Jumat, 24 Mei 2013

Kunci Jawaban Ujian Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan PDGK4306



No 1.
a.         salah. Mumford menggolongkan orang belajar kedalam empat golongan.
b.        salah. Belajar baru akan terjadi jika ada interaksi antara individu dan lingkungannya.
c.         salah. Pandangan Honey sama dengan Mumford.
d.        benar. Tahap pengalaman konkret merupakan tahap awal dalam peristiwa belajar.

No 2.
a.        benar. Menugaskan anak untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungannya merupakan contoh membimbing anak belajar aktif.
b.        salah. Menentukan materi pelajaran yaitu materi yang akan diajarkan sesuai dengan kemampuan anak.
c.         salah. Mengidentifikasi kemampuan peserta didik untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dalam proses belajar.
d.        salah. Mengevaluasi proses dan hasil belajar yaitu mengetahui sejauh mana keberhasilan belajar peserta didik.

No 3.
a.         salah. Honey menggolongkan belajar menjadi empat.
b.        benar. John Dewey menjelaskan pendidikan merupakan proses sosial bagi anak untuk menjadi bagian yang aktif.
c.         salah. Mumford menggolongkan belajar menjadi empat
d.        salah. Ausbel bukan merupakan tokoh pendidikan

No 4.
a.         salah. Guru memfasilitasi dalam proses belajar
b.        salah. Guru melindungi peserta didik dalam proses belajar
c.         salah. Guru sebagai pembimbing dalam proses/ kegiatan berdiskusi.
d.        benar. Tugas guru tidak sebagai pemberi hukuman.

No 5.
a.        benar. Vygotsky memandang sosiokultural konstruktivis yang menekankan kemandirian, yaitu untuk menyelesaikan tugas yang kompleks dengan menggunakan media.
b.        salah. Berdasarkan konsep, yaitu belajar yang paling baik adalah berdasarkan konsep
c.         salah. Pemecahan masalah dapat digunakan dalam menunjang metode pengajaran yang menekankan pada pembelajaran kooperatif.
d.        salah. Menunjang pengajaran yang menekankan belajar yang baik dengan orang dewasa dan teman sebaya.

No 6.
a.        benar, yaitu mengetahui tingkat status dan kemampuan belajar siswa saat ini
b.        salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak ada hubungannya dengan soal
c.         salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak ada hubungannya dengan soal.
d.        salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak ada hubungannya dengan soal

No 7.
a.         salah. Pemberian bantuan secara individual antara orang yang memberi bantuan dan yang diberi bantuan
b.        salah. Pemberian bantuan yang dilakukan baik secara individual maupun berkelompok
c.         benar. Memfasilitasi kegiatan yang dilakukan oleh si
d.        salah. Memimpin kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran

No 8.
a.         salah. Arah dan tujuannya memang bukan untuk kepentingan pemerintah.
b.        salah. Bukan kepentingan golongan
c.         salah. Tidak hanya menghilangkan kemiskinan.
d.        benar. Menganggulangi kebodohan dan kemiskinan.

No 9.
a.         salah. Peran guru sebagai pemimpin yang digugu/menjadi contoh bagi siswanya
b.        salah. Peran guru dapat menghasilkan seorang intelektual
c.         salah. Guru dituntut untuk dapat mengembangkan kondisi dan suasana pondok untuk belajar
d.        benar. Peran guru tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik.

No 10.
a.         salah. Menurut Taylor kebudayaan merupakan keteraturan dalam hidup bermasyarakat.
b.        benar. Menurut Tilaar, kebudayaan merupakan satu kesatuan dan bukan jumlah dari bagian-bagian.
c.         salah. Talcott membedakan wujud kebudayaan sebagai suatu sistem gagasan serta konsep-konsep
d.        salah. Selo Sumarjan dan Soelaeman merumuskan kebudayaan sebagai hasil karya

No 11.
a.        benar. Wujud kebudayaan yang merupakan sistem tingkah laku dan tindakan yang berpola
b.        salah. Menjelaskan perbedaan atas tiga gejala kebudayaan
c.         salah. Membedakan wujud kebudayaan sebagai suatu sistem gagasan serta konsep-konsep
d.        salah. Mendefinisikan kebudayaan sebagai satu kesatuan dan bukan jumlah dari konsep-konsep

No 12.
a.         salah. Membedakan wujud kebudayaan sebagai suatu sistem gagasan serta konsep-konsep
b.        salah. Kroeber sama dengan Talcott
c.         salah. J.J. Honingmam menjelaskan perbedaan atas tiga gejala kebudayaan
d.        benar. Pelanggaran terhadap suatu norma yang tidak membawa akibat yang berbeda dalam masyarakat

No 13.
a.         salah. Unsur kebudyaan menjadi empat
b.        salah. Salah satu unsur kebudayaan adalah organisasi ekonomi
c.         benar. Pakaian, perumahan, dan alat rumah tangga merupakan peralatan hidup manusia
d.        salah. Menjelaskan salah satu kebiasaan manusia adalah perwujudan kemauan atau keinginan seseorang untuk berbuat sesuatu.

No 14.
a.        benar. Dilihat dari religi unsur kebudayaan dapat diwujudkan pada saat melakukan upacara keagamaan
b.        salah. Unsur kebudayaan ditinjau dari segi hubungan social
c.         salah. Unsur kebudayaan ditinjau dari segi bahasa
d.        salah. Unsur kebudayaan ditinjau dari segi bahasa.

No 15.
a.        benar. Membiasakan anak berdoa sebelum melakukan kegiatan dan mencuci tangan sebelum makan
b.        salah. Jika ingin lancar harus antri
c.         salah. Cara siswa berpakaian pada waktu mengikuti upacara
d.        salah. Cara siswa bergaul dengan teman/ orang lain baik di rumah maupun di sekolah

No 16.
a.        benar. Peran keluarga adalah pewaris kebudayaan.
b.        salah. Keluarga sebagai suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang hidup bersama untuk suatu periode waktu
c.         salah. Pemelihara fisik dan kesejahteraan anggota keluarga
d.        salah. Anak-anak bukanlah individu yang terisolasi, melainkan lebih merupakan anggota keluarga dimana pendidikan anak-anak di dalamnya berbeda dengan anak-anak di sekolah

No 17.
a.         salah. Adanya proses westernisasi disebabkan masuknya budaya barat dan melupakan budaya sendiri
b.        salah. Memberikan penekanan kepada aspek-aspek tertentu
c.         salah. Sebagai dasar yang mutlak bagi perkembangan kebudayaan dan masa depan
d.        benar. Peranan pendidikan dalam kebudayaan yang mengadakan pembauran antaretnis

No 18.
a.         salah. Proses pendidikan yang dilakukan di luar jalur keluarga
b.        salah. Proses pendidikan yang dilakukan di luar jalur sekolah
c.         benar. Proses kebudayaan yang dilakukan secara temporer, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan
d.        salah. Terdapat lapisan-lapisan masyarakat. Misalnya pemimpin rakyat dan orang tua anak

No 19.
a.         salah. Pendidikan sebagai sistem merupakan sistem terbuka yang senantiasa berinteraksi dengan lingkungannya
b.        salah. Mengutamakan penciptaan dan pemeliharaan konfigurasi komponen-komponen sumber pengaruh secara dinamik.
c.         salah. Pendidikan wahana pemberdayaan bangsa dengan mengutamakan penciptaan dan pemeliharaan konfigurasi komponen-komponen sumber pengaruh secara dinamik
d.        benar. Bahwa manusia dan masyarakat senantiasa berubah, baik perubahan yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan

No 20.
a.         salah. Melakukan penuntasan program wajib belajar pendidikan dasar yang bermutu
b.        salah. Jawaban tidak ada pada pertanyaan/ soal ini
c.         salah. Menciptakan sistem, iklim, dan proses pendidikan yang demokratis dan mengutamakan mutu
d.        benar. Melakukan pembudayaan dan pemberdayaan sistem, iklim, dan proses pendidikan nasional yang demokratis dan mengutamakan mutu dalam perspektif nasional dan global

No 21.
a.        benar. Memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan fasilitas industri untuk praktik
b.        salah. Perluasan dan pemerataan kesempatan untuk memperoleh pendidikan.
c.         salah. Pemberdayaan dan pendayagunaan berbagai institusi
d.        salah. Pendidikan untuk semua

No 22.
a.        benar. Mempunyai manfaat yang dapat diterapkan pada kehidupan
b.        salah. Merupakan bagian dari menumbuhkan kemandirian
c.         salah. Merupakan bagian dari menumbuhkan kemandirian
d.        salah. Merupakan bagian dari menumbuhkan kemandirian

No 23.
a.        benar. Prinsip pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang membahas kegiatan pembelajaran dan diupayakan memiliki nilai strategis bagi peserta didik.
b.        salah. Prinsip pembelajaran berwawasan kemasyarakatan bahwa setiap keputusan untuk kepentingan peserta didik harus dimusyawarahkan terlebih dahulu secara bersama.
c.         salah. Pelayanan yang diberikan kepada peserta didik dilakukan secara terpadu dari berbagai komponen yang terlibat.
d.        salah. Kegiatan pembelajaran diupayakan memiliki nilai strategis bagi peserta didik sehingga memiliki kemudahan untuk dapat dijangkau oleh setiap peserta didik.

No 24.
a.         salah. Kegiatan atau pekerjaan melatih untuk memperoleh kemahiran atau kecakapan
b.        salah. Mata kegiatan pendidikan yang berlangsung di dalam masyarakat yang dilakukan secara sengaja, terorganisir, dan sistematik untuk memberikan materi pelajaran tertentu
c.         salah. Salah satu wadah dalam rangka membelajarkan masyarakat
d.        benar. Satuan pendidikan yang dibentuk atas dasar pendekatan dan kebutuhan masyarakat yang berorintasi pada keagamaan Islam

No 25.
a.         salah. Membekali diri dengan keterampilan yaitu montir, agar dapat meningkatkan diri untuk kesejahteraan hidupnya.
b.        salah. Dikhususkan para pemuda untuk diberi keterampilan agar dapat menciptakan lapangan kerja, misalnya di bidang sablon, komputer, jahit, sehingga dapat meningkatkan kehidupan sehingga memadai.
c.         salah.
d.        benar. Setelah putus sekolah, perlu membekali diri dengan belajar kepada orang lain yang mempunyai pengetahuan lebih, yaitu cara membudidayakan tanaman bunga, sehingga dengan kemampuan yang dimiliki dapat meningkatkan kesejahteraan.

No 26.
a.         salah, karena adanya dominasi guru
b.        salah, karena dominasi orang tua
c.         salah, karena dominasi sekolah
d.        benar, salah satu contoh yang sangat berpengaruh dalam proses belajar dengan pendekatan pedagogi

No 27.
a.         salah, karena peserta didik dimotivasi untuk belajar oleh guru
b.        salah, karena peserta didik disiapkan untuk mempelajari sesuatu hal yang disampaikan pleh guru
c.         salah, karena peserta didik diasumsikan hanya butuh mengetahui tentang segala sesuatu yang diajarkan guru jika mereka menginginkan kelulusan dan mendapatkan peningkatan
d.        benar, peserta didik merupakan sumber pengalaman, sehingga teknik pemindahan informasi merupakan yang paling dominan.

No 28.
a.         benar, merumuskan tujuan belajar
b.        benar, menciptakan iklim belajar yang cocok
c.         benar, melaksanakan kegiatan belajar
d.        salah, Karena jawaban ini merupakan jawaban yang tidak adahubungannya dengan soal

No 29.
a.         salah, karena Tilaar hanya menyadur
b.        benar, Tylor menyampaikan proses pembelajaran tidak terlepas dari keragaman budaya yang dimiliki peserta didik
c.         salah, Ki Hajar Dewantara tidak menyampaikan hal seperti itu
d.        salah, karena Thomas Hickema mengungkapkan tentang tugas guru

No 30.
a.         salah, karena adat istiadat sangat beragam
b.        benar, pendidik harus menjadi seorang model dan sekaligus menjadi mentor
c.         salah, karena kurikulum mencakup semua program pembelajaran
d.        salah, karena tidak sesuai dengan pertanyaan

No 31.
a.         salah , karena kurikulum berisi program pendidikan
b.        salah, karena bukan proses yang berkesinambungan dalam pendidikan
c.         salah, karena sudah sewajarnya guru memikirkan hal tersebut
d.        benar, pendidikan merupakan proses yang berkesinambungan

No 32.
a.         salah, karena sudah menjadi kewajiban setiap siswa
b.        benar, memilih situasi yang ada dilingkungannya. Dalam hal ini siswa dapat menyesuaikan diri sesuai dengan yang diharapkan
c.         salah, karena untuk sosialisasi dengan teman
d.        salah, karena tugas sebagai seorang siswa

No 33.
a.         salah, karena sifatnya individu
b.        salah, karena interaksi dua arah
c.         salah, pemberian contoh
d.        benar, dengan karyawisata siswa dapat saling berbagi rasa dan mengenal teman maupun lingkungannya

No 34.
a.        benar, belajar tentang nilai- nilai inti hak asasi manusia
b.        salah, karena bukan nilai inti hak asasi manusia
c.         salah, karena tugas sebagai manusia
d.        salah, karena tugas sebagai anggota masyarakat

No 35.
a.         salah, karena termasuk dalam kegiatan utama
b.        salah, karena termasuk dalam kegiatan utama
c.         benar, karena bukan termasuk dalam kegiatan utama
d.        salah, karena termasuk dalam kegiatan utama

No 36.
a.         salah, karena menyampaikan tujuan belajar bukan kegiatan pendahuluan
b.        benar, merupakan kegiatan utama
c.         salah, karena menyampaikan tujuan belajar bukan kegiatan analisis
d.        salah, karena menyampaikan tujuan belajar bukan kegiatan belajar

No 37.
a.         salah, karena kecakapan antar personal
b.        salah, karena bukan kecakapan personal
c.         benar, merupakan kecakapan personal
d.        salah, karena kemampuan akademik

No 38.
a.        benar, selalu belajar agar tidak ketinggalan
b.        salah, karena tugas sebagai individu
c.         salah, karena tugas sebagai orang tua
d.        salah, karena tugas sebagai orang yang yang lebih dewasa

No 39.
a.        benar, seperti yang disampaikan Broling
b.        salah, karena pendapat Ditjen PLSP
c.         salah, karena pendapat WHO
d.        salah, karena pendapat Dirjen PLS

No 40.
a.         salah, karena merupakan tujuan pendidikan
b.        salah, karena bukan pendidikan berbasis luas
c.         benar, seperti yang dikemukakan Wardiman
d.        salah, karena bukan karakteristik pendidikan

No 41.
a.        benar, merupakan strategi renung- latih- telaah
b.        salah, tujuan secara umum
c.         salah, tujuan yang harus dicapai
d.        salah, dalam kegiatan ekstrakurikuler

No 42.
a.         salah, sifatnya hanya pasif pada siswa
b.        benar, merupakan tahap perencanaan pada konsep pembelajaran partisipatif
c.         salah, karena bukan konsep pembelajaran partisipatif
d.        salah, karena kurikulum, bukan dibuat oleh masing-masing guru

No 43.
a.         salah, karena peran sepihak dari pendidik
b.        benar, salah satu ciri pembelajaran partisipatif pendidik memberikan motivasi terhadap pesertadidik
c.         salah, karena sebagai tujuan pembelajaran
d.        salah, karena bukan tugas siswa ikut membuat kurikulum

No 44.
a.        benar, membantu peserta didik dalam menciptakan iklim belajar
b.        salah, karena merupakan tujuan belajar
c.         salah, motivasi belajar
d.        salah, suasana kelas

No 45.
a.        benar, merupakan proses pendekatan pembelajaran kontekstual
b.        salah, karena bukan proses pembelajaran kontekstual
c.         salah, tujuan pembelajaran secara umum
d.        salah, tahapan dalam pembelajaran

No 46.
a.        benar, merupakan aktivitas siswa dalam pembelajaran kontekstual
b.        salah, pembelajaran konvensional, guru lebih aktif
c.         salah, karena siswa yang aktif dalam pembelajaran kontekstual
d.        salah,mpada pembelajaran konvensional pendidik sangat dominan

No 47.
a.         salah, terjadi pada pembelajaran konvensional
b.        benar, ciri dari pembelajaran kontekstual berdasarkan konstruksivisme
c.         salah, pembelajaran didominasi oleh guru
d.        salah, guru sebagai pembimbing

No 48.
a.         salah, karena perkembangan kognitif yang sudah sempurna
b.        salah, karena adanya kematangan dari orang dewasa
c.         benar, Pendapat Knowles point 2
d.        salah, merupakan kebutuhan belajar orang dewasa

No 49.
a.         salah, karena merupakan faktor kreatifitas
b.        salah, karena merupakan faktor inisiatif
c.         salah, belajar dari orang lain
d.        benar, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar mandiri

No 50.
a.         salah, karena sebagai perencana pembelajaran
b.        benar, merupakan peran pendidikan sebagai fasilitator
c.         salah, kegiatan yang harus dilakukan guru
d.        salah, bukan peran guru sebagai fasilitator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 24 Mei 2013

Kunci Jawaban Ujian Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan PDGK4306



No 1.
a.         salah. Mumford menggolongkan orang belajar kedalam empat golongan.
b.        salah. Belajar baru akan terjadi jika ada interaksi antara individu dan lingkungannya.
c.         salah. Pandangan Honey sama dengan Mumford.
d.        benar. Tahap pengalaman konkret merupakan tahap awal dalam peristiwa belajar.

No 2.
a.        benar. Menugaskan anak untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungannya merupakan contoh membimbing anak belajar aktif.
b.        salah. Menentukan materi pelajaran yaitu materi yang akan diajarkan sesuai dengan kemampuan anak.
c.         salah. Mengidentifikasi kemampuan peserta didik untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dalam proses belajar.
d.        salah. Mengevaluasi proses dan hasil belajar yaitu mengetahui sejauh mana keberhasilan belajar peserta didik.

No 3.
a.         salah. Honey menggolongkan belajar menjadi empat.
b.        benar. John Dewey menjelaskan pendidikan merupakan proses sosial bagi anak untuk menjadi bagian yang aktif.
c.         salah. Mumford menggolongkan belajar menjadi empat
d.        salah. Ausbel bukan merupakan tokoh pendidikan

No 4.
a.         salah. Guru memfasilitasi dalam proses belajar
b.        salah. Guru melindungi peserta didik dalam proses belajar
c.         salah. Guru sebagai pembimbing dalam proses/ kegiatan berdiskusi.
d.        benar. Tugas guru tidak sebagai pemberi hukuman.

No 5.
a.        benar. Vygotsky memandang sosiokultural konstruktivis yang menekankan kemandirian, yaitu untuk menyelesaikan tugas yang kompleks dengan menggunakan media.
b.        salah. Berdasarkan konsep, yaitu belajar yang paling baik adalah berdasarkan konsep
c.         salah. Pemecahan masalah dapat digunakan dalam menunjang metode pengajaran yang menekankan pada pembelajaran kooperatif.
d.        salah. Menunjang pengajaran yang menekankan belajar yang baik dengan orang dewasa dan teman sebaya.

No 6.
a.        benar, yaitu mengetahui tingkat status dan kemampuan belajar siswa saat ini
b.        salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak ada hubungannya dengan soal
c.         salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak ada hubungannya dengan soal.
d.        salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak ada hubungannya dengan soal

No 7.
a.         salah. Pemberian bantuan secara individual antara orang yang memberi bantuan dan yang diberi bantuan
b.        salah. Pemberian bantuan yang dilakukan baik secara individual maupun berkelompok
c.         benar. Memfasilitasi kegiatan yang dilakukan oleh si
d.        salah. Memimpin kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran

No 8.
a.         salah. Arah dan tujuannya memang bukan untuk kepentingan pemerintah.
b.        salah. Bukan kepentingan golongan
c.         salah. Tidak hanya menghilangkan kemiskinan.
d.        benar. Menganggulangi kebodohan dan kemiskinan.

No 9.
a.         salah. Peran guru sebagai pemimpin yang digugu/menjadi contoh bagi siswanya
b.        salah. Peran guru dapat menghasilkan seorang intelektual
c.         salah. Guru dituntut untuk dapat mengembangkan kondisi dan suasana pondok untuk belajar
d.        benar. Peran guru tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik.

No 10.
a.         salah. Menurut Taylor kebudayaan merupakan keteraturan dalam hidup bermasyarakat.
b.        benar. Menurut Tilaar, kebudayaan merupakan satu kesatuan dan bukan jumlah dari bagian-bagian.
c.         salah. Talcott membedakan wujud kebudayaan sebagai suatu sistem gagasan serta konsep-konsep
d.        salah. Selo Sumarjan dan Soelaeman merumuskan kebudayaan sebagai hasil karya

No 11.
a.        benar. Wujud kebudayaan yang merupakan sistem tingkah laku dan tindakan yang berpola
b.        salah. Menjelaskan perbedaan atas tiga gejala kebudayaan
c.         salah. Membedakan wujud kebudayaan sebagai suatu sistem gagasan serta konsep-konsep
d.        salah. Mendefinisikan kebudayaan sebagai satu kesatuan dan bukan jumlah dari konsep-konsep

No 12.
a.         salah. Membedakan wujud kebudayaan sebagai suatu sistem gagasan serta konsep-konsep
b.        salah. Kroeber sama dengan Talcott
c.         salah. J.J. Honingmam menjelaskan perbedaan atas tiga gejala kebudayaan
d.        benar. Pelanggaran terhadap suatu norma yang tidak membawa akibat yang berbeda dalam masyarakat

No 13.
a.         salah. Unsur kebudyaan menjadi empat
b.        salah. Salah satu unsur kebudayaan adalah organisasi ekonomi
c.         benar. Pakaian, perumahan, dan alat rumah tangga merupakan peralatan hidup manusia
d.        salah. Menjelaskan salah satu kebiasaan manusia adalah perwujudan kemauan atau keinginan seseorang untuk berbuat sesuatu.

No 14.
a.        benar. Dilihat dari religi unsur kebudayaan dapat diwujudkan pada saat melakukan upacara keagamaan
b.        salah. Unsur kebudayaan ditinjau dari segi hubungan social
c.         salah. Unsur kebudayaan ditinjau dari segi bahasa
d.        salah. Unsur kebudayaan ditinjau dari segi bahasa.

No 15.
a.        benar. Membiasakan anak berdoa sebelum melakukan kegiatan dan mencuci tangan sebelum makan
b.        salah. Jika ingin lancar harus antri
c.         salah. Cara siswa berpakaian pada waktu mengikuti upacara
d.        salah. Cara siswa bergaul dengan teman/ orang lain baik di rumah maupun di sekolah

No 16.
a.        benar. Peran keluarga adalah pewaris kebudayaan.
b.        salah. Keluarga sebagai suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang hidup bersama untuk suatu periode waktu
c.         salah. Pemelihara fisik dan kesejahteraan anggota keluarga
d.        salah. Anak-anak bukanlah individu yang terisolasi, melainkan lebih merupakan anggota keluarga dimana pendidikan anak-anak di dalamnya berbeda dengan anak-anak di sekolah

No 17.
a.         salah. Adanya proses westernisasi disebabkan masuknya budaya barat dan melupakan budaya sendiri
b.        salah. Memberikan penekanan kepada aspek-aspek tertentu
c.         salah. Sebagai dasar yang mutlak bagi perkembangan kebudayaan dan masa depan
d.        benar. Peranan pendidikan dalam kebudayaan yang mengadakan pembauran antaretnis

No 18.
a.         salah. Proses pendidikan yang dilakukan di luar jalur keluarga
b.        salah. Proses pendidikan yang dilakukan di luar jalur sekolah
c.         benar. Proses kebudayaan yang dilakukan secara temporer, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan
d.        salah. Terdapat lapisan-lapisan masyarakat. Misalnya pemimpin rakyat dan orang tua anak

No 19.
a.         salah. Pendidikan sebagai sistem merupakan sistem terbuka yang senantiasa berinteraksi dengan lingkungannya
b.        salah. Mengutamakan penciptaan dan pemeliharaan konfigurasi komponen-komponen sumber pengaruh secara dinamik.
c.         salah. Pendidikan wahana pemberdayaan bangsa dengan mengutamakan penciptaan dan pemeliharaan konfigurasi komponen-komponen sumber pengaruh secara dinamik
d.        benar. Bahwa manusia dan masyarakat senantiasa berubah, baik perubahan yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan

No 20.
a.         salah. Melakukan penuntasan program wajib belajar pendidikan dasar yang bermutu
b.        salah. Jawaban tidak ada pada pertanyaan/ soal ini
c.         salah. Menciptakan sistem, iklim, dan proses pendidikan yang demokratis dan mengutamakan mutu
d.        benar. Melakukan pembudayaan dan pemberdayaan sistem, iklim, dan proses pendidikan nasional yang demokratis dan mengutamakan mutu dalam perspektif nasional dan global

No 21.
a.        benar. Memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan fasilitas industri untuk praktik
b.        salah. Perluasan dan pemerataan kesempatan untuk memperoleh pendidikan.
c.         salah. Pemberdayaan dan pendayagunaan berbagai institusi
d.        salah. Pendidikan untuk semua

No 22.
a.        benar. Mempunyai manfaat yang dapat diterapkan pada kehidupan
b.        salah. Merupakan bagian dari menumbuhkan kemandirian
c.         salah. Merupakan bagian dari menumbuhkan kemandirian
d.        salah. Merupakan bagian dari menumbuhkan kemandirian

No 23.
a.        benar. Prinsip pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang membahas kegiatan pembelajaran dan diupayakan memiliki nilai strategis bagi peserta didik.
b.        salah. Prinsip pembelajaran berwawasan kemasyarakatan bahwa setiap keputusan untuk kepentingan peserta didik harus dimusyawarahkan terlebih dahulu secara bersama.
c.         salah. Pelayanan yang diberikan kepada peserta didik dilakukan secara terpadu dari berbagai komponen yang terlibat.
d.        salah. Kegiatan pembelajaran diupayakan memiliki nilai strategis bagi peserta didik sehingga memiliki kemudahan untuk dapat dijangkau oleh setiap peserta didik.

No 24.
a.         salah. Kegiatan atau pekerjaan melatih untuk memperoleh kemahiran atau kecakapan
b.        salah. Mata kegiatan pendidikan yang berlangsung di dalam masyarakat yang dilakukan secara sengaja, terorganisir, dan sistematik untuk memberikan materi pelajaran tertentu
c.         salah. Salah satu wadah dalam rangka membelajarkan masyarakat
d.        benar. Satuan pendidikan yang dibentuk atas dasar pendekatan dan kebutuhan masyarakat yang berorintasi pada keagamaan Islam

No 25.
a.         salah. Membekali diri dengan keterampilan yaitu montir, agar dapat meningkatkan diri untuk kesejahteraan hidupnya.
b.        salah. Dikhususkan para pemuda untuk diberi keterampilan agar dapat menciptakan lapangan kerja, misalnya di bidang sablon, komputer, jahit, sehingga dapat meningkatkan kehidupan sehingga memadai.
c.         salah.
d.        benar. Setelah putus sekolah, perlu membekali diri dengan belajar kepada orang lain yang mempunyai pengetahuan lebih, yaitu cara membudidayakan tanaman bunga, sehingga dengan kemampuan yang dimiliki dapat meningkatkan kesejahteraan.

No 26.
a.         salah, karena adanya dominasi guru
b.        salah, karena dominasi orang tua
c.         salah, karena dominasi sekolah
d.        benar, salah satu contoh yang sangat berpengaruh dalam proses belajar dengan pendekatan pedagogi

No 27.
a.         salah, karena peserta didik dimotivasi untuk belajar oleh guru
b.        salah, karena peserta didik disiapkan untuk mempelajari sesuatu hal yang disampaikan pleh guru
c.         salah, karena peserta didik diasumsikan hanya butuh mengetahui tentang segala sesuatu yang diajarkan guru jika mereka menginginkan kelulusan dan mendapatkan peningkatan
d.        benar, peserta didik merupakan sumber pengalaman, sehingga teknik pemindahan informasi merupakan yang paling dominan.

No 28.
a.         benar, merumuskan tujuan belajar
b.        benar, menciptakan iklim belajar yang cocok
c.         benar, melaksanakan kegiatan belajar
d.        salah, Karena jawaban ini merupakan jawaban yang tidak adahubungannya dengan soal

No 29.
a.         salah, karena Tilaar hanya menyadur
b.        benar, Tylor menyampaikan proses pembelajaran tidak terlepas dari keragaman budaya yang dimiliki peserta didik
c.         salah, Ki Hajar Dewantara tidak menyampaikan hal seperti itu
d.        salah, karena Thomas Hickema mengungkapkan tentang tugas guru

No 30.
a.         salah, karena adat istiadat sangat beragam
b.        benar, pendidik harus menjadi seorang model dan sekaligus menjadi mentor
c.         salah, karena kurikulum mencakup semua program pembelajaran
d.        salah, karena tidak sesuai dengan pertanyaan

No 31.
a.         salah , karena kurikulum berisi program pendidikan
b.        salah, karena bukan proses yang berkesinambungan dalam pendidikan
c.         salah, karena sudah sewajarnya guru memikirkan hal tersebut
d.        benar, pendidikan merupakan proses yang berkesinambungan

No 32.
a.         salah, karena sudah menjadi kewajiban setiap siswa
b.        benar, memilih situasi yang ada dilingkungannya. Dalam hal ini siswa dapat menyesuaikan diri sesuai dengan yang diharapkan
c.         salah, karena untuk sosialisasi dengan teman
d.        salah, karena tugas sebagai seorang siswa

No 33.
a.         salah, karena sifatnya individu
b.        salah, karena interaksi dua arah
c.         salah, pemberian contoh
d.        benar, dengan karyawisata siswa dapat saling berbagi rasa dan mengenal teman maupun lingkungannya

No 34.
a.        benar, belajar tentang nilai- nilai inti hak asasi manusia
b.        salah, karena bukan nilai inti hak asasi manusia
c.         salah, karena tugas sebagai manusia
d.        salah, karena tugas sebagai anggota masyarakat

No 35.
a.         salah, karena termasuk dalam kegiatan utama
b.        salah, karena termasuk dalam kegiatan utama
c.         benar, karena bukan termasuk dalam kegiatan utama
d.        salah, karena termasuk dalam kegiatan utama

No 36.
a.         salah, karena menyampaikan tujuan belajar bukan kegiatan pendahuluan
b.        benar, merupakan kegiatan utama
c.         salah, karena menyampaikan tujuan belajar bukan kegiatan analisis
d.        salah, karena menyampaikan tujuan belajar bukan kegiatan belajar

No 37.
a.         salah, karena kecakapan antar personal
b.        salah, karena bukan kecakapan personal
c.         benar, merupakan kecakapan personal
d.        salah, karena kemampuan akademik

No 38.
a.        benar, selalu belajar agar tidak ketinggalan
b.        salah, karena tugas sebagai individu
c.         salah, karena tugas sebagai orang tua
d.        salah, karena tugas sebagai orang yang yang lebih dewasa

No 39.
a.        benar, seperti yang disampaikan Broling
b.        salah, karena pendapat Ditjen PLSP
c.         salah, karena pendapat WHO
d.        salah, karena pendapat Dirjen PLS

No 40.
a.         salah, karena merupakan tujuan pendidikan
b.        salah, karena bukan pendidikan berbasis luas
c.         benar, seperti yang dikemukakan Wardiman
d.        salah, karena bukan karakteristik pendidikan

No 41.
a.        benar, merupakan strategi renung- latih- telaah
b.        salah, tujuan secara umum
c.         salah, tujuan yang harus dicapai
d.        salah, dalam kegiatan ekstrakurikuler

No 42.
a.         salah, sifatnya hanya pasif pada siswa
b.        benar, merupakan tahap perencanaan pada konsep pembelajaran partisipatif
c.         salah, karena bukan konsep pembelajaran partisipatif
d.        salah, karena kurikulum, bukan dibuat oleh masing-masing guru

No 43.
a.         salah, karena peran sepihak dari pendidik
b.        benar, salah satu ciri pembelajaran partisipatif pendidik memberikan motivasi terhadap pesertadidik
c.         salah, karena sebagai tujuan pembelajaran
d.        salah, karena bukan tugas siswa ikut membuat kurikulum

No 44.
a.        benar, membantu peserta didik dalam menciptakan iklim belajar
b.        salah, karena merupakan tujuan belajar
c.         salah, motivasi belajar
d.        salah, suasana kelas

No 45.
a.        benar, merupakan proses pendekatan pembelajaran kontekstual
b.        salah, karena bukan proses pembelajaran kontekstual
c.         salah, tujuan pembelajaran secara umum
d.        salah, tahapan dalam pembelajaran

No 46.
a.        benar, merupakan aktivitas siswa dalam pembelajaran kontekstual
b.        salah, pembelajaran konvensional, guru lebih aktif
c.         salah, karena siswa yang aktif dalam pembelajaran kontekstual
d.        salah,mpada pembelajaran konvensional pendidik sangat dominan

No 47.
a.         salah, terjadi pada pembelajaran konvensional
b.        benar, ciri dari pembelajaran kontekstual berdasarkan konstruksivisme
c.         salah, pembelajaran didominasi oleh guru
d.        salah, guru sebagai pembimbing

No 48.
a.         salah, karena perkembangan kognitif yang sudah sempurna
b.        salah, karena adanya kematangan dari orang dewasa
c.         benar, Pendapat Knowles point 2
d.        salah, merupakan kebutuhan belajar orang dewasa

No 49.
a.         salah, karena merupakan faktor kreatifitas
b.        salah, karena merupakan faktor inisiatif
c.         salah, belajar dari orang lain
d.        benar, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar mandiri

No 50.
a.         salah, karena sebagai perencana pembelajaran
b.        benar, merupakan peran pendidikan sebagai fasilitator
c.         salah, kegiatan yang harus dilakukan guru
d.        salah, bukan peran guru sebagai fasilitator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar