1. Sunaryo Kartadinata mengemukakan bahwa pendidikan SD
adalah....
A.
proses membawa manusia dari apa adanya kepada bagaimana seharusnya
B.
suatu proses menumbuhkembangkan eksistensi peserta didik yang memasyarakat dan
membudaya dalam tata kehidupan yang berdimensi lokal, nasional, dan global
C.
pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan yang tetap di
dalam kebiasaan, pemikiran, sikap, dan tingkah laku
D.
pemberian informasi pengetahuan dan pembentukan keterampilan yang meliputi
usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan dan kemampuan individu sehingga
tercapai pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan
2. Salah satu tujuan pendidikan di SD adalah memberikan
kemampuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai
tingkat perkembangannya, yakni dengan cara....
A.
memberikan materi yang sama kepada seluruh siswa, karena tingkat perkembangan
setiap siswa sama
B.
menyiapkan anak dengan berbagai pengetahuan agar bisa diterima oleh masyarakat
C.
memberikan dasar-dasar pengetahuan membaca, menulis, dan membaca agar anak
tidak dianggap bodoh oleh masyarakat
D.
menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial
sehingga memiliki kemampuan belajar yang berorientasi pada pemahaman dan
pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah
3. Fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga
masyarakat dan warga negara adalah....
A.
membentuk dan meningkatkan kualitas kepribadian individu menjadi kreatif,
mandiri, tanggung jawab, ulet, dan tekun
B.
membentuk siswa menjadi warga yang baik sesuai dengan tujuan dan falsafah
bangsa serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan hukum yang berlaku
C.
mewariskan budaya dari generasi satu ke generasi berikutnya
D.
memberi berbagai kemampuan, sikap, serta keterampilan kepada siswa untuk
menjadi manusia yang produktif bagi kehidupan dirinya
4. Salah satu prinsip pendidikan di SD menurut Sunaryo
Kartadinata adalah....
A.
inti dari budaya pendidikan di Era Indonesia Baru adalah terwujudnya pendidikan
yang menempatkan anak didik sebagai titik sentral
B.
perkembangan adalah proses yang tak pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan
atau belajar merupakan proses sepanjang hayat
C.
setiap pendidikan dan proses pembelajaran pada khususnya akan selalu berhadapan
dengan individu yang sedang berkembang
D.
prinsip dan hukum-hukum perkembangan individu harus menjadi titik tolak
pendidikan
5. Contoh perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan
tahap sensorimotor menurut Piaget adalah anak mampu untuk....
A.
meniru perilaku orang yang berada di sekelilingnya
B.
mengurutkan cerita sesuai kejadian
C.
mencari penyelesaian masalah setelah menganalisis dan membuat hipotesis
sederhana
D.
mengambil, memutar, menjatuhkan, dan melempar mainannya
6. Pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar
adalah....
A.
kondisi di dalam diri seseorang yang memungkinkannya mencapai kecakapan,
pengetahuan dan keterampilan khusus
B.
kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar
dapat terwujud
C.
kemampuan untuk melakukan suatu tugas tanpa tergantung pada banyak latihan
D.
kondisi dimana kemampuan sesorang muncul akibat latihan terus menerus
7. Salah satu faktor yang dapat menentukan perwujudan
bakat adalah faktor dalam diri anak, yaitu keadaan yang berkaitan dengan....
A.
dukungan keluarga
B.
minat anak
C.
dukungan masyarakat
D.
minat orang tua
8. Contoh kreativitas yang biasa ditemukan pada anak SD
adalah....
A.
Adi dapat menyusun puzzle yang terdiri dari 8 keping
B.
Chika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan kelas
C.
Tony mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk lain
D.
Desi mampu menyebutkan nama-nama binatang dalam bahasa Inggris
9. Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat
dilihat melalui hal berikut, yaitu orang yang....
A.
tingkat intelegensinya tinggi pasti kreatif
B.
tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif
C.
kreatif harus memiliki tingkat intelegensi yang tinggi
D.
kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensia yang tinggi
10. Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan
melalui....
A.
memberikan pertanyaan yang mengembangkan kemampuan berpikir konvergen
B.
menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
C.
meminta anak untuk memecahkan masalah kelompok di tempat duduk masing-masing
D.
mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa
.
11. Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang
diungkapkan oleh Goleman (1998) adalah....
A.
kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi
diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita
dengan orang lain
B.
dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk beradaptasi dengan
lingkungannya
C.
aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan,
keharmonisan, serta hubungan antara suatu proses pemikiran dengan lingkungan
D.
kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sebenarnya dengan cara
menahan diri kita
12. Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan
oleh Goleman adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....
A.
mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong
dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
B.
menjaga hubungan dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang serta
mengendalikannya
C.
mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang dapat mengganggu stabilitas
kehidupan seseorang agar dapat mencapai keseimbangan
D.
membaca tanda-tanda non verbal dan mengerti perasaan dan emosi orang lain
sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan orang
lain
13. Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan moral
anak berada pada tahap prakonvensional adalah anak....
A.
yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan hubungan yang baik
dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baik
B.
cenderung berperilaku dengan cara mengatur permintaan sosial
C.
cenderung berdasarkan penilaian atas berbagai situasi dan masyarakat
D.
menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku berdasarkan
konsekuensinya
14. Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui
disiplin adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....
A.
melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosial
B.
anak akan mengembangkan kata hatinya dalam membuat keputusan
C.
anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola perilaku
lain tidak diterima
D.
melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
15. Pengajaran tentang hal yang baik dan buruk serta
alasan mengapa pola perilaku diterima sementara yang lain tidak diterima
sehingga anak memiliki konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari
disiplin yang dikemukakan oleh Hurlock, yaitu....
A.
penghargaan
B.
hukuman
C.
alat untuk membentuk moral
D.
konsistensi
16. Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan
disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman....
A.
setiap kali anak melakukan kesalahan
B.
disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
C.
fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi
D.
dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu
17. Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi
anak usia SD dengan cara....
A.
memberikan hafalan doa harian kepada anak
B.
menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing
C.
memperkenalkan berbagai hari besar keagamaan kepada anak
D.
meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha
Kuasa
18. Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan
melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Makna dari
pernyataan ini adalah untuk....
A.
membuat anak mengerti mengenai perilaku yang diterima dan ditolak oleh
lingkungan sosialnya
B.
melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosial
C.
melatih anak mempunyai peran dan memahami peran yang ada di lingkungan
sekitarnya
D.
membuat anak memiliki penyesuaian diri dan diterima sebagai anggota kelompok
sosialnya
19. Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa
usia SD menurut Hurlock adalah....
A.
acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
B.
kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di tempat umum
C.
anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebih
D.
menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi
20. Salah satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak
dari lingkungan kelompok sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....
A.
anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknya
B.
kecenderungan anak untuk mudah merasa sakit hati dan mengartikan apa yang
dilakukan orang lain sebagai permusuhan
C.
kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan suatu
tanda-tanda tertentu
D.
kemampuan untuk memahami arti dari situasi social
21. Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia
SD dari segi orang tua dapat terlihat melalui....
A.
mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan jenis
kelaminnya
B.
keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran matematika dan
atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni
C.
penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang laki-laki yang lebih banyakdi
bidang olah raga
D.
perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada
anak perempuan
22. Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan kurang,
koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di
sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....
A.
obesitas
B.
malnutrisi
C.
kekurangan makanan
D.
kekurangan waktu istirahat
23. Berikut ini yang merupakan akibat dari kekurangan gizi
terhadap perkembangan emosional anak, yaitu....
A.
kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel atau mudah marah
B.
kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu
C.
anak yang kurang gizi akan menjadi sulit berkonsentrasi mengikuti pelajaran
D.
kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan otak
24. Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan
berada pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini
ditandai dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....
A.
terpenuhinya kebutuhan fisik
B.
dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya
C.
meningkatkan harga diri
D.
terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman
25. Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan
aktualisasi diri pada anak SD adalah....
A.
Tania selalu diantar dan dijemput oleh ibunya ke sekolah
B.
Fery merupakan anak yang lambat dalam belajar
C.
Tasya merupakan salah satu anak yang sangat berbakat di bidang seni
D.
Kenzo tidak mau pergi ke sekolah karena selalu diganggu oleh kakak kelasnya
26. Siswa diberikan tugas-tugas yang dapat menantang
keterampilan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten, merupakan
salah satu motivasi intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa....
A.
tantangan
B.
rasa ingin tahu
C.
kontrol
D.
fantasi
27. Pengertian belajar yang dikemukakan oleh Santrock dan
Yusen adalah....
A.
perubahan perilaku akibat suatu pengalaman tertentu
B.
proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku dan pribadi
C.
perubahan tingkah laku yang relatif permanen yang terjadi karena pengalaman
D.
pengalaman yang menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang
relatif permanen pada seseorang
28. Berikut ini merupakan prinsip-prinsip belajar,
yaitu....
A.
belajar dapat membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia utuh
B.
belajar sebagai proses terpadu harus memposisikan anak sebagai titik sentral
C.
aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus membuat anak terlibat sepenuh hati
D.
belajar hanya dapat dilakukan secara individual dan tidak kompetitif
29. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil
belajar anak dari segi proses adalah....
A.
masukan dasar yang menggambarkan kondisi individual anak dengan segala karakteristik
fisik dan psikisnya
B.
interaksi antara masukan dasar, masukan instrumental, dan masukan lingkungan
terhadap aktivitas belajar anak
C.
perubahan tingkah laku yang diharapkan terjadi pada anak setelah anak melakukan
aktivitas belajar
D.
masukan instrumental yang mencakup guru, kurikulum, materi dan metode, serta
sarana dan fasilitas
30. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kesulitan
belajar anak yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....
A.
Joni mendapat nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika
B.
Danisa tidak mampu menyelesaikan soal perkalian karena pada saat guru
menjelaskan, Danisa tidak masukkarena sakit
C.
Indah selalu lambat dan tertinggal oleh teman-temannya dalam mengerjakan
tugas-tugas belajar di kelas
D.
Septi tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia karena sedang mengikuti
perlombaan menyanyi mewakili sekolahnya
31. Salah satu fungsi pendekatan pembelajaran bagi guru
yang dikemukakan oleh Sarwono adalah fungsi deskripsi, yaitu suatu teori
harus....
A.
memberikan penjelasan tentang suatu fenomena yang kompleks menjadi penjelasan
yang rasional dan mudah dipahami
B.
menguji fenomena terkini dan mengembangkan teori yang baru
C.
dapat memperkirakan terjadinya sesuatu atas dasar peristiwa sebelumnya
D.
menggambarkan sesuatu yang terjadi dalam lingkungan apa adanya, tanpa
dibuat-buat
32. Hakikat belajar menurut eksperiential learning
adalah....
A.
proses pembelajaran dimana anak berinteraksi secara langsung dengan realitas
yang dipelajarinya
B.
kemampuan memanipulasi struktur atau bunyi bahasa
C.
kepekaan terhadap logika, kausalitas, fungsi, dan abstraksi
D.
kemampuan mengamati ruang dan visual secara akurat serta melakukan transformasi
terhadap persepsi
33. Dewi mampu mengenali suasana hatinya dan mampu
beradaptasi ketika berada pada lingkungan baru. Hal ini merupakan contoh
penerapan multiple intelligence di SD, yaitu kecerdasan....
A.
interpersonal
B.
kinestetik
C.
Matematika-logika
D.
intrapersonal
34. Salah satu bentuk pengembangan pendidikan SD secara
vertikal adalah....
A.
program pendidikan khusus bagi rumpun sekolah dasar luar biasa
B.
pengembangan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan
C.
upaya penampungan anak-anak yang putus sekolah
D.
model pendidikan yang terintegrasi
35. Di dalam prinsip perencanaan inovasi pendidikan,
terdapat tiga jenis hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi
pendidikan, yaitu kecuali hubungan....
A.
reaktif
B.
proaktif
C.
responsif
D.
interaktif
36. Berikut merupakan contoh penerapan inovasi di SD,
yaitu....
A.
mengembangkan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk mata pelajaran IPA
B.
menggunakan alternative fasilitas belajar
C.
mengembangkan media yang mahal
D.
mengajukan bantuan biaya pengadaan sarana dan prasarana ke pemerintah
37. Yang dimaksud dengan hak dalam konvensi hak anak
adalah....
A.
sesuatu yang harus dipenuhi oleh seseorang
B.
tugas dan tanggung jawab terhadap pihak lain
C.
perjanjian yang mengikat secara yuridis
D.
sesuatu yang melekat pada diri seseorang semenjak lahir
38. Salah satu hak anak yang dikemukakan oleh Jebb dalam
buku “Sosialisasi Hak Anak – Internasional” adalah hak anak untuk....
A.
mengemukakan pendapat
B.
dilindungi tanpa mempertimbangkan ras, kewarganegaraan atau kebangsaannya
C.
mendapat perawatan jasmani dan rohani yang memadai
D.
berkembang dengan baik secara fisik dan psikologis
39. Kategori konvensi hak anak yang terdiri dari
langkah-langkah implementasi umum; definisi anak; prinsip-prinsip umum; hak
sipil dan kemerdekaan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan
dan kesejahteraan dasar; pendidikan, waktu luang, dan kegiatan budaya; serta
langkah-langkah perlindungan khusus, merupakan cara untuk mengkategorisasikan
konvensi hak anak berdasarkan....
A.
pihak yang berkewajiban melaksanakan konvensi hak anak
B.
konvensi induk hak asasi manusia
C.
komite hak anak PBB
D.
cakupan hak yang terkandung dalam konvensi hak anak
40. Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman
Perlindungan Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan,
contohnya....
A.
Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif,
administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran
atau eksploitasi serta perlakuan salah
B.
Pasal 25 yang meminta agar dilakukan peninjauan kembali secara periodic
perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan penguasa untuk tujuan
pengasuhan, perlindungan atau perawatan kesehatan fisik dan mentalnya
C.
Pasal 11 tentang Negara yang meratifikasi konvensi hak anak mempunyai kewajiban
untuk mencegah anak agat tidak dibawa secara tidak sah keluar negaranya atau
ditahan di luar yurisdiksi negaranya
D.
Pasal 21 yang membahas tentang hak anak yang diadopsi di Negara-negara yang
membolehkan adopsi
41. Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan
dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar wajib dan
tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir
konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....
A.
27
B.
28
C.
29
D.
31
42. Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap
wajib pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan
biaya operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....
A.
gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan belajar lainnya
B.
tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap jenjang
pendidikan
C.
pendidikan nonformal bagi yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti
pendidikan setara SD maupun SMP
D.
dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang
SMA
43. Salah satu contoh praktek pendidikan yang melindungi
hak anak adalah....
A.
Ibu Tati tidak menggunakan media karena tidak ada dana untuk pengadaan media
pembelajaran
B.
Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh
pendidikan
C.
Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah
karena ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramuka
D.
Darti berhasil menjadi juara kelas karena orang tuanya banyak menyumbang untuk
sekolah
44. Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang
perlunya bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan
individual di antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....
A.
guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik
masing-masing siswa
B.
penataan kembali strategi dan prosedur pengajaran di kelas yang berpusat pada
siswa, baik dari segi materi maupun metode penyampaiannya C. pencapaian
kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa D. guru hendaknya
membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
C.
pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa
D.
guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
45. Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di
sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam
kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....
A.
berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswa
B.
memberi tugas belajar secara terarah dan memberi balikan terhadap hasil belajar
siswa
C.
berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang
perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu
D.
bekerja sama dengan anak dalam membuat rencana-rencana tertentu yang positif
bagi perkembangan anak
46. Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah
dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
A.
memberi bantuan atau dukungan ketika anak mengalami kesulitan dalam kegiatan
belajar ataupun kegiatan sosialnya
B.
memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak
tidak berhasil
C.
memberikan contoh konkret dan tantangan positif pada anak
D.
memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat
47. Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program
layanan bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa....
A.
buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
B.
format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isian
C.
buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat panggilan orang
tua atau wali
D.
buku pribadi dan map siswa
48. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan
program bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan
karakteristik SD adalah....
A.
menyediakan pengalaman belajar yang tepat bagi kebutuhan dasar dan perkembangan
anak SD
B.
mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru lain
C.
pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan tugas perkembangan secara efektif
D.
cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD
kelas rendah
49. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari
segi kerja sama dapat terlaksana melalui....
A.
penginterpretasian data hasil tes, aktivitas pengembangan karir dan membantu
menemukan kursus
B.
menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
C.
memberikan layanan konsultasi atau nasihat kepada siswa
D.
merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus
tempat diselenggarakan kelas unggulan
50. Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan
konseling di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
A.
mengulangi presentasi
B.
menjelaskan ulang kepada peserta
C.
mencatat perbedaan kesan ini
D.
mengevaluasi kegiatan presentasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar