1. Pak Ali ingin melihat keseriusan
siswanya dalam mata pelajaran IPS dengan cara mendiskusikan suatu topik kasus
kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan diskusi tersebut membuat Riri
semangat karena dilingkungannya banyak orang miskin, dan yang dia lihat ada
balita kekurangan gizi. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang menerapkan prinsip
belajar …
A. perhatian
B. motivasi
C. aktivitas
D.
perbedaan individual
2. Berbagai cara kerja yang bersifat
relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut ….
A. metode mengajar
C. teknik pembelajaran
D.
pendekatan pembelajaran
3. Proses internal yang digunakan
seseorang untuk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar,
mengingat, dan berpikir sebagai suatu proses kontrol pada komponen tujuan
pembelajaran menurut Gagne, Briggs, dan Wagner termasuk dalam kemampuan …
A. keterampilan intelektual
B. strategi kognitif
C. informasi verbal
D.
sikap
4. Strategi pembelajaran yang
didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai
fasilitator termasuk strategi pembelajaran ….
A. ekspositori
B. deduktif
C. heuristik
D.
induktif
5. Salah satu faktor yang
mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah lingkungan keluarga, yaitu
….
A. teman di rumah
B. pembantu yang suka mengajarkan
siswa
C. perhatian orang tua terhadap
belajar siswa
D.
paman yang kadang-kadang bisa mengajarkan siswa
6. Seorang anak dipandang memiliki
kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila ....
A. mampu mempersepsi dunia ruang
visual secara akurat
B. mampu merespons suasana hati
C. mampu memotivasi orang lain
D.
mampu mengimajinasikan impian dan gagasan diri sendiri
7. Pembelajaran konkret yang
berkenaan dengan fakta dan kejadian di sekitar lingkungan siswa lebih sesuai
diberikan pada siswa kelas …
A. 5
B. 6
C. 3
D.
4
8. Penerapan membelajarkan konsep
dan generalisasi pada pembelajaran kelas tinggi dapat dilaksanakan secara …
A. logis dan sistematik
B. konkret dan interaktif
C. produktif dan inisiatif
9. Pengalaman merupakan proses
belajar yang paling baik ketika siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu
yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip belajar …
A. kolaboratif
B. kuantum
C. kooperatif
D.
tematik
10. Strategi untuk mengingat dan
mengasimilasi informasi merupakan salah satu rumpun model pemerosesan informasi
....
A. sinetik
B. mnemonik
C. berpikir induktif
D.
inkuiri ilmiah
11. Memberitahukan tujuan yang
diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk
menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
B. membuat kaitan
C. melaksanakan tes awal
D.
memberi acuan
12. Dalam pembelajaran individual
hendaknya guru harus memperhatikan prinsip ....
A. sistematis
B. kerjasama
C. belajar tuntas
D.
perhatian
13. Yang harus dilakukan guru dalam
kegiatan akhir pembelajaran adalah …
A. memberikan tugas dan
latihan-latihan
B. meninjau kembali penguasaan siswa
C. memberikan motivasi
D.
memberikan bimbingan belajar
14. Pada karakteristik bahan
pelajaran/materi pelajaran, substansi isi materi pelajaran yang berhubungan
dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh
merupakan termasuk dalam aspek …
A. konsep
B. fakta
C. nilai
D.
prinsip
15. Kemampuan dasar berkomunikasi dan
berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat untuk mengoptimalkan
metode ....
A. diskusi
B. demonstrasi
C. simulasi
D.
eksperimen
16. Pada mata pelajaran IPA, Pak Ali
memberi tugas kepada siswanya untuk membawa lampu senter, baterai, kabel,
cutter, isolasi untuk membuat penerangan ruangan melalui percobaan serta
mengamati secara proses. Contoh di atas mengisyaratkan bahwa Pak Ali sedang memberi
pengalaman kepada siswanya dengan memakai metode …
A. demonstrasi
B. eksperimen
C. diskusi
D.
simulasi
17. Salah satu fungsi media
pembelajaran adalah ….
A. sebagai alat hiburan
B. peralatan dan pesan yang
disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh
C. membuat konkret konsep-konsep
yang abstrak
D.
meningkatkan kualitas proses belajar mengajar
18. Salah satu faktor dalam memilih
media pembelajaran yang tepat adalah objektivitas, maksudnya pemilihan media…
A. jangan didasari oleh kesenangan
pribadi semata
B. sudah memenuhi syarat-syarat
teknis
C. disesuaikan dengan rencana
pembelajaran
D.
melihat situasi dan kondisi tempat dan ruangan belajar
19. Dalam mempelajari kebudayaan dan
kesenian daerah, pemilihan lingkungan yang tepat sebagai sumber belajar adalah
....
A. TMII
B. Karang Taruna
C. Museum
D.
Kantor Gubernur
20. Mengungkapkan kembali pertanyaan
dengan cara lain yang lebih mudah dan sederhana sehingga dapat dipahami oleh
siswa (memparafrase) dalam keterampilan bertanya dasar merupakan komponen …
A. pengungkapan pertanyaan secara
jelas dan singkat
B. pemberian tuntunan
C. penyebaran
21. Menghindari atau mengurangi
pertanyaan yang hanya dijawab oleh seorang siswa, sebagai gantinya siswa
diminta mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut dalam pasangan atau kelompok
kecil. Cara tersebut merupakan salah satu cara dalam keterampilan bertanya
lanjut pada komponen …
A. pengubahan tuntutan kognitif
dalam menjawab pertanyaan
B. pengaturan urutan pertanyaan
C. penggunaan pertanyaan pelacak
D.
peningkatan terjadinya interaksi
22. Dalam kegiatan pembelajaran,
tujuan memberikan penguatan terdiri dari, kecuali ….
B. memudahkan siswa belajar
C. menumbuhkan rasa percaya diri
pada siswa
D.
mendorong munculnya perilaku yang negatif
23. Pak Ali memberikan pertanyaan
kepada salah seorang siswanya bagaimana proses terjadinya hujan, siswa tersebut
menjawab dengan tepat sehingga Pak Ali puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol
kepada siswa yang menjawab dengan tepat. Tindakan pak Ali tersebut merupakan
memberi penguatan non verbal dengan cara …
A. mimik dan gerakan badan
B. gerak mendekati
C. sentuhan
D.
kegiatan yang menyenangkan
24. Dalam kegiatan pembelajaran,
tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
A. melayani gaya belajar siswa yang
beraneka ragam
B. meningkatkan keaktifan atau
keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran
C. memelihara iklim kelas yang
kondusif
D.
menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar
25. Pak Ali mengajukan pertanyaan
kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri, setelah berdiam sejenak
sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang
sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam
bentuk …
A. variasi suara
B. pemusatan perhatian
C. kesenyapan
D.
mengadakan kontak pandang
26. Kegiatan menjelaskan pada
keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ....
A. meningkatkan keterlibatan siswa
dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara berfikir yang lebih sistematis
B. membimbing siswa menjawab
pertanyaan “apa” yang muncul dalam proses pembelajaran
C. mengatasi kekurangan berbagai
sumber belajar
D.
memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan
guru
27. Pada mata pelajaran Matematika,
Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas
suatu bidang. Lalu Pak Ali memberikan rumus tentang menghitung luas suatu
bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang memberikan keterampilan merencanakan
penjelasan dalam bentuk …
A. menganalisis karakteristik
penerima pesan
B. merencanakan isi pesan
C. pemberian tekanan
D.
penggunaan contoh dan ilustrasi
28. Tujuan keterampilan membuka
pelajaran adalah memberikan gambaran yang jelas tentang batas-batas tugas yang
harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan menutup pelajaran adalah
....
A. menyiapkan mental siswa untuk
memasuki kegiatan inti
B. mengetahui nilai siswa dalam
kegiatan pembelajaran
C. mengetahui keberhasilan siswa dan
guru dalam kegiatan pembelajaran
D.
mengetahui keberhasilan guru dalam memberikan evaluasi
29. Pada mata pelajaran Sains, Pak
Ali membawa alat bantu mengajar berupa model “Rangka tubuh manusia”. Pada
kegiatan tersebut Pak Ali sudah menerapkan keterampilan membuka pelajaran
dengan cara …
A. menimbulkan motivasi
B. menarik perhatian
C. memberi acuan
30. Pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia Ibu Ani membacakan cerita tentang “Udi Berusaha Jujur”. Pada akhir
cerita Ibu Ani memberi tugas untuk membuat ringkasan dari cerita tersebut.
Ringkasan cerita tersebut merupakan penerapan komponen keterampilan menutup
pelajaran dalam hal …
A. menilai
B. memberi tindak lanjut
C. meninjau kembali
D.
membuat kaitan
31. Kegiatan yang dilakukan guru
dalam membuka dan menutup pelajaran harus relevan dengan materi yang akan
dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga mampu mencapai tujuan
yang diharapkan. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan prinsip ….
A. berurutan
B. berkesinambungan
C. keterkaitan
32. Dalam sebuah diskusi Pak Ali
melihat Budi terlalu aktif dengan mendominasi seluruh pertanyaan dan
pandangannya tentang terjadinya banjir. Dengan bijaksana lalu Pak Ali mencegah
monopoli yang dilakukan Budi. Pencegahan yang dilakukan Pak Ali sesuai dengan keterampilan
membimbing diskusi kelompok kecil pada komponen ....
A. memperjelas masalah
B. menganalisis pandangan
C. menyebarkan kesempatan
berpartisipasi
D.
menguraikan pendapat
33. Pada mata pelajaran KTK terjadi
kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat hal ini lalu Pak Ali
melihat setiap siswa dengan seksama untuk melakukan interaksi dengan seluruh
siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok. Dalam keterampilan
mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali adalah ....
A. menunjukkan sikap tanggap
B. membagi perhatian
C. memberi penguatan
D.
memberikan petunjuk yang jelas
34. Dalam keterampilan mengelola
kelas yang harus diperhatikan guru agar efektif adalah ....
A. menekankan hal-hal yang positif
B. tindakan dan kata-kata guru dapat
menggugah siswa untuk belajar
C. penggunaan variasi dalam mengajar
D.
mengulangi penjelasan yang tidak perlu
35. Sebelum memberi tugas Pak Ali
terlebih dahulu menjelaskan tugas yang harus dikerjakan. Hal ini merupakan
sikap tanggap Pak Ali terhadap proses kerja siswa pada awal dimulainya tugas
tersebut, dengan cara mendekati setiap siswa yang belajar secara perorangan,
apakah semua sudah berjalan lancar dan memadai. Kegiatan yang dilakukan Pak Ali
merupakan komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam
hal ....
A. mengadakan pendekatan secara
pribadi
B. membimbing dan memudahkan belajar
C. mengorganisasikan kegiatan
pembelajaran
D.
merencanakan dan melakukan kegiatan pembelajaran
36. Fungsi akselerasi dalam kegiatan
remedial adalah ....
A. guru dapat mengatasi kesulitan
siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
B. guru dapat mempercepat penguasaan
siswa terhadap materi pembelajaran
C. kegiatan remedial disesuaikan
dengan kesulitan dan karakteristik siswa
D.
memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
37. Dalam suatu diskusi, ada satu
kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar tentang terjadinya banjir.
Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan yang dilaksanakan
guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ....
A. tutorial
B. sumber yang relevan
C. kegiatan kelompok
D.
mengajarkan kembali
38. Adi dalam kegiatan pengayaan
membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses terjadinya gerhana
bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya
adalah mengembangkan ....
A. media pembelajaran
B. latihan
C. sumber pembelajaran
D.
tutor sebaya
39. Dalam melaksanakan kegiatan
pengayaan, menurut Arikunto faktor yang harus diperhatikan guru pada siswa
adalah ....
A. kegiatan di luar kelas lebih
disukai oleh siswa
B. kegiatan yang disukai siswa hanya
di belakang meja
C. kegiatan yang sifatnya penjelasan
D.
kegiatan yang menuntut waktu lama
40. Pak Ali memberi tugas kepada
siswa kelas V untuk meringkas cerita tentang terjadinya gerhana. Setelah
ringkasan dikumpulkan, Pak Ali memeriksa ringkasan Budi, hasilnya sangat bagus,
dan memuji ringkasan Budi. Ketika memeriksa ringkasan Adi, Pak Ali merasa
ringkasan Adi kurang baik dan tidak lengkap. Lalu Pak Ali meminta Adi untuk
memperbaiki ringkasannya. Kegiatan Pak Ali dalam memberi tugas kepada Adi
merupakan kegiatan pengelolaan kelas didasarkan pada pendekatan ....
A. iklim sosio-ekonomi
C. proses kelompok
D.
modifikasi tingkah laku
41. Di tengah-tengah inti
pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses terjadinya hujan”
kepada Susi, sejenak Susi berpikir, lalu teman yang lain mencemoohkan agar Susi
cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali
memberi rambu-rambu tentang terjadinya hujan. Contoh tersebut merupakan masalah
....
A. pengelolaan kelas
B. pengelolaan pembelajaran
C. mengembangkan latihan
42. Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali
ingin para siswa untuk berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa
diharuskan menata bangku setengah lingkaran agar seluruh peserta diskusi dapat
saling memandang, dan semua penjelasan Pak Ali sebelum diskusi dimulai dapat
didengar dengan baik oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik
kelas tersebut sesuai dengan prinsip ....
A. visibility
B. accessibility
C. flexibility
D.
comfortableness
43. Pak Ali memberi tugas kepada
siswa kelas VI untuk mendiskusikan masalah terjadinya kesenjangan sosial di
masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5 kelompok dengan jumlah siswa 6 orang per
kelompok. Pada saat memanas Ani merasa lebih pintar lalu mendominasi kegiatan
diskusi tersebut. Adi lalu mengambil alih keadaan tersebut dengan memberikan
kesempatan yang lain untuk memberi masukan. Pengambilalihan oleh Adi merupakan
pengaruh psiko-sosial antarsiswa di kelas dalam hal ....
A. norma
B. kebersamaan
C. persahabatan
D.
kepemimpinan
44. Pada penerimaan siswa baru di SD
Darma Karya, salah satu yang harus diperhatikan adalah mengambil formulir
pendaftaran, dengan peminat yang banyak, lalu para orang tua mengantri dengan
sabar pengambilan formulir tersebut. Contoh proses penerimaan siswa baru
tersebut menunjukkan suatu ....
A. disiplin
B. kesabaran
C. kebudayaan
D.
kebiasaan
45. Pada pelajaran IPS di kelas V,
Budi dan Hasan yang duduk di belakang berbicara berdua hingga mengganggu proses
pembelajaran. Untuk menangani kejadian tersebut lalu Pak Ali memindahkan Hasan
duduk di paling depan. Tindakan Pak Ali tersebut telah melakukan strategi
penanganan disiplin kelas dalam hal ....
A. menangani gangguan ringan
B. menangani prilaku agresif
C. menangani gangguan berat
D.
menangani gangguan sedang
46. Budi sebagai ketua kelas
diberikan tugas oleh gurunya untuk membuat aturan kelas. Salah satunya adalah
siswa diharuskan sebelum pelajaran dimulai membuat cerita sesuai dengan topik
yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan penanaman
disiplin kelas dalam hal ....
A. aturan secara fleksibel
B. meningkatkan partisipasi siswa
C. menyesuaikan aturan sesuai dengan
tingkat perkembangan anak
D.
melibatkan guru
47. Arah dari suatu program
pembelajaran berupa standar kompetensi, hal tersebut merupakan komponen
perencanaan pembelajaran dalam hal ....
A. tujuan
B. materi
C. strategi
D.
penilaian
48. Dalam penyusunan silabus prinsip
yang harus diperhatikan adalah ....
A. bersifat fleksibel
B. berdasarkan kondisi siswa
C. memenuhi kebenaran ilmiah
D.
berdasarkan kurikulum yang berlaku
49. Sebelum pelajaran dimulai guru
mengulang materi yang lalu dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru
yang efektif adalah ....
A. menyiapkan materi baru
B. menyediakan balikan
C. melakukan review harian
50. Salah satu ciri kelompok belajar
berbasis masalah yang efektif adalah ....
A. belajar secara aktif
B. kerjasama antardisiplin
C. peranan pengajar
D.
belajar mandiri
Terima kasih Pak sudah berbagi Soal Ujian Universitas Terbuka dan Kunci Jawabannya sangat membantu sekali.
BalasHapusSama-sama
BalasHapusSama-sama
BalasHapusTolong dong usahakan ujian tgl 4 & 5 saya butuh jawaban y IDIK 4010 SAYA TDK ADA JAWABAN Y
BalasHapusKomputer jawaban y
BalasHapusKomputer jawaban y
BalasHapusTolong dong usahakan ujian tgl 4 & 5 saya butuh jawaban y IDIK 4010 SAYA TDK ADA JAWABAN Y
BalasHapusTolong dong usahakan ujian tgl 4 & 5 saya butuh jawaban y IDIK 4010 SAYA TDK ADA JAWABAN Y
BalasHapusTolong dong usahakan ujian tgl 4 & 5 saya butuh jawaban y IDIK 4010 SAYA TDK ADA JAWABAN Y
BalasHapus