1. Hasil penelitian Cogan yang berhasil mengidentifikasi
delapan karakteristik yang perlu dimiliki warga negara sehubungan dengan
semakin beratnya tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang. Karakteristik
warga negara tersebut meliputi, kecuali…
A.
Kemampuan mengenal dan mendekati masalah sebagai warga masyarakat global
B.
Kemampuan bekerjasama dengan orang lain dan memikul tanggung jawab atas peran
atau kewajibannya dalam masyarakat
C.
Kemampuan untuk memahami, menerima, dan menghormati perbedaan-perbedaan budaya
D.
Kemampuan berpikir kritis dan ekstrimis
2. Suatu sistem yang merujuk pada orang-orang yang
menjadi subyek dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, yang terdiri atas
pemerintah’ dan ‘yang diperintah’. Kedua jenis subyek ini yaitu pemerintah dan
yang diperintah pada dasarnya memiliki atribut yang sama, yaitu sebagai warga
negara, namun dalam fungsinya yang berlainan. Dari perspektif demokrasi, yang
disebut pertama adalah pemegang mandat atau amanat dengan seperangkat wewenangnya
untuk mengelola kepentingan bersama dan mewujudkan tujuan bersama. Yang kedua
adalah pemberi mandat, pemegang kedaulatan, merupakan system….
A.
Sistem personal
B.
Sistem kelembagaan
C.
Sistem normative
D.
Sistem kewilayahan
3. Portofolio dalam pembelajaran PKn merupakan kumpulan
informasi yang tersusun dengan baik yang menggambarkan rencana kelas siswa
berkenaan dengan suatu isu kebijakan publik yang telah diputuskan untuk dikaji
mereka, baik dalam kelompok kecil maupun kelas secara keseluruhan. Portofolio
kelas berisi bahan-bahan seperti pernytaan-pernyataan tertulis, peta, grafik,
photgrafi, dan karya seni asli. Bahan-bahan tersebut menggambarkan hal-hal
sebagai berikut, kecuali ... .
A.
hal-hal yang akan dipelajari siswa berkenaan dengan suatu masalah yang telah
mereka pilih
B.
hal-hal yang terlah dipelajari siswa berkenaan dengan alternatif-alternatif
pemecahan terhadap masalah tersebut
C.
kebijakan publik yang telah dipilih atau dibuat oleh siswa untuk mengatasi
masalah tersebut
D.
rencana tindakan yang telah dibuat siswa untuk digunakan dalam mengusahakan
agar pemerintah menerima kebijakan yang mereka usulkan
4. Dalam usaha mencapai tugas-tugas pembelajaran
portofolio ini ditempuh melalui enam tahap kegiatan, tahap kedua membahas
tentang ….
A.
Mengidentifikasi Masalah Kebijakan Publik Di Masyarakat
B.
Memilih Satu Masalah Untuk Kajian Kelas
C.
Mengumpulkan Informasi Tentang Masalah Yang Akan Dikaji Kelas
D.
Membuat Portofolio Kelas
5. Dalam kelompok portofolio yang bertanggung jawab untuk
menjelaskan masalah yang telah dipilih untuk dikaji oleh kelas. Kelompok ini
pun harus menjelaskan mengapa masalah tersebut penting dan mengapa lembaga
pemerintahan tersebut harus menangani masalah tersebut, merupakan tugas dari
kelompok….
A.
Kelompok portofolio Satu: Menjelaskan Masalah
B.
Kelompok Portofolio Dua: Menilai kebijakan alternatif yang diusulkan untuk
memecahkan masalah
C.
Kelompok Portofolio Tiga: Membuat satu kebijakan publik yang akan didukung oleh
kelas
D.
Kelompok Portofolio Empat: Membuat suatu rencana tindakan agar pemerintah mau
menerima kebijakan kelas
6. Penilaian portofolio dilakukan terhadap dua hal, yaitu
portofolio masing-masing dari keempat kelompok portofolio, dan portofolio
keseluruhan (kelas). Untuk menilai portofolio kelompok (1 - 4), digunakan
kriteria berikut, kecuali…..
A.
Kelengkapan, Apakah setiap seksi memuat bahan-bahan yang diuraikan pada
deskripsi tugas setiap kelompok di atas? Apakah para siswa memasukkan
bahan-bahan lebih dari yang diperlukan?
B.
Kejelasan, Apakah portofolio siswa tersusun dengan baik? Apakah portofolio
siswa ditulis dengan jelas, menggunakan tata bahasa dan ejaan yang benar?
Apakah gagasan-gagasan utama dan argumen-argumen di dalamnya mudah dipahami?
C.
Informasi, Apakah informasinya akurat? Apakah informasinya memuat fakta-fakta
utama dan konsep-konsep penting? Apakah informasi yang siswa masukkan penting
untuk memahami topik kajian?
D.
Bentuknya, apakah dijili datau tulis tangan?
7. Manusia merupakan perjumlahan daripada beberapa
kemampuan tertentu yang masing-masing bekerja tersendiri seperti
kemampuan-kemampuan vegetatif yaitu makan dan berkembang biak, kemampuan
sensitif yaitu kemampuan bergerak mengamat-amati, bernafsu dan perasaan, dan
kemampuan intelektif yaitu berkemampuan berkecerdasan, merupakan pandangan
tentang individu menurut…..
A.
Gerungan
B.
Lysen
C.
Aristoteles
D.
Descartes
8. Kebenaran yang meliputi kebenaran dalam arti benar
dalam kehidupan sehari-hari meliputi kebenaran menurut agama, hukum, dan ilmu
pengetahuan dalam Catur Purusa Artha yaitu merupakan arti dari….
A.
Dharma
B.
Artha
C.
Kama
D.
Moksa
9. Berikut ini merupakan pernyataan yang berkaitan dengan
individu sebagai makhluk social, kecuali….
A.
Manusia tak mungkin hidup tanpa bantuan orang lain dan selanjutnya dengan
menggunakan daya pikirnya manusia berupaya bagaimana agar dapat memenuhi kebutuhan
pokok, tentu memerlukan bantuan orang lain
B.
Untuk menjalin hubungan satu sama lain memerlukan aktivitas komunikasi. Karena
kecenderungan manusia berkeinginan untuk hidup serasi sebagai timbal balik satu
sama lain karena manusia mempunyai dua hasrat yaitu berkeinginan untuk menjadi
satu dengan manusia lain di sekelilingnya
C.
berkeinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya
D.
dalam memenuhi kebutuhannnya manusia selalu mengedepankan sifat unutk berkuasa,
sehingga dikenal dengan hukum rimba
10. Suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai
kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya, merupakan
pandangan dari….
A.
Miriam Budiardjo
B.
Roger H. Soltau
C.
Harold J. Laski
D.
Max Weber
11. Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan
pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan
undang-undang, terdapat dapam UUD 1945 pasal….
A.
Pasal 28
B.
Pasal 29
C.
Pasal 30
D.
Pasal 31
12. Menurut Cogan, bahwa warga negara harus memiliki
identitas atau jati diri sesuai dengan ideologi negaranya, seperti warga negara
Indonesia, ia memiliki identitas sebagai insan Tuhan, insan yang peduli
terhadap orang lain dan lingkungannya, dan loyal terhadap bangsa dan negaranya,
merupakan kategori….
A.
A sense of identify
B.
The enjoyment of certain rights
C.
The fulfilment of corresponding obligations
D.
A degree of interest and involvement in public affairs
13. Buku, model pakaian, bendera, lambing merupakan Media
dalam PKn yang bersifat…..
A.
Yang bersifat materiil
B.
Yang bersifat imateriil
C.
Yang bersifat kondisional
D.
Yang bersifat personal
14. Sistem tanam paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian
dari sawah dan atau ladangnya dengan tanaman yang ditentukan oleh pemerintah
dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Adapun pokok-pokok Peraturan Tanam
Paksa itu sebagai berikut, kecuaali…..
A.
Petani diwajibkan menyediakan 1/5 dari tanahnya yang akan ditanami oleh tanaman
wajib, yang akan diperdagangkan oleh Pemerintah. Tanaman wajib itu berupa
taruma (nila), tebu, tembakau, kopi
B.
Hasil tanaman wajib diserahkan kepada pemerintah dengan harga yang telah
ditetapkan oleh Pemerintah
C.
Tanah yang dikenakan tanaman wajib harus ada pajak tanah, tetapi kecil
D.
Tenaga yang diperuntukkan bagi pemeliharaan tanaman wajib, tidak boleh melebihi
tenaga kerja demi penggarapan tanah (sawah)
15. Sejak tahun 1932, organisasi ini dipimpin oleh Moh.
Hatta, bertujuan melepaskan diri dari penjajahan untuk mencapai kemerdekaan dan
menjunjung tinggi sikap nonkoperasi dengan pihak pemerintah Belanda, adalah…..
A.
Pendidikan Nasional Indonesia (PNI Baru)
B.
Partai Indonesia (Partindo)
C.
Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo)
D.
Partai Persatuan Indonesia (Parpindo)
16. Savage & Armstrong (1996) mengemukakan
generalisasi yang penting dan hendaknya di ajukan ketika guru membelajarkan
sejarah di kelas. Aktivitas pembelajaran ini sangat penting untuk guru PKn di
sekolah dasar terutama untuk membelajarkan mereka dalam proses pengambilan
keputusan di kelas, kecuali…..
A.
Perubahan yang terus-menerus merupakan sesuatu yang bersifat universal dan
tidak dapat dihindari
B.
Percepatan perubahan dalam masyarakat bervariasi menurut faktor-faktor, seperti
nilai dari masyarakat, luasnya keragaman, dan frekuensi dalam komunikasi dengan
budaya lain
C.
Peristiwa masa lampau tidak mempengaruhi peristiwa masa kini
D.
Sejarah kebudayaan memberikan kerangka pemikiran dan tindakan dalam persoalan
budaya hari ini
17. Tari Topeng berasal dari daerah….
A.
Tari Topeng dari Cirebon
B.
Tari Kipas dari Sulawesi Selatan
C.
Tari Piring dan tari Payung dari Sumatera Barat
D.
Tari Jaipong Jawa Barat
18. Menurut Koentjaraningrat tipe sosial budaya yang
dimiliki bangsa Indonesia, dimana Sistem dasar kemasyarakatannya berupa desa
komuniti petani dengan defferiansi dan stratifikasi sosial yang sedang;
masyarakat kota yang menjadi arah orientasinya mewujudkan suatu peradaban bekas
kerajaan berdagang dengan pengaruh yang kuat dari agama Islam, bercampur dengan
suatu peradaban kepegawaian yang dibawa oleh system pemerintahan kolonial;
gelombang pengaruh kebudayaan Hindu tidak dialami, atau hanya sedemikian
kecilnya sehingga terhapus oleh pengaruh agama Islam. Contoh kebudayaan Aceh,
Minangkabau, dan Makasar, merupakan tipe…..
A.
Tipe masyarakat berkebun yang amat sederhana dengan keladi dan ubi jalar
sebagai tanaman pokoknya dalam kombinasi dengan berburu atau meramu; penanaman
padi tak dirasakan
B.
Tipe masayarakat pedesaan berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah
dengan padi sebagai tanaman pokok
C.
Tipe masyarakat pedesaan berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah
dengan padi sebagai tanaman pokoknya
D.
Tipe masyarakat pedesaan berdasarkan bercocok tanam di sawah dengan padi
sebagai tanaman pokoknya
19. Menurut Ernest Renan bangsa Indonesia terbentuk dari
orang-orang yang mempunyai persamaan latar belakang sejarah, pengalaman serta
perjuangan yang sama dalam mencapai hasrat untuk bersatu, bahwa terbentuknya
bangsa karena adanya kesamaan dalam hal, kecuali….
A.
Latar belakang sejarah
B.
Pengalaman
C.
Perjuangan dalam mencapai kemerdekaan
D.
Status
20. Menurut I.G.K. Wardani rambu-rambu pelaksanaan Bermain
peran, yaitu sebagai berikut, kecuali…..
A.
Setiap siswa sebaiknya memerankan peran yang berbeda sehingga penghayatannya
terhadap nilai dan sikap menjadi lebih mantap
B.
Jika pemahaman terhadap peran berlangsung lambat, guru dapat meminta siswa
membuat scenario, sehingga permainan menjadi lebih lancar
C.
Jika diperlukan, guru dapat memodelkan permainan peran, terutama peran-peran
yang dianggap sukar untuk dihayati
D.
Peran yang akan dimainkan haruslah tidak perlu menyeseuaikan dengan tingkat
berpikir dan usia serta pengalaman siswa
21. Pada tanggal 9 Agustus 1945 pemerintah Jepang
membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang disingkat PPKI
(Dokuritsu Junbi Iinkai) yang diketuai oleh Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta
sebagai wakilnya. Panitia ini mempunyai fungsi yang amat penting, lebih-lebih
setelah Indonesia merdeka tetapi belum memiliki kelembagaan negara seperti
disebutkan dalam UUD 1945. Badan ini semula bersifat badan buatan Jepang, namun
setelah Indonesia memprok¬lamasikan kemerdekaannya mempunyai sifat Badan
Nasional Indone¬sia. Kemudian PPKI mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat
penting yaitu, kecuali….
A.
Mewakili seluruh bangsa Indonesia
B.
Sebagai pembentuk Negara (yang menyusun Negara Republik Indo¬nesia setelah
Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945)
C.
Mempunyai wewenang untuk meletakkan Dasar Negara (pokok kaidah negara yang
fundamental)
D.
Membentuk kabinet
22. Para ahli diantaranya Notonagoro, Dardji Darmodihardjo,
dan Hazairin berpendapat bahwa sila-sila dalam Pancasila merupakan rangkaian
kesatuan dan kebulatan yang tidak terpisahkan, karena tiap sila mengandung
empat sila lainnya. Kesatuan dan kebulatan yang benar, adalah….
A.
Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, menjiwai dan meliputi sila II, III, IV, dan V
B.
Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab, menjiwai dan meliputi sila I, menjiwai
dan meliputi sila III, IV, dan V
C.
Sila Persatuan Indonesia, menjiwai dan meliputi sila I dan II, menjiwai dan
meliputi sila IV dan V
D.
Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan permusyawaratan/
perwakilan, menjiwai dan meliputi sila I,II, III, dan menjiwai dan meliputi
sila V
23. Berikut ini merupakan pernyataan tentang Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, kecuali….
A.
Dengan pandangan hidup inilah suatu bangsa akan memandang persoalan yang
dihadapinya dan menentukan arah serta memecahkannya secara tepat. Tanpa
memiliki pandangan hidup, suatu bangsa akan merasa terombang ambing dalam
menghadapi persoalan besar yang timbul, baik persoalan masyarakatnya sendiri
maupun persoalan besar umat manusia dalam pergaulan masyarakat bangsa-bangsa di
dunia
B.
Dalam pandangan hidup bangsa terkandung konsepsi dasar mengenai kehidupan yang
dicita-citakan, terkandung pula dasar pikiran terdalam, dan gagasan mengenai
wujud kehidupan yang dianggap baik
C.
Pandangan hidup adalah kristalisasi dan institu¬sionalisasi dari nilai-nilai
yang dimiliki, yang diyakini kebe¬narannya, dan menimbulkan tekad untuk
mewujudkannya
D.
Pancasila dipergu¬nakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara.
Seba¬gai landasan untuk menyelenggarakan negara, Pancasila ditafsirkan dalam
bentuk aturan yaitu pasal-pasal yang tercantum dalam UUD 1945
24. Berikut ini yang bukan merupakan pernyataan yang
berkaitan dengan sejarah pembentukan UUD 1945, adalah….
A.
Kembali menggunakan UUD 1945 sejak 5 Juli 1959 (melalui Dekrit Presiden), yang
kemudian diadakan perubahan (amandemen) pada tahun 1999 dan tahun 2000
B.
Panitia Perumus, yang beranggotakan 9 orang dengan ketuanya Ir. Soekarno. Pada
tanggal 22 Juni 1945 panitia tersebut berhasil menyusun naskah rancangan
Pembukaan UUD yang dikenal dengan nama Piagam Jakarta
C.
Pada tanggal 14 Juli 1945, sidang BPUPKI yang dipimpin ketua BPUPKI yaitu dr.
Radjiman Wedyodiningrat menerima bulat dua rancangan dari panitia perancang UUD
yaitu Rancangan Naskah Proklamsi dan Rancangan mukadimah/pembukaan UUD (berasal
dari naskah Piagam Jakarta)
D.
Pada tanggal 18 Agustus 1945, BPUPKI mengadakan sidangnya yang pertama dengan
menetapkan keputusan yang penting bagi kehi¬dupan negara yaitu menetapkan dan
mensahkan Pembukaan UUD 1945 yang bahan-bahannya hampir seluruhnya diambil dari
Rancangan Pembukaan UUD yang telah disusun oleh Panitia perumusan tanggal 22
Juni 1945
25. Cara memperoleh konstitusi yang biasanya terjadi pada
negara-negara yang berdirinya di atas negara-negara yang telah ada. Setelah
negara baru itu ada, dibentuklah pemerin¬tahan dan dibuatlah UUD yang kemudian
ditawarkan kepada rakyat untuk mendapat persetujuan, adalah….
A.
UUD yang diperoleh dengan cara Grants
B.
Deliberate Creation
C.
Revolusi
D.
UUD yang diperoleh dengan cara Oktroi
26. Sistem Pemerintahan Negara. Materi tentang sistem
pemerin¬tahan negara Indonesia tersirat dalam batang tubuh yang kemudian
dijelaskan dengan tegas dan sistematis dalam Penjelasan umum UUD 1945. Dalam
penjelasan tersebut tercantum tujuh butir kunci pokok yang merupakan sistem
pemerintahan negara menurut UUD 1945. Kunci pokok pertama adalah….
A.
Indonesia ialah “Negara yang Berdasar atas Hukum (Rechtsstaat)”. Negara
Indonesia berdasarkan hukum (rechtsstaat), tidak berdasarkan atas kekuasaan
belaka (machtsstaat). Hal ini mengandung arti bahwa negara (termasuk di dalamnya
pemerintah dan lembaga-lembaga negara yang lain) dalam melaksanakan tindakan
apapun harus dilandasi oleh hukum, dan harus dipertanggungjawabkan secara hokum
B.
Pemerintah berdasar atas sistem konstitusi (hukum dasar), tidak bersifat
absolutisme (kekuasaan yang tidak terbatas). Pernyataan tersebut mengandung
arti bahwa penyelenggaraan pemerintahan di negara Indonesia berdasarkan pada
sistem konstitusional. Dengan demikian, kekuasaan-kekuasaan aparatur negara dan
aparatur pemerintahan harus bersumber pada UUD 1945 atau pada peraturan
perundang-undangan yang berlaku
C.
Kekuasaan Negara yang tertinggi di tangan MPR. MPR yang dianggap sebagai
penjelmaan seluruh rakyat Indonesia merupakan pemegang kedaulatan rakyat (buka
kembali UUD 1945 pasal 1 ayat(2). Majelis inilah yang memegang kekuasaan negara
tertinggi, sedangkan Presiden merupakan peneri¬ma mandat dari MPR yang harus
menjalankan haluan negara menurut garis-garis besar yang ditetapkan MPR
D.
Presiden ialah penyelenggara pemerintah negara yang tertinggi di bawah majelis.
Hal ini men¬gandung arti bahwa presiden Indonesia merupakan penyelenggara
pemerintah negara yang tertinggi, tetapi kedudukannya berada di bawah MPR,
bahkan harus bertanggung jawab kepada MPR. Kemudian ditegaskan dalam penjelasan
bahwa dalam menjalankan pemerintahan negara, kekuasan dan tanggung jawab adalah
ditangan Presiden (concentration of power and responsibility upon the
president)
27. Beberapa hal penting yang menun¬jukkan di satu pihak
mengurangi dominasi kekuasaan Presiden dan dilain pihak menambah kekuasaan DPR
sebagai lembaga legislatif yang juga mewakili rakyat. Antara lain dalam hal
Presiden mengangkat dan menerima duta, yang semula tidak ada ketentuan untuk
melibatkan DPR, berubah bahwa dalam mengangkat duta, presiden harus memperhatikan
pertimbangan DPR, terdapat dalam….
A.
Pemegang kekuasan membentuk Undang-undang yang semula dipegang oleh Presiden
(pasal 5 ayat 1), beralih ketangan DPR (amande¬men pasal 20 ayat 1)
B.
Periode masa jabatan presiden dan wakil presiden dalam jabatan yang sama yang
semula tidak dibatasi, berubah (dibatasi) menjadi maksimal dua kali masa
jabatan (amandemen pasal 7)
C.
Dalam hal Presiden mengangkat dan menerima duta, yang semula tidak ada
ketentuan untuk melibatkan DPR, berubah bahwa dalam mengangkat duta, presiden
harus memperhatikan pertimbangan DPR (amandemen pasal 13 ayat 2 dan 3)
D.
Dalam hal presiden memberi amnesti dan rehabilitasi, presiden harus
memperhatikan pertimbangan DPR (pasal 14 ayat 2)
28. C.F.Strong mengemukakan bahwa konstitusi dapat diubah
oleh, kecuali…..
A.
Kekuasaan legislatif, dengan pembatasan tertentu
B.
Rakyat melalui referendum
C.
Sejumlah negara bagian (untuk negara serikat)
D.
Penafsiran hakim
29. Pada tanggal 18 Agustus tahun 2000 MPR menetapkan
perubahan kedua UUD 1945 dengan mengubah/menambah yang berkaitan dengan
pengaturan tentang pemerintahan daerah dalam rangka melaksana¬kan otonomi
daerah yang luas, nyata, dan bertanggung jawab, yaitu…..
A.
Merubah pasal 18, dan menambahkan pasal 18A dan 18B
B.
Amandemen pasal 19
C.
Pasal 20A ayat 1-4
D.
Amandemen pasal 28A - 28J
30. Pola pembelajaran VCT dalam pembelajaran PKN menurut
A.Kosasih Djahiri dianggap unggul untuk pembelajaran afektif karena, kecuali….
A.
Pertama, mampu membina dan mempribadikan (personalisasi) nilai-moral
B.
Kedua, mampu mengklarifikasi dan mengungkapkan isi pesan nilai-moral yang
disampaikan
C.
Ketiga, mampu mengklarifikasi dan menilai kualitas nilai-moral diri siswa dan
nilai moral dalam kehidupan nyata
D.
Keempat, mampu mengundang, melibatkan, membina dan mengembangkan potensi diri
siswa terutama potensi psikomotor daripada afektualnya
31. Dokumen yang berisi beberapa hak yang diberikan oleh
Raja John di Inggris kepada para bangsawan atas tuntutan mereka yang sekaligus
membatasi kekuasaan Raja dan menghormati hak-hak rakyat, adalah….
A.
Piagam Magna Charta (1215)
B.
Dokumen Bill of Rights (1689)
C.
Piagam Declaration des droits de l’homme et du citoyen (1789)
D.
Piagam Bill of Rights (1789)
32. Hak asasi manusia dalam UUD 145 yang berkaitan dengan
Hak atas kebebasan beragama diatur dalam pasal…
A.
pasal 28:
B.
pasal 29:
C.
pasal 27 ayat (1):
D.
27 ayat (2):
33. Langkah kedua dalam Model pembelajaran inkuiri dasar
menurut Dewey adalah…..
A.
Menggambarkan karakteristik masalah atau situasi yang penting
B.
Mengajukan kemungkinan kesimpulan atau penjelasan
C.
Mengumpulkan bukti yang dapat digunakan untuk menguji akurasi kesimpulan atau
penjelasan
D.
Menguji kesimpulan atau penjelasan berdasarkan bukti yang ada
34. Ketika ada masalah dalam mendistribusikan sesuatu,
misalnya dalam memberi kesempatan kepada warga masyarakat, hal tersebut sebagai
masalah keadilan ... .
A.
distributif
B.
korektif
C.
prosedural
D.
hakiki
35. Menurut kalangan Anglo Saxon, A.V.Dicey,
mengidentifikasi unsur-unsur Rule of Law dalam demokrasi konstitusionil adalah,
kecuali…..
A.
Supremasi aturan hukum (Supremacy of the Law), tidak adanya kekuasaan
sewenang-wenang (Absence of Arbitrary Power), dalam arti bahwa seseorang hanya
boleh dihukum kalau melanggar hukum
B.
Kedudukan yang sama di depan hukum (Equality before the Law) baik untuk pejabat
maupun rakyat biasa
C.
Terjaminnya hak-hak manusia oleh undang-undang
D.
Peradilan administrasi dalam perselisihan
36. Keberhasilan demokrasi umumnya ditentukan oleh
partisipasi masyarakat dalam proses dan dalam respon dari sistem kebutuhan yang
populer. Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa tujuan pendidikan kewarganegaraan
adalah merangsang partisipasi aktif warga negara dalam masyarakat sipil (civil
society) dan dalam pengambilan keputusan politik di dalam demokrasi
konstitusionil. Menurutnya, warga negara yang demokratis tidak dilahirkan
melainkan diciptakan (dibuat) dalam proses sosialisasi. Dengan demikian,
demokrasi haruslah dipelajari dan perlu dipelihara, merupakan pandangan dari…..
A.
Veldhuis
B.
Ketetapan MPR RI No. IV/MPR/1999 tentang GBHN
C.
James MacGregor
D.
Couto
37. Sekumpulan peraturan hidup yang dianggap sebagai suara
hati nurani setiap manusia. Norma ini berhubungan dengan manusia sebagai
individu, karena menyangkut kehidupan pribadi manusia. Peraturan-peraturan
hidup ini berupa bisikan kalbu atau suara hati yang diakui dan diinsyafi oleh
setiap orang sebagai pedoman dalam sikap dan perbuatannya, merupakan norma….
A.
Norma agama
B.
Norma kesopanan
C.
Norma kesusilaan
D.
Norma adat
38. Berikut ini yang termasuk dalam Hukum Publik, adalah….
A.
Hukum Tata Negara
B.
Hukum Perdata
C.
Hukum Dagang
D.
Hukum Privaat Internasional
39. Delik yang dianggap telah sepenuhnya terlaksana dengan
dilakukannya suatu perbuatan yang dilarang dan diancam dengan hukuman oleh
undang-undang. Contoh pasal-pasal 209, 210, 242, 362 KUHP, adalah delik…..
A.
Delik formal
B.
Delik material
C.
Delik komisi
D.
Delik omisi
40. Berikut ini merupakan pernyataan tentang tanggung
jawab hokum, kecuali…..
A.
Seseorang bertanggung jawab secara hukum atas suatu perbuatan tertentu, atau,
dia memikul tanggung jawab hukum, berarti bahwa dia bertanggung jawab atas
suatu sanksi dalam hal melakukan suatu perbuatan yang bertentangan
B.
Tanggung jawab absolut ialah menghubungkan sanksi dengan perbuatan tanpa
memperhitungkan hubungan antara keadaan jiwa si pelaku dengan akibat dari
perbuatannya. Jadi, seseorang dianggap bertanggung jawab terhadap suatu sanksi
atas perbuatannya yang telah menimbulkan akibat yang dianggap merugikan oleh
pembuat undang-undang, tanpa mempersoalkan hubungan antara keadaan jiwanya
dengan akibat perbuatannya
C.
Tanggung jawab atas dasar kesalahan ialah tanggung jawab hukum atas suatu
sanksi dari suatu perbuatan melawan hukum dengan menghubungkan antara keadaan
jiwa si pelaku dengan akibat dari perbuatannya
D.
Tanggung jawab atas dasar kesalahan ialah menghubungkan sanksi dengan perbuatan
tanpa memperhitungkan hubungan antara keadaan jiwa si pelaku dengan akibat dari
perbuatannya. Jadi, seseorang dianggap bertanggung jawab terhadap suatu sanksi
atas perbuatannya yang telah menimbulkan akibat yang dianggap merugikan oleh
pembuat undang-undang, tanpa mempersoalkan hubungan antara keadaan jiwanya
dengan akibat perbuatannya
41. Berikut ini pernyataan yang benar berkaitan dengan hak
hukum, yaitu…..
A.
Jus in personam, yaitu hak atas suatu barang
B.
Jus in rem, yaitu hak untuk menuntut seseorang agar berbuat menurut suatu cara
tertentu, yakni hak atas perbuatan seseorang lainnya
C.
Hak hukum mensyaratkan kewajiban hukum dari seseorang lainnya
D.
Hak hukum bagi seseorang tanpa suatu kewajiban hukum bagi seseorang lainnya
42. Menurut pasal 4 UU nomor 8 tahun 1981 tentang
Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), Penyelidik adalah setiap pejabat
polisi negara RI. Penyelidik mempunyai wewenang, kecuali…
A.
Menerima laporan atau pengaduan dari seseorang tentang adanya tindak Pidana
B.
Mencari keterangan dan barang bukti
C.
Menyuruh berhenti seorang yang dicurigai dan menanyakan serta memeriksa tanda
pengenal diri
D.
Memutuskan sanksi bagi terpidana
43. Khusus dalam bidang Pidana, kejaksaan mempunyai tugas
dan wewenang untuk, kecuali….
A.
Menerima laporan atau pengaduan dari seseorang tentang adanya tindak Pidana
B.
Melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan
C.
Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan keputusan lepas bersyarat (yaitu keputusan
yang dikeluarkan oleh menteri kehakiman)
D.
Melengkapi berkas perkara tertentu dan untuk itu dapat melakukan pemeriksaan
tambahan sebelum dilimpahkan ke pengadilan yang dalam pelaksanaannya
dikoordinasikan dengan penyidik
44. Berdasar undang-undang nomor 7 tahun 1989, Peradilan
yang bertugas dan berwewenang memeriksa perkara-perkara di tingkat pertama
antara orang-orang yang beragama Islam di bidang: a) perkawinan; b) kewarisan,
wasiat, dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam; c) wakaf dan
shodaqah, adalah….
A.
Peradilan agama
B.
Peradilan Militer
C.
Peradilan Tata Usaha Negara
D.
Peradilan umum
45. Di Amerika, program pendidikan hukum merupakan bagian
dari program pendidikan IPS, yang secara lebih khusus lagi merupakan bagian
dari program pendidikan politik. Seperti dikutip oleh Bank, Sebagai hasil dari
pendidikan hukum, siswa diharapkan dapat, kecuali….
A.
Mengembangkan pemahaman tentang hak-hak dan tanggung jawabnya yang ditegaskan
oleh penguasa pada saat itu
B.
Memahami tuntutan masyarakat akan peraturan dan hukum, sumber-sumber hukum,
perubahan hukum, dan sanksi hukum
C.
Memahami berbagai aspek hukum sipil yang mempengaruhi kehidupannya - hukum
perkawinan dan perceraian, perjanjian/kontrak, asuransi, kesejahteraan sosial,
pajak, dan lembaga bantuan hukum
D.
Memahami sistem peradilan, struktur organisasi dan fungsi lembaga penegak hukum
46. Tingkat pertama dalam perkembangan moral Menurut
Kohlberg, adalah….
A.
Orientasi hukuman dan kepatuhan. Konsepsi tentang baik dan buruk ditentukan
oleh konsekuensi fisik tanpa memperhatikan makna atau nilai dari konsekuensi
ini bagi individu
B.
Orientasi instrumental. Konsepsi tentang “baik” lebih ditentukan oleh kepuasan
sendiri
C.
Orientasi keserasian antar personal. Apa yang menyenangkan atau membantu orang
lain adalah “baik”
D.
Orientasi terhadap peraturan hukum dan ketertiban. Memelihara ketertiban
sosial, menghormati kekuasaan, dan melak-sanakan kewajiban sendiri adalah
“baik”. Orang dihargai karena mentaati peraturan, hukum, dan kekuasaan yang
berlaku
47. Pada dasarnya , inti dari manusia antar budaya adalah,
kecuali….
A. Warga
negara Indonesia yang Memiliki pengetahuan, sikap dan prilaku yang tidak
terbatas pada budaya tertentu
B. Warga
negara Indonesia yang Dapat hidup dalam masyarakat majemuk yang memiliki
keragaman budaya
C. Warga
negara Indonesia yang Menghargai dan menghormati budaya yang beraneka ragam
D. Warga
Negara Indonesia yang selalu setia kepada kelompoknya, sehingga mengnggap
kelompok lain lebih rendah
48. DeVito, mengemukakan bahwa seorang manusia antarbudaya
memiliki ciri-ciri berikut, kecuali…..
A.
Keterbukaan Seorang warganegara (manusia antar budaya) bersikap terbuka
terhadap perbedaan yang ada di antara orang, terbuka terhadap perbedaan nilai,
kepercayaan, sikap dan perilaku, yang harus disadari adalah bahwa orang itu
berbeda
B.
Empati, Kita harus menempatkan diri pada posisi lawan bicara, yang berasal dari
kultur yang berbeda, cara ini akan memungkinkan kita untuk lebih cepat memahami
lawan bicara kita
C.
Sikap mendukung, seorang warga negara yang bercirikan manusia antarbudaya harus
memiliki sikap mendukung, terhadap lawan bicara yang berbeda budaya
D.
Sikap fanatis, Sikap fanatic diperlukan untuk memperkuat kelompok atau
golongannya
49. Menurut Margaret S. Branson karakter warga negara
adalah seperti berikut, kecuali….
A.
Keadaban (civility)
B.
Tanggung jawab individu dan kecenderungan untuk menerima tanggung jawab pribadi
dan konsekwensi tindakan pribadi
C.
Disiplin diri dan penghormatan peraturan-peraturan untuk pemerintahan
konstitusional (Amerika) tanpa perlu paksaan dari otoritas eksternal
D.
Rasa kewargaan (civic mindedness) dan kehendak untuk mendahulukan kepentingan
golongan atau kelompoknya
50. Dalam melaksanakan komunikasi antar sosial budaya
banyak sekali hambatannya yaitu antara lain Perilaku kesukuan yang sempit akan
menjadi kendala dalam memahami dan melakukan komunikasi antar budaya. Budaya
etniknya sendiri akan dijadikan alat ukur untuk mengukur budaya orang lain,
sehingga lahirlah fenomena bahwa “budaya etnik saya” lebih baik dan lebih tinggi,
sementara budaya dari etnik lain berada “dibawah budaya etnik saya”, yaitu
hambatan…..
A.
Etnosentrisme
B.
Rasa kedaerahan Kedaerahan yang berlebihan
C.
Persepsi yang keliru tentang otonomi daerah
D.
Fanatisme sempit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar