1)
No 1.
a.
Benar, karena perhatian dapat memusatkan
pikiran dan perasaan
b.
Salah, karena motivasi sebagai motor
penggerak aktivitas
c.
Salah, karena belajar itu sendiri adalah
aktivitas mental dan emosional
d.
Salah, karena individu merupakan pribadi
tersendiri yang memiliki perbedaan dari yang lain
2)
No 2.
a.
Benar, karena sesuai dengan definisinya
b.
Salah, karena strategi pembelajaran adalh
ilmu dan kiat di dalam memanfaatkan segala sumber belajar yang dimiliki
dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan
c.
Salah, karena teknik pembelajaran adalah
ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu
d.
Salah, karena pendekatan pembelajaran adalah
cara umum dalam memandang pembelajaran
3)
No 3.
a.
Salah, karena merupakan keterampilan pikiran
b.
Benar, karena sangat mempengaruhi
keterampilan intelektual seseorang
c.
Salah, karena hanya mampu menyimpan
nama/label, fakta, dan pengetahuan dalam ingatan
d.
Salah, karena hanya mampu menampilkan
perilaku yang bermuatan nilai-nlai
4)
No 4.
a.
Salah, karena bahan atau materi diolah oleh
guru
b.
Salah, karena bahan atau materi diolah dari
yang umum ke yang khusus
c.
Benar, karena siswa yang aktif mencari dan
mengolah bahan pelajaran
d.
Salah, karena bahan atau materi diolah dari
yang khusus ke yang umum
5)
No 5.
a.
Salah, karena bisa juga menjadi kegagalan
siswa
b.
Salah, karena tidak semua pembentu bisa baca
tulis
c.
Benar, karena perhatian orang tua sangat
mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.
d.
Salah, karena tidak setiap hari paman ada di
rumah
6)
No 6.
a.
Salah, karena termasuk pada kecerdasan
spasial
b.
Salah, karena merespons suasana hati adalah
kecerdasan interpribadi
c.
Salah, karena memotivasi orang lain adalah
kecerdasan interpribadi
d.
Benar, karena impian dan gagasan diri
sendiri merupakan salah satu bentuk kecerdasan intrapribadi
7)
No 7.
a.
Salah, karena masuk kategori kelas tinggi
b.
Salah, karena masuk kategori kelas tinggi
c.
Benar, karena kelas 3 memang cocok untuk
pembelajaran konkret
d.
Salah, karena masuk kategori kelas tinggi
8)
No 8.
a.
Benar, karena esensi proses pembelajaran
kelas tinggi adalah suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan
sistematik untuk membelajarkan konsep dan generalisasi
b.
Salah, karena pembelajaran konkret dan
proses belajar harus dikembangkan secara interaktif merupakan karakteristik
pembelajaran kelas rendah
c.
Salah, karena bukan merupakan karakteristik
pembelajaran di Sekolah Dasar
d.
Salah, karena bukan merupakan karakteristik
pembelajaran di Sekolah Dasar
9)
No 9.
a.
Salah, karena individu-individu diberi tanggung
jawab untuk kegiatan belajar dan perilaku masing-masing
b.
Benar, karena merupakan salah satu prinsip
utama dari prinsip-prinsip kuantum
c.
Salah, karena mempunyai kesamaan tujuan pada
anak-anak dalam kelompok membuat kegiatan belajar lebih kooperatif
d.
Salah, karena menggunakan tema sentral dalam
kegiatan belajar yang berlangsung
10)
No 10.
a.
Salah, karena membantu siswa memecahkan
masalah dan menulis kegiatan-kegiatan dari suatu bidang ilmu
b.
Benar, karena siswa dapat dengan mudah
menyerap informasi
c.
Salah, karena cara belajar untuk mendapatkan
dan mengorganisasikan informasi dan dan menguji hipotesis yang mendeskripsikan
hubungan di antara serangkaian data
d.
Salah, karena siswa dibawa ke proses ilmiah
dan dibantu mengumpulkan dan menganalisa data
11)
No 11.
a.
Salah, karena membangkitkan motivasi
merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan pada setiap tahapan kegiatan
pembelajaran
b.
Salah, karena siswa melihat kaitan atau
hubungan dengan apa yang telah dikenal atau sesuai dengan pengalaman siswa
c.
Salah, karena dilakukan apabila materi yang
akan dibahas merupakan materi baru
d.
Benar, karena merupakan salah satu kegiatan
dari memberi acuan
12)
No 12.
a.
Salah, karena sistematis merupakan salah
satu prinsip pembelajaran klasikal
b.
Salah, karena kerja sama merupakan salah
satu prinsip pembelajaran kelompok
c.
Benar, karena dapat membantu proses
pembelajaran yang mengarah pada optimalisasi kemampuan siswa secara individu
d.
Salah, karena perhatian merupakan salah satu
prinsip pembelajaran kelompok
13)
No 13.
a.
Salah, karena memberikan tugas adalah kegiatan
tindak lanjut
b.
Benar, karena meninjau kembali penguasaan
siswa merupakan salah satu kegiatan akhir pembelajaran
c.
Salah, karena memberikan motivasi adalah
kegiatan tindak lanjut
d.
Salah, karena memberikan bimbingan belajar
adalah kegiatan tindak lanjut
14)
No 14.
a.
Salah, karena aspek konsep merupakan
substansi isi meteri pelajaran yang berhubungan dengan pengertian,
karakteristik, atribut, dan gagasan sesuatu
b.
Salah, karena aspek fakta merupakan
substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang
lalu, data-data yang memiliki esensi objek dan waktu
c.
Salah, karena aspek fakta merupakan
substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang
lalu, data-data yang memiliki esensi objek dan waktu
d.
Benar, karena aspek prinsip merupakan
substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum,
ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh
15)
No 15.
a.
Salah, karena siswa mampu menerapkan belajar
secara bersama
b.
Salah, karena siswa mampu mengamati proses
yang didemonstrasikan
c.
Benar, karena siswa mampu berkomunikasi dan
berperan
d.
Salah, karena siswa memiliki sikap yang
tekun, teliti, dan kerja keras
16)
No 16.
a.
Salah, karena metode demonstrasi adalah
posisi siswa seluruhnya harus dapat mengamati terhadap objek yang
didemonstrasikan
b.
Benar, karena metode eksperimen adalah
materi yang disajikan atau dibahas melalui percobaan serta diamati secara
proses
c.
Salah, karena metode diskusi adalah
melibatkan beberapa orang siswa untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas, atau permasalahan
d.
Salah, karena metode simulasi adalah
objeknya bukan benda atau kegiatan yang sebenarnya, jadi sifatnya pura-pura
17)
No 17.
a.
Salah, karena bukan berfungsi sebagai alat
hiburan
b.
Salah, karena merupakan konsep media
pembelajaran
c.
Salah, karena merupakan nilai dan manfaat
d.
Benar, karena merupakan salah satu fungsi
media pembelajaran
18)
No 18.
a.
Benar, karena faktor objektivitas harus
terhindar dari pemilihan media yang didasari oleh kesenangan pribadi
b.
Salah, karena merupakan faktor tingkat
keterbacaan media
c.
Salah, karena merupakan faktor rencana
pembelajaran
d.
Salah, karena merupakan faktor situasi dan
kondisi
19)
No 19.
a.
Benar, karena TMII merupakan lingkungan
sosial yang berkenaan dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat
b.
Salah, karena karang taruna mempelajari
tentang organisasi social
c.
Salah, karena museum mempelajari peninggalan
purbakala
d.
Salah, karena kantor gubernur mempelajari
administrasi
20)
No 20.
a.
Salah, karena pertanyaan secara jelas dan
singkat dapat dibuat dengan menggunakan struktur kalimat yang sederhana
b.
Benar, karena pertanyaan yang tidak dapat
dijawab siswa guru tidak boleh tinggal diam, guru harus memberi tuntunan yang
memungkinkan siswa mampu membri jawaban yang diharapkan
c.
Salah, karena menyebarkan giliran untuk
menjawab pertanyaan yang diajukan guru
d.
Salah, karena sebelum diberikan pertanyaan
guru perlu memberikan acuan berupa informasi yang perlu diketahui siswa
21)
No 21.
a.
Salah, karena pertanyaan yang diajukan guru
mengundang siswa untuk berfikir
b.
Salah, karena pertanyaan yang diajukan guru sesuai
tingkatan tertentu, pertanyaan yang mudah dahulu baru diberikan pertanyaan yang
sukar
c.
Salah, karena mengajukkan pertanyaan pelacak
dapat membimbing siswa untuk mengembangkan jawaban yang diberikan
d.
Benar, karena merupakan salah satu cara
dalam peningkatan terjadinya interaksi
22)
No 22.
a.
Benar, karena merupakan tujuan memberi
penguatan
b.
Benar, karena merupakan tujuan memberi
penguatan
c.
Benar, karena merupakan tujuan memberi
penguatan
d.
Salah, karena tujuan memberi penguatan
mendorong munculnya perilaku yang positif
23)
No 23.
a.
Benar, karena mengacungkan jempol menandakan
kepuasan guru sebagai penguatan dengan cara gerakan badan
b.
Salah, karena gerak mendekati dapat
ditunjukkan guru dengan cara melangkah mendekati siswa
c.
Salah karena menjabat tangan atau menepuk
pundak siswa merupakan cara memberi penguatan dengan cara memberi sentuhan
d.
Salah, karena kegiatan yang menyenangkan
apabila siswa diberi kesempatan mengerjakan sesuatu yang menjadi kegemarannya
atau sesuatu yang memungkinkan dia berprestasi
24)
No 24.
a.
Benar, karena merupakan tujuan mengadakan
variasi
b.
Benar, karena merupakan tujuan mengadakan
variasi
c.
Salah, karena merupakan salah satu tujuan
memberi penguatan
d.
Benar, karena merupakan tujuan mengadakan
variasi
25)
No 25.
a.
Salah, karena variasi suara dilakukan dengan
cara mengubah-ubah suara dari rendah ke tinggi, cepat ke lambat
b.
Salah, karena pemusatan perhatian dilakukan
dengan mengucapkan kata-kata tertentu secara khusus disertai isyarat atau
gerakan
c.
Benar, karena variasi dari keadaan ada suara
ke kesenyapan yang tiba-tiba akan memberi pengaruh kepada siswa
d.
Salah, karena kontak pandang dengan seluruh
siswa merupakan salah satu senjata ampuh bagi guru dalam mengajar
26)
No 26.
a.
Benar, karena merupakan salah satu tujuan
keterampilan menjelaskan
b.
Salah, karena untuk membimbing siswa
menjawab pertanyaan “mengapa”
c.
Salah, karena merupakan manfaat penguasaan
keterampilan menjelaskan oleh guru
d.
Salah, karena merupakan manfaat penguasaan
keterampilan menjelaskan oleh guru
27)
No 27.
a.
Salah, karena karakteristik siswa perlu
dianalisis antara lain; usia, jenis kelamin, jenjang kemampuan, dan latar
belakang keluarga
b.
Benar, karena merupakan salah satu
merencanakan isi pesan dalam hal menelaah hukum, rumus, dan prinsip atau
generalisasi
c.
Salah, karena merupakan salah satu
keterampilan menyajikan penjelasan
d.
Salah, karena merupakan salah satu
keterampilan menyajikan penjelasan
28)
No 28.
a.
Salah, karena merupakan salah satu tujuan
keterampilan membuka pelajaran
b.
Salah, karena bukan merupakan tujuan
keterampilan membuka dan menutup pelajaran
c.
Benar, karena merupakan salah satu tujuan
keterampilan menutup pelajaran
d.
Salah, karena bukan merupakan tujuan
keterampilan membuka dan menutup pelajaran
29)
No 29.
a.
Salah, karena menimbulkan motivasi dilakukan
dengan cara mengemukakan ide yang bertentangan
b.
Benar, karena menggunakan alat bentu
mengajar merupakan salah satu cara menarik perhataian pada komponen membuka
pelajaran
c.
Salah, karena memberi acuan bertujuan untuk
memberikan gambaran singkat kepada siswa tentang berbagai topic
d.
Salah, karena membuat kaitan adalah membuat
pelajaran jadi bermakna dengan cara pelajarn dikaitkan dengan pengetahuan yang
dimiliki siswa
30)
No 30.
a.
Salah, karena menilai memberi soal-soal
tertulis yang dikerjakan oleh siswa secara tertulis pula
b.
Salah, karena memberi tindak lanjut dengan
cara memberi tugas yang dapat dikerjakan secara individual, membuat pekerjaan
c.
Benar, karena dalam meninjau kembali ada dua
cara, yaitu; merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan pada keterampilan
menutup pelajaran
d.
Salah, karena membuat kaitan merupakan
komponen pada keterampilan membuka pelajaran
31)
No 31.
a.
Salah, karena prinsip berurutan artinya guru
hendaknya berusaha membuat susunan kegiatan yang tepat, yang sesuai dengan
minat, pengalaman, dan kemampuan siswa
b.
Salah, karena prinsip berkesinambungan sama
dengan prinsip berurutan
c.
Salah, karena prinsip keterkaitan merupakan
prinsip menjelaskan
d.
Benar, karena sesuai dengan definisi prinsip
bermakna
32)
No 32.
a.
Salah, karena memperjelas masalah adalah
pembimbing atau guru berkewajiban memperjelas pendapat yang diajukan oleh siswa
sehingga salah pengertian tidak terjadi
b.
Salah, karena menganalisis pandangan artinya
memperjelas atau menguraikan inti gagasan siswa tentang hal-hal yang sudah
disepakati dan yang belum disepakati
c.
Benar, karena merupakan salah satu cara
menyebarkan kesempatan berpartisipasi
d.
Salah, karena menguraikan pendapat sama
dengan memperjelas masalah
33)
No 33.
a.
Benar, karena sikap tanggap guru dapat
ditunjukkan dengan cara memandang secara seksama
b.
Salah, karena dalam mengelola kelas guru
dituntut mampu membagi perhatian kepada semua siswa
c.
Salah, karena penguatan diberikan kepada
siswa yang bertingkah laku baik
d.
Salah, karena petunjuk yang jelas, singkat,
dan mudah dimengerti oleh siswa akan sangat membantu kelancaran tugas yang
harus dikerjakan oleh siswa hingga kondisi belajar dapat dioptimalkan
34)
No 34.
a.
Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu
diperhatikan guru
b.
Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu
diperhatikan guru
c.
Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu
diperhatikan guru
d.
Salah, karena merupakan hal-hal yang harus
dihindari oleh guru
35)
No 35.
a.
Salah, karena pendekatan secara pribadi
dapat dilakukan dengan cara menunjukkan kehangatan dan kepekaan terhadap
kebutuhan siswa
b.
Benar, karena mengembangkan supervisi proses
awal merupakan salah satu komponen dalam keterampilan membimbing dan memudahkan
belajar
c.
Salah, karena peran guru dalam mengajar
kelompok kecil dan perorangan adalah sebagai organisator kegiatan pembelajarn
d.
Salah, karena tugas utama guru adalah
membantu siswa baik secara kelompok maupun perorangan dengan baik
36)
No 36.
a.
Salah, karena merupakan fungsi terapeutik
b.
Benar, karena sesuai dengan definisi fungsi
akselerasi
c.
Salah, karena merupakan fungsi penyesuaian
d.
Salah, karena merupakan fungsi korektif
37)
No 37.
a.
Benar, karena tutorial merupakan kegiatan
guru meminta bantuan kepada siswa yang pandai
b.
Salah, karena dalam kegiatan remedial guru
dapat menggunakan sumber belajar lain dalam membantu siswa menguasai kompetensi
yang telah ditetapkan
c.
Salah, karena diskusi atau kerja kelomok
dapat digunakan guru untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan
d.
Salah, karena bentuk kegiatan ini guru
menjelaskan kembali materi yang belum dipahami atau dikuasai siswa
38)
No 38.
a.
Salah, karena mengembangkan media memberi
kesempatan kepada siswa untuk menghasilkan suatu karya, hasil karya tersebut
berupa model, permainan atau karya tulis yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber
belajar
b.
Salah karena mengembangkan latihan artinya
adalah kelompok cepat mengembangkan latihan praktis yang dapat dilaksanakan
oleh teman-teman yang lambat
c.
Salah, karena identik dengan mengembangkan
media pembelajaran
d.
Benar, karena tutor sebaya membantu siswa
lain memahami materi pelajaran dalam menambah wawasan pengetahuan siswa
39)
No 39.
a.
Benar, karena kegiatan di luar kelas lebih
disukai oleh siswa daripada kegiatan di dalam kelas
b.
Salah, karena kegiatan yang menuntut siswa
untuk melakukan aktivitas lebih disukai siswa daripada kegiatan di belakang
meja
c.
Salah, karena kegiatan yang menuntut siswa
untuk melakukan aktivitas lebih disukai siswa daripada kegiatan di belakang
meja
d.
Salah, karena kegiatan yang cepat
menunujukkan hasil lebih disukai siswa dariada kegiatan yang menuntut waktu
yang cukup lama
40)
N0 40.
a.
Salah, karena iklim sosio-ekonomi tidak
termasuk dalam kegiatan pengelolaan kelas
b.
Salah, karena iklim sosio-emosional
merupakan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio-emosional kelas yang
positif
c.
Salah, karena pendekatan proses kelompok
membantu mengembangkan dan melaksanakan sistem kelas yang efektif
d.
Benar, karena contoh kegiatan tersebut
membantu siswa mempelajari tingkah laku yang diharapkan melalui penerapan
prinsip- prinsip yang berasal dari teori penguatan
41)
No 41.
a.
Salah, karena pengelolaan kelas sebagai
kegiatan guru untuk mengontrol tingkah laku siswa
b.
Benar, karena dalam pengelolaan pembelajaran
ketidaktahuan menjadi masalah
c.
Salah, karena mengembangkan latihan bukan
merupakan pengelolaan pembelajaran
d.
Salah, karena mengembangkan media tidak
termasuk dalam pengelolaan pembelajaran
42)
No 42.
a.
Salah, karena visibility artinya penempatan
atau penataan barang-barang di dalam kelas tidak mengganggu pandangan siswa dan
guru
b.
Salah, karena accessibility artinya semua
barang-barang yang ingin diambil mudah dicapai/dijangkau oleh siswa
c.
Benar, karena flexibility artinya
barang-barang yang ada di dalam kelas mudah ditata dan dipindah-pindahkan
d.
Salah, karena comfortableness artinya menata
lingkungan kelas dapat memberikan kenyamanan baik bagi siswa maupun guru
43)
No 43.
a.
Salah, karena norma merupakan pedoman bagi
anggota kelompok tentang apa yang harus mereka lakukan
b.
Salah, karena kebersamaan merupakan kegiatan
yang berlangsung apabila setiap anggota kelompok memiliki rasa kebersamaan
c.
Salah, karena persahabatan merupakan
kegiatan kelompok akan berhasil apabila hubungan interpersonal antarsiswa cukup
baik
d.
Benar, karena pengambilalihan yang dilakukan
Adi merupakan tugas seorang pemimpin
44)
No 44.
a.
Benar, karena disiplin merupakan suatu
aturan dan ketaatan
b.
Salah, karena bukan merupakan suatu aturan
dan ketaatan
c.
Salah, karena bukan merupakan suatu aturan
dan ketaatan
d.
Salah, karena bukan merupakan suatu aturan
dan ketaatan
45)
No 45.
a.
Salah, karena bukan termasuk dalam gangguan
ringan
b.
Benar, karena termasuk dalam perilaku
agresif
c.
Salah, karena bukan termasuk gangguan berat
d.
Salah, karena gangguan sedang tidak termasuk
dalam strategi penanganan disiplin kelas
46)
No 46.
a.
Salah, karena contoh tersebut bukan contoh
aturan fleksibel
b.
Benar, karena siswa langsung dilibatkan
untuk menanamkan disiplin kelas
c.
Salah, karena bukan merupakan contoh aturan
yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak
d.
Salah, karena melibatkan guru tidak termasuk
dalam penanaman disiplin kelas
47)
No 47.
a.
Benar, karena merupakan komponen tujuan
b.
Salah, karena materi harus diberikan untuk
mencapai kompetensi
c.
Salah, karena strategi merupakan kegiatan
belajar mengajar
d.
Salah, karena penilaian mengukur tingkat
keberhasilan pembelajaran
48)
No 48.
a.
Salah, karena merupakan prinsip perencanaan
pembelajaran
b.
Salah, karena merupakan prinsip perencanaan
pembelajaran
c.
Benar, karena merupakan salah satu prinsip
silabus
d.
Salah, karena merupakan prinsip perencanaan
pembelajaran
49)
No 49.
a.
Salah, karena guru yang efektif memerlukan
waktu yang lebih banyak dalam menyajikan materi baru
b.
Salah, karena guru yang efektif menyediakan
proses balikan berupa memberikan penjelasan tambahan apabila siswa benar
c.
Benar, karena guru yang efektif memulai
pembelajaran dengan mereviu materi yang lalu
d.
Salah, karena guru yang efektif menyediakan
koreksi bagi siswa yang membuat kesalahan
50)
No 50.
a.
Benar, karena belajar secara aktif merupakan
salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah
b.
Salah, karena merupakan salah satu kelebihan
pembelajarn terpadu
c.
Salah, karena merupakan salah satu manfaat
belajar mandiri
d.
Salah, karena merupakan prinsip belajar
mandiri
makasih mbak yu,,,, :)
BalasHapusSama-sama
HapusTerima kasih Pak sudah berbagi Soal Ujian Universitas Terbuka dan Kunci Jawabannya sangat membantu sekali.
BalasHapusMaaf saya bukan Bapak...
HapusMaaf saya bukan Bapak...
Hapus