi selama adanya hubungan dan interaksi dan selama individu terlibat
pergaulan
24. Pendidikan bertugas memberikan pengetahuan tentang
nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan
masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang
pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
A.
Behaviorisme
B.
perenialisme
C. Nativisme
D.
Konvergensi
25. Aliran ini berimplikasi terhadap pendidikan, khususnya
bidang sains dan matematika. Aliran ini merupakan aliran filsafat yang tema
utamanya berkaitan dengan hakikat pengetahuan. Aliran yang dimaksud adalah ....
A.
Perenialisme
B.
Progresivisme
C.
Kontruktivisme
D.
Esensialisme
26. Pada masa ini pendidikan dianggap sebagai hak semua
orang, oleh sebab itu pendidikan bersifat demokratis, dan tidak otokratis.
Pendidikan pada masa ini tidak mengenal kurikulum, kalaupun ada kurikulumnya
tidak tertulis. Situasi pendidikan seperti ini terdapat pada zaman kerajaan
....
A.
Hindu - Budha
B.
Islam
C.
Pengaruh Portugis dan Spanyol
D.
Kolonial Belanda
27. Selain jiwa UUD 1945 yang dijadikan landasan
konstitusi pendidikan pada periode awal kemerdekaan (1945 - 1950), terdapat
Undang-Undang lain yang digunakan, yaitu ....
A.
UUD RIS Tahun 1950
B.
UU Nomor 7 Tahun 1950
C.
UU RI Nomor 12 Tahun 1954
D.
UU RI Nomor 4 Tahun 1950 de fakto
28. Salah satu kendala yang dihadapi dalam rangka
meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan nasional adalah ....
A.
masih rendahnya relevansi pendidikan
B.
terbatasnya jumlah guru yang bermutu
C.
masih tingginya angka putus sekolah yang merupakan bagian dari tantangan
D.
kurangnya peranan dunia usaha dalam pendidikan nasional
29. Pada awal berdirinya lembaga pendidikan ini memiliki
tujuh asas pendidikan, kemudian sesudah proklamasi kemerdekaan, asasnya dirubah
menjadi Panca Darma. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah ....
A.
Taman Siswa
B.
Muhamadiyah
C.
Institut Nasional Syafei (INS) Kayu Tanam
D.
Pesanteren Tebu Ireng
30. Salah satu karakteristik kebudayaan adalah seperti di
bawah ini ....
A.
sistem religi dan upacara keagamaan
B.
keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia
C.
sebagai suatu komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia
D.
stabil dan berubah
31. Suatu proses dimana seseorang individu menyerap
melalui cara berfikir, bertindak, dan merasa, yang mencerminkan kebudayaannya.
Pernyataan tersebut merupakan definisi dari kebudayaan sebagai ....
A.
pranata kebudayaan
B.
hubungan kebudayaan dan pendidikan
C.
Pendidikan sebagai proses enkulturasi
D.
pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan
32. Kelakuan berpola dari manusia dalam kebudayaannya yang
mengacu kepada sistem ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, peraturan, dan
sebagainya. Pernyataan di atas merupakan definisi dari ....
A.
pranata kebudayaan
B.
pendidikan sebagai ekulturasi
C.
hubungan kebudayaan dan pendidikan
D.
kepribadian dan kepribadian bangsa
33. Ras ini memiliki karakteristik antara lain: kulit agak
kuning, rambut lurus, tinggi badan kurang lebih satu setengah meter, dan bentuk
kepala pendek. Ras yang dimaksud adalah ras ....
A.
Melayu
B.
Vedoid (Wedda)
C.
Negroid (Negrito)
D.
Mongoloid
34. Salah satu karakteristik lingkungan fisik manusia (masyarakat)
di Indonesia adalah ....
A.
terdiri dari lingkungan pendidikan, dan lingkungan pergaulan
B.
terletak diantara dua benua dan dua samudera
C.
lingkungan sosial
D.
terdiri dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan
35. Setiap wilayah yang ada di Indonesia umumnya memiliki
adat istiadat, dan setiap adat memiliki pemimpin masyarakat. Berilah contoh
bentuk kepemimpinan tertinggi terhadap sistem kemayarakatan pada kepulauan
Sawu, Sumba, dan Alor
A.
Wanua dipimpin oleh Karaeng dan dibantu oleh Sulewatang
B.
Keuchi dibantu oleh teungku sebagai pimpinan agama dan orang-orang tua sebagai
wakil penduduk
C.
pimpinan berada ditangan dua orang kepala suku yang disebut duae maramba, dan
duae kepu, deorai, atau mangun tanah
D.
Huta atau penghulu yang dipilih oleh marga namora-mora. Dalam tugasnya dibantu
oleh senina
36. Karakteristik manusia Indonesia terhadap pendidikan
harus berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional, oleh sebab itu
implikasi pendidikan nasional harus dikembangkan dengan berakar kepada ....
A.
nilai-nilai pendidikan dan pergaulan
B.
nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa
C.
UU RI No 20 Tahun 2003
D.
Pembukaan UUD 1945
37. Implikasi dari kebijakan dalam pengelolaan pendidikan
nasional yang bersifat dekonsentrasi, namun dapat berlangsung secara efisien
dan efektif diatur dalam sistem pendidikan nasional sebagai berikut ....
A.
Undang-Undang RI NO 14 Tahun 2005
B.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005
C.
Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003
D.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007
38. Kepribadian bangsa Indonesia bukanlah kepribadian
keseluruhan, tetapi juga mencerminkan ciri-ciri suku bangsa, keagamaan, dan
lain-lain. Oleh sebab itu implikasi dari pengembangan kurikulum dan menjadi
syarat yang tidak boleh ditinggalkan adalah bahwa kurikulum harus ....
A.
berbasis kepada kompetensi dan berpusat kepada siswa
B.
memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan siswa sesuai dengan usia mereka
masing-masing
C.
berjenjang dari tingkat SD, SLTP, maupun SLTA
D.
bersifat nasional dan bermuatan lokal
39. Gerakan wajib belajar (wajar) 9 tahun yang telah
dicanangkan oleh pemerintah pada tanggal 2 Mei 1984, mempunyai implikasi
terhadap karakteristik sosial budaya Indonesia, diantaranya adalah ....
A.
meningkatnya standar nasional mutu pendidikan
B.
terbinanya kepribadian bangsa Indonesia
C.
keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia yang sebagian besar berada di
pedesaan terpencil dan terisolasi
D.
relevansi pendidikan secara lokal sesuai dengan keadaan lingkungan dan sosial
budaya daerah
40. Ibu Kamal sudah dua tahun ditinggal suaminya karena
kecelakaan lalu lintas, ia mempunyai empat orang anak yang semuanya masih
bersekolah, ada yang di SMA, di SMP, di SD, dan di TK,
berhubung tidak ada lagi yang membiayai, semuanya berhenti sekolah. Untunglah
ia mempunyai tetangga yang kaya dan dermawan dan mau membantu membiayai
anak-anak ibu Kamal sehingga mereka bisa sekolah kembali. Tindakan tetangga
yang dimaksud disebut ....
A.
orang tua asuh
B.
orang tua angkat
C.
calon ayah anak-anak Ibu Kamal
D.
relawan dan dermawan
41. Di kelas Anda memiliki siswa yang sangat nakal, dia
sering mengganggu teman-temannya, prestasi belajarnyapun kurang begitu bagus,
sebenarnya sekolah ingin mengelurkan anak tersebut tetapi tidak mampu karena
orang tuanya termasuk orang yang berpengaruh terhadap kelangsungan sekolah
tersebut. Jika Anda menjadi guru kelas dari anak tersebut, tindakan apa yang
akan Anda ambil?
A.
tetap bertekad akan mengeluarkan anak tersebut
B.
tetap mengajar dengan sebaik-baiknya dan masa bodoh dengan siswa tersebut
C.
melakukan pendekatan persuasif dan kekeluargaan kepada orang tua siswa dan
menjelaskan keadaan yang sebenarnya tentang anaknya dengan bukti-bukti yang
dapat dimengerti mereka
D.
melakukan pendekatan dengan orang tua siswa dengan harapan mendapatkan imbalan
dari mereka
42. Sebuah hukum atau teori dikatakan benar apabila
evidensi sesuai dalam mendukung skema induktif. Pernyataan tersebut merupakan
penjelasan tindaklanjut dari sebuah pembuktian tentang ....
A.
penyelidikan ilmiah
B.
metode induksi - deduksi
C.
proses originasi
D.
hukum difusi
43. Ada beberapa pertimbangan tentang perlunya
diselenggarakan kebijakan otonomi daerah menurut Undang-Undang No 22 Tahun
1999, yaitu tentang ....
A.
untuk memberikan kekuasaan kepada daerah untuk menyelenggarakan otonomi
B.
bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat
C.
agar penyelenggaraan pemerintah dapat dilaksanakan lebih demokratis
D.
agar penyelenggaraan otonomi daerah dipandang perlu untuk lebih menekankan pada
prinsip-prinsip demokrasi, dan peran serta masyarakat
44. Sistem ini merupakan suatu pendekatan tentang cara
berfikir mengenai fenomena secara keseluruhan yang meliputi bagian-bagiannya,
komponennya, sub sistemnya dan titik beratnya pada interaksinya. Definisi di
atas merupakan uraian dari ....
A.
problem solving
B.
filsafat sistem
C.
analisis sistem
D.
manajemen sistem
45. Menurut pasal 15 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003,
jenis pendidikan ini merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta
didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu yang setara
dengan program sarjana. Jenis pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan ....
A.
umum
B.
khusus
C.
akademik
D.
vokasi
46. Pilihlah bentuk perubahan yang terjadi sebagai akibat
dari adanya inovasi/pembaharuan di bawah ini ....
A.
terjadinya perubahan fisik pada anak sesuai dengan pertumbuhan usianya
B.
akibat dipupuk dan disiram setiap hari, tanaman bunga menjadi subur dan besar
C.
ditemukannya teknik membaca Alqur'an secara cepat melalui metode iqro
D.
akibat hujan turun dengan derasnya, Jakarta menjadi banjir dan terjadi
kemacetan disemua jalan
47. Salah satu faktor yang mempengaruhi difusi inovasi
adalah komunikasi. Ada dua bentuk komunikasi yang sangat mempengaruhi proses
difusi inovasi yaitu komunikasi konvergen dan komunikasi linear. Ciri utama
dari komunikasi konvergen adalah ....
A.
dilakukan oleh dua individu/kelompok yang memiliki kesamaan satu sama lain
B.
saling mempengaruhi dan menyampaikan informasi sehingga diperoleh saling
pengertian
C.
dimana partisipan berbagi informasi untuk mencapai pengertian satu sama lain
A.
D.adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling pemahaman, adanya saling
persetujuan, kegiatan bersama, dan hubungan jaringan
48. Sistem sosial yang melaksanakan kegiatan inovasi
pendidikan meliputi: ukuran dan kewilayahan, kegiatan pemeliharaan terbatas,
fasilitas fisik, penggunaan waktu, tujuan yang ingin dicapai, prosedur yang
digunakan, dan seterusnya. Dari sistem sosial di atas, pilihlah jawaban yang
paling sesuai dengan definisi berikut "suatu sistem sosial yang secara
nyata membatasi dari pelaksanaan suatu perubahan pendidikan"
A.
ukuran dan kewilayahan
B.
kegiatan pemeliharaan terbatas
C.
fasilitas fisik
D.
prosedur yang digunakan
49. a) Sebagian kecil masyarakat Indonesia masih ada yang
berpikir bahwa pendidikan bagi anak perempuan tidak perlu tinggi-tinggi, bagi
mereka jika sudah menikah pada akhirnya akan ke dapur juga. Anggapan mereka
bagi wanita cukup bisa membaca dan menulis saja
b) Di daerah tertentu, jika musim panen tiba, sekolah
menjadi sepi karena ditinggalkan oleh murid-muridnya. Pada saat seperti ini
anak-anak dilarang oleh orang tuanya untuk bersekolah karena waktu mereka akan
diisi dengan kegiatan memanen padi di sawah, sehingga mereka tidak punya waktu
untuk belajar.
Kedua contoh di atas merupakan
hambatan dalam adopsi inovasi dalam bidang ....
A.
mental block barries
C.
sosial block
D.
fisical block
A.
peningkatan pemerataan kesempatan belajar
B.
pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasar
C.
cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi pendidikan
D.
pendemokrasian pendidikan di Indonesia
tlg pembahasannya dicantumkan. terima kasih
BalasHapusHarrah's Casino - New Orleans, LA - MapyRO
BalasHapusExplore reviews, photos & cheap rates 제주도 출장샵 for Harrah's Casino in New Orleans, LA. Search for travel deals 목포 출장마사지 near Harrah's 군산 출장마사지 Casino in 김제 출장마사지 New 인천광역 출장마사지 Orleans.