Minggu, 17 Maret 2013

Kunci Jawaban Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301



No 1.
a.        Betul, karena fungsi tes adalah untuk mengukur hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran
b.        Salah, karena untuk mengukur kinerja guru diperlukan alat ukur lain yang lebih kompleks
c.         Salah, karena mutu pendidikan tidak hanya ditentukan oleh hasil belajar siswa saja
d.        Salah, karena mutu pendidikan meliputi berbagai bidang tidak hanya hasil tes saja
No 2.
a.         Salah, karena asesmen bukan merupakan suatu keputusan
b.        Betul, karena antara asemen dan evaluasi adalah suatu penilaian yang berbeda ruang lingkupnya
c.         Salah, untuk melakukan evaluasi dapat mengguanan tes mapun non-tes
d.        salah, karena kualitatif /kuantitatif tidak dapat membedakan keduanya
No 3.
a.         Salah, karena tes lebih menitikberatkan pada hasil belajar siswa
b.        Betul, karena fungsi/kedudukan evaluasi adalah untuk mengukur efektivitas setiap komponen dalam program pembelajaran
c.         salah, karena hasil pengukuran berupa data kuantitatif yang harus dianalisis lebih lanjut sebagai sumber informasi
d.        salah, karena ruang lingkup asesmen adalah individu siswa bukan program pembelajaran


Soal Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301


1.    Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa tes merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi tentang...
A.      hasil belajar siswa
B.      kinerja guru
C.      mutu pendidikan
D.      kemajuan sekolah
2.    Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran adalah ....
A.  asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan
B.  lingkup asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program pendidikan.
C.  asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes
D.  asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif
3.    Suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas suatu program pembelajaran disebut ....
A.      tes
B.      evaluasi.
C.      pengukuran
D.      asesmen


Kunci Jawaban Ujian Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK4302



No 1.
a.        benar, kelas yang diajar bisa lebih dari satu kelas dan dengan kemampuan anak yang berbeda
b.        salah, karena yang diajar tidak hanya satu ruang dan kemampuan yang sama.
c.         salah, yang diajar tidak hanya satu kelas
d.        salah, karena guru tidak mengajar dalam tiga kelas dalam dua ruangan
No 2.
a.         salah, karena jumlah guru terbatas.
b.        salah, karena jumlah penduduk jarang.
c.         benar, penduduk berpindah- pindah sehingga anak kesulitan transportasi ke tempatnya belajar.
d.        salah, karena kehadiran guru jarang.
No 3.
a.         salah, karena berhubungan dengan pembelajaran yang mendidik
b.        salah, karena berhubungan dengan pemenuhan jumlah.
c.         benar, penghematan dari segi biaya yang harus ditanggung pemerintah dan masyarakat.
d.        salah, karena berhubungan dengan daerah atau tempat yang mudah dijangkau anak yang mau belajar.

Soal Ujian Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK4302


1.    Pembelajaran kelas rangkap adalah bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam …   
A.   satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda
B.   satu ruang kelas dengan kemampuan yang sama
C.   satu kelas dalam satu ruangan
D.   tiga kelas dalam dua ruangan
2.    Alasan yang mendasar diselenggarakannya pembelajaran kelas rangkap dari segi geografis adalah....
A.        Jumlah guru berlebih
B.        Jumlah penduduk yang padat.
C.        pemukiman yang berpindah- pindah.
D.        kehadiran guru yan kontinyu.
3.    Pemanfaatan ruang yang terbatas dengan beberapa guru. Hal ini merupakan PKR dari segi....
A.      pedagogis.
B.      kuantiti.
C.      ekonomi.
D.      keamanan.


Kunci Jawaban Ujian Perspektif Global PDGK4303



No 1.
a.         Salah, karena tidak semua pemikiran selalu berlandaskan kepada kepentingan bersama
b.        Salah, karena tidak semua perilaku harus mencerminkan perilaku kehidupan global
c.         Benar, karena perspektif global merupakan suatu cara pandang terhadap suatu masalah dari sudut kepentingan global
d.        Salah, karena tidak sesuai konteks
No 2.
a.         Salah, karena bukan itu yang dimaksud
b.        Salah, karena tidak ada hubungannya
c.         Benar, karena setiap negara mempunyai saling ketergantungan
d.        Salah, karena tidak semua negara mempunyai peran terhadap negara lain
No 3.
a.        Benar, karena jika tingkat pendidikan rendah maka tingkat pengetahuan juga rendah
b.        Salah, karena bukan merupakan faktor utama
c.         Salah, karena teknologi bukan pengaruh yang mutlak terhadap budaya
d.        Salah, karena belum tentu budaya global lebih baik

Soal Ujian Perspektif Global PDGK4303

 1.    Berikut adalah pengertian dari perspektif global yaitu ....
A.      suatu pemikiran yang berlandaskan kepada kepentingan bersama
B.      suatu cerminan perilaku manusia yang harus memperhatikan kehidupan global
C.      suatu cara pandang terhadap suatu masalah dari sudut kepentingan global
D.      suatu tindakan manusia yang dapat merugikan orang lain jika tidak sesuai aturan
2.    Menurut Hamijono (Mimbar,1990) salah satu dari beberapa ciri yang terkait dengan globalisasi adalah ....
A.      batasan wilayah suatu negara tidak jelas
B.      pengaruh negara maju sangat besar terhadap negara berkembang
C.      adanya saling ketergantungan antarnegara
D.      peran suatu negara sangat berarti terhadap negara lain
3.    Salah satu penyebab hilangnya budaya suatu tempat oleh budaya global adalah ....
A.      tingkat pendidikan rendah
B.      gaya hidup global
C.      pengaruh teknologi
D.      budaya global lebih baik

Soal ujian PDGK 4206 Matematika 2

1.       Didalam mengajarkan geometri ada istilah-istilah yang didefinisikan dan yang tidak didefinisikan. Diantara istilah berikut ini yang didefinisikan adalah ....
     A. titik
     B. garis
     C. bidang
     D. kongruen
2.       Lingkaran adalah ....
     A. tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama terhadap satu titik tertentu.
     B. bidang datar yang besar sudutnya 3600
     C. bidang datar yang besar sudutnya 3600
     D. poligon yang panjang sisi-sisinya mendekati nol.
3.       Suatu polygon dapat ditutup dengan segitiga sama-sisi yang luasnya 78,5 cm2. Jika polygon tersebut luasnya 471 cm2 maka banyaknya segitiga sama-sisi yang diperlukan untuk menutupinya adalah …
     A. 4
     B. 5
     C. 6
     D. 7

Kunci Jawaban Ujian Pend. Seni PDGK4207



No 1.
A.      Salah, karena seni murni adalah seni yang hanya mempertimbangkan fungsi atau bentuknya
B.      Salah, karena seni terapan adalah seni yang dirancang untuk kepentingan tertentu di luar fungsi sebenarnya.
C.      Benar, karena seni universal merupakan refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi
D.      D. Salah, karena seni ansich merupakan pemahaman seni secara sempit.
No 2.
A.        Salah, karena seni sebagai tontonan tidak banyak membutuhkan persyaratan
B.        Benar, karena sebagai tutunan pelaku seni dituntut untuk menyampaikan pesan moral yang akan dicapai.
C.        Salah, karena seni sebagai ritual adalah seni untuk pemujaan
D.        Salah, karena seni sebagai hiburan sama dengan seni sebagai tontonan.
No 3.
A.      Salah, karena seni sebagai terapi digunakan secara khusus untuk memberi ketenangan batin seseorang yang sedang menderita secara psikis.
B.      Benar, karena Happening Art lebih sebagai semboyan dari perwujudan ekspresi atau aktualisasi diri.
C.      Salah, karena fungsi seni sebagai komersial
D.      Salah, karena seni sebagai tontonan bukan sebagai Happening Art.

Soal ujian Pend. Seni PDGK4207

1.    Seni dapat dipahami dan dimaknai sebagai refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi, merupakan pemahaman dari ....
A.      seni murni
B.      seni terapan
C.      seni universal
D.      seni Ansich
2.    Falsafah hidup selalu muncul dalam pertunjukan seni rakyat seperti pada pertunjukan Wayang Kulit. Hal ini menunjukan bahwa seni dapat berfungsi sebagai ....
A.      tontonan
B.      tutunan
C.      ritual
D.      hiburan
3.    Happening Art merupakan salah satu bentuk dari bentuk pemahaman bahwa seni memiliki fungsi sebagai media ....
A.      terapi
B.      aktualisasi diri
C.      komersial
D.      tontonan

Selasa, 12 Maret 2013

Kunci Jawaban Ujian Bhs dan Sastra Indonesia PDGK4109



No 1.
A.   Betul, sifat konvensional artinya didasari pada sebuah kesepakatan
B.    Salah, karena pernyataan tersebut merupakan sifat identifikasi diri bahasa
C.    Salah, karena pernyataan tersebut merupakan sifat produktif bahasa
D.   Salah, Karena pernyataan tersebut merupakan sifat bermakna bahasa

No 2.
A.       Salah, karena fungsi emotif adalah fungsi mengekspresikan diri
B.      Salah,karena fungsi konatif adalah fungsi memotivasi diri
C.      Benar, karena fungsi referensial merujuk pada suatu pembicaraan dengan atau topik tertentu
D.      Salah, karena fungsi puitik adalah menyampaikan pesan tertentu

No 3.
A.      Salah, karena faktor geografis menghasilkan dialek
B.      Betul,slang, jargon, dan kolokial disebabkan karena faktor sosiologis
C.      Salah,karena faktor fungsi (pemakaian) menghasilkan warta berita
D.      Salah, karena faktor gaya formal menghasilkan gaya bahasa

Soal Ujian Bhs dan Sastra Indonesia PDGK4109



1.    Bahasa bersifat konvensional. Artinya, ….
A.    penggunaan lambang bunyi untuk suatu konsep tertentu berdasarkan kesepakatan
B.    bahasa tiap kelompok sosial merasa diri sebagai kesatuan yang berbeda dengan kelompok lain
C.    penggunaan lambang sebagai sistem jumlahnya terbatas tetapi dapat dipahami secara tidak terbatas oleh pemakainya
D.   bahasa merupakan sistem lambang yang berwujud bunyi atau bunyi ujar

2.    Jika bahasa digunakan sekelompok masyarakat untuk membicarakan suatu permasalahan dengan topik tertentu, berarti bahasa tersebut berfungsi ....
A.    emotif
B.    konatif
C.    referensial
D.   puitik

3.    Variasi bahasa yang menghasilkan slang, jargon, dan kolokial merupakan keanekaragaman bahasa yang disebabkan faktor ....
A.    Geografis
B.    Sosiologis
C.    Fungsi
D.   Gaya

Minggu, 10 Maret 2013

Kunci Jawaban Ujian Perspektif Pendidikan di SD PDGK4104



No 1.
a.         jawaban salah, karena anak salah satu pilar konseptual tentang perkembangan kognitif anak relevan dengan teori kognitifisme.
b.        jawaban benar, karena teori historis-kultural pertama dikembangkan oleh Vygotsky yang memusatkan perhatian pada bidang telaah aspek manusia dari kognisi (Modul 1. Landasan Pendidikan SD, KB1 tentang landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan di SD).
c.         jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan hakikat dari teori humanistik.
d.        jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan hakikat dari teori kognitifisme.

No 2.
a.         jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan kemelekwacanaan
b.        jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan memecahkan masalah
c.         jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan bernalar
d.        jawaban benar, karena dapat menginfomasikan sesuatu yang diperoleh merupakan kemampuan berkomunikas (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD), KB 1: tentang: Fungsi, tujuan, dan ciri-ciri pendidikan SD)

No 3.
a.         salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
b.        salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
c.         benar, karena pernyataan tersebut bukan makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD, melainkan makna ayat 1. (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD KB 2: tentang makna ayat 1 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD).
d.        salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.

Soal Ujian Perspektif Pendidikan di SD PDGK4104



1.    Definisi yang terkandung dalam teori historis-kultural yang relevan dengan landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan di SD, adalah ....
A.          salah satu pilar konseptual tentang perkembangan kognitif anak
B.          memusatkan perhatian pada penggunaan simbol sebagai alat untuk mengembangkan cara berpikir anak
C.          menekankan pada potensi manusia sebagai ciri utama, hubungan yang hangat, kesadaran akan perasaan orang lain
D.          sumber pengetahuan tentang perkembangan kognitif anak

2.    Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu dari 4 sasaran utama karakteristik dalam pendidikan SD, karena pendidikan SD diarahkan untuk ....
A.          dapat membaca, menulis dan menghitung
B.          mencari informasi untuk memecahkan masalah
C.          menggunakan logika
D.          dapat menginfomasikan sesuatu yang diperoleh

3.    Makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD adalah sebagai berikut.kecuali ....
A.          pengadaan gedung untuk SD adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah
B.          pemeliharaan gedung dan tanah untuk SD merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah
C.          pengembangan tenaga kependidikan adalah tanggung jawab Menteri
D.          perbaikan dan pengadaan gedung serta penyediaan tanah adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah

Minggu, 17 Maret 2013

Kunci Jawaban Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301



No 1.
a.        Betul, karena fungsi tes adalah untuk mengukur hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran
b.        Salah, karena untuk mengukur kinerja guru diperlukan alat ukur lain yang lebih kompleks
c.         Salah, karena mutu pendidikan tidak hanya ditentukan oleh hasil belajar siswa saja
d.        Salah, karena mutu pendidikan meliputi berbagai bidang tidak hanya hasil tes saja
No 2.
a.         Salah, karena asesmen bukan merupakan suatu keputusan
b.        Betul, karena antara asemen dan evaluasi adalah suatu penilaian yang berbeda ruang lingkupnya
c.         Salah, untuk melakukan evaluasi dapat mengguanan tes mapun non-tes
d.        salah, karena kualitatif /kuantitatif tidak dapat membedakan keduanya
No 3.
a.         Salah, karena tes lebih menitikberatkan pada hasil belajar siswa
b.        Betul, karena fungsi/kedudukan evaluasi adalah untuk mengukur efektivitas setiap komponen dalam program pembelajaran
c.         salah, karena hasil pengukuran berupa data kuantitatif yang harus dianalisis lebih lanjut sebagai sumber informasi
d.        salah, karena ruang lingkup asesmen adalah individu siswa bukan program pembelajaran


Soal Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301


1.    Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa tes merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi tentang...
A.      hasil belajar siswa
B.      kinerja guru
C.      mutu pendidikan
D.      kemajuan sekolah
2.    Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran adalah ....
A.  asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan
B.  lingkup asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program pendidikan.
C.  asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes
D.  asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif
3.    Suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas suatu program pembelajaran disebut ....
A.      tes
B.      evaluasi.
C.      pengukuran
D.      asesmen


Kunci Jawaban Ujian Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK4302



No 1.
a.        benar, kelas yang diajar bisa lebih dari satu kelas dan dengan kemampuan anak yang berbeda
b.        salah, karena yang diajar tidak hanya satu ruang dan kemampuan yang sama.
c.         salah, yang diajar tidak hanya satu kelas
d.        salah, karena guru tidak mengajar dalam tiga kelas dalam dua ruangan
No 2.
a.         salah, karena jumlah guru terbatas.
b.        salah, karena jumlah penduduk jarang.
c.         benar, penduduk berpindah- pindah sehingga anak kesulitan transportasi ke tempatnya belajar.
d.        salah, karena kehadiran guru jarang.
No 3.
a.         salah, karena berhubungan dengan pembelajaran yang mendidik
b.        salah, karena berhubungan dengan pemenuhan jumlah.
c.         benar, penghematan dari segi biaya yang harus ditanggung pemerintah dan masyarakat.
d.        salah, karena berhubungan dengan daerah atau tempat yang mudah dijangkau anak yang mau belajar.

Soal Ujian Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK4302


1.    Pembelajaran kelas rangkap adalah bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam …   
A.   satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda
B.   satu ruang kelas dengan kemampuan yang sama
C.   satu kelas dalam satu ruangan
D.   tiga kelas dalam dua ruangan
2.    Alasan yang mendasar diselenggarakannya pembelajaran kelas rangkap dari segi geografis adalah....
A.        Jumlah guru berlebih
B.        Jumlah penduduk yang padat.
C.        pemukiman yang berpindah- pindah.
D.        kehadiran guru yan kontinyu.
3.    Pemanfaatan ruang yang terbatas dengan beberapa guru. Hal ini merupakan PKR dari segi....
A.      pedagogis.
B.      kuantiti.
C.      ekonomi.
D.      keamanan.


Kunci Jawaban Ujian Perspektif Global PDGK4303



No 1.
a.         Salah, karena tidak semua pemikiran selalu berlandaskan kepada kepentingan bersama
b.        Salah, karena tidak semua perilaku harus mencerminkan perilaku kehidupan global
c.         Benar, karena perspektif global merupakan suatu cara pandang terhadap suatu masalah dari sudut kepentingan global
d.        Salah, karena tidak sesuai konteks
No 2.
a.         Salah, karena bukan itu yang dimaksud
b.        Salah, karena tidak ada hubungannya
c.         Benar, karena setiap negara mempunyai saling ketergantungan
d.        Salah, karena tidak semua negara mempunyai peran terhadap negara lain
No 3.
a.        Benar, karena jika tingkat pendidikan rendah maka tingkat pengetahuan juga rendah
b.        Salah, karena bukan merupakan faktor utama
c.         Salah, karena teknologi bukan pengaruh yang mutlak terhadap budaya
d.        Salah, karena belum tentu budaya global lebih baik

Soal Ujian Perspektif Global PDGK4303

 1.    Berikut adalah pengertian dari perspektif global yaitu ....
A.      suatu pemikiran yang berlandaskan kepada kepentingan bersama
B.      suatu cerminan perilaku manusia yang harus memperhatikan kehidupan global
C.      suatu cara pandang terhadap suatu masalah dari sudut kepentingan global
D.      suatu tindakan manusia yang dapat merugikan orang lain jika tidak sesuai aturan
2.    Menurut Hamijono (Mimbar,1990) salah satu dari beberapa ciri yang terkait dengan globalisasi adalah ....
A.      batasan wilayah suatu negara tidak jelas
B.      pengaruh negara maju sangat besar terhadap negara berkembang
C.      adanya saling ketergantungan antarnegara
D.      peran suatu negara sangat berarti terhadap negara lain
3.    Salah satu penyebab hilangnya budaya suatu tempat oleh budaya global adalah ....
A.      tingkat pendidikan rendah
B.      gaya hidup global
C.      pengaruh teknologi
D.      budaya global lebih baik

Soal ujian PDGK 4206 Matematika 2

1.       Didalam mengajarkan geometri ada istilah-istilah yang didefinisikan dan yang tidak didefinisikan. Diantara istilah berikut ini yang didefinisikan adalah ....
     A. titik
     B. garis
     C. bidang
     D. kongruen
2.       Lingkaran adalah ....
     A. tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama terhadap satu titik tertentu.
     B. bidang datar yang besar sudutnya 3600
     C. bidang datar yang besar sudutnya 3600
     D. poligon yang panjang sisi-sisinya mendekati nol.
3.       Suatu polygon dapat ditutup dengan segitiga sama-sisi yang luasnya 78,5 cm2. Jika polygon tersebut luasnya 471 cm2 maka banyaknya segitiga sama-sisi yang diperlukan untuk menutupinya adalah …
     A. 4
     B. 5
     C. 6
     D. 7

Kunci Jawaban Ujian Pend. Seni PDGK4207



No 1.
A.      Salah, karena seni murni adalah seni yang hanya mempertimbangkan fungsi atau bentuknya
B.      Salah, karena seni terapan adalah seni yang dirancang untuk kepentingan tertentu di luar fungsi sebenarnya.
C.      Benar, karena seni universal merupakan refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi
D.      D. Salah, karena seni ansich merupakan pemahaman seni secara sempit.
No 2.
A.        Salah, karena seni sebagai tontonan tidak banyak membutuhkan persyaratan
B.        Benar, karena sebagai tutunan pelaku seni dituntut untuk menyampaikan pesan moral yang akan dicapai.
C.        Salah, karena seni sebagai ritual adalah seni untuk pemujaan
D.        Salah, karena seni sebagai hiburan sama dengan seni sebagai tontonan.
No 3.
A.      Salah, karena seni sebagai terapi digunakan secara khusus untuk memberi ketenangan batin seseorang yang sedang menderita secara psikis.
B.      Benar, karena Happening Art lebih sebagai semboyan dari perwujudan ekspresi atau aktualisasi diri.
C.      Salah, karena fungsi seni sebagai komersial
D.      Salah, karena seni sebagai tontonan bukan sebagai Happening Art.

Soal ujian Pend. Seni PDGK4207

1.    Seni dapat dipahami dan dimaknai sebagai refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi, merupakan pemahaman dari ....
A.      seni murni
B.      seni terapan
C.      seni universal
D.      seni Ansich
2.    Falsafah hidup selalu muncul dalam pertunjukan seni rakyat seperti pada pertunjukan Wayang Kulit. Hal ini menunjukan bahwa seni dapat berfungsi sebagai ....
A.      tontonan
B.      tutunan
C.      ritual
D.      hiburan
3.    Happening Art merupakan salah satu bentuk dari bentuk pemahaman bahwa seni memiliki fungsi sebagai media ....
A.      terapi
B.      aktualisasi diri
C.      komersial
D.      tontonan

Selasa, 12 Maret 2013

Kunci Jawaban Ujian Bhs dan Sastra Indonesia PDGK4109



No 1.
A.   Betul, sifat konvensional artinya didasari pada sebuah kesepakatan
B.    Salah, karena pernyataan tersebut merupakan sifat identifikasi diri bahasa
C.    Salah, karena pernyataan tersebut merupakan sifat produktif bahasa
D.   Salah, Karena pernyataan tersebut merupakan sifat bermakna bahasa

No 2.
A.       Salah, karena fungsi emotif adalah fungsi mengekspresikan diri
B.      Salah,karena fungsi konatif adalah fungsi memotivasi diri
C.      Benar, karena fungsi referensial merujuk pada suatu pembicaraan dengan atau topik tertentu
D.      Salah, karena fungsi puitik adalah menyampaikan pesan tertentu

No 3.
A.      Salah, karena faktor geografis menghasilkan dialek
B.      Betul,slang, jargon, dan kolokial disebabkan karena faktor sosiologis
C.      Salah,karena faktor fungsi (pemakaian) menghasilkan warta berita
D.      Salah, karena faktor gaya formal menghasilkan gaya bahasa

Soal Ujian Bhs dan Sastra Indonesia PDGK4109



1.    Bahasa bersifat konvensional. Artinya, ….
A.    penggunaan lambang bunyi untuk suatu konsep tertentu berdasarkan kesepakatan
B.    bahasa tiap kelompok sosial merasa diri sebagai kesatuan yang berbeda dengan kelompok lain
C.    penggunaan lambang sebagai sistem jumlahnya terbatas tetapi dapat dipahami secara tidak terbatas oleh pemakainya
D.   bahasa merupakan sistem lambang yang berwujud bunyi atau bunyi ujar

2.    Jika bahasa digunakan sekelompok masyarakat untuk membicarakan suatu permasalahan dengan topik tertentu, berarti bahasa tersebut berfungsi ....
A.    emotif
B.    konatif
C.    referensial
D.   puitik

3.    Variasi bahasa yang menghasilkan slang, jargon, dan kolokial merupakan keanekaragaman bahasa yang disebabkan faktor ....
A.    Geografis
B.    Sosiologis
C.    Fungsi
D.   Gaya

Minggu, 10 Maret 2013

Kunci Jawaban Ujian Perspektif Pendidikan di SD PDGK4104



No 1.
a.         jawaban salah, karena anak salah satu pilar konseptual tentang perkembangan kognitif anak relevan dengan teori kognitifisme.
b.        jawaban benar, karena teori historis-kultural pertama dikembangkan oleh Vygotsky yang memusatkan perhatian pada bidang telaah aspek manusia dari kognisi (Modul 1. Landasan Pendidikan SD, KB1 tentang landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan di SD).
c.         jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan hakikat dari teori humanistik.
d.        jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan hakikat dari teori kognitifisme.

No 2.
a.         jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan kemelekwacanaan
b.        jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan memecahkan masalah
c.         jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan bernalar
d.        jawaban benar, karena dapat menginfomasikan sesuatu yang diperoleh merupakan kemampuan berkomunikas (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD), KB 1: tentang: Fungsi, tujuan, dan ciri-ciri pendidikan SD)

No 3.
a.         salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
b.        salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
c.         benar, karena pernyataan tersebut bukan makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD, melainkan makna ayat 1. (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD KB 2: tentang makna ayat 1 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD).
d.        salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.

Soal Ujian Perspektif Pendidikan di SD PDGK4104



1.    Definisi yang terkandung dalam teori historis-kultural yang relevan dengan landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan di SD, adalah ....
A.          salah satu pilar konseptual tentang perkembangan kognitif anak
B.          memusatkan perhatian pada penggunaan simbol sebagai alat untuk mengembangkan cara berpikir anak
C.          menekankan pada potensi manusia sebagai ciri utama, hubungan yang hangat, kesadaran akan perasaan orang lain
D.          sumber pengetahuan tentang perkembangan kognitif anak

2.    Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu dari 4 sasaran utama karakteristik dalam pendidikan SD, karena pendidikan SD diarahkan untuk ....
A.          dapat membaca, menulis dan menghitung
B.          mencari informasi untuk memecahkan masalah
C.          menggunakan logika
D.          dapat menginfomasikan sesuatu yang diperoleh

3.    Makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD adalah sebagai berikut.kecuali ....
A.          pengadaan gedung untuk SD adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah
B.          pemeliharaan gedung dan tanah untuk SD merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah
C.          pengembangan tenaga kependidikan adalah tanggung jawab Menteri
D.          perbaikan dan pengadaan gedung serta penyediaan tanah adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah