Senin, 29 Juli 2013

Kunci Jawaban Ujian Strategi Pembelajaran SD PDGK4105




1)    No 1.
a.        Benar, karena perhatian dapat memusatkan pikiran dan perasaan
b.        Salah, karena motivasi sebagai motor penggerak aktivitas
c.        Salah, karena belajar itu sendiri adalah aktivitas mental dan emosional
d.        Salah, karena individu merupakan pribadi tersendiri yang memiliki perbedaan dari yang lain

2)    No 2.
a.        Benar, karena sesuai dengan definisinya
b.        Salah, karena strategi pembelajaran adalh ilmu dan kiat di dalam memanfaatkan segala sumber belajar yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
c.        Salah, karena teknik pembelajaran adalah ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu
d.        Salah, karena pendekatan pembelajaran adalah cara umum dalam memandang pembelajaran

3)    No 3.
a.        Salah, karena merupakan keterampilan pikiran
b.        Benar, karena sangat mempengaruhi keterampilan intelektual seseorang
c.        Salah, karena hanya mampu menyimpan nama/label, fakta, dan pengetahuan dalam ingatan
d.        Salah, karena hanya mampu menampilkan perilaku yang bermuatan nilai-nlai

4)    No 4.
a.        Salah, karena bahan atau materi diolah oleh guru
b.        Salah, karena bahan atau materi diolah dari yang umum ke yang khusus
c.        Benar, karena siswa yang aktif mencari dan mengolah bahan pelajaran
d.        Salah, karena bahan atau materi diolah dari yang khusus ke yang umum

5)    No 5.
a.        Salah, karena bisa juga menjadi kegagalan siswa
b.        Salah, karena tidak semua pembentu bisa baca tulis
c.        Benar, karena perhatian orang tua sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.
d.        Salah, karena tidak setiap hari paman ada di rumah

6)    No 6.
a.        Salah, karena termasuk pada kecerdasan spasial
b.        Salah, karena merespons suasana hati adalah kecerdasan interpribadi
c.        Salah, karena memotivasi orang lain adalah kecerdasan interpribadi
d.        Benar, karena impian dan gagasan diri sendiri merupakan salah satu bentuk kecerdasan intrapribadi

7)    No 7.
a.        Salah, karena masuk kategori kelas tinggi
b.        Salah, karena masuk kategori kelas tinggi
c.        Benar, karena kelas 3 memang cocok untuk pembelajaran konkret
d.        Salah, karena masuk kategori kelas tinggi

8)    No 8.
a.        Benar, karena esensi proses pembelajaran kelas tinggi adalah suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan sistematik untuk membelajarkan konsep dan generalisasi
b.        Salah, karena pembelajaran konkret dan proses belajar harus dikembangkan secara interaktif merupakan karakteristik pembelajaran kelas rendah
c.        Salah, karena bukan merupakan karakteristik pembelajaran di Sekolah Dasar
d.        Salah, karena bukan merupakan karakteristik pembelajaran di Sekolah Dasar

9)    No 9.
a.        Salah, karena individu-individu diberi tanggung jawab untuk kegiatan belajar dan perilaku masing-masing
b.        Benar, karena merupakan salah satu prinsip utama dari prinsip-prinsip kuantum
c.        Salah, karena mempunyai kesamaan tujuan pada anak-anak dalam kelompok membuat kegiatan belajar lebih kooperatif
d.        Salah, karena menggunakan tema sentral dalam kegiatan belajar yang berlangsung

10)  No 10.
a.        Salah, karena membantu siswa memecahkan masalah dan menulis kegiatan-kegiatan dari suatu bidang ilmu
b.        Benar, karena siswa dapat dengan mudah menyerap informasi
c.        Salah, karena cara belajar untuk mendapatkan dan mengorganisasikan informasi dan dan menguji hipotesis yang mendeskripsikan hubungan di antara serangkaian data
d.        Salah, karena siswa dibawa ke proses ilmiah dan dibantu mengumpulkan dan menganalisa data
11)  No 11.
a.        Salah, karena membangkitkan motivasi merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan pada setiap tahapan kegiatan pembelajaran
b.        Salah, karena siswa melihat kaitan atau hubungan dengan apa yang telah dikenal atau sesuai dengan pengalaman siswa
c.        Salah, karena dilakukan apabila materi yang akan dibahas merupakan materi baru
d.        Benar, karena merupakan salah satu kegiatan dari memberi acuan

12)  No 12.
a.        Salah, karena sistematis merupakan salah satu prinsip pembelajaran klasikal
b.        Salah, karena kerja sama merupakan salah satu prinsip pembelajaran kelompok
c.        Benar, karena dapat membantu proses pembelajaran yang mengarah pada optimalisasi kemampuan siswa secara individu
d.        Salah, karena perhatian merupakan salah satu prinsip pembelajaran kelompok

13)  No 13.
a.        Salah, karena memberikan tugas adalah kegiatan tindak lanjut
b.        Benar, karena meninjau kembali penguasaan siswa merupakan salah satu kegiatan akhir pembelajaran
c.        Salah, karena memberikan motivasi adalah kegiatan tindak lanjut
d.        Salah, karena memberikan bimbingan belajar adalah kegiatan tindak lanjut

14)  No 14.
a.        Salah, karena aspek konsep merupakan substansi isi meteri pelajaran yang berhubungan dengan pengertian, karakteristik, atribut, dan gagasan sesuatu
b.        Salah, karena aspek fakta merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang lalu, data-data yang memiliki esensi objek dan waktu
c.        Salah, karena aspek fakta merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang lalu, data-data yang memiliki esensi objek dan waktu
d.        Benar, karena aspek prinsip merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh

15)  No 15.
a.        Salah, karena siswa mampu menerapkan belajar secara bersama
b.        Salah, karena siswa mampu mengamati proses yang didemonstrasikan
c.        Benar, karena siswa mampu berkomunikasi dan berperan
d.        Salah, karena siswa memiliki sikap yang tekun, teliti, dan kerja keras

16)  No 16.
a.        Salah, karena metode demonstrasi adalah posisi siswa seluruhnya harus dapat mengamati terhadap objek yang didemonstrasikan
b.        Benar, karena metode eksperimen adalah materi yang disajikan atau dibahas melalui percobaan serta diamati secara proses
c.        Salah, karena metode diskusi adalah melibatkan beberapa orang siswa untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas, atau permasalahan
d.        Salah, karena metode simulasi adalah objeknya bukan benda atau kegiatan yang sebenarnya, jadi sifatnya pura-pura

17)  No 17.
a.        Salah, karena bukan berfungsi sebagai alat hiburan
b.        Salah, karena merupakan konsep media pembelajaran
c.        Salah, karena merupakan nilai dan manfaat
d.        Benar, karena merupakan salah satu fungsi media pembelajaran

18)  No 18.
a.        Benar, karena faktor objektivitas harus terhindar dari pemilihan media yang didasari oleh kesenangan pribadi
b.        Salah, karena merupakan faktor tingkat keterbacaan media
c.        Salah, karena merupakan faktor rencana pembelajaran
d.        Salah, karena merupakan faktor situasi dan kondisi

19)  No 19.
a.        Benar, karena TMII merupakan lingkungan sosial yang berkenaan dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat
b.        Salah, karena karang taruna mempelajari tentang organisasi social
c.        Salah, karena museum mempelajari peninggalan purbakala
d.        Salah, karena kantor gubernur mempelajari administrasi

20)  No 20.
a.        Salah, karena pertanyaan secara jelas dan singkat dapat dibuat dengan menggunakan struktur kalimat yang sederhana
b.        Benar, karena pertanyaan yang tidak dapat dijawab siswa guru tidak boleh tinggal diam, guru harus memberi tuntunan yang memungkinkan siswa mampu membri jawaban yang diharapkan
c.        Salah, karena menyebarkan giliran untuk menjawab pertanyaan yang diajukan guru
d.        Salah, karena sebelum diberikan pertanyaan guru perlu memberikan acuan berupa informasi yang perlu diketahui siswa
21)  No 21.
a.        Salah, karena pertanyaan yang diajukan guru mengundang siswa untuk berfikir
b.        Salah, karena pertanyaan yang diajukan guru sesuai tingkatan tertentu, pertanyaan yang mudah dahulu baru diberikan pertanyaan yang sukar
c.        Salah, karena mengajukkan pertanyaan pelacak dapat membimbing siswa untuk mengembangkan jawaban yang diberikan
d.        Benar, karena merupakan salah satu cara dalam peningkatan terjadinya interaksi

22)  No 22.
a.        Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
b.        Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
c.        Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
d.        Salah, karena tujuan memberi penguatan mendorong munculnya perilaku yang positif

23)  No 23.
a.        Benar, karena mengacungkan jempol menandakan kepuasan guru sebagai penguatan dengan cara gerakan badan
b.        Salah, karena gerak mendekati dapat ditunjukkan guru dengan cara melangkah mendekati siswa
c.        Salah karena menjabat tangan atau menepuk pundak siswa merupakan cara memberi penguatan dengan cara memberi sentuhan
d.        Salah, karena kegiatan yang menyenangkan apabila siswa diberi kesempatan mengerjakan sesuatu yang menjadi kegemarannya atau sesuatu yang memungkinkan dia berprestasi

24)  No 24.
a.        Benar, karena merupakan tujuan mengadakan variasi
b.        Benar, karena merupakan tujuan mengadakan variasi
c.        Salah, karena merupakan salah satu tujuan memberi penguatan
d.        Benar, karena merupakan tujuan mengadakan variasi

25)  No 25.
a.        Salah, karena variasi suara dilakukan dengan cara mengubah-ubah suara dari rendah ke tinggi, cepat ke lambat
b.        Salah, karena pemusatan perhatian dilakukan dengan mengucapkan kata-kata tertentu secara khusus disertai isyarat atau gerakan
c.        Benar, karena variasi dari keadaan ada suara ke kesenyapan yang tiba-tiba akan memberi pengaruh kepada siswa
d.        Salah, karena kontak pandang dengan seluruh siswa merupakan salah satu senjata ampuh bagi guru dalam mengajar

26)  No 26.
a.        Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menjelaskan
b.        Salah, karena untuk membimbing siswa menjawab pertanyaan “mengapa”
c.        Salah, karena merupakan manfaat penguasaan keterampilan menjelaskan oleh guru
d.        Salah, karena merupakan manfaat penguasaan keterampilan menjelaskan oleh guru

27)  No 27.
a.        Salah, karena karakteristik siswa perlu dianalisis antara lain; usia, jenis kelamin, jenjang kemampuan, dan latar belakang keluarga
b.        Benar, karena merupakan salah satu merencanakan isi pesan dalam hal menelaah hukum, rumus, dan prinsip atau generalisasi
c.        Salah, karena merupakan salah satu keterampilan menyajikan penjelasan
d.        Salah, karena merupakan salah satu keterampilan menyajikan penjelasan

28)  No 28.
a.        Salah, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan membuka pelajaran
b.        Salah, karena bukan merupakan tujuan keterampilan membuka dan menutup pelajaran
c.        Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menutup pelajaran
d.        Salah, karena bukan merupakan tujuan keterampilan membuka dan menutup pelajaran

29)  No 29.
a.        Salah, karena menimbulkan motivasi dilakukan dengan cara mengemukakan ide yang bertentangan
b.        Benar, karena menggunakan alat bentu mengajar merupakan salah satu cara menarik perhataian pada komponen membuka pelajaran
c.        Salah, karena memberi acuan bertujuan untuk memberikan gambaran singkat kepada siswa tentang berbagai topic
d.        Salah, karena membuat kaitan adalah membuat pelajaran jadi bermakna dengan cara pelajarn dikaitkan dengan pengetahuan yang dimiliki siswa

30)  No 30.
a.        Salah, karena menilai memberi soal-soal tertulis yang dikerjakan oleh siswa secara tertulis pula
b.        Salah, karena memberi tindak lanjut dengan cara memberi tugas yang dapat dikerjakan secara individual, membuat pekerjaan
c.        Benar, karena dalam meninjau kembali ada dua cara, yaitu; merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan pada keterampilan menutup pelajaran
d.        Salah, karena membuat kaitan merupakan komponen pada keterampilan membuka pelajaran
31)  No 31.
a.        Salah, karena prinsip berurutan artinya guru hendaknya berusaha membuat susunan kegiatan yang tepat, yang sesuai dengan minat, pengalaman, dan kemampuan siswa
b.        Salah, karena prinsip berkesinambungan sama dengan prinsip berurutan
c.        Salah, karena prinsip keterkaitan merupakan prinsip menjelaskan
d.        Benar, karena sesuai dengan definisi prinsip bermakna

32)  No 32.
a.        Salah, karena memperjelas masalah adalah pembimbing atau guru berkewajiban memperjelas pendapat yang diajukan oleh siswa sehingga salah pengertian tidak terjadi
b.        Salah, karena menganalisis pandangan artinya memperjelas atau menguraikan inti gagasan siswa tentang hal-hal yang sudah disepakati dan yang belum disepakati
c.        Benar, karena merupakan salah satu cara menyebarkan kesempatan berpartisipasi
d.        Salah, karena menguraikan pendapat sama dengan memperjelas masalah

33)  No 33.
a.        Benar, karena sikap tanggap guru dapat ditunjukkan dengan cara memandang secara seksama
b.        Salah, karena dalam mengelola kelas guru dituntut mampu membagi perhatian kepada semua siswa
c.        Salah, karena penguatan diberikan kepada siswa yang bertingkah laku baik
d.        Salah, karena petunjuk yang jelas, singkat, dan mudah dimengerti oleh siswa akan sangat membantu kelancaran tugas yang harus dikerjakan oleh siswa hingga kondisi belajar dapat dioptimalkan

34)  No 34.
a.        Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan guru
b.        Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan guru
c.        Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan guru
d.        Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh guru

35)  No 35.
a.        Salah, karena pendekatan secara pribadi dapat dilakukan dengan cara menunjukkan kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan siswa
b.        Benar, karena mengembangkan supervisi proses awal merupakan salah satu komponen dalam keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
c.        Salah, karena peran guru dalam mengajar kelompok kecil dan perorangan adalah sebagai organisator kegiatan pembelajarn
d.        Salah, karena tugas utama guru adalah membantu siswa baik secara kelompok maupun perorangan dengan baik

36)  No 36.
a.        Salah, karena merupakan fungsi terapeutik
b.        Benar, karena sesuai dengan definisi fungsi akselerasi
c.        Salah, karena merupakan fungsi penyesuaian
d.        Salah, karena merupakan fungsi korektif

37)  No 37.
a.        Benar, karena tutorial merupakan kegiatan guru meminta bantuan kepada siswa yang pandai
b.        Salah, karena dalam kegiatan remedial guru dapat menggunakan sumber belajar lain dalam membantu siswa menguasai kompetensi yang telah ditetapkan
c.        Salah, karena diskusi atau kerja kelomok dapat digunakan guru untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan
d.        Salah, karena bentuk kegiatan ini guru menjelaskan kembali materi yang belum dipahami atau dikuasai siswa

38)  No 38.
a.        Salah, karena mengembangkan media memberi kesempatan kepada siswa untuk menghasilkan suatu karya, hasil karya tersebut berupa model, permainan atau karya tulis yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar
b.        Salah karena mengembangkan latihan artinya adalah kelompok cepat mengembangkan latihan praktis yang dapat dilaksanakan oleh teman-teman yang lambat
c.        Salah, karena identik dengan mengembangkan media pembelajaran
d.        Benar, karena tutor sebaya membantu siswa lain memahami materi pelajaran dalam menambah wawasan pengetahuan siswa

39)  No 39.
a.        Benar, karena kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa daripada kegiatan di dalam kelas
b.        Salah, karena kegiatan yang menuntut siswa untuk melakukan aktivitas lebih disukai siswa daripada kegiatan di belakang meja
c.        Salah, karena kegiatan yang menuntut siswa untuk melakukan aktivitas lebih disukai siswa daripada kegiatan di belakang meja
d.        Salah, karena kegiatan yang cepat menunujukkan hasil lebih disukai siswa dariada kegiatan yang menuntut waktu yang cukup lama

40)  N0 40.
a.        Salah, karena iklim sosio-ekonomi tidak termasuk dalam kegiatan pengelolaan kelas
b.        Salah, karena iklim sosio-emosional merupakan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio-emosional kelas yang positif
c.        Salah, karena pendekatan proses kelompok membantu mengembangkan dan melaksanakan sistem kelas yang efektif
d.        Benar, karena contoh kegiatan tersebut membantu siswa mempelajari tingkah laku yang diharapkan melalui penerapan prinsip- prinsip yang berasal dari teori penguatan
41)  No 41.
a.        Salah, karena pengelolaan kelas sebagai kegiatan guru untuk mengontrol tingkah laku siswa
b.        Benar, karena dalam pengelolaan pembelajaran ketidaktahuan menjadi masalah
c.        Salah, karena mengembangkan latihan bukan merupakan pengelolaan pembelajaran
d.        Salah, karena mengembangkan media tidak termasuk dalam pengelolaan pembelajaran

42)  No 42.
a.        Salah, karena visibility artinya penempatan atau penataan barang-barang di dalam kelas tidak mengganggu pandangan siswa dan guru
b.        Salah, karena accessibility artinya semua barang-barang yang ingin diambil mudah dicapai/dijangkau oleh siswa
c.        Benar, karena flexibility artinya barang-barang yang ada di dalam kelas mudah ditata dan dipindah-pindahkan
d.        Salah, karena comfortableness artinya menata lingkungan kelas dapat memberikan kenyamanan baik bagi siswa maupun guru

43)  No 43.
a.        Salah, karena norma merupakan pedoman bagi anggota kelompok tentang apa yang harus mereka lakukan
b.        Salah, karena kebersamaan merupakan kegiatan yang berlangsung apabila setiap anggota kelompok memiliki rasa kebersamaan
c.        Salah, karena persahabatan merupakan kegiatan kelompok akan berhasil apabila hubungan interpersonal antarsiswa cukup baik
d.        Benar, karena pengambilalihan yang dilakukan Adi merupakan tugas seorang pemimpin

44)  No 44.
a.        Benar, karena disiplin merupakan suatu aturan dan ketaatan
b.        Salah, karena bukan merupakan suatu aturan dan ketaatan
c.        Salah, karena bukan merupakan suatu aturan dan ketaatan
d.        Salah, karena bukan merupakan suatu aturan dan ketaatan

45)  No 45.
a.        Salah, karena bukan termasuk dalam gangguan ringan
b.        Benar, karena termasuk dalam perilaku agresif
c.        Salah, karena bukan termasuk gangguan berat
d.        Salah, karena gangguan sedang tidak termasuk dalam strategi penanganan disiplin kelas

46)  No 46.
a.        Salah, karena contoh tersebut bukan contoh aturan fleksibel
b.        Benar, karena siswa langsung dilibatkan untuk menanamkan disiplin kelas
c.        Salah, karena bukan merupakan contoh aturan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak
d.        Salah, karena melibatkan guru tidak termasuk dalam penanaman disiplin kelas

47)  No 47.
a.        Benar, karena merupakan komponen tujuan
b.        Salah, karena materi harus diberikan untuk mencapai kompetensi
c.        Salah, karena strategi merupakan kegiatan belajar mengajar
d.        Salah, karena penilaian mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran

48)  No 48.
a.        Salah, karena merupakan prinsip perencanaan pembelajaran
b.        Salah, karena merupakan prinsip perencanaan pembelajaran
c.        Benar, karena merupakan salah satu prinsip silabus
d.        Salah, karena merupakan prinsip perencanaan pembelajaran

49)  No 49.
a.        Salah, karena guru yang efektif memerlukan waktu yang lebih banyak dalam menyajikan materi baru
b.        Salah, karena guru yang efektif menyediakan proses balikan berupa memberikan penjelasan tambahan apabila siswa benar
c.        Benar, karena guru yang efektif memulai pembelajaran dengan mereviu materi yang lalu
d.        Salah, karena guru yang efektif menyediakan koreksi bagi siswa yang membuat kesalahan

50)  No 50.
a.        Benar, karena belajar secara aktif merupakan salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah
b.        Salah, karena merupakan salah satu kelebihan pembelajarn terpadu
c.        Salah, karena merupakan salah satu manfaat belajar mandiri
d.        Salah, karena merupakan prinsip belajar mandiri

5 komentar:

Senin, 29 Juli 2013

Kunci Jawaban Ujian Strategi Pembelajaran SD PDGK4105




1)    No 1.
a.        Benar, karena perhatian dapat memusatkan pikiran dan perasaan
b.        Salah, karena motivasi sebagai motor penggerak aktivitas
c.        Salah, karena belajar itu sendiri adalah aktivitas mental dan emosional
d.        Salah, karena individu merupakan pribadi tersendiri yang memiliki perbedaan dari yang lain

2)    No 2.
a.        Benar, karena sesuai dengan definisinya
b.        Salah, karena strategi pembelajaran adalh ilmu dan kiat di dalam memanfaatkan segala sumber belajar yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
c.        Salah, karena teknik pembelajaran adalah ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu
d.        Salah, karena pendekatan pembelajaran adalah cara umum dalam memandang pembelajaran

3)    No 3.
a.        Salah, karena merupakan keterampilan pikiran
b.        Benar, karena sangat mempengaruhi keterampilan intelektual seseorang
c.        Salah, karena hanya mampu menyimpan nama/label, fakta, dan pengetahuan dalam ingatan
d.        Salah, karena hanya mampu menampilkan perilaku yang bermuatan nilai-nlai

4)    No 4.
a.        Salah, karena bahan atau materi diolah oleh guru
b.        Salah, karena bahan atau materi diolah dari yang umum ke yang khusus
c.        Benar, karena siswa yang aktif mencari dan mengolah bahan pelajaran
d.        Salah, karena bahan atau materi diolah dari yang khusus ke yang umum

5)    No 5.
a.        Salah, karena bisa juga menjadi kegagalan siswa
b.        Salah, karena tidak semua pembentu bisa baca tulis
c.        Benar, karena perhatian orang tua sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.
d.        Salah, karena tidak setiap hari paman ada di rumah

6)    No 6.
a.        Salah, karena termasuk pada kecerdasan spasial
b.        Salah, karena merespons suasana hati adalah kecerdasan interpribadi
c.        Salah, karena memotivasi orang lain adalah kecerdasan interpribadi
d.        Benar, karena impian dan gagasan diri sendiri merupakan salah satu bentuk kecerdasan intrapribadi

7)    No 7.
a.        Salah, karena masuk kategori kelas tinggi
b.        Salah, karena masuk kategori kelas tinggi
c.        Benar, karena kelas 3 memang cocok untuk pembelajaran konkret
d.        Salah, karena masuk kategori kelas tinggi

8)    No 8.
a.        Benar, karena esensi proses pembelajaran kelas tinggi adalah suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan sistematik untuk membelajarkan konsep dan generalisasi
b.        Salah, karena pembelajaran konkret dan proses belajar harus dikembangkan secara interaktif merupakan karakteristik pembelajaran kelas rendah
c.        Salah, karena bukan merupakan karakteristik pembelajaran di Sekolah Dasar
d.        Salah, karena bukan merupakan karakteristik pembelajaran di Sekolah Dasar

9)    No 9.
a.        Salah, karena individu-individu diberi tanggung jawab untuk kegiatan belajar dan perilaku masing-masing
b.        Benar, karena merupakan salah satu prinsip utama dari prinsip-prinsip kuantum
c.        Salah, karena mempunyai kesamaan tujuan pada anak-anak dalam kelompok membuat kegiatan belajar lebih kooperatif
d.        Salah, karena menggunakan tema sentral dalam kegiatan belajar yang berlangsung

10)  No 10.
a.        Salah, karena membantu siswa memecahkan masalah dan menulis kegiatan-kegiatan dari suatu bidang ilmu
b.        Benar, karena siswa dapat dengan mudah menyerap informasi
c.        Salah, karena cara belajar untuk mendapatkan dan mengorganisasikan informasi dan dan menguji hipotesis yang mendeskripsikan hubungan di antara serangkaian data
d.        Salah, karena siswa dibawa ke proses ilmiah dan dibantu mengumpulkan dan menganalisa data
11)  No 11.
a.        Salah, karena membangkitkan motivasi merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan pada setiap tahapan kegiatan pembelajaran
b.        Salah, karena siswa melihat kaitan atau hubungan dengan apa yang telah dikenal atau sesuai dengan pengalaman siswa
c.        Salah, karena dilakukan apabila materi yang akan dibahas merupakan materi baru
d.        Benar, karena merupakan salah satu kegiatan dari memberi acuan

12)  No 12.
a.        Salah, karena sistematis merupakan salah satu prinsip pembelajaran klasikal
b.        Salah, karena kerja sama merupakan salah satu prinsip pembelajaran kelompok
c.        Benar, karena dapat membantu proses pembelajaran yang mengarah pada optimalisasi kemampuan siswa secara individu
d.        Salah, karena perhatian merupakan salah satu prinsip pembelajaran kelompok

13)  No 13.
a.        Salah, karena memberikan tugas adalah kegiatan tindak lanjut
b.        Benar, karena meninjau kembali penguasaan siswa merupakan salah satu kegiatan akhir pembelajaran
c.        Salah, karena memberikan motivasi adalah kegiatan tindak lanjut
d.        Salah, karena memberikan bimbingan belajar adalah kegiatan tindak lanjut

14)  No 14.
a.        Salah, karena aspek konsep merupakan substansi isi meteri pelajaran yang berhubungan dengan pengertian, karakteristik, atribut, dan gagasan sesuatu
b.        Salah, karena aspek fakta merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang lalu, data-data yang memiliki esensi objek dan waktu
c.        Salah, karena aspek fakta merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang lalu, data-data yang memiliki esensi objek dan waktu
d.        Benar, karena aspek prinsip merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh

15)  No 15.
a.        Salah, karena siswa mampu menerapkan belajar secara bersama
b.        Salah, karena siswa mampu mengamati proses yang didemonstrasikan
c.        Benar, karena siswa mampu berkomunikasi dan berperan
d.        Salah, karena siswa memiliki sikap yang tekun, teliti, dan kerja keras

16)  No 16.
a.        Salah, karena metode demonstrasi adalah posisi siswa seluruhnya harus dapat mengamati terhadap objek yang didemonstrasikan
b.        Benar, karena metode eksperimen adalah materi yang disajikan atau dibahas melalui percobaan serta diamati secara proses
c.        Salah, karena metode diskusi adalah melibatkan beberapa orang siswa untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas, atau permasalahan
d.        Salah, karena metode simulasi adalah objeknya bukan benda atau kegiatan yang sebenarnya, jadi sifatnya pura-pura

17)  No 17.
a.        Salah, karena bukan berfungsi sebagai alat hiburan
b.        Salah, karena merupakan konsep media pembelajaran
c.        Salah, karena merupakan nilai dan manfaat
d.        Benar, karena merupakan salah satu fungsi media pembelajaran

18)  No 18.
a.        Benar, karena faktor objektivitas harus terhindar dari pemilihan media yang didasari oleh kesenangan pribadi
b.        Salah, karena merupakan faktor tingkat keterbacaan media
c.        Salah, karena merupakan faktor rencana pembelajaran
d.        Salah, karena merupakan faktor situasi dan kondisi

19)  No 19.
a.        Benar, karena TMII merupakan lingkungan sosial yang berkenaan dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat
b.        Salah, karena karang taruna mempelajari tentang organisasi social
c.        Salah, karena museum mempelajari peninggalan purbakala
d.        Salah, karena kantor gubernur mempelajari administrasi

20)  No 20.
a.        Salah, karena pertanyaan secara jelas dan singkat dapat dibuat dengan menggunakan struktur kalimat yang sederhana
b.        Benar, karena pertanyaan yang tidak dapat dijawab siswa guru tidak boleh tinggal diam, guru harus memberi tuntunan yang memungkinkan siswa mampu membri jawaban yang diharapkan
c.        Salah, karena menyebarkan giliran untuk menjawab pertanyaan yang diajukan guru
d.        Salah, karena sebelum diberikan pertanyaan guru perlu memberikan acuan berupa informasi yang perlu diketahui siswa
21)  No 21.
a.        Salah, karena pertanyaan yang diajukan guru mengundang siswa untuk berfikir
b.        Salah, karena pertanyaan yang diajukan guru sesuai tingkatan tertentu, pertanyaan yang mudah dahulu baru diberikan pertanyaan yang sukar
c.        Salah, karena mengajukkan pertanyaan pelacak dapat membimbing siswa untuk mengembangkan jawaban yang diberikan
d.        Benar, karena merupakan salah satu cara dalam peningkatan terjadinya interaksi

22)  No 22.
a.        Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
b.        Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
c.        Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
d.        Salah, karena tujuan memberi penguatan mendorong munculnya perilaku yang positif

23)  No 23.
a.        Benar, karena mengacungkan jempol menandakan kepuasan guru sebagai penguatan dengan cara gerakan badan
b.        Salah, karena gerak mendekati dapat ditunjukkan guru dengan cara melangkah mendekati siswa
c.        Salah karena menjabat tangan atau menepuk pundak siswa merupakan cara memberi penguatan dengan cara memberi sentuhan
d.        Salah, karena kegiatan yang menyenangkan apabila siswa diberi kesempatan mengerjakan sesuatu yang menjadi kegemarannya atau sesuatu yang memungkinkan dia berprestasi

24)  No 24.
a.        Benar, karena merupakan tujuan mengadakan variasi
b.        Benar, karena merupakan tujuan mengadakan variasi
c.        Salah, karena merupakan salah satu tujuan memberi penguatan
d.        Benar, karena merupakan tujuan mengadakan variasi

25)  No 25.
a.        Salah, karena variasi suara dilakukan dengan cara mengubah-ubah suara dari rendah ke tinggi, cepat ke lambat
b.        Salah, karena pemusatan perhatian dilakukan dengan mengucapkan kata-kata tertentu secara khusus disertai isyarat atau gerakan
c.        Benar, karena variasi dari keadaan ada suara ke kesenyapan yang tiba-tiba akan memberi pengaruh kepada siswa
d.        Salah, karena kontak pandang dengan seluruh siswa merupakan salah satu senjata ampuh bagi guru dalam mengajar

26)  No 26.
a.        Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menjelaskan
b.        Salah, karena untuk membimbing siswa menjawab pertanyaan “mengapa”
c.        Salah, karena merupakan manfaat penguasaan keterampilan menjelaskan oleh guru
d.        Salah, karena merupakan manfaat penguasaan keterampilan menjelaskan oleh guru

27)  No 27.
a.        Salah, karena karakteristik siswa perlu dianalisis antara lain; usia, jenis kelamin, jenjang kemampuan, dan latar belakang keluarga
b.        Benar, karena merupakan salah satu merencanakan isi pesan dalam hal menelaah hukum, rumus, dan prinsip atau generalisasi
c.        Salah, karena merupakan salah satu keterampilan menyajikan penjelasan
d.        Salah, karena merupakan salah satu keterampilan menyajikan penjelasan

28)  No 28.
a.        Salah, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan membuka pelajaran
b.        Salah, karena bukan merupakan tujuan keterampilan membuka dan menutup pelajaran
c.        Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menutup pelajaran
d.        Salah, karena bukan merupakan tujuan keterampilan membuka dan menutup pelajaran

29)  No 29.
a.        Salah, karena menimbulkan motivasi dilakukan dengan cara mengemukakan ide yang bertentangan
b.        Benar, karena menggunakan alat bentu mengajar merupakan salah satu cara menarik perhataian pada komponen membuka pelajaran
c.        Salah, karena memberi acuan bertujuan untuk memberikan gambaran singkat kepada siswa tentang berbagai topic
d.        Salah, karena membuat kaitan adalah membuat pelajaran jadi bermakna dengan cara pelajarn dikaitkan dengan pengetahuan yang dimiliki siswa

30)  No 30.
a.        Salah, karena menilai memberi soal-soal tertulis yang dikerjakan oleh siswa secara tertulis pula
b.        Salah, karena memberi tindak lanjut dengan cara memberi tugas yang dapat dikerjakan secara individual, membuat pekerjaan
c.        Benar, karena dalam meninjau kembali ada dua cara, yaitu; merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan pada keterampilan menutup pelajaran
d.        Salah, karena membuat kaitan merupakan komponen pada keterampilan membuka pelajaran
31)  No 31.
a.        Salah, karena prinsip berurutan artinya guru hendaknya berusaha membuat susunan kegiatan yang tepat, yang sesuai dengan minat, pengalaman, dan kemampuan siswa
b.        Salah, karena prinsip berkesinambungan sama dengan prinsip berurutan
c.        Salah, karena prinsip keterkaitan merupakan prinsip menjelaskan
d.        Benar, karena sesuai dengan definisi prinsip bermakna

32)  No 32.
a.        Salah, karena memperjelas masalah adalah pembimbing atau guru berkewajiban memperjelas pendapat yang diajukan oleh siswa sehingga salah pengertian tidak terjadi
b.        Salah, karena menganalisis pandangan artinya memperjelas atau menguraikan inti gagasan siswa tentang hal-hal yang sudah disepakati dan yang belum disepakati
c.        Benar, karena merupakan salah satu cara menyebarkan kesempatan berpartisipasi
d.        Salah, karena menguraikan pendapat sama dengan memperjelas masalah

33)  No 33.
a.        Benar, karena sikap tanggap guru dapat ditunjukkan dengan cara memandang secara seksama
b.        Salah, karena dalam mengelola kelas guru dituntut mampu membagi perhatian kepada semua siswa
c.        Salah, karena penguatan diberikan kepada siswa yang bertingkah laku baik
d.        Salah, karena petunjuk yang jelas, singkat, dan mudah dimengerti oleh siswa akan sangat membantu kelancaran tugas yang harus dikerjakan oleh siswa hingga kondisi belajar dapat dioptimalkan

34)  No 34.
a.        Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan guru
b.        Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan guru
c.        Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan guru
d.        Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh guru

35)  No 35.
a.        Salah, karena pendekatan secara pribadi dapat dilakukan dengan cara menunjukkan kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan siswa
b.        Benar, karena mengembangkan supervisi proses awal merupakan salah satu komponen dalam keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
c.        Salah, karena peran guru dalam mengajar kelompok kecil dan perorangan adalah sebagai organisator kegiatan pembelajarn
d.        Salah, karena tugas utama guru adalah membantu siswa baik secara kelompok maupun perorangan dengan baik

36)  No 36.
a.        Salah, karena merupakan fungsi terapeutik
b.        Benar, karena sesuai dengan definisi fungsi akselerasi
c.        Salah, karena merupakan fungsi penyesuaian
d.        Salah, karena merupakan fungsi korektif

37)  No 37.
a.        Benar, karena tutorial merupakan kegiatan guru meminta bantuan kepada siswa yang pandai
b.        Salah, karena dalam kegiatan remedial guru dapat menggunakan sumber belajar lain dalam membantu siswa menguasai kompetensi yang telah ditetapkan
c.        Salah, karena diskusi atau kerja kelomok dapat digunakan guru untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan
d.        Salah, karena bentuk kegiatan ini guru menjelaskan kembali materi yang belum dipahami atau dikuasai siswa

38)  No 38.
a.        Salah, karena mengembangkan media memberi kesempatan kepada siswa untuk menghasilkan suatu karya, hasil karya tersebut berupa model, permainan atau karya tulis yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar
b.        Salah karena mengembangkan latihan artinya adalah kelompok cepat mengembangkan latihan praktis yang dapat dilaksanakan oleh teman-teman yang lambat
c.        Salah, karena identik dengan mengembangkan media pembelajaran
d.        Benar, karena tutor sebaya membantu siswa lain memahami materi pelajaran dalam menambah wawasan pengetahuan siswa

39)  No 39.
a.        Benar, karena kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa daripada kegiatan di dalam kelas
b.        Salah, karena kegiatan yang menuntut siswa untuk melakukan aktivitas lebih disukai siswa daripada kegiatan di belakang meja
c.        Salah, karena kegiatan yang menuntut siswa untuk melakukan aktivitas lebih disukai siswa daripada kegiatan di belakang meja
d.        Salah, karena kegiatan yang cepat menunujukkan hasil lebih disukai siswa dariada kegiatan yang menuntut waktu yang cukup lama

40)  N0 40.
a.        Salah, karena iklim sosio-ekonomi tidak termasuk dalam kegiatan pengelolaan kelas
b.        Salah, karena iklim sosio-emosional merupakan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio-emosional kelas yang positif
c.        Salah, karena pendekatan proses kelompok membantu mengembangkan dan melaksanakan sistem kelas yang efektif
d.        Benar, karena contoh kegiatan tersebut membantu siswa mempelajari tingkah laku yang diharapkan melalui penerapan prinsip- prinsip yang berasal dari teori penguatan
41)  No 41.
a.        Salah, karena pengelolaan kelas sebagai kegiatan guru untuk mengontrol tingkah laku siswa
b.        Benar, karena dalam pengelolaan pembelajaran ketidaktahuan menjadi masalah
c.        Salah, karena mengembangkan latihan bukan merupakan pengelolaan pembelajaran
d.        Salah, karena mengembangkan media tidak termasuk dalam pengelolaan pembelajaran

42)  No 42.
a.        Salah, karena visibility artinya penempatan atau penataan barang-barang di dalam kelas tidak mengganggu pandangan siswa dan guru
b.        Salah, karena accessibility artinya semua barang-barang yang ingin diambil mudah dicapai/dijangkau oleh siswa
c.        Benar, karena flexibility artinya barang-barang yang ada di dalam kelas mudah ditata dan dipindah-pindahkan
d.        Salah, karena comfortableness artinya menata lingkungan kelas dapat memberikan kenyamanan baik bagi siswa maupun guru

43)  No 43.
a.        Salah, karena norma merupakan pedoman bagi anggota kelompok tentang apa yang harus mereka lakukan
b.        Salah, karena kebersamaan merupakan kegiatan yang berlangsung apabila setiap anggota kelompok memiliki rasa kebersamaan
c.        Salah, karena persahabatan merupakan kegiatan kelompok akan berhasil apabila hubungan interpersonal antarsiswa cukup baik
d.        Benar, karena pengambilalihan yang dilakukan Adi merupakan tugas seorang pemimpin

44)  No 44.
a.        Benar, karena disiplin merupakan suatu aturan dan ketaatan
b.        Salah, karena bukan merupakan suatu aturan dan ketaatan
c.        Salah, karena bukan merupakan suatu aturan dan ketaatan
d.        Salah, karena bukan merupakan suatu aturan dan ketaatan

45)  No 45.
a.        Salah, karena bukan termasuk dalam gangguan ringan
b.        Benar, karena termasuk dalam perilaku agresif
c.        Salah, karena bukan termasuk gangguan berat
d.        Salah, karena gangguan sedang tidak termasuk dalam strategi penanganan disiplin kelas

46)  No 46.
a.        Salah, karena contoh tersebut bukan contoh aturan fleksibel
b.        Benar, karena siswa langsung dilibatkan untuk menanamkan disiplin kelas
c.        Salah, karena bukan merupakan contoh aturan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak
d.        Salah, karena melibatkan guru tidak termasuk dalam penanaman disiplin kelas

47)  No 47.
a.        Benar, karena merupakan komponen tujuan
b.        Salah, karena materi harus diberikan untuk mencapai kompetensi
c.        Salah, karena strategi merupakan kegiatan belajar mengajar
d.        Salah, karena penilaian mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran

48)  No 48.
a.        Salah, karena merupakan prinsip perencanaan pembelajaran
b.        Salah, karena merupakan prinsip perencanaan pembelajaran
c.        Benar, karena merupakan salah satu prinsip silabus
d.        Salah, karena merupakan prinsip perencanaan pembelajaran

49)  No 49.
a.        Salah, karena guru yang efektif memerlukan waktu yang lebih banyak dalam menyajikan materi baru
b.        Salah, karena guru yang efektif menyediakan proses balikan berupa memberikan penjelasan tambahan apabila siswa benar
c.        Benar, karena guru yang efektif memulai pembelajaran dengan mereviu materi yang lalu
d.        Salah, karena guru yang efektif menyediakan koreksi bagi siswa yang membuat kesalahan

50)  No 50.
a.        Benar, karena belajar secara aktif merupakan salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah
b.        Salah, karena merupakan salah satu kelebihan pembelajarn terpadu
c.        Salah, karena merupakan salah satu manfaat belajar mandiri
d.        Salah, karena merupakan prinsip belajar mandiri

5 komentar: