1. Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa tes merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi tentang...A. hasil belajar siswaC. mutu pendidikanD. kemajuan sekolah2. Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran adalah ....A. asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusanB. lingkup asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program pendidikan.C. asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontesD. asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif3. Suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas suatu program pembelajaran disebut ....A. tesB. evaluasi.C. pengukuran
4. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….A. terbukaB. menyeluruh.C. bermaknaD. adil5. Pergeseran paradigma dalam penilaian hasil belajar akhir-akhir ini disebabkan oleh suatu pendapat bahwa ....A. terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesatB. terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian hasil belajarC. tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnyaD. tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara akurat6. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....A. seleksiB. PenempatanD. bakat7. Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....A. melengkapi pilihanB. hubungan antar halC. membaca diagram.D. melengkapi berganda8. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif, kecuali ....A. mudah melakukan koreksiB. cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendahC. sulit dalam penyusunan butir soalD. tidak dapat digunakan untuk menggali ide9. Sesuai dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu mengukur proses berpikir tinggi, maka unjuk kerja siswa yang paling tepat diukur dengan tes uraian adalah ….A. mengingatB. memahamiC. menerapkanD. menganalisis10. Perhatikan butir soal uraian berikut.Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa.Butir soal tersebut ….A. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukurB. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengertiC. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatanD. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek11. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswaB. menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnyaC. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benarD. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas12. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan butir soal tes objektif, kecuali ....A. hindari petunjuk ke arah jawaban yang benarB. hindari pengulangan kata pada pokok soalC. satu soal hanya ada satu jawaban yang benarD. satu soal hanya ada satu alternatif jawaban13. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian, kecuali ....A. penentuan alokasi waktuB. penentuan pokok bahasanC. penentuan indikator/tujuanD. pendiatribusian butir soal14. Perhatikan butir soal berikut.Letusan gunung Kelud yang cukup besar terjadi pada ....a. tahun 1850 c. tahun 2001b. tahun 1951 d. tahun 2005Butir soal tersebut tidak baik karena...A. ada pengulangan kata tahunB. mengukur ingatanC. pokok soal merupakan kalimat yang belum selesaiD. pertanyaan terlalu singkat15. Penggunaan asesmen alternatif dalam penilaian hasil belajar siswa disebabkan adanya pendapat dari para ahli bahwa tes tertulis ....A. lebih banyak ditulis dalam bentuk objektifB. tidak ditulis oleh guru yang mengajarC. hanya cocok untuk mengukur ranah kognitifD. lebih bersifat bottom-up16. Konsep baru akan terbentuk berdasarkan rekonstruksi dari konsep, pengetahuan, dan pengalaman yang telah dimiliki. Pendapat ini dikemukakan oleh ....A. R SpiroB. BrunnerC. WittrockD. Rogers17. Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ....A. biaya asesmen alternatif lebih murahB. waktu yang diperlukan lebih singkatC. mampu mengukur proses dan hasil belajarD. lebih mudah dalam pelaksanaannya18. Salah satu kelebihan asesmen alternatif dalam penilaian , karena dapat menyajikan penilaian yang lebih lengkap, yang berarti ....A. mampu menyajikan nilai pretest dan post-tesB. mampu menilai aspek kognitif, afektif dan psikomotorC. dapat digunakan untuk berbagai jenis tesD. disertai dengan kunci jawaban yang objektif19. Langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun tugas dalam rangka asesmen hasil belajar adalah ....A. menentukan tugas yang akan dinilaiB. menentukan skala yang akan digunakanC. melakukan uji cobaD. mengindentifikasi kemampuan siswa20. Sebelum digunakan dalam penilaian hasil dan perkembangan kemajuan siswa dalam belajar, harus dilakukan revisi rubrik berdasarkan ….A. saran guru lainB. hasil uji coba.C. saran kepala sekolahD. pertimbangan guruA. umumB. khususC. pendekD. panjang22. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....A. kumpulan hasil karya siswa.B. rekaman hasil karya siswaC. rangkaian hasil karya siswaD. kumpulan nilai siswa23. Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....A. kriteria tertentuB. kebijakan guruC. keinginan siswaD. kebijakan sekolah24. Langkah awal yang harus dilakukan gguru pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan asesmen portofolio ...A. melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswaB. menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkanC. mengawasi pelaksanaan tugas yang dilakukan siswaD. memberikan umpan balik terhaap hasil karya siswa25. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa tersebut bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah....A. mengatakan bahwa para siswa harus bekerja kerasB. menghukum siswa yang tidak dapat bekerja dengan baikC. meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.D. meyakinkan bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian26. Jika terjadi perubahan kriteria penilaian portofolio yang disebabkan oleh berbagai hal dan pertimbangan, maka masalah tersebut harus dibicarakan pada pertemuan berkala antara ...A. guru dengan kepala sekolahB. guru dengan siswa.C. siswa dengan kepala sekolahD. siswa dengan siswa lain27. Pada tingkat receiving, gejala yang dapat diamati dari siswa yang sedang menerima pelajaran sejarah di kelas adalah ....A. mengajukan pertanyaanB. menjawab pertanyaanC. memperhatikan uraian guru dengan baikD. mengerjakan soal-soal yang diberikan28. Tujuan yang ingin dicapai pada suatu kegiatan dalam rangka menemukan konsep diri siswa adalah agar siswa tersebut mampu mengetahui ....A. kekurangan yang ada pada diri siswaB. kelebihan yang ada pada diri siswaC. kekurangan dan kelebihan siswaD. cita-cita para siswa29. Seorang guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi /emosi anak adalah ….A. pengamatan langsungB. wawancaraC. angketD. kuesioner30. Seorang guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam kegiatan pengukuran ini adalah ….A. mengetahui jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolahB. mengetahui jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskulC. menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolahD. menjaring calon peserta kegiatan pramuka disekolah31. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….A. tes uraian bebasB. tes uraian terbatasC. yang sederhanaD. yang sangat kompleks32. Untuk menghindari terjadinya hallo effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian, cara yang paling tepat dilakukan adalah ....A. nama dan nomor peserta tes diganti dengan kode lainB. pemeriksaan dilakukan oleh 2 orang pemeriksaC. lakukan penyamaan persepsi antara pemeriksa I dan IID. berpegang pada pedoman penskoran33. Dari 30 butir soal tes objektif, Sila mampu mengerjakan 24 butir soal dengan benar. Jika penilaian menggunakan standar 100 dan tidakmenggunakan formula tebakan, maka nilai Sila adalah ....A. 24.00B. 60,00C. 70,00D. 80,0034. Jika jumlah skor yang diperoleh Ali 35, sedangkan jumlah skor maksimal dari tes dalam bentuk uraian adalah 45, maka persentase penguasaan Ali adalah ....A. 10,77B. 77,77C. 80,77D. 90,77A. tujuan pembelajaranB. pedoman penilaianC. kebijakan guruD. kriteria yang telah ditetapkan36. Dari 25 soal ulangan umum untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Ali mengerjakan 17 butir soal dengan benar. Sementara kawan yang terpandai hanya 1 butir soal yang salah, dan anak yang terbodoh di kelas itu hanya mampu mengerjakan 5 butir soal dengan benar. Jika pendekatan kriteria dengan skala 100 yang digunakan, maka nilai ulanagan umum bahasa Indonesia yang diperoleh Ali adalah ….A. 17,00B. 24,00C. 68,00D. 96,0037. Suatu tes yang baik adalah apabila digunakan beberapa kali, menunjukkan hasil yang relatif sama. Pernyataan ini menunjukkan persyaratan tentang butir soal yang baik dilihat dari segi ....A. validitasB. reliabilitasC. capabilitasD. crediibilitas38. Kaitan antara validitas dan reliabilitas yang dapat menunjukkan kualitas tes yang baik adalah ….A. tingkat validitas dan reliabilitas tinggiB. tingkat validitas dan reliabilitas rendahC. tingkat validitas tinggi, dan tingkat reliabilitas rendahD. tingkat validitas rendah, tingkat reliabilitas tinggi39. Reliabilitas suatu tes dapat ditingkatkan dengan cara ....A. menambah jumlah butir soal semaksimal mungkinC. mengurangi jumlah butir soal yang dianggap jelekD. mengganti soal-soal yang dianggap jelek40. Reliabilitas suatu tes yang terdiri dari 40 butir soal adalah 0,45. Setelah ditambah dengan 20 butir soal yang homogen, maka tingkat reliabilitasnya akan menjadi ....A. 0,51B. 0,53C. 0,55D. 0,6741. Dengan melakukan analisis butir soal , kemampuan guru dalam menulis soal akan meningkat, karena mereka terlatih dalam melakukan ....A. perhitungan skorB. perhitungan koefisienC. penulisan butir soalD. perbaikan butir soal.42. Berikut ini adalah data tentang jawaban siswa pada suatu butir soal
Dari tabel tersebut, angka yang menunjukkan tingkat kesukaran butir soal adalah …A. 0,40B. 0,50C. 0,70D. 1,0043. Dalam menjawab butir soal nomor 5, 7 dari siswa kelompok atas menjawab benar dan hanya 2 dari 10 siswa kelompok bawah yang menjawab benar. Daya beda butir soal tersebut adalah ….A. 0,20B. 0,50.C. 0,70D. 0,8044. Berikut ini adalah data jawaban siswa dari butir soal no. 3.
Dari data di atas, maka butir soal tersebut perlu direvisi pada ….A. pokok soalB. kunci jawabanC. option BD. option C45. Seorang guru melakukan tes untuk mengetahui kompetensi yang telah atau belum dikuasai siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan penilaian kelas, yaitu ....B. pengecekanC. pencarianD. penyimpulan46. Jika diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 3 dari 8 soal yang diberikan hampir semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar, maka tindakan guru yang sebaiknya dilakukan adalah ….A. melanjutkan ke pokok bahasan berikutnyaB. menjelaskan kembali seluruh materi pelajaranC. menjelaskan kembali materi yang belum difahami siswaD. melakukan pembelajaran remidi terhadap siswa yang menjawab salah47. Besarnya angka yang dapat menunjukkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) pada suatu mata pelajaran tertentu ditetapkan berdasarkan ....A. kebijakan pemerintah daerah setempat.B. keputusan pemerintah pusatC. keputusan kepala sekolahD. keputusan komite sekolah48. Perhatikan tabel berikut yang menunjukkan nilai ujian yang diperoleh Nana.
Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Nana …A. lulus karena jumlah nilai yang diperoleh lebih tinggi dari SKBMB. lulus karena nilai rata-rata yang diperoleh lebih tinggi dari SKBMC. tidak lulus, karena nilai matematika di bawah SKBMD. tidak lulus, nilai rata-rata diatas SKBM49. Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.A. Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baikB. 3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-testC. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar mengajar.D. melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil pre-test50. Berdasarkan hasil penilaian portofolio, guru lebih mudah melakukan perbaikan dalam pembelajaran, karena dengan penilaian ini ….A. dapat diketahui kemampuan yang belum dikuasai siswaB. data nilai yang terkumpul lebih lengkapC. pelaksanaan penilaian lebih mudahD. nilai yang terkumpul lebih sempurna
Minggu, 17 Maret 2013
Soal Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Minggu, 17 Maret 2013
Soal Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301
1. Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa tes merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi tentang...A. hasil belajar siswaC. mutu pendidikanD. kemajuan sekolah2. Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran adalah ....A. asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusanB. lingkup asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program pendidikan.C. asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontesD. asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif3. Suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas suatu program pembelajaran disebut ....A. tesB. evaluasi.C. pengukuran
4. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….A. terbukaB. menyeluruh.C. bermaknaD. adil5. Pergeseran paradigma dalam penilaian hasil belajar akhir-akhir ini disebabkan oleh suatu pendapat bahwa ....A. terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesatB. terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian hasil belajarC. tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnyaD. tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara akurat6. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....A. seleksiB. PenempatanD. bakat7. Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....A. melengkapi pilihanB. hubungan antar halC. membaca diagram.D. melengkapi berganda8. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif, kecuali ....A. mudah melakukan koreksiB. cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendahC. sulit dalam penyusunan butir soalD. tidak dapat digunakan untuk menggali ide9. Sesuai dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu mengukur proses berpikir tinggi, maka unjuk kerja siswa yang paling tepat diukur dengan tes uraian adalah ….A. mengingatB. memahamiC. menerapkanD. menganalisis10. Perhatikan butir soal uraian berikut.Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa.Butir soal tersebut ….A. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukurB. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengertiC. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatanD. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek11. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswaB. menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnyaC. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benarD. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas12. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan butir soal tes objektif, kecuali ....A. hindari petunjuk ke arah jawaban yang benarB. hindari pengulangan kata pada pokok soalC. satu soal hanya ada satu jawaban yang benarD. satu soal hanya ada satu alternatif jawaban13. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian, kecuali ....A. penentuan alokasi waktuB. penentuan pokok bahasanC. penentuan indikator/tujuanD. pendiatribusian butir soal14. Perhatikan butir soal berikut.Letusan gunung Kelud yang cukup besar terjadi pada ....a. tahun 1850 c. tahun 2001b. tahun 1951 d. tahun 2005Butir soal tersebut tidak baik karena...A. ada pengulangan kata tahunB. mengukur ingatanC. pokok soal merupakan kalimat yang belum selesaiD. pertanyaan terlalu singkat15. Penggunaan asesmen alternatif dalam penilaian hasil belajar siswa disebabkan adanya pendapat dari para ahli bahwa tes tertulis ....A. lebih banyak ditulis dalam bentuk objektifB. tidak ditulis oleh guru yang mengajarC. hanya cocok untuk mengukur ranah kognitifD. lebih bersifat bottom-up16. Konsep baru akan terbentuk berdasarkan rekonstruksi dari konsep, pengetahuan, dan pengalaman yang telah dimiliki. Pendapat ini dikemukakan oleh ....A. R SpiroB. BrunnerC. WittrockD. Rogers17. Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ....A. biaya asesmen alternatif lebih murahB. waktu yang diperlukan lebih singkatC. mampu mengukur proses dan hasil belajarD. lebih mudah dalam pelaksanaannya18. Salah satu kelebihan asesmen alternatif dalam penilaian , karena dapat menyajikan penilaian yang lebih lengkap, yang berarti ....A. mampu menyajikan nilai pretest dan post-tesB. mampu menilai aspek kognitif, afektif dan psikomotorC. dapat digunakan untuk berbagai jenis tesD. disertai dengan kunci jawaban yang objektif19. Langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun tugas dalam rangka asesmen hasil belajar adalah ....A. menentukan tugas yang akan dinilaiB. menentukan skala yang akan digunakanC. melakukan uji cobaD. mengindentifikasi kemampuan siswa20. Sebelum digunakan dalam penilaian hasil dan perkembangan kemajuan siswa dalam belajar, harus dilakukan revisi rubrik berdasarkan ….A. saran guru lainB. hasil uji coba.C. saran kepala sekolahD. pertimbangan guruA. umumB. khususC. pendekD. panjang22. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....A. kumpulan hasil karya siswa.B. rekaman hasil karya siswaC. rangkaian hasil karya siswaD. kumpulan nilai siswa23. Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....A. kriteria tertentuB. kebijakan guruC. keinginan siswaD. kebijakan sekolah24. Langkah awal yang harus dilakukan gguru pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan asesmen portofolio ...A. melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswaB. menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkanC. mengawasi pelaksanaan tugas yang dilakukan siswaD. memberikan umpan balik terhaap hasil karya siswa25. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa tersebut bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah....A. mengatakan bahwa para siswa harus bekerja kerasB. menghukum siswa yang tidak dapat bekerja dengan baikC. meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.D. meyakinkan bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian26. Jika terjadi perubahan kriteria penilaian portofolio yang disebabkan oleh berbagai hal dan pertimbangan, maka masalah tersebut harus dibicarakan pada pertemuan berkala antara ...A. guru dengan kepala sekolahB. guru dengan siswa.C. siswa dengan kepala sekolahD. siswa dengan siswa lain27. Pada tingkat receiving, gejala yang dapat diamati dari siswa yang sedang menerima pelajaran sejarah di kelas adalah ....A. mengajukan pertanyaanB. menjawab pertanyaanC. memperhatikan uraian guru dengan baikD. mengerjakan soal-soal yang diberikan28. Tujuan yang ingin dicapai pada suatu kegiatan dalam rangka menemukan konsep diri siswa adalah agar siswa tersebut mampu mengetahui ....A. kekurangan yang ada pada diri siswaB. kelebihan yang ada pada diri siswaC. kekurangan dan kelebihan siswaD. cita-cita para siswa29. Seorang guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi /emosi anak adalah ….A. pengamatan langsungB. wawancaraC. angketD. kuesioner30. Seorang guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam kegiatan pengukuran ini adalah ….A. mengetahui jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolahB. mengetahui jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskulC. menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolahD. menjaring calon peserta kegiatan pramuka disekolah31. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….A. tes uraian bebasB. tes uraian terbatasC. yang sederhanaD. yang sangat kompleks32. Untuk menghindari terjadinya hallo effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian, cara yang paling tepat dilakukan adalah ....A. nama dan nomor peserta tes diganti dengan kode lainB. pemeriksaan dilakukan oleh 2 orang pemeriksaC. lakukan penyamaan persepsi antara pemeriksa I dan IID. berpegang pada pedoman penskoran33. Dari 30 butir soal tes objektif, Sila mampu mengerjakan 24 butir soal dengan benar. Jika penilaian menggunakan standar 100 dan tidakmenggunakan formula tebakan, maka nilai Sila adalah ....A. 24.00B. 60,00C. 70,00D. 80,0034. Jika jumlah skor yang diperoleh Ali 35, sedangkan jumlah skor maksimal dari tes dalam bentuk uraian adalah 45, maka persentase penguasaan Ali adalah ....A. 10,77B. 77,77C. 80,77D. 90,77A. tujuan pembelajaranB. pedoman penilaianC. kebijakan guruD. kriteria yang telah ditetapkan36. Dari 25 soal ulangan umum untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Ali mengerjakan 17 butir soal dengan benar. Sementara kawan yang terpandai hanya 1 butir soal yang salah, dan anak yang terbodoh di kelas itu hanya mampu mengerjakan 5 butir soal dengan benar. Jika pendekatan kriteria dengan skala 100 yang digunakan, maka nilai ulanagan umum bahasa Indonesia yang diperoleh Ali adalah ….A. 17,00B. 24,00C. 68,00D. 96,0037. Suatu tes yang baik adalah apabila digunakan beberapa kali, menunjukkan hasil yang relatif sama. Pernyataan ini menunjukkan persyaratan tentang butir soal yang baik dilihat dari segi ....A. validitasB. reliabilitasC. capabilitasD. crediibilitas38. Kaitan antara validitas dan reliabilitas yang dapat menunjukkan kualitas tes yang baik adalah ….A. tingkat validitas dan reliabilitas tinggiB. tingkat validitas dan reliabilitas rendahC. tingkat validitas tinggi, dan tingkat reliabilitas rendahD. tingkat validitas rendah, tingkat reliabilitas tinggi39. Reliabilitas suatu tes dapat ditingkatkan dengan cara ....A. menambah jumlah butir soal semaksimal mungkinC. mengurangi jumlah butir soal yang dianggap jelekD. mengganti soal-soal yang dianggap jelek40. Reliabilitas suatu tes yang terdiri dari 40 butir soal adalah 0,45. Setelah ditambah dengan 20 butir soal yang homogen, maka tingkat reliabilitasnya akan menjadi ....A. 0,51B. 0,53C. 0,55D. 0,6741. Dengan melakukan analisis butir soal , kemampuan guru dalam menulis soal akan meningkat, karena mereka terlatih dalam melakukan ....A. perhitungan skorB. perhitungan koefisienC. penulisan butir soalD. perbaikan butir soal.42. Berikut ini adalah data tentang jawaban siswa pada suatu butir soal
Dari tabel tersebut, angka yang menunjukkan tingkat kesukaran butir soal adalah …A. 0,40B. 0,50C. 0,70D. 1,0043. Dalam menjawab butir soal nomor 5, 7 dari siswa kelompok atas menjawab benar dan hanya 2 dari 10 siswa kelompok bawah yang menjawab benar. Daya beda butir soal tersebut adalah ….A. 0,20B. 0,50.C. 0,70D. 0,8044. Berikut ini adalah data jawaban siswa dari butir soal no. 3.
Dari data di atas, maka butir soal tersebut perlu direvisi pada ….A. pokok soalB. kunci jawabanC. option BD. option C45. Seorang guru melakukan tes untuk mengetahui kompetensi yang telah atau belum dikuasai siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan penilaian kelas, yaitu ....B. pengecekanC. pencarianD. penyimpulan46. Jika diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 3 dari 8 soal yang diberikan hampir semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar, maka tindakan guru yang sebaiknya dilakukan adalah ….A. melanjutkan ke pokok bahasan berikutnyaB. menjelaskan kembali seluruh materi pelajaranC. menjelaskan kembali materi yang belum difahami siswaD. melakukan pembelajaran remidi terhadap siswa yang menjawab salah47. Besarnya angka yang dapat menunjukkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) pada suatu mata pelajaran tertentu ditetapkan berdasarkan ....A. kebijakan pemerintah daerah setempat.B. keputusan pemerintah pusatC. keputusan kepala sekolahD. keputusan komite sekolah48. Perhatikan tabel berikut yang menunjukkan nilai ujian yang diperoleh Nana.
Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Nana …A. lulus karena jumlah nilai yang diperoleh lebih tinggi dari SKBMB. lulus karena nilai rata-rata yang diperoleh lebih tinggi dari SKBMC. tidak lulus, karena nilai matematika di bawah SKBMD. tidak lulus, nilai rata-rata diatas SKBM49. Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.A. Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baikB. 3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-testC. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar mengajar.D. melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil pre-test50. Berdasarkan hasil penilaian portofolio, guru lebih mudah melakukan perbaikan dalam pembelajaran, karena dengan penilaian ini ….A. dapat diketahui kemampuan yang belum dikuasai siswaB. data nilai yang terkumpul lebih lengkapC. pelaksanaan penilaian lebih mudahD. nilai yang terkumpul lebih sempurna
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
jawabannya sexalian jeng
BalasHapusAssalamualaikum mba:) boleh minta kunci jawabanya juga gak mba? makasih
BalasHapusAssalamualaikum mba:) boleh minta kunci jawabanya juga gak mba? makasih
BalasHapusTrima kasih ya Mba Yuni .....
BalasHapusKunci jawabannya dikirim juga ya ?