1. Karakteristik Kurikulum tahun 1994
dilihat dari materi pelajaran ditata secara terpadu sedangkan keluasan materi
diserahkan kepada guru selaku pengembang kurikulum, hal ini berbeda dengan
karakteristik kurikulum tahun 2006 dengan karakteristik ...
A. lebih simpel dan efektif serta
berorientasi pada kompetensi dasar dan standar kompetensi
B. materi disajikan secara terpisah
atau broad-field
C. materi sangat padat yang terbagi
kedalam pokok bahasan
D. menggunakan pendekatan spiral dari
lingkungan terdekat dan sederhana sampai ke lingkungan makin luas dan kompleks
2. Latar belakang dan landasan
Kurikulum Pendidikan IPS SD tahun 1994 dipusatkan pada ketiga kemampuan dasar
yaitu membaca, menulis dan berhitung sedangkan kurikulum tahun 2006
berlandaskan pada ... .
A. sejarah nasional sebagai sub bidang
studi IPS dan diajarkan secara terpisah
B. menekankan pada ketercapaian
kompetensi dasar dari standar kompetensi yang disyaratkan pada setiap kelas
C. materi pendidikan IPS dipisahkan dan
dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan moral Pancasila
D. penyusunan IPS berdasarkan pada
pendekatan spiral
3. Ilmu Sosial dapat menciptakan tenaga
ahli dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang
berkemampuan sosial, pernyataan ini merupakan perbedaan antara IPS dan Ilmu
Sosial dilihat dari ... .
A. tujuan
B. pengertian
C. objek
D. pendekatan
4. Hasil observasi yang dapat
dibuktikan secara empiris adalah fakta sedangkan kejadian yang pernah terjadi
tetapi masih harus dibuktikan kebenarannya adalah perbedaan pengertian antara
fakta dan ... .
A. peristiwa
B. generalisasi
C. konsep
D. sejarah
5. Dari pernyataan berikut merupakan
contoh dari keterampilan sosial dalam proses belajar mengajar ... .
A. pada akhir pembelajaran IPS siswa
diberi tugas membuat laporan karyawisata
B. memimpin diskusi kelompok dalam
topik “Banjir”
C. siswa dapat menggunakan globe dengan
benar
D. siswa dapat mencari Topik “Kerawanan
sosial” dari majalah atau surat kabar
6. Dari Topik “Wilayah Indonesia
berpotensi gempa” pilihlah pernyataan yang membedakan contoh konsep dan
generalisasi :
A. letak wilayah gempa – pada pukul
9.00 WIB terjadi gempa di kepulauan Nias
B. gempa bumi di lautan Hindia –
wilayah gempa di Indonesia dapat dilihat pada Peta
C. gempa Tektonik – gempa yang dahsyat
di atas 5 skala Richter
D. pada tahun 2005 terjadi gempa di
Aceh – luas daerah gempa mencapai 15 kilometer
7. Keterampilan siswa siswa kelas 5 dan
6 untuk memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil
keputusan, menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan
merupakan keterampilan ... .
A. personal
B. intelektual
C. sosial
D. modifikasi prilaku
8. Dalam topik “Zaman pergerakan
Nasional’ contoh keterkaitan antara fakta dan konsep dari pernyataan berikut
adalah :
A. Gambar tokoh-tokoh pergerakan
Nasional – Zaman Kolonialisme
B. Naskah Sumpah Pemuda - Perwujudan
Naionalisme sesuai dengan jamannya
C. Persatuan Bangsa – penjajahan menimbulkan
konflik
D. Pertempuran 10 Nopember di Surabaya
– Peringatan Sumpah Pemuda
9. Berikut ini yang bukan merupakan
tujuan pengajaran globalisasi sebagai pengaruh trend globalisasi terhadap
pembelajaran IPS :
A. membantu siswa mengembangkan
kemampuan pemahaman bahwa manusia memiliki saling ketergantungan
B. membantu siswa bahwa sebagai bangsa
memiliki masalah yang sama seperti kelebihan penduduk, pencemaran, dan
kelaparan
C. membantu siswa mengembangkan
kemampuan berfikir kritis terhadap masalah dan keterampilan menganalisis
D. menyikapi globalisasi dari segi
keuntungan saja
10. Proses asimilasi dapat terjadi
secara lambat seperti hubungan masyarakat China dengan masyarakat Yogjakarta
menurut penelitian lambatnya proses asimilasi disebabkan oleh sikap toleransi
dan simpati yang kurang diantara ke dua bangsa tersebut hal ini menimbulkan ...
.
A. stereotype dalam kelompok primondial
B. etnocentrisme
C. budaya mayoritas antipati terhadap
budaya minoritas
D.
masyarakat
dengan latar budaya yang berbeda
11. Tanah longsor , erosi dan pencemaran
yang terjadi di suatu tempat merupakan permasalahan lingkungan yang disebabkan
faktor ... .
A. daya dukung lingkungan yang tidak
memadai
B. perkembangan penduduk yang cepat
C. keterbatasan kemampuan lahan
D. kemajuan peradaban manusia
12. Terjadinya perbedaan kepentingan
antara satu individu dengan individu yang lain dalam interaksi sosial dapat
menimbulkan masalah dimasyarakat sebagai masalah ... .
A. hukum
B. lingkungan
C. ketertiban
D. norma
13. Untuk menerapkan pembelajaran IPS
yang berkaitan erat dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran
hukum guru IPS harus mampu menyajikan topik IPS seperti pernyataan berikut :
A. memberikan konsep-konsep Hukum dalam
pembelajaran IPS
B. membayar pajak merupakan kesadaran
masyarakat terhadap hukum
C. menyajikan pasal-pasal hukum
D. mengkaji masalah sosial kedalam
hukum
14. Pembelajaran IPS dengan pendekatan
kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry
memiliki urutan sebagai berikut :
A. fakta – konsep - -generalisasi –
kesimpulan
B. masalah – hipotesis – data –
kesimpulan
C. data – masalah – hipotesis –
kesimpulan
D. konsep – masalah – hipotesis -
laporan
15. Menurut Goleman (1996) karakteristik
pendekatan sosial dan personal dalam pembelajaran IPS merupakan bentuk
pedagosis terhadap dimensi sosial sebagai berikut :
A. emosi, nilai, sikap dan prilaku
sosial
B. pengembangan dan latihan
C. kemampuan operasional dan aktor
sosial
D. sebagai objek dan sebagai pengamat
16. Pembelajaran IPS SD dengan
menggunakan contoh masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan
menunjukkan gambar, kliping dari tokoh tersebut merupakan salah satu langkah
model pendekatan dalam pembelajaran IPS model ... .
A. ekspositori berorientasi nilai dan
sikap
B. analitik keteladanan
C. kajian nilai
D. integratif konsep dan nilai
17. Model pendekatan ekspositori
berorientasi nilai dan sikap dalam Pembelajaran IPS SD memiliki karaktersitik
sebagai berikut :
A. bentuk komunikasi dialogis melalui
ceramah, peragaan dan tanya jawab
B. dengan menggunakan analisis sampel
keteladanan masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan menunjukkan
gambar, kliping dari tokoh
C. pendekatan kajian nilai secara
sistematis dan mendasar
D. pembahasan konsep yang memiliki
implikasi nilai yang dikaji secara akademis
18. Langkah awal yang harus dilakukan
dalam perancangan metode pembelajaran IPS di SD dengan pendekatan kognitif
untuk menetapkan alokasi waktu yang tersedia dalam menyampaikan materi IPS SD
kelas 3 dan 4 adalah ... .
A. garis besar program pembelajaran
B. struktur program
C. analisis materi pelajaran
D. sumber belajar
19. Salah satu ciri dalam merancang
metode pembelajaran IPS SD yang berlandaskan pendekatan sosial adalah ... .
A. memberi bantuan cara melakukan
diskusi
B. menciptakan iklim dan mengundang
keterlibatan
C. mengandung aspek sosial untuk
terciptanya diskusi kelas
D. membantu menyusun program
20. Metode pendekatan personal dalam
Pembelajaran IPS SD memiliki ciri karakteristik yang diperlukan dalam
menciptakan suasana hangat, menciptakan hubungan baik antara siswa dengan guru
atau siswa dengan siswa yang bersifat pribadi merupakan tahapan dalam ... .
A. menciptakan iklim yang mengundang
keterlibatan siswa
B. penyajian masalah sosial
C. pelaksanaan program
D. pengenalan prinsip tingkah laku
21. Untuk merancang pendekatan
modifikasi prilaku dalam pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 diperlukan lima
tahap, tahap yang bertujuan agar siswa dapat memahami kesulitan yang dihadapi
terutama pada fungsi lingkungan yang tidak permanen merupakan tahap ... .
A. menetapkan data dasar
B. pengenalan prinsip tingkah laku
C. pelaksanaan program
D. tindak lanjut
22. Dalam merancang pendekatan
ekspositori dalam Pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 salah satu karakteristik
yaitu guru harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi
pelajaran IPS yang akan disampaikan merupakan tahap ... .
A. pendahuluan
B. penyajian
C. umpan balik
D. penutup
23. Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan
pendekatan kognitif, dalam perancangannya diperlukan tahapan. Ada tahap dimana
guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa
masalah adalah tahap ... .
A. penyajian masalah
B. mengumpulkan dan verifikasi data
C. mengumpulkan unsur baru
D. merumuskan penjelasan
24. Dalam proses pembelajaran siswa
dengan bantuan guru menetapkan masalah sosial sebagai pokok bahasan dengan
topik yang menarik, merumuskan masalah dan membatasi ruang lingkup permasalahan
proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan
sosial adalah tahap ... .
A. orientasi
B. hipotesis
C. definisi
D. eksplorasi
25. Tugas guru mendorong siswa untuk
berperan serta dalam kegiatan belajar mengajar dan menyeleksi siswa tentang
topik yang ditulis merupakan salah satu langkah dalam perencanaan pembelajaran
IPS SD dengan pendekatan personal yaitu pada tahap ... .
A. menciptakan iklim yang mengundang
keterlibatan siswa
B. melibatkan siswa dalam merumuskan
masalah untuk diskusi
C. mengarahkan siswa mengidentifikasi
alternatif tindakan
D. membimbing siswa untuk merumuskan
kesepakatan
26. Pada tahap pendahuluan dengan
menggunakan metode Pembelajaran IPS SD dengan model pendekatan ekspositori
adalah ... .
A. mengarahkan siswa untuk menentukan
pokok materi diskusi
B. memancing pengalaman siswa yang
relevan dengan materi pelajaran
C. diakhir pembelajaran dilakukan
penilaian akhir
D. setelah pembelajaran selesai
dilakukan penarikan kesimpulan dan tindak lanjut
27. Pernyataan berikut yang bukan
merupakan langkah-langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS adalah
... .
A. menyusun kisi-kisi soal
B. merumuskan kompetensi dasar
C. menentukan siswa peserta tes
D. membuat indikator soal
28. Untuk menyusun alat evaluasi
pembelajaran IPS dengan menggunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan,
menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan adalah aspek berfikir ranah
kognitif untuk tingkat ... .
A. knowledge
B. application
C. comprehension
D. analysis
29. Untuk mengukur aspek nilai dan sikap
sosial pada rancangan alat evaluasi hasil pembelajaran IPS SD diperlukan
instrument tertentu, berikut ini yang bukan alat evaluasi untuk mengukur nilai
dan sikap adalah ... .
A. rating scale
B. chek list
C. wawancara
D. survey
30. Dalam merancang alat evaluasi hasil
belajar IPS di SD tentang topik ”Penduduk Indonesia”, hasil belajar yang paling
sesuai untuk menilai aspek keterampilan dari materi tersebut adalah ... .
A. mendeskripsikan profil penduduk di
Indonesia dengan grafik
B. membaca peta Indonesia
C. mencari informasi penduduk di setiap
propinsi
D. menunjukkan gambar penduduk di
Indonesia
31. Dengan disediakan sejumlah data
penduduk di setiap propinsi, angka kelahiran, dan kematian, angka pertambahan
penduduk, luas wilayah tiap propinsi, pada saat siswa dan guru membahas potensi
penduduk di Indonesia, dalam merancang evaluasi hasil belajar IPS SD aspek nilai
dan sikap sosial yang paling sesuai untuk materi tersebut adalah ... .
A. membaca data penduduk
B. menghitung kepadatan penduduk di
tiap propinsi
C. menggunakan peta penduduk Indonesia
D. membuat laporan kondisi penduduk
32. Pendekatan pemecahan masalah dapat
dirancang kedalam model pembelajaran IPS terpadu, dengan berdasarkan pada pemikiran kritis dan
refleksi melalui proses kerja, berikut yang bukan merupakan proses kerja adalah
... .
A. menyadari adanya masalah
B. mencari petunjuk untuk pemecahannya
C. penggunaan pemecahan masalah yang
cocok dengan kriteria tertentu
D. menyadari adanya pemecahan masalah
33. Pendekatan Humanistik dapat
digunakan dalam merancang model pembelajaran IPS terpadu dalam kegiatan
pembelajaran memiliki sasaran dari segi … .
A. berbagai disiplin ilmu lain yang
relevan sehingga para siswa melihat topik tersebut lengkap dan terpadu
B. berbagai cabang ilmu lain sehingga
siswa mampu belajar dan dapat memahami topik yang akan dibahas
C. ilmu-ilmu sosial yang relevan dan
sistematis
D. cabang ilmu-ilmu sosial yang relevan
34. Dalam merancang model pembelajaran
IPS terpadu dengan menggunakan pendekatan Wilayah diperlukan persyaratan,
berikut yang bukan merupakan syarat dalam perancangan tersebut adalah ... .
A. gejala dipermukaan bumi sebagai
hasil interaksi antar wilayah
B. menganalisis penyebaran gejala dalam
sistem keruangan
C. interaksi antara variabel manusia
dan lingkungan
D. kajian dari berbagai sudut pandang
keilmuan
35. Pendekatan Metode Proyek dapat digunakan dalam rancangan
model pembelajaran IPS SD dengan kriteria tertentu, berikut yang bukan
merupakan kriteria dalam metode proyek adalah ...
A. kegiatan bersifat nyata
B. memiliki arti dan manfaat bagi siswa
C. bahan dan alat sulit diperoleh
D. hasilnya sepadan dengan waktu yang
tersedia
36. Pendekatan metode proyek dapat
digunakan untuk model pembelajaran IPS terpadu untuk menghasilkan suatu unjuk
kerja siswa, pernyataan berikut merupakan salah satu hasil pembelajaran dengan
metode proyek ... .
A. membuat maket sekolah
B. membuat saluran irigasi penduduk
C. membantu membuat jalan desa
D. menambah warna, dan simbul dalam
peta Indonesia
37. Konsep sejarah merupakan fokus dalam
perancangan model pembelajaran IPS terpadu dengan menggunakan pendekatan Kurun
Waktu, konsep tersebut antara lain yaitu ... .
A. perubahan, kontinuitas dan waktu
B. perubahan, keruangan dan waktu
C. peristiwa, tempat dan periode
D. kontinuitas, keruangan dan peristiwa
38. Pernyataan berikut merupakan tujuan
Kurikulum Pendidikan IPS tahun 2006, agar setiap siswa peserta didik diharapkan
mempunyai kemampuan untuk ...
1) berpikir logis dan kritis, rasa
ingin tahu, inquiry dan dapat memecahkan masalah
2) berkomunikasi, dan berkompetisi yang
meliputi tingkat lokal, nasional maupun global
3) mengerti, menafsirkan, berkomunikasi
merancang, menganalisis dan menyusun laporan
39. Dari Topik Banjir di Ibukota,
wilayah-wilayah yang dekat dengan bantaran sungai Ciliwung mulai waspada setiap
kali musim hujan biasanya pada bulan Januari curah hujan cukup tinggi,
pernyataan ini menunjukkan keterkaitan antara konsep dan generalisasi, berikut
ini yang menunjukkan keterampilan personal dan intelektual dari siswa adalah
...
1) siswa mempelajari konsep banjir,
curah hujan
2) membaca peta, mencari informasi
wilayah banjir
3) berdiskusi dan membuat kesimpulan
wilayah banjir
40. Setiap guru SD kelas 3 dan 4 dapat
menerapkan metode pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif dengan Topik
“Kedudukan keluarga dan peran anggota keluarga” langkah pembelajaran yang
paling sesuai adalah menentukan ...
1) materi pokok
2) hasil belajar dan indikator
3) media dan sumber belajar
41. Peneraran metode Pembelajaran IPS SD
yang berlandaskan pendekatan sosial di kelas 3 dan 4 SD secara berurutan
memiliki tahapan berikut ...
1) orientasi, hipotesis, dan definisi
2) eksplorasi, pembuktian dan
generalisasi
3) tingkah laku, evaluasi dan tindak
lanjut
42. Untuk menerapkan pendekatan personal
dalam Pembelajaran IPS SD setelah menentukan kompetensi dasar, materi pokok,
hasil belajar dan indikator dengan Topik ” Penyebaran demam berdarah di desa
Sukamaju” langkah pendekatan personal yang paling sesuai untuk pembelajaran IPS
SD kelas 3 dan 4 adalah ...
1) menciptakan iklim yang mengundang
keterlibatan siswa
2) menentukan masalah diskusi
3) evaluasi dan tindak lanjut
4) orientasi, hipotesis, dan definisi
43. Penerapan model pendekatan
modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD diperlukan tahap pengenalan
prinsip tingkah laku, untuk menerapkan tahap ini guru memiliki peran sebagai
berikut ...
1) memperkenalkan program dan prinsip
pendalaman diri
2) membentuk siswa untuk berprestasi
3) membantu siswa menyusun program
secara nyata
44. Berikut ini merupakan tahap
penerapan metode Inquiry dengan pendekatan kognitif dalam pembelajaran IPS SD
kelas 5 dan kelas 6 :
1) menyajikan masalah
2) mengumpulkan unsur baru
3) menciptakan iklim yang menimbulkan
keterlibatan siswa
45. Dalam penerapan metode Inquiry sosial guru berperan sebagai
motivator dan reflektor, maka dalam pembelajaran IPS tugas guru adalah ...
1) menjelaskan cara menyusun rencana
kegiatan
2) membantu siswa menyusun program
3) menyusun asumsi yang digunakan dan
cara berfikir kreatif
46. Tugas guru pada saat menyajikan
masalah diskusi dengan penerapan metode pendekatan personal dalam pembelajaran
IPS SD adalah ...
1) memberikan pengarahan agar siswa
tidak mencela dan mengkritik
2) memberi tugas kelompok untuk
menjelaskan topik masalah
3) siswa diberi kebebasan berpendapat
47. Pada tahap evaluasi dan tindak
lanjut dalam penerapan pembelajaran IPS dengan pendekatan modifikasi prilaku,
tugas guru adalah ...
1) melakukan perencanaan program
pembelajaran
2) melakukan penilaian terhadap tingkah
laku siswa sesuai program
3) menentukan tindak lanjut
48. Untuk tingkat berfikir Syntesis
dalam aspek kognitif yang diterapkan kedalam alat evaluasi pembelajaran IPS SD
menuntut siswa untuk memiliki kemampuan untuk ...
1) berfikir kreatif
2) membuat prediksi
3) dapat memecahkan masalah
49. Pak Toni sebagai guru IPS yang sabar
dan terampil membuat Peta, Pak Toni memberi tugas membuat Peta Kecamatan
Sukamaju, kepada dua orang siswanya, Doni dan Imron,Dony termasuk siswa yang
pandai, Imron rajin dan terampil mereka bekerjasama membuat Peta, untuk menilai
keberhasilan membuat peta dari aspek sikap sosial, ditentukan oleh ...
1) Doni sebagai siswa yang pandai dan
Imron siswa yang rajin dan terampil
2) Imron sebagai siswa yang terampil
3) Pak Toni sebagai guru IPS yang sabar
dan terampil membuat Peta
50. Pendekatan humanistik yang digunakan untuk menerapkan
pembelajaran IPS terpadu bertujuan untuk ...
1) menelaah suatu masalah
2)
memahami
masalah dari berbagai sudut pandang
3) menarik kesimpulan secara terpadu
dan menyeluruh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar