1. Tahap pengalaman konkret merupakan tahap awal dalam
peristiwa belajar, yakni ketika seseorang dapat mengalami peristiwa atau
kejadian sebagaimana adanya. Pernyataan tersebut merupakan tahapan belajar
sesuai dengan Teori Humanistik yang dikemukakan oleh....
A.
Mumford
B.
Habermas
C.
Honey
D.
Kolb
2. Pak Joko mengajar di kelas III SD. Pak Joko menugaskan
anak untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan melalui
pengamatan. Dari kegiatan tersebut pembelajaran yang dilakukan merupakan
contoh....
A.
membimbing anak belajar aktif
B.
menentukan materi pembelajaran
C.
mengidentifikasi kemampuan peserta didik
D.
mengevaluasi proses dan hasil belajar
3. Pendidikan merupakan proses sosial bagi anak untuk menjadi
bagian yang aktif dan partisipatif dalam masyarakat. Pernyataan tersebut sesuai
dengan teori pembelajaran yang dikemukakan oleh....
A.
Honey
B.
John Dewey
C.
Mumford
D.
Ausbel
4. Dalam cara pandang pendidikan tradisional, guru memegang
kendali dalam pembelajaran. Sedangkan pada cara pandang progresif guru
bertindak sebagai berikut, kecuali....
A.
fasilitator
B.
pengayom
C.
teman berdiskusi
D.
pemberi hukuman
5. Pandangan sosiokultural konstruktivisme Teori Vygotsky
yang menekankan kemandirian adalah siswa belajar....
A.
untuk menyelesaikan tugas yang kompleks dengan menggunakan media
B.
berdasarkan konsep
C.
melalui pemecahan masalah
D.
dengan orang dewasa dan teman sebaya
6. Evaluasi belajar yang mengacu pada Teori Vygotsky
menganjurkan pengetesan lapisan bawah dan lapisan atas zona perkembangan
untuk....
A.
mengetahui tingkat status dan kemampuan belajar siswa saat ini
B.
menilai pemahaman anak yang lalu
C.
mengukur kemampuan anak yang akan datang
D.
menilai keterampilan dan pemahaman yang dimiliki anak
7. Pada kegiatan pembelajaran IPA kelas III SD, anak-anak
ditugaskan untuk mengamati dan menggolongkan binatang yang menyusui dan memakan
daging. Dalam kegiatan tersebut guru berperan sebagai....
A.
konselor
B.
penyuluh
C.
fasilitator
D.
pemimpin
8. Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa pendidikan
mempunyai arah dan tujuan. Artinya, pendidikan bertujuan untuk memenuhi....
A.
kepentingan pemerintah
B.
kepentingan golongan
C.
menghilangkan kemiskinan
D.
menanggulangi kebodohan dan kemiskinan
9. Peran guru dalam proses belajar sistem pondok yang
dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara adalah sebagai berikut, kecuali....
A.
mencetak pemimpin yang digugu
B.
menghasilkan seorang intelektual
C.
mengembangkan kondisi dan suasana pondok
D.
mentransfer ilmu pengetahuan pada peserta didik
10. Tokoh yang mengungkapkan bahwa kebudayaan merupakan
satu kesatuan dan bukan jumlah dari bagian-bagian adalah....
A.
E.B. Taylor
B.
Tilaar
C.
Talcott
D.
Selo Sumarjan dan Soelaeman
11. Wujud kebudayaan yang merupakan sistem tingkah laku
dan tindakan yang berpola dikemukakan oleh....
A.
Koentjaraningrat
B.
J.J. Honingmam
C.
Talcott
D.
Tilaar
12. Pelanggaran terhadap suatu norma yang tidak membawa
akibat yang berbeda dalam masyarakat adalah folkway. Pernyataan tesebut
merupakan pendapat dari....
A.
Talcott
B.
Krober
C.
J.J. Honingmam
D.
W.G. Summer
13. Pakaian, perumahan, dan alat rumah tangga merupakan
peralatan hidup manusia. Pernyataan tersebut adalah unsur pokok kebudayaan yang
dikemukakan oleh....
A.
Melvile
B.
Bronislaw
C.
Kluckhohn
D.
Ferdinan Tonies
14. Dilihat dari religi, unsur kebudayaan Ralp Linton
dapat diwujudkan pada saat....
A.
melakukan upacara keagamaan
B.
melakukan kerja sama dengan orang lain
C.
menkomunikasikan ide
D.
mengungkapkan berbagai perasaan
15. Membiasakan anak untuk berdoa sebelum melakukan
kegiatan dan mencuci tangan sebelum makan merupakan contoh norma kebudayaan
yang mencerminkan....
A.
pendidikan
B.
tata tertib
C.
berestetika
D.
bersosialisasi
16. Pernyataan yang menyatakan bahwa peran keluarga adalah
pewaris kebudayaan merupakan pendapat dari....
A.
Ki Hajar Dewantara
B.
D'Antonio
C.
Zimmerman
D.
Tylor
17. Salah satu peranan pendidikan dalam kebudayaan yang
mengadakan pembauran antaretnis adalah....
A.
krisis
B.
fokus
C.
inovasi
D.
asimilasi
18. Proses kebudayaan yang dilakukan secara temporer,
yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan merupakan tata susunan pembudayaan
secara....
A.
informal
B.
nonformal
C.
horisontal
D.
vertikal
19. Arah baru pendidikan menuju demokrasi menurut
pandangan Theodore Brubacher yang menjelaskan bahwa manusia dan masyarakat
senantiasa berubah, baik perubahan yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan mengacu pada
prinsip....
A.
pembangunan prinsip kesetaraan
B.
pemberdayaan bangsa
C.
kondisi masyarakat yang pluralistik
D.
perencanaan pendidikan
20. Pembudayaan dan pemberdayaan sistem, iklim, dan proses
dalam pendidikan nasional yang demokratis dan mengutamakan mutu dalam perspektif
nasional dan global merupakan misi jangka....
A.
pendek
B.
periodik
C.
menengah
D.
panjang
21. Yang dimaksud kerja sama dengan usaha dan industri
dalam rangka demokrasi pendidikan menurut Tilaar adalah....
A.
memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan fasilitas industri untuk praktik
B.
mengembangkan pendidikan alternatif
C.
mendayagunakan institusi sebagai wahana pembelajaran
D.
menciptakan suasana untuk penunjang pendidikan
22. Konsep pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang
mengacu pada kebermaknaan dan kebermanfaatan bagi peserta didik adalah
pembelajaran yang....
A.
mempunyai manfaat yang dapat diterapkan pada kehidupan
B.
menumbuhkan keterbukaan
C.
membantu peserta didik memecahkan masalah
D.
memenuhi kebutuhan peserta didik
23. Prinsip pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang
membahas kegiatan pembelajaran dan diupayakan memiliki nilai strategis bagi
peserta didik sehingga memiliki kemudahan untuk dapat dijangkau oleh peserta
didik adalah....
A.
belajar terus menerus
B.
determinasi diri
C.
belajar terpadu
D.
lokalisasi
24. Menurut UU No. 2 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, satuan
pendidikan yang dibentuk atas dasar pendekatan dan kebutuhan masyarakat yang
berorientasi pada keagamaan Islam adalah....
A.
pelatihan
B.
kursus
C.
kelompok belajar
D.
majelis taklim
25. Nugroho setelah putus sekolah perlu membekali diri
dengan belajar kepada orang lain yang memiliki pengetahuan yang lebih, yaitu
cara membudidayakan tanaman bunga, sehingga dengan kemampuan yang dimiliki
dapat meningkatkan kesejahteraan. Contoh tersebut mencerminkan pendidikan....
A.
keterampilan
B.
kepemudaan
C.
kesetaraan
D.
kecakapan hidup
26. Salah satu contoh yang sangat berpengaruh dalam proses
belajar dengan pendekatan pedagogi adalah pengalaman ...
A.
Guru
B.
Orang tua
C.
Sekolah
D.
Anak
27. Peserta didik merupakan sumberpengalaman sehingga
teknik pemindahan informasi merupakan yang paling dominan dalam pendekatan
pedagogi. Untuk pernyataan tersebut diperlukan...
A.
Motivasi belajar
B.
Kesiapan belajar
C.
Kebutuhan belajar
D.
Peran pengalaman
28. Tahap- tahap keberhasilan proses pembelajaran orang
dewasa adalah sebagai berikut, kecuali...
A.
Merumuskan tujuan belajar
B.
Menciptakan iklim belajar yang cocok
C.
Melaksanakan kegiatan belajar
D.
Mengutamakan kepentingan masing- masing
29. Dalam pelajaran kesenian diperkenalkan macam- macam
tarian daerah. Hal ini termasuk pembelajaran multikultural seperti yang
dikemukakan oleh....
A.
Tilaar
B.
Taylor
C.
Ki Hajar Dewantara
D.
UNESCO
30. Yang dimaksud dengan tugas guru haruslah menjadi model
dalam menerapkan nilai- nilai sebagai inti kebudayaan, diantaranya meliputi....
A.
Tata tertib di sekolah harus disesuaikan dengan adat setempat
B.
Tindakan dan berperilaku baik selama di dalam maupun di luar kelas
C.
Kurikulum yang disesuaikan dengan kemampuan siswa
D.
Memperkenalkan macam- macam kebudayaan yang ada di setiap daerah
31. Pendidikan merupakan suatu proses yang
berkesinambungan. Yang artinya bahwa....
A.
Kurikulum yang ada sekarang merupakan kurikulum yang sudah ada sejak dulu
B.
Penyempurnaan program harus dilaksanakan secara pereodik
C.
Dalam menyampaikan materi pelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa
D.
Pembuatan kurikulum harus disesuaikan dengan tuntutan zaman
32. Strategi introspektif merupakan strategi yang dapat
digunakan dalam pembelajaran perdamaian di dalam kelas, dengan harapan siswa
dapat....
A.
Menerima keberadaan teman- teman di kelasnya
B.
Memilih situasi yang ada di lingkungannya
C.
Menyesuaikan diri dengan teman-temannya
D.
Mengikuti pelajaran dengan baik
33. Metode yang dapat dijadikan acuan dalam menyampaikan
bahan pembelajaran di antaranya adalah....
A.
Pemberian tugas
B.
Tanya jawab
C.
Demonstrasi
D.
Karyawisata
34. Yang dimaksud dengan belajar tentang hak- hak asasi
manusia diantaranya adalah belajar untuk....
A.
Memperlakukan yang adil terhadap manusia
B.
Mengetahui kebutuhan- kebutuhan sesama manusia
C.
Menghargai keberadaan orang lain
D.
Mengetahui kewajiban kita sebagai warga masyarakat
35. Yang dimaksud dengan kegiatan utama dalam pengelolaan
pembelajaran multikultural, diantaranya adalah seperti di bawah ini,
kecuali....
A.
Mempersiapkan siswa dalam kegiatan pembelajaran
B.
Agar siswa dapat mengetahui keterampilan yang akan dicapai
C.
Mempermudah menyiapkan mental anak
D.
Guru dapat menyiapkan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran
36. Guru menyampaikan tujuan- tujuan belajar yang hendak
dicapai siswa. Hal tersebut merupakan kegiatan ....
A.
Pendahuluan
B.
Utama
C.
Analisis
D.
Perkenalan
37. Seorang dianggap memiliki kecakapan personal jika
orang tersebut mampu....
A.
Menyesuaikan diri dengan lingkungan
B.
Menghargai kelebihan maupun kekurangan orang lain
C.
Membimbing diri sendiri sesuai dengan kemampuannya
D.
Menguasai kemampuan akademik yang memadai
38. Menurut Sondra Stein, Kategori standar yang perlu
dipersiapkan tentang kecakapan hidup bagi orang dewasa, di antaranya adalah....
A.
selalu belajar untuk mendapatkan ilmu yang baru
B.
Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan
C.
Menjadi teladan bagi anak- anaknya
D.
Membimbing bagi yang lebih muda
39. Yang dimaksud kecakapan hidup pribadi/menurut Broling
adalah apabila seseorang dapat....
A.
Membagi waktunya dengan baik antara tugasnya sebagai anggota masyarakat dengan
tugas profesionalnya
B.
Membimbing dirinya sendiri agar dapat menyelesaikan masalahnya sebaik mungkin
C.
Mempunyai kepercayaan diri dapat menghadapi tantangan zaman yang semakin maju
D.
Melakukan pekerjaan sebaik mungkin agar mendapat kepercayaan dari atasan tempat
kerjanya
40. Pendidikan berbasis luas merupkan pendekatan yang
memiliki karakteristik bahwa....
A.
Pendidikan menjangkau seluruh lapisan masyarakat
B.
Masyarakat di pelosok pedesaan juga mendapatkan pendidikan formal
C.
Pendidikan memberikan fondasi yang kuat dan mendasar pada siswa
D.
Pembelajaran diberikan secara menyeluruh
41. Strategi renung- latih- telaah pada pembelajaran
bermaksud agar siswa....
A.
Memahami diri sendiri sehingga dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan
kemampuan
B.
Mengembangkan kemampuannya sesuai dengan bakat serta minatnya
C.
Melatih keterampilannya agar mencapai hasil maksimal
D.
Memilih salah satu keterampilan yang menjadi minatnya
42. Pembelajaran partisipasif pada tahap perencanaan
dimaksudkan agar....
A.
Siswa dapat mengetahui rancangan pembelajaran dari guru
B.
Siswa memberikan masukan pada guru tentang mater pelajaran yang diperlukan
C.
Gurumemberikan alternatif pembelajaran yang akan diberikan
D.
Guru ikut menentukan pembuatan kurikulum
43. Salah satu ciri dari pembelajaran partisipatif
terlihat apabila....
A.
Pendidik berperan aktif dalam pembelajaran
B.
Siswa merasanyaman dan termotivasi saat pembelajaran
C.
Pembelajaran berjalan dengan lancar
D.
Siswa diikutsertakan dalam pembuatan kurikulum
44. Iklim belajar diciptakan pendidik dengan maksud
agar....
A.
Antara pendidik dan peserta didik dapat terjalin kebersamaan
B.
Dapat tercapai tujuan belajar seperti yang diharapkan
C.
Peserta didik lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran
D.
Kelas lebih terlihat tertib pada waktu pembelajaran berlangsung
45. Jika dilihatdari proses, yang dimaksud dengan
pendekatan pembelajaran kontekstual di antaranya adalah....
A.
Dalam menerima materi pelajaran, siswa diharapkan dapat menerapkannya dalam
kehidupan sehari- hari
B.
Guru dalam menyampaikan pembelajaran harus melalui tahapan-tahapan tertentu
C.
Materi pelajaran yang akan disampaikan guru perlu memperhatikan karakteristik
setiap siswa
D.
Pembelajaran berlangsung dimulai dengan menjelaskan hal- hal yang sifatnya
sederhana terlebih dahulu
46. Perbedaan antara kontekstual dengan pembelajaran
konvensional dilihat dari aktivitas siswa terlihat ketika....
A.
Pembelajaran kontekstual melibatkan siswa secara aktif
B.
Pembelajaran konvensional melibatkan siswa lebih aktif
C.
Guru berperan aktif dalam pembelajaran kontekstual
D.
Guru hanya sebagai pembimbing dalam pembelajaran konvensional
47. Pembelajaran kontekstual yang didasarkan pada
konsktruksivisme bercirikan....
A.
Pembelajaran berpusat pada guru sebagai pendidik
B.
Siswa aktif mengembangkan pengetahuan yang diperoleh di kelas
C.
Guru mengkonstruksi pengetahuan
D.
Antara siswa dan guru sama- sama mengkonstruksi pengetahuan
48. Belajar mandiri pada orang dewasa menurut pendapat
Knowles menekankan pada....
A.
Penguasaan materi yang lebih mendalam
B.
Kesadaran untuk belajar lebih baik
C.
Menerapkan pengalaman sehari - hari sebagai sumber pengetahuan
D.
Kebutuhan pengetahuan yang berbeda- beda dengan pada waktu anak- anak
49. Terbuka terhadap setiap kesempatan belajar merupakan
salah satu faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar mandiri. Artinya, si
pelajar harus....
A.
Kreatif dalam mengolah pengetahuan
B.
Menimba pengalaman terhadap orang dapat memperoleh pengetahuan
C.
Mampu melihat orang lain agar dapat memperoleh sukses
D.
Didorong rasa keingintahuannya terhadap ilmu yang baru
50. Menurut Rogers pendidik dapat berperan sebagai
fasilitator dengan tugasnya....
A.
Menyiapkan rencana pembelajaran sesuai dengan kemampuan anak
B.
Memotivasi siswa agarlebih mudah menerima pembelajaran
C.
Merencanakan media yang diperlukan dalam pembelajaran
D.
Mempersiapkan mental siswa untuk menerima pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar