1. Bahasa bersifat konvensional. Artinya, ….
A. penggunaan lambang bunyi untuk suatu konsep tertentu
berdasarkan kesepakatan
B. bahasa tiap kelompok sosial merasa diri sebagai
kesatuan yang berbeda dengan kelompok lain
C. penggunaan lambang sebagai sistem jumlahnya terbatas
tetapi dapat dipahami secara tidak terbatas oleh pemakainya
D. bahasa merupakan sistem lambang yang berwujud bunyi
atau bunyi ujar
2. Jika bahasa digunakan
sekelompok masyarakat untuk membicarakan suatu permasalahan dengan topik
tertentu, berarti bahasa tersebut berfungsi ....
A. emotif
B. konatif
C. referensial
D. puitik
3. Variasi bahasa yang menghasilkan slang, jargon, dan
kolokial merupakan keanekaragaman bahasa yang disebabkan faktor ....
A. Geografis
B. Sosiologis
C. Fungsi
D. Gaya
4. Masuknya budaya Barat, mempengaruhi penggunaan bahasa
Indonesia, misalnya dalam dunia kuliner, seperti penyebutan ….
A.
restaurant,
B.
saung,
kedai, dan gubuk
C.
lesehan,angkringan,
dan wasgitel
D. pepes, bakar, dan tumis
5. Yang dimaksud dengan titik artikulasi adalah alat ucap
yang ....
A. berupa sebuah pita pipih elastis yang bergetar pada
waktu udara keluardari paru-paru
B. digerakkan/digeser pada saat menghasilkan bunyi
ujaran, seperti ujung lidah, bibir atas, dan bibir bawah
C. menjadi tujuan sentuh artikulator, seperti gigi,
lengkung kaki gigi, dan langit-langit
D. berupa dua buah pita pipih yang elastis, yang bergetar
pada waktu dilalui udara yang keluar dari paru-paru
6. Bunyi konsonan dihasilkan jika arus udara ....
A.
tidak
mendapat hambatan, baik di rongga mulut maupun rongga hidung
B.
tidak
mendapat hambatan di rongga hidung
C.
mendapat
hambatan di rongga mulut
D. mendapat hambatan, baik di rongga mulut maupun di
rongga hidung
7. Perbedaan antara diftong dan vokal rangkap dapat
dijelaskan bahwa ....
A. diftong merupakan vokal rangkap yang tidak dapat
dipisahkan, sementara vokal rangkap merupakan bunyi vokal yang dapat dipisahkan
B. diftong merupakan vokal rangkap yang dapat dipisahkan,
sementara vokal rangkap merupakan bunyi vokal berurutan yang tidak dapat
dipisahkan
C. vokal rangkap merupakan bunyi vokal tidak dapat
dipisahkan, sementara diftong merupakan vokal rangkap yang dipisahkan
D. vokal rangkap merupakan vokal tunggal, sementara
diftong merupakan vokal ganda
8. Ejaan Melayu-Indonesia (Melindo) digunakan pada tahun
....
A. 1901
B. 1947
C. 1957
D. 1959
9. Sistem ejaan memenuhi fungsi kepraktisan jika ….
A. aturan yang ditetapkan dilaksanakan secara konsisten
B. ejaan tersebut membantu pemakainya untuk menghemat
tenaga dan pikiran dalam komunikasi
C. perubahan yang ada disesuaikan dengan lafal orang
Indonesia
D. tidak mengubah sarana pengetikan/pencetakan
10. Yang termasuk contoh morfem terikat adalah....
A. bijaksana
B. tanggung jawab
C. turunkan
D. lukiskan
11. Yang termasuk jenis kata ulang berimbuhan adalah ....
A. bersahut-sahutan
B. rumah-rumah
C. tetanaman
D. gegap-gempita
12. Karena kondisinya sudah kritis, ia akhirnya dirujuk ke
rumah sakit setelah sempat dirawat di puskesmas selama 6 jam. Yang termasuk
kata majemuk dalam kutipan tersebut adalah ….
A. puskesmas
B. rumah sakit
C. sudah kritis
D. dirawat
13. Yang termasuk dalam kalimat “gedung sekolah itu roboh
akibat gempa adalah ....
A. roboh
B. akibat gempa
C. gedung sekolah itu
D. sekolah itu
14. Pengertian wacana menurut Harimurti Kridalaksanaadalah ....
A. bahan bacaan, percakapan, atau tuturan
B. satuan bahasa terlengkap dalam hierarki gramatikal
C. susunan ujaran yang merupakan satuan bahasa terlengkap
D. satuan bahasa yang merujuk pada kohesi dan koherensi
15. Aku terasa ternyata di kiri-kanan adalah jurang yang
menganga. Sejengkal saja kakinya terpeleset, nyawa Tantra akan melayang.
Sementara itu, hawa dingin telah menembus angka 10 derajat celcius. Padahal,
perbekalan yang dibawa hanya cukup untuk hari itu. Tantra dan 2 temannya hanya
mampu berdoa karena sudah 3 jam lamannya hujan belum juga mereda. Sementara
jarak pandang hanya berkisar 3 meter.
Kutipan
tersebut tergolong wacana ....
A. argumentasi
B. persuasi
C. deskripsi
D. eksposisi
16. Makna leksikal merupakan makna yang muncul sesuai
dengan referennya, sementara makna gramatikal muncul sebagai makna yang ....
A. memiliki nilai rasa positif
B. memiliki nilai rasa negatif
C. terjadi karena proses gramatikal
D. terjadi karena proses afiksasi
17. Homonim merupakan kata yang lafal dan ejaannya sama
tetapi maknanya berbeda, sementara homograf adalah kata yang ....
A.
sama
ejaannya tetapi lafal dan maknanya berbeda
B.
sama
lafalnya tetapi ejaan dan maknanya berbeda
C.
memiliki
makna lebih dari satu
D. memiliki hubungan spesifik dan makna generik
18. Yang disebut kamus dwibahasa adalah kamus yang memuat
....
A.
suatu bahasa
yang disusun alfabetis dengan penjelasan dan contoh pemakaiannya dalam bahasa
yang sama
B.
daftar kata
dan padanannya lebih dari 2 bahasa yang berbeda
C.
gabungan
kata atau kata suatu bahasa yang disusun secara alfabetis dengan penjelasan
makna dan contoh pemakaiannya dalam bahasa lain yang menjadi bahasa sasaran
D. suatu bahasa yang disusun secara alfabetis dengan
penjelasan makna dalam bahasa yang berbeda
19. Dalam lema suatu kamus artinya adalah ....
A. kelas kata yang meliputi kata depan, kata sambung, dan
kata seru
B. kata yang menjelaskan verba, adjectiva, adverbia
C. kata yang menjelaskan nomina dan pronomina
D. kelas kata yang meliputi kata ganti, kata tunjuk, dan
kata kata tanya
20. Ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman,
pemikiran, perasaan, ide, semangat, dan keyakinan dalam bentuk gambaran konkret
yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa merupakan definisi sastra yang
diungkapkan oleh ….
A. Jakob Sumardjo dan Saini KM
B. Kamus Besar Bahasa Indonesia
C. A. Teeuw
D. etimologi kata
21. Yang dimaksud kegiatan kreatif dalam apresiasi sastra
adalah segala bentuk kegiatan yang bertujuan untuk ....
A. melestarikan keberadaan karya sastra
B. meningkatkan kesadaran, kecintaan, dan penghargaan
terhadap karya sastra
C. memperoleh nilai kenikmatan karya sastra
D. menunjang pemahaman terhadap karya sastra
22. Legenda khas Dukuh Paruk, misalnya kisah nenek tentang
fenomena di pekuburan Dukuh Paruk malam hari ketika terjadi bencana itu. Nenek
mengatakan banyak obor terlihat di atas kerimbunan pohon beringin di atas makam
Ki Secamenggala. Dari pekuburan itu terdengar suara tangis bersahutan. Nenek
yang mengatakan bayangan Ki Secamenggala keluar mendatangi setiap mayat yang
malam itu belum satu pun sempat dikubur”. Berdasarkan kutipan tersebut,
terlihat bahwa latar cerita terjadi di pedesaan ....
A. dengan kehidupan religi yang baik
B. dengan kehidupan religi yang sangat baik
C. dengan paham animisme yang kuat
D. tanpa paham animisme
23. Dalam mempengaruhi Srintil, Nyai Kartareja menggunakan
segala kemampuan karena ia tahu Marsusi pasti membawa kalung 100 gram dengan
bandul berlian. Perhiasan seperti milik istri Lurah Pecikalan itu telah lama
menjadi buah mimpinya. Tetapi kepada Mrsusi ia mengatakan Srintil-lah yang
menginginkannya.” Atas kutipan tersebut, watak Nyai Kartareja adalah ....
A. Baik tetapi materialistis
B. Licik dan materialistis
C. Baik dan tidak materialistis
D. Licik tetapi tidak materialistis
24. Yang dimaksud unsur pantangan dalam cerita anak adalah
bahwa dari segi isi cerita .....
A.
harus
mengandung nilai pendidikan
B.
tidak
disampaikan secara berbelit-belit
C.
harus
menyampaikan ilmu pengetahuan
D. tidak boleh ada hal yang tidak pantas untuk anak-anak
25. Jika dilihat dari segi bahasa, cerita anak memberikan
manfaat ketika anak-anak dapat ....
A. mengambil pelajaran budi pekerti
B. memperkaya perbendaharaan kata
C. mengamati karakter jelek tokoh ceritanya
D. memberikan pandangan tentang rasa percaya diri
26. Yang dimaksud dengan legenda adalah cerita yang
mengisahkan ....
A.
hal-ihwal
seorang tokoh yang lucu
B.
cerita yang
menampilkan hewan-hewan sebagai tokohnya
C.
sejarah
tentang suatu negeri, danau, atau gunung
D. kepercayaan yang menyangkut kehidupan roh-roh atau
dewa-dewa
27. Tokoh protagonis merupakan tokoh sentral yang memiliki
fungsi sebagai berikut, kecuali ....
A. berperan baik
B. selalu menjadi pusat sorotan
C. berperan datar
D. senantiasa berhubungan dengan tokoh-tokoh lain
28. ”Lasi tetap tertunduk. Ingatannya melayang pada suatu
malam ketika ia di dalam kamar bersama Handarbeni. Malam yang menjengkelkan.
Handarbeni benar-benar kehilangan kelelakiannya meski obat-obatan telah
diminumnya. Untuk menutupi kekecewaan Lasi, Handarbeni selalu mengobral janji
untuk memberikan hadiah ini dan itu”. Berdasarkan kutipan tersebut, Handarbeni
merupakan tokoh yang memiliki kekayaan melimpah dan menikahi Lasi sebagai ....
A. wujud kasih sayang yang tulus
B. tanda bahwa ia laki-laki perkasa
C. tanda bahwa ia memang senang menyenangkan wanita
D. pajangan dan gengsi belaka
29. Asam kandis asam gelugur
Kedua asam siriang-riang
Menangis mayat di dalam kubur
Teringat badan tidak sembahyang.
Pantun tersebut termasuk pantun ….
A. jenaka
B. Teka-teki
C. Agama
D. Suka cita
30. Yang dimaksud dengan tipografi adalah ....
A. pemindahan bagian kalimat pada larik berikutnya
B. ukiran bentuk puisi yang biasanya berupa susunan baris
ke bawah
C. persamaan bunyi berulang secara teratur
D. susunan kata yang dapat memperjelas/memperkonkret apa
yang diutarakan penyair
31. Unsur kesejarahan puisi muncul sebagai salah satu
unsur ekstrinsik karena ....
A. unsur kesejarahan menjadi unsur penentu nilai
kepuitisan puisi
B. unsur kesejarahan menjadi satu tanda budaya yang
berkembang pada saat puisi dicipta penyair
C. tanpa kesejarahan puisi sulit untuk lahir
D. tanpa kesejarahan puisi sulit ditafsirkan
32. Apa yang dituliskan dalam puisi tidak menggambarkan
apa yang dialami pengarang karena sering kali ide yang ada merupakan imajinasi
pengarang. Hal ini menandakan bahwa puisi memang
terbentuk oleh lapis ….
A. bunyi
B. arti
C. dunia pengarang
D. makna
33. Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku telah pergi
Kini petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Kutipan puisi tersebut menggambarkan sebuah tema yang
menceritakan tentang ....
A. penemuan jati diri
B. pengangguran
C. percintaan
D. penyesalan
34. Yang dimaksud drama anak-anak adalah ....
A. teks yang bersifat dialog dan isinya membentangkan
alur
B. karya sastra yang bertujuan menggambarkan kehidupan
dengan mengemukakan tikaian
C. proses lakuan yang menempatkan anak sebagai tokoh
D. karya sastra yang penikmatannya dengan dipentaskan
35. Yang dimaksud dengan drama tablo adalah drama yang
dipentaskan ....
A. tanpa gerak dan pengucapan kata oleh para pelaku
dengan komposisi sikap para pelaku serta diikutkan oleh seorang narator untuk
memberi prolog
B. sama sekali tidak mengucapkan kata, tetapi hanya
menggunakan sikap dan gerak serta diiringi musik
C. dengan pemeran menggunakan bentuk boneka yang pada
dasarnya hanya mewakili pemeran yang sebenarnya
D. secara informal yang dibuat oleh anak untuk partisipan
36. Tahapan rangkaian peristiwa dalam drama anak-anak yang
menimbulkan puncak ketegangan disebut ….
A. konflik
B. antiklimaks
C. penyelesaian
D. klimaks
37. Yang dimaksud manfaat kepekaan batin atau sosial
adalah manfaat yang ....
A. menceritakan keindahan yang melekat pada sastra anak
B. memberi upaya untuk selalu mengasah kepekaan sosial
agar mudah tersentuh oleh hal-hal yang bersifat batiniah
C. memberi berbagai informasi tentang proses perubahan
sikap dan perilaku seseorang atau kelompok melalui pembelajaran dan latihan
D. memberi tambahan informasi, pengetahuan, pengelaman
hidup, dan pandangan tentang kehidupan
38. Yang dimaksud dengan kejelasan watak dalam kriteria
keterbacaan memilih drama anak adalah adanya ....
A.
tokoh-tokoh
yang dideskripsikan secara sederhana
B.
pemunculan
perilaku yang mudah diikuti
C.
pendeskripsian
tanpa menimbulkan kesulitan penafsiran
D. pemunculan perilaku yang sederhana
39. Apresiasi reseptif dilakukan dengan cara mendengarkan
atau menyimak dan membaca cerita, sedangkan aspek produktif dilakukan dengan
....
A. mendengarkan cerita melalui radio
B. membaca cerita melalui buku cerita
C. melihat pementasan melalui televisi
D. membuat sinopisi sebuah drama
40. Badu Ingat! Kan sekarang yang ada si Rahim, bukan
Hasan Lagi. Hasan: Saya yakin, begitu melihat aku, Ibu akan mengenali aku. Badu
:Ubahlah suaramu, kecilkan sedikit, dan agak sedikit bungkukan badanmu ! Nah,
tuh Ibu datang, bersiap-siaplah. Ibu masuk Badu: Permisi, saya telah membawa
anak itu. Inilah si Rahim, Bu. Hasan : (dengan suara dibuat-buat) Selamat siang
Bu! Ibu: Aih, si Rahim, kau telah datang lebih cepat ya! Lho, tapi mana si
Hasan! Atas dasar kutipan tersebut, dapat diparafrasekan bahwa Ibu tidak lagi mengenali Hasan karena ....
A. Badu telah memiliki ide cemerlang
B. suara Hasan telah diubah
C. Badu telah mengarahkan Hasan dengan baik
D. penyamaran suara dan bungkukan badan Hasan telah
berhasil dengan baik
41. Berikut ini
merupakan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, kecuali ....
1. bahasa penghubung
antardaerah/antarbudaya
2. bahasa resmi kenegaraan
3. bahasa pengantar dalam dunia
pendidikan
42. Dalam kata tunjukkan, terdapat
konsonan rangkap, dan bukan gugus konsonan karena pada kata tunjukkan
....
1.
terjadi
karena proses gramatika
2.
menimbulkan
makna baru
3.
muncul
dalam kata benda
43. Yang termasuk kalimat minor adalah
….
1.
sedang
berpuasa
2.
sangat
gembira
3.
adiknya
pergi
44. Yang termasuk kalimat verbal intransitif adalah ....
1. Tanto menikmati satai Padang
2. Tya tertidur di karpet
3. Anugrah menangsis
45. Yang bukan kriteria
puisi anak menurut Norton adalah ....
1.
tidak
ditulis berdasarkan dugaan yang rendah terhadap anak
2.
memiliki
keragaman sajak
3.
sesuai
dengan lingkungan anak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar