No 1.
a.
Benar, karena merupakan pengertian yang dikemukakan oleh Sunaryo Kartadinata
b.
Salah, karena merupakan pengertian pendidikan yang dikemukakan oleh Tilaar
c.
Salah, karena merupakan pengertian pendidikan yang dikemukakan oleh G. Thompson
d.
Salah, karena merupakan pengertian pendidikan yang dikemukakan oleh Crow and
Crow
No 2.
a.
Salah, karena tingkat perkembangan setiap anak berbeda
b.
Salah, karena hal tersebut bukan merupakan tujuan utama pendidikan di SD
c.
Salah, karena hal tersebut bukan merupakan tujuan utama pendidikan di SD
d.
Benar, karena merupakan tujuan pendidikan di SD
No 3.
a.
Salah, karena merupakan fungsi pendidikan di SD sebagai proses pembentukan
pribadi
b.
Benar, karena merupakan fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan
warga masyarakat dan warga Negara
c.
Salah, karena merupakan fungsi pendidikan di SD dalam rangka proses
transformasi budaya
d.
Salah, karena merupakan fungsi pendidikan di SD dalam rangka proses penyiapan
tenaga kerja
No 4.
a.
Salah, karena merupakan prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh Sayidiman
b.
Benar, karena merupakan prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh Sunaryo
Kartadinata
c.
Salah, karena merupakan prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh Abin
Syamsuddin Makmun
d.
Salah, karena merupakan prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh Abin
Syamsuddin Makmun
No 5.
a.
Salah, karena merupakan contoh perkembangan kognitif anak pada tahap
praoperasional
b.
Salah, karena merupakan contoh perkembangan kognitif anak pada tahap
operasional konkrit
c.
Salah, karena merupakan contoh perkembangan kognitif anak pada tahap formal
operasional
d.
Benar, karena merupakan contoh perkembangan kognitif anak pada tahap
sensorimotor
No 6.
a.
Salah, karena merupakan pengertian bakat yang dikemukakan oleh Sarwono
b.
Benar, karena merupakan pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar
c.
Salah, karena bukan merupakan pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami
Munandar
d.
Salah, karena bukan merupakan pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami
Munandar
No 7.
a.
Salah, karena faktor dalam diri anak berkaitan dengan keadaan fisik dan psikis
anak
b.
Benar, karena minat anak merupakan faktor dalam diri anak yang menentukan
perwujudan bakat
c.
Salah, karena dukungan masyarakat bukan merupakan faktor dalam diri anak
d.
Salah, karena minat orang tua bukan merupakan faktor dalam diri anak
No 8.
a.
Salah, karena bukan merupakan contoh kreativitas
b.
Salah, karena merupakan contoh keberanian yang dimiliki oleh anak SD
c.
Benar, karena merupakan contoh kreativitas
d.
Salah, karena merupakan contoh bakat
No 9.
a.
Salah, karena tidak semua orang yang tingkat intelegensinya tinggi adalah orang
yang kreatif
b.
Salah, karena kreativitas berkaitan erat dengan intelegensi, maka orang yang
intelegensinya rendah biasanya tidak kreatif
c.
Salah, karena orang yang intelegensinya biasa-biasa saja juga dapat kreatif
d.
Benar, karena orang yang kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensi
yang tinggi
No 10.
a.
Salah, karena pemikiran konvergen biasanya menuntut siswa untuk menyelesaikan
permasalahan melalui satu jawaban yang benar
b.
Benar, karena dengan menggabungkan antara pemikiran konvergen dengan
divergen, siswa akan lebih terasah untuk mencari alternatif jawaban terhadap
suatu persoalan
c.
Salah, karena masalah kelompok hendaknya dipecahkan bersama dengan cara duduk
berkelompok
d.
Salah, karena hendaknya guru memberikan pertanyaan terbuka pada siswa sehingga
didapat berbagai jawaban alternative
No 11.
a.
Benar, karena merupakan pengertian kecerdasan emosional
b.
Salah, karena merupakan pengertian kecerdasan intelektual
c.
Salah, karena merupakan penjelasan tentang kecerdasan intelektual
d.
Salah, karena bukan merupakan pengertian kecerdasan emosional
No 12.
a.
Benar, karena merupakan cara memotivasi diri sendiri
b.
Salah, karena merupakan cara untuk mengendalikan hubungan dengan orang lain
c.
Salah, karena merupakan cara pengendalian emosi
d.
Salah, karena merupakan cara untuk mengenali emosi orang lain
No 13.
a.
Salah, karena merupakan ciri pada tahap konvensional
b.
Salah, karena merupakan ciri pada tahap konvensional
c.
Salah, karena merupakan ciri pada tahap pascakonvensional
d.
Benar, karena merupakan ciri pada tahap prakonvensional
No 14.
a.
Salah, karena bukan merupakan kebutuhan anak untuk merasa aman
b.
Salah, karena bukan merupakan kebutuhan anak untuk merasa aman
c.
Salah, karena bukan merupakan kebutuhan anak untuk merasa aman
d.
Benar, karena merupakan kebutuhan anak untuk merasa aman
No 15.
a.
Salah, karena hal tersebut bukan merupakan hal penting dari disiplin dalam
bentuk penghargaan
b.
Salah, karena hal tersebut bukan merupakan hal penting dari disiplin dalam
bentuk hukuman
c.
Benar, karena hal tersebut merupakan hal penting dari disiplin sebagai alat
untuk membentuk moral
d.
Salah, karena hal tersebut bukan merupakan hal penting dari disiplin dalam
bentuk konsistensi
No 16.
a.
Salah, karena hukuman yang diberikan terlalu sering dapat berakibat negatif
pada anak
b.
Benar, karena hendaknya orang tua menjelaskan alasan mengapa anak diberikan
hukuman
c.
Salah, karena hukuman fisik tidak terlalu efektif
d.
Salah, karena hukuman dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu tidak
terlalu efektif
No 17.
a.
Salah, karena jika tanpa dijelaskan manfaat berdoa, anak hanya akan menghafal
doa saja tanpa mengetahui maknanya
b.
Salah, karena beribadah juga harus disertai penjelasan mengenai manfaat dan
tata cara beribadahnya
c.
Salah, karena anak hanya mengetahui tetapi belum tentu memahami makna hari
besar keagamaan tersebut
d.
Benar, karena anak dijelaskan tentang manfaat dari berdoa
No 18.
a.
Salah, karena merupakan makna dari perkembangan sosial melalui belajar untuk
bertingkah laku sesuai dengan cara/norma yang berlaku
b.
Salah, karena merupakan makna dari mengembangkan sikap-sikap social
c.
Benar, karena merupakan makna dari bermain sesuai dengan peran sosial yang
diharapkan
d.
Salah, karena merupakan makna dari mengembangkan sikap-sikap social
No 19.
a.
Benar, karena merupakan salah satu karakteristik kelompok teman sebaya yang
tujuannya untuk menjaga kerahasiaan kelompok
b.
Salah, karena biasanya kelompok sebaya mengadakan pertemuan di tempat-tempat
tertentu
c.
Salah, karena jumlah anggota kelompok tidak dibatasi oleh jumlah
d.
Salah, karena biasanya anggota kelompok sebaya menggunakan bahasa sandi dalam
berkomunikasi
No 20.
a.
Salah, karena merupakan hal-hal yang diterima maupun tidak diterima secara
social
b.
Salah, karena merupakan pola perilaku yang terlalu peka/sensitive
c.
Benar, karena merupakan pola perilaku diskriminasi social
Salah, karena merupakan pola perilaku kesadaran social
No 21.
a.
Salah, karena merupakan faktor yang mempengaruhi peran gender anak usia SD dari
segi pengaruh kelompok sebaya
b.
Salah, karena merupakan faktor yang mempengaruhi peran gender anak usia SD dari
segi pengaruh sekolah dan guru
c.
Salah, karena merupakan faktor yang mempengaruhi peran gender anak usia SD dari
segi pengaruh media massa
d.
Benar, karena merupakan faktor yang mempengaruhi peran gender anak usia SD
dari segi pengaruh orang tua
No 22.
a.
Salah, karena bukan merupakan cirri-ciri anak yang mengalami obesitas
b.
Benar, karena merupakan cirri-ciri anak yang mengalami malnutrisi
c.
Salah, karena bukan merupakan cirri-ciri anak yang kekurangan makanan
d.
Salah, karena bukan merupakan cirri-ciri anak yang mengalami kekurangan waktu
istirahat
No 23.
a.
Benar, karena kekurangan gizi menghasilkan masalah emosionalitas pada anak
b.
Salah, karena sulit berkonsentrasi mengikuti pelajaran merupakan akibat
kekurangan gizi terhadap perkembangan intelegensi anak
c.
Salah, karena sulit berkonsentrasi mengikuti pelajaran merupakan akibat
kekurangan gizi terhadap perkembangan intelegensi anak
d.
Salah, karena terhambatnya pertumbuhan otak merupakan akibat kekurangan gizi
terhadap perkembangan intelegensi anak
No 24.
a.
Salah, karena kebutuhan fisik bukan merupakan kebutuhan aktualisasi diri
b.
Benar, karena terpenuhinya kebutuhan aktualisasi diri ditandai dengan
keadaan dimana manusia mampu menggunakan seluruh bakat dan potensinya serta
tidak ada kepribadian yang menyimpang
c.
Salah, karena kebutuhan fisik bukan merupakan kebutuhan aktualisasi diri
d.
Salah, karena rasa aman bukan merupakan aktualisasi diri
No 25.
a.
Salah, karena contoh A bukan merupakan contoh aktualisasi diri
b.
Salah, karena contoh B bukan merupakan contoh aktualisasi diri
c.
Benar, karena contoh C tesebut merupakan contoh aktualisasi diri
d.
Salah, karena contoh D bukan merupakan contoh aktualisasi diri
No 26.
a.
Benar, karena merupakan motivasi intrinsik berupa tantangan
b.
Salah, karena bukan merupakan motivasi intrinsik berupa rasa ingin tahu
c.
Salah, karena bukan merupakan motivasi intrinsik berupa control
d.
Salah, karena bukan merupakan motivasi intrinsik berupa fantasi
No 27.
a.
Salah, karena merupakan definisi belajar menurut Anita E. Woolfolk
b.
Benar, karena merupakan definisi belajar menurut Santrock dan Yusen
c.
Salah, karena merupakan definisi belajar menurut Abin Syamsuddin
d.
Salah, karena merupakan definisi belajar menurut Anita E. Woolfolk
No 28.
a.
Salah, karena yang bukan merupakan prinsip belajar adalah belajar hanya dapat
dilakukan secara individual dan tidak kompetitif
b.
Salah, karena yang bukan merupakan prinsip belajar adalah belajar hanya dapat
dilakukan secara individual dan tidak kompetitif
c.
Benar, karena hal tersebut merupakan prinsip belajar
d.
Salah, karena yang merupakan prinsip belajar adalah belajar tidak hanya dapat
dilakukan secara individual dan kompetitif, tetapi juga kooperatif
No 29.
A.
Salah, karena merupakan faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak
di sekolah dari segi input (raw input)
B.
Benar, karena merupakan faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar
anak di sekolah dari segi proses
C.
Salah, karena merupakan faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak
di sekolah dari segi output
D.
Salah, karena merupakan faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak
di sekolah dari segi input (instrumental input)
No 30.
a.
Salah, karena bukan merupakan contoh indikator kesulitan belajar anak
b.
Salah, karena bukan merupakan contoh indikator kesulitan belajar anak
c.
Benar, karena merupakan contoh indikator kesulitan belajar anak
d.
Salah, karena bukan merupakan contoh indikator kesulitan belajar anak
No 31.
a.
Salah, karena merupakan fungsi eksplanasi
b.
Salah, karena merupakan fungsi penelitian dan pengembangan
c.
Salah, karena merupakan fungsi prediksi
d.
Benar, karena merupakan fungsi deskripsi
No 32.
a.
Benar, karena merupakan hakikat belajar menurut eksperiential learning
b.
Salah karena merupakan hakikat belajar menurut multiple intelligence
c.
Salah karena merupakan hakikat belajar menurut multiple intelligence
d.
Salah karena merupakan hakikat belajar menurut multiple intelligence
No 33.
a.
Salah, karena kecerdasan interpersonal merupakan kecerdasan mengenali suasana
hati orang lain
b.
Salah, karena kecerdasan kinestetik merupakan kemampuan menggunakan anggota
tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan dan menggunakan tangan untuk
mentransformasikan sesuatu
c.
Salah, karena kecerdasan matematika-logika merupakan kapasistas angka secara
efektif
d.
Benar, karena kecerdasan intrapersonal merupakan pengetahuan tentang diri
dan bertindak secara adaptif atas dasar pengetahuan
No 34.
a.
Salah, karena merupakan pengembangan pendidikan secara horizontal
b.
Benar, karena merupakan pengembangan pendidikan secara vertical
c.
Salah, karena merupakan pengembangan pendidikan secara horizontal
d.
Salah, karena merupakan pengembangan pendidikan secara horizontal
No 35.
a.
Salah, karena termasuk kedalam tiga hubungan yang perlu dijalin dalam rangka
inovasi pendidikan
b.
Salah, karena termasuk kedalam tiga hubungan yang perlu dijalin dalam rangka
inovasi pendidikan
c.
Benar, karena tidak termasuk kedalam tiga hubungan yang perlu dijalin dalam
rangka inovasi pendidikan
d.
Salah, karena termasuk kedalam tiga hubungan yang perlu dijalin dalam rangka
inovasi pendidikan
No 36.
a.
Benar, karena contoh A merupakan penerapan inovasi di SD
b.
Salah, karena contoh B bukan merupakan penerapan inovasi di SD
c.
Salah, karena contoh C bukan merupakan penerapan inovasi di SD
d.
Salah, karena contoh D bukan merupakan penerapan inovasi di SD
No 37.
a.
Salah, karena merupakan pengertian kewajiban
b.
Salah, karena merupakan pengertian kewajiban
c.
Salah, karena merupakan pengertian konvensi
d.
Benar, karena merupakan pengertian hak
No 38.
a.
Salah, karena bukan merupakan hak anak yang dikemukakan oleh Jebb
b.
Benar, karena merupakan hak anak yang dikemukakan oleh Jebb
c.
Salah, karena bukan merupakan hak anak yang dikemukakan oleh Jebb
d.
Salah, karena bukan merupakan hak anak yang dikemukakan oleh Jebb
No 39.
a.
Salah, karena kategori tersebut bukan berdasarkan pihak yang berkewajiban
melaksanakan konvensi hak anak
b.
Salah, karena kategori tersebut bukan berdasarkan konvensi induk hak asasi
manusia
c.
Benar, karena kategori tersebut berdasarkan komite hak anak PBB
d.
Salah, karena kategori tersebut bukan berdasarkan cakupan hak yang terkandung
dalam konvensi hak anak
No 40.
a.
Benar, karena merupakan contoh hak anak untuk mendapatperlindungan dari
segala bentuk kekerasan
b.
Salah, karena merupakan contoh hak anak untuk peninjauan kembali secara periodik
perlakuan terhadapnya
c.
Salah, karena merupakan contoh hak anak yang berkaitan dengan pemberantasan
pemindahan gelap anak ke luar negeri
d.
Salah, karena merupakan contoh hak anak yang berkaitan dengan adopsi
No 41.
a.
Salah, karena bukan merupakan butir pada pasal 27
b.
Benar, karena merupakan butir pada pasal 28
c.
Salah, karena bukan merupakan butir pada pasal 29
d.
Salah, karena bukan merupakan butir pada pasal 31
No 42.
a.
Salah, karena merupakan kegiatan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan
b.
Salah, karena merupakan kegiatan rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan
c.
Salah, karena merupakan kegiatan perluasan akses pendidikan wajib belajar pada
jalur nonformal
d.
Benar, karena merupakan kegiatan pendanaan biaya operasi wajar
No 43.
a.
Salah, karena bukan merupakan contoh praktek pendidikan yang melindungi hak
anak
b.
Benar, karena merupakan contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak
c.
Salah, karena bukan merupakan contoh praktek pendidikan yang melindungi hak
anak
d.
Salah, karena bukan merupakan contoh praktek pendidikan yang melindungi hak
anak
No 44.
a.
Benar, karena merupakan kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap
manusia
b.
Salah, karena merupakan kesadaran akan perlunya sistem pelayanan kependidikan
lainnya yang berpusat pada anak
c.
Salah, karena merupakan kesadaran akan perlunya penerapan konsep demokrasi
dalam pendidikan secara tepat
d.
Salah, karena merupakan kesadaran akan permasalahan yang dihadapi oleh individu
dalam kehidupan masyarakat yang senantiasa berubah dan berkembang
No 45.
a.
Salah, karena merupakan peran guru dalam melaksanakan pengajaran sesuai dengan
kebutuhan anak
b.
Salah, karena merupakan peran guru dalam memberi kemudahan bagi pertumbuhan dan
perkembangan anak di lingkungan sekolah
c.
Benar, karena merupakan peran guru dalam mengumpulkan data dan informasi
tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya
d.
Salah, karena merupakan peran guru dalam melengkapi rencana-rencana yang telah
dirumuskan oleh anak bersama guru
No 46.
a.
Salah, karena merupakan peran orang tua dalam hal memberi bantuan dan dukungan
yang dibutuhkan oleh anak
b.
Benar, karena merupakan peran orang tua dalam hal memberi ganjaran atau
balikan kepada anak
c.
Salah, karena merupakan peran orang tua dalam hal mengembangkan kebiasaan
belajar yang baik
d.
Salah, karena merupakan peran orang tua dalam hal menerima dan menghargai
individualitas anak
No 47.
a.
Benar, karena merupakan perangkat informasi
b.
Salah, karena merupakan perangkat pengumpul data
c.
Salah, karena merupakan perangkat teknis administrasi
d.
Salah, karena merupakan perangkat penyimpan data
No 48.
a.
Salah, karena bukan merupakan tujuan dan karakteristik SD
b.
Salah, karena bukan merupakan tujuan dan karakteristik SD
c.
Salah, karena bukan merupakan tujuan dan karakteristik SD
d.
Benar, karena merupakan tujuan dan karakteristik SD
No 49.
a.
Salah, karena merupakan bentuk bimbingan perencanaan individual
b.
Benar, karena merupakan bentuk kerja sama
c.
Salah, karena merupakan bentuk bimbingan responsive
d.
Salah, karena merupakan bentuk layanan penempatan dan penyaluran dalam kelas
unggulan
No 50.
a.
Salah, karena bukan merupakan prinsip evaluasi program bimbingan konseling
menurut Gibson dan Mitchell
b.
Salah, karena bukan merupakan prinsip evaluasi program bimbingan konseling
menurut Gibson dan Mitchell
c.
Benar, karena merupakan prinsip evaluasi program bimbingan konseling menurut
Gibson dan Mitchell
d.
Salah, karena bukan merupakan prinsip evaluasi program bimbingan konseling
menurut Gibson dan Mitchell
makasih...
BalasHapusSama"..
BalasHapus